Takhrij Doa Berbuka Puasa : Dzahabadh-Dhama-u…..dst.


Al-Imaam Abu Daawud rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى أَبُو مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ أَخْبَرَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ يَعْنِي ابْنَ سَالِمٍ الْمُقَفَّعَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقْبِضُ عَلَى لِحْيَتِهِ فَيَقْطَعُ مَا زَادَ عَلَى الْكَفِّ وَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin Yahyaa Abu Muhammad : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan : Telah mengkhabarkan kepadaku Al-Husain bin Waaqid : Telah menceritakan kepada kami Marwaan – yaitu Ibnu Saalim Al-Muqaffa’ - , ia berkata : Aku pernah melihat Ibnu ‘Umar menggenggam jenggotnya dan memotong selebih dari (genggaman) telapak tangannya, lalu berkata : “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila berbuka puasa berdoa : ‘(Dzahabazh-zhoma-u wab-talatil-‘uruuqu wa tsabatal-ajru insya Allooh) Rasa haus telah pergi dan urat-urat telah terbasahi serta telah ditetapkan pahala insya Allah [As-Sunan, hal. no. 2357].

Diriwayatkan juga oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (3/374 no. 3315 & 9/119 no. 10058 – tahqiq & takhrij : Hasan bin ‘Abdil-Mun’im Syalbiy; MuassasahAr-Risaalah, Cet. 1/1421) dan ‘Amalul-Yaum wal-Lailah (hal. 268-269 no. 299 – tahqiq : Faaruq Hamaadah; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 2/1405), Ibnus-Sunniy dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah (hal. 226 no. 478 – tahqiq : Basyiir Muhammad ‘Uyuun; Maktabah Daaril-Bayaan, Cet. 1/1407), Ad-Daaruquthniy (3/156 no. 2279 – tahqiq : Syu’aib Al-Arna’uth, dkk; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1424), Al-Haakim (1/422 – Mathba’ah Majlis Daairatil-Ma’aarif, Cet. 1/1340), Al-Baihaqiy (4/239 – 4/403 no. 8133, tahqiq : Muhammad bin ‘Abdil-Qaadir ‘Athaa; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah, Cet. 3/1424), dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal (27/391 – tahqiq : Basyaar ‘Awwaad; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1413; semuanya dari jalan ‘Aliy bin Hasan bin Syaqiiq yang selanjutnya seperti hadits di atas.
Keterangan singkat para perawi :
a.      ‘Abdullah bin Muhammad bin Yahyaa Ath-Tharasuusiy Abu Muhammad, dikenal dengan sebutan ‘Adl-Dla’iif[1] ; seorang yang tsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 543 no. 3623, tahqiq : Abul-Asybaal Shaghiir Al-Baakistaaniy; Daarul-‘Aaashimah].
b.      ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq bin Diinaar Al-‘Abdiy Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (137-211/212/215 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 692 no. 4740].
c.      Al-Husain bin Waaqid Al-Marwaziy Abu ‘Abdillah; seorang yang tsiqah namun mempunyai beberapa keraguan (tsiqah lahu auhaam) (w. 157/159 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 251 no. 1367].
d.      Marwaan bin Saalim Al-Muqaffa’ Al-Mishhriy; seorang yang diperselisihkan statusnya oleh para ahli hadits. Tidak ada yang mentsiqahkannya selain Ibnu Hibbaan [Ats-Tsiqaat, 5/424; Mathba’ah Daairatil-Ma’aarif, Cet. 1/1393], dan hanya dua orang perawi yang meriwayatkan darinya (yaitu : Al-Husain bin Waaqid Al-Marwaziy dan ‘Azrah bin Tsaabit Al-Anshaariy). Ibnu Hajar berkata tentangnya : “Maqbuul” [idem, hal. 931 no. 6613]. Maksudnya, riwayatnya diterima jika ada mutaba’ah; jika tidak, maka dla’iif. Adz-Dzahabiy berkata : “Telah ditsiqahkan” [Al-Kaasyif, 2/253 no. 5365, tahqiq : Ahmad Muhammad Al-Khathiib; Daarul-Qiblah, Cet. 1/1413]. Basyaar ‘Awwaad dan Syu’aib Al-Arna’uth berkata : “Majhuul haal” [Tahriirut-Taqriib, 3/362-363 no. 6569; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1417]. Muqbil Al-Wadii’iy berkata : “Majhuul haal[2] [At-Tatabbu’, 1/583; Daarul-Haramain, Cet. 1/1417].
Dhaahir status dari Marwaan adalah majhuul haal. Akan tetapi ini perlu di ditinjau kembali.  Ad-Daaruquthniy[3] (3/156 no. 2279) saat membawakan hadits ini berkata : “Al-Husain bin Waaqid menyendiri dalam periwayatan hadits ini, dan sanadnya hasan”. Semua perawi Ad-Daaruquthniy adalah perawi tsiqah, kecuali Marwaan bin Saalim Al-Muqaffa’. Oleh karena itu, penghukuman Ad-Daaruquthniy tersebut merupakan dilalah penghasanan terhadap Marwaan. Wallaahu a’lam.
Ada yang mengatakan bahwa tahsin isnad Ad-Daaruquthniy itu maknanya adalah sanad hadits tersebut ghariib, sehingga tidak mengkonsekuensikan tahsin terhadap perawinya. Perkataan ini perlu ditinjau kembali. Benar bahwasannya sanad tersebut ghariib sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy[4]. Akan tetapi Ad-Daaruquthniy dalam Sunan-nya menjadikan hadits yang ia sifati dengan : ‘isnaduhu hasan’ (sanadnya hasan) sebagai hujjah, semisal :
حدثنا محمد بن مخلد البجلي حدثنا أحمد بن عثمان بن حكيم الأودي نا سهل بن عامر البجلي ثنا هريم بن سفيان عن إسماعيل بن أبي خالد عن قيس بن أبي حازم قال صليت خلف بن عباس بالبصرة فقرأ في أول ركعة بالحمد وأول آية من البقرة ثم قام في الثانية فقرأ الحمد والآية الثانية من البقرة ثم ركع فلما انصرف أقبل علينا فقال إن الله تعالى يقول فاقرؤا ما تيسر منه هذا إسناد حسن وفيه حجة لمن يقول إن معنى قوله فاقرؤا ما تيسر منه إنما هو بعد قراءة فاتحة الكتاب والله أعلم
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Makhlad Al-Bajaliy : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Utsmaan bin Hakiim Al-Audiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Sahl bin ‘Aamir Al-Bajaliy : Telah menceritakan kepada kami Hariim bin Sufyaan, dari Ismaa’iil bin Abi Khaalid, dari Qais bin Abu Haazim, ia berkata : “Aku pernah shalat di belakang Ibnu ‘Abbaas di Bashrah, lalu ia membaca di awal raka’at dengan alhamdulillah (Al-Fatihah) dan awal ayat surat Al-Baqarah. Kemudian ia berdiri untuk raka’at yang kedua lalu membaca alhamdulillah (Al-Fatihah) dan ayat kedua dari surat Al-Baqarah. Kemudian rukuk. Setelah selesai, ia pun menghadap kami dan berkata : ‘Sesungguhnya Allah ta’ala befirman : ‘Bacalah oleh kalian apa yang mudah darinya”. (Ad-Daaruquthniy berkata) : “Sanad hadits ini hasan. Dan padanya terdapat hujjah bagi orang yang berkata : ‘Sesungguhnya makna perkataan lalu bacalah oleh kalian apa yang mudah darinya (Al-Qur’an), bahwasannya ia hanyalah dibaca setelah bacaan Al-Faatihah’. Wallaahu a’lam” [Sunan Ad-Daaruquthniy, 2/136-137 no. 1279].
Penghukuman isnaduhu hasan oleh Ad-Daaruquthniy dalam Sunan-nya juga bermakna sebagai satu tautsiq terhadap para perawinya, misalnya :
نا محمد بن مخلد وآخرون قالوا حدثنا إبراهيم بن الهيثم نا علي بن عياش نا محمد بن مطرف نا زيد بن أسلم عن عطاء بن يسار عن عائشة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال طهور كل أديم دباغه إسناد حسن كلهم ثقات
Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Makhlad dan yang lainnya, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Haitsam : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Mutharrif : Telah mengkhabarkan kepada kami Zaid bin Aslam, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari ‘Aaisyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Sucinya setiap kulit adalah (dengan) penyamakannya”. (Ad-Daaruquthniy berkata : ) “Sanadnya hasan, semua perawinya tsiqaat” [idem, 1/72 no. 124].
Singkatnya, tautsiq Ibnu Hibbaan juga ditetapi oleh Ad-Daaruquthniy yang menghasankannya. Oleh karena itu, perkataan yang benar tentang Marwaan bin Saalim Al-Muqaffa’ adalah seorang yang hasanul-hadiits (hasan haditsnya).
Kesimpulan hadits : Hasan. Dihasankan oleh Ibnu Hajar sebagaimana dalam Mausu’ah Al-Haafidh Ibni Hajar Al-Hadiitsiyyah (2/360 no. 78 – disusun oleh Al-Waliid Az-Zubairiy, dkk; Al-Hikmah, Cet. 1/1422), Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil (4/39-41 no. 920 – Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet. 1/1399), serta ‘Aliy Al-Halabiy & Saliim Al-Hilaaliy dalam Shifatu Shaumin-Nabiy (hal. 68 – Al-Maktabah Al-Islaamiyyah, Cet. 2/1409).[5]
Ini saja yang dapat dituliskan – sebagaimana permintaan salah seorang rekan.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abu al-jauzaa’ al-bogoriy – 1 Ramadlaan 1431].


[1]      Telah berkata Al-Haafidh Abu Muhammad ‘Abdul-Ghaniy bn Sa’iid Al-Mishriy : “Ada dua orang laki-laki mulia yang ditetapkan dengan laqab yang buruk : (1) Mu’aawiyyah bin ‘Abdil-Kariim Adl-Dlaal. Ia disebut dengan laqab itu karena pernah tersesat di jalan kota Makkah. (2) ‘Abdullah bin Muhammad Adl-Dla’iif. Ia dipanggil dengan laqab itu karena lemah dalam jasmaninya, bukan dalam haditsnya” [Tahdziibul-Kamaal, 16/99].
[2]      Atas faktor inilah beliau mendla’ifkan riwayat ini. Begitu pula dengan Asy-Syaikh Yahyaa Al-Haajuriy yang mendla’ifkannya dengan alasan kemajhulan Ibnul-Muqaffa’ ini - lihat : http://aloloom.net/vb/showthread.php?t=1378.
[3]      Sanad Ad-Daaruquthniy sebagai berikut :
حدثنا الحسين بن إسماعيل ثنا علي بن مسلم ثنا علي بن الحسن بن شقيق ثنا الحسين بن واقد ثنا مروان المقفع قال : رأيت ابن عمر يقبض على لحيته ويقطع مازاد على الكف قال :
Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Ismaa’iil : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Muslim : Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Waaqid : Telah menceritakan kepada kami Marwaan Al-Muqaffa’, ia berkata : Aku pernah melihat Ibnu ‘Umar menggenggam jenggotnya dan memotong selebih dari (genggaman) telapak tangannya, lalu berkata : “….(al-hadits)….”.
Al-Husain bin Ismaa’iil bin Muhammad Al-Mahaamiliy; seorang yang tsiqah [Siyaru A’laamin-Nubalaa’ oleh Adz-Dzahabiy, 15/258 dan Taraajimu Rijaali Ad-Daaruquthniy oleh Muqbil bin Haadiy Al-Waadi’iy, hal. 194 no. 466].
‘Aliy bin Muslim bin Sa’iid Ath-Thuusiy; seorang yang tsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 705 no. 4833].
[4]      Yaitu perkataan Ad-Daaruquthniy : “Al-Husain bin Waaqid menyendiri dalam periwayatan hadits ini, dan sanadnya hasan”.
Jika ada orang yang mencacatkan hadits ini karena keghariban Al-Husain bin Waaqid, maka ini tidak diterima; sebab ia seorang yang tsiqah sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar. Atau, ia seorang yang hasan haditsnya sebagaimana dikatakan Al-Albaaniy dan yang lainnya. Penyendirian Al-Husain tidaklah memudlaratkan riwayatnya jika tidak ada penyelisihan dengan riwayat lainnya, dan di sini tidak ada.

Comments

Anonim mengatakan...

ustadz, mau tanya.

apa setiap yang majhuul al-haal itu akan diterima jika ada 1 ulama yang mentsiqohkannya selain Ibnu Hibban? atau harus 2 ulama ustadz sehingga majhuul al-haalnya terangkat?
oh ya, kalo riwayatnya ghorib gimana ustadz? apa dilihat dulu riwayatnya tersebut syadz ataukah merupakan ziyaadatuts-tsiqoh?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Tentang majhuul, silakan baca artikel : Perawi Majhuul.

Riwayat ghariib itu tidak selamanya lemah. Tapi panjang kalau ditulis uraiannya bagaimana perbedaan ulama dan muhaqqiq dalam menyikapi riwayat ghariib.

Rohis Facebook mengatakan...

lalu ust hadits doa yg ini,

Allahumma laka shumtu dst...

apakah mutlak dhoif, mksdnya apakah tdk ada perselisihan ulama akan derajad hadits trsebut?

trus apakah hny syaikh Albany sj yg mendhoifkannya atw kah ada ulama lain yg turut mendoifkan??

sykran

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Yang mendla'ifkan bukan hanya Syaikh Al-Al-Baaniy. Ada di sana Ibnul-Mulaqqin, Ibnul-Qayyim, Ibnu Katsiir, dan yang lainnya yang juga mendla'ifkannya.

abu thufeil mengatakan...

assalamu alaikum ya abal jauza
afwan ustadz, mohon tanggapannya terhadap link berikut:
https://abu-quthbie.blogspot.co.id/2017/05/tinjauan-analisis-sanad-hadits-shaum.html?m=1

disitu dikatakan dhoif
jazaakallahu khairan

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Wa'alaikumus-salaam.

Kalau komentar saya ya artikel di atas. Alhamdulillah saya sudah tahu bagaimana thariqah pendla'ifan hadits Ibnu 'Umar tersebut (termasuk yang ada di link artikel yang antum sampaikan). Di situ terutama berputar pada tidak teranggapnya pentahsinan Ad-Daaraquthniy. Ketidaksetujuan saya dengan memberikan beberapa bukti. Selebihnya, tidak relevan untuk dibahas.

Unknown mengatakan...

❌ *LEMAHNYA HADITS KETIKA BERBUKA PUASA: "DZAHABA AZH-ZHAMA'*

بسم الله الرحمن الرحيم.

Telah datang dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu anhuma ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila berbuka beliau mengucapkan: DZAHABAZH ZHAMA`U WABTALLATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU IN SYĀ ALLĀH (Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan telah tetap pahala insya Allah).
📚(HR. Abu Dawud no.2357, An-Nasai dalam Al-Kubra no.3315, Ad-Daruquthni:2/185, Al-Baihaqi:4/239, dan selain mereka)

Hadits ini adalah yang paling kuat dalam masalah doa berbuka puasa, telah dishahihkan Al-Hafidz Al-Hakim dan dihasankan oleh sebagian ulama diantaranya Al-Hafidz Ad-Daruqutni, Al-Hafidz Ibnu Hajar, juga Syaikh Al-Albani rahimahumullah.

Akan tetapi, yang benarnya hadits ini adalah lemah. Karena dalam sanadnya Marwan Ibn Salim Al-Muqaffa’: perawi yang majhul. Hanya dua perawi tsiqoh yang meriwayatkan darinya dan tidak ada yang mentsiqohkannya dari ulama yang mu’tabar kecuali Ibnu Hibban.

➡Adapun Tashih Al-Hakim maka
pertama: beliau mutasahil dalam kitab Al-Mustadrak,
kedua: beliau wahm (keliru) ketika menghukumi hadits ini sebagai hadits dengan syarat Syaikhan (Al-Bukhari dan Muslim) padahal dua orang perawi yaitu: Al-Husain ibn Waqid bukan perawi Muslim, sedangkan Al-Bukhari hanya meriwayatkannya secara mu'allaq. Dan Marwan ibn Salim Al-Muqaffa bukan perawi Al-Bukhari dan Muslim.

➡Adapun Tausiq ibnu Hibban maka tidak mu'tabar karena beliau dikenal sebagai ulama yang suka mentautsiq Al-Majãhîl.

➡adapun Tahsin Ad-Daruqutni maka beliau mutasahil dalam sebagian keadaan.
Berkata Al-Hafidz Adz-Dzahabi rahimahullah:
والمتساهل كالترمذي والحاكم والدارقطني في بعض الأوقات.

Dan (Ulama Jarh wa Ta'dil) yang mutasahil seperti At-Tirmidzi, Al-Hakim, Ad-Daruqutni pada sebagian keadaan.
(Al-Muqizhah:120)

Syaikh Ali Ar-Razihi mengomentari: Yaitu dalam kitab Sunannya.
(Faedah dari Dars Kitab Dhawabit Al-Jarh wat-Ta'dil).

Dan hadits ini dihasankan Ad-Daruqutni dalam Sunannya.

➡Adapun Tahsin Ibnu Hajar maka beliau sendiri telah menghukumi Marwan ibn Salim Al-Muqaffa sebagaimana dalam At-Taqrib: Maqbul (maksudnya jika diikuti rawi lain dalam riwayatnya maka haditsnya diterima, jika tidak maka lemah).
Dan hadits ini tidak ada rawi lain yang meriwayatkannya kecuali Marwan ibn Salim.

➡Adapun Syaikh Al-Albani, maka beliau menguatkan hadits ini karena Tahsin Ad-Daruqutni dan Tautsiq Ibn Hibban. Dan telah dijelaskan di atas tentang Tahsin Ad-Daruqutni dan Tautsiq ibn Hibban.

📝Kesimpulan:
Hadits ini lemah karena Majhulnya Marwan Ibn Sãlim Al-Muqaffa'.
Hadits ini juga telah dilemahkan oleh Ahli Hadits Negri Yaman Syaikh Muqbil Al-Wadi'i rahimahullah.

وبالله التوفيق.

✍🏻2 Ramadhan 1439
✍🏻Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
🕌Darul-Hadits Ma'bar-Yaman.

________

Ustaz, bagaimana dengan takhrij yang ini?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Di atas sudah dijelaskan.