Tanya
: Apakah
shalat (sunnah) malam - selain shalat tarawih di bulan ramadlaan – secara berjama’ah
adalah bid’ah ?. Terima kasih atas jawabannya.
Jawab
: Bukan
termasuk bid’ah, bahkan hal itu termasuk bagian dari sunnah Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Beberapa riwayat menunjukkan bahwa beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah shalat malam berjama’ah dengan sebagian
shahabatnya radliyallaahu ‘anhum. Diantaranya :
a.
Berjama’ah dengan
Hudzaifah bin Al-Yamaan radliyallaahu ‘anhu.
عَنْ
حُذَيْفَةَ، قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ
لَيْلَةٍ، فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ، فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ، ثُمَّ مَضَى،
فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ، فَمَضَى، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ بِهَا، ثُمَّ
افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا، يَقْرَأُ
مُتَرَسِّلًا، إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا، تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ
سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ......
Dari Hudzaifah, ia
berkata : “Aku
pernah shalat bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di suatu malam. Beliau memulai shalat dengan bacaan surat Al-Baqarah.
Aku berkata (dalam hati) : ‘Beliau akan rukuk ketika selesai membaca seratus
ayat’. Kemudian berlalulah seratus ayat (dan beliau belum rukuk). Aku berkata
(dalam hati) lagi : ‘Beliau akan membaca surat Al-Baqarah dalam satu raka’at’.
Kemudian berlalu surat Al-Baqarah (dan beliau belum rukuk). Aku berkata (dalam
hati) lagi : ‘Beliau akan rukuk’. Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam malah mulai membaca surat An-Nisaa’. Setelah selesai, lalu mulai
lanjut dengan surat Aali ‘Imraan. Beliau membacanya dengan bacaan yang bagus (tartiil).
Apabila beliau melewati ayat-ayat yang terkandung anjuran untuk bertasbih, maka
beliau pun bertasbih. Dan apabila melewati ayat-ayat anjuran untuk berdoa
(memohon), maka beliau pun berdoa (memohon). Dan apabila melewati ayat-ayat
anjuran untuk berlindung diri, maka beliau pun berdoa memohon perlindungan….”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 772].
b.
Berjama’ah dengan ‘Abdullah bin Al-‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa.
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " بِتُّ فِي بَيْتِ خَالَتِي مَيْمُونَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ
زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا فِي لَيْلَتِهَا، فَصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ، ثُمَّ جَاءَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ،
ثُمَّ نَامَ، ثُمَّ قَامَ، ثُمَّ قَالَ: نَامَ الْغُلَيِّمُ أَوْ كَلِمَةً تُشْبِهُهَا،
ثُمَّ قَامَ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ، فَصَلَّى خَمْسَ
رَكَعَاتٍ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ نَامَ حَتَّى سَمِعْتُ غَطِيطَهُ أَوْ
خَطِيطَهُ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ "
Dari Ibnu ‘Abbaas,
ia berkata : “Aku pernah menginap di rumah bibiku, Maimunah bin Al-Harits,
istri Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam; dan ketika itu beliau berada
di rumah bibi saya itu. Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat ‘Isya’ (di masjid),
kemudian beliau pulang, lalu beliau mengerjakan shalat sunnah empat raka’at.
Setelah itu beliau tidur, lalu beliau bangun dan bertanya : ‘Apakah anak
laki-laki itu (Ibnu ‘Abbas) sudah tidur ?’ - atau beliau mengucapkan kalimat yang semakna
dengan itu. Kemudian beliau berdiri untuk melakukan shalat, lalu aku berdiri di
sebelah kiri beliau untuk bermakmum. Akan tetapi kemudian beliau menjadikanku
berposisi di sebelah kanan beliau. Beliau shalat lima raka’at, kemudian shalat
lagi dua raka’at, kemudian beliau tidur. Aku mendengar suara dengkurannya yang
samar-samar. Tidak berapa lama kemudian beliau bangun, lalu pergi ke masjid
untuk melaksanakan shalat shubuh” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 117 dan
Muslim no. 763].
c.
Berjama’ah dengan Anas dan ibunya, dan bibinya radliyallaahu
‘anhum.
عَنْ
أَنَسٍ، قال: دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا
هُوَ إِلَّا أَنَا وَأُمِّي وَالْيَتِيمُ وَأُمُّ حِرَامٍ خَالَتِي فَقَالَ:
" قُومُوا فَلِأُصَلِّيَ بِكُمْ " قَالَ: " فِي غَيْرِ وَقْتِ صَلَاةٍ
" قَالَ: فَصَلَّى بِنَا
Dari Anas, ia
berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui kami, dan
tidak ada orang di dalam rumah kecuali aku, ibuku, seorang anak yatim, serta
Ummu Haraam – bibiku - . Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda ‘Berdirilah
kalian, aku akan shalat bersama kalian”. Anas berkata : ‘(Hal tersebut dilakukan) di luar waktu shalat (wajib)". Lalu beliau pun shalat bersama
kami [Diriwayatkan oleh
Muslim no. 660 dan An-Nasaa’iy no. 802].
d.
Berjama’ah dengan ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu
‘anhu.
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَلَمْ يَزَلْ قَائِمًا حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ،
قُلْنَا: وَمَا هَمَمْتَ، قَالَ: هَمَمْتُ أَنْ أَقْعُدَ وَأَذَرَ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari ‘Abdullah (bin Mas’uud) radliyallaahu ‘anhu,
ia berkata : “Aku pernah shalat bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di
suatu malam. Beliau terus saja berdiri hingga aku terbetik niat yang jelek”.
Kami berkata (kepada Ibnu Mas’uud) : "Apa niat jelekmu itu?". Ibnu
Mas’uud menjawab : "Aku berniat untuk duduk dan meninggalkan Nabi shallallahu
'alaihi wasallam (karena terlalu lamanya beliau shalat)" [Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 1135 dan Muslim no. 773].
e.
Berjama’ah dengan ‘Auf bin Maalik Al-Asyja’iy radliyallaahu
‘anhu.
عَنْ
عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ، قَالَ: قُمْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً. فَقَامَ فَقَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ لَا يَمُرُّ بِآيَةِ
رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ فَسَأَلَ، وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ فَتَعَوَّذَ......
Dari ‘Auf bin
Maalik Al-Asyja’iy, ia berkata : Aku pernah berdiri shalat bersama Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam di suatu malam. Beliau berdiri membaca surat Al-Baqarah. Tidaklah beliau melewati
ayat-ayat rahmat kecuali berhenti dan berdoa memohon (rahmat kepada Allah). Dan
tidaklah beliau melewati ayat-ayat ‘adzab kecuali berhenti dan meminta
perlindungan (kepada Allah)….” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 873, An-Nasaa’iy
no. 1049 & 1132, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy
dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/274].
f.
Dan yang lainnya.
Ibnu Qudaamah rahimahullah berkata
:
يَجُوزُ التَّطَوُّعُ جَمَاعَةً
وَفُرَادَى ؛ { لِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَلَ
الْأَمْرَيْنِ كِلَيْهِمَا ، وَكَانَ أَكْثَرُ تَطَوُّعِهِ مُنْفَرِدًا ، وَصَلَّى
بِحُذَيْفَةَ مَرَّةً ، وَبِابْنِ عَبَّاسٍ مَرَّةً ، وَبِأَنَسٍ وَأُمِّهِ
وَالْيَتِيمِ مَرَّةً ، وَأَمَّ أَصْحَابَهُ فِي بَيْتِ عِتْبَانَ مَرَّةً ،
وَأَمَّهُمْ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ ثَلَاثًا } ، وَسَنَذْكُرُ أَكْثَرَ هَذِهِ
الْأَخْبَارِ فِي مَوَاضِعِهَا إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى ، وَهِيَ كُلُّهَا
صِحَاحٌ جِيَادٌ
“Diperbolehkan
shalat sunnah (nafilah) secara berjama’ah maupun sendirian, karena Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melakukan kedua hal tersebut. Namun kebanyakan shalat sunnah yang beliau lakukan
adalah sendirian (munfarid). Beliau pernah shalat (berjama’ah) dengan
Hudzaifah, Ibnu ‘Abbaas, Anas bersama ibunya dan anak yatim, serta mengimami
shahabat-shahabatnya di rumah ‘Utbaan. Beliau juga pernah mengimami mereka
(para shahabat) selama tiga malam pada bulan Ramadlaan. Dan kami akan
menyebutkan kebanyakan riwayat-riwayat dimaksud pada tempatnya, insya Allahu
ta’ala – yang kesemuanya adalah shahih lagi bagus” [Al-Mughniy,
1/811].
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abul-jauzaa’
– perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 23111434/29092013 – 02:00].
Comments
Bagaimana dengan kasus sholat malam (setelah tarowih dan witr) berjamaah setiap akhir bulan romadhon? Beberapa orang membangunkan beberapa orang yang tidur di masjid untuk sholat berjamaah (tahajjud) setiap beberapa hari (10 hari) terakhir bulan romadhon.
Apakah bid'ah jika sholat berjamaah tersebut dirutinkan/dibiasakan setiap akhir bulan romadhon? Bukti bahwa merutinkan adalah sholat malam berjamaah tersebut lebih dari 3 hari berturut-turut dan membangunkan 'beberapa orang saja (tertentu)'.
Apakah bid'ah jika setiap sholat malam berjamaah rutin tersebut selalu terdiri dari 6 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat?
mkin yang bid'ah yang dimaksud adalah melakukan solat malam berjamaah secara rutinitas, adapun kadang melakukan dan kadang meninggalkan maka itu memiliki dalil?
kpd Anonim, apakah ada dalil shorih yg menjadi landasan membid'ahkan sholat malam berjama'ah secara rutin???
Kalau tdk ada, maka tdk boleh jadi dalil membid'ahkan.
namun kalau kalimat dirubah jadi, menghukumi makruh bagi yg melazimkan sholat malam berjama'ah....maka ini lain cerita.
sudah biasa hal/statement seperti itu dibicarakan di ranah khilafiyah fiqih.
apakah ada dalil shorih yg menjadi landasan membid'ahkan sholat malam berjama'ah secara rutin???
Lah, masnya... Setiap bid'ah ditanya dalil tabdi'nya mana.
betulkah demikian ?
Posting Komentar