Fanatik (Ta'ashshub)


Fanatik atau ta’ashshub berasal dari kata ‘ashabiyyah, dan ‘ashabiyyah sendiri artinya :
أن يدعو الرجل إلى نصرة عصبته والتألب معهم على من يناوئهم ظالمين كانوا أو مظلومين.
والعصبي هو الذي يغضب لعصبته ويحامي عنهم
“Seseorang yang menyeru untuk menolong kerabatnya dan bergabung bersama mereka menghadapi orang yang memusuhi mereka, baik kerabatnya tersebut termasuk orang-orang yang dhalim atau terdhalimi.
Dan seorang dikatakan ‘ashabiy jika ia marah dikarenakan kerabatnya dan membela mereka [selengkapnya : Lisaanul-‘Arab, 1/602-607].
Secara istilah ta’ashshub didefinisikan sebagai :
التشدد وأخذ الأمر بشدة وعنف وعدم قبول المخالف ورفضه والأنفة من أن يتبع غيره ولو كان على صواب.
وكذلك التعصب هو نصرة قومه أو جماعته أو من يؤمن بمبادئه سواء كانوا محقين أم مبطلين، وسواء كانوا ظالمين أو مظلومين
“Sikap keras dan mengambil suatu perkara dengan keras, kasar, dan tidak menerima hal yang bertentangan serta menolaknya, gengsi untuk mengikuti orang lain meskipun benar. Begitu juga ta’ashshub bermakna menolong kaumnya atau kelompoknya atau orang yang satu ideologi, entah benar atau salah, pihak yang dhalim atau terdhalimi” [At-Ta’ashshub oleh ‘Aadil Ad-Dumakhiy].
Asy-Syaukaaniy rahimahullah memberikan penjelasan makna ta’ashshub :
أن تجعل ما يصدر عنه من الرأي ويروي له من الاجتهاد حجة عليك وعلى سائر العباد
“Engkau menjadikan semua pendapat dan ijtihad seseorang sebagai hujjah bagimu dan seluruh manusia” [Adabuth-Thalab wa Muntahal-Arab oleh Asy-Syaukaaniy, hal. 86].
Hal itu sebagaimana yang terdapat dalam riwayat :
حَدَّثَنَا مُحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا الْفِرْيَابِيُّ، حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ بِشْرٍ الدِّمَشْقِيُّ، عَنْ بِنْتِ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ، أَنَّهَا سَمِعَتْ أَبَاهَا، يَقُولُ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، " مَا الْعَصَبِيَّةُ ؟، قَالَ: أَنْ تُعِينَ قَوْمَكَ عَلَى الظُّلْمِ "
Telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin Khaalid Ad-Dimasyqiy : Telah menceritakan kepada kami Al-Faryaabiy : Telah menceritakan kepada kami Salamah bin Bisyr Ad-Dimasyqiy, dari Bintu Waatsilah bin Al-Asqa’ : Bahwasannya ia mendengar ayahnya berkata : Aku pernah bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah ashabiyyah itu ?”. Beliau menjawab : “Engkau menolong kaummu dalam kedhaliman” [As-Sunan, hal. 926 no. 5119 – takhrij selengkapnya bisa dibaca di sini].
Dari sini kita ketahui bahwa fanatik atau ta’ashshub merupakan sesuatu yang baathil, menjadikan seseorang selain nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai tolok ukur pembelaan dan kebenaran serta memerangi semua pihak yang berbeda pendapat dengannya atau dengan orang yang ia bela. Hati seorang yang terjangkit penyakit ta’ashshub tidak akan lega sebelum orang lain menyepakatinya dan menyepakati orang yang ia bela.
Padahal, Allah ta’ala tidak pernah menjadikan siapapun setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjadi tolok ukur kebenaran, keridlaan, kecintaan, dan permusuhan. Tolok ukur yang diakui oleh syari’at hanyalah Al-Qur’an dan As-Sunnah (beserta ijma’).
Allah ta’ala berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Hujuraat : 1].
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الأمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” [QS. An-Nisaa’ : 59].
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata” [QS. Al-Ahzaab : 36].
فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya” [QS. An-Nisaa’ : 65].
Allah ta’ala tidak mengkaruniai sifat kema’shuman pada manusia selain para Nabi dan Rasul ‘alaihimush-shalaatu was-salaam. Manusia tempatnya salah dan lupa, sehingga perkataan dan perbuatannya dapat diambil (jika benar) ataupun ditinggalkan (jika salah).
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
Setiap anak Adam (pernah) berbuat salah. Dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang-orang yang bertaubat” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 4251; dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy dalam Shahiih At-Targhiib 3/216 no. 3139].
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa secara marfuu’ :
لَيْسَ أَحَدٌ إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيَدَعُ غَيْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Tidak ada seorang pun kecuali perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 11/339 no. 11941. Al-Haitsamiy berkata : “Para perawinya tsiqaat” (Al-Majma’, 1/430). DR. ‘Aliy Ridlaa mengatakan sanadnya jayyid].[1]
Mujaahid rahimahullah berkata :
لَيْسَ أَحَدٌ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ، وَيُتْرَكُ إِلا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Tidak ada seorang pun setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dimana perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dalam Juz’u Raf’il-Yadain, hal. 153 no. 179; shahih[2]].
Oleh karena itu, barangsiapa yang menjadikan seseorang atau perkataan dan perbuatan seseorang selain Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai timbangan kebenaran yang mutlak, maka ia termasuk ahlul-bid’ah yang sesat.
Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :
ليس لأحد أن ينصب للأمة شخصا يدعو الى طريقته ويوالي ويعادي عليها غير النبى ولا ينصب لهم كلاما يوالي عليه يعادي غير كلام الله ورسوله وما اجتمعت عليه الأمة بل هذا من فعل أهل البدع الذين ينصبون لهم شخصا أو كلاما يفرقون به بين الأمة يوالون به على ذلك الكلام أو تلك النسبة ويعادون
“Tidak boleh bagi seorang pun untuk menanamkan bagi umat individu tertentu selain Nabi untuk menyeru ke jalannya serta berwala’ dan bermusuhan atasnya. Tidak boleh pula menanamkan bagi umat satu perkataan selain perkataan Allah dan Rasul-Nya serta ijma’ umat, yang dengannya berwala’ dan bermusuhan. Bahkan perbuatan tersebut merupakan perbuatan Ahlul-Bid’ah yang telah menanamkan bagi mereka individu tertentu atau perkataan tertentu yang menyebabkan perpecahan umat. Mereka berwala’ dan bermusuhan karenanya berdasarkan perkataan dan individu tersebut” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 20/164].
فإن أهل الحق والسنة لا يكون متبوعهم إلا رسول الله صلى الله عليه و سلم الذي لا ينطق عن الهوى إن هو إلا وحي يوحى فهو الذي يجب تصديقه في كل ما أخبر وطاعته في كل ما أمر وليست هذه المنزلة لغيره من الأئمة بل كل أحد من الناس يؤخذ من قوله ويترك إلا رسول الله فمن جعل شخصا من الأشخاص غير رسول الله من أحبه ووافقه كان من أهل السنة والجماعة ومن خالفه كان من أهل البدعة والفرقة كما يوجد ذلك في الطوائف من اتباع أئمة في الكلام في الدين وغير ذلك كان من أهل البدع والضلال والتفرق
“Sesungguhnya para pembela kebenaran dan sunnah (ahlul-haq was-sunnah) tidak mengikuti seseorang kecuali Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang : ‘beliau tidak berkata-kata dengan hawa nafsunya, ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)’ (QS. An-Najm : 3-4). Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang wajib dibenarkan setiap perkataannya dan wajib ditaati setiap perintahnya. Kedudukan ini tidaklah dimiliki oleh orang selain beliau dari kalangan para imam. Bahkan setiap orang dapat diambil dan dibuang perkataannya kecuali Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Barangsiapa yang menjadikan seseorang selain Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dari kalangan orang yang mencintainya dan menyepakatinya sebagai Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah, dan orang-orang yang menyelisihinya sebagai Ahlul-Bida’ wal-Furqah sebagaimana  fenomena itu ditemui pada sebagian kelompok yang yang mengikuti para imam dalam fatwa-fatwa agama dan selainnya; maka ia lah yang justru termasuk Ahlul-Bida’ wadl-Dlalaal wal-Furqah (penyeru kebid’ahan, kesesatan, dan perpecahan)” [idem, 3/346-347].
ممن يتعصب لواحد معين غير النبى كمن يتعصب لمالك أو الشافعى أو أحمد أو أبى حنيفة ويرى أن قول هذا المعين هو الصواب الذى ينبغى إتباعه دون قول الإمام الذى خالفه فمن فعل هذا كان جاهلا ضالا بل قد يكون كافرا فإنه متى إعتقد أنه يجب على الناس إتباع واحد بعينه من هؤلاء الأئمة دون الإمام الآخر فإنه يجب أن يستتاب فإن تاب وإلا قتل
“Barangsiapa yang fanatik/ta’ashshub terhadap individu tertentu selain Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam seperti orang yang fanatik terhadap Maalik, Asy-Syaafi’iy, Ahmad, atau Abu Haniifah, lalu ia berpendapat perkataan imam tersebut adalah benar dan mesti diikuti, sedangkan perkataan imam lain yang menyelisihinya tidak boleh diikuti; maka siapapun yang melakukan hal ini, ia seorang yang bodoh lagi sesat. Bahkan, kadang ia bisa menjadi kafir ketika berkeyakinan wajibnya manusia untuk mengikuti salah seorang imam tersebut, tanpa boleh mengikuti imam yang lain, sehingga ia wajib diminta untuk bertaubat. Jika ia bertaubat, maka diterima, dan jika tidak, maka dibunuh” [idem, 22/248-249].
Kebenaran tidaklah terikat dan melekat pada individu tertentu, karena kebenaran itu mesti dilihat pada dzatnya, bukan pada subjek yang mengatakan atau melakukannya. ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu pernah memberikan nasihat :
إن الحق والباطل لا يعرفان بأقدار الرجال، اعرف الحق تعرف أهله، واعرف الباطل تعرف من أتاه
“Sesungguhnya kebenaran dan kebathilan tidak diketahui dari jumlah/kekuatan orang-orang. Ketahuilan kebenaran niscaya engkau akan ketahui orang-orangnya. Dan ketahuilah kebathilan, niscaya engkau akan ketahui orang-orang yang menghampirinya” [Diriwayatkan oleh Al-Balaadzuriy dalam Al-Ansaab, 3/63].
Asy-Syaikh Asy-Syinqithiy rahimahullah berkata :
ونرجح ما ظهر لنا أنه الراجح بالدليل من غير تعصب لمذهب معين ولا لقول قائل معين لأننا ننظر الى ذات القول لا إلى قائله
“Kami merajihkan apa yang nampak pada kami bahwasannya ia lah yang raajih berdasarkan dalil, tanpa rasa ta’ashshub pada madzhab tertentu, tidak pula karena perkataan orang tertentu. Karena kami melihat dzat perkataannya, tidak pada orang yang mengatakannya" [Muqaddimah Adlwaaul-Bayaan, 1/4].
Akan tetapi ikhwah,…. sungguh menyedihkan yang terjadi sekarang. Sebagian orang yang mengerti sunnah malah mempraktekkannya. Lisan mereka yang basah memperingatkan umat akan bahaya taqlid dan ta’ashshub, di waktu yang sama perilaku keseharian mereka mengingkarinya. Kebenaran dan kesalahan versi mereka mesti ditimbang oleh penilaian individu-individu tertentu, hingga rujuk/taubatnya seseorang pun baru diakui jika telah ‘disahkan’ olehnya. Duhai,…. betapa sempit dunia ini……
Wallaahul-musta’aan.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 24111434/30092013 – 00:50].[3]




[1]      Riwayat tersebut secara lebih lengkap beserta sanadnya adalah :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرٍو الْبَزَّارُ، ثنا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، ثنا أَبُو عُبَيْدَةَ الْحَدَّادُ، عَنْ مَالِكِ بْنِ دِينَارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِي اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، رَفَعَهُ قَالَ: " لَيْسَ أَحَدٌ إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيَدَعُ غَيْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Amru Al-Bazzaar : Telah menceritakan kepada kami Ziyaad bin Ayyuub : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Ubaidah Al-Haddaad, dari Maalik bin Diinaar, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, dan ia memarfu’kannya, berkata : “Tidak ada seorang pun kecuali perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 11/339 no. 11941].
Keterangan perawinya adalah sebagai berikut :
a.      Ahmad bin ‘Amru bin ‘Abdil-Khaaliq bin Khalaad bin ‘Ubaidillah, Abu Bakr Al-‘Atakiy Al-Bazzaar Al-Bashriy, shaahibul-musnad; seorang yang tsiqah lagi haafidh, namun mempunyai banyak kekeliruan dalam hadits. Wafat tahun 291 H [Irsyaadul-Qaadliy wad-Daaniy, hal. 145-146 no. 155].
b.      Ziyaad bin Ayyuub bin Ziyaad Ath-Thuusiy Al-Baghdaadiy, Abu Haasyim – dengan laqab : Dalwaih; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Termasuk thabaqah ke 10, lahir tahun 166 H, dan wafat tahun 252 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 343 no. 2067].
c.      ‘Abdul-Waahid bin Waashil As-Saduusiy, Abu ‘Ubaidah Al-Haddaad Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, dan ia diperbincangkan oleh Al-Azdiy tanpa hujjah (yang benar). Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 190 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 631 no. 4277].
d.      Maalik bin Diinaar As-Saamiy An-Naajiy, Abu Yahyaa Al-Bashriy Az-Zaahid; seorang yang shaduuq. Termasuk thaabqah ke-5 dan wafat tahun 130 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 915 no. 6475].
e.       ‘Ikrimah Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy maulaa ‘Abdillah bin ‘Abbaas; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 104 H, atau dikatakan setelah itu, di Madinah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 687-688 no. 4707].
f.       ‘Abdullah bin ‘Abbaas bin ‘Abdil-Muthallib bin Haasyim bin ‘Abdi Manaaf Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abul-‘Abbaas Al-Madaniy; salah seorang shahabat yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 68 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 518 no. 3431].
[2]      Riwayat tersebut secara lebih lengkap beserta sanadnya adalah :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: " لَيْسَ أَحَدٌ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلا يُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ، وَيُتْرَكُ إِلا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari ‘Abdul-Kariim, dari Mujaahid, ia berkata : “Tidak ada seorang pun setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dimana perkataannya dapat diambil dan ditinggalkan, kecuali Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Keterangan perawinya adalah sebagai berikut :
a.      Qutaibah bin Sa’iid bin Jamiil bin Thariif bin ‘Abdillah Ats-Tsaqafiy, Abu Rajaa’ Al-Balkhiy Al-Baghlaaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun tahun 150 H, dan wafat tahun 240 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [lihat : Tahdziibul-Kamaal 23/523-537 no. 4852, Tahdziibut-Tahdziib 8/358-361 no. 641, dan Taqriibut-Tahdziib, hal. 799 no. 5557].
b.      Sufyaan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy, Abu Muhammad Al-Kuufiy Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 107 H, dan wafat tahun 198 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 395 no. 2464].
c.      ‘Abdul-Kariim bin Maalik Al-Jazariy, Abu Sa’iid Al-Harraaniy Al-Hadlramiy; seorang yang tsiqah lagi mutqin. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 127 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 619 no. 4182].
d.      Mujaahid bin Jabr Al-Makkiy, Abul-Hajjaaj Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy; seorang yang tsiqah lagi imam di bidang tafsir. Termasuk thabaqah ke-3 dan wafat tahun 101/102/103/104 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523].
Para perawinya tsiqaat dan sanadnya bersambung (muttashil).

Comments

Anonim mengatakan...

Apa ini termasuk fanatik Club olahraga tertentu y Ust??

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Tulisan di atas lebih ke arah fikrah keagamaan, Akan tetapi keumuman pembahasannya, maka itu bisa masuk juga.

Anonim mengatakan...

izin share Ustadz (untuk kesekian kalinya)