Al-Aajurriy
rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا
أَبُو سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُطَيَّنٌ الْكُوفِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا
مُصَرِّفُ بْنُ عَمْرٍو، قَالَ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ
بْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا جَعْفَرٍ يَقُولُ: " مَنْ جَهِلَ
فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
"
Telah
menceritakan kepada kami Abu Sa’iid, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Muthayyin Al-Kuufiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Musharrif
bin ‘Amru, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yuunus bin Bukair, dari
Muhammad bin Ishaaq, ia berkata : Aku mendengar Abu Ja’far berkata :
“Barangsiapa yang bodoh terhadap keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu
‘anhumaa, sungguh ia telah bodoh terhadap sunnah” [Asy-Syarii’ah 3/417
no. 1863].
Sanad
riwayat ini hasan. Berikut keterangan para perawinya :
1.
Ahmad
bin Muhammad bin Ziyaad, Abu Sa’iid bin Al-A’raabiy; seorang yang tsiqah lagi
haafidh. Wafat tahun 340 H [Lisaanul-Miizaan, 1/670-672 no. 857].
2.
Muhammad bin ‘Abdillah bin
Sulaimaan Al-Hadlramiy Al-Haafidh, terkenal dengan nama Muthayyin; seorang yang
tsiqah lagi haafidh. Termasuk thabaqah ke-12, dan wafat
tahun 277 H [Lisaanul-Miizaan, 7/257-259 no. 7021].
3.
Musharrif bin ‘Amru bin As-Sariy bin Musharrif
Al-Yaamiy/Al-Ayaamiy Al-Hamdaaniy, Abul-Qaasim/Abu ‘Amru Al-Kuufiy; seorang
yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 240 H.
Dipakai oleh Abu Daawud [Taqriibut-Tahdziib, hal. 945 no. 6729].
4.
Yuunus bin Bukair bin
Waashil Asy-Syaibaaniy, Abu Bakr/Abu Bukair Al-Jammaal Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq.[1] Termasuk
thabaqah ke-9, dan wafat tahun 199 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib hal. 1098 no. 7957,
Tahriirut-Taqriib 4/138-139 no. 7900, dan man Tukullima fiihi wa Huwa
Muwatstsaqun au Shaalihul-Hadiits hal. 561-562 no. 392].
5.
Muhammad bin Ishaaq bin
Yasaar Al-Madaniy, Abu Bakr/Abu ‘Abdilah Al-Qurasyiy; seorang yang shaduuq, namun sering melakukan tadliis. Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 150 H atau setelahnya.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 825 no. 5762].
6.
Muhammad bin ‘Aliy
bin Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Al-Madaniy,
Abu Ja’far Al-Baaqir; seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan.
Termasuk thabaqah ke-4, dan wafat tahun 114 H/115 H/116 H/117 H/118 H. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1412 no. 6191].
Beliau rahimahullah dianggap
orang-orang Syi’ah Raafidlah sebagai salah satu di antara imam-imam mereka.
Musharrif
bin ‘Amru mempunyai mutaba’ah dari
1.
‘Uqbah bin Mukram,
sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy[2]
dalam Fadlaailush-Shahaabah hal. 59-60 no. 37, Abu Nu’aim[3]
dalam Hilyatul-Auliyaa’ 3/185, Al-Ashbahaaniy[4]
dalam Al-Hujjaah 2/350, dan Adl-Dliyaa’[5]
dalam An-Nahyu no. 18 dengan sanad hasan.
‘Uqbah bin Mukram
bin ‘Uqbah bin Mukram Adl-Dlabbiy Al-Hilaaliy, Abu Mukram Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10,
dan wafat tahun 234 H [Taqriibut-Tahdziib, hal. 685 no. 4686].
2.
‘Abdurrahmaan bin
Shaalih Al-Azdiy, sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad[6]
dalam Zawaaid Fadlaailish-Shahaabah no. 108. Hanya saja jalan riwayat
ini menyebutkan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahmaan bin Shaalih, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Yuunus bin Bukair dan Muhammad
bin Ishaaq, dari Abu Ja’far. ‘Abdurrahmaan bin Shaalih telah keliru dalam
periwayatan ketika menyebutkan ‘dan Muhammad bin Ishaaq’. Yang benar : ‘dari
Muhammad bin Ishaaq’. Sanad riwayat ini hasan.
‘Abdurrahmaan bin
Shaalih Al-Azdiy Al-‘Atakiy, Abu Shaalih/Abu Muhammad Al-kuufiy; seorang
yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 235 H.
Dipakai oleh An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 582 no. 3923].
Diriwayatkan
oleh juga Al-Laalikaa’iy[7]
dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad no. 2324 dari jalan ‘Abdul-‘Aziiz bin
Al-Khaththaab dari Yuunus bin Bukair, namun tanpa menyebutkan perantara Muhammad
bin Ishaaq antara Yuunus bin Bukair dengan Abu Ja’far Muhammad bin ‘Aliy. Yang
benar adalah adanya perantara Muhammad bin Ishaaq sebagaimana riwayat
sebelumnya. Riwayat sebelumnya memperbaiki sanad riwayat ini.
‘Abdul-‘Aziiz bin Al-Khaththaab Al-Kuufiy, Abul-Hasan; seorang yang shaduuq.[8] Termasuk thabaqah ke-10,
dan wafat tahun 224 H. Dipakai oleh oleh
An-Nasaa’iy dalam Khashaaish ‘Aliy dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 611 no. 4118].
Walhasil, secara keseluruhan riwayat ini hasan.
Faedah :
1.
Ahlul-Bait Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah
orang-orang yang mencintai Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa. Mereka
(Ahlul-bait) senantiasa menghormati, mendoakan rahmat dan ampunan kepada Abu
Bakr dan ‘Umar. Bahkan, mereka memusuhi dan berlepas diri dari orang-orang yang
memusuhi dan berlepas diri dari mereka berdua.[9]
2.
Mengetahui keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar dan sekaligus
mencintai mereka berdua merupakan bagian dari sunnah. Jika dimutlakkan kata ‘sunnah’,
maka yang dimaksud adalah sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
3.
Syi’ah Raafidlah telah berlepas diri dari agama Ahlul-bait,
para shahabat, dan kaum muslimin secara umum dengan caci maki dan pengkafiran
mereka terhadap Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
4.
Ahlus-Sunnah adalah syi’ah (pembela) Ahlul-Bait hakiki pada garda
terdepan dibandingkan kaum yang mengaku diri Syi’ah (‘Aliy) namun malah mengkhianati
agama Ahlul-Bait.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus,
ciomas, bogor – 22041434/03032013 – 23:16].
[1] Yahyaa bin Ma’in dalam riwayat Ad-Duuriy berkata : “Tsiqah”. Dalam
lain riwayat : “Seorang yang jujur (shaduuq), namun tunduk pada sulthan.
Ia juga seorang Murji’ (penganut Murji’ah)”. Abu Zur’ah
pernah ditanya tentang hal yang diingkari darinya (Yuunus), lalu ia menjawab :
“Adapun dalam hadits, aku tidak mengetahuinya”. Abu Haatim berkata : “Tempat
kejujuran”. Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair berkata : “Tsiqah”. ‘Ubaid
bin Ya’iisy berkata : “Tsiqah’. Ibnu ‘Ammaar berkata : “Dia sekarang ini
seorang yang tsiqah menurut ahli hadits”. Al-Juzjaaniy berkata
: “Selayaknya untuk menetapkan dalam perkaranya”. As-Saajiy berkata : “Ibnu
Al-Madiiniy tidak meriwayatkan hadits darinya, dan ia di kalangan mereka
termasuk ahlush-shidq”. Ibnu Syaahiin berkata : “Tsiqah,
namun ia berpemahaman tasyayyu’”. Ahmad bin Hanbal berkata : “Aku
menulis (hadits) darinya”. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam kitab Ats-Tsiqaat.
Abu Dawud berkata : “Ia bukan hujjah di sisiku. Ia telah mengambil
perkataan Ibnu Ishaaq, lalu menyambungkannya dengan hadits-hadits”. An-Nasa’iy
berkata : “Tidak kuat”. Al-‘Ijilliy berkata : “Dla’iiful-hadiits”. Ibnu
Abi Syaibah berkata : “Fiihi layyin”. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq”. Di
lain tempat ia berkata : “Hasanul-hadiits”. Ibnu Hajar berkata :
“Jujur, terkadang salah” [selengkapnya, silakan lihat Tahdziibul-Kamaal 32/493-497, Tahdziibut-Tahdziib
11/434-436 no. 844, dan Ma’rifatuts-Tsiqaat lil-‘Ijilliy 2/377].
Melihat beberapa perkataan para imam jarh dan ta’dil di
atas, maka perkataan yang benar atas diri Yuunus bin Bukair adalah shaduuq.
Sedikit kelemahan padanya tidak menurunkan dari derajat hasan. Mayoritas jarh yang
dialamatkan kepadanya yang berkaitan dengan periwayatan adalah jenis jarh ringan. Jarh dalam bid’ah tasyayyu’ dan irja’ tidak
memudlaratkan haditsnya, karena ia seorang yang jujur dan tidak membawakan
hadits yang menguatkan bid’ahnya. Wallaahu a’lam.
[2] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ،
بِمِصْرَ قَالَ: نَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، قَالَ: نَا عُقْبَةُ بْنُ
مُكْرَمٍ، قَالَ: نَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ
أَبِي جَعْفَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ
أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ "
[3] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ،
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ،
حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي
جَعْفَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ أَبِي
بَكْرٍ، وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ "
[4] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا أَبُو المظفر، حَدَّثَنَا ابن المأمون، حَدَّثَنَا
الدارقطني، حَدَّثَنَا علي ابن عبد الله بن الفضل بمصر، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيم بن
شريك، حَدَّثَنَا عقبة ابن مكرم، حَدَّثَنَا يونس بن بكير، عن مُحَمَّد بن إسحاق، عن
أَبِي جعفر مُحَمَّد ابن عَلَى قَالَ: من لم يعرف فضل أَبِي بكر، وعمر، رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ، فقد جهل السنة.
[5] Riwayatnya adalah :
وَبِهِ ثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ
بْنِ حُبَيْشٍ، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، ثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ، ثَنَا
يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، قَالَ:
" مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ "
[6] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عبد الله، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ صَالِحٍ، قثنا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي
جَعْفَرٍ، قَالَ: " مَنْ جَهِلَ فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
"
[7] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رِزْقِ اللَّهِ، قَالَ: أنا
أَحْمَدُ بْنُ عِيسَى، قَالَ: نا أَبُو مُسْلِمٍ، قَالَ: نا عَبْدُ الْعَزِيزِ
بْنُ الْخَطَّابِ، قَالَ: حَدَّثَنِي يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ
يَعْنِي مُحَمَّدَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ الْحَسَنِ " مَنْ جَهِلَ فَضْلَ أَبِي
بَكْرٍ وَعُمَرَ، فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
[8] Abu
Haatim berkata : “Shaduuq”. Ya’quub bin Syaibah berkata : “Tsiqah lagi shaduuq”. An-Nasaa’iy berkata : “Tsiqah” [selengkapnya lihat
: Tahdziibul-Kamaal 18/126-128 no. 3441]. Adz-Dzahabiy
berkata : “Tsiqah” [Al-Kaasyif, 1/655 no. 3382].
Kesimpulannya
: ia seorang yang tsiqah.
Comments
Sahabat rasulullah saw yg saya sukai kisahnya selain abubakar dan umar adalah ali bin abuthalib. Kejeniusannya sungguh luar biasa, sehingga sering khalifah umar mengakui kehebatannya. Shalawat bagi sayyidina muhammad rasulullah dan ahlulbayt, ummahatul muminin dan zuriahnya.
Posting Komentar