Pembahasan
ini secara singkat telah dibahas dalam artikel ‘Aqiqah
dalam Syari’at Islam (catatan kaki no. 24). Pada kesempatan ini, akan coba saya ulang
dengan lebih menjabarkan jalan periwayatan dan keterangan penyebab
kelemahannya.
عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ مُحَرَّرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: عَقَّ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ مَا بُعِثَ
بِالنُّبُوَّةِ "
Dari
‘Abdullah bin Muharrar, dari Qataadah, dari Anas, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam mengaqiqahi dirinya setelah diutus sebagai nabi”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 7960].
Diriwayatkan
juga oleh Ibnul-Madiiniy[1]
dalam Al-‘Ilal hal. 53 no. 58, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr[2]
13/478-479 no. 7281 dan dalam Kasyful-Astaar[3]
2/74 no. 1237, Ibnu ‘Adiy[4]
dalam Al-Kaamil 5/214, Ar-Ruuyaaniy[5]
dalam Al-Musnad 2/386 no. 1371, Ibnu Hibbaan[6]
dalam Al-Majruuhiin 2/23, dan Al-Baihaqiy[7]
dalam Al-Kubraa 9/300 (9/505) no. 19273; semuanya dari jalan ‘Abdullah
bin Muharrar, dari Qataadah, dari Anas secara marfuu’.
Sanad
riwayat ini sangat lemah karena faktor ‘Abdullah bin Al-Muharrar (Al-‘Aamiriy Al-Jazriy
Al-Harraaniy), seorang yang matruuk [Taqriibut-Tahdziib, hal. 540 no. 3598].
Adapun Qataadah bin Di’aamah adalah seorang yang tsiqah lagi tsabt
[Taqriibut-Tahdziib hal. 798 no.
5553].
‘Abdullah
bin Muharrar mempunyai mutaba’ah dari :
1.
Ismaa’iil bin
Muslim
Sebagaimana dinukil
Ibnu Hajar dalam Fathul-Baariy (9/595) dari Abusy-Syaikh. Kami belum
mendapati sanad dari Abusy-Syaikh untuk diteliti, akan tetapi Ibnu Hajar
berkata bahwa ada kemungkinan Ismaa’iil bin Muslim mencuri hadits dari ‘Abdullah
bin Al-Muharrar. Apapun itu, jalur sanad Ismaa’iil bin Muslim ini sama sekali tidak
bisa menjadi penguat bagi riwayat Ibnu Muharrar.
2.
‘Abdullah
Al-Jurasyiy.
Diriwayatkan oleh Ibnu
Syaahiin[8]
dalam Al-Khaamis minal-Afraad no. 3 : Telah menceritakan kepada kami
Al-Qaasim bin Ismaa’iil Al-Mahaamiliy,
ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Ya’quub, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Abu Qataadah Al-Harraaniy, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah Al-Jurasyiy, dari Qataadah, dari Anas secara
marfuu’.
Sanad riwayat ini
sangat lemah dengan sebab ‘Abdullah bin Waaqid Abu Qataadah Al-Harraaniy,
seorang yang matruuk [Taqriibut-Tahdziib, hal. 555 no. 3711].
Qataadah
mempunyai mutaba’ah dari Tsumaamah bin ‘Abdillah bin Anas.
Diriwayatkan
oleh Ath-Thahawiy[9]
dalam Musykiilul-Aatsaar 3/78 no. 1053, Ibnu Abid-Dun-yaa[10]
dalam Al-‘Iyaal hal. 208 no. 66, Ath-Thabaraaniy[11]
dalam Al-Ausath no. 994, dan Adl-Dliyaa’[12]
dalam Al-Mukhtarah 5/204-205 no. 1832-1833; dari tiga jalan (Al-Hasan
bin ‘Abdillah, ‘Amru bin Naaqid, dan Ahmad Al-Haitsam bin Jamiil), ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa bin Anas, dari Tsumaamah
bin Anas, dari Anas secara marfuu’.
Diriwayatkan
juga oleh Ath-Thahawiy[13]
dalam Musykiilul-Aatsaar 3/79 no. 1054 :
Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Nashr, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Al-Haitsam bin Jamiil, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa bin Anas bin Maalik, ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku seorang laki-laki dari keluarga Anas bin Maalik, dari
Anas, kemudian ia menyebutkan semisal hadits sebelumnya.
Sanad
riwayat ini lemah ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa, seorang
yang shaduuq, namun banyak salah (shaduuq, katsiirul-ghalath) [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 540 no. 3596]. Adanya perbedaan perantara antara ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa
dengan Anas merupakan qarinah jeleknya hapalan ‘Abdullah bin
Al-Mutsannaa.
Ada yang mengatakan bahwa riwayat ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa
ini hasan karena ia mengambil riwayat dari pamannya (Tsumaamah
bin Anas), dan Al-Bukhaariy berhujjah dengan riwayat mereka dalam kitab Shahiih-nya.
Tahsiin
ini tidaklah benar. Sudah ma’ruuf dalam ilmu mushthalah bahwa
Al-Bukhaariy meriwayatkan beberapa hadits dalam kitab Shahiih-nya dari
beberapa perawi yang lemah. Beliau rahimahullah mencantumkan hadits beberapa
perawi lemah tersebut dalam kitab Shahiih-nya karena ada qarinah
bahwa hadits tersebut shahih/hasan. Selain itu, Al-Bukhaariy berhujjah dengan
riwayat ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa dari Tsumaamah hanya dalam mutaba’ah saja,
sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar rahimahullah dalam Hadyus-Saariy (1/416).
Di kesempatan lain Ibnu Hajar rahimahullah berkata setelah menyebutkan
perkataan beberapa ulama kepada ‘Abdullah bin Al-Mutsannaa :
فهذا من الشيوخ
الذين إذا انفرد أحدهم بالحديث لم يكن حجة،
“Orang
ini termasuk di antara para syaikh yang jika bersendirian dalam periwayatan
hadits tidak bisa dipergunakan sebagai hujjah” [Fathul-Baariy, 9/595].
‘Abdullah
bin Al-Mutsannaa ini bersendirian dalam periwayatan dari Tsumaamah. Adapun
penguat dari jalur Qataadah, maka kualitasnya sangat lemah.
Walhasil,
hadits ini dengan keseluruhan jalannya adalah lemah, tidak dapat dipergunakan
sebagai hujjah.
Hadits
ini telah dilemahkan oleh Al-Baihaqiy, An-Nawawiy, Ibnu Hajar, dan yang
lainnya.
Wallaahu
a’lam.
[abul-jauzaa’
– perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 21041434/03032013 – 00:38].
[1] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبٍ الْمُقَابِرِيُّ،
ثَنَا عَلِيُّ بْنُ هَاشِمٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَرَّرِ ، عَنْ
قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا بَعَثَهُ اللَّهُ نَبِيًا
[2] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا سُهَيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْجَارُودِيُّ
أَبُو الْخَطَّابِ، نَا عَوْفُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرَّارِيُّ، نَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ الْمُحَرَّرِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ: أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ مَا
بُعِثَ نَبِيًّا
وَحَدِيثَا عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَرَّرٍ لَا نَعْلَمُ
رَوَاهُمَا أَحَدٌ عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ غَيْرَهُ، وَهُوَ ضَعِيفُ
الْحَدِيثِ جِدًّا، وَإِنَّمَا يُكْتَبُ مِنْ حَدِيثِهِ مَا لَيْسَ عِنْدَ
غَيْرِهِ
[3] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا سُهَيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْجَارُودِيُّ
أَبُو الْخَطَّابِ، ثنا عَوْفُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُرَادِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ الْمُحَرَّرِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أنَسٍ، أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ مَا
بُعِثَ نَبِيًّا.
قَالَ الْبَزَّارُ: تَفَرَّدَ بِهِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
الْمُحَرَّرِ، وَهُوَ ضَعِيفٌ جِدًّا، إِنَّمَا يُكْتَبُ عَنْهُ مَا لا [ يُوجَدُ
] عِنْدَ غَيْرِهِ.
[4] Riwayatnya adalah :
ثنا عُمَرُ بْنُ بَكَّارٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ
مُعَاوِيَةَ الأَنْمَاطِيُّ، ثنا عَلِيُّ بْنُ هَاشِمِ بْنِ الْبَرِيدِ، ثنا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَرَّرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ
نَفْسِهِ بَعْدَ مَا بَعَثَهُ اللَّهُ نَبِيًّا
ثنا السَّاجِيُّ، ثنا سَهْلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
الْجَارُودِيُّ، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ مَرْوَانَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَرَّرٍ،
عَنْ قَتَادَة، عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ مَا بَعَثَهُ اللَّهُ
نَبِيًّا
[5] Riwayatnya adalah :
نَا ابْنُ إِسْحَاقَ، نَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ، نَا
عَلِيُّ بْنُ هَاشِمٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَرَّرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ
أَنَسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا بَعَثَهُ اللَّهُ نَبِيًّا
[6] Riwayatnya adalah :
وَرَوَى عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: " عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا
بَعَثَهُ اللَّهُ تَعَالَى نَبِيًّا ".
أَخْبَرَنَاهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِسْحَاقَ
الْعَسْقَلانِيُّ، بِتِنِّيسَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَمَّادٍ
الظَّهْرَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ
[7] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ
بْنِ دَاوُدَ الْعَلَوِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ، أنبا حَاجِبُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ
سُفْيَانَ الطُّوسِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حَمَّادٍ الأَبْيُورْدِيُّ، ثنا عَبْدُ
الرَّزَّاقِ، أنبا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَرَّرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، " أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ النُّبُوَّةِ "،
قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ: إِنَّمَا تَرَكُوا عَبْدَ
اللَّهِ بْنَ مُحَرَّرٍ لِحَالِ هَذَا الْحَدِيثِ، قَالَ الْفَقِيهُ رَحِمَهُ
اللَّهُ: وَقَدْ رُوِيَ مِنْ وَجْهٍ آخَرَ، عَنْ قَتَادَةَ، وَمِنْ وَجْهٍ آخَرَ،
عَنْ أَنَسٍ، وَلَيْسَ بِشَيْءٍ
[8] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ
الْمَحَامِلِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ يَعْقُوبَ، قَالَ: حَدَّثَنَا
أَبُو قَتَادَةَ الْحَرَّانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ الْجُرَشِيُّ،
عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا أُنْزِلَتِ الْنُبُوَّةُ
.
وَهَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ، وَلا أَعْرِفُ لِعَبْدِ اللَّهِ الْجُرَشِيِّ غَيْرَ
هَذَا الْحَدِيثِ، عَنْ قَتَادَةَ، وَقَالَ الْقَاسِمُ، عَنِ الْفَضْلِ، قَالَ:
قَالَ أَبُو قَتَادَةَ: هَذَا أَفَادَنَاهُ شُعْبَةُ، عَنْ هَذَا الشَّيْخِ،
وَقَالَ: لَيْسَ يَرْوِي هَذَا الْحَدِيثَ أَحَدٌ غَيْرُهُ
[9] Riwayatnya adalah :
مَا حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
مَنْصُورٍ الْبَالِسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، قَالَ:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُثَنَّى بْنِ أَنَسٍ، عَنْ ثُمَامَةَ بْنِ
أَنَسٍ، عَنْ أَنَسٍ " أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا جَاءَتْهُ النُّبُوَّةُ ".
[10] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ، حَدَّثَنَا
الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُثَنَّى بْنِ
أَنَسٍ، حَدَّثَنِي ثُمَامَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا جَاءَتْهُ النُّبُوَّةُ
قَالَ: وَرُبَّمَا، قَالَ: حَدَّثَنِيهِ رَجُلٌ مِنْ آلِ
أَنَسٍ، عَنْ أَنَسٍ
[11] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنا أَحْمَدُ، قَالَ: نا الْهَيْثَمُ،
قَالَ: نا عَبْدُ اللَّهِ، عَنْ ثُمَامَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَ مَا
بُعِثَ نَبِيًّا
[12] Riwayatnya adalah :
No.
1668 :
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ نَصْرٍ،
بِأَصْبَهَانَ، أَنَّ الْحَسَنَ بْنَ أَحْمَدَ الْحَدَّادَ أَخْبَرَهُمْ، وَهُوَ
حَاضِرٌ، أنبا أَبُو نُعَيْمٍ، أنبا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الطَّبَرَانِيُّ،
ثنا أَحْمَدُ بْنُ مَسْعُودٍ، هُوَ الْمَقْدِسِيُّ، قثنا الْهَيْثَمُ بْنُ
جَمِيلٍ، قثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُثَنَّى، عَنْ ثُمَامَةَ بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا بُعِثَ نَبِيًّا
No.
1669 :
وَأَخْبَرَنَا أَبُو الْهَيْصَمِ شَذْرَةُ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي الْعَلاءِ الْمَدِينِيُّ الْخَيَّاطُ، بِمَدِينَةِ
أَصْبَهَانَ، أَنَّ أَبَا الْخَيْرِ مُحَمَّدَ بْنَ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ
الْبَاغْبَانَ أَخْبَرَهُمْ، قِرَاءَةً عَلَيْهِ، أنبا أَبُو عَمْرٍو عَبْدُ
الْوَهَّابِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ مَنْدَهْ،
أنبا أَبُو مُحَمَّدٍ الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ يُوسُفَ بْنِ
يُوهْ، قِرَاءَةً عَلَيْهِ، قثنا أَبُو عَمْرٍو أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَكِيمٍ الْمَدِينِيُّ، إِمْلاءً، ثنا أَبُو حَاتِمٍ، هُوَ
مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ الرَّازِيُّ، ثنا عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدٍ النَّاقِدُ،
ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُثَنَّى بْنِ أَنَسٍ
الأَنْصَارِيُّ، حَدَّثَنِي ثُمَامَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ نَفْسِهِ بَعْدَمَا جَاءَتْهُ النُّبُوَّةُ
[13] Riwayatnya adalah :
وَمَا حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ نَصْرٍ،
قَالَ: حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ الْمُثَنَّى بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي رَجُلٌ، مِنْ آلِ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، ثُمَّ
ذَكَرَ مِثْلَهُ.
Comments
Dengan mengetahui sanad. Semakin mantap dalam beramal.
Saya sangat suka berkunjung ke blog ini. Jika sedang ada pulsa internet, insya Allah apabila on-line, saya selalu sempatkan melihat ke blog ini pada hari itu.
Saya rekomendasikan blog ini kepada teman-teman kajian di Cilacap.
Semoga Allah menambah ilmu, kebaikan dan memberkahi ustadz sekeluarga.
-arif-
Subhanalloh. 'ulumul hadits memang ilmu yg mulia. Berat timbangannya. Semakin hormat kita kepada muhaditsin. Tanpa mereka, terputuslah kita dgn sunnah.
Muhaditsin adalah sebenar2nya ulama.
Assalamu'alaykum usatadz, ana mau nanya :
Ana punya anak laki-laki yg kini berusia 4 thn. Karena ketidak mampuan ana, anak ana belum di aqiqah. Apakah ana boleh mengaqiqahi anak ana sampai tabungan ana cukup?.
Ana butuh penjelasannya ustadz. Jazakallohu khairan.
wa'alaikumus-salaam.
'Aqiqah ada waktunya, dan waktu 'aqiqah yang ditetapkan nash adalah hari ketujuh kelahiran. Jika pada waktu itu kita belum punya kemampuan untuk mengaqiqahi anak kita, maka syari'at 'aqiqah itu gugur pada diri kita, dan insya Allah kita diberikan pahala dengan niat kita.
wallaahu a'lam.
Syukron ustadz, atas penjelasannya sangat bermanfaat sekali buat saya dan sekeluarga.
Satu lagi ustadz :
Saya sangat menggemari blognya ustadz ini, dan sering kali menjadi bahan rujukan disetiap permasalahan yg ada.
Bolehkah saya menyebarkan artikel-artikel ustadz Abul Jauzaa' dimedia seperti Facebook ?
Jazzakallohu khairan...
Imamul Hadits Nashiruddin Al-Albani telah meneliti ulang hadis tersebut dan menilainya sebagai hadis sahih. (As-Silsilah al-Shahihah, no 2726). Menurut Al-Albani, hadis Anas RA ternyata mempunyai dua isnad (jalur periwayatan). Pertama, dari Abdullah bin Muharrir, dari Qatadah, dari Anas RA. Jalur inilah yang dinilai lemah karena ada Abdullah bin Muharrir. Kedua, dari Al-Haitsam bin Jamil, dari Abdullah bin Al-Mutsanna bin Anas, dari Tsumamah bin Anas, dari Anas RA. Jalur kedua ini oleh Al-Albani dianggap jalur periwayatan yang baik (isnaduhu hasan), sejalan dengan penilaian Imam Al-Haitsami dalam Majma' Az-Zawa`id (4/59).
Wallahu a'lam...
Ahmad Ansharullah
Semoga Allah merahmati para ulama kita.......
Posting Komentar