Puasa Sya’baan


Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ, وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ, وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ, وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa hingga kami menyangka beliau tidak berbuka; dan beliau berbuka hingga kami menyangka beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali di bulan Ramadlan. Dan aku juga tidak pernah melihat satu bulan yang beliau banyak berpuasa padanya kecuali Sya’baan” – Muttafaqun ‘alaihi, dan lafadh hadits ini milik Muslim [lihat : Buluughul-Maraam hal. 198 no. 683, tahqiq & takhrij & ta’liq : Samiir bin Amiin Az-Zuhairiy; Cet. 7/1424 H].

Takhrij :
Diriwayatkan oleh Maalik dalam Al-Muwaththa’ (2/365 no. 751 – Al-Hilaaliy); dan darinya Al-Bukhaariy (no. 1969), Muslim (no. 1156 - 175), Abu Daawud (no. 2434), Al-Baihaqiy (4/292), dan Al-Baghaawiy dalam Syarhus-Sunnah (6/328 no. 1776) – semuanya dari jalan Maalik, dari Abun-Nadlr maula ‘Umar bin ‘Ubaidullah, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Diriwayatkan juga oleh Ahmad (6/143 & 165), At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ (no. 737) & Asy-Syamaail (no. 302 – Al-Fakhl), An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (no. 2908), Ibnu Abi Syaibah (3/103), dan ‘Abd bin Humaid dalam Al-Muntakhab (no. 1514 – Al-‘Adawiy); dari dua jalan (‘Abdah dan Ibnu Numair), dari Muhammad bin ‘Amru, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ وَلَمْ أَرَهُ يَصُومُ مِنْ شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ
“Beliau biasa berpuasa hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berbuka, dan beliau berbuka hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam satu bulan lebih banyak dari puasanya di bulan Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan Sya'baan hingga sisa harinya tinggal sedikit, bahkan beliau berpuasa secara keseluruhan”.
Lafadh ini milik Ahmad.
Sanad hadits ini hasan, karena Muhammad bin ‘Amru (bin ‘Alqamah Al-Laitsiy) seorang yang shaduuq [Tahriirut-Taqriib, 3/299 no. 6188].
Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy (no. 1970) dan Muslim (no. 782 - 177), keduanya dari jalan Hisyaam, dari Yahyaa bin Abi Katsiir : Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata :
لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ وَكَانَ يَقُولُ خُذُوا مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا وَأَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا دُووِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً دَاوَمَ عَلَيْهَا
"Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa dalam satu bulan lebih banyak daripada Sya’baan. Beliau (seakan-akan) berpuasa di bulan Sya'ban seluruhnya. Dan beliau bersabda : ‘Lakukanlah amal-amal yang kalian sanggup melakukannya, karena Allah tidak pernah merasa bosan hingga kalian sendiri yang bosan’. Dan shalat yang paling Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam cintai adalah yang dilakukan secara kontinyu meskipun sedikit. Dan beliau bila melaksanakan shalat (sunnat), maka beliau melakukannya secara kontinyu”.
Lafadh ini milik Al-Bukhaariy.
Diriwayatkan juga oleh Al-‘Uqailiy (hal. 621 no. 780) dari jalan Thariif, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah : Bahwasannya ‘Aaisyah menceritakan mereka :
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصوم شعبان كله. قلت : يا رسول الله! أرأيت شعبان أحب الشهور إليك أن تصومه ؟. قال : إن الله يكتب كل نفس قبضت في تلك السنة فأحب أن يأتيني أجلي وأنا صائم.
Bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa Sya’bah seluruhnya. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah engkau berpendapat Sya’baan merupakan bulan yang paling engkau senangi untuk berpuasa di dalamnya ?”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah menetapkan bagi setiap jiwa diwafatkan di tahun tersebut. Maka aku senang jika saat ajal menjemputku dan aku dalam keadaan berpuasa”.
Thariif bin Ad-Daffaa’, ia tidak mempunyai hadits lain selain dari hadits ini. Oleh karena itu Al-‘Uqailiy berkata : “Ia tidak diketahui melainkan dengan hadits ini, dan ia tidak punyai mutaba’ah.
Kemudian Al-‘Uqailiy meriwayatkan dari jalan ‘Amru bin Abi Qais, dari Manshuur, dari Saalim bin Abil-Ja’d, dari Abu Salamah, ia berkata : Aku bertanya kepada Ummu Salamah tentang puasa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia menjawab :
ما رأيته يصوم شهرًا إلا شعبان فإنه كان يصله برمضان.
“Aku tidak pernah melihat beliau berpuasa selama satu bulan kecuali Sya’baan. Sesungguhnya beliau menyambungkannya dengan Ramadlan”.
Riwayat ini lebih didahulukan (daripada riwayat sebelumnya) [selesai perkataan Al-‘Uqailiy dalam Adl-Dlu’afaa’, hal. 621].
Diriwayatkan juga oleh Muslim (no. 1156 - 176), Ahmad (6/39), Ibnu Maajah (no. 1710), Al-Humaidiy (no. 173), Abu Ya’laa (no. 4633 & 4860), Ibnu Abi Syaibah (3/103), dan Al-Baihaqiy (4/292); semuanya dari jalan Sufyaan (bin ‘Uyainah), dari Ibnu Abi Labiid, dari Abu Salamah, ia berkata : Aku bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa tentang puasa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Maka ia menjawab :
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا
“Beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa berpuasa. Dan beliau berbuka sehingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa berbuka. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa (sunnah) dalam sebulan lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan Sya'baan hingga sisa harinya tinggal sedikit."
Diriwayatkan juga oleh Muslim (no. 1156) dari jalan ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata : Aku bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa : "Apakah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah berpuasa sebulan penuh ?". ‘Aaisyah menjawab :
مَا عَلِمْتُهُ صَامَ شَهْرًا كُلَّهُ إِلَّا رَمَضَانَ وَلَا أَفْطَرَهُ كُلَّهُ حَتَّى يَصُومَ مِنْهُ حَتَّى مَضَى لِسَبِيلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
"Aku tidak mengetahui beliau berpuasa selama sebulan penuh kecuali Ramadlaan. Dan beliau juga belum pernah berbuka sebulan penuh hingga (pasti ada hari yang) beliau berpuasa padanya; hingga beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam wafat".
Di lain riwayat ‘Aaisyah menjawab :
كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ قَدْ أَفْطَرَ قَالَتْ وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا كَامِلًا مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَمَضَانَ
“Beliau berpuasa hingga kami berkata beliau akan senantiasa berpuasa. Dan beliau berbuka hingga kami berkata beliau akan senantiasa berbuka. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di Madinah, kecuali Ramadlaan".
Sebagian Fiqh Hadits :
Hadits ini merupakan dalil yang cukup jelas tentang masyru’-nya berpuasa (sunnah) di bulan Sya’baan dan keutamaan yang besar padanya. Tidak ada bulan yang lebih banyak beliau berpuasa di dalamnya kecuali bulan Sya’baan. Akan tetapi, hal itu bukan berarti puasa di bulan tersebut merupakan puasa sunnah yang paling utama. Perhatikan riwayat berikut :
حَدَّثَنِي قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Telah menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa’iid[1] : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awaanah[2], dari Abu Bisyr[3], dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan Al-Himyariy[4], dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Puasa yang paling utama setelah Ramadlaan adalah puasa di bulan Allah Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam (shalat lail)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1163].[5]
Hadits ini memberikan satu faedah bahwa keutamaan dalam agama/syari’at bukan berasal dari logika, melainkan dari nash. Setiap amalan mempunyai tingkatan-tingkatan dalam hal keutamaan. Begitu juga dengan waktu dilakukannya amalan itu sendiri.
Adapun hadits :
عن أنس قال : سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الصوم أفضل بعد رمضان فقال شعبان لتعظيم رمضان قيل فأي الصدقة أفضل قال صدقة في رمضان
Dari Anas, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya : “Puasa apakah yang paling utama setelah Ramadlaan ?”. Beliau menjawab : “Sya’baan untuk memuliakan Ramadlaan”. Dikatakan : “Lalu shadaqah apakah yang paling utama ?”. Beliau menjawab : “Shadaqah di bulan Ramadlaan”.
Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 663, Ibnu Abi Syaibah 3/103, Abu Ya’laa no. 3431, Ath-Thahaawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/83, dan Al-Baghawiy no. 1778; dari dua jalan (Muusaa bin Ismaa’iil dan Yaziid bin Haaruun), dari Shadaqah bin Muusaa, dari Tsaabit  Al-Bunaaniy, dari Anas secara marfu’. Sanad hadits ini lemah karena kelemahan dari Shadaqah bin Muusaa[6].
Diriwayatkan juga Ahmad 3/230 dari jalan Yuunus : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Rasyiid, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Anas bin Siiriin, ia berkata : Kami mendatangi Anas bin Maalik…..(al-hadits)…”. Hadits ini lemah, karena kelemahan ‘Utsmaan bin Rusyaid[7].
Ada kemusykilan terkait dengan hadits-hadits yang telah disebutkan di atas. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa penuh di bulan Sya’baan; di lain riwayat disebutkan bahwa tidaklah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan secara penuh kecuali di bulan Ramadlaan. Bagaimana cara memahaminya ? Ada beberapa penjelasan mengenai hal ini.
Sebagian ulama ada yang memahami bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam kadang berpuasa penuh di bulan Sya’baan, kadang pula tidak berpuasa penuh. Namun pendapat ini tertolak, sebab telah shahih dan shaarih penjelasan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa :
وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا كَامِلًا مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَمَضَانَ
“Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di Madinah, kecuali Ramadlaan".
Yang raajih dalam hal ini – wallaahu a’lam – adalah sebagaimana dikatakan At-Tirmidziy sebagai berikut :
وروي عن بن المبارك أنه قال في هذا الحديث قال هو جائز في كلام العرب إذا صام أكثر الشهر أن يقال صام الشهر كله ويقال قام فلان ليله أجمع ولعله تعشى واشتغل ببعض امره كأن بن المبارك قد رأى كلا الحديثين متفقين يقول إنما معنى هذا الحديث أنه كان يصوم أكثر الشهر
“Dan diriwayatkan dari Ibnul-Mubaarak bahwasannya ia berkata tentang hadits ini : ‘Merupakan kebiasaan dalam percakapan orang Arab apabila seseorang berpuasa pada sebagian besar hari dalam sebulan, maka akan dikatakan ia berpuasa sebulan penuh. Dan dikatakan : ‘Fulaan melakukan shalat (sunnah) pada seluruh malamnya’ – padahal mungkin ia makan malam dan melakukan sebagian urusannya di malam tersebut’. Sepertinya Ibnul-Mubaarak memandang dua hadits di atas memiliki korelasi arti yang sama. Ia berkata : ‘Makna hadits tersebut adalah bahwa beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam berpuasa pada sebagian besar hari di bulan Sya'baan” [Jaami’ At-Tirmidziy, 2/107].
Ada kemusykilan lain dalam bahasan puasa Sya’baan ini, yaitu hadits :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ ح و حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ قَالَا حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ النِّصْفُ مِنْ شَعْبَانَ فَلَا صَوْمَ حَتَّى يَجِيءَ رَمَضَانُ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdah[8] : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad[9]. Dan telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar[10] :  Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Khaalid[11]; mereka berdua (‘Abdul-‘Aziiz  bin Muhammad dan Muslim bin Khaalid) berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Al-‘Alaa’ bin ‘Abdirrahmaan[12], dari ayahnya[13], dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Apabila tiba pertengahan bulan Sya’baan, janganlah berpuasa hingga tiba bulan Ramadlan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1651; shahih].
Diriwayatkan pula oleh ‘Abdurrazzaaq (no. 7325), Ibnu Abi Syaibah (3/21), Ahmad (2/442), Ad-Daarimiy (no. 1747-1748), Abu Daawud (no. 2337), At-Tirmidziy (no. 738), Ibnu Hibbaan (no. 3589), dan Al-Baihaqiy (4/209).
Bagaimana mengkompromikannya dengan hadits-hadits tentang perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berpuasa di kebanyakan hari pada bulan Sya’baan ? Apakah memang terlarang jika ada seseorang yang baru berpuasa ketika Sya’baan telah berjalan di pertengahannya ?
At-Tirmidziy menjelaskan jawabannya sebagai berikut :
وَمَعْنَى هَذَا الْحَدِيثِ عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ يَكُونَ الرَّجُلُ مُفْطِرًا فَإِذَا بَقِيَ مِنْ شَعْبَانَ شَيْءٌ أَخَذَ فِي الصَّوْمِ لِحَالِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يُشْبِهُ قَوْلَهُمْ حَيْثُ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقَدَّمُوا شَهْرَ رَمَضَانَ بِصِيَامٍ إِلَّا أَنْ يُوَافِقَ ذَلِكَ صَوْمًا كَانَ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ وَقَدْ دَلَّ فِي هَذَا الْحَدِيثِ أَنَّمَا الْكَرَاهِيَةُ عَلَى مَنْ يَتَعَمَّدُ الصِّيَامَ لِحَالِ رَمَضَانَ
“Makna hadits tersebut menurut sebagian ulama adalah : Jika seseorang tidak terbiasa berpuasa, kemudian ketika masuk pada pertengahan bulan Sya'ban, ia baru mulai berpuasa karena (menyambut) bulan Ramadlaan. Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam (satu hadits) yang semisal makna yang diterangkan oleh mereka, yaitu beliau shalallaahu 'alaihi wa salam bersabda : ‘Janganlah kalian berpuasa mendahului bulan Ramadlaan dengan puasa, kecuali jika bertepatan hari yang kalian biasa berpuasa’. Hadits ini menunjukan larangan bagi orang yang sengaja berpuasa menjelang datangnya puasa Ramadlan” [Dinukil melalui perantaraan Jaami’ Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah fish-Shiyaam wal-Qiyaam wal-I’tikaaf oleh Hamdiy Haamid Shubh, hal. 37, muraja’ah : ‘Aliy Al-Halabiy].
Terakhir, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hikmah puasa yang beliau lakukan di kebanyakan hari pada bulan Sya’baan melalui riwayat :
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ قَيْسٍ أَبُو الْغُصْنِ شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Amru bin ‘Aliy[14], dari ‘Abdurrahmaan[15], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaabit bin Qais Abul-Ghushn[16] - seorang syaikh dari kalangan penduduk Madiinah - ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu Sa’iid Al-Maqburiy[17], ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Usaamah bin Zaid, ia berkata : Aku berkata : “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalan satu bulan seperti halnya puasamu di bulan Sya’baan ?”. Beliau menjawab : "Itulah bulan yang dilalaikan manusia yang terletak antara bulan Rajab dan Ramadlaan. Ia adalah bulan yang padanya amal perbuatan diangkat kepada Rabbul-’Aalamiin. Dan aku senang seandainya amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa" [Diriwayatkan oleh An-Nasa’iy no. 2347; hasan – lihat Shahih Sunan An-Nasaa’iy, 2/153].
Adakah kita ‘tertarik’ dengan alasan yang disampaikan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sehingga mengikuti jejak beliau dalam amalan ?
Alhamdulillah, artikel kecil tentang puasa Sya’baan ini selesai dituliskan. Semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abu al-jauzaa’ al-bogoriy – 1431].


[1]      Qutaibah bin Sa’iid bin Jamiil bin Thariif Ats-Tsaqafiy Abu Rajaa’ Al-Baghlaaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (148-240 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. no. 5557].
[2]      Namanya adalah Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaar; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1036 no. 7457].
[3]      Namanya adalah Bayaan bin Bisyr Al-Ahmasiy Al-Bajaliy Abu Bisyr Al-Kuufiy Al-Mu’allim; seorang yang tsiqah lagi. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 180 no. 797].
[4]      Humaid bin ‘Abdirrahmaan Al-Himyariy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi faqiih. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 275 no. 1563].
[5]      Hadits ini di-ta’lil oleh Ad-Daaruquthniy dalam At-Tatabbu’ dimana ia mengatakan bahwa Abu ‘Awaanah telah diselisihi oleh Syu’bah yang meriwayatkan dari Abu Bisyr, dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan secara mursal. Namun ta’lil ini perlu dicermati lebih lanjut. Abu ‘Awaanah merupakan aqran dari Syu’bah yang kedudukannya selevel (tsiqah tsabat). Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Abu Bisyr meriwayatkan hadits tersebut dari Humaid dengan dua bentuk, yaitu muttashil dan mursal. Apalagi riwayat muttashil ini mempunyai penguat. Muslim telah membawakan mutaba’ah bagi Abu Bisyr dalam riwayat muttashil ini dari Muhammad bin Al-Muntasyir :
وحدثني زهير بن حرب. حدثنا جرير عن عبدالملك بن عمير، عن محمد بن المنتشر، عن حميد بن عبدالرحمن، عن أبي هريرة رضي الله عنه. يرفعه. قال : سئل: أي الصلاة أفضل بعد المكتوبة ؟ وأي الصيام أفضل بعد شهر رمضان ؟ فقال " أفضل الصلاة، بعد الصلاة المكتوبة، الصلاة في جوف الليل. وأفضل الصيام، بعد شهر رمضان، صيام شهر الله المحرم".
Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami Jariir, dari ‘Abdul-Malik bin ‘Umair, dari Muhammad bin Al-Muntasyir, dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu secara marfu’. Beliau pernah ditanya : "Shalat apakah yang paling utama setelah shalat wajib ? Dan puasa apakah yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadlaan?". Maka beliau menjawab : "Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di tengah malam. Dan puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadlan adalah puasa di bulan Allah Muharram" [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1163].
Zuhair bin Harb bin Syaddaad Abu Khaitsamah An-Nasaa’iy adalah seorang yang tsiqah lagi tsabat, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 341 no. 2053]. Jariir bin ‘Abdil-Hamiid Adl-Dlabbiy adalah seorang yang tsiqah shahiihul-kitaab, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 196 no. 924]. ‘Abdul-Malik bin ‘Umair bin Suwaid Al-Lakhamiy adalah seorang yang tsiqah, fashiih, lagi ‘aalim, namun hapalannya berubah dan kadang melakukan tadlis, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 625 no. 4228]. Muhammad bin Al-Munstasyir bin Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy adalah seorang yang tsiqah, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal 899 no. 6364].
Silakan baca pembahasan ini dalam buku : Bainal-Imamaini Muslim wad-Daariquthniy oleh Dr. Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy, hal. 213-215.
[6]      Shadaqah bin Muusaa Ad-Daqiiqiy Abul-Mughiirah/Abu Muhammad As-Sulamiy Al-Bashriy. Para ulama berselisih tentangnya.
Muslim bin Ibraahiim berkata : “Shaduuq”. Telah berkata Abu Bakr bin Abi Khaitsamah dari Yahyaa bin Ma’iin : “Haditsnya tidak ada apa-apanya”. Telah berkata Mu’aawiyyah bin Shaalih dari Yahyaa bin Ma’iin, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Abu Bisyr Ad-Duulabiy : “Dla’iif”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Sebagian haditsnya ada mutaba’ah-nya, dan sebagian yang lain tidak ada mutaba’ah-nya”. At-Tirmidziy berkata : “Ia di sisi mereka (para ulama) tidak kuat” [Tahdziibul-Kamaal, 13/149-155 no. 2870]. Abu Haatim berkata : “Layyinul-hadiits, ditulis haditsnya namun tidak boleh berhujjah dengannya, lagi tidak kuat”. Abu Ahmad Al-Haakim : “Tidak kuat di sisi mereka (ulama)”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia seorang syaikh yang shaalih, namun hadits bukanlah termasuk pekerjaannya. Ia apabila meriwayatkan, membolak-balikkan khabar hinga keluar dari batas untuk berhujjah dengannya”. Al-Bazzaar berkata : “Tidak haafidh di sisi mereka (ulama). Di kesempatan lain ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. As-Saajiy berkata : “Dla’iiful-hadiits” [Tahdziibut-Tahdziib, 4/418-419 no. 731].  Ahmad berkata : “Aku tidak mengetahuinya” [Suaalaat Ibni Haani’ no. 2263]. Ad-Daaruquthniy berkata : “Matruuk” [Suaalaat Al-Barqaaniy no. 226]. Ibnu Syaahiin memasukkanya dalam Taariikh Asmaa’ Adl-Dlu’afaa’ wal-Kadzdzaabiin (hal. 111 no. 309). Adz-Dzahabiy berkata : “Dla’iif” [Al-Kaasyif, 1/502 no. 2388]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq mempunyai beberapa keraguan (lahu auhaam)” [At-Taqriib, hal. 452 no. 2937]. Basyaar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Dla’iif” [Tahriirut-Taqriib, 2/139 no. 2921]. Ibnu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Dla’iif” [Natslun-Nabaal bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 692 no. 1534].
Kesimpulan : Shadaqah seorang perawi yang dla’iif – sebagaimana pendla’ifan dari jumhur ulama dari kalangan kibaarul-muhadditsiin.
[7]      ‘Utsmaan bin Rusyaid Ats-Tsaqafiy; ia telah didla’ifkan Ibnu Ma’iin. Ibnu Hibbaan berkata : “Munkarul-hadiits, karena sedikitnya riwayat yang dimilikinya. Tidak boleh berhujjah dengannya kecuali setelah melakukan penelitian penyimakannya dari Anas” [lihat : Lisaanul-Miizaan 5/388-389 no. 5115, At-Tadzkirah bi-Ma’rifati Rijaal Kutubil-‘Asyrah, hal. 1136 no. 4492, dan Mishbaahul-Ariid 2/329 no. 17408].
[8]      Ahmad bin ‘Abdah bin Muusaa Adl-Dlabbiy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 245 H). Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 94 no. 74].
[9]      Ia adalah ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad bin ‘Ubaid Ad-Daraawardiy Abu Muhammad Al-Juhhaniy (w. 186/187 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ada beberapa komentar ulama tentangnya : Mush’ab bin ‘Abdillah bin Az-Zubair berkata : “Maalik bin Anas mentsiqahkan Ad-Daraawardiy”. Ahmad berkata : “Ia seorang yang ma’ruuf sebagai seorang pencari hadits. Apabila ia meriwayatkan dari kitabnya, maka shahih. Namun bila ia meriwayatkan dari kitab-kitab milik orang lain, ada keraguan. Ia membaca kitab-kitab mereka, lalu keliru. Kadang ia membalikkan hadits ‘Abdullah bin ‘Umar, dimana ia meriwayatkannya (menjadi) dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Ad-Daraawardiy lebih tsabt daripada Fulaih bin Sulaimaan, Ibnu Abiz-Zinaad, dan Abu Aus. Ad-Daraawardiy kemudian Ibnu Abi Haazim”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Di lain riwayat ia berkata : “Tsiqah hujjah”. Abu Zur’ah berkata : “Jelek hapalan. Kadang meriwayatkan dari hapalannya, ada sesuatu padanya, lalu ia keliru”. Abu Haatim berkata : “Muhaddits”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya. Adapun haditsnya yang berasal dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar adalah munkar”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, banyak mempunyai hadits, melakukan beberapa kekeliruan” [Lihat : Tahdziibul-Kamaal, 18/187-195 no. 3470]. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan berkata : “Sering keliru (yukhthi’)”. Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. As-Saajiy berkata : “Ia termasuk orang-orang yang jujur dan amanah, akan tetapi ia mempunyai banyak keraguan” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 6/353-355 no. 680].
Al-Bardza’iy pernah berkata : Aku pernah bertanya lepada Abu Zur’ah : “Fulaih bin Sulaimaan, ‘Abdurrahmaan bin Abiz-Zinaad, Abu Aus, Ad-Daraawardiy, dan Ibnu Abi Haazim, mana di antara mereka yang lebih engkau senangi ?”. Ia menjawab : “Ad-Daraawardiy dan Ibnu Abi Haazim lebih aku senangi daripada mereka semua” [Suaalaat Al-Bardza’iy lembar 424-425]. Ya’quub bin Sufyaan berkata : “’Abdul-‘Aziiz di sisi penduduk Madiinah adalah seorang imam yang tsiqah” [Al-Ma’rifatu wat-Taariikh, 1/349].
Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, namun ia meriwayatkan dari kitab-kitab orang lain lalu keliru” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 615 no. 4147]. Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Tsiqah” [Tahriirut-Taqriib, 2/371 no. 4119]. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Tsiqah” [Natslun-Nabaal bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 801-802 no. 1852]. Al-Albaaniy berkata : “Tsiqah” [Al-Irwaa’, 1/295].
Kesimpulannya : Ia seorang yang tsiqah yang sedikit mendapat kritikan di jurusan hapalannya. Khusus riwayatnya dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar mendapat pengingkaran sehingga dilemahkan sebagian ulama.
[10]     Hisyaam bin ‘Ammaar bin Nushair bin Maisarah bin Abaan As-Sulamiy Abul-Waliid Ad-Dimasyqiy (w. 145 H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya. Ada banyak komentar ulama mengenainya, diantaranya :
Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Pandai/cerdas”. Di lain riwayat ia berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar lebih aku senangi daripada Ibnu Abi Maalik”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa denganya”. Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Shaduuq”. Ad-Daaruquthniy berkata : “Shaduuq, kabiirul-mahal”. Abu Haatim berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar ketika beranjak tua berubah (hapalannya)….. ia seorang yang shaduuq”. Abu Daawud berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar meriwayatkan sekitar 400 hadits yang tidak ada asalnya dari musnad” [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Kamaal, 30/242-255 no. 6586].
Ia banyak dikritik dari sisi hapalannya, terutama ketika menjelang tua. Namun ia seorang shaduuq yang hasan haditsnya. Haditsnya lemah jika bersendirian atau ada penyelisihan dari selain dirinya. Wallaahu a’lam.
[11]     Muslim bin Khaalid Al-Qurasyiy Al-Makhzumiy; seorang yang dla’iif karena hapalannya yang jelek (w. 179/180 H) [lihat : Tahriirut-Taqriib, 3/371-371 no. 6625]
[12]     Al-‘Alaa’ bin ‘Abdirrahmaan bin Ya’quub Al-Huraqiy Abu Syibl Al-Madaniy (w. 130-an H). Ada beberapa komentar ulama mengenainya, di antaranya :
Ahmad berkata : “Tsiqah, aku tidak pernah mendengar seorang pun yang menyebutkan tentangnya dengan kejelekan”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Laisa bi-dzaaka, orang-orang senantiasa berhati-hati terhadap haditsnya”. Di lain riwayat ia berkata : “Haditsnya bukan merupakan hujjah. Ia dan Suhail berdekatan kedudukannya”. Abu Haatim berkata : “Shaalih, para perawi tsiqaat telah meriwayatkan darinya. Akan tetapi banyak hal yang diingkari dari hadits-haditsnya.  Di sisiku, ia serupa dengan Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib”. An-Nasaa’iy berkata : Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku berpendapat tidak mengapa dengannya”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, mempunyai banyak hadits, lagi tsabt” [lihat : Tahdziibul-Kamaal, 22/520-524 no. 4577]. Al-Khaliiliy berkata : “Orang Madiinah. Ia diperselisihkan karena ia bersendirian dengan hadits-hadits yang tidak punya mutaba’ah, yaitu hadits : ‘Apabila tiba pertengahan bulan Sya’ban, maka janganlah kalian berpuasa’”. At-Tirmidziy berkata : “Ia tsiqah di sisi ahlul-hadiits” [Tahdziibut-Tahdziib, 8/187]. Al-‘Ijliy berkata : “Orang Bashrah, tsiqah, dan tinggal di Makkah”. Ya’quub bin Sufyaan berkata : “Ia dan ayahnya tsiqah” [Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 2/334 no. 3406]. Syu’bah bin Al-Hajjaaj dan Maalik bin Anas meriwayatkan darinya dimana hal ini sama dengan pentsiqahan menurut mereka berdua.
Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, kadang ragu-ragu” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 761 no. 5286]. Al-Albaaniy berkata : “Tsiqah, termasuk perawi Muslim” [Irwaul-Ghaliil, 5/292]. Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Tsiqah” [Tahriirut-Taqriib, 3/129-130 no. 5247]. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Tsiqah” [Natslun-Nabaal, hal. 969 no. 2332].
Kesimpulan : Ia seorang perawi tsiqah.
[13]     ‘Abdurrahmaan bin Ya’quub Al-Huraqiy Al-Juhhaniy Al-Madaniy; seorang yang tsiqah. Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 605 no. 4073].
[14]     ‘Amru bin ‘Aliy bin Bahr bin Kaniiz Abu Hafsh Al-Fallaas; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 249 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 741 no. 5116].
[15]     ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy bin Hassaan bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Anbariy Abu Sa’iid Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabt, lagi haafidh (135-198 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 601 no. 4044].
[16]     Tsaabit bin Qais Al-Ghiffaariy Abul-Ghusn Al-Madiniy, seorang yang diperselisihkan para ulama (w. 168 H).
Ahmad bin Hanbal berkata : “Tsiqah”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Dalam riwayat lain ia berkata : “Haditsnya tidak seperti itu (laisa bi-dzaaka), dan ia seorang yang shaalih”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : “Seorang syaikh yang sedikit haditsnya” [lihat : Tahdziibul-Kamaal, 4 no. ]. Abu Dawud berkata : “Haditsnya tidak seperti itu”. Al-Haakim berkata : “Tidak haafidh, dan tidak dlaabith”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia seorang yang sedikit haditsnya, banyak ragunya terhadap apa yang diriwayatkannya, tidak boleh berhujjah dengan riwayatnya apabila ia tidak diikuti (mempunyai mutaba’ah) oleh perawi lain”. Namun ia (Ibnu Hibbaan) juga memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 2/13-14 no. 20]. Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah” [Al-Kaasyif, 1/282-283 no. 696]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, sering ragu” [Taqriibut-Tahdziib, 187 no. 836]. Basyaar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Hasanul-hadiits” [Tahriirut-Taqriib, 1/197 no. 828].
Kesimpulan : Ia seorang yang shaduuq, hasanul-hadiits”.
[17]     Namanya Kaisaan Abu Sa’iid Al-Maqburiy Al-Madiniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Tarqiibut-Tahdziib, hal. 814 no. 5712].

Comments

Anonim mengatakan...

Syukran ustadz atas artikelnya. Izin untuk turut menyebarkannya.

Anonim mengatakan...

jazakalloh ustadz, smoga banyak manfaatnya.. mohon izin menyebarkan ustadz..

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Silakan, namun ada sedikit perbaikan kecil redaksi dan kalimat.

Rohis Facebook mengatakan...

Afwan ust. tulisan ust tntng Puasa Syaban sy posting di blog sy (http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/07/puasa-syaban.html).., tp td sy dpt hadits ini di blog se2org:

Imran bin Hushain berkata,”Rasulullah pernah bertanya kepada seorang laki-laki,’Apakah kamu telah puasa di penghujung bulan Sya’ban ini?’ Ia menjawab,’Tidak’. Sebelum datangnya Ramadhan, maka puasalah sehari atau dua hari.” (HR Muslim).

napa hadits ini gk ust masukkan ke dalam pembahsan di atas....?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Karena hadits itu tidak menunjukkan keutamaan khusus berpuasa sehari atau dua hari sebelum datang Ramadlaan. Maksud hadits tersebut adalah jika ada orang yang terbiasa puasa sehari atau dua hari di penghujung bulan, maka tidak mengapa ia berpuasa di waktu tersebut (penghujung Sya'ban). Namun jika ia tidak sempat berpuasa seperti kebiasaannya tersebut di bulan Sya'ban, maka hendaklah ia menggantinya setelah bulan Ramadlan usai.

Jika kita menyengaja mendahului puasa sehari atau dua hari sebelum Ramadlaan dalam rangka kehati-hatian, maka terlarang, sebab Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لَا يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمَهُ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الْيَوْمَ

“Janganlah salah seorang di antara kalian mendahului Ramadlan dengan berpuasa sehari atau dua hari, kecuali seseorang yang biasa berpuasa, maka tidaklah mengapa ia berpuasa di hari itu” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1914].

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Wallaahu a'lam.

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum

Jadi, bagaimana puasa yang lebih baik pada Sya'baan? Puasa 15 hari, puasa 27/28 hari, atau yang lainnya?

Maaf, saya kurang paham untuk ini.

Terima kasih.

abusyifa mengatakan...

assalamualaikum ustadz

pada praktek nya bagai manakah puasa nya:
1. apakah boleh puasa senen kamis digabung sama puasa dawud dan 3 hr puasa tiap bulan?
2. ataukah pilih salah satunya
jazakumullah khoiran

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Anonim 16 Juni 2012 15.58,.... dianjurkan banyak-banyak berpuasa di bulan Sya'baan. Namun jika ia tidak berpuasa di awal bulan hingga sampai tanggal 15 Sya'baan, maka ia dilarang berpuasa pada 15 hari sisanya hingga menjelang Ramadlaan - sebagaimana dijelaskan oleh At-Tirmidziy rahimahullah.

===

@Abu syifa,.... Kalau bertepatan harinya, boleh.

Wallaahu a'lam.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum ustad, bagaimana dengan puasa nisfu sa'ban ustad. apakah puasa nisfu sa'ban sunnah ustad?