Salah
satu sunnah beliau ﷺ yang banyak ditinggalkan kaum muslimin –
dan bahkan banyak diantara mereka yang tidak mengetahuinya sama sekali – adalah
shalat sunnah quduum. Yaitu, shalat sunnah dua raka’at yang dilakukan di
masjid sepulang dari safar sebelum seseorang tiba di rumah dan bertemu dengan keluarganya.
Dalilnya adalah:
عَنْ كَعْبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنّ
النَّبِيَّ ﷺ كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ ضُحًى دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَصَلَّى
رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ
Dari
Ka’b radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya Nabi ﷺ apabila
pulang dari safar di waktu Dluha, beliau masuk masjid dan shalat dua raka’at sebelum
duduk [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3088 & 4418 dan Muslim no. 2769].
Al-Bukhaariy
rahimahullah menempatkan hadits di atas (no. 3088) dalam Bab:
الصَّلاة إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ
“Shalat
apabila datang/tiba dari safar” [Al-Jaami’ush-Shahiih, 2/383].
Ibnu
Rajab Al-Hanbaliy rahimahullah berkata:
وقد صرح الشافعية بأن صلاتهم في المسجد سنة
، وهذا حق لا توقف فيه .
وقد بوب أبو بكر الخلال في ((كتاب الجامع))
في آخر الجهاد : ((باب سجدة الشكر للسلامة)) . ولم يورد في ذلك أثرا ولا نصا عن
أحمد ، ولا غيره في القدوم بخصوصه ، وسجود الشكر للقدوم من الجهاد أو غيره سالما
لا يعلم فيه شيء عن سلف ، إنما الذي جاءت به السنة . صلاة ركعتين في المسجد عند
القدوم
“Ulama
Syaafi’iyyah menyatakan bahwa shalat mereka di masjid (ketika datang dari
safar) adalah sunnah. Ini adalah kebenaran yang tidak boleh tawaqquf padanya.
Abu
Bakr Al-Khallaal membuat bab dalam Kitaabul-Jaami’ di bagian akhir
kitabul-jihad : Bab Sujud Syukur untuk Keselamatan. Tidak ada atsar dan
nash yang ternukil dari Ahmad dan yang lainnya tentang permasalahan quduum secara khusus. Dan sujud syukur karena tiba dari jihad atau selainnya dalam
keadaan selamat, tidak diketahui sedikitpun dari kalangan salaf. Yang ada
dalam sunnah hanyalah shalat dua raka’at di masjid ketika quduum (tiba
dari safar)” [Fathul-Baariy li-Ibni Rajab, 3/269].
Al-Haafidh
Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy rahimahullah berkata:
قَالَ النَّوَوِيّ : هَذِهِ الصَّلَاة
مَقْصُودَةٌ لِلْقُدُومِ مِنْ السَّفَر يَنْوِي بِهَا صَلَاة الْقُدُوم ، لَا
أَنَّهَا تَحِيَّة الْمَسْجِد الَّتِي أُمِرَ الدَّاخِل بِهَا قَبْل أَنْ يَجْلِس
، لَكِنْ تَحْصُل التَّحِيَّة بِهَا
“An-Nawawiy
berkata : ‘Shalat ini maksudnya adalah ketika tiba dari safar dengan niat
shalat quduum, bukan shalat tahiyyatul-masjid yang diperintahkan
saat masuk masjid sebelum duduk. Akan tetapi shalat tahiyyatul-masjid tercapai
juga dengan melakukan shalat tersebut” [Fathul-Baariy, 1/537].
Dikuatkan
lagi oleh riwayat Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu berikut:
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ:
أَتَيْتُ النَّبِيَّ ﷺ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ، قَالَ مِسْعَرٌ: أُرَاهُ قَالَ:
ضُحًى، فَقَالَ: " صَلِّ رَكْعَتَيْنِ، وَكَانَ لِي عَلَيْهِ دَيْنٌ
فَقَضَانِي وَزَادَنِي "
Dari
Jaabir bin ‘Abdillah, ia berkata : “Aku menemui Nabi ﷺ yang sedang berada di masjid - Mis’ar (perawi)
berkata : ‘Aku mengira Jaabir berkata : ‘Pada waktu Dluhaa - . Lalu Nabi ﷺ bersabda : ‘Shalatlah dua raka’at’.
Beliau ﷺ
waktu itu mempunyai hutang kepadaku, kemudian beliau membayarnya dan memberi
tambahan kepadaku” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 443].
Dalam
riwayat lain Jaabir berkata :
اشْتَرَى مِنِّي النَّبِيُّ ﷺ بَعِيرًا
بِوَقِيَّتَيْنِ وَدِرْهَمٍ أَوْ دِرْهَمَيْنِ فَلَمَّا قَدِمَ صِرَارًا أَمَرَ
بِبَقَرَةٍ فَذُبِحَتْ فَأَكَلُوا مِنْهَا، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ
أَمَرَنِي أَنْ آتِيَ الْمَسْجِدَ فَأُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ، وَوَزَنَ لِي ثَمَنَ
الْبَعِيرِ
“Nabi
ﷺ membeli seeekor unta dariku seharga dua ‘uqiyah
dan satu dirham atau seharga dua dirham. Ketika tiba di Shiraar, beliau ﷺ memerintahkan
agar sapi disembelih dan mereka (para shahabat) makan darinya. (Setelah
melanjutkan perjalanan) dan tiba di Madiinah, beliau ﷺ memerintahkan untuk masuk masjid, lalu aku
shalat dua raka'at. Kemudian, beliau ﷺ mengembalikan uang harga pembelian unta tersebut” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3089].
Dalam
riwayat lain Jaabir berkata :
بِعْتُ مِنَ النَّبِيِّ ﷺ بَعِيرًا فِي
سَفَرٍ، فَلَمَّا أَتَيْنَا الْمَدِينَةَ، قَالَ: ائْتِ الْمَسْجِدَ فَصَلِّ
رَكْعَتَيْنِ فَوَزَنَ. قَالَ شُعْبَةُ: أُرَاهُ فَوَزَنَ لِي فَأَرْجَحَ
“Aku
pernah menjual seekor unta kepada Nabi ﷺ dalam
satu safar (perjalanan). Ketika kami tiba di Madinah, beliau ﷺ berkata
: ‘Pergilah ke masjid lalu shalatlah dua raka’at’. Lalu beliau menaksir
harga (unta yang beliau beli)”. Syu'bah (perawi) berkata : “Aku mengira Jaabir berkata
: ‘Lalu beliau ﷺ menaksir harganya untukku dan
melebihkannya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2064].
Dalam
riwayat lain Jaabir berkata :
خَرَجْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فِي
غَزَاةٍ، فَأَبْطَأَ بِي جَمَلِي وَأَعْيَا، ثُمَّ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ
قَبْلِي، وَقَدِمْتُ بِالْغَدَاةِ، فَجِئْتُ الْمَسْجِدَ فَوَجَدْتُهُ عَلَى بَابِ
الْمَسْجِدِ، قَالَ: الْآنَ حِينَ قَدِمْتَ؟ قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: فَدَعْ
جَمَلَكَ، وَادْخُلْ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، قَالَ: فَدَخَلْتُ فَصَلَّيْتُ، ثُمَّ
رَجَعْتُ "
“Aku
pernah pergi bersama Rasulullah ﷺ dalam
satu peperangan. Ternyata untaku berjalan sangat pelan karena keletihan.
Rasululullah ﷺ tiba sebelumku, sedang aku
tiba di waktu pagi. Lalu aku mendatangi beliau ﷺ di masjid dan aku dapati beliau ada di
pintu masjid. Beliau ﷺ bersabda : ‘Apakah engkau
baru datang?’. Aku berkata : ‘Benar’. Beliau ﷺ bersabda
: ‘Tinggalkanlah untamu, masuklah ke masjid, dan shalat lah dua rakaat’”.
Jaabir berkata : "Maka aku masuk masjid, lalu aku shalat dan baru kemudian
pulang (ke rumah)" [Diriwayatkan oleh Muslim no. 715].
Asy-Syaikh
Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy menukil perkataan Ibnul-Qayyim rahimahumallah:
(ومنها أن السنة للقادم من السفر أن يدخل
البلد على وضوء وأن يبدأ ببيت الله قبل بيته فيصلي فيه ركعتين ثم يجلس للمسلمين
عليه ثم ينصرف إلى أهله)
“Dan
diantaranya bahwa sunnah yang hendaknya dilakukan oleh orang yang baru datang
dari safar adalah masuk ke negerinya dalam keadaan berwudlu’ dan memulainya
dengan masjid sebelum masuk ke rumahnya. Ia shalat dua raka’at di masjid,
kemudian duduk untuk kaum muslimin. Setelah itu baru ia pulang menemui
keluarganya”.
Kemudian
beliau rahimahullah berkata:
وقد أمر ﷺ بذلك فينبغي الاهتمام به فقال
جابر بن عبد الله رضي الله عنه: (كنا في سفر مع رسول الله ﷺ فلما قدمنا المدينة
قال لي: ائت المسجد فصل فيه ركعتين [قال: فدخلت فصليت ثم رجعت]).
..........
وظاهر الأمر يفيد وجوب صلاة القدوم من
السفر في المسجد لكني لا أعلم أحدا من العلماء ذهب إليه فإن وجد من قال به صرنا
إليه. والله أعلم.
“Dan
Nabi ﷺ telah memerintahkannya (shalat dua raka’at di
masjid) sehingga perlu perhatian padanya. Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu
‘anhu berkata : ‘Kami pernah bersama Rasulullah ﷺ dalam satu safar. Ketika kami tiba di
Madiinah, beliau ﷺ bersabda kepadaku : ‘Pergilah ke masjid
lalu shalatlah dua raka’at’. Jaabir berkata : ‘Maka aku pun masuk masjid, mengerjakan
shalat, lalu aku kembali/pulang’.
……..
Dhahir
perintah tersebut[1]
memberikan faedah wajibnya shalat ketika tiba dari safar di masjid. Akan tetapi
aku tidak mendapatkan seorangpun ulama yang berpendapat seperti itu. Apabila
didapatkan ulama (dahulu) yang pernah berpendapat seperti itu kami akan
berpegang terhadapnya, wallaahu a'lam" [Ats-Tsamarul-Mustathaab,
hal. 628].
Wallaahu
a’lam bish-shawwaab.
Semoga
yang sedikit ini ada manfaatnya dan menjadikan kita mengamalkannya.
[abul-jauzaa’
– ciper – akhir Ramadlaan 1439].
Comments
Posting Komentar