Telah
berlalu tulisan di blog ini[1]
yang mengetengahkan beberapa nukilan perkataan yang menggambarkan manhaj
Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam masalah ‘udzur
kejahilan yang dapat diringkas dalam beberapa point berikut:
1.
Seorang yang telah diketahui keislamannya secara
pasti, tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali dengan sesuatu yang pasti
juga.
2.
Membedakan antara takfir secara mutlak dan takfir
secara mu’ayyan.
3.
Takfir mu’ayyan dilakukan setelah tegak padanya
hujjah, terpenuhinya syarat-syarat pengkafiran, dan hilang
penghalang-penghalangnya.
4.
Tidak ada perbedaan dalam masalah pengkafiran antara
masalah ushul dan masalah furu’, i’tiqad/keyakinan dan fatwa.
5.
Memberikan ‘udzur pada satu jaman dan tempat
yang telah didominasi oleh kebodohan dan sedikitnya ilmu lebih utama dan lebih
ditekankan dibandingkan memberikan ‘udzur di jaman dan tempat dimana
banyak ulama dan ilmu sudah menyebar.
6.
Kejahilan merupakan salah satu ‘udzur dalam
pengkafiran, dan orang yang jahil tidak langsung dikafirkan kecuali setelah
tegak padanya hujjah – meskipun perbuatannya termasuk katagori syirik[2].
Sekarang, akan
saya ajak Pembaca sekalian membaca perkataan beliau rahimahullah yang
lain sehingga nampak benang merah manhaj Ahlus-Sunnah yang beliau pegang.
Beliau rahimahullah
berkata:
وقد ثبت في الصحيح أن الصحابة صلوا بغير
ماء ولا تيمم لما فقدت عائشة عقدها ولم يأمرهم النبي صلى الله عليه و سلم بالإعادة
بل أبلغ من ذلك أن من كان يترك الصلاة جهلا بوجوبها لم يأمره بالقضاء فعمر وعمار
لما أجنبا وعمر لم يصل وعمار تمرغ كما تتمرغ الدابة لم يأمرهما بالقضاء وأبو ذر
لما كان يجنب ولا يصلي لم يأمره بالقضاء والمستحاضة لما استحاضت حيضة شديدة منكرة
منعتها الصلاة والصوم لم يأمرها بالقضاء
والذين أكلوا في رمضان حتى يتبين لأحدهم
الحبل الأبيض من الحبل الأسود لم يأمرهم بالقضاء وكانوا قد غلطوا في معنى الآية
فظنوا أن قوله تعالى حتى يتبين لكم الخيط الأبيض من الخيط الأسود من الفجر هو
الحبل فقال النبي إنما هو سواد الليل وبياض النهار ولم يأمرهم بالقضاء والمسيء في
صلاته لم يأمره بإعادة ما تقدم من الصلوات والذين صلوا إلى بيت المقدس بمكة
والحبشة وغيرهما بعد أن نسخت بالأمر بالصلاة إلى الكعبة وصاروا يصلون إلى الصخرة
حتى بلغهم النسخ لم يأمرهم بإعادة ما صلوا وإن كان هؤلاء أعذر من غيرهم لتمسكهم
بشرع منسوخ
وقد اختلف العلماء في خطاب الله ورسوله
هل يثبت حكمه في حق العبيد قبل البلاغ على ثلاثة أقوال في مذهب أحمد وغيره قيل
يثبت وقيل لا يثبت وقيل يثبت المبتدأ دون الناسخ والصحيح ما دل عليه القرآن في
قوله تعالى وما كنا معذبين حتى نبعث رسولا وقوله لئلا يكون للناس على الله حجة بعد
الرسل وفي الصحيحين عن النبي ما أحد أحب إليه العذر من الله من أجل ذلك أرسل الرسل
مبشرين ومنذرين
فالمتأول والجاهل المعذور ليس حكمه حكم المعاند
والفاجر بل قد جعل الله لكل شيء قدرا
“Telah shahih riwayat dalam kitab Ash-Shahiih
bahwasannya para shahabat melaksanakan shalat tanpa berwudlu dan tayammum
ketika ‘Aaisyah kehilangan kalungnya, namun Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam tidak memerintahkan mereka untuk mengulang shalatnya[3].
Bahkan lebih dari itu, orang yang meninggalkan shalat karena ketidaktahuan
(kejahilan) mereka akan kewajibannya, tidak beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam perintahkan untuk mengqadla’-nya. ‘Umar dan ‘Ammaar ketika dalam
kondisi junub, maka ‘Umar tidak shalat sedangkan ‘Ammaar berguling-guling di
tanah seperti bergulingnya binatang, namun beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam tidak memerintahkan mereka berdua untuk mengqadla’-nya[4].
Ketika Abu Dzarr ketika junub dan tidak melaksanakan shalat, beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam tidak memerintahkannya untuk mengqadla’-nya[5].
Begitu juga dengan wanita yang sedang istihadlah, ketika ia mengalami
pendarahan yang hebat sehingga ia tidak melakukan shalat dan puasa[6],
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga tidak memerintahkannya untuk
mengqadlaa’-nya.
Dan orang-orang yang terus makan pada bulan
Ramadlaan hingga jelas bagi mereka benang putih dari benang hitam (yang mereka
letakkan di atas bantal), beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
memerintahkan mereka untuk mengqadla’-nya. Mereka telah keliru dalam memahami
makna ayat lalu menyangka firman Allah ta’ala : ‘hingga terang bagimu
benang putih dari benang hitam, yaitu fajar’ (QS. Al-Baqarah : 187), yaitu
: benang (secara letterlijk). Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
: ‘Yang dimaksud dari ayat tersebut adalah hitamnya malam dan putihnya siang’,
dan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan mereka
untuk mengqadlaa’-nya[7]. Orang yang jelek shalatnya tidak beliau perintahkan
untuk mengulangi shalat-shalatnya yang telah ia lakukan sebelumnya. Orang-orang
yang melakukan shalat di Makkah, Habasyah, dan yang lainnya dengan menghadap
Baitul-Maqdis setelah adanya penghapusannya untuk menghadap ke Ka’bah, lalu
mereka shalat menghadap batu besar hingga sampai kepada mereka khabar
penghapusan, tidak beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam perintahkan
untuk mengulang shalat-shalat yang telah mereka lakukan sebelumnya. Mereka
lebih layak diberikan ‘udzur dibandingkan yang lainnya dikarenakan mereka
berpegang pada syari’at yang telah mansuukh.
Para ulama
berbeda pendapat dalam khithaab Allah dan Rasul-Nya : apakah tetap
hukumnya bagi seorang hamba sebelum sampai kepadanya ?. Dalam hal ini terbagi
menjadi tiga pendapat dalam madzhab Ahmad dan yang lainnya. Dikatakan, hukumnya
tetap. Pendapat lain dikatakan : tidak tetap. Dan pendapat terakhir dikatakan :
yang permulaannya saja yang tetap, bukan yang menghapuskannya. Pendapat yang
benar adalah yang ditunjukkan oleh Al-Qur’an melalui firman-Nya ta’ala :
‘dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul’ (QS.
Al-Israa’ : 15). Dan juga firman-Nya ta’ala : ‘agar supaya tidak ada
alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu’ (QS.
An-Nisaa’ : 165). Dalm kitab Ash-Shahiihain dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam : ‘Tiada satu pun yang lebih senang menerima ‘udzur
daripada Allah. Oleh karena itu, Dia mengutus para Rasul sebagai pembawa berita
gembira dan pemberi peringatan’.[8]
Maka, orang
yang melakukan ta’wil dan orang yang jahil diberikan ‘udzur. Hukum yang
diberlakukan bagi mereka bukanlah hukum orang yang menentang dan orang yang faajir.
Akan tetapi, ‘sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap
sesuatu’ (QS. Ath-Thalaq : 3)” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 3/287-288].
Beliau rahimahullah
berkata:
وأما الصلاة خلف من يكفر ببدعته من أهل
الأهواء فهناك قد تنازعوا فى نفس صلاة الجمعة خلفه ومن قال انه يكفر أمر بالاعادة
لأنها صلاة خلف كافر لكن هذه المسألة متعلقة بتكفير أهل الأهواء والناس مضطربون فى
هذه المسألة وقد حكى عن مالك فيها روايتان وعن الشافعى فيها قولان وعن الامام أحمد
أيضا فيها روايتان وكذلك أهل الكلام فذكروا للأشعرى فيها قولان وغالب مذاهب الأئمة
فيها تفصيل
وحقيقة الأمر فى ذلك ان القول قد يكون كفرا
فيطلق القول بتكفير صاحبه ويقال من قال كذا فهو كافر لكن الشخص المعين الذى قاله
لا يحكم بكفره حتى تقوم عليه الحجة التى يكفر تاركها
وهذا كما فى نصوص الوعيد فان الله سبحانه
وتعالى يقول ان الذين يأكلون أموال اليتامى ظلما انما يأكلون فى بطونهم نارا
وسيصلون سعيرا فهذا ونحوه من نصوص الوعيد حق لكن الشخص المعين لا يشهد عليه
بالوعيد فلا يشهد لمعين من أهل القبلة بالنار لجواز أن لا يلحقه الوعيد لفوات شرط
أو ثبوت مانع فقد لا يكون التحريم بلغه وقد يتوب من فعل المحرم وقد تكون له حسنات
عظيمة تمحو عقوبة ذلك المحرم وقد يبتلى بمصائب تكفر عنه وقد يشفع فيه شفيع مطاع
وهكذا الأقوال التى يكفر قائلها قد يكون
الرجل لم تبلغه النصوص الموجبة لمعرفة الحق وقد تكون عنده ولم تثبت عنده أو لم
يتمكن من فهمها وقد يكون قد عرضت له شبهات يعذره الله بها فمن كان من المؤمنين
مجتهدا فى طلب الحق وأخطأ فان الله يغفر له خطأه كائنا ما كان سواء كان فى المسائل
النظرية أو العملية هذا الذى عليه أصحاب النبى صلى الله عليه و سلم وجماهير أئمة
الاسلام
“Adapun shalat di belakang orang dari
kalangan ahlul-ahwaa’ yang bid’ahnya termasuk katagori mengkafirkan pelakunya, maka
di situ mereka berselisih pendapat shalat di belakangnya dalam shalat Jum’at. Pihak
yang mengatakan : ‘sesungguhnya ia kafir’, maka mereka memerintahkan untuk
mengulang shalatnya dengan sebab shalatnya di belakang orang kafir (tidak sah).
Akan tetapi permasalahan ini
tergantung pada pengkafiran ahlul-ahwaa’ tersebut sedangkan orang-orang
berlainan pendapat dalam permasalahan ini. Telah dihikayatkan dari Maalik dua
riwayat dalam permasalahan tersebut, dari Asy-Syaafi’iy dua pendapat, dan dari
Al-Imaam Ahmad juga ada dua riwayat. Begitu juga dengan Ahlul-Kalaam, maka
mereka menyebutkan (Abul-Hasan) Al-Asy’ariy mempunyai dua pendapat dalam
permasalahan tersebut. Dan yang umum dari madzhab para imam dalam permasalahan
tersebut terdapat perincian.
Dan hakikat permasalahan
tersebut adalah bahwa ucapan itu bisa jadi merupakan kekafiran sehingga
dilakukan takfir mutlak terhadap pelakunya, dengan dikatakan : ‘Barangsiapa
mengatakan begini maka dia kafir’. Akan tetapi individu orangnya (mu’ayyan)
yang mengucapkan tidaklah divonis kafir sampai tegak hujjah yang mengkafirkan orang
yang meninggalkannya.
Dan ini
seperti nash-nash ancaman. Sesungguhnya Allah subhaanahu wa ta’ala pernah
berfirman : ‘Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim
secara lalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka
akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)’ (QS. An-Nisaa’ : 10). Nash-nash
ancaman ini dan yang semisalnya adalah benar, akan tetapi individunya tidak
boleh dipersaksikan dengan ancaman dan tidak pula dipersaksikan termasuk
penduduk neraka, karena kemungkinan tidak terpenuhinya syarat pengkafiran dan
adanya faktor penghalangnya sehingga ia tidak terkena ancaman tersebut. Kadang nash
pengharaman tidak sampai kepadanya (sehingga ia jahil karenanya), atau orang
yang melakukan keharaman tersebut telah bertaubat, atau ia mempunyai kebaikan
yang banyak yang menghapuskan hukuman bagi pelakunya, atau ia tertimpa berbagai
musibah yang dapat menghapus dosanya, atau ia termasuk orang yang diberikan
syafa’at.
Dan begitu
juga dengan beberapa perkataan yang dapat mengkafirkan pelaku/pengucapnya.
Kadang-kadang seseorang belum sampai padanya nash-nash yang mengantarkannya
mengetahui kebenaran. Kadang pula nash-nash itu telah sampai padanya, akan
tetapi ia menganggapnya tidak shahih atau ia tidak memahaminya. Kadang pula ia
tertimpa suatu syubhat yang Allah memberikan ‘udzur dengannya. Maka, siapa saja
dari kalangan orang-orang mukmin yang berusaha untuk mengetahui kebenaran lalu
keliru, Allah akan mengampuni kekeliruannya tersebut, apapun bentuknya. Sama
saja, apakah ia dalam permasalahan nadhariyyah (teoritis/’aqidah) atau amaliyyah.
Inilah yang berlaku di kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dan jumhur para imam kaum muslimin” [idem, 23/345-346].
Beliau rahimahullah
berkata:
ولا ريب أن الخطأ في دقيق العلم مغفور للأمة
وإن كان ذلك في المسائل العلمية ولولا ذلك لهلك أكثر فضلاء الأمة. وإذا كان الله يغفر
لمن جهل تحريم الخمر لكونه نشأ بأرض جهل، مع كونه لم يطلب العلم فالفاضل المجتهد في
طلب العلم بحسب ما أدركه في زمانه ومكانه إذا كان مقصوده متابعة الرسول بحسب إمكانه
هو أحق بأن يتقبل الله حسناته ويثيبه على اجتهاداته ولا يؤاخذه بما أخطأ تحقيقا لقوله
{رَبّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا}
“Tidak
diragukan lagi bahwa kesalahan dalam permasalahan yang rumit akan diampuni bagi
umat ini, walaupun itu termasuk masalah yang bersifat ilmiah. Seandainya tidak
begitu maka akan binasalah kebanyakan orang-orang mulia (ulama) dari kalangan
umat ini. Apabila Allah mengampuni orang bodoh tentang keharaman khamr, karena
dia hidup di lingkungan kebodohan dan dia tidak mencari ilmu, maka seorang yang
mulia yang bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu sesuai dengan apa yang ia
dapati jamannya dan di tempatnya – jika ia bermaksud mengikuti Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam sesuai dengan kemampuannya – maka ia lebih berhak untuk
diterima di sisi Allah dan diberi pahala ijtihad serta tidak diberi sanksi atas
kesalahannya. Sebagaimana firman-Nya : ‘Wahai Tuhanku, janganlah Engkau
siksa kami jika kami lupa atau bersalah’ (QS. Al-Baqarah : 286)” [idem,
20/165-166].
Beliau rahimahullah
berkata:
هذا مع أنى دائما ومن جالسنى يعلم ذلك
منى انى من أعظم الناس نهيا عن أن ينسب معين الى تكفير وتفسيق ومعصية إلا اذا علم
أنه قد قامت عليه الحجة الرسالية التى من خالفها كان كافرا تارة وفاسقا أخرى
وعاصيا أخرى وانى أقرر أن الله قد غفر لهذه الأمة خطأها وذلك يعم الخطأ فى المسائل
الخبرية القولية والمسائل العملية. وما زال السلف يتنازعون فى كثير من هذه المسائل
ولم يشهد أحد منهم على أحد لا بكفر ولا بفسق ولا معصية
“Demikianlah, sementara aku senantiasa -
dan orang-orang yang bermajelis denganku mengetahui hal tersebut - bahwa aku
termasuk orang yang paling keras melarang menisbatkan individu tertentu kepada
kekufuran, kefasiqan dan maksiat, kecuali apabila telah diketahui bahwa telah
ditegakkan hujjah risaaliyyah kepadanya, di mana orang yang menyelisihi
hal itu terkadang menjadi kafir, atau terkadang menjadi fasiq, atau terkadang
menjadi pelaku maksiat. Dan aku tegaskan bahwa Allah telah mengampuni
kekeliruan umat ini, di mana hal ini mencakup kekeliruan dalam masalah khabariyyah
qauliyyah (keyakinan/’aqidah) maupun masalah ‘amaliyyah. Dan kaum salaf senantiasa saling berbeda pendapat
dalam banyak permasalahan tersebut, namun tidak seorang pun dari mereka yang
bersaksi atas yang lain dengan kekufuran, kefasiqan dan kemaksiatan…” [idem,
3/229].
Beliau rahimahullah
berkata:
كذلك من دعا غير الله وحج إلى غير الله
هو أيضا مشرك والذي فعله كفر لكن قد لا يكون عالما بأن هذا شرك محرم.
كما أن كثيرا من الناس دخلوا في الاسلام
من التتار وغيرهم وعندهم أصنام لهم صغار من لبد وغيره وهم يتقربون اليها ويعظمونها
ولا يعلمون أن ذلك محرم في دين الاسلام ويتقربون إلى النار أيضا ولا يعلمون أن ذلك
محرم فكثير من أنواع الشرك قد يخفى على بعض من دخل في الإسلام ولا يعلم أنه شرك
فهذا ضال وعمله الذي أشرك فيه باطل لكن لا يستحق العقوبة حتى تقوم عليه الحجة قال
تعالى : فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Begitu pula
orang yang berdoa kepada selain Allah dan berhaji kepada selain Allah, maka ia
juga termasuk orang musyrik. Orang yang melakukannya kafir. Namun demikiam, kadang
pelakunya tidak mengetahui bahwasannya perbuatan tersebut kesyirikan yang
diharamkan.
Hal itu
sebagaimana kebanyakan orang yang masuk Islam dari bangsa Tataar dan yang lainnya
dimana di sisi mereka terdapat berhala kecil yang terbuat dari bulu dan yang
lainnya yang mereka bertaqarrub kepadanya dan mengangunggkannya tanpa
mengetahui hal tersebut diharamkan dalam agama Islam. Mereka juga bertaqarrub kepada
api tanpa mengetahui hal tersebut diharamkan. Banyak macam kesyirikan
tersembunyi bagi mereka yang (baru) masuk Islam tanpa mengetahuinya sebagai
kesyirikan. Orang seperti ini sesat dan amalan kesyirikannya bathil. Akan
tetapi ia tidak berhak mendapatkan hukuman hingga tegak padanya hujjah. Allan ta’ala
berfirman : ‘karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi
Allah, padahal kamu mengetahui’ (QS. Al-Baqarah : 22)” [Ar-Radd ‘alal-Ikhnaaiy,
hal. 206].
Beliau rahimahullah
berkata:
قد ذهب كثير من مبتدعة المسلمين من
الرافضة والجهمية وغيرهم الى بلاد الكفار فأسلم على يديه خلق كثير وانتفعوا بذلك
وصاروا مسلمين مبتدعين وهو خير من أن يكونوا كفارا
“Banyak ahlul-bid’ah kaum muslimin dari
kalangan Raafidlah, Jahmiyyah, dan yang lainnya pergi ke negeri-negeri kafir,
lalu banyak orang yang masuk Islam di tangan mereka dan mereka mengambil
manfaat dengan hal itu, sehingga orang-orang tersebut menjadi orang-orang
muslim pelaku bid’ah, dan itu lebih baik daripada mereka berstatus orang kafir”
[Majmuu' Al-Fataawaa, 13/96].
Di sini dapat
kita petik beberapa faedah:
1.
Harus dibedakan antara takfir mutlak dan takfir
mu’ayyan.
2.
‘Udzur kejahilan berlaku dalam perkara ‘aqidah dan amaliyyah.
3.
Hukum orang yang jahil yang tidak bermaksud
menyelisihi perintah/larangan Allah dan Rasul-Nya tidak boleh disamakan dengan
orang yang menentang, sengaja berbuat dosa, atau orang yang fajir.
4.
Tidak boleh menetapkan status kekafiran pada seorang
(yang asalnya) muslim dan menjatuhkan hukuman kepadanya kecuali setelah
ditegakkan hujjah kepadanya.
5.
Raafidlah yang keadaan mereka tidaklah asing bagi Ibnu
Taimiyyah dalam kebid’ahan, kekufuran, dan kesyirikannya[9]; masih ada yang
diperhitungkan sebagai kaum muslimin. Dalam konteks ini, Ibnu Taimiyyah rahimahullah
masih memberikan ‘udzur (kejahilan) selama belum ditegakkan hujjah kepada
mereka.
Wallaahu a’lam.
Semoga ada
manfaatnya.
[abul-jauzaa’
– wonokarto, wonogiri – 30122014 – 00:45].
[2] Ada sebagian
orang yang mencoba berperan seperti orang yang mengingkari rasa air laut itu
asin dan rasa gula itu manis. ‘Mereka’ mencoba mencari dalih bahwa Ibnu
Taimiyyah rahimahullah menutup pintu udzur sama sekali dalam masalah
kesyirikan, padahal fakta menyatakan beliau memberikan ‘udzur kepada kaum
muslimin yang jahil pelaku istighatsah kepada orang mati – sebagaimana jelas
tercantum dalam kitab Al-Istighaatsah/Ar-Radd ‘alal-Bakriy. Bahkan
Al-Bakry – namanya : Abul-Hasan Nuuruddin ‘Aliy bin Ya’quub Al-Mishriy
Asy-Syaafi’iy – tidak beliau kafirkan meskipun beliau menulis kitab yang khusus
untuk membantahnya dalam permasalahan istighatsah.
Jika mereka mengatakan Ibnu Taimiyyah hanya memberikan
‘udzur pada masalah yang khaafiy, maka pertanyaannya : “Apakah masalah
istighatsah, isti’aanah, dan yang semisal kepada amwaat (orang-orang
yang mati) merupakan perkara yang khaafiy menurut mereka?”. Tentu mereka
akan menjawab : ‘Tidak’.
Jika mereka mengatakan Ibnu Taimiyyah hanya memberi
‘udzur bagi mereka yang baru masuk Islam, maka pertanyaannya : “Apakah
masyarakat dan ulama waktu itu yang dibantah dan diberi ‘udzur oleh beliau
adalah orang-orang yang baru masuk Islam ?”. Faktanya : Tidak.
Jika mereka mengatakan Ibnu Taimiyyah memang tidak
mengkafirkan mereka, tapi bukan berarti beliau menganggap mereka sebagai
muslim; pertanyaannya : “Sejak kapan beliau rahimahullah menganut pendapat
demikian ?. Jangan suka merekayasa agar pendapat Anda seolah-olah diucapkan
juga oleh Ibnu Taimiyyah. Ibnu Taimiyyah tidak pernah mengatakannya. Jika
beliau tidak mengkafirkan sebelum ditegakkannya hujjah dan dihilangkannya
syubuhaat, itu artinya beliau masih menganggapnya sebagai muslim – karena
kembali ke hukum asal. Beliau rahimahullah pernah berkata:
وليس
لأحد ان يكفر أحدا من المسلمون وان أخطأ وغلط حتى تقام عليه الحجة وتبين له المحجة
ومن ثبت إسلامه بيقين لم يزل ذلك عنه بالشك بل لا يزول الا بعد إقامة الحجة وازالة
الشبهة
“Dan
tidak boleh bagi seorangpun untuk mengkafirkan orang lain dari kaum muslimin –
walau ia bersalah dan keliru – sampai ditegakkan padanya hujjah dan dijelaskan
kepadanya bukti dan alasan. Barangsiapa
yang telah tetap keislamannya dengan yakin, maka tidaklah hilang darinya hanya
karena sebuah keraguan. Bahkan tidak hilang kecuali setelah ditegakkan
kepadanya hujjah dan dihilangkan darinya syubhat” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 12/466].
Bukankah jelas ?
عَنْ
عَائِشَةَ، أَنَّهَا اسْتَعَارَتْ مِنْ أَسْمَاءَ قِلَادَةً فَهَلَكَتْ، فَبَعَثَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا، فَوَجَدَهَا،
فَأَدْرَكَتْهُمُ الصَّلَاةُ وَلَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ فَصَلَّوْا، فَشَكَوْا
ذَلِكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ
آيَةَ التَّيَمُّمِ
Dari ‘Aaisyah : Bahwasannya ia pernah meminjam kalung
kepada Asmaa' lalu hilang. Maka Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam
mengutus seseorang untuk mencarinya hingga kalung itu pun ditemukan. Kemudian, datanglah
waktu shalat sementara mereka tidak memiliki air, namun mereka tetap
melaksanakannya. Setelah itu, mereka mengadukan peristiwa itu kepada Rasulullah
shallallaahu 'alaihi wa sallam, hingga turunlah ayat tayamum
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 336].
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى عُمَرَ بْنِ
الْخَطَّابِ، فَقَالَ: إِنِّي أَجْنَبْتُ فَلَمْ أُصِبِ الْمَاءَ؟ فَقَالَ
عَمَّارُ بْنُ يَاسِرٍ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ: أَمَا تَذْكُرُ أَنَّا كُنَّا
فِي سَفَرٍ أَنَا وَأَنْتَ، فَأَمَّا أَنْتَ فَلَمْ تُصَلِّ، وَأَمَّا أَنَا
فَتَمَعَّكْتُ فَصَلَّيْتُ، فَذَكَرْتُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّمَا كَانَ
يَكْفِيكَ هَكَذَا، فَضَرَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِكَفَّيْهِ الْأَرْضَ وَنَفَخَ فِيهِمَا، ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ
وَكَفَّيْهِ "
Dari ‘Abdurrahmaan bin Abzaa, ia berkata : Ada seorang
laki-laki mendatangi ‘Umar bin Al-Khaththaab. Ia berkata : “Sesungguhnya aku
mengalami junub namun aku tidak boleh menggunakan air”. ‘Ammaar bin Yaasir
berkata kepada ‘Umar bin Al-Khaththaab : “Tidakkah engkau ingat kita pernah dalam
keadaan safar. Adapun engkau tidak melakukan shalat, sedangkan aku
berguling-guling (di tanah) lalu melaksanakan shalat. Lalu aku menyebutkan ha
tersebut kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau
bersabda : “Cukup bagimu untuk melakukan seperti ini”. Setelah itu beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam menepukkan kedua telapak tangannya ke
tanah, lalu beliau tiup keduanya, kemudian beliau mengusap wajah dan kedua
telapak tangannya [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 338].
عَنْ
أَبِي ذَرٍّ، قَال : " إِنِّي اجْتَوَيْتُ الْمَدِينَةَ، فَأَمَرَ لِي
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذَوْدٍ وَبِغَنَمٍ، فَقَالَ
لِي: اشْرَبْ مِنْ أَلْبَانِهَا، قَالَ حَمَّادٌ: وَأَشُكُّ فِي أَبْوَالِهَا،
هَذَا قَوْلُ حَمَّادٍ، فَقَالَ أَبُو ذَرٍّ: فَكُنْتُ أَعْزُبُ عَنِ الْمَاءِ،
وَمَعِي أَهْلِي فَتُصِيبُنِي الْجَنَابَةُ فَأُصَلِّي بِغَيْرِ طَهُورٍ، فَأَتَيْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِنِصْفِ النَّهَارِ وَهُوَ فِي
رَهْطٍ مِنْ أَصْحَابِهِ وَهُوَ فِي ظِلِّ الْمَسْجِدِ، فَقَالَ أَبُو ذَرٍّ:
فَقُلْتُ: نَعَمْ هَلَكْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: وَمَا أَهْلَكَكَ؟ قُلْتُ:
إِنِّي كُنْتُ أَعْزُبُ عَنِ الْمَاءِ وَمَعِي أَهْلِي فَتُصِيبُنِي الْجَنَابَةُ
فَأُصَلِّي بِغَيْرِ طُهُورٍ، فَأَمَرَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِمَاءٍ فَجَاءَتْ بِهِ جَارِيَةٌ سَوْدَاءُ بِعُسٍّ يَتَخَضْخَضُ مَا
هُوَ بِمَلْآنَ فَتَسَتَّرْتُ إِلَى بَعِيرِي فَاغْتَسَلْتُ ثُمَّ جِئْتُ، فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا أَبَا ذَرٍّ إِنَّ
الصَّعِيدَ الطَّيِّبَ طَهُورٌ، وَإِنْ لَمْ تَجِدِ الْمَاءَ إِلَى عَشْرِ
سِنِينَ، فَإِذَا وَجَدْتَ الْمَاءَ فَأَمِسَّهُ جِلْدَكَ "
Dari Abu Dzarr, ia berkata
: Sesungguhnya aku tidak betah karena iklim di Madinah. Maka Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam memerintahkanku untuk menggembala sekawanan onta dan
kambing. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku : "Minumlah
susunya". Hammad (perawi) berkata : "Aku ragu-ragu tentang 'air
kencingnya'”. Abu Dzarr berkata : "Di tempat gembala itu aku jauh dari
air, sementara aku bersama keluargaku, lalu aku berjunub, sehingga aku
mengerjakan shalat tanpa bersuci. Maka aku pergi menghadap Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam pada waktu tengah hari. Ketika itu beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam sedang berada di tengah-tengah sekumpulan sahabatnya
dalam naungan masjid, beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Engkau
Abu Dzar?". Aku menjawab : "Benar. Aku telah binasa wahai
Rasulullah!". Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Apa
yang menyebabkanmu binasa?”. Aku berkata : "Aku berada di suatu tempat
yang jauh dari air, bersama keluarga, lalu aku junub, sehingga aku
mengerjakan shalat tanpa bersuci”. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam memerintahkan agar aku diberi air. Maka datanglah seorang gadis
hitam membawa bejana, berisi air yang tergoncang-goncang tidak terlalu penuh.
Setelah itu aku berlindung di balik unta kendaraanku, lalu aku mandi, kemudian
aku pergi menghadap beliau. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda : "Wahai Abu Dzar, sesungguhnya tanah yang bersih adalah suci
(untuk tayammum), jika engkau tidak mendapatkan air sampai sepuluh tahun.
Apabila kamu telah mendapatkan air, maka gunakanlah air itu untuk bersuci”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 333].
عن
حمنة بنت جحش قالت : كنت أُسْتَحاضُ حيضةً كثيرة شديدة، فأتيت رسول اللّه صلى الله
عليه وسلم أستفتيه وأُخبره، فوجدته في بيت أختي زينب بنت جحش، فقلت: يا رسول اللّه؛
إني امرأةٌ أُستحاض حيضة كثيرة شديدة فما ترى فيها؟ قد منعتني الصلاة والصوم؟ فقال:
"أنعت لك الكرسف فإِنّه يذهب الدّم" قالت: هو أكثر من ذلك قال: "فاتّخذي
ثوباً" فقالت: هو أكثر من ذلك، إنما أثجُّ ثجّا، قال رسول اللّه صلى الله عليه
وسلم: "سآمرك بأمرين أيَّهما فعلت أجزأ عنك من الآخر، فإِن قويت عليهما فأنت أعلم"
قال لها: "إنّما هذه ركضةٌ من ركضات الشّيطان فتحيّضي ستَّة أيَّامٍ أو سبعة أيَّامٍ
في علم اللّه تعالى، ثمَّ اغتسلي، حتى إذا رأيت أنك قد طهرت واستنقأت فصلي ثلاثاً وعشرين
ليلةً أو أربعاً وعشرين ليلةً وأيامها، وصومي؛ فإِن ذلك يجزيك، وكذلك فافعلي [في] كلِّ
شهر كما تحيض النساء وكما يطهرن، ميقات حيضهنَّ وطهرهنَّ، ....
Dari Hamnah binti Jahsy, ia berkata : Aku pernah
mengalami istihadlah yang banyak dan kencang (mengalir). Maka aku
mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta fatwa
dan mengkhabarkannya. Dan aku mendapati beliau di rumah saudara wanitaku,
Zainab binti Jahsy. Lalu aku berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku
adalah seorang wanita yang ber-istihadlah banyak lagi kencang (mengalir). Apa
pendapatmu mengenai hal ini ? (Perlu engkau ketahui) bahwa ia telah
mencegahku untuk melakukan shalat dan puasa”. Beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Gunakanlah kapas untukmu sebagai
penghambat, karena hal itu menghilangkan darah”. Aku berkata : “Ia lebih
banyak mengalir dari itu”. Beliau bersabda : “Ambillah secarik kain”.
Aku berkata : “Ia bahkan lebih banyak mengalir dari itu”. Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku akan memerintahkanmu dua hal. Mana
saja yang engkau lakukan dari itu, niscaya telah mencukupimu dari yang lain. Engkau
yang lebih mengetahui jika engkau lakukan keduanya”. Beliau bersabda
kepadanya (Hamnah) : “Sesungguhnya ia hanyalah satu gangguan dan
gangguan-gangguan syaithan. Maka, bagimu haidl enam hari atau tujuh hari dalam
ilmu Allah. Kemudian mandilah hingga engkau lihat bahwa engkau telah dalam
keadaan suci dan bersih. Shalatlah dua puluh tiga atau dua puluh empat hari,
dan juga berpuasalah. Sesungguhnya hal itu telah mencukupi bagimu. Begitu pula
lakukanlah setiap bulan sebagaimana haidl dan sucinya wanita-wanita yang lain
di waktu haidl dan sucinya…” [Diriwayatkan oleh Abu Dawud no. 287; Ahmad
6/381,439; At-Tirmidzi no. 128; Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad no.
797; dan yang lainnya. Sanad hadits ini hasan].
عَنْ
عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: لَمَّا نَزَلَتْف حَتَّى يَتَبَيَّنَ
لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِق، قَالَ لَهُ
عَدِيُّ بْنُ حَاتِمٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَجْعَلُ تَحْتَ وِسَادَتِي عِقَالَيْنِ:
عِقَالًا أَبْيَضَ وَعِقَالًا أَسْوَدَ، أَعْرِفُ اللَّيْلَ مِنَ النَّهَارِ، فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ وِسَادَتَكَ لَعَرِيضٌ، إِنَّمَا
هُوَ سَوَادُ اللَّيْلِ، وَبَيَاضُ النَّهَارِ
Dari
‘Adiy bin Haatim radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Ketika turun ayat ‘hingga
terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar’ (QS. Al-Baqarah
: 187); ‘Adiy berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah meletakkan di
bawah bantalku dua helai tali : tali putih dan tali hitam, agar aku mengetahui
malam telah berganti siang”. Maka
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya
bantalmu itu sangat lebar. Yang dimaksud dengan (benang) hitam adalah malam,
sedangkan (benang) putih adalah siang” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1090].
[9] Terutama kebid’ahan,
kekufuran, dan kesyirikannya yang terkait dengan peribadahan di kuburan
sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian kaum ‘aswaja’.
Comments
semoga saja saudara kita yang hoby sedikit-sedikit mengkafirkan atau yang menolak hukum kekafiran , diberi kesempatan membaca beberapa artikel disini .
sangat bagus dengan penyusunan kalimat yang bagus pula.
assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh yaa Ustadz Abul Jauzaa’..
afwan, pertanyaan saya melenceng dari topik postingan. Ustadz pasti pernah mendengar syubhat yang dihembuskan dari anak sekte Asy'ariyyah, yaitu sekte Nahdliyyin.
dimana syubhat itu tentang al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah yang mengirimkan surat teguran kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah. Dan juga syubhat mereka tentang bertaubatnya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah dan al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah ke dalam aqidah Asy'ariyyah.
pertanyaan saya,
1. apakah benar surat itu asli tulisan al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah ?
2. apakah benar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah bertaubat ke dalam aqidah Asy'ariyyah ?
itu saja yang saya tanyakan dan sudi kiranya antum menjawabnya dengan cara dibuatkan postingan saja.
-mohon tanggapannya-
jaza-Kallah khairan katsiiraa wa Barakallahu fiik..
Posting Komentar