Di
blog ini pernah dibahas masalah hukum
qunut Shubuh yang menyimpulkan – dari perbedaan
pendapat di kalangan ulama yang ada - , amalan tersebut tidak disyari’atkan.
Kali ini kita akan melihat bagaimana madzhab mayoritas salaf yang berkesesuaian
dengan hal tersebut.
1.
Abu
Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan Thaariq bin Asyyam radliyallaahu ‘anhum.
حَدَّثَنَا ابْنُ
إِدْرِيسَ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: " قُلْتُ لَهُ
صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي
بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ: أَفَكَانُوا يَقْنُتُونَ؟ فَقَالَ: لَا يَا
بُنَيَّ، هِيَ مُحْدَثَةٌ
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Idriis, dari Abu Maalik, dari ayahnya; ia (Abu
Maalik) berkata : “Aku berkata kepadanya : ‘Engkau pernah shalat di belakang
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, dan
‘Utsmaan. Apakah mereka semua melakukan qunut (dalam shalat Shubuh) ?”. Ia
menjawab : “Tidak wahai anakku. Perbuatan itu adalah muhdats (diada-adakan)”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/308 (5/21) no. 7034; sanadnya shahih].
2.
‘Umar
bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu.
عَنِ الثَّوْرِيِّ،
عَنْ مَنْصُورٍ، وَالأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ،
وَعَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ الأَوْدِيِّ، قَالا: " صَلَّيْنَا خَلْفَ عُمَرَ
بْنِ الْخَطَّابِ الْفَجْرَ، فَلَمْ يَقْنُتْ "
Dari
Ats-Tsauriy, dari Manshuur dan Al-A’masy, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad bin
Yaziid dan ‘Amru bin Maimuun, mereka berdua berkata : “Kami pernah shalat
Shubuh di belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab dan ia tidak melakukan qunut”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/106 no. 4948; sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا ابْنُ
أَبِي دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ:
حَدَّثَنَا أَبُو شِهَابٍ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ،
وَالأَسْوَدِ، وَمَسْرُوقٍ أَنَّهُمْ، قَالُوا: " كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ
عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ الْفَجْرَ فَلَمْ يَقْنُتْ "
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Abi Daawud, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami ‘Abdul-Hamiid bin Shaalih, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Abu Syihaab, dari Al-A’masy, dari Ibraahiim, dari ‘Alqamah, Al-Aswad, dan
Masruuq, mereka semua berkata : “Kami shalat Shubuh di belakang ‘Umar radliyallaahu
‘anhu, dan ia tidak melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh
Ma’aanil-Aatsaar 1/250 no. 1486; sanadnya shahih[1]].
Selain
Al-Aswaad bin Yaziid, ‘Amru bin Maimuun, ‘Alqamah, Al-Aswad, dan Masruuq rahimahumullah
yang pernah shalat Shubuh di belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu
‘anhu tanpa qunut; begitu juga ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa[2].
Ibraahiim
An-Nakha’iy juga berpendapat Abu Bakr dan ‘Umar tidak melakukan qunut Shubuh
terus-menerus[3]
(selain qunut nazilah). Begitu juga
Sa’iid bin Jubair[4] dan sahabat-sahabat ‘Abdullah bin Mas’uud[5].
3.
‘Aliy
bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.
عَنِ الشَّعْبِيّ،
قَالَ: " لَمَّا قَنَتَ عَلِيٌّ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ أَنْكَرَ النَّاسُ
ذَلِكَ، قَالَ: فَقَالَ: إِنَّمَا اسْتَنْصَرْنَا عَلَى عَدُوِّنَا "
Dari
Asy-Sya’biy, ia berkata : “Ketika ‘Aliy melakukan qunut dalam shalat Shubuh,
orang-orang mengingkarinya. Lalu ‘Aliy berkata : ‘Itu kami lakukan hanyalah
untuk meminta pertolongan kepada Allah untuk mengalahkan musuh kami[6]” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah 2/310 (5/26) no. 7055; sanadnya shahih[7]].
Riwayat
ini memberikan penjelasan pada kita qunut yang dilakukan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu
‘anhu adalah qunut nazilah.[8] Lebih jelas lagi adalah kesaksian Sa’iid bin Jubair rahimahullah:
حَدَّثَنِي أَبُو
الْخَطَّابِ الْجَارُودِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ،
قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي إِسْمَاعِيلَ، قَالَ: سَأَلْتُ سَعِيدَ
بْنَ جُبَيْرٍ، عَنِ الْقُنُوتِ، فَقَالَ: " إِذَا فَرَغْتَ مِنَ
الْقِرَاءَةِ، فَارْكَعْ "، قُلْتُ: فَإِنَّ عَلِيًّا كَانَ يَقْنُتُ؟ قَالَ:
كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي الْحَرْبِ "
Telah menceritakan kepadaku Abul-Khaththaab
Al-Jaaruudiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid
Al-Qaththaan, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Abi
Ismaa’iil, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Sa’id bin Jubair tentang
qunut. Maka ia menjawab : “Apabila engkau selesai dari qira’ah (membaca
surat ketika berdiri dalam shalat), maka (langsung) rukuklah”. Aku berkata : “Bukankah
‘Aliy melakukan qunut ?”. Ia menjawab : “Dulu ia melakukannya ketika peperangan”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 674;
sanadnya hasan].
Hal
ini sekaligus memberikan penjelasan tambahan bahwa riwayat-riwayat lain yang
ternukil dari ‘Aliy bahwa ia melakukan qunut pada waktu shalat Shubuh bukan
qunut yang didawamkan seperti yang dimaksudkan dalam bahasan ini, akan tetapi
qunut nazilah.
Faedah
lain : Pengingkaran orang-orang kepada ‘Aliy menunjukkan bahwa ‘Aliy sebelumnya
tidak pernah melakukan qunut pada waktu shalat Shubuh, dan qunut di waktu
shalat Shubuh tidak lazim dilakukan.
4.
‘Abdullah
bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا
فُضَيْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَلَطِيُّ، ثنا أَبُو نُعَيْمٍ، ثنا أَبُو
الْعُمَيْسِ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الأَسْوَدِ، عَنْ أَبِيهِ،
قَالَ: " كَانَ عَبْدُ اللَّهِ، لا يَقْنُتُ فِي صَلاةِ الْغَدَاةِ، وَإِذَا
قَنَتَ فِي الْوِتْرِ قَنَتَ قَبْلَ الرَّكْعَةِ "
Telah
menceritakan kepada kami Fudlail bin Muhammad Al-Malathiy : Telah menceritakan
kepada kami Abu Nu’aim : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Umais : Telah
menceritakan kepadaku ‘Abdurrahmaan bin Al-Aswad, dari ayahnya, ia berkata :
“’Abdullah (bin Mas’uud) tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh. Apabila ia
melakukan qunut dalam shalat witir, ia melakukannya sebelum rukuk”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir, 9/272 no. 9166;
sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا أَبُو
خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ:
كَانَ عَبْدُ اللَّهِ لَا يَقْنُتُ السَّنَةَ كُلَّهَا فِي الْفَجْرِ، وَيَقْنُتُ
فِي الْوِتْرِ كُلَّ لَيْلَةٍ قَبْلَ الرُّكُوعِ
Telah menceritakan kepada kami AbuKhaalid Al-Ahmar,
dari Asy’ats, dari Ibraahiim, ia berkata : “‘Abdullah (bin Mas’uud) tidak
melakukan qunut sepanjang tahun dalam shalat Shubuh, namun ia melakukan qunut dalam
shalat witir setiap malam sebelum rukuk” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/306
(4/528-529) no. 7015].
Sanadnya shahih hingga Ibraahiim An-Nakha’iy, dan
Ibraahiim tidak pernah bertemu dengan ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
Sebagian ulama mutaqaddimiin mengatakan bahwa mursal
Ibraahiim dari Ibnu Mas’uud adalah shahih.
Inilah pendapat Asy-Sya’biy tentang perbuatan Ibnu Mas’uud
radliyallaahu ‘anhu sebagaimana riwayat:
حَدَّثَنَا أَبُو
كُرَيْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
قَيْسٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ: " كَانَ عَبْدُ اللَّهِ لا يَقْنُتُ،
وَلَوْ قَنَتَ عُمَرُ لَقَنَتَ عَبْدُ اللَّهِ
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata
: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Idriis, ia berkata : Telah mengkhabarkan
kepada kami Muhammad bin Qais, dari Asy-Sya’biy, ia berkata : “’Abdullah (bin
Mas’uud) tidak melakukan qunut. Seandainya ‘Umar melakukan qunut, niscaya ‘Abdullah
juga melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 663; sanadnya shahih hingga Asy-Sya’biy].
5.
‘Abdullah
bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa.
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ وَاقِدٍ مَوْلَى زَيْدِ بْنِ
خُلَيْدَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُمَا
كَانَا لَا يَقْنُتَانِ فِي الْفَجْرِ
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Sufyaan, dari Waaqid maulaa Zaid bin Khulaidah, dari Sa’iid bin Jubair, dari
Ibnu ‘Abbaas dan Ibnu ‘Umar : Bahwasannya keduanya tidak melakukan qunut dalam
shalat Shubuh [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/309 (5/23) no. 7043;
sanadnya hasan].
حَدَّثَنَا
حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ مَنْصُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي
مُجَاهِدٌ، وَسَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ، " أَنَّ ابْنَ
عَبَّاسٍ كَانَ لَا يَقْنُتُ فِي
صَلَاةِ الْفَجْرِ "
Telah
menceritakan kepada kami Husain bin ‘Aliy, dari Zaaidah, dari Manshuur, ia
berkata : Telah menceritakan kepadaku Mujaahid dan Sa’iid bin Jubair : Bahwasannya
Ibnu ‘Abbaas tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh [Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah 2/311 (5/28) no. 7068; sanadnya hasan].
Ibnu ‘Abbaas menjelaskan mengapa dirinya tidak
melakukan qunut:
حَدَّثَنَا
مُجَاهِدُ بْنُ مُوسَى، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا
سُلَيْمَانُ، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، قَالَ: قُلْتُ لابْنِ عُمَرَ، وَابْنِ عَبَّاسٍ
الْكِبْرُ يَمْنَعُكُمَا مِنَ الْقُنُوتِ؟ قَالا: لَمْ نَأْخُذْهُ عَنْ
أَصْحَابِنَا
Telah menceritakan kepada kami Mujaahid bin Muusaa, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Yaziid, ia berkata : Telah
mengkhabarkan kepada kami Sulaimaan, dari Abu Mijlaz, ia berkata : Aku bertanya
kepada Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas : “Apakah kesombongan mencegahmu untuk
melakukan qunut ?”. Mereka menjawab : “Kami tidak pernah mendapatkan (hal itu)
dari sahabat-sahabat kami” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 682; sanadnya shahih].
6.
Abud-Dardaa’
radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنِي نَصْرُ
بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَوْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ،
عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: "
لا قُنُوتَ فِي الْفَجْرِ "
Telah
menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Abdirrahmaan Al-Audiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Ahmad bin Basyiir, dari Ibnu Syubrumah, dari ‘Alqamah, dari Abud-Dardaa’
ia berkata : “Tidak ada qunut dalam shalat Shubuh” [Diriwayatkan oleh
Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 662; sanadnya hasan].
7.
‘Abdullah
bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
عَنْ مَالِكٍ،
عَنْ نَافِعٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ، كَانَ لا يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ
Dari
Maalik, dari Naafi’ : Bahwasannya Ibnu ‘Umar tidak melakukan qunut dalam shalat
Shubuh” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/106 no. 4952; sanadnya shahih].
أَخْبَرَنَا أَبُو
عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، أَخْبَرَنِي أَبُو الْحَسَنِ الْعَنَزِيُّ، ثنا
عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ، ثنا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، ثنا هَمَّامٌ، عَنْ قتادة،
عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، قَالَ: " صَلَّيْتُ مَعَ ابْنِ
عُمَرَ صَلاةَ الصُّبْحِ، فَلَمْ
يَقْنُتْ، فَقُلْتُ لابْنِ عُمَرَ: لا أَرَاكَ تَقْنُتُ، قَالَ: لا أَحْفَظُهُ
عَنْ أَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِنَا "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah mengkhabarkan
kepadaku Abul-Hasan Al-’Anaziy : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin
Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil : Telah
menceritakan kepada kami Hammaam, dari Qataadah, dari Abu Mijlaz, ia berkata :
Aku pernah shalat Shubuh bersama Ibnu ‘Umar, namun ia tidak melakukan qunut.
Aku bertanya kepada Ibnu ‘Umar : ‘Aku tidak melihatmu melakukan qunut’. Ia
menjawab : ‘Aku tidak menghapal dari salah seorang shahabat kami (tentang hal
tersebut)” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa, 2/213 (2/302)
no. 3157; sanadnya shahih].
‘Abdullah
bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tidak mengetahui adanya pelaziman qunut
Shubuh di jamannya. Padahal, ia termasuk salah seorang shahabat yang paling
semangat dalam hal ittiba’ terhadap sunnah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam.
8.
‘Abdullah
bin Az-Zubair radliyallaahu ‘anhumaa.
حَدَّثَنَا رَوْحُ
بْنُ عُبَادَةَ، عَنْ زَكَرِيَّا بْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ
دِينَارٍ، أَنَّ ابْنَ الزُّبَيْرِ صَلَّى بِهِمُ الصُّبْحَ فَلَمْ يَقْنُتْ
"
Telah
menceritakan kepada kami Rauh bin ‘Ubaadah, dari Zakariyyaa bin Ishaaq, ia
berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Amru bin Diinaar : Bahwasannya
Ibnuz-Zubair pernah shalat Shubuh bersama mereka, dan tidak melakukan qunut
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/309 (5/23) no. 7044; sanadnya shahih].
9.
Anas
bin Maalik radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخٍ، ثنا
غَالِبُ بْنُ فَرْقَدٍ الطَّحَّانُ، قَالَ: " كُنْتُ عِنْدَ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ شَهْرَيْنِ، فَلَمْ يَقْنُتْ فِي صَلاةِ الْغَدَاةِ "
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-‘Aziiz : Telah
menceritakan kepada kami Syaibaan bin Farruukh : Telah menceritakan kepada kami
Ghaalib bin Farqad Ath-Thahhaan, ia berkata : “Aku pernah di sisi Anas bin
Maalik selama dua bulan, dan ia tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 1/245 no. 693; sanadnya
hasan].
Faedah
: Riwayat ini menguatkan adanya kekeliruan riwayat Abu Ja’far Ar-Raaziy yang
membawakan hadits Anas yang di dalamnya terdapat pernyataan bahwa Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam senantiasa melakukan qunut Shubuh hingga meninggal dunia.
Seandainya memang hadits Abu Ja’far tersebut shahih, niscaya Anas akan
senantiasa mencontoh beliau dan tidak meninggalkannya.
Anas
sendiri telah menjelaskan bahwa qunut yang dilakukan Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam hanyalah sebulan saja, lalu meninggalkannya.
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ
أَنَسٍ، قَالَ: " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوعِ "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy, dari Qataadah, dari Anas, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam hanyalah melakukan qunut dalam shalat Shubuh selama
sebulan saja setelah rukuk” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/24-25)
no. 7052; sanadnya shahih].
Yaitu,
qunut naziilah mendoakan kejelekan terhadap Bani Ri’l dan Dzakwaan pasca
peristiwa Bi’r Ma’uunah.
حَدَّثَنَا
مُعَاذُ بْنُ مُعَاذٍ، عَنِ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، عَنْ أَنَسٍ،
قَالَ: إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي
صَلَاةِ الصُّبْحِ شَهْرًا بَعْدَ الرِّكُوعِ يَدْعُو عَلَى رِعْلٍ وَذَكْوَانَ
"
Telah
menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Mu’aadz, dari At-Taimiy, dari Abu Mijlaz,
dari Anas, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanyalah
melakukan qunut dalam shalat Shubuh selama sebulan saja setelah rukuk,
mendoakan kejelekan terhadap (Bani) Ri’l dan Dzakwaan” [idem 2/310
(5/25) no. 7053; sanadnya shahih].
Dari kalangan taabi’iin :
1.
Saalim
bin ‘Abdillah bin ‘Umar.
عَنِ ابْنِ
عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، قَالَ: سَأَلْتُ سَالِمَ بْنَ عَبْدِ
اللَّهِ " هَلْ كَانَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يَقْنُتُ فِي الصُّبْحِ؟
قَالَ: لا، إِنَّمَا هُوَ شَيْءٌ أَحْدَثَهُ النَّاسُ بَعْدُ "
Dari
Ibnu ‘Uyainah, dari Ibnu Abi Najiih, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
Saalim bin ‘Abdillah : “Apakah ‘Umar dulu melakukan qunut dalam shalat Shubuh
?”. Ia menjawab : “Tidak, hal itu hanyalah sesuatu yang diada-adakan manusia
setelahnya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/108 no. 4955; sanadnya
shahih hingga Saalim].
2.
Sa’iid
bin Jubair.
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، قَالَ: "
صَلَّيْتُ خَلْفَ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ الْفَجْرَ فَلَمْ يَقْنُتْ "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Mis’ar, dari ‘Amru bin Murrah, ia berkata : “Aku pernah shalat Shubuh di
belakang Sa’iid bin Jubair, dan ia tidak melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/27) no. 7060; sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا ابْنُ
الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الصَّمَدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ،
عَنْ أَبِي بِشْرٍ، قَالَ: " سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنِ
الْقُنُوتِ، فَقَالَ: بِدْعَةٌ "
Telah
menceritakan kepada kami Ibnul-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan
kepadaku ‘Abdush-Shamad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah,
dari Abu Bisyr, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Sa’iid bin Jubair
tentang qunut, lalu ia menjawab : ‘Bid’ah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy
dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 692; sanadnya shahih].
3.
Ibraahiim
An-Nakha’iy.
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ
فُضَيْلٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ
أَيَّامًا "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Sufyaan, dari Al-Hasan bin ‘Amru, dari Fudlail, dari Ibraahiim, ia
berkata : “Qunut hanyalah dilakukan Rasulullah ﷺ beberapa hari saja” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310
(5/26-27) no. 7059; sanadnya shahih hingga Ibraahiim].
عَنِ الْحَسَنِ
بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَسُلَيْمَانَ، قَالَا: كَانَ إِبْرَاهِيمُ لَا يَقْنُتُ
فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَهُوَ إِمَامٌ "
حَدَّثَنَا حُسَيْنُ
بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ،
وَسُلَيْمَانَ، قَالَا: كَانَ إِبْرَاهِيمُ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ
وَهُوَ إِمَامٌ "
Telah
menceritakan kepada kami Husain bin ‘Aliy, dari Zaaidah, dari Al-Hasan bin ‘Ubaidillah
dan Sulaimaan, mereka berdua berkata : “Ibraahiim tidak melakukan qunut dalam
shalat Shubuh sedangkan waktu itu ia berposisi sebagai imam” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah 2/311 (5/28) no. 7067; sanadnya shahih].
4.
‘Aamir Asy-Sya’biy
حَدَّثَنِي
عَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ،
عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ، قَالَ: " سَأَلْتُ الشَّعْبِيَّ عَنِ الْقُنُوتِ فِي
الْفَجْرِ، فَقَالَ: كُلُّ صَلاةٍ يَقْنُتُ فِيهَا "، قُلْتُ: " قَدْ
عَرَفْتُ مَا أَرَدْتَ، كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقْنُتُ يَدْعُو
عَلَى عَدُوِّهِ "، فَقَالَ: مَا قَنَتَ حَتَّى دَعَا بَعْضُهُمْ عَلَى
بَعْضٍ
Telah menceritakan kepadaku ‘Aliy bin Sa’iid
Al-Kindiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Basyiir, dari
Ibnu Syubrumah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Asy-Sya’biy tentang
qunut shalat Shubuh, lalu ia menjawab : “Setiap shalat ada qunut padanya”. Aku
berkata : “Aku tahu yang engkau maksudkan. Dulu ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu
melakukan qunut mendoakan kejelekan terhadap musuhnya”. Asy-Sya’biy berkata : “Ia
tidak melakukan qunut hingga sebagian mereka mendoakan kejelekan kepada
sebagian lainnya” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 694; sanadnya hasan].
Asy-Sya’biy tidak mengkhususkan qunut pada shalat
Shubuh, akan tetapi qunut di semua waktu shalat ketika terjadi musibah/bencana.
Sekaligus ini sebagai penjelas riwayat ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu
sebelumnya.
5.
Thaawus bin Kaisaan
حَدَّثَنِي
سَعِيدُ بْنُ الرَّبِيعِ الرَّازِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ:
سَأَلْتُ ابْنَ طَاوُسٍ: مَا كَانَ أَبُوكَ يَقُولُ فِي الْقُنُوتِ؟ فَقَالَ:
" كَانَ أَبِي " لا يَرَاهُ، وَيَقُولُ: الْقُنُوتُ طَاعَةُ اللَّهِ
"
Telahmenceritakan kepadaku Sa’iid bin Ar-Rabii’
Ar-Raaziy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, ia berkata : Aku
bertanya kepada Ibnu Thaawus : “Apa gerangan yang dikatakan ayahmu tentang qunut?”.
Maka ia menjawab : “Ia tidak berpendapat dilakukannya qunut, seraya berkata : ‘Qunut
adalah ketaatan kepada Allah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 698; sanadnya shahih].
6.
Ibnu Syihaab Az-Zuhriy
عَنْ مَعْمَرٍ،
عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: كَانَ يَقُولُ: مِنْ أَيْنَ أَخَذَ النَّاسُ
الْقُنُوتَ؟ وَتَعَجَّبَ، وَيَقُولُ " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ
أَيَّامًا، ثُمَّ تَرَكَ ذَلِكَ "
Dari Ma’mar, dari Az-Zuhriy; ia (Ma’mar) berkata : “Az-Zuhriy
berkata : ‘Dari mana orang-orang mengambil amalan qunut ?’. Ia merasa keheranan,
lalu berkata : ‘Rasulullah ﷺ hanyalah
melakukan qunut beberapa hari saja, kemudian beliau meninggalkannya”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/105 no. 4945; sanadnya shahih].
7.
Dan
yang lainnya.
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai,
ciapus, ciomas, bogor – 07031435/09012014
– 00:12 - diperbaharui 08042018].
[1] Ada riwayat ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu
‘anhu yang lain dari jalan Ibraahiim yang menyatakan ‘Umar melakukan qunut
pada waktu shalat Shubuh, akan tetapi kualitasnya dla’iif.
Al-Baihaqiy
meriwayatkan dari Hammaad bin Abi Sulaimaan Al-Asy’ariy dari Ibraahiim, dari
Al-Aswad, ia berkata :
وَأَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، أنبأ
أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَالَوَيْهِ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ بِشْرٍ
الْمَرْتَدِيُّ، ثنا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ، أنبأ شُعْبَةُ، قَالَ: وَأَخْبَرَنِي
الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الدَّارِمِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ هُوَ ابْنُ
خُزَيْمَةَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ثنا
شُعْبَةُ، عَنْ حَمَّادٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الأَسْوَدِ، قَالَ: "
صَلَّيْتُ خَلْفَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي السَّفَرِ،
وَالْحَضَرِ فَمَا كَانَ يَقْنُتُ إِلا فِي صَلاةِ الْفَجْرِ "
Dan
telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah memveritakan
Abu Bakr Muhammad bin Ahmad Baalawaih : telah menceritakan kepada kami Ahmad
bin Bisyr Al-Martadiy : telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Ja’d : Telah
memberitakan Syu’bah, ia berkata : (ح). Dan telah mengkhabarkan kepadaku Al-Husain bin ‘Aliy
Ad-Daarimiy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah
: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyaar : Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Ja’far : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari
Hammaad, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad, ia berkata : “Aku pernah shalat di
belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu pada waktu safar
dan hadir (tidak safar), maka ia tidak melakukan qunut kecuali dalam shalat
Shubuh” [As-Sunan Al-Kubraa, 2/203 (2/289)].
Riwayat
ini syaadz, karena Hammaad dalam periwayatan dari Ibraahiim menyelisihi
Manshuur dan Al-A’masy yang keduanya derajatnya jauh lebih tinggi dari Hammaad
dalam ketsiqahan.
Apalagi
Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 638
dan Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 3859 dari jalan Hammaad,
akan tetapi dengan lafadh :
صَلَّيْتُ مَعَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي
السَّفَرِ وَفِي الْحَضَرِ مَا لا أُحْصِي، فَكَانَ لا يَقْنُتُ، يَعْنِي فِي
الصُّبْحِ
“Aku
sering shalat di belakang ‘Umar radliyallaahu ‘anhu pada waktu safar dan
hadir (tidak safar), maka ia tidak melakukan qunut, yaitu dalam shalat Shubuh”.
Riwayat
ini sama-sama berasal dari Hammaad, akan tetapi lafadhnya berlainan. Ini
menunjukkan ketidak-dlabth-annya dalam membawakan riwayat Ibraahiim
(An-Nakha’iy).
Hammaad bin Abi Sulaimaan Muslim Al-Asy’ariy,
Abu Ismaa’iil Al-KuufiyAl-Faqiih;
seorang yang faqiih lagi shaduuq,
namun mempunyai beberapa keraguan. Termasuk thabaqahke-5, dan wafat tahun 120 H atau
sebelumnya. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy
dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 269
no. 1508].
Sulaimaan bin Mihraan Al-Asadiy Al-Kaahiliy – terkenal dengan
nama Al-A’masy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ‘aalim
terhadap qira’aat, wara’, akan tetapi sering melakukan tadliis.
Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 147/148 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 414 no. 2630]. Mengenai tadlisinya, riwayatnya yang berasal dari
Ibraahiim (An-Nakhaa’iy), Ibnu Abi Waail, dan Abu Shaalih, ‘an’anah-nya
dihukumi muttashil [Miizaanul-I’tidaal, 2/224].
Manshuur bin Al-Mu’tamir bin ‘Abdillah bin Rabii’ah, Abu
‘Attaab Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat.
Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 132 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 973 no. 6956].
Ada riwayat lain:
وَإِذَا ابْنُ مَرْزُوقٍ قَدْ حَدَّثَنَا، قَالَ:
حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَبْدَةَ بْنِ
أَبِي لُبَابَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى، عَنْ
أَبِيهِ: " أَنَّ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَنَتَ فِي صَلاةِ الْغَدَاةِ
قَبْلَ الرُّكُوعِ بِالسُّورَتَيْنِ "
Ibnu
Marzuuq, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Wahb bin Jariir, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari ‘Abdah bin Abi Lubaabah,
dari Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan bin Abzaa, dari ayahnya : Bahwasannya ‘Umar radliyallaahu
‘anhu melakukan qunut dalam shalat Shubuh sebelum rukuk dengan dua surat”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/250 no.
1477; sanadnya shahih].
حَدَّثَنِي نَصْرُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَوْدِيُّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ يَعْنِي ابْنَ أَبِي سَاسَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
قَيْسٍ الأَسَدِيِّ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ سُوَيْدِ بْنِ غَفَلَةَ، قَالَ:
" صَلَّيْتُ خَلْفَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ الْفَجْرَ فَقَنَتَ "
Telah
menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Abdirrahmaan Al-Asadiy, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Husyaim bin Abi Saasaan, dari Muhammad bin Qais
Al-Asadiy, dari Asy-Sya’biy, dari Suwaid bin Ghafalah, ia berkata : “Aku pernah
shalat Shubuh di belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab, dan ia melakukan qunut”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 605;
sanadnya hasan].
وَقَدْ أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ،
وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو، قَالا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ
يَعْقُوبَ، ثنا أُسَيْدُ بْنُ عَاصِمٍ، ثنا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ، ثنا عَوْفٌ،
عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ، قَالَ: " صَلَّيْتُ خَلْفَ عُمَرَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ سِتَّ سِنِينَ، فَكَانَ يَقْنُتُ "
Dan
telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh dan Abu Sa’iid bin Abi
‘Amru, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas
Muhammad bin Ya’quub : telah menceritakan kepada kami Usaid bin ‘Aashim : Telah
menceritakan kepada kami Sa’iid bin ‘Aamir : Telah menceritakan kepada kami
‘Auf, dari Abu ‘Utsmaan An-Nahdiy, ia berkata : “Aku pernah shalat di belakang
‘Umar radliyallaahu ‘anhu selama enam tahun, dan ia melakukan qunut”
[Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 2/204 (2/290) no. 3114;
sanadnya shahih].
Riwayat-riwayat
ini kelihatan kontradiktif dengan riwayat sebelumnya. Ada riwayat lain yang
menjelaskan :
فَإِذَا يَزِيدُ بْنُ سِنَانٍ قَدْ حَدَّثَنَا، قَالَ:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مِسْعَرُ بْنُ كِدَامٍ،
قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ مَيْسَرَةَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ وَهْبٍ،
قَالَ: " رُبَّمَا قَنَتَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ".
Telah
menceritakan kepada kami Yaziid bin Sinaan, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Yahyaa bin Sa’iid (Al-Qaththaan), ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Mis’ar bin Kidaam, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku
‘Abdul-Malik bin Maisarah, dari Zaid bin Wahb, ia berkata : “’Umar radliyallaahu
‘anhu kadang-kadang melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy
dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/251 no. 1490; sanadnya shahih].
Artinya,
‘Umar kadang melakukan qunut, kadang pula meninggalkannya sehingga beberapa
riwayat ‘Umar tersebut dapat dijamak. Akan tapi, qunut apakah yang dilakukan
‘Umar ?. Berikut jawabannya :
حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي
مَيْمُونَةَ، عَنْ أَبِي رَافِعٍ، أَنَّهُ قَنَتَ مَعَ عُمَرَ فِي صَلاةِ
الصُّبْحِ بَعْدَ الرُّكُوعِ، يَدْعُو عَلَى الْفَجَرَةِ
Telah
menceritakan kepada kami Ibnul-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Ja’far, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Syu’bah, dari ‘Athaa’ bin Abi Maimuunah, dari Abu Raafi’ : Bahwasannya ia
pernah melakukan qunut bersama ‘Umar dalam shalat Shubuh setelah rukuk untuk
mendoakan kejelekan (kekalahan) bagi orang-orang yang durhaka” [Diriwayatkan
oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 586; sanadnya shahih].
فَإِذَا ابْنُ أَبِي عِمْرَانَ قَدْ حَدَّثَنَا، قَالَ:
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْوَاسِطِيُّ، عَنْ أَبِي شِهَابٍ
الْحَنَّاطِ، عَنْ أَبِي حَنِيفَةَ، عَنْ حَمَّادٍ رَحِمَهُمَا اللَّهُ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الأَسْوَدِ، قَالَ: " كَانَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
إِذَا حَارَبَ قَنَتَ، وَإِذَا لَمْ يُحَارِبْ لَمْ يَقْنُتْ "
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Abi ‘Imraan, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Sa’iid bin Sulaimaan Al-Waasithiy, dari Abu Syihaab Al-Hanaath,
dari Abu Haniifah, dari Hammaad rahimahumallah, dari Ibraahiim, dari
Al-Aswad, ia berkata : “Dulu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu apabila sedang
berperang, ia melakukan qunut. Namun apabila ia tidak sedang berperang, ia
tidak melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar
1/251 no. 1491; sanadnya lemah karena faktor Abu Haniifah].
Meskipun
sanad riwayat kedua lemah, akan tetapi semakna dengan riwayat pertama.
Jadi,
qunut ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu adalah qunut naziilah.
حَدَّثَنِي سُهَيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْجَارُودِيُّ
أَبُو الْخَطَّابِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ،
عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، قَالَ: " سَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ عَنْ
قُنُوتِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، فَقَالَ: مَا شَهِدْتُهُ، وَمَا
رَأَيْتُهُ "
Telah menceritakan kepadaku Suhail bin Ibraahiim
Al-Jaaruudiy Abul-Khaththaab, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu
Daawud, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qataadah,
dari Abu Mijlaz, ia berkata : “Aku pernah bertanya kepada Ibnu ‘Umar tentang
qunut ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa. Maka ia menjawab : ‘Aku tidak pernah
menyaksikannya dan tidak pernah pula melihatnya” [Diriwayatkan oleh
Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 639].
Sanadnya hasan.
Suhail bin Ibraahiim Al-Jaaruudiy, dikatakan As-Sam’aaniy
dirinya seorang yang shaalih, mempunyai sirah yang baik, banyak ibadah, dan mendengar
banyak haditsnya [Taarikhul-Islaam oleh Adz-Dzahabiy, 8/125]. Abu Daawud
adalah Ath-Thayaalisiy.
حَدَّثَنِي أَبُو
السَّائِبِ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِدْرِيسُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنِ
الْحَكَمِ، عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ، قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ عَنْ قُنُوتِ
عُمَرَ، فَقَالَ: " مَا شَهِدْتُ، وَلا رَأَيْتُ "
Telah menceritakan kepadaku Abus-Saaib, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Idriis, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada
kami Syu’bah, dari Al-Hakam, dari Abusy-Sya’tsaa’, ia berkata : Aku pernah
bertanya kepada Ibnu ‘Umar tentang qunut ‘Umar, lalu ia menjawab : “Aku tidak
menyaksikannya dan tidak pernah pula melihatnya” [Diriwayatkan oleh
Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 654].
Sanadnya shahih.
Idriis dalam sanad tersebut kemungkinan besar maksudnya
Ibnu bin Idriis (salah tulis), karena ia adalah guru dari Abus-Saaib yang
sering dibawakan Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar. Ibnu Idriis
adalah ‘Abdullah bin Idriis Al-Audiy seorang
yang tsiqah, faqiih, lagi ahli ibadah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 491 no. 3224].
حَدَّثَنِي أَبُو
الْخَطَّابِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ
حَمَّادٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: " لَمْ يَقْنُتْ أَبُو بَكْرٍ، وَعُمَرُ
حَتَّى ذَهَبًا "
Telah menceritakan kepadaku Abul-Khaththaab, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Abu Daawud, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Syu’bah, dari Hammaad, dari Ibraahiim, ia berkata : “Abu Bakr dan ‘Umar
tidak pernah qunut hingga mereka meninggal dunia” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy
dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 643].
Sanadnya hasan hingga Ibraahiim An-Nakha’iy rahimahullah.
Meskipun Ibraahiim tidak bertemu Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa,
namun riwayat ini menunjukkan pendapatnya atau ilmu yang ia ketahui tentang apa
yang dilakukan Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
حَدَّثَنَا ابْنُ
الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ
مُغِيرَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، أَنّ عُمَرَ، وَابْنَ مَسْعُودٍ، كَانَا لا
يَقْنُتَانِ فِي الْفَجْرِ
Telah menceritakan kepada kami Ibnul-Musannaa, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Daawud, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Mughiirah, dari Ibraahiim : Bahwasannya ‘Umar
dan Ibnu Mas’uud tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh [Diriwayatkan oleh
Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 647].
Sanadnya hasan seandainya tidak khawatir akan tadlis
Mughiirah (bin Miqsam Adl-Dlabbiy). Akan tetapi riwayat sebelumnya
menguatkannya.
حَدَّثَنَا أَبُو
كُرَيْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَثَّامٌ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ مُسْلِمٍ، عَنْ
سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، قَالَ: " لَمْ يَكُنْ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَقْنُتُ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata
: Telah menceritakan kepada kami ‘Atstsaam, dari Ismaa’iil, dari Muslim, dari
Sa’iid bin Jubair, ia berkata : “Umar radliyallaahu ‘anhu tidak pernah
melakukan qunut” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 651].
Sanadnya hasan.
Abu Kuraib (Muhammad bin Al-‘Alaa’ bin Kuraib) seorang
yang tsiqah lagi haafidh [Taqriibut-Tahdziib, hal. 885
no. 6244]. ‘Atstsaam bin ‘Aliy seorang
yang shaduuq [idem, hal. 659 no. 4480]. Ismaa’iil (bin
Sumai’ Al-Hanafiy), seorang yang shaduuq [idem, hal. 140 no. 456]. Muslim bin ‘Imraan
Al-Bathiin seorang yang tsiqah [idem, hal. 940 no. 6682].
وَحَدَّثَنِي
أَبُو السَّائِبِ سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ،
عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: كَانَ أَصْحَابُ عَبْدِ اللَّهِ إِذَا
ذُكِرَ الْقُنُوتَ، يَعْنِي فِي الْفَجْرِ، قَالُوا: حَفِظْنَا مِنْ عُمَرَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ كَانَ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلاةَ، قَالَ: "
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، وَتَبَارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ،
وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ، وَإِذَا رَكَعَ كَبَّرَ، وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى
رُكْبَتَيْهِ، وَإِذَا انْحَطَّ لِلسُّجُودِ انْحَطَّ بِالتَّكْبِيرِ، فَيَقَعُ
كَمَا يَقَعُ الْبَعِيرُ، تَقَعُ رُكْبَتَاهُ قَبْلَ يَدَيْهِ، وَيُكَبِّرُ إِذَا
سَجَدَ، وَإِذَا رَفَعَ، وَإِذَا نَهَضَ، لا نَحْفَظُ لَهُ أَنَّهُ يَقُولُ بَعْدَ
الْقِرَاءَةِ يَدْعُو "
Dan telah menceritakan kepadaku Abus-Saaib Salm bin
Junaadah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, dari
Al-A’masy, dari Ibraahiim, ia berkata : Sahabat-sahabat ‘Abdullah (bin Mas’uud)
apabila disebutkan qunuut dalam shalat Shubuh, mereka berkata : ‘Kami menghafal
dari ‘Umar radliyallaahu ‘anhu bahwasannya apabila ia memulai/membuka
shalat mengucapkan subaahakallaahumma wa bihamdika wa tabaarakasmuka, wa ta’aalaa
jadduka, wa laa ilaha ghairuka. Apabila rukuk bertakbir dan meletakkan
kedua tangannya di kedua lututnya. Apabila turun menuju sujud sambil bertakbir,
dan ia turun sebagaimana turunnya onta, yaitu meletakkan kedua lututnya sebelum
kedua tangannya. Ia bertakbir apabila sujud, bangun dari sujud (untuk duduk),
dan bangkit (berdiri). Kami tidak menghafap darinya mengucapkan doa setelah
setelah qira’ah (membaca surat)” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar
no. 650].
Sanadnya shahih hingga sahabat-sahabat ‘Abdullah bin
Mas’uud (yang ditemui Ibraahiim).
[6] Yaitu saat terjadi fitnah peperangan antara
‘Aliy dan Mu’aawiyyah atau Khawaarij, wallaahu a’lam.
[7] Bahasan riwayat Asy-Sya’biy dari ‘Aliy bin
Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu, silakan baca : Penyimakan
Hadits Asy-Sya’biy dari ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.
[8] ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu
tidak hanya qunut di waktu shalat Shubuh, akan tetapi juga shalat Maghrib
dan bahkan disemua waktu shalat :
وَأَخْبَرَنَا
أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، أنبأ أَبُو عَمْرِو بْنُ مَطَرٍ، ثنا يَحْيَى
بْنُ مُحَمَّدٍ، ثنا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ، ثنا أَبِي، ثنا شُعْبَةُ،
عَنْ عُبَيْدِ بْنِ الْحَسَنِ، سَمِعَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ مَعْقِلٍ، يَقُولُ:
" شَهِدْتُ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقْنُتُ فِي
صَلاةِ الْعَتَمَةِ، أَوْ قَالَ: الْمَغْرِبِ بَعْدَ الرُّكُوعِ، وَيَدْعُو فِي
قُنُوتِهِ عَلَى خَمْسَةٍ وَسَمَّاهُمْ "
Dan
telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh : Telah memberitakan
Abu ‘Amru bin Mathar : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Muhammad :
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’aadz : Telah menceritakan
kepadaku dari ayahku : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari ‘Ubaid bin
Al-Hasan, ia mendengar ‘Abdurrahmaan bin Ma’qil berkata : “Aku menyaksikan
‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu melakukan qunut dalam shalat ‘Atamah
– atau ia berkata : Maghrib – setelah rukuk, dengan berdoa dalam qunutnya atas
lima orang dan ia menyebutkannya” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa
2/245 (2/347) no. 3325; sanadnya shahih. Diriwayatkan juga oleh Asy-Syaafi’iy
dalam Al-Umm 7/182 dari jalan Salamah bin Kuhail dari Ibnu Ma’qil].
حَدَّثَنِي
عَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ،
عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ، قَالَ: " سَأَلْتُ الشَّعْبِيَّ عَنِ الْقُنُوتِ فِي
الْفَجْرِ، فَقَالَ: كُلُّ صَلاةٍ يَقْنُتُ فِيهَا "، قُلْتُ: " قَدْ
عَرَفْتُ مَا أَرَدْتَ، كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقْنُتُ يَدْعُو
عَلَى عَدُوِّهِ "، فَقَالَ: مَا قَنَتَ حَتَّى دَعَا بَعْضُهُمْ عَلَى
بَعْضٍ
Telah
menceritakan kepadaku ‘Aliy bin Sa’iid Al-Kindiy, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin Basyiir, dari Ibnu Syubrumah, ia berkata :
“Aku pernah bertanya kepada Asy-Sya’biy tentang qunut dalam shalat Shubuh, lalu
ia berkata : ‘Qunut dilakukan di semua shalat (tidak hanya shalat Shubuh saja –
Abul-Jauzaa’)’. Aku berkata : ‘Sungguh aku mengetahui apa yang engkau
maksudkan. Dulu ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu melakukan qunut mendoakan
kekalahan bagi musuhnya’. Ia (Asy-Sya’biy) berkata : ‘Ia tidak melakukan qunut
hingga sebagian mereka mendoakan kejelekan/kekalahan terhadap sebagian lainnya”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 694;
sanadnya hasan].
Artinya,
qunut yang dilakukan ‘Aliy adalah qunut nazilah.
Comments
Hanya brtnya, apkh sdh ada bantahan yg ini www.aswj-rg.com/2013/12/kesunnahan-qunut-subuh-secara-terus-menerus-jawapan-buat-abul-jauzaa.html
smga prbdaan faham ini tdk d dasari ingin mnunjukn diri kita jalan kita dan pmahamn kita mrsa lbih baik...""""krna mungkin sglanya hnyalah mnurut alloh....""
Anonim 9 Januari 2014 01.51,.....
Sudah saya jawab secara singkat. Silakan baca di bagian komentar artikel Qunut Shubuh.
Lalu kapan mula-mula dan siapa pencetus pertama amalan melazimkan qunut subuh secara terus menerus ustadz?
Abu 'Abdillah
Sudah jelas, bahwa yang benar haruslah dikatakan walaupun orang lain tidak mau menerimanya. Kebenaran memang hanya milik Allah, tapi menutup mata terhadap tuntunan Allah kepada NabiNya dalam sunnah2nya adalah kesombongan dari manusia ketika lebih memilih membela sunnah ustadznya daripada sunnah Rasulullah dan para sahabat
Walaupun sebagian shahabat dan taabi'in menyatakan qunut shubuh secara terus menerus tidak disyari'atkan, akan tetapi ada hadits berikut,
Dari Abu Huraira, ia berkata: Adalah Rasulullah apabila bangkit dari ruku' dalam rakaat kedua dari shalat shubuh, beliau mengangkat tanganx seraya berdoa "Allahummahdinii fiiman hadait.....dst" (HR. Hakim dan ia berkata: shahih, diriwayatkan juga oleh Baihaqi dari Ibnu Abbas)
Hadits ini dishahihkan oleh Hakim, penunjukannya juga sharih untuk qunut shubuh dan bukan qunut nazilah.
Adapun sebagian shahabat dan tabiin yang membid'ahkan qunut shubuh terus-menerus seperti nukilan-nukilan antum di atas, maka itu bisa jadi dikarenakan ketidaktahuan mereka dengan hadits ini. Sedangkan Orang yang mengetahui menjadi hujjah bagi orang yang tidak tau.
Hal ini sama perkaranya dengan Umar/Ibnu Umar yang menganggap bahwa shalat dhuha itu bid'ah, akan tetapi karena telah ada dalil-dalil yang shahih lagi sharih yang menyatakan kesunnahannya shalat dhuha sebagaimana telah kita ketahui, maka perkataan shahabat tersebut pun tertolak. Wallaahu a'lam.
Afriadi.
Telah dijelaskan oleh ustadz Abuljauzaa bahwa hadits Abu Hurairah dan Ibnu Abbas itu memang shahih tapi tidak mengkhususkan pada qunut subuh, tetapi qunut nazilah di semua sholat fardlu
Posting Komentar