Sifat ‘Ulluw Allah dalam Kitab Syi’ah


‘Aqidah orang Syi’ah terhadap sifat Allah ta’ala mirip dengan Jahmiyyah atau Mu’tazilah. Mereka mengingkari beberapa sifat Allah ta’ala, termasuk sifat ‘ulluw. Mereka (Syi’ah) menggelari Ahlus-Sunnah yang menetapkan sifat tersebut dengan musyabbihah – sama dengan tuduhan replika mereka dari kalangan ‘Aswaja’ yang bodoh. Akan tetapi ternyata, kita dapati  dari sebagian kitab mereka riwayat yang menetapkan sifat al-‘ulluw, yang keberadaan Allah di atas ‘Arsy-Nya.
175 - عنه، عن محمد بن إسماعيل، عن جعفر بن بشير، عن أبي بصير، عن أبي جعفر (ع) أو عن أبي عبد الله (ع) قال: لا تكذبوا الحديث إذا أتاكم به مرجئ ولا قدري ولا حروري ينسبه إلينا فإنكم لا تدرون لعله شئ من الحق فيكذب الله فوق عرشه
175 – Darinya, dari Muhammad bin Ismaa’iil, dari Ja’far bin Basyiir, dari Abu Bashiir, dari Abu Ja’far (‘alaihis-salaam) atau dari Abu ‘Abdillah (‘alaihis-salaam), ia berkata : “Jangan kalian dustakan hadits apabila datang kepada kalian seorang Murji’, Qadariy, dan Haruriy yang menisbatkannya kepada kami. Hal itu dikarenakan kalian tidak mengetahui barangkali hadits itu termasuk kebenaran sehingga (ketika kalian mendustakannya) kalian mendustakan Allah yang ada di atas ‘Arsy-Nya” [Al-Mahaasin oleh Ahmad bin Muhammad bin Khaalid Al-Barqiy, 1/230-231 – sumber sini].
Katanya sih, riwayat ini shahih sebagaimana tertera dalam Mir’atul-‘Uquul berikut (klik untuk memperbesar):

“Dan diriwayatkan oleh Ash-Shaduuq dalam Al-‘Ilal dengan sanad shahih dari Abu Bashiir dari salah seorang di antara dua imam ‘alaihimas-salaam, ia berkata : “……(lalu disebutkan riwayat di atas)……”.
Kandungan perkataan yang dinisbatkan kepada Abu Ja’far atau Abu ‘Abdillah itu benar dalam hal penyebutan sifat ulluw bagi Allah (berada di atas ‘Arsy-Nya), meski orang-orang Syi’ah aklamasi menolaknya.
Selain itu pesan dari riwayat di atas adalah agar orang-orang Syi’ah tidak mendustakan hadits yang dibawa oleh non-Syi’ah dari kalangan kelompok sesat seperti Murji’ah, Qadariyyah, dan Haruriyyah (Khawaarij). Terima saja, karena barangkali hadits yang disampaikan kelompok sesat itu benar…..

[abul-jauzaa’ - perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 21011435/24112013 – 00:15]. 

Comments

Anonim mengatakan...

Aswaja" replika mereka yang bodoh.."
soal : yang alim dari mereka tidak sependapat dengan mereka ya tadz?ada contohnya..?

cilacap -jateng