Mahesa Kurung


Tulisan ini merupakan tulisan lawas yang saya tulis dan save di komputer bertanggal 30-04-2006 setelah membaca selebaran tentang Mahesa Kurung (MK) di Bogor. Saya share ulang, barangkali ada manfaatnya bagi yang membaca......
Pernah dengar tentang Jama’ah/Perguruan MAHESA KURUNG (MK) ??? Beberapa waktu yang lalu, kota Bogor sempat “dihebohkan” oleh isu Mahesa Kurung (MK). Biasalah……….kalau isu tentang sebuah kelompok/jama’ah pasti yang disorotinya yang negatif-negatif.
Jama’ah Mahesa Kurung (MK) merupakan sebuah aliran sufi/thariqat khurafy, yang berpusat di Taman Yasmin Bogor. Masyarakat Bogor, lebih khusus daerah Taman Yasmin dan sekitarnya, sempat dibikin resah akibat aktifitasnya yang disinyalir menjurus kepada penyimpangan dari ajaran Islam. Berbekal anggota yang bertampang sedikit “sangar” dan lumayan kurang bersahabat, cukuplah Jama’ah ini dijuliki “jama’ah preman” kota Bogor. Usut-punya usut, akhirnya informasi keberadaan Jama’ah ini terendus oleh hidung intel MUI Kabupaten Bogor. Berbagai data dikumpulkan baik primer maupun sekunder, termasuk beberapa anggota yang konon telah keluar dari Jama’ah ini. Akhirnya,………MUI Kabupetan Bogor secara resmi telah memberikan fatwa akan kesesatan Jama’ah ini. Jama’ah ini disinyalir melakukan praktek-praktek perdukunan, bid’ah, dan khurafat-khurafat aqidah, yang kata orang : Sangat Sesat. Dalam beberapa lampiran fatwa tersebut disebutkan beberapa macam kesesatan dan bukti kesesatan (yang diambil dari kitab pegangan Jama’ah : Risalah Al-Mukaromah). Alhamdulillaah, masih ada orang dan ahli ilmu yang memberikan kepedulian akan aqidah umat Islam.
Keluarnya fatwa sesat MUI Kabupaten Bogor yang nomor dan tanggalnya saya lupa[1], memicu pro dan kontra di masyarakat. Sebenarnya, menurut pandangan saya, pada asalnya masyarakat Bogor menyambut dengan antusias adanya fatwa tersebut alias mendukung. Mungkin mereka tidak mengerti betul secara esensi akan kesesatan Jama’ah MK ini, namun dari penampilan dan kehidupan sosialnya yang terkesan sangat-sangat ekslusif, masyarakat nampaknya telah mampu membaca gelagat yang tidak beres akan keberadaan Jama’ah MK.
O iya, kembali kepada masalah pro dan kontra. Kalau ada yang pro, tentu saja ada yang kontra. Yang kontra tentu saja selain si anggota Jama’ah MK itu sendiri, juga beberapa pihak yang mempunyai kesamaan/kemiripan materiil dengan MK[2]. Ringkasnya, pihak-pihak ini mungkin merasa “masa depannya” akan “suram” di mata masyarakat atas fatwa MUI Kabupaten Bogor, karena ada beberapa kemiripan antara dirinya dengan MK. Akhirnya,……….pada hari Jum’at tanggal 7 April 2006, sekelompok orang yang “diulamakan” oleh sebagian masyarakat Bogor, yang tergabung dalam atap Paguyuban Masyarakat Robabil (Rombongan Ababil) mendatangi markas MK. Cukup aneh terdengar di telinga saya tentang nama Paguyuban ini.  Para “ulama” ini datang ke rumah Abah MK (yang katanya lulusan Baghdad Iraq) untuk ber-tabayyun. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai puluhan “ulama” se-Jabotabek. Mulai dari “ulama” yang bertitel Drs, S.Ag, sampai KH dan Kiyai sepuh pun turun tangan untuk “bertabayyun”. Informasi ini saya dapatkan dari selebaran Paguyuban tersebut yang menceritakan kronologis “tabayyun” yang dilakukan.
Dialog pun dilakukan. Omong sana omong sini, akhirnya Paguyuban “ulama” tersebut mendapat kesimpulan yang bertolak belakang dengan fatwa MUI, yaitu : Jama’ah MK Tidak Sesat. Lho, bagaimana ini ? Dalam selebaran yang saya baca disebutkan beberapa alasan dan pernyataan yang dinukil dari Abah MK yang sepertinya “berbeda” dengan selebaran fatwa MUI yang saya baca. Maaf, kata berbeda dalam kalimat saya sebelumnya di atas saya kasih tanda petik/kutip ( “…..” ). Maksudnya, sejauh content analysis yang saya tangkap dari selebaran Paguyuban Masyarakat Robabil, terkesan ada beberapa “permainan kalimat” yang tidak menjurus terhadap esensi yang dikemukakan dalam Fatwa MUI Bogor. Ya…..banyak menggunakan kata-kata retorik lagi bersayap yang intinya ingin membawa pada satu kesimpulan : Tidak sesat. Tidak ada semacam komparasi (perbandingan) yang dituliskan dalam selebaran Paguyuban tersebut atas Fatwa MUI Kabupaten Bogor. Sehingga, dalam hal ini, ada ketidakseimbangan penyajian berita antara MUI dan Paguyuban Masyarakat Robabil. Dan yang sangat lucu, aneh, menggelikan, lagi menyedihkan adalah adanya pernyataan tidak ilmiah dan terkesan tendensius yang tertulis dalam selebaran Paguyuban (di halaman 2) yang kelihatannya sangat ingin ditonjolkan. Bahkan dalam penyajian tulisannya pun dikemas dalam bentuk Bold. Begini bunyi tulisan tersebut (saya kutip sesuai dengan aslinya) : KH. xxxx sebagai pimpinan Ponpes xxxx Bogor, mengatakan bahwa : Masalah ini pasti tidak akan nyambung, dan MUI Kab Bogor pasti tetap akan menuduh sesat. Sebab tim investigasi MUI Kab Bogor didominasi oleh ulama yang anti qunut, anti tahlil, anti manakib Syekh Abdul Qodir Jaelani, anti marhaba, anti talqin, anti tawasul, dan anti hizb dan dalail. Jadi mana mungkin bisa sinkron, padahal mereka harusnya toleran terhadap khilafiyah klasik ini…..dst.  Mana khilafiyah klasik yang ingin ditampilkan oleh bapak-bapak ulama Paguyuban Robabil tersebut ? Padahal, yang saya baca dalam Fatwa MUI Kabupaten Bogor ketika memvonis sesat tidak lain karena ada beberapa praktek yang menjurus pada perdukunan, syirik, bid’ah, dan penyimpangan-penyimpangan aqidah yang lain. Nampaknya Pak Kiyai ingin menampilkan pernyataan klise yang sarat tanda tanya bagi masyarakat. Apakah perkara aqidah tauhid dan syirik dapat terjadi “khilafiyyah” yang diperbolehkan ?
Memang,…………pada tulisan selebaran tersebut disebutkan beberapa sanggahan yang dikemukakan oleh Abah MK dan bapak-bapak Kiyai atas pernyataan dan bukti (bayyinah) yang dikemukakan oleh MUI. Katanya MUI tidak melakukan cek dan ricek. Analisis telaahan yang dilakukan MUI dianggap dangkal dan terkesan terburu-buru untuk menyimpulkan. Apalagi ditambah pernyataan Abah MK yang mengatakan bahwa semua ini merupakan rekayasa dari oknum-oknum eks anggota MK yang dipecat karena dianggap melakukan pelanggaran norma. Siapa yang benar dalam hal ini,….Allahu a’lam.
Mungkin saja, kesimpulan saya ini sedikit terpengaruhi oleh opini yang telah tersebar di masyarakat akan “kesesatan” MK. Mungkin saja itu benar. Tapi sebenarnya saya punya pengalaman menarik terkait dengan MK ini. Ceritanya begini……..
Beberapa waktu silam[3], saya pernah menjalankan praktek keteknisan hutan di sebuah HPH di arah hulu Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Praktek ini merupakan SKS yang harus diambil oleh para mahasiswa kehutanan. Singkat cerita, ketika saya tinggal di camp, datanglah seorang “pejabat” perusahaan yang melakukan peninjauan ke lapangan. Akhirnya saya dan teman (satu kelompok) bertemu dan berbincang-bincang di ruang makan. Mulai dari masalah kehutanan, sampai akhirnya menjurus masalah agama. Terjadi jawab tanpa ada tanya dari kami oleh sang pejabat. Perlu diketahui bahwa si pejabat akhirnya saya ketahui sebagai anggota/salah seorang guru besar di MK[4]. Ia kadang bertanya dan kemudian dijawab sendiri. Terjadi perbincangan aneh di antara kami. Dan yang teraneh adalah ketika ia mengatakan bahwa Iblis itu (intinya) tidak kafir, karena ia tidak mau sujud pada Adam. Ia hanya mau sujud pada Allah saja. Itu yang bisa saya tangkap dari perkataannya. Ada lagi pernyataan-pernyataan aneh lain dari sang pejabat. Waktu pun sebenarnya telah berjalan lama. Sebenarnya saya bosan, tapi gak enak juga kalau cabut dari hadapan sang pejabat. Akhirnya, waktu yang dinanti-nantikan tiba. Ia menyudahi pembicaraannya yang tidak bermutu itu dengan perkataan (yang intinya) : ”Kalau berani, nanti malam datang ke wisma saya” (untuk membuktikan segala omong kosong yang baru saja ia ceramahkan kepada kami).
Malam akhirnya tiba. Sebenarnya saya enggan untuk datang. Namun konyolnya, ia pun mengutus “utusan” untuk menjemput kami. Akhirnya saya datang bersama 2 rekan saya yang lain. Ada juga rasa penasaran di hati saya. Mau ngapain sih ini orang? Akhirnya saya tiba di Wisma dia. Ternyata di sana telah kumpul beberapa orang mendahului saya. Ketika saya dan 2 rekan saya datang, langsung disuruh wudlu. Ngapain nyuruh saya wudlu ?”, pikir saya. Namun saya ber-husnudhan : apa salahnya wudlu ?”. Kemudian kami bertiga wudlu. Setelah itu, kami disuruh menuliskan nama ibu kami pada secarik kertas. Apa lagi ini ? Semakin aneh saja kelakuan si pejabat. Tapi, sekali lagi, saya mencoba ber-husnudhan. Apa salahnya saya nulis nama ibu saya ? Akhirnya puncak keanehan saya pun tiba dengan disuruhnya kami oleh si pejabat untuk memakan beberapa butir gotri/biji kelahar yang dicemplungkan dalam semangkok air. Bayangkan ikhwah : Gotri !!! Butir biji besi kecil yang ada di pedal sepeda pancal itu lho !!! Sampai di sini saya stop. Nggak deh….nggak masuk di pikiran, akal sehat, apalagi agama saya. Namun 2 rekan saya yang lain manut saja makan tuh biji gotri. Si pejabat nampaknya kurang senang dengan sikap saya. Akhirnya saya “dibiarkan” saja di pojok ruangan berperan sebagai penonton. Saya saksikan 2 rekan saya tersebut setelah makan butir biji gotri, kepala mereka dipayungi dengan telapak tangan si pejabat sambil mulutnya komat-kamit baca “doa”. Entah doa apa yang ia baca, yang jelas bagi saya ini dah syirik. Kali saja itu doa semacam mantra atau sejenisnya. Setelah ritual selesai, salah satu rekan saya disuruh oleh si pejabat untuk menusukkan sebuah peniti ke betisnya sendiri. Semula rekan saya ragu-ragu. Setelah diyakinkan oleh si pejabat tersebut, akhirnya rekan saya tersebut memberanikan diri menusukkannya. Dan Blus !!! Jarum peniti itu pun masuk mencoblos betisnya tanpa rasa sakit dan darah. Aneh bin ajaib !! Atraksi selanjutnya dilanjutkan dengan aksi pembacokan dengan sebilah golok. Rekan saya yang satunya ditebas dengan golok oleh seorang yang lain. Namun anehnya – sesuai dengan dugaan saya – golok itu tidak pernah menyentuh bodi rekan saya alias seperti ajian lembu sekilan versi Mahesa Jenar. Ada beberapa atraksi lain. Di antaranya atraksi “nyambat”. Ada dua orang yang pingin melakukan “kumite” alias “sabung”. Dua orang tersebut sama sekali tidak mempunyai latarbelakang beladiri. Si pejabat menginstruksikan agar dua orang tersebut pingin bisa kelahi versi apa. Versi Tarung Derajat, karate, kempo, atau yang lain. Akhirnya dua orang tersebut merapal sesuatu. Dan…….tiba-tiba dua orang tersebut “mahir” beladiri dengan gerakan-gerakan sistematis sebagaimana yang saya kenal. Kalau tidak salah, yang satu “merapal” Tarung Drajat, dan yang satu versi tarung Bruce Lee (Jeet Kune Do). Akhirnya mereka berdua tarung beberapa saat. Dan berakhir ketika ada komando dari si Pejabat. Ketika komando menyalak, aktifitas sabung mereka berhenti secara tiba-tiba. Aneh…….Ada lagi yang lain yang merapal ilmu harimau yang sempat ngamuk nabrak kulkas. Namun si pejabat dapat mengendalikan buah-buah robot yang ia “ciptakan”. Katanya,”Kita tidak usah susah-susah latihan beladiri, cukup dengan nyambat saja. Tinggal pilih pingin bisa apa. Yang merasuk ke dalam diri kita adalah malaikat”. Begitulah kira-kira inti perkataan yang sempat saya ingat. Malaikat model mana yang mau “merasuk” seperti itu?  Aneh…………..Dan terakhir sebelum berpisah di Wisma tersebut, ia berpesan pada 2 rekan saya yang sempat “diisi” untuk menjauhi beberapa pantangan makanan, seperti pisang emas, kecambah, labu, dan yang lain yang saya lupa.
Cerita selesai.
Itulah pengalaman saya dengan seorang guru besar MK di pedalaman Kalimantan Timur. Aneh bukan ? Yang lebih aneh lagi, ia menisbatkan diri sebagai bagian dari agama Islam. Padahal Islam berlepas diri dari aneka kesyirikan semacam itu. Dan yang menjadi keanehan selanjutnya adalah pernyataan dari bapak-bapak Kiyai dan ulama se-Jabotabek yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Robabil yang secara terang-terangan mem-back-up keberadaan MK. Mana yang masuk khilafiyah yang dimaksudkan oleh bapak-bapak Kiyai ? Tidak mengherankan jika kita melihat background masing-masing Kiyai tersebut, terlebih setelah membaca penyataan yang telah saya tuliskan secara bold yang sangat bernada tendensius. Kebanyakan (atau semua) dari para ulama tersebut adalah dari kaum Nahdliyyin yang kental dengan nuansa khurafatnya. Tentu mereka sangat membenci kaum yang berusaha untuk memerangi TBC (Takhayul-Bid’ah-Churafat). Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa hal-hal semacam ini adalah merupakan hal yang sangat lumrah di sebagian pesantren NU. Apalagi dengan diwadahinya dalam Ahluth-Thariqah Al-Mu’tabarah yang beraneka-ragam kenylenehannya.
Ngisi tenaga dalam biar tahan gebuk ala Banser adalah salah satu contohnya.
Mungkin saat ini,……………kita lebih mempercayai fatwa MUI Kabupaten Bogor daripada gerombolan ulama Paguyuban Masyarakat Robabil. Burung-burung akan terbang bersama burung yang sejenis…………dan itulah nampaknya yang terlihat di “panggung sandiwara” dunia kali ini. Allahu a’lam
[catatan lawas Abul-Jauzaa’ : 30-04-2006]




[1]      Setelah saya cari ulang, saya temukan fatwa tersebut bernomor : 02/X/KHF/MUI-KAB/III/06 tanggal 13 Maret 2006 – Abul-Jauzaa’ (2013).
[2]      Mungkin kalau sekarang mereka itu adalah jama’ah SARKUB – Abul-Jauzaa’ (2013).
[3]      Sekitar tahun 2000 – Abul-Jauzaa’ (2013).
[4]      Dan sekarang kerjanya malah sekomplek lagi,.... waduh !! – Abul-Jauzaa’ (2013).

Comments

Zakki Rosyadi mengatakan...

Ada pengalaman dengan LDII, ustadz? kalo ada mohon dipostkan sebagai artikel.

Terimakasih

Anonim mengatakan...

Robabil = Rombongan Ababil

Ababil dlm bahasa k*sk*s disebut ANAK labil, tp karena paguyubannya isinya yg dianggap "ulama", jadi di ganti dengan ABAH.
di dalam KBBI, labil di artikan sebagai tidak stabil; cenderung berubah.

Jadi, Robabil = Rombongan Abah2 labil

:-)

gaptek psn mengatakan...

Jd penasaran... Apkh P Ustdz pada wkt itu tdk mncoba mmbrkn sdkit sannggahan pada waktu itu ?

GN mengatakan...

punteun Kang....kayanya tulisan Akang lebih bersifat emosional dan justru menghasut perpecahan NU vs Muhammadiyah. Memang Rasul SAW tidak tahlil, kenapa ? karena para sahabat amalnya sudah dijamin masuk syurga ! Memang Rasul tidak pernah bikin Maulid, tapi Salahuddin Al Ayubbi melakukannya untuk memompa semangat pasukannya merebut Yerusalem dalam perang Salib ! dan Berhasil ! Nah itu yang anti Maulid pernah negerebut apa untuk umat ? Yang berperan besar merebut kemerdekaan itu ulama NU/pesantren !!! Nah itu yang anti tahlil perannya apa ??? sorry kang....jangan cepat men-justifikasi karena diam2 kita jutru malah jadi SESAT dan MENYESATKAN. Billahi taufiq walhidayah, Wslkm wr wb

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Saya merasa tidak emosional. Saya hanya menjelaskan fakta saja kok, plus sedikit analisa. Maulid tidak pernah dilakukan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi. Salah itu tulisan yang menyebutkan dirinya melakukan maulid. Sesat dan menyeatkan adalah sesuatu yang bertentangan dengan petunjuk, dan petunjuk dalam agama adalah Al-Qur'an, As-Sunnah, dan ijma'.

Anonim mengatakan...

@ GN
Kalau antum berdalilkan para Sahabat pasti masuk surga untuk melegalkan maulid, lalu bagaimana dengan para Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in, Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad, dan seluruh ulama sebelum Sholahuddin Al-Ayyubi (meskipun sdh terbukti, beliau pun tidak melakukan maulid). Bukankah mereka semua tidak dijamin masuk surga. Lalu mengapa mereka tidak melakukan maulid. Apakah cinta kalian kepada Muhammad ShollAllohu 'alaihi wa sallam lebih besar daripada mereka. Tidak...sekali-kali tidak. Ana mengakui NU sangat berperan dalam Kemerdekaan Republik Indonesia. Tapi NU yang mana!?? NU yang dulu yang awal2 seperti KH Hasyim Asyari dkk, yang keislamannya masih benar, masih di atas tauhid. NU sekarang mah, KACAU. Mana tuh fatwa2 NU yang dulu, dikerjakan ga?

Abu Abdissalam

Anonim mengatakan...

mau tanya ya,

kalo dah pernah makan tuh gotri, tp skrg dah tobat dah dibuang semua azimat dan semcamnya ke sungai.
terus apakah badan perlu di ruqyah, soalnya sering ada bisikan2 busuk yg tiba2 timbul di hati/pikiran.

dulu makan gotri 12 *3

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Perbanyak ibadah dan ketaatan, serta jauhi kemaksiatan. Antum bisa meruqyah diri antum sendiri dengan dzikir-dzikir yang ma'tsur.

Wallaahul-musta'aan.

RA Arief Rachman Al Azmatkhan mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb

Perkenalkan nama saya Arief asli saya dari Bogor. Pada dasarnya saya memiliki pandangan yang hampir sama dengan saudara penulis, berdasarkan pengalaman pribadi saya yang sejak tahun 1998 memiliki sahabat yang kebetulan beliau adalah salah satu dari dewan guru di MK dan hubungan saya dengan beliau sangatlah dekat bahkan saya pernah bergabung dalam komunitas mereka walaupun sesungguhnya saya bukanlah salah satu dari anggota perguruan MK, antara saya dan sahabat saya yg mana beliau salah satu dewan guru MK hanyalah sebatas saling menghargai dan menghormati posisi satu sama lainnya dalam arti tidak ada hubungan antara guru dan murid atau sebaliknya.
Apa yg saudara kemukakan dalam artikel ini saya sangatlah setuju, karena menurut pengalaman pribadi saya pun menyaksikan praktek-praktek yang menyimpang seperti itu, yg mana tidak ada dalam hukum syar'i nya.
Bahkan mungkin sedikit banyak saya pun mengetahui amalan-amalan atau wiridan mereka, bahkan yang menjadi andalan sekalipun.
Akan tetapi saya masih tidak berani untuk memvonis secara mutlak aliran itu sesat, namun menurut saya apa yang MK lakukan dan praktekan sangatlah campur aduk antara hitam dan putih yg akhirnya menjadi abu-abu.
Nasihat saya perbanyaklah kita mengucapkan zikir dan istighfar, semoga kita terhindar dari segala macam tipu daya iblis yg durzanah. Sesuatu terlihat baik, namun belum tentu hakekatnya baik, sesuatu terlihat benar, namun belum tentu hakekatnya benar. jadi apa yg enjadi kebenaran yang hakiki? yaitu berpeganglah pada Al Qur'an, A Hadist dan Ijma, jalankanlah syariat slam secra Kaffah, Insya Allah akan ditunjukan jalan yg lurus...amien.

Anonim mengatakan...

kita harus lebih mempercayai MUI dari pada yang disebut ''ulama itu''
karena MUI itu adalah kumpulan semua ahli ilmu yang memiliki kapasitas dalam meberikan fatwan tentang kesesatn MK itu, memang MK itu sudah nyta sesat, ana memiliki bnayak buku dan karanagan mereka itu snagat nyata sesat dan menyesatkan

Anonim mengatakan...

maaf bapak2 smuanya apa kalian yg manentukan kebenaran? apa kaliankah sudah tentu benar? apa kalian telah benar2 baik dimata Allah SWT?
kalo kalian sudah merasa benar baru boleh mengomentari masalah orang lain tapi sblm itu mending intropeksi diri dlu deh , yg menentukan kebenaran itu hanya Allah SWT , dan jika kalian lbh mempercayai MUI sama saja kalian itu musryik , percaya itu sama Allah bukan sama manusia karna manusia itu tidak ada yg sempurna sekalipun dia benar di mata oranglain tapi blm tentu dia baik di mata Allah SWT . skrg mah perbaiki diri masing2 aja jgn terlalu mencampuri urusan oranglain.
wassalam.

abdul hakim asri mengatakan...

Astraghfirllah ..... perbanyak Istighfar.... Mari kita berpegang teguh dg apa yg Allah Turunkan kpd baginda Rasulullah SAW. masih banyak saudara kita yg muslim tapi belum melakukan Sholat.. atau sdh sholat tetapi masih di rumah masing-masing. Mari kita bersatu padu dg kalimat Laailaha illallah. smg selamat dunia akherat. amin

Anonim mengatakan...

Hanya ALLAH yang mengetahui smuanya !!

Pasrah dan berserah aja,,insyaALLAH klo qt menjauhi larangan dan menjalankan perintahnya pasti ALLAH akan memberikan yang terbaik untuk qt semua !!!

AMIEN ALLAHUMMA AMIEN

Anonim mengatakan...

Saya mengikuti perkembangan MK sejak tahun 2000 an, DAN TERNYATA MK MEMANG SESAT, masak produk MK bedak bernama Magis foto modelnya Alda Risma ( almarhumah )setengah telanjang??? Itu sudah ketahuan sesat Brooo..mau nelak KAGAK BISA BROOO... MANA ADA majelis zikir masang foto model sexy??? makanya pakai otak ,,,sudah faham kalau MK itu benar benar sesat??? JADI KESIMPULANNYA MAHESA KURUNG BENAR BENAR SESAT, OTAKNYA CABUL LAGI...

madi mengatakan...

Lagu lama lu semua....,,kalo emg lu pikir lu bener,,npa ndak laporin aja.ni negara hukum kok.gk perlu cari sensas,katak artis gk laku aj lu

supriyadi PBG mengatakan...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

Sodara-sodaraku kaum muslimin & muslimat serta para pembaca semuanya semoga dalam lindungan Allah dan makin di cintai & si sayangai Allah.

Sedikit saya kasih pencerahan, sebaiknya jangan pada saling bermusuhan/ribut. Karena sesungguhnya semua agama dan ajaran agama itu baik selama manusianya/umat tidak berbuat jahat/dzalim.

Tinggal manusianya itu sendiri, dalam perbuatan dan hatinya mengarah kemana?
Mari kita saling menghormati dan menghargai sebagai sesama hamba Allah swt.
Apapun ilmu yg kalian pelajari/anut pergunakanlah ilmu tersebut dgn rasa tanggung jawab, dan sesungguhnya setiap perbuatan kita baik sebesar atau sekecil biji jarahpun akan di perhitungkan di hari akhir nanti (pada janji Allah).

Semoga kita semua menjadi hamba Allah yg semakin diberi petunjuk oleh Allah swt dalam setiap perbuatan dan tindakan yg hendak kita lakukan.

آمِيّنْ... آمِيّنْ.... آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

By; Supriyadi

Anonim mengatakan...

Cuma bisa ketawa sma MK, MK itu sebenarnya adalah ladang bisnis untuk keluarga guru besar..w udh pnah masuk, udh bnyk duit w yg kluar bwt MK..

Anonim mengatakan...

assalamu alaikum. knp msh ributin masalah begini, kebenaran hanya milik allah SWT, yng bisa menentukan sesat tau tidaknya seseorang hanya allah SWT seperti dalam Al-quran, ketika seseorang menuduh sesat kpd yang lain tapi di mata Allah dia tidak sesat tidak, maka yang sesat itu yang menuduh. intropeksi diri lah jangan banyak bacot, oh ya smua butuh pengorbanan cari ilmu ga gampang ga bs cuman modal dengkul bro lo skul za bis brp juta coba...

irwan abdullah mengatakan...

Mengomentari anonim tentang perkataanya :
"Cuma bisa ketawa sma MK, MK itu sebenarnya adalah ladang bisnis untuk keluarga guru besar..w udh pnah masuk, udh bnyk duit w yg kluar bwt MK.."
Silahkan saja anda tertawa dan itu hak anda. untuk urusan ladang bisnis, itu hanya fikiran manusia biasa untuk berbisnis. abah mk tidak butuh dunia. untuk urusan uang pun dia tidak butuh. bahkan jika dia mau daunpun bisa jadi emas. ruang kosongpun bisa penuh dengan uang. tapi untuk apa ? dia tidak butuh itu semua. Umar bin khattab sekalipun sempat mampir ke singgasana beliau di gunung salak. ratusan merah delima ditebarkan untuk membangun singgasananya di atas puncak gunung salak. Berapa nominal uang yang anda keluarkan ? apakah bisa diganti dengan satu butir merah delima ? astagfirullah al azdim. Jika anda tidak ikhlas dengan uang yang sudah anda keluarkan. Silahkan minta balik jika anda merasa hebat bisa tertawa dan punya nyali. kecuali anda cuma pecundang yang cuma bisa tertawa di blog ini.

irwan abdullah mengatakan...

Untuk pemilik blog ini, terimakasih sudah memposting artikel dengan isi yang berkualitas, namun analisa yang tidak berkualitas, banyak yang semu dari analisa anda. dan tidak layak dijadikan alat ukur dalam riset riset selanjutnya oleh pihak2 yang ingin melakukan hal yang sama. analisa yang bisa dijadikan pegangan semuanya harus pasti, tidak semu. sementara analisa anda beberapa anda sebut dengan lupa. Uji desertasi s2 haruslah di uji oleh professor s3 yang ahli dibidangnya. sementara uji analisa anda, apakah tingkat spiritual anda di atas abah MK ?? sehingga anda merasa layak menganalisa perguruan abah MK. ini bukanlah analisa yang sebenarnya. tanpa dasar ilmu analisa, dan analisa yang non akademis tanpa adanya teori teori ataupun fatwa dan referensi yang sah dari alqur'an dan alhadist. Mohon sekiranya anda belajar ilmu analisa. Dan lakukan uji analisa itu dihadapan profesor yang sebidang dengan anda. Bukan hanya mengaku bahwa anda bisa menganalisa berdasarkan pengalaman hidup anda. Saya tidak setuju dengan semua perkataan yang menyatakan aliran MK sesat. Saya murid abah MK, dan murid dari perguruan mahesa kurung Al-Mukarramah dari tahun 2002. Demi Allah, saya iklas atas semua tulisan anda. Biarlah Allah yang memberi balasan kepada fitnah kalian semua.

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Anda tidak usah muluk-muluk bilang analisa dan disertasi segala. O iya, hanya info saja, disertasi itu untuk S3 dan tesis untuk S2. Ini saja Anda salah. Saya sudah melalui fase ujian akademis itu mas.

Mas yang baik,... tulisan di atas hanyalah tulisan naratif yang menceritakan apa yang saya temui dan alami, salah satunya dengan guru besar Anda yang punya titel MBA itu. Tentu saja ada sedikit analisis, namanya juga manusia, dikaruniai akal. Kalau Anda nggak setuju, silakan saja, karena memang itulah yang saya temui. Masak saya mau cerita lain ?.

Kalau Anda mengatakan MK tidak sesat, itu hak Anda. Dan merupakan hak saya pula mengatakan MK sesat. Tentu saja, itu sebatas pengetahuan saya. MUI Bogor pun idem dengan saya.

irwan abdullah mengatakan...

"Anda tidak usah muluk-muluk bilang analisa dan disertasi segala. O iya, hanya info saja, disertasi itu untuk S3 dan tesis untuk S2. Ini saja Anda salah. Saya sudah melalui fase ujian akademis itu mas."

oke untuk itu saya salah tulis, maaf. dan saya tidak muluk-muluk. Asal anda tahu saya saat ini sedang tahap akhir menyelesaikan penelitian dan tesis saya di univ. pasca sahid sudirman. dengan bimbingan prof. budiarto subroto. dan saya berhubungan baik dengan dirjen dikti kopertis wilayah III jakarta.
----------------------------------------------------------------------------
"Saya sudah melalui fase ujian akademis itu mas"

wow. oke. semoga bukan omdo.melalui fase ujian akademis mana ? s3 ? s2 ? or s1?
-----------------------------------------------
"Mas yang baik,... tulisan di atas hanyalah tulisan naratif yang menceritakan apa yang saya temui dan alami"

tulisan naratif ? yang seharusnya memiliki struktur complication dan resolution ? dibagian mana kedua struktur itu ada di cerita anda ?
sementara jika saya sebut sebagai recount dan bukan naratif akan lebih pas karena dalam cerita anda ada struktur event (yang anda alami) dan reorientation (sebuah kesimpulan yang menyatakan mk itu sesat).
------------------------------------------------------------
"salah satunya dengan guru besar Anda yang punya titel MBA itu."

apa anda tau siapa guru besar MK ? anda yakin saat itu sedang berbincang dengan guru besar MK ? silahkan anda googling siapa guru besar MK.
------------------------------------------------------------------
"Tentu saja ada sedikit analisis, namanya juga manusia, dikaruniai akal. "

anda benar. al insanu hayawanun natiq. termasuk juga dalam surat Ali Imran ayat 190.
Pada dasarnya Allah menciptakan akal pada manusia berbatas sesuai dengan kemampuan yang ada dalam akal itu sendiri dimana akal itu difungsikan.

Karena apabila fungsi akal sudah melampaui bidang-bidang yang di batasi-Nya, maka dengan demikian orang yang memiliki akal itu sudah melakukan kezaliman, sebab dengan melakukan itu akan menghasilkan kesesatan dan kebingungan,
dan ini mungkin yang menjadi alasan bagi "sebagian" ulama mengatakan bahwa ilmu mantiq atau dikenal dengan istilah ilmu logika itu haram dan akhirnya membuat manusia jatuh kepada kekafiran.

apakah bidang anda spiritual ? apakah kemampuan sufistik anda diatas guru besar kami sehingga anda bisa membuat kesimpulan yang tidak bisa saya dan kami terima.

Anda baru hanya tahu luarnya saja, sesuatu yang mungkin sering anda lihat di mana mana. dan itu tidak ada setitiknya dari pada ilmu guru besar kami yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT.
Analisis macam apa yang anda lakukukan ? apakah ada data-data dan sumber yang akurat yang bisa anda jadikan patokan dalam analisis anda ?
---------------------------------------------------------------------------

irwan abdullah mengatakan...

"Kalau Anda nggak setuju, silakan saja, karena memang itulah yang saya temui. Masak saya mau cerita lain ?"

apakah anda bangga menceritakan sesuatu yang dibumbui ketidak pastian pada diri anda sendiri ?

sementara para ulama yang datang ke kediaman guru besar pun pulang dengan persepsi yang berbeda dari apa yang telah di persepsikan oleh masyarakat yang awam terhadap dunia sufistik. silahkan anda lihat dalam fathul bari 2/122 seperti apakah orang seperti anda ini.
sudahkah anda bertemu guru besar kami ? LEBIH HEBATKAH anda dari para ulama yang yang datang ke rumah beliau ?

Silahkan anda bercerita apapun tentang apa yang anda alami dalam hidup anda, dan saya pun tidak akan berkomentar. Karena itu semua tidak penting buat saya. Tapi karena anda bangga dengan statement andalah yang membuat saya harus berkomentar. Karena akan ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang membaca website ini ke depannya selama artikel ini masih diposting.

Orang-orang yang tidak mengerti kami seperti ANDA lah yang merusak citra kami. yang hanya melihat perguruan kami dari luar. Tanpa analisa dan data yang bisa dipertanggung jawabkan. Dan tanpa basic pengetahuan yang sama.
Bagai sopir angkot yang yang berbicara seolah ahli membawa mobil ferrari.
-------------------------------------------------------
"Kalau Anda mengatakan MK tidak sesat, itu hak Anda. Dan merupakan hak saya pula mengatakan MK sesat. Tentu saja, itu sebatas pengetahuan saya. MUI Bogor pun idem dengan saya."

Saat saya berkata MK tidak sesat, itu jelas. Karena saya sangat mengenal MK lahir dan bathin.

tapi saat anda mengatakan MK sesat ? yakinkah anda ? atau anda hanya terpenaruh dengan opini

yang tersebar di masyarakat ? itukah cara anda memanfaatkan HAK anda ? untuk orang yang sudah

mengaku sudah melalui semua proses akademisi.
MUI bogor idem dengan anda ? bukan sebaliknya ? lebih dulu anda atau fatwa mui bogor ?
seolah olah anda ini yang memberikan statement yang sangat akurat tentang MK sehingga mui bogor

terpengaruh dengan anda dan idem.
Silahkan anda temui Ma'ruf Amin di MUI pusat, yang menyatakan perguruan Mahesa Kurung belum

sampai pada tataran mujma’ ‘alaih.
Silahkan anda temui Khairul Yunus, anggota Dewan Penasehat dan juru bicara MUI Kabupaten Bogor

yang mengakui pihaknya dalam memproses fatwa mengaku keliru karena tidak melakukan tabayyun (klarifikasi) langsung dengan Abah MK.

beranikah anda tabayyun langsung dengan abah MK ?
atau anda hanya berani di blog ini saja ? bersembunyi dibalik dunia maya dengan akun gratisan anda ini.

Saya sendiri dan guru cabang saya yang akan mengantarkan anda untuk bertabayun ke kediaman guru besar kami.

irwan abdullah mengatakan...

tahukah anda Motto perguruan kami ?

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim
· Rodhitu Billaahi Robban
Aku ridho Allah sebagai Tuhanku
· Wabil Islaami Diina
Dan aku ridho Islam sebagai Agamaku
· Wabi Muhammadin Nabiyyan Warrosuulan
Dan aku ridho Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku

Lantas dimakah bagian sesat yang anda maksudkan ?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

??????????????.

Kurang bagus apologinya.

http://ebook2.jw.lt/ebook/mahesakurung.txt

irwan abdullah mengatakan...

http://champamahesa.blogspot.com/2010/12/kesalahan-besar-bahwa-mahesa-kurung.html

Apologi untuk apa ? pentingkah itu saya sampaikan ke anda ? yang tidak mengerti apa yang anda bicarakan sendiri.

irwan abdullah mengatakan...

http://ebook2.jw.lt/ebook/mahesakurung.txt

sejak kapan .txt bisa dijadikan pijakan sebuah keputusan. plus ditambah kata-kata tambahan. tidak ada kop surat dan stempel or apapun bentuknya dari mui yang anda sebut2. argumen yang sangat lemah. kecuali anda hanya bermodalkan internet untuk bisa membuat statement anda itu. sementara saya sudah menyelaminya dunianya. Saya sudah mengaji dari sd dari ulama dan pernah nyantri di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin bogor. Sementara Anda, cuma orang yang berani berargumen dibalik sebuah blog dengan semua alibi anda saat mereka, para pemuja anda sebagai ustad dengan artikel yang luar biasa menurut mereka, tidak tahu sama sekali siapa anda. Sebuah bentuk tulisan yang bisa didapatkan dari manapun. Kecuali satu artikel rusak dan sampah yang satu ini.

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Mas, gak biasa bicara dan komunikasi via blog ya. Yang namanya komunikasi via blog, paling praktis ya kasih link. Artikel di atas sudah sangat lawas. Bukti lembaran fatwa MUI nya yang dulu saya pegang juga sudah hilang. Tapi jejaknya di internet masih banyak.

Saya tahu MK itu salah satunya dari Lisman Sumarjani (MBA), orang yang dianggap ajaib di MK.

Ya, argumen saya memang via blog... ya karena saya menggunakan blog. Ada masalah ?.

Irwan Abdullah mengatakan...

Pa ustad ini, argumen via blog tidak ada masalah. Malah bagus dan Luar biasa. Karena memang sekarang jaman IT. Selagi itu tidak merugikan, mengganggu, dan merendahkan orang lain atau sekelompok orang yang anda tidak tahu siapa mereka.

Tapi itu bukan jalan dan tipe saya. Saya hanya akan mengikuti ustad yang sanadnya jelas. Bukan org yg dipanggil ustad yang gak jelas nongol di blog tapi gak jelas siapa sanadnya. Banyak orang seperti Anda yang saya temui di dunia nyata. Bersembunyi di balik ayat. dan haus akan pujian sebagai orang alim. Karena ilmu agama dari blog hanya sepotong sepotong, yang kebanyakan menimbulkan makna yang berbeda. Mending saya baca kitab-kitab kuning dari alim ulama dan terjemahan yang jelas penanggung jawabnya.

Tidak ada satupun mahasiswa yang akan lolos hanya dengan berargumen dengan artikel yang mereka dapat dari blog yang tidak jelas siapa penulisnya. Raditya dika jelas penulis blog, dan dia terkenal sekarang. Karena tulisannya bagus, dan penulisnya jelas.

Dan fyi, abi lisman pun komunikasi via twitter dan facebook. Tapi hanya untuk sharing info. Bukan menyebarkan kebohongan tidak jelas seperti artikel anda ini. Dan setiap info yang beliau sampaikan bisa dipertanggung jawabkan, karena bertemu di dunia nyata. Dan jelas siapa penginfonya. Anda siapa ? Ustad tidak jelas yang hobi blogging tanpa profile.

Semua yang terlibat dalam kasus fatwa MUI bogor tersebut orang2nya jelas. Tapi coba lihat kasusnya apa jelas ? Apa sebabnya ? begitu terburu buru mengluarkan fatwa karena ulah oknum yang hina. Tanpa mereka tahu dan sadari orang yang mereka hujat masih dalam garis keturunan Rasulullah.

Jika memang fatwa itu benar dan di difatwakan juga oleh MUI pusat, kenapa sampai sekarang kami masih bisa berdiri. Anda hanya tahu taman yasmin sebagai pusat perguruan kami.

Istigfar om, artikel udah lawas dan gak berlaku masih dipajang, berkas keabsahan udah gak ada. Masih aja dipertahankan. Berkas aja udah lawas tapi fikiran anda masih saja terfokus pada pengalaman anda yang cuma lihat luarnya saja dari abi lisman.

Apa yang anda lihat anda sebut perdukunan. Ironi sekali. Sejak kapan dukun sholat 5 wkt ? solat tengah malam ? Solat taubat setiap hari ? analisa yang luar biasa dimana anda bisa membedakan mana perdukunan mana ilmu ilahi. Bakan para wali songo yang menyampaikan dakwah Islam hingga bisa sampai kepada Anda sekarang ini, memiliki banyak sekali keajaiban yang luar biasa. Apa anda mau sebut mereka dukun juga ? parah !!!

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Kalau sesat tidaknya satu paham hanya dilihat cuma dari shalat 5 waktu saja, banyak dukun yang nggak sesat hanya karena shalat 5 waktu. Ahmadiyyah pun shalat 5 waktu. Anyway,... parameter sesat itu banyak.

Saya ketemu Lisman itu face to face. Ia cerita sendiri sama saya. Bukan via internet. Saya lihat sendiri praktek 'kedigdayaan'-nya pada murid-muridnya.

Kalau paham Iblis dikatakan nggak sesat itu sesat nggak?. Praktek perdukunan nelan biji kelahar/gotri dengan dirapal bacaan tertentu itu sesat nggak ?. Apalagi ada pantangan ini dan itu. Ini jelas praktek perdukunan. kemudian praktek nyambat. Derivat praktek semacam ini banyak. Ditempat saya, nggak usah berguru di MK kalau cuma bisa nyambat. Intinya sama, rapal-rapal bid'ah perdukunan. Praktek dibacok mental dan kebal. Sejak kapan Islam mengenal tata cara seperti ini ?. Yang kayak gini juga nggak usah masuk MK,... cari saja rapal-rapal doa dan jimat kepada para dukun yang iklannya banyak nampang di majalah Ghaib.

Keturunan Rasulullah - kalaupun benar, bukan sekedar klaim saja - tidak kebal dosa mas.... Allah ta'ala itu tidak menyucikan seseorang berdasarkan keturunan, akan tetapi berdasarkan ilmu dan amalnya. Kalau memang keblinger, ya keblinger. Yang keblinger disuruh taubat. Orang-orang Syi'ah Raafidlah di Iran sana banyak juga yang ngaku keturunan Nabi.

Saya mengerti kalau Anda berang dengan fatwa MUI Bogor. Itu karena Anda orang intern organisasi yang difatwakan sesat. Dalam struktur organisasi MUI, MUI daerah itu punya otoritas. Anyway,... adakah pernyataan MUI Bogor secara resmi yang mencabut fatwanya itu ?.

Artikel di atas memang sudah lama. Tapi fakta yang saya alami dan kemudian saya ceritakan, insya Allah valid. Dan kenapa pula Anda berpusing ria ?. Kalau mau bantah, silakan bantah point per point. Kalau baca komentar Anda, nggak jelas mana arahnya. Absurd. Ujungnya cuma ngomentari saya atau pihak yang ngritik MK. Anda itu terkena syndrom logical fallacy..... Saya tidak perlu Anda kenal dulu baru kemudian nulis blog. Bukan begitu ?

Anonim mengatakan...

Saya mantan murid MK..saya belajar di MK selama 14 tahun dr tahun 2000-2014 bulan april..awalnya Mk mengajarkan kebenaran zikir,kajian ilmu,karomah dll..namun makin kesini dan setelah di atas 3tahun saya berilmu di Mk ternyata guru cabangnya mulai memberikan doktrin2 yg sesat..contoh..safaat itu di akherat ada 2 yg di cari..yaitu safaat rasullah dan safaat guru..safaat rasullah itu benar..tp safaat guru itu salah..knp?emank guru yg melahirkan kita??emank guru yg membesarkan kita dr lahir sampai dewasa??emank guru yg mencukupi kebutuhan kita??emank guru yg mengajarkan kita berjalan?emank guru yg memberikan kita makan dr bayi sampai dewasa??sadar wahai anggota MK..kalian di jadikan budak oleh iblis yg bernama alkindy..asal kalian sadar..allah itu maha segala dan wujudnya ghoib..tp tuhan kalian yg wujudnya nyata yaitu IBU kalian..ridho berkah dunia akherat kalian adalah ibu kalian bukan guru..selama ini guru kalian selalu menanamkan ridho guru itu ridho allah (org tolol yg hanya percaya ini)..saya tau banyak ttg kebusukan MK..contoh kalian setiap acara2 besar MK seperti HUT MK..nazaran,,suro,,lailatul qadar,,GSA dan gelar samudra kalian selalu patungan untuk bayar alat ritual..contoh acara nazaran tiap cabang kebagian tugas membeli daging atau buah..makan cabang tsb akan melakukan patungan dr murid2nya..dan itu hitungan jutaan..atau patungan minyak baskolamin yg harganya bs mencapai 200jt lebih..asal kalian tau..minyak baskolamin itu hanya berharga 3jt ukuran 5mili dan 7 ukuran 10mili..selebihnya masuk ke kantong guru besar kalian yg skrg di pimpin oleh UMI MK emmawaty..dan yg kalian tau abah MK dan UMi mk itu udah kaya tanpa bantuan murid2nya..ya iya kaya..krn apa??krn mrk mendoktrin muridnya dengan ridho allah ridho guru..sehingga murid mau melakukan apa saja sampai berani mengorbankan nyawa dan harta demi gubes dan kluarganya termasuk guru2 lainnya..dan setiap anak MK terdoktrin sebagai seorang wali allah yg bertugas mensiarkan ilmu dan islam..apakah dahulu kala para wali allah meminta kepada umatnya??apa kah dulu wali allah selalu menyusahkan umatnya dengan memberikan tugas untuk mencari uang untuk para wali??apa kah dl para wali selalu mendoktrin ridho allah ridho guru??para wali dl itu selalu mencari cara agar umatnya sejahtera dan selalu taat kepada ajatan islam dan allah bukan taat kepada guru..wali dulu selalu mengajarkan agar selalu mencukupi kebutuhan umatnya dan tidak mau melihat umatnya sengsara baik iman islam maupun jasmani dan rohani..sekali di MK sangat2 menyesatkan..seolah2 berkedok wali tp dalamnya iblis..liat MK selalu berani meminta kemuridnya dalam hitungan rupiah kecil ataupun jutaan..ini sangat2 menyengsarakan umat MK..kl emank si ALKINDY ataupun UMI EMMAWATY berjuang dan mengabdi untuk umat,,lakukan krn emank niat membahagiakan umat bukan menyengsarakan umat..asal kalian tau..jika tugas dlm hal acara2 besar tidak beres atau tuntas (mslh pendanaan) maka guru besarnya akan sangat marah dan ngomel ke guru cabang nya dan guru cabanganya pasti marah ke murid2 di cabang masing2..seperti ini kah wali allah??seprti ini kah ajaran rasullah??saya masih bnyak tau tentang ke jahatan MK trhadap muridnya..knp saya berani berbicara seperti ini..krn saya adalah mantan murid MK yg sangat2 dekat dengan guru cabang yg dl saya belajar di MK selama 14th..dan abi di cabang saya termasuk abi senior dan tercatat sebagai salah satu dr 33 dewan guru yg dipercaya umi mk..krn setelah abah kindy meninggal umi mk lah yg bertanggung jwb trhadap MK..bukan saya sombong bukan saya mengada2..hal apa sih yg ga saya tau di MK??keburukan apa sih yg saya ga tau??saya ga akan bercerita bnyak ttg kebusukan..biar kalian tau sendiri nantinya

aq hanya orang tak sempurna mengatakan...

Astagfurullah. Kenapa kalian semua pd ribut. Kalian semua punya tuhan yg sama. Tinggal sholat istiqhoroh dan tahajut aja minta petunjuk'? Apakah allah akan salah memberikan petunjuk pd orang" yg benar. Dr spanjang posting uh di muat' pasti pd belum melakukan itu? Klwpun benar/salah yasudah,itu buat pegangan keimanan kalian sendiri" ! @ ustad ga jelas? Anda sudah melakukan'a gak? Klw ajaran sesat alamarhum abah MK dah di penjara, Tad' kana kita negara hukum. Apa mungkin bp" pimpinan" instansi pemerintahan tinggal diam klw mk salah? Subhanallah berkaca pa ustad. Nabi musa' pun pake tongkat,, brubah jadi ular' itu semua kehendak allah.apa itu di kategorikan musrik juga!? Ente dah pergi haji blm? Oiya kan baru ustad ga jelas. Pasti blm ya'? Smua umat manusia memegang kabah apa itu di sebut juga musrik?

Anonim mengatakan...

Seru..lanjutin dong yg punya pengalaman..

ihza nataya mengatakan...

GN@
eh lu klo gag tau apa"diam aja
nih saya yang dikitari oleh orang MK
klo emg MK gag sesat
okay dh MK gag sesat
tpii kamu harus bisa menjawab pertanyaan saya ini
apakah di al_qur'an itu pernah menyebutkan umat islam harus takut pada kuntilanak?
silahkan jawab
saya bertanya sperti ini karna saya sendiri juga yang sudah mengikuti guru besar dari MK ini penghadiran sii macan GEBOI
di saat penghadiran
mereka melihat kuntilanak
memang disana juga saya melihatnya karna saya juga memiliki kelebihan bisa melihat dan berinteraksi dengan jin
dia lari terbirit-birit saat melihat kuntilanak dan memohon ampun
stelah dia sadar saya tanya sama dia
kenapa kamu bisa lari liat kuntilanak?
klian kan para pemegang khodam tanya saya
kami tidak berani kalo pada kuntilanak
nah skrang jawab dah sebelum saya bertanya lebih jauh lagi

Rian Mulyanto mengatakan...

Hahaha lu emang orang yg paling TOLOL yg pernah gue kenal .. Takut sma kuntilanak wajar COY .. manusia di lahirkan memiliki rasa TAKUT .. mungkin org yg lu liat itu emg penakut kali .. Okey emg kita punya Khodam .. tapi klo urusan TAKUT mh lain lagi COY .. pikir pake OTAK bukan pake JEMPOL KAKI MU ..

#Ga Suka sini lawan gua .. gua tantang llu

Anonim mengatakan...

rosul bersabda : jika kalian tak tau apa2 lebih baik kalian diam (sebab hati setiap orang tidak ada yang mengetahuinya).

fatwa sesat hanya allah s.w.t yang bisa memutuskannya.

semua yang kalian bicarakan akan di pertanggung jawabkan nanti di akhirat yang dimana keadilan sebenarnya.

lebih baik kalian semua berfikir apakah sudah benar atau belum. kalau masih kekeh dengan apa yang kalian nilai itu sesat silahkan, namun allah mengetahui mana yang sesat, mana yang fitnah dan mana yang benar.

diam lebih baik dari pada hanya mengetahui kulitnya ketimbang isinya.

jika masih tak terima,monggo di akhirat kita teruskan.

lebih fer kan, ada yang maha mengetahui yang menjadi hakimnya.

Anonim mengatakan...

Jelas sekali Fatwa Sesat sudah banyak disebutkan Allah didalam Al-Qur'an & Hadits Shahih, tinggal anda dan saya mau mengambilnya atau tidak.

Bagi Allah, mempercayai ada dzat lain yang bisa mencelakakan & memberi rizki selain ALlah itu sesat.
Bagi Allah, melakukan amalan-amalan yang tidak diperintahkan oleh Allah itu sesat.
Bagi Allah, tidak mentaati Rasul itu sesat.
Bagi Allah, mempercayai kalau ada dzat lain yang layak dimintai selain Allah itu sesat.

Dan nggak ada salahnya juga memperingatkan saudaranya dari kemungkaran, karena ini memang perintah Rasul.

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْـخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ؛ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّـى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : «مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنَ لَـمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْـمَـانِ».

Dari Abu Sa’îd al-Khudri Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya (kekuasaannya); jika ia tidak mampu, maka dengan lidahnya (menasihatinya); dan jika ia tidak mampu juga, maka dengan hatinya (merasa tidak senang dan tidak setuju), dan demikian itu adalah selemah-lemah iman.’”

TAKHRIJ HADITS
Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh :
1. Muslim (no. 49).
2. Ahmad (III/10, 20, 49, 52-53, 54).
3. Abu Dâwud (no. 1140, 4340).
4. An-Nasâ'i (VIII/111-112).
5. At-Tirmidzi (no. 2172).
6. Ibnu Mâjah (no. 1275, 4013).
7. ‘Abdurrazzâq dalam al-Mushannaf (no. 5649).
8. Abu ‘Awanah (I/35).
9. Ibnu Hibbân (no. 306, 307) dalam at-Ta’lîqâtul Hisân.
10. Abu Ya’la (no. 1005, 1198).
11. Al-Baihaqi dalam Sunannya (III/296-297) dan dalam Syu’abul Iimân (no. 7153).
12. Ath-Thayâlîsi dalam Musnadnya(no. 2310).
13. Ibnu Mandah dalam al-Iimân (no. 179-182).
14. Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyâ' (VII/304, no. 10611; X/27, no. 14387).

Irwan Abdullah mengatakan...

buat para anonym adalah pengecut yang cuma bisa nulis gak bertanggung jawab yang cuma mau ikut2an menjudge kesesatan.
buat ustad "katanya" pemilik blog ini, beberapa komentar saya tidak ditampilkan. sungguh ironis takut menampilkan komentar saya.
buat anonim penulis fatwa dari assunah, semua hadista yang anda sebutkan tidak akan tersangkal oleh kami. tapi tahukah anda arti dari fatwa ????
disitu membahas soal kesesatan, memang benar, tapi tidak menunjuk ke MK. anonim pengecut.
Jika sudah menjadi aliran sesat silahkan anda temui ulama2 salafi yang pernah showan ke rumah guru besar MK, dan kenapa tidak keluar fatwa sesat pada akhirnya saat itu.

salam.
irwan
murid MK cabang Ciseeng

Vanko Smyrnov mengatakan...

@irwan Abdullah sudah jangan panjang lebar, tinggal disebutkan saja apakah makan gotri itu benar atau salah? Dan disebutkan saja apakah ada Jin / Malaikat itu masuk ketubuh manusia dan menuruti kehendak si manusia :))


* INFO : mudah kok tinggal jawab saja. Ingat di Hadist dan Alquran sudah jelas, tidak ada Jin muslim atau Malaikat yang masuk ketubuh manusia kecuali jin / syaiton yang berniat menyesatkan. Jangan panjang lebar lagi. Tinggal jawab benar atau salah

Anonim mengatakan...

Mw nanya apa bner anak MK g merasakan siksa kubur ya..

Irwan Abdullah mengatakan...

@vanko smyrmov
makan gotri sah sah saja, bukan masalah benar atau salah. karena sudah jelas maksud anda adalah menyalahkan. apakah anda ada masalah dengan makan gotri ?
bicara mahluk gaib yang masuk ke tubuh manusia, anda lihat saja acara masih dunia lain, mengapa acara tersebut masih tayang ?? apakah seperti itu mahluk gaib yang anda maksud.
manusia jelas lebih mulia daripada mahluk lain, kenapa harus menurut kehendak mereka apalagi sampai memasukan mereka ke dalam tubuh.
mungkin yang anda lihat bukanlah MK, tapi perguruan lain yang memasukan mahluk gaib ke badan dan lepas kontrol dan anda bermaksud menyamakan tanpa anda tahu inti dari mk alias sok tau.

Anonim mengatakan...

SAYA SANGAT DETUJU DENGAN TULISAN INI KARENA SAYA BERSAHABT DENGAN SALAH SATU GURU BESAR MK. BELIAU SUKA SESUMBAR DAN SOMBONG JUGA SERING MENGELUARKAN HADITS HADITS PALSU KARANGAN GURU BESAR METEKA SENDIRI SEBAGAI PEMBENARAN UNTUK PENGKULTUSAN GURU BESAR TERSEBUT. SANGAT MANIPULATIF DAN MENJIJIKAN. TERLEBIH ADA INFORMASI YANG MENGATAKAN GURU BESAR MEREKA MENCABULI MURIDNYA SENDIRI... YANG MEREKA KATAKAN SUKA SAMA SUKA. DAN DITIDURI OLEH GURU BESAR MEREKA ADALAH SUATU MUKJIJAT DAN KEBERUNTUNGAN KARENA SPERMA GURU BESAR MEREKA BAGAIKAN SUSU MUTIARA YANG GEMERLAP DALAM KEGELAPAN DAN MEMBERI BERKAH. DARI SITU SAJA SUDAH NAMPAK KESAN PENIPUANNYA.

Anonim mengatakan...

Bener banget. .. temen2 gw, ada jga saudara gw di porotin semua buat selembaran jimat. . Idiiiihhhh. .. gw sendiri bekas murid MK... Alhamdulillah Allah masih sayang sma gw.. keluar gw dari majelis syirik..

Anonim mengatakan...

Jgn bawa2 UMAR bin KHATTAB RA. Beliau sudah seneng d alam kuburnya yg seperti salah satu taman2 d surga. Buat apa repot2 nemuin "abah". . Taubat ya akhi...

Irwan Abdullah mengatakan...

sehebat apapun komentar anonim. tetaplah anonim. pengecut yang bisa ngetik.

rezq69 mengatakan...

Mahesa Kurung Al-Mukarramah adalah perguruan yg sangat besar.. Jd udh ga aneh org2 banyak yg mw menjatuhkan.. Entah karena sirik/dengki, atw mantan murid yg direkrut oleh pihak2 yg tdk bertanggung jawab hanya demi materi, atw mungkin mantan2 murid yg "pundung".. Banyak sekali faktor'y.. Tp sampai sekarang MK tak pernah goyah malah makin kuat dan kokoh.. Tuduhan2 dan fitnah2 itu ga akan pernah sanggup merobohkan MK Al- Mukarramah sampai kapanpun.. Karena Mahesa = Yang Terkuat, Kurung = Benteng/Yg Menjaga.. Jd Mahesa Kurung di bentengi/di jaga oleh yg Maha Kuat yaitu ALLAH SWT..

salam MK
_dari mantan murid MK_

Anonim mengatakan...

Mereka ini prang-orang Suffi Tarekat, dan hal-hal berbau sihir ini udah biasa banget dalam dunia persuffian.

Orang suffi menganggapnya riyadhoh, dan riyadhoh adalah salah satu sarana mencapai makrifat. Dan orang yang udah makrifat itu akan punya karomah. Ini pengertian mereka..

Anonim mengatakan...

ini yg buat posting bodoh, si pejabat komat kamit ga tau baca apa dibilang sesat. seandainya yg dibaca Alqur'an ente bilang sesat, azab yg engkau dapat dari Allah SWT, makan gotrhi ga haram. makan tai babi dan hewan yg diharamkan lah yg haram. kata2 sipejabat tentang yg masuk khodam malaikat itu hanya tambahan dari sifat dengki mu saudara

Anonim mengatakan...

Laknatullah !! Fitnah menggugurkan segala amalan, hati2 menyebar informasi !!! Mudah2an insaf sebelum Allah memanggil atau menarik nikmatmu !!

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum. Cuma mau mengingatkan. Berhati-hatilah dalam berbicara. Semua ini hanyalah soal perbedaan sudut pandang dan KEYAKINAN... Introspeksi diri masing2 bagi yang pro maupun kontra. #MajuTerusPantangMundur. Wassallam :)

Anonim mengatakan...

Dan sebaik-baiknya manusia ialah mereka yang mampu menilai setiap kekurangan, kelemahan maupun kelebihan dalam dirinya sendiri. Banyak yang pintar untuk menilai orang lain nu bodoh untuk menilai dirinya sendiri. STOP TALKING, AND START DOING. wassalam :-)

Riza Awaludin mengatakan...

Hidup mahesa kurung al-mukarramah

Atikah Fitriani mengatakan...

Assalamu'alaikum
Teman mama saya merupakan guru cabang Klender *kalau ga salah* dibilang sombong enggak kok malah akrab dengan saya walaupun saya sendiri bukan murid pengajian MK, banyak yg bilang sombong, urakan, atau apapun itu kan persepsi orang yg biasanya hanya melihat dari fisik/penampilan... Oiya sebelumnya saya Ika, dari lahir alhamdulillah diberikan keistimewaan sama Allah untuk melihat makhluk astral, berkomunikasi , memiliki firasat kuat tapi anggap santai aja krn saya meyakini surat al baqoroh bahwa emg allah menciptakan perkara gaib, meyakini disini bukan nurut/berpedoman pd goib (menggunakan jin utk berbagai hal/slbh percaya pd bantuan jin dr pd allah) tapi emg percaya sesuai penjelasan ayat tsb dgn tdk melakukan yg di dalam kurung tadi... beriman ya tetap beriman ke Allah selama tdk menyeleweng dr aqidah .-.
Beberapa habib dr MR yg berkunjung kerumah krn adik laki-laki saya aktif di MR itu pd bilang ke saya "Kamu indigo, gunakan keistimewaan kamu untuk berbuat baik, tetap sesuai syariah agama, jangan dengarkan jin dan jika kamu melihat ttg masa lalu / masa yg akan datang cukup tau aja jangan percaya tetap berdoa ke Allah jangan takut" tmn mama saya yg itu juga bilang ke saya "iya om sendiri juga tau kamu bisa kan dari kamu kecil om udah lihat amu kalau kerumah, perbanyak dzikir dan shalawat, rajin sholat dan beramal, latih terus utk menolong jangan berbuat jahat" pernah sewaktu waktu ga lama ini tmn mama itu datang kerumah bersama 3 muridnya setelah di telp. Bapak untuk kerumah karena penglihatan saya tdk terkontrol (penglihatan tembus dinding, pendengaran jauh, sudah banyak makhluk astral yg ikut kerumah saya dan ada leluhur saya juga datang krn mencegah mereka agar tdk masuk ke tubuh saya) dan sedang dayang bulan juga jadinya mereka datang menanyakan malsud dan tujuan mereka ikut saya dan menenagkan saya agar jangan takut. Malah setelah kejadian itu mama saya mensarankan saya masuk MK untuk mengaji karena Allah tapi saya masih mikir dulu krn selama ini banyak ustad yg dipanggil utk mengajarkan saya ngaji atau ikut pengajian oas lainnya terlihat sombong, individual trhdp org yg tdk tergabung maka dari itu sampai saat ini msh mikir mau gabung atau gak krn ngeri pd sama ky ormas lainnya :')
Kalau dibilang sesat itu sesuai cara pandang masing-masing individu, yg dialami keluarga saya dgn murid dan guru cabang tsb sih pernah disuruh siapin bunga dan air mineral utk diminum aku krn aku indi tapi ortu nolak krn ga percaya bunga dan reaksi guru cabang ga marah/kesal kok krn balik ke individunya lagi ug penting ikhlas itu aja.... muridnya juga baik malah terus kasih nasehat agar saya jangan takut makhluk astral (trauma pernah ada 1 kunti yg mencpba masuk ke tubuh tapi saya tolak haha) mereka juga sholat wajib kok kalo lg pd nginep dirumah dan sering dzikir/sholawatan/meditasi ketimbang ngabisin waktu utk tidur. Kalau dibilang jimat atau benda karomah atau apalah itu ya emg mereka ada makanya saya masih mikir juga utk hal ini bersifat wajib atau gak ke murid (saya ga suka dan ga percaya benda karomah tsb jadi kalau bisa saya gabung ke MK untuk ngaji saja dan tdk ikutan beli benda karomah tsb kalo boleh) kata tmn saya juga saya boleh ikut pengajian tapi hibfari beli/punya benda seperti itu krn ngeri ada jin yg ikut (lihat di tv)...
Jadi mohon infonya ya ttg MK krn saya disuruh mama ikut ngaji disana silakan kitim via email atikahfitriani03@gmail.com krn saya orgnya harus tahu detail sebelum memilih .-.
Oiya agam itu buah dr spiritual jadi spiritual kita baik maka pemahaman agama juga akan baik dan spiritual itu baik utk menyadarkan diri, pengendalian diri :3
Ttg ilmu kebal itu jangan disangkutpautkan ke jin krn itu kan sugesti dr guru/pelatih makanya jadi pd kebal krn sugestinya utk kebal kan hihihi...
Di ormas lain juga kok mengeluatkan uang utk buku amalan/doa, jaket dll itu bersifat sukarela ga ada pemaksaan jadi kalau di MK disuruh bayar A B C dll juga ga maksa kan...

Anonim mengatakan...

Ahli sunnah wal jamaah berkata :

Jika anggota mk bertaubat dan kembali ke AlQuran dan hadis maka harus di maafkan, namun jika mereka menolak maka halal darah mereka

Rizky Juliansyah mengatakan...

Benar di mk itu tidak ada paksaan,yang namanya barang karomah itu mah masing masing,terserah kepada diri sendiri mau maskawinan apa tidaknya

Anthon Hadinegoro mengatakan...

Mas anonim koreksi.. Org2 sufi yg mana dulu.. Mahesa kurung bukan bagian dr thariqat manapun.. MK itu jauh dr kesan thariqat dan sufisme yg anti mungut duit.. Tujuan kaum sufi untuk taqarrub ilallaah memperbaiki akhlak dan meningkatkan ghairah dalam beribadah.. Hal hal adi kodrati bukan tujuan kaum sufi.. Di MK sebaliknya hal hal adi kodrati yg dituju dan diajarkan kemurid2nya dan kebanyakan cuma sesumbar tanpa bukti..
yaa abdul jabbaar 3x.. Blabla..Hadiir 3x.." Ini bagian dr slh1 amalannya mk utk menghadirkan silat/makhluk tertentu.. Pembaca bisa menilai sendiri apakah doa macam ini diajarkan dlm islam.. Bahkan sufi yg dianggap wali dijamannya spt syeikh abi hasan syadzili/syaikh abdul qadiir jilani doa2 munajatnya jauh dr bhs spt ini..

Ada lg Fotokopian rajah wafaq isim jimat dijual ke murid2nya..

Banyaklah hal2 yg menurut saya kurang pantas menisbatkan mk sbg bagian dr aliran sufi manapun..

Anonim mengatakan...

lucu yg bikin blog nya.
kyk anak autis.ilmu lo telan mentah mentah

anak kecil jg bisa kalo ngarang kyk gini...

ngakak gw

Anonim mengatakan...

setujuin bro kalo bukan pecundang coment ane

Anonim mengatakan...

Anonim 30 Agustus 2016, elo lagi mabok ya?