Salah satu dasar yang
menjadi pijakan disyari’atkannya puasa Senin-Kamis adalah hadits :
عَنْ
عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى
صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ ".
Dari ‘Aaisyah, ia berkata
: “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa menjaga puasa
Senin dan Kamis”.
Hadits ini diriwayatkan
dari ‘Aaisyah dari beberapa jalan, yaitu :
1.
Rabii’ah bin ‘Amru
Al-Jurasyiy.
Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’[1]
no. 745 dalam dalam Asy-Syamaail[2]
no. 304, An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[3]
no. 2361 dan dalam Al-Kubraa[4]
no. 2508 & 2682, Abu Ya’laa[5]
no. 4751, dan Adz-Dzahabiy[6]
dalam As-Siyar 13/563 (dan ia menshahihkannya); semuanya dari jalan
‘Abdullah bin Daawud : Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari
Khaalid bin Ma’daan, dari Rabii’ah Al-Jurasyiy, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa.
‘Abdullah bin Daawud mempunyai mutaba’ah dari
Yahyaa bin Hamzah; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Maajah[7]
no. 1739, Al-Firyaabiy[8]
dalam Ash-Shiyaam no. 1-2, Ibnu Hibbaan[9]
dalam Shahih-nya 8/404-405 no. 3643, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath[10]
no. 3154 dan dalam Asy-Syaamiyyiin[11]
1/255 no. 439, serta Al-Mahaamiliy[12]
dalam Al-Amaaliy 1/146-147 no. 112.
Riwayat ini shahih. Perawinya tsiqaat,
dan sanadnya bersambung.[13]
Keterangan perawi :
a). Rabii’ah,
ia adalah Ibnu ‘Amru, atau dikatakan Ibnu Al-Haarits Ad-Dimasyqiy, atau
dikatakan Rabii’ah Al-Ghaar Al-Jurasyiy; seorang yang diperselisihkan status
kebershahabatannya, namun ia seorang yang faqiih dan tsiqah
sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy dan yang lainnya. Termasuk thabaqah ke-1,
wafat tahun 64 H. Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 323 no. 1925].
b). Khaalid
bin Ma’daan Al-Kalaa’iy, Abu ‘Abdillah Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang yang tsiqah
lagi ‘aabid, namun banyak melakukan irsaal. Termasuk thabaqah ke-3,
wafat tahun 103 H atau dikatakan setelah itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 291 no. 1688].
c). Tsaur
bin Yaziid bin Ziyaad Al-Kalaa’iy, Abu Khaalid Asy-Syaamiy; seorang yang tsiqah
lagi tsabat, namun ia berpemikiran qadariy. Termasuk thabaqah
ke-7, wafat tahun 150/153/157 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 190
no. 869].
d). ‘Abdullah
bin Daawud bin ‘Aamir Al-Hamdaaniy Asy-Sya’biy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Khuraibiy;
seorang yang tsiqah lagi ‘aabid. Termasuk thabaqah ke-9,
wafat tahun 213 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 503 no. 3317].
e). Yahyaa
bin Hamzah bin Waaqid Al-Hadlramiy, Abu ‘Abdirrahmaan Ad-Dimasyqiy; seorang
yang tsiqah, namun dituduh berpemikiran qadariy. Termasuk thabaqah
ke-8, lahir tahun 103 H, dan wafat tahun 183 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 1052 no. 7586].
2.
Jubair bin Nufair.
Diriwayatkan oleh Ahmad[14]
6/89 no. 24584, An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[15]
no. 2186 & 2360 dan dalam Al-Kubraa[16]
no. 2507 & 2681, Ishaaq bin Rahawaih[17]
no. 1664, dan Ath-Thabaraaniy[18]
dalam Asy-Syaamiyyiin 2/184 no. 1156; semuanya dari jalan Baqiyyah, ia
berkata : Telah menceritakan kepadaku Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin
Ma’daan, dari Jubair bin Nufair, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Riwayat ini hasan, semua perawinya tsiqaat,
kecuali Baqiyyah bin Al-Waliid, seorang seorang yang shaduuq.
Keterangan perawi :
a). Jubair
bin Nufair bin Maalik bin ‘Aamir Al-Hadlramiy, Abu ‘Abdirrahmaan/Abu ‘Abdillah
Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi jaliil. Termasuk
thabaqah ke-2, wafat tahun 80 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 195 no. 912].
b). Khaalid
bin Ma’daan, telah disebutkan keterangan tentangnya di atas.
c). Bahiir
bin Sa’d Al-Kalaa’iy, Abu Khaalid Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat.
Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad
dan dalam Khalqu Af’aalil-‘Ibaad, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 163-164 no. 646].
d). Baqiyyah
bin Al-Waliid bin Shaaid bin Ka’b bin Huraiz Al-Kalaa’iy Al-Humairiy, Abu
Yuhmid Al-Himshiy; seorang yang shaduuq, namun banyak melakukan tadliis
dari kalangan dlu’afaa’ (para perawi lemah). Termasuk thabaqah ke-8,
lahir tahun 110 H, dan wafat tahun 197 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam
riwayat mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan
Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 174 no. 741].
Catatan : Dalam sanad riwayat ini, Baqiyyah telah
menjelaskan tashrih periwayatan haditsnya dari Bahiir bin Sa’d.
3.
Khaalid bin Sa’d.
Dhahir sanad ini adalah shahih, perawinya tsiqaat,
dan sanadnya bersambung.
Keterangan perawi :
a). Khaalid
bin Sa’d Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-2.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 286 no. 1648].
b). Manshuur
bin Al-Mu’tamir bin ‘Abdillah bin Rabii’ah, Abu ‘Attaab Al-Kuufiy; seorang yang
tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun
132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 973 no. 6956].
c). Sufyaan
bin Sa’iid bin Masruuq Ats-Tsauriy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah,
haafidh, faqiih, ‘aabid, imam, lagi hujjah. Termasuk
thabaqah ke-7, lahir tahun 97 H, dan wafat tahun 161 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 394 no. 2458].
d). Abu
Daawud, ia adalah ‘Umar bin Abi Zaid Sa’d bin ‘Ubaid, Abu Daawud Al-Hafariy
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-9, wafat
tahun 203 H. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan
Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 719 no. 4938].
Akan tetapi An-Nasaa’iy menghukumi riwayat ini munkar.
Ibnu Abi Haatim berkata :
وَسألت أبي عَنِ الْحَدِيثِ
رَوَاهُ الْجُفْرِيُّ أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَنْصُورٍ،
عَنْ خَالِدٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَصُومُ شَعْبَانَ وَيَتَحَرَّى الاثْنَيْنَ، وَالْخَمِيسَ ". قَالَ
أَبِي: هَذَا خَطَأٌ، لَيْسَ هَذَا مِنْ حَدِيثِ مَنْصُورٍ، إِنَّمَا هُوَ الثَّوْرِيُّ،
عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ الْغَازِ، عَنْ عَائِشَةَ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَا رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ،
وَيَحْيَى، وَجَمَاعَةٌ، عَنْ ثَوْرٍ
“Dan aku pernah bertanya kepada ayahku (Abu Haatim)
tentang hadits yang diriwayatkan Al-Jufriy Abu Daawud, dari Sufyaan
Ats-tsauriy, dari Manshuur, dari Khaalid, dari ‘Aaisyah, ia berkata : ‘Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam biasa berpuasa di bulan Sya’baan, dan senantiasa menjaga
puasa Senin dan Kamis’. Ayahku berkata : ‘Ini keliru. Ini bukanlah hadits
Manshuur, akan tetapi ia hanyalah hadits Ats-Tsauriy, dari Tsaur, dari Khaalid
bin Ma’daan, dari Rabii’ah bin Al-Ghaar, dari ‘Aaisyah, dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Begitulah yang diriwayatkan Ats-Tsauriy, Yahyaa, dan jama’ah
dari Tsaur” [Al-‘Ilal, no. 705].
Akan tetapi, kritikan Abu Haatim ini juga dapat
dikritik kembali. Hal itu dikarenakan Abu Daawud Al-Hafariy (bukan Al-Jufriy
sebagaimana dikatakan Ibnu Abi Haatim) yang meriwayatkan dari Ats-Tsauriy,
seorang yang tsiqah. Dan Khaalid dalam riwayat ini bukanlah Khaalid bin
Ma’daan, namun Khaalid bin Sa’d. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Sufyaan
Ats-Tsauriy mempunyai dua jalur periwayatan, yaitu dari Tsaur dan dari
Manshuur. Wallaahu a’lam.
4.
Sawaa’ Al-Khuza’iy.
Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[22]
no. 2364 dan dalam Al-Kubraa[23]
3/178 no. 2685 & 3/217 2799, serta Ibnu Khuzaimah[24]
no. 2116; semuanya dari jalan Ishaaq bin Ibraahiim bin Habiib Asy-Syahiid, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yamaan, dari Sufyaan, dari
‘Aashim, dari Al-Musayyib bin Raafi’, dari Sawaa’ Al-Khuzaa’iy, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa.
Keterangan perawi :
a). Sawaa’
Al-Khuzaa’iy; seorang perawi maqbuul. Termasuk thabaqah ke-3.
Dipakai oleh Abu Daawud dan An-Nasaa’iy [At-Taqriib, hal. 433 no. 2692].
b). Al-Musayyib
bin Raafi’ Al-Asadiy Al-Kaahiliy, Abul-‘Alaa’ Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-4, wafat tahun 105 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal.
944 no. 6720].
c). ‘Aashim
bin Bahdalah/Ibnu Abin-Nujuud Al-Asadiy Al-Kuufiy, Abu Bakr Al-Muqri’; seorang
yang shaduuq, namun mempunyai beberapa keraguan (wahm). Termasuk thabaqah
ke-6, wafat tahun 128 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 471 no.
3071].
d). Sufyaan,
ia adalah Ats-Tsauriy; telah disebutkan keterangan tentangnya di atas.
e). Yahyaa
bin Yamaan Al-‘Ijliy, Abu Zakariyyaa Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq,
namun banyak melakukan kekeliruan dan berubah hapalannya di akhir usianya.
Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 189 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy
dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy,
dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 1070 no. 7729].
f). Ishaaq
bin Ibraahiim bin Habiib bin Asy-Syahiid, Abu Ya’quub Al-Bashriy Asy-Syahiidiy;
seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, wafat tahun 257 H.
Dipakai oleh Abu Daawud dalam Al-Maraasiil, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy,
dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 125 no. 326].
Sanad riwayat ini lemah lagi terdapat idlthiraab.
Idlthiraab dalam
sanad ini disebabkan oleh ‘Aashim bin Bahdalah. Satu kali ia meriwayatkan dari
Al-Musayyib, dari Sawaa’ Al-Khuza’iy, dari ‘Aaisyah – sebagaimana jalan sanad
ini. Di kali lain ia meriwayatkan dari Al-Musayyib dari Hafshah – sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy[25]
no. 2367, Abu Ya’laa[26]
no. 7037, dan yang lainnya. Di kali lain ia meriwayatkan dari Sawaa’ dari
Hafshah – sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad[27]
no. 25923, An-Nasaa’iy[28]
dalam Al-Kubraa no. 2688, dan yang lainnya. Di kali lain ia meriwayatkan
dari Sawaa’, dari Ummu Salamah – sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy[29]
no. 2365.
Yang mahfuudh dari jalan Al-Musayyib bin Raafi’
adalah mursal.
حَدَّثَنَا
حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِيهِ: " أَنّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari
Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib, dari ayahnya : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam biasa berpuasa hari Senin dan Kamis [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah, 3/41].
Sanadnya shahih sampai Al-Musayyib.
Keterangan perawi :
a). Hafsh
bin Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik An-nakha’iy, Abu ‘Umar
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah
hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-8, wafat tahun 194/195
H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy,
dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 260 no. 1439].
b). Al-‘Alaa’
bin Al-Musayyib bin Raafi’ Al-Asadiy Al-Kaahiliy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 762 no. 5293].
c). Al-Musayyib
bin Raafi; telah disebutkan keterangan tentangnya di atas.
5.
Dalam jalan sanad yang
lain, Khaalid bin Ma’daan meriwayatkan dari ‘Aaisyah secara mursal (tanpa
perantara).
Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[30]
no. 2362 dan dalam Al-Kubraa[31]
no. 2683, Ahmad[32]
6/80 no. 24508 & 6/80 no. 24509 & 6/106 no. 24748, dan Abu Nu’aim dalam
Al-Hilyah[33]
7/123; semuanya dari jalan Sufyaan, dari Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan,
dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Diriwayatkan juga oleh Ishaaq bin Rahawaih[34]
no. 1665 tanpa menyebutkan perantara Tsaur : Telah mengkhabarkan kepada kami
‘Ubaid bin Sa’iid Al-Umawiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Sufyaan bin
Sa’iid (Ats-Tsauriy), dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa. Namun yang benar, Sufyaan meriwayatkan dari Khaalid melalui
perantaraan Tsaur. Hal ini dikarenakan : ‘Ubaid bin Sa’iid Al-Umawiy dalam
sanad yang lain telah menyebutkan perantara Tsaur. Begitu juga dengan Muhammad
bin Humaid, Muammal, dan Al-Firyaabiy meriwayatkan dari Sufyaan dengan perantaraan
Tsaur.
Tidak disebutkan perantara antara Khaalid bin Ma’daan
dengan ‘Aaisyah dalam sanad ini merupakan kekeliruan. Yang benar, antara
Khaalid dengan ‘Aaisyah terdapat Rabii’ah Al-Jurasyiy sebagaimana jalan
periwayatan no. 1 di atas. Sufyaan – dengan keimaman dan ketsiqahannya – telah
menyelisihi ‘Abdullah bin Daawud dan Yahyaa bin Hamzah. Dan dalam sebagian
jalan Yahyaa bin Hamzah, Khaalid telah menjelaskan tashrih penyimakan
riwayat kepada Rabii’ah, dan Rabii’ah lah yang bertanya (tentang permasalahan
puasa) kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Riwayat ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa secara keseluruhan adalah shahih. Adapun klaim akan
kedla’ifannya, maka ini tidak valid.
Riwayat ini telah
dishahihkan atau dihasankan oleh para ulama dan muhaqqiqiin kontemporer,
di antaranya :
1. Al-Albaaniy
dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy, 1/395; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet.
1/1420 H – dan di beberapa tempat dalam kitabnya.
2. Syu’aib
Al-Arna’uth dalam tahqiiq & takhriij kitab Shahiih Ibni
Hibbaan 8/404-405; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 2/1414 H – dan di beberapa tempat
dalam kitab yang lain.
3. Dr.
Maahir bin Yaasin Al-Fakhl dalam tahqiiq & takhriij kitab Syamaailun-Nabiy
shallallaahu ‘alaihi wa sallam lit-Tirmidziy, hal. 174; Daarul-Gharb
Al-Islaamiy, Cet. 1/2000 M.
4. Dr.
Basyaar ‘Awwaad Ma’ruuf dalam tahqiiq & takhriij kitab Sunan
Ibni Maajah, 3/218; Daarul-Jiil, Cet. 1/1418 H.
5. Dr.
‘Abdul-Ghafuur Al-Baalusyiy dalam tahqiiq & takhriij kitab Musnad
Ishaaq bin Rahawaih 3/955; Daarul-Aimaan; Cet. 1/1410 H.
6. Khaalid
Asy-Syalaahiy dalam takhriij kitab At-Tibyaan fii Takhriij
wat-Tabwiib Ahaadiits Buluughil-Maraam, 7/272; Muassasah Ar-Risaalah, Cet.
1/1421 H.
7. Dr.
Husain As-Sa’iid dalam ta’liiq dan takhriij kitab Bayaanul-Wahm
wal-Iihaam li-Ibnil-Qaththaan, 4/270; Daar Thayyibah, Cet. 1/1418 H.
8. Husain
Saliim Asad dalam tahqiiq & takhriij kitab Musnad Abi
Ya’laa, 8/192; Daarul-Ma’muun lit-Turaats, Cet. 1/1406 H.
9. ‘Abdul-Wakiil
bin Riyaadl An-Nadawiy dalam tahqiq kitab Ash-Shiyaam lil-Firyaabiy,
hal. 24-25; Ad-Daarus-Salafiyyah, Cet. 1/1412 H.
10. Dan
lain-lain.
Ini saja yang dapat
dituliskan. Semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
NB : Sebenarnya ada
beberapa jalan riwayat dari kalangan shahabat yang menguatkan riwayat ‘Aaisyah.
Namun berhubung jika dituliskan pembahasannya akan menjadi sangat panjang, maka
saya cukupkan dengan pembahasan riwayat ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa di
atas. Saya berharap ada ikhwah lain yang mempunyai kelonggaran waktu untuk
menulis tambahannya – atau bahkan kritikannya.
[abul-jauzaa’ –
sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta].
[1] Riwayat :
حَدَّثَنَا
أَبُو حَفْصٍ عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ الْفَلَّاسُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ،
عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ ".
[2] Riwayat :
حَدَّثَنَا
أَبُو حَفْصٍ عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ،
عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
[3] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: أَخْبَرَنِي
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ،
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَتَحَرَّى يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[4] Riwayat :
No. 2508 :
أَنْبَأَ
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ،
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَصُومُ شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ وَيَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
"
No. 2682 :
أَنْبَأَ
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ،
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
" يَتَحَرَّى يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[5] Riwayat :
حَدَّثَنَا
نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا ابْنُ دَاوُدَ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ
بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ
عَائِشَةَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَصُومُ
شَعْبَانَ، وَرَمَضَانَ، وَيَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ "
[6] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
أَبُو الْفَضْلِ أَحْمَدُ بْنُ هِبَةِ اللَّهِ بْنِ تَاجِ الأُمَنَاءِ، أَنْبَأَنَا
عَبْدُ الْمُعِزِّ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا أَبُو عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ، أَخْبَرَنَا
أَبُو عَمْرٍو أَحْمَدُ بْنُ نَصْرٍ الْخَفَّافُ، حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ،
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ،
عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهَا: " أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ، وَيَصُومُ شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ
".هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ، وَرَبِيعَةُ، قِيلَ: لَهُ صُحْبَةٌ
[7] Riwayat :
حَدَّثَنَا
هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ
يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ
الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: " كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ
"
[8] Riwayat :
No. 1 :
حَدَّثَنَا
هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ
يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ
الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهُ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّم فَقَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ،
قَالَتْ: وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
No. 2 :
حدثنا
عمرو بن علي : حدثنا عبد الله بن داود : حدثنا ثور بن يزيد، عن خالد بن معدان، عن ربيعة الجرشي، عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان رسول الله
صلى الله عليه وسلم يصوم شعبان .... فذكر نحوه
[9] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُعَافَى الْعَابِدُ، بِصَيْدَا، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ،
حَدَّثَنَا يَحِيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، حَدَّثَنَا رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ
سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ:
" كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى
صِيَامَ الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[10] Riwayat :
حَدَّثَنَا
بَكْرٌ، قَالَ: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، قَالَ: أَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ،
قَالَ: حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ حَدَّثَهُ، قَالَ:
حَدَّثَنِي رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ
عَائِشَةَ عَنْ صَوْمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ:
" كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى
صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[11] Riwayat :
حَدَّثَنَا
بَكْرُ بْنُ سَهْلٍ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، ثنا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ،
حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، أَنَّ خَالِدَ بْنَ مَعْدَانَ حَدَّثَهُ، حَدَّثَنِي
رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ،
عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: " كَانَ
يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[12] Riwayat :
ثنا
عَلِيُّ بْنُ عِيسَى الْكَرَاجَكِيُّ، قَالَ: ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، قَالَ:
ثنا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، قَالَ: حَدَّثَنِي
رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ
عَنْ صَوْمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: " كَانَ
يَصُومُ شَعْبَانَ حَتَّى إِنْ كَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ "، قَالَتْ:
" وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمِ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[13] Ada yang melemahkan sanad riwayat ini dengan
alasan :
Ibnul qatthan menyatakan hadis tsb ma`lul
artinya cacat sebab perawi dari Aisyah bernama Rabi`ah al Jurasyi tidak di kenal sebagai sahabat Nabi juga tidak di kenal sebagai perawi terpercaya
. Sungguh sebagian orang berkata : Dia adalah sahabat Nabi dan
termasuk orang alim waktu Muawiyah berkuasa . Demikian di katakan
oleh Abul mutawakkil annaji .
Tapi
seorang alim belum tentu bisa di percaya
dalam meriwayatkan hadis .
Ibnul qattan berkata : Aku menyatakan hadis
tsb jelas tidak sahih ( lemah ) karena masih hilaf tentang Tsaur bin Yazid dari Khalid bin Ma`dan dan
dia juga tertuduh qadariyah . Ini ahir perkataan nya . Sungguh Ibnu
Hibban meriwayatkan hadis tsb dalam kitab sahihnya dari jalur ini.
Kemudian ia berkomentar :
Tiada
gunanya pencantuman hadis tsb
dalam kitab sahih Ibnu Hibban karena
sanadnya dan perawi nya cacat. Dan
kita memilih realistis dan sesuatu yang
jeli dalam menilai hadis agar kita aman dan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari kekeliruan
itu .
Karena itu , hadis tsb tidak di riswayatkan oleh Bukhari dan Muslim
dan ia di nyatakan lemah dan ini paling tepat menurut saya
Saya berkata :
Kritik riwayat seperti ini
tidaklah terlalu banyak manfaatnya karena taqlid kepada Ibnul-Qaththaan [lihat
: Bayaanul-Wahm wal-Iihaam, 4/271]. Rabii’ah memang diperselisihkan
status kebershahabatannya. Al-Baghawiy, Abu Manshuur, Ibnu Mandah, Abu Nu’aim,
dan Ibnu Hibbaan menggolongkannya sebagai shahabat. Namun Ad-Daaruquthniy dan
Abu Haatim merajihkan bahwa ia bukan seorang shahabat. Ia sendiri seorang
yang tsiqah (sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy dan Ibnu Hibbaan),
sehingga tidak merusak kredibilitas hadits yang ia riwayatkan.
Adapun alasan pelemahannya
karena Tsaur bin Yaziid adalah qadariy, maka ini tidaklah diterima. Hal
itu dikarenakan periwayatan dari seorang yang tertuduh dalam kebid’ahan tetap
diterima dengan syarat ia seorang yang tsiqah dan tidak membawakan
hadits yang menguatkan kebid’ahannya menurut pendapat yang shahih dari kalangan
ahli hadits. Al-Bukhaariy dan Muslim tetap memakai hujjah beberapa
perawi yang tertuduh dengan kebid’ahan dalam kitab Shahih-nya. Misalnya
:
1. Ibraahiim
bin Thahmaan Al-Khurasaaniy, Abu Sa’iid; seorang yang tsiqah lagi
mutqin, termasuk perawi Shahiihain, namun berpemahaman irjaa’ [lihat
: Ar-Ruwaatuts-Tsiqaat Al-Mutakallamu fiihim bimaa Laa Yuujibu Raddahum oleh
Adz-Dzahabiy, hal. 35 no. 1, tahqiq : Muhammad bin Ibraahiim Al-Maushiliy;
Daarul-Basyaair, Cet. 1/1412 H].
2. Huraiz
bin ‘Utsmaan Ar-Rahabiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat,
termasuk perawi Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya, namun seorang
berpemahaman naashibiy [idem, hal. 82 no. 27].
3. Sa’id
bin Abi ‘Aruubah; seorang imaam yang tsiqah, termasuk perawi Shahiihain,
namun berpemahaman qadariy [idem, hal. 97 no. 37].
4. Sa’iid
bin Muhammad Al-Jarmiy; seorang yang tsqah, termasuk perawi Shahihain,
namun berpemahaman tasyayyu’ (Syi’ah) [idem, hal. 100
no. 38].
5. Yahyaa
bin Shaalih Al-Himshiy; seorang tsiqah lagi hujjah, termasuk
perawi Shahiihain, namun berpemahaman tajahhum (Jahmiyyah)
[idem, hal. 194 no. 87].
Dan yang lainnya masih
banyak.
Adapun alasannya bahwa
hadits ini tidak diriwayatkan oleh Shahiihain sebagai qarinah lain
akan kelemahannya, maka ia adalah alasan yang mengandung ambiguitas. Pertama,
ambigu dengan pernyataannya sebelumnya bahwa ia tidak berhujjah dengan Tsaur
karena alasan ia tertuduh berpemahaman qadariy. Padahal, Al-Bukhaariy
dan Muslim berhujjah dengan riwayat Tsaur dalam kitab Shahih-nya. Kedua,
ambigu dengan kenyataan bahwa ia sendiri melemahkan beberapa hadits shahih
dalam kitab Shahiihain tanpa alasan yang dapat diterima. Selain itu,
betapa banyak hadits-hadits shahih yang tersebar dalam banyak kitab yang tidak
diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dan Muslim ?. Bukan menjadi syarat bahwa hadits
shahih harus diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam kitab Shahiih-nya.
Kesimpulannya, ta’liil yang
ia berikan untuk melemahkan riwayat tersebut bukanlah ta’liil yang
shahih.
[14] Riwayat :
حَدَّثَنَا
حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ، قَالَ: حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ
سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ
نُفَيْرٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ عَائِشَةَ عَنِ الصِّيَامِ؟ فَقَالَتْ: إِنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ،
وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمِ الْخَمِيسِ وَالِاثْنَيْنِ "
[15] Riwayat :
No. 2186 :
أَخْبَرَنِي
عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدٍ،
عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ
عَائِشَةَ عَنِ الصِّيَامِ، فَقَالَتْ: " إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَيَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
No. 2360 :
أَخْبَرَنَا
عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ
بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ
عَائِشَةَ، قَالَتْ: " إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[16] Riwayat :
No. 2507 :
أَخْبَرَنِي
عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ
بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ
رَجُلا سَأَلَ عَائِشَةَ عَنِ الصِّيَامِ؟ فَقَالَتْ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَيَتَحَرَّى صِيَامَ
الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
No. 2681 :
أَنْبَأَ
عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ عَائِشَةَ
قَالَتْ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَتَحَرَّى
صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
[17] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
بَقِيَّةُ بْنُ الْوَلِيدِ، حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ،
عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
يَوْمِ الاثْنَيْنِ، وَيَوْمَ الْخَمِيسِ
[18] Riwayat :
حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عِرْقٍ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، ثَنَا بَقِيَّةُ،
عَنْ بَحِيرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ " أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَكَانَ
يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ "
[19] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ
مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
"
[20] Riwayat :
أَنْبَأَ
أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ
مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "، قَالَ أَبُو عَبْدِ
الرَّحْمَنِ: هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ، مَا يُشْبِهُ حَدِيثَ مَنْصُورٍ، يُشْبِهُ
أَنْ يَكُونَ أَتَى مِنْ أَبِي دَاوُدَ
[21] Riwayat :
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُخَرِّمِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الْحَفَرِيُّ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدٍ، أَظُنُّهُ ابْنَ سَعْدٍ، عَنْ عَائِشَةَ
رَحْمَةُ اللَّهِ عَلَيْهَا، قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَصُومُ شَعْبَانَ، وَيَتَحَرَّى الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[22] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ يَمَانٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ
سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
[23] Riwayat :
No. 2685 :
أَنْبَأَ
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، قالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ يَمَانٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ
سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَصُومُ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
No. 2799 :
أنبأ
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ الْبَصْرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ الْيَمَانِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ،
عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "
[24] Riwayat :
حَدَّثَنَا
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
يَمَانٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ يَوْمَ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
[25] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
الْقَاسِمُ بْنُ زَكَرِيَّا بْنِ دِينَارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ، عَنْ زَائِدَةَ،
عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ جَعَلَ كَفَّهُ الْيُمْنَى
تَحْتَ خَدِّهِ الْأَيْمَنِ، وَكَانَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[26] Riwayat :
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ،
عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ " يَصُومُ الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسَ "
[27] Riwayat :
حَدَّثَنَا
رَوْحٌ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ بَهْدَلَةَ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ،
عَنِ حَفْصَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ: " يَصُومُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ
شَهْرٍ: الِاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسَ، وَالِاثْنَيْنِ مِنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى
[28] Riwayat :
أَنْبَأَ
الْقَاسِمُ بْنُ زَكَرِيَّا، قَالَ: حَدَّثَنَا حسَيْنٌ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ عَاصِمٍ،
عَنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ جَعَلَ كَفَّهُ الْيُمْنَى تَحْتَ
خَدِّهِ الأَيْمَنِ، وَكَانَ يَصُومُ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[29] Riwayat :
أَخْبَرَنِي
أَبُو بَكْرِ بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو نَصْرٍ التَّمَّارُ، قَالَ: حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ سَوَاءٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ،
قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ مِنْ
كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ مِنْ هَذِهِ الْجُمُعَةِ
وَالِاثْنَيْنِ مِنَ الْمُقْبِلَةِ "
[30] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَنْبَأَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[31] Riwayat :
أَنْبَأَ
إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَنْبَأَ ُعبَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ الأُمَوِيُّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
[32] Riwayat :
24508 :
حَدَّثَنَا
هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَشْجَعِيُّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ
ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا سُئِلَتْ عَنْ صَوْمِ
رَسُولِ اللَّهِ K قَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ، وَيَتَحَرَّى الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "
24509 :
قَالَ
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَد: وَجَدْتُ هَذَا الْحَدِيثَ فِي كِتَابِ أَبِي بِخَطِّ
يَدِهِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَبُو سُفْيَانَ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ
بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ: أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
" كَانَ يَتَحَرَّى صَوْمَ شَعْبَانَ، وَصَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
"
24226 :
حَدَّثَنَا
مُؤَمَّلٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ
ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
[33] Riwayat :
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ الْقَاسِمِ بْنِ الرَّيَّانِ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ
سَعِيدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، ثنا الْفِرْيَابِيُّ، ثنا سُفْيَانُ،
ثنا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "، تَفَرَّدَ بِهِ عَنِ الثَّوْرِيِّ، الْفِرْيَابِيُّ
[34] Riwayat :
أَخْبَرَنَا
عُبَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ الأُمَويُّ، نا سُفْيَانُ بْنُ
سَعِيدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ "
Comments
Posting Komentar