Puasa Sunnah ‘Asyuuraa’ dan Perspektif Syi’ah Tentangnya


‘Aasyuuraa’ menurut pendapat yang raajih adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram.[1] Inilah pendapat jumhur shahabat dan tabi’iin sebagaimana dikatakan oleh An-Nawawiy dalam Syarh Shahih Muslim (4/121), Ibnu Hajar dalam Al-Fath (4/671), dan Al-‘Ainiy dalam ‘Umdatul-Qaariy (11/117). Ibnu Rajab dalam Lathaaiful-Ma’aarif (hal. 109) menukil perkataan Ibnu Siiriin :

كانوا لا يختلفون أنه اليوم العاشر؛ إلا ابن عباس؛ فإنه قال : إنه التاسع
“Mereka (para shahabat) tidak berselisih pendapat bahwa ‘Aasyuuraa’ itu adalah hari kesepuluh, kecuali Ibnu ‘Abbaas. Ia berkata : ‘Ia adalah hari kesembilan” [selesai].
Pendapat Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa ini diisyaratkan oleh satu riwayat :
وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. حدثنا وكيع بن الجراح عن حاجب بن عمر، عن الحكم بن الأعرج. قال : انتهيت إلى ابن عباس رضي الله عنه. وهو متوسد رداءه في زمزم. فقلت له: أخبرني عن صوم عاشوراء. فقال: إذا رأيت هلال محرم فأعدد. وأصبح يوم التاسع صائما. قلت: هكذا كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصومه ؟ قال: نعم.
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah : Telah menceritakan kepada kami Wakii’ bin Al-Jarraah, dari Haajib bin ‘Umar, dari Al-Hakam bin Al-A’raj, ia berkata : Aku pernah mendatangi Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa yang ketika itu ia sedang berbantal dengan selendangnya di dekat zamzam. Lalu aku berkata kepadanya : “Khabarkanlah kepadaku tentang puasa ‘Aasyuuraa’”. Ia berkata : “Apabila engkau melihat hilaal bulan Muharram, maka perhitungkanlah. Berpuasalah di hari kesembilan semenjak pagi harinya”. Aku berkata : “Apakah yang seperti itu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ?”. Ia menjawab : “Ya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1133].
Dalam riwayat ini, Ibnu ‘Abbaas memaksudkan puasa ‘Aasyuuraa’ adalah hari kesembilan.[2]
Akan tetapi Al-Baihaqiy dalam As-Sunan Al-Kubraa (4/287) berkata : “Sepertinya ia (Ibnu ‘Abbaas) – radliyallaahu ‘anhu – menginginkan/memaksudkan puasa itu bersama hari kesepuluh”.
Hal itu nampak pada jawaban Ibnu ‘Abbaas (yaitu : = نعم ‘ya’) yang menisbatkannya pada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Al-Baihaqiy membawakan perkataan Ibnu ‘Abbaas dengan sanadnya :
صُومُوا التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ "
“Berpuasalah kalian pada hari kesembilan dan kesepuluh, serta selisihilah orang-orang Yahudi” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/287 dan dalam Ma’rifatus-Sunan wal-Atsar no. 2582, ‘Abdurrazzaaq dalam Al-Mushannaf no. 7839 dan dalam At-Tafsiir no. 3597, Ibnu Ja’d no. 2502, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 664, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/78, Ad-Diinawariy dalam Al-Mujaalasah wa Jawaahirul-‘Ilm no. 2594, dan Asy-Syajariy dalam Al-Amaaliy Al-Khamiisiyyah no. 1820  – dishahihkan oleh Ibnu Rajab dalam Al-Lathaaif hal. 108 dan Al-Albaaniy dalam ta’liq-nya terhadap Shahih Ibni Khuzaimah 3/290 no. 2095].
At-Tirmidziy rahimahullah berkata :
حدثنا قتيبة أخبرنا عبد الوارث بن يونس عن الحسن عن ابن عباس قال :  "أمر رسول الله صلى الله عليه وسلم بصوم عاشوراء يوم العاشر". قال أبو عيسى: حديث ابن عباس حديث حسن صحيح.
وقد اختلف أهل العلم في يوم عاشوراء، فقال بعضهم يوم التاسع، وقال بعضهم يوم العاشر. وروي عن ابن عباس أنه قال: "صوموا التاسع والعاشر وخالفوا اليهود". وبهذا الحديث يقول الشافعي وأحمد وإسحاق.
“Telah menceritakan kepada kami Qutaibah : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-Waarits bin Yuunus, dari Al-Hasan, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : ‘Rasulullah memerintahkan berpuasa ‘Aasyuuraa’ pada hari kesepuluh (Muharram)’. Abu ‘Iisaa berkata : ‘Hadits Ibnu ‘Abbaas hadits hasan shahih’. Para ulama berselisih pendapat tentang hari ‘Aasyuuraa’. Sebagian mereka berkata ia adalah hari kesembilan. Sebagian yang lain berkata hari kesepuluh. Dan telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas bahwasannya ia berkata : ‘Berpuasalah kalian pada hari kesembilan dan kesepuluh, serta selisihilah orang-orang Yahudi’. Dan dengan hadits ini Asy-Syaafi’iy, Ahmad, dan Ishaaq berpendapat” [Sunan At-Tirmidziy, 2/120-121].
Inilah yang benar atas pendapat Ibnu ‘Abbaas, wallaahu a’lam.
Di bawah ini akan disebutkan beberapa hadits shahih yang berkaitan dengan puasa ‘Aasyuuraa’ :
عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان يوم عاشوراء تصومه قريش في الجاهلية، وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصومه، فلما قدم المدينة صامه وأمر بصيامه، فلما فرض رمضان ترك يوم عاشوراء، فمن شاء صامه ومن شاء تركه.
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Hari ‘Aasyuuraa’ adalah hari dimana orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyyah. Dan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga berpuasa padanya. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau tetap berpuasa dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa (juga). Dan ketika puasa Ramadlan telah diwajibkan, maka beliau meninggalkan puasa ‘Aasyuuraa’. Barangsiapa siapa ingin berpuasa, maka silakan ia berpuasa; dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, silakan tidak berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2001 dan Muslim no. 1125].
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة، فرأى اليهود تصوم يوم عاشوراء، فقال: (ما هذا). قالوا: هذا يوم صالح، هذا يوم نجى الله بني إسرائيل من عدوهم، فصامه موسى. قال: (فأنا أحق بموسى منكم). فصامه وأمر بصيامه.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Lalu beliau bersabda : ‘Apa yang kalian lakukan ?’. Mereka (Yahudi) berkata : ‘Ini adalah hari baik. Ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan Bani Israaiil dari musuh mereka, lalu Muusaa pun berpuasa pada hari itu’. Beliau bersabda : ‘Aku lebih berhak terhadap Muusaa daripada kalian’. Maka beliau pun berpuasa dan memerintahkan (orang-orang) untuk berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2004 dan Muslim no. 1130].
Catatan Sisipan :
1.    Maksud perkataan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau lebih berhak terhadap Muusaa ‘alaihis-salaam daripada Yahudi, karena orang-orang mukmin lebih berhak kepada nabi-nabi mereka dibandingkan orang-orang kafir sebagaimana firman Allah ta’ala :
مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ * إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ
“Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman” [QS. Aali ‘Imraan : 67-68].
Al-‘Adhiim Abadiy rahimahullah berkata saat mengomentari sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘kami lebih berhak terhadap Muusaa’ :
أَيْ نَحْنُ أَثْبَت وَأَقْرَب لِمُتَابَعَةِ مُوسَى صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْكُمْ ، فَإِنَّا مُوَافِقُونَ لَهُ فِي أُصُول الدِّين وَمُصَدِّقُونَ لِكِتَابِهِ وَأَنْتُمْ مُخَالِفُونَ لَهُمَا فِي التَّغْيِير وَالتَّحْرِيف
“Yaitu kami lebih menetapi dan lebih dekat dalam mengikuti Muusaa ‘alaihis-salaam daripada kalian. Karena kami mencocokinya dalam pokok agama dan membenarkan kitabnya, sedangkan kalian menyelisihi keduanya dengan melakukan perubahan dan penyimpangan” [‘Aunul-Ma’buud, 7/109].
2.    Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ tidaklah (semata-mata) membeo orang-orang Yahudi. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah berpuasa ‘Aasyuuraa’ semenjak berada di Makkah (sebagaimana hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa di atas), dan kemudian ketika datang ke Madinah, beliau mendapati pula orang-orang Yahudi berpuasa di hari itu.
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
أنه صلى الله عليه وسلم كان يصومه كما تصومه قريش في مكة ثم قدم المدينة فوجد اليهود يصومونه فصامه أيضاً بوحي أو تواتر أو اجتهاد لا بمجرد أخبار آحادهم والله أعلم
“Bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’ sebagaimana orang-orang Quraisy berpuasa padanya di Makkah. Kemudian beliau tiba di Madinah dan mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari itu; maka beliau pun melakukannya dengan dasar wahyu atau berita mutawatir atau ijtihad. Bukan semata-mata berdasarkan khabar dari salah seorang di antara mereka. Wallaahu a’lam” [Syarh Shahih Muslim, 4/119].
Juga, puasa ‘Aasyuuraa’ merupakan bagian dari syari’at umat sebelum kita (Islam). Ketika syari’at telah menetapkannya dan mengakuinya, maka jadilah ia bagian dari syari’at kita. Pengakuan dan penetapan itu ada melalui firman Allah ta’ala ataupun lisan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidaklah beliau berkata-kata dalam haditsnya kecuali merupakan perkataan yang berasal dari petunjuk Allah ta’ala. Allah berfirman :
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى
“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” [QS. An-najm : 3-4].
Hal ini seperti kiblat, dimana dulu kiblat kaum muslimin dengan Yahudi sama (menghadap Baitul-Maqdis). Allah ta’ala berfirman :
سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا
“Orang-orang yang kurang akalnya di antara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul-Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?" [QS. Al-Baqarah : 142].
Allah ta’ala menetapkannya dan kemudian menghapusnya dengan menggantinya ke arah Masjidil-Haram.
Juga seperti syari’at khitan dan yang semisalnya yang telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Arab Jahiliyyah.
Waliyyullah Ad-Dahlawiy rahimahullah berkata :
سر مشرعية صيام عاشوراء : أنه وقت نصر الله - تعالى - فيه موسى - عليه السلام - على فرعون وقومه. فشكر موسى بصوم ذلك اليوم، وصار سنة بين أهل الكتاب والعرب، وأقره رسول الله صلى الله عليه وسلم.
“Rahasia/hikmah disyari’atkannya puasa ‘Aasyuuraa’ : Bahwasannya ia (hari ‘Aasyuuraa’) adalah waktu dimana Allah ta’ala memberikan pertolongan kepada Muusaa dan kaumnya dari (kejaran) Fir’aun. Lalu Muusaa bersyukur dengan melakukan puasa pada hari tersebut. Jadilah ia sunnah di kalangan Ahlul-Kitaab dan masyarakat ‘Arab. Dan kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menetapkannya (menjadi bagian syari’at kaum muslimin)” [Hujjatullaahil-Baalighah, 2/532].
3.    Waktu awal hijrah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah ke Madinah pada bulan Rabi’ul-Awwal. Adapun peristiwa beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa ‘Aasyuuraa’ adalah pada tahun kedua hijriyyah (di bulan Muharram). Keterangan ini didapatkan dari perintah beliau kepada para shahabat untuk berpuasa sebagaimana dalam hadits ‘Aaisyah adalah setelah melihat orang-orang Yahudi berpuasa sebagaimana dalam hadits Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhum.
عن أبي موسى رضي الله عنه قال : كان يوم عاشوراء تعده اليهود عيدا، قال النبي صلى الله عليه وسلم: (فصوموه أنتم).
Dari Abu Muusaa radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Orang-orang Yahudi menjadikan hari ‘Aasyuuraa sebagai hari raya. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maka berpuasalah kalian (pada hari ‘Aasyuuraa’)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2005 dan Muslim no. 1131].
عن حميد بن عبد الرحمن : أنه سمع معاوية بن أبي سفيان رضي الله عنهما يوم عاشوراء عام الحج، على المنبر يقول: يا أهل المدينة، أين علماؤكم، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (هذا يوم عاشوراء، ولم يكتب عليكم صيامه، وأنا صائم، فمن شاء فليصم ومن شاء فليفطر).
Dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan : Bahwasannya ia mendengar Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu ‘anhumaa pada hari ‘Aasyuuraa’ ketika tahun penyelenggaraan haji di atas mimbar, ia berkata : “Wahai penduduk Madinah, dimanakah ulama kalian ? Aku telah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Ini adalah hari ‘Aasyuuraa’ dan Allah tidak mewajibkan atas kalian puasa padanya. Namun aku berpuasa. Barangsiapa yang ingin berpuasa, hendaklah ia berpuasa. Dan barangsiapa yang ingin berbuka, maka ia boleh berbuka” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2003 dan Muslim no. 1129].
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضله على غيره إلا هذا اليوم، يوم عاشوراء، وهذا الشهر، يعني شهر رمضان.
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Aku tidak pernah melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sengaja berpuasa yang beliau melebihkan/mengistimewakan dibandingkan hari-hari yang lain dari hari ini, yaitu hari ‘Aasyuuraa’. Dan juga (puasa) di bulan ini, yaitu bulan Muharram” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2006 dan Muslim no. 1132].
عن الربيع بنت معوذ قالت : أرسل النبي صلى الله عليه وسلم غداة عاشوراء إلى قرى الأنصار: (من أصبح مفطرا فليتم بقية يومه، ومن أصبح صائما فليصم). قالت: فكنا نصومه بعد، ونصوم صبياننا، ونجعل لهم اللعبة من العهن، فإذا بكى أحدهم على الطعام أعطيناه ذاك حتى يكون عند الإفطار.
Dari Ar-Rubayyi’ binti Mu’awwidz, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang di waktu siang ke kampung Anshaar dengan mengatakan : ‘Barangsiapa di waktu pagi dalam keadaan berbuka, hendaklah ia menyempurnakan (dengan berpuasa) di sisa harinya. Dan barangsiapa di waktu pagi hari dalam keadaan berpuasa, hendaklah ia meneruskan puasanya”. Ia (Ar-Rubayyi’) melanjutkan : “Sehingga sejak hari itu kami berpuasa pada hari tersebut dan memerintahkan anak-anak kami untuk berpuasa pula. Untuk itu kami membuatkan mainan (anak-anak) yang terbuat dari wol. Jika salah satu di antara anak-anak kecil tersebut menangis karena ingin makan, kami berikan kepada dia mainan tersebut hingga datangnya waktu berbuka” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1960 dan Muslim no. 1136].
عن سلمة بن الأكوع رضي الله عنه قال : أمر النبي صلى الله عليه وسلم رجلا من أسلم: (أن أذن في الناس: أن من كان أكل فليصم بقية يومه، ومن لم يكن أكل فليصم، فإن اليوم يوم عاشوراء).
Dari Salamah bin Al-Akwa’ radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang laki-laki dari suku Aslam agar menyerukan kepada manusia bahwa siapa saja yang telah makan, hendaklah ia berpuasa di sisa harinya, dan barangsiapa yang belum makan, hendaklah ia berpuasa, karena hari itu adalah hari ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2007 dan Muslim no. 1136].
عن أبي قتادة :  عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "ثلاث من كل شهر. ورمضان إلى رمضان. فهذا صيام الدهر كله. صيام يوم عرفة، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله. والسنة التي بعده. وصيام يوم عاشوراء، أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله".
 Dari Abu Qataadah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “(Puasa) tiga hari dalam setiap bulan, Ramadlaan hingga Ramadlaan berikutnya, maka ini adalah puasa satu tahun penuh. Puasa ‘Arafah, aku berharap kepada Allah agar puasa itu dapat menghapus (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa ‘Aasyuuraa’, aku berharap kepada Allah agar puasa itu dapat menghapus dosa setahun yang lalu’ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1162].
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنه ؛ أن أهل الجاهلية كانوا يصومون يوم عاشوراء. وأن رسول الله صلى الله عليه وسلم صامه، والمسلمون. قبل أن يفترض رمضان, فلما افترض رمضان، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
"إن عاشوراء يوم من أيام الله. فمن شاء صامه ومن شاء تركه".
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya orang-orang Jahiliyyah mereka berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Dan bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam beserta kaum muslimin lainnya juga berpuasa pada hari itu sebelum diwajibkannya puasa Ramadlaan. Maka, ketika telah diwajibkan puasa Ramadlaan, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya ‘Aasyuuraa’ itu adalah satu hari di antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, ia boleh berpuasa; dan barangsiapa yang ingin tidak berpuasa, ia boleh tidak berpuasa” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1892 dan Muslim no. 1126].
عن جابر بن سمرة رضي الله عنه. قال :  كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأمرنا بصيام يوم عاشوراء. ويحثنا عليه. ويتعاهدنا عنده. فلما فرض رمضان، لم يأمرنا، ولم ينهنا، ولم يتعاهدنا عنده.
Dari Jaabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Dulu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’. Beliau sangat menganjurkan kami untuk melakukannya, dan memperhatikan kami di sisi beliau. Ketika diwajibkan puasa Ramadlaan, maka beliau tidak lagi memerintahkan namun tidak pula melarangnya. Beliau tidak lagi memperhatikan kami di sisi beliau (apakah kami melakukan puasa ataukah tidak)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1128].
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : صام النبي صلى الله عليه وسلم عاشوراء وأمر بصيامه، فلما فرض رمضان ترك. وكان عبد الله لا يصومه إلا أن يوافق صومه.
Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ‘Asyuuraa dan memerintahkan untuk berpuasa pada hari tersebut. Ketika puasa Ramadlan diwajibkan, beliau meninggalkannya”. (Perawi berkata) : “‘Abdullah tidak berpuasa kecuali bertepatan dengan hari dimana ia biasa berpuasa”[3] [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1892].
عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما يقول : حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه، قالوا: يا رسول الله ! إنه يوم تعظمه اليهود والنصارى. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "فإذا كان العام المقبل إن شاء الله، صمنا اليوم التاسع. قال: فلم يأت العام المقبل، حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Sewaktu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa hari ‘Aasyuuraa dan memerintahkan berpuasa di hari itu, mereka (para shahabat) berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ia adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nashaara”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Seandainya tiba tahun depan insya Allah, kita akan berpuasa juga di hari kesembilan”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Akan tetapi, tahun depan itu tidaklah tiba hingga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam wafat”.
Dalam riwayat lain beliau bersabda :
لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع
“Seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, sungguh aku akan berpuasa (juga) di hari kesembilan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1134].
عَنِ الْأَسْوَدِ، قَالَ: " مَا رَأَيْتُ أَحَدًا آمَرَ بِصَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ مِنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، وَأَبِي مُوسَى"
Dari Al-Aswad, ia berkata : “Aku tidak melihat seorang pun yang begitu menganjurkan berpuasa hari ‘Aasyuuraa’ daripada ‘Aliy bin Abi Thaalib dan Abu Muusaa” [Diriwayatkan oleh Ibnu Ja’d no. 2618, Ibnu Abi Syaibah 4/56, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/286 dan dalam Syu’abul-Iimaan no. 3784, Ath-Thayaalisiy 2/537 no. 1308, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Atsar no. 654-655, dan Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 3862 & 3872,– dishahihkan oleh Ibnu Hajar dalam Mathaalibul-‘’Aliyyah 3/413].
عن علقمة. قال: دخل الأشعث بن قيس على ابن مسعود. وهو يأكل، يوم عاشوراء. فقال: يا أبا عبدالرحمن ! إن اليوم يوم عاشوراء. فقال: قد كان يصام قبل أن ينزل رمضان. فلما نزل رمضان، ترك. فإن كنت مفطرا فاطعم.
Dari ‘Alqamah, ia berkata : Asy’ats bin Qais masuk menemui Ibnu Mas’uud yang sedang makan di hari ‘Aasyuuraa’. Ia (Asy’ats) berkata : “Wahai Abu ‘Abdirrahmaan, sesungguhnya hari ini adalah hari ‘Aasyuuraa’”. Ibnu Mas’uud berkata : “Dulu sebelum diturunkannya kewajiban puasa Ramadlaan, beliau memang berpuasa di hari itu. Namun ketika telah turun kewajiban puasa Ramadlaan, maka puasa ‘Aasyuuraa pun ditinggalkan. Jika engkau tidak berpuasa, maka makanlah” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5403 dan Muslim no. 1127].
عن محمد بن صيفي قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء أمنكم أحد أكل اليوم فقالوا منا من صام ومنا من لم يصم قال فأتموا بقية يومكم وابعثوا إلى أهل العروض فليتموا بقية يومهم.
Dari Muhammad bin Shaifiy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Aasyuuraa’ : “Apakah ada salah seorang di antara kalian yang telah makan hari ini ?”. Mereka (para shahabat) berkata : “Di antara kami ada yang berpuasa dan ada pula yang tidak berpuasa”. Beliau bersabda : “Maka, sempurnakanlah sisa hari kalian (dengan berpuasa), dan kirimkanlah utusan ke penduduk Madinah dan sekitarnya agar mereka menyempurnakan sisa hari mereka (dengan berpuasa)” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 2320, Ibnu Maajah no. 1735, Ibnu Abi Syaibah 3/54-55, Ahmad 4/388, Ibnu Khuzaimah no. 2091, Ibnu Hibbaan no. 3617, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 25/403-404. Al-Bushairiy dalam Mishbaahuz-Zujaajah 2/239 : “Sanadnya shahih”].
عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: أَمَرَنَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم : " أَنْ نَصُومَ عَاشُورَاءَ قَبْلَ أَنْ يَنْزِلَ صِيَامُ رَمَضَانَ، فَلَمَّا نَزَلَ رَمَضَانَ، لَمْ يَأْمُرْنَا، وَلَمْ يَنْهَنَا، وَنَحْنُ نَفْعَلُهُ "
Dari Qais bin Sa’d, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk berpuasa ‘Aasyuuraa’ sebelum diturunkannya kewajiban puasa Ramadlaan. Ketika telah diturunkan kewajiban puasa Ramadlaan, beliau tidak memerintahkan kami, juga tidak melarang kami, namun kami tetap mengerjakannya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 3/421-422, Ibnu Abi Syaibah 3/56-57, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa no. 2854, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/74-75; sanadnya shahih].
Tingkatan dalam Puasa ‘Aasyuuraa’
Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata :
فمراتب صومه ثلاث :
- أكملها : أن يصام قبله يوم، وبعده يوم.
- ويلي ذلك : أن يصام التاسع والعاشر - وعليه أكثر الأحاديث - .
- ويلي ذلك : إفراد العاشر - وحده - بالصوم
“Adapun tingkatan puasa hari ‘Aasyuuraa’ ada tiga : Yang paling sempurna adalah puasa sehari sebelumnya (tanggal sembilan) dan sehari setelahnya (tanggal sebelas). Kemudian tingkatan setelahnya, puasa hari kesembilan dan kesepuluh. Inilah yang terdapat dalam banyak hadits. Kemudiantingkatan setelahnya, hanya berpuasa di hari kesepuluh saja”.
Kemudian beliau berkata :
وأما إفراد التاسع : فمن نقص فهم الاثار، وعدم تتبع ألفاظها، وطرقها ! وهو بعيد من اللغة والشرع
“Adapun hanya berpuasa di hari kesembilan, maka itu (kekekeliruan) yang berasal dari kurangnya pemahaman terhadap atsar serta ketiadaan penelitian atas lafadh-lafadhnya dan jalan-jalannya. Pemahaman itu jauh dari bahasa maupun syari’at” [Zaadul-Ma’aad, 2/76].
Hal yang semisal dikatakan juga oleh Ibnu Hajar dalam Al-Fath (4/346).
Catatan :
1.      Perkataan beliau bahwa tingkatan pertama yang paling sempurna adalah puasa pada hari kesembilan, kesepuluh, dan kesebelas didasarkan pada hadits :
"صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ، صُومُوا قَبْلَهُ يَوْمًا، وَبَعْدَهُ يَوْمًا، وَخَالِفُوا يَهُودَ "
“Berpuasalah kalian di hari ‘Aasyuuraa’. Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya. Selisihilah orang-orang Yahudi”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Humaidiy no. 491, Ahmad 1/241, Ibnu Khuzaimah no. 2095, Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 651, Al-Bazzaar dalam Al-Bahruz-Zakhaar no. 5238 dan dalam Kasyful-Astaar no. 1049, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 4/287 dan dalam Syu’abul-Iimaan no. 3789-3790, Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid no. 94, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 3/553-554; semua dari jalan Ibnu Abi Lailaa, dari Daawud bin ‘Aliy, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbaas, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Sanad riwayat ini lemah dengan kelemahan Ibnu Abi Lailaa dan Daawud bin ‘Aliy.
Namun ada atsar mauquf dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya ia berpuasa tanggal 9, 10, dan 11 Muharram; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy :
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ. وَحَدَّثَنَا ابْنُ وَكِيعٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: " أَنَّهُ كَانَ يَصُومُ قَبْلَهُ يَوْمًا وَبَعْدَهُ يَوْمًا "
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Wakii’. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Wakii’ : Telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas : Bahwasannya ia berpuasa sehari sebelumnya dan sehari setelahnya” [Tahdziibul-Aatsaar no. 659; sanadnya shahih].
2.      Ibnu Qudaamah menukil perkataan Al-Imaam Ahmad bin Hanbal rahimahumallah :
فإن اشتبه عليه أول الشهر : صام ثلاثة أيام، وإنما يفعل ذلك ليتقن صوم التاسع والعاشر
“Apabila ada keraguan padanya tentang awal bulan, maka ia berpuasa tiga hari (tanggal sembilan, sepuluh, dan sebelas). Hal itu hanyalah dilakukan dalam rangka kehati-hatian agar tidak terluput puasa hari kesembilan dan kesepuluh” [Al-Mughniy, 3/174].
Namun alasan tersebut kuranglah berterima, karena kekhawatiran Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam terluput puasa ‘Aasyuuraa’ adalah dengan melakukan puasa di hari kesembilan (tidak dengan hari kesebelas). Perhatikan riwayat berikut :
حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَتَّاتُ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْمُؤَدِّبُ، قَالا: ثنا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، ثنا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: " إِنْ عِشْتُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ إِلَى قَابِلٍ صُمْتُ التَّاسِعَ مَخَافَةَ أَنْ يَفُوتَنِي يَوْمُ عَاشُورَاءَ "
Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Ja’far Al-Qattaat dan Muhammad bin Al-‘Abbaas Al-Muaddib, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Di’b, dari Al-Qaasim bin ‘Abbaas, dari ‘Abdullah bin ‘Umair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Seandainya aku masih hidup – insya Allah – hingga tahun depan, aku akan berpuasa di hari kesembilan, karena khawatir aku terluput hari ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 10/330-331 no. 10817; shahih].
Kaum Syi’ah dan Puasa ‘Aasyuuraa’
Orang-orang Syi’ah menjadikan hari ‘Aasyuuraa’ (10 Muharram) sebagai hari berkabung internasional. Mereka melakukan hal itu sebagai wujud partisipasi (kesedihan) mereka atas syahidnya Al-Husain bin ‘Aliy radliyallaahu ‘anhumaa beserta beberapa ahlul-bait yang lain dalam tragedi Karbalaa’. Peristiwa itu memang peristiwa menyedihkan dan sudah sepatutnya kaum muslimin mengambil pelajaran. Kaum muslimin sudah selayaknya menjadi semakin dekat dengan Rabb-nya dengan menjauhi apa-apa yang dilarang dan mengerjakan apa-apa yang diperintahkan.
Namun aneh dengan kaum Syi’ah,…. mereka justru menjadikan momen hari ‘Aasyuuraa untuk menambah kemurkaan Allah ta’ala. Sudah akrab di mata dan telinga kita bagaimana orang-orang Syi’ah meratap-ratap dan memukul-mukul diri (baca : menyiksa diri) sebagai satu bagian propaganda sentimen madzhab terhadap Ahlus-Sunnah. Mereka bersedih – atau pura-pura bersedih – dengan segala aksinya itu untuk memelihara kebencian terhadap Ahlus-Sunnah yang mereka anggap sebagai biang keladi kematian Al-Husain radliyallaahu ‘anhumaa – padahal Ahlus-Sunnah berlepas diri terhadap tuduhan itu sebagaimana berlepas dirinya serigala atas darah di baju Yuusuf yang dibawa saudara-saudaranya ke hadapan Ya’quub ‘alaihimas-salaam. Saya tidak akan membahas masalah Karbalaa. Akan tetapi saya hanya ingin menggarisbawahi perbuatan barbar Syi’ah di bulan ‘Aasyuuraa’ tersebut. Padahal, dalam kitab-kitab mereka, telah tegas larangan meratap, merobek-robek baju, memukul-mukul badan, dan macam menyakiti diri yang lainnya. Telah ada artikel dalam blog ini yang membahasnya. Silakan baca : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/04/mengenal-fiqh-syiah-02-meratap.html.
Terkait dengan puasa ‘Aasyuuraa’, mereka (Syi’ah) juga membuat-buat syubhat yang lain. Sebagian mereka mengatakan bahwa Ahlus-Sunnah merekayasa hadits puasa ‘Aasyuuraa’ untuk merayakan kematian Al-Husain bin ‘Aliy radliyallaahu ‘anhumaa. Na’uudzubillah atas tuduhan keji ini. Dari sisi Ahlus-Sunnah, tidak ada ruang untuk menerima pendapat mereka, sebab hadits-hadits tentang puasa ‘Aasyuuraa’ ini diriwayatkan oleh banyak shahabat. Di atas disebutkan sebagian di antaranya. Belum lagi riwayat-riwayat yang lemah. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya telah berpuasa ‘Aasyuuraa’ jauh sebelum meninggalnya Al-Husain radliyallaahu ‘anhu. Dan sebagai catatan, ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu – seorang yang mereka (Syi’ah) anggap sebagai imam - adalah salah seorang shahabat yang sangat bersemangat berpuasa ‘Aasyuuraa’, sebagaimana telah disebutkan riwayat Al-Aswad di atas. Sebagai tambahan penguat :
حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ السَّامِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ فُلَيْتٍ الذُّهْلِيِّ، عَنْ جَسْرَةَ بِنْتِ دِجَاجَةَ، قَالَتْ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: " إِنَّ عَلِيًّا يَأْمُرُ بِصَوْمِ عَاشُورَاءَ، فَقَالَتْ: هُوَ أَعْلَمُ منْ بَقِيَ بِالسُّنَّةِ "
Telah menceritakan kepadaku Ibraahiim bin Muhammad As-Saamiy : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy, dari Sufyaan, dari Fulait Adz-Dzuhliy, dari Jasrah binti Dijaajah, ia berkata : Aku berkata kepada ‘Aaisyah : “Sesungguhnya ‘Aliy memerintahkan berpuasa ‘Aasyuuraa’”. Lalu ‘Aaisyah menjawab : “Ia lebih mengetahui dari orang lain terhadap sunnah” [Diriwayatkan oleh Al-Balaadzuriy 2/365, Diriwayatkan juga oleh ‘Abdurrazzaaq dalam Mushannaf-nya dari Muhammad bin Basyaar, dari Ibnu Mahdiy]. Riwayat ini dikuatkan oleh :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا قَاسِمُ بْنُ أَصْبَغَ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَضَّاحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عَدِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْحَارِثِ، عَنْ عَلِيٍّ، أَنَّهُ كَانَ " يَأْمُرُ بِصَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits bin Sufyaan, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Qaasim bin Ashbagh, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wadldlaah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yuusuf bin ‘Adiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-Ahwash, dari Abu Ishaaq, dari Al-Haarits, dari ‘Aliy : Bahwasannya ia memerintahkan berpuasa di hari ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 7/207. Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang lebih pendek dalam Al-Mushannaf 3/56 meriwayatkan dari Abul-Ahwash]. Dikuatkan juga oleh riwayat :
حدثنا علي بن مسهر عن الشيباني عن أبي بشر قال سمعت عليا يأمر بصوم عاشوراء
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Mushir, dari Asy-Syaibaaniy, dari Abu Bisyr, ia berkata : Aku mendengar ‘Aliy memerintahkan puasa ‘Aasyuuraa’” [Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah 3/57].
Riwayat-riwayat yang bersumber dari ‘Aliy ini (walau dalam sebagian jalannya terdapat kelemahan), namun kesemuanya dapat menguatkan dan kemudian memberikan kesimpulan bahwa ia memang berpuasa ‘Aasyuuraa’ dan memerintahkan untuk berpuasa padanya.
Ini menurut sisi pandang referensi Ahlus-Sunnah.
Adapun dalam sisi pandang referensi Syi’ah, mari kita cermati bersama agar ia dapat berfungsi sebagai air untuk membasuh mata-mata yang masih rabun.
Ath-Thuusiy membawakan riwayat dengan sanadnya sebagai berikut :
عن سعد بن عبدالله ، عن أبي جعفر ، عن جعفر بن محمد بن عبدالله ، عن عبدالله بن ميمون القداح ، عن جعفر ، عن أبيه ( عليهما السلام ) قال : صيام يوم عاشوراء كفارة سنة 
Dari Sa’d bin ‘Abdillah, dari Abu Ja’far, dari Ja’far bin Muhammad bin ‘Abdillah, dari ‘Abdullah bin Maimuun Al-Qaddaah, dari Ja’far, dari ayahnya (‘alaihimas-salaam), ia berkata : “Puasa ‘Aasyuuraa’ sebagai penghapus dosa setahun”.
Hadits ini shahih, semua perawinya tsiqah.
[bisa dilihat dalam beberapa referensi sebagai berikut : Tahdziibul-Ahkaam 4/300, Al-Istibshaar 2/134, Jaami’ Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/475, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/371, Shiyaamu ‘Aasyuuraa’ hal. 112, Al-Waafiy 7/13, dan Wasaailusy-Syii’ah 7/337].
عن هارون بن مسلم ، عن مسعدة بن صدقة ، عن أبي عبدالله (عليه السلام ) عن أبيه ، أن عليا (عليه السلام) قال : صوموا العاشوراء التاسع والعاشر ، فانه يكفر ذنوب سنة
Dari Haaruun bin Muslim, dari Mas’adah bin Shadaqah, dari Abu ‘Abdillah (‘alaihis-salaam), dari ayahnya : Bahwasannya ‘Aliy (’alaihis-salaam) berkata : “Berpuasalah ‘Aasyuuraa’ pada hari kesembilan dan kesepuluh, karena ia dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun”.
Hadits ini dihukumi muwatstsaq.
Ash-Shaduuq (Muhammad bin Al-Husain) membawakan riwayat dengan sanadnya dari Zuraarah bin A’yun dan Muhammad bin Muslim, keduanya pernah bertanya kepada Abu Ja’far Al-Baaqir (‘alaihis-salaam) tentang puasa di hari ‘Aasyuuraa’. Maka ia menjawab :
كان صومه قبل شهر رمضان ، فلما نزل شهر رمضان ترك
“Puasa di hari itu adalah sebelum kewajiban puasa di bulan Ramadlaan. Lalu ketika turun kewajiban puasa di bulan Ramadlaan, maka ia ditinggalkan”.
Hadits ini shahih.
Beberapa riwayat lain yang ada di sumber Syi’ah :
عن أبي الحسن عليه السلام أنه قال: {{صام رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يوم عاشوراء}}
Dari Abul-Hasan ‘alaihis-salaam, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam berpuasa pada hari ‘Aasyuuraa’” [Tahdziibul-Ahkaam 4/29, Al-Istibshaar 2/134, Al-Waafiy 7/13, Wasaailusy-Syii’ah 7/337, Jaami’ Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/475, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/370-371, dan Shiyaamu ‘Aasyuuraa’ hal. 112].
وعن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: {إن أفضل الصلاة بعد الصلاة الفريضة الصلاة في جوف الليل، وإن أفضل الصيام من بعد شهر رمضان صوم شهر الله الذي يدعونه المحرم}
Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Sesungguhnya shalat yang paling utama setelah shalat fardlu adalah shalat sunnah yang dilakukan di pertengahan malam. Dan sesungguhnya puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadlaan adalah puasa di bulan Allah yang mereka namakan Muharram” [Wasaailusy-Syii’ah 7/347, Al-Hadaaiqun-Naadlirah 13/377, dan Jaami’ Ahaadiitsisy-Syii’ah 9/474].
Baca juga ulasan Al-Khuu’iy di : http://www.al-khoei.us/books/index.php?id=3258.
Baca juga beberapa riwayat lain di : http://www.tashayyu.org/hadiths/fasting/fast-of-ashura.
Dan Ayatullah (?) Al-Maiad ketika ditanya hukum berpuasa ‘Aasyuuraa’, ia menjawab :
الذي أفتي به هوَ استحباب صوم يوم عاشوراء . و في صيامه ثواب عظيم , فينبغي للمسلم أن يصوم هذا اليوم تقرباً الى الله تعالى و كسباً لثواب صيامه , فيكون صومه له بهذه النية و على هذا الوجه لا على أي وجه آخر .
و أما ما ورد في الجوامع الحديثية للشيعة الإمامية من أخبار تنهى عن صوم يوم عاشوراء فهي بأجمعها ضعيفة لا إعتبار بها و لا تنهض أمام الأخبار المعتبرة الدالة على استحباب صوم يوم عاشوراء سواءً ما ورد منها في طرق الإمامية أو ما ورد من طرق غيرهم
“Yang aku fatwakan adalah disunnahkan berpuasa pada hari ‘Aasyuuraa’. Berpuasa di hari itu terdapat pahala yang besar. Maka, sudah seharusnya bagi kaum muslimin untuk berpuasa pada hari tersebut dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dan mengharapkan pahala atas puasanya. Maka puasanya itu dilakukan dengan niat dan tujuan ini, bukan dengan tujuan yang lain (riyaa’). Adapun yang terdapat dalam jawaami’ hadits Syii’ah Imaamiyyah tentang riwayat yang melarang puasa ‘Aasyuuraa’, maka semuanya itu lemah, tidak diperhitungkan dan tidak pula diletakkan di depan riwayat-riwayat mu’tabarah yang menunjukkan disunnahkannya puasa di hari ‘Aasyuuraa’. Sama saja, apakah ia riwayat yang berasal dari jalan-jalan/sanad Imaamiyyah (Syi’ah) ataupun selainnya”.[4]
[sebagai catatan : sebagian ulama Syi’ah berpendapat bahwa puasa ‘Aasyuuraa’ itu mansuukh dengan puasa Ramadlaan, sebagian lain menghukumi makruh].
Riwayat dan ulasan ulama Syi’ah yang secara ringkas saya tuliskan di atas setidaknya dapat menggambarkan kualitas syubhat dan dusta yang dihembus-hembuskan orang-orang Syi’ah. Juga, bagaimana kualitas kebanyakan orang Syi’ah awam di Indonesia yang buta akan kitab mereka sendiri, namun menjadi lebih ‘sok tahu’ kitab orang lain (Ahlus-Sunnah).…..
Saya cukupkan tulisan ini sampai di sini. Bagi orang-orang Syi’ah, saya ucapkan selamat berpuasa tahun depan. Dan tinggalkanlah kebiasaan buruk meratap dan menyakiti diri di hari ‘Aasyuuraa’. Tinggalkan perilaku barbar itu….. Gantilah dengan ibadah puasa ‘Aasyuuraa’. Dan bagi saudara-saudaraku Ahlus-Sunnah, jangan terpengaruh propaganda Syi’ah tentang ‘Aasyuuraa’, khususnya tentang puasa di hari tersebut.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya, walau diposting setelah lewat hari ‘Aasyuuraa’.
[Abu Al-Jauzaa’ – dalam bahasan puasa ‘Aasyuuraa’, saya banyak mengambil faedah dari kitab ‘Aasyuuraa’ : Baina Hidaayatis-Sunnah al-Ghurraa’ wa Dlalaalatil-Bid’ah Asy-Syan’aa’ oleh Asy-Syaikh ‘Aliy bin Hasan Al-Halabiy, Cet. Thn. 1428 H dengan penambahan seperlunya].


[1]      Silakan baca penjelasan Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 6/338-340 mengenai perbedaan pendapat ini di kalangan ulama.
[2]      Begitulah yang dipahami Ibnu Abi Syaibah atas riwayat tersebut, dimana ia mamasukkannya dalam Mushannaf-nya pada bab : Tentang Hari ‘Aasyuuraa’, Hari Apakah itu ?”.
[3]      Perkataan perawi : ‘‘Abdullah tidak berpuasa kecuali bertepatan dengan hari dimana ia biasa berpuasa’ ; maka ia dibawa pada pengertian bahwa Ibnu ‘Umar tidak berpuasa ‘Aasyuraa kecuali jika ia sedang mukim (dan itulah hari dimana ia biasa berpuasa). Pengertian ini didapatkan dari riwayat :
عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ " لَمْ يَكُنِ ابْنُ عُمَرَ يَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ إِذَا كَانَ مُسَافِرًا، فَإِذَا كَانَ مُقِيمًا صَامَهُ "
Dari Ma’mar, dari Ayyuub, dari Naafi’, ia berkata : “Ibnu ‘Umar tidaklah berpuasa hari ‘Aasyuuraa’ jika ia bepergian. Namun jika ia sedang mukim, ia berpuasa” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 4/290 no. 7847; shahih].

Comments

Anonim mengatakan...

"Juga, bagaimana kualitas kebanyakan orang Syi’ah awam di Indonesia yang buta akan kitab mereka sendiri, namun menjadi lebih ‘sok tahu’ kitab orang lain (Ahlus-Sunnah).….."

Ya, spt si jakfari atau si secondprince yg hobinya hanya mengobok2 kitab2 hadits ahlussunnah untuk mereka plintir2 demi menjelekkan mu'awiyyah -radhiyallahu 'anhu-, tetapi mereka jarang menengok kitab2 mereka sendiri. Jahil memang.

Ulasan yg bagus pak, saya memang berpikir bagus jg ada yg membahas puasa asyuro' dari perspektif para syi'i yg amat hobi berghuluw2 ria ketika hari itu dengan menyiksa diri mereka, tetapi mereka justru melupakan apa yg disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasalam dan ahlul bait beliau. Katanya cinta Rasul dan ahlul bait????????

--Abu Ahmad--

adhe1482 mengatakan...

mohon info, jadinya puasa assyura itu dilakukan atau tidak?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Puasa asyura disunnahkan untuk dilakukan.

Anonim mengatakan...

Pembahasan Abu Jauza tidak netral. Lebih tepat jika judul ini diganti "..dalam Perspektif Penulis".

Ibnu Abi Irfan mengatakan...

padahal sudah dikutipkan perkataan ulama-nya agama syi'ah lho