Hukum 'Azl


‘Azl (اْلعَزْلُ) adalah :
النزع بعد الإيلاج لينزل خارج الفرج
“Mencabut (penis) setelah penetrasi agar (air mani) tertumpah di luar farji/vagina” [Fathul-Bariy, 9/305].
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum ‘azl yang secara garis besar terbagi menjadi dua kutub yang berseberangan. Sebagian ulama berpendapat haram melakukan ‘azl, sedangkan jumhur ulama – yang merupakan madzhab empat imam – membolehkannya [Majmuu Al-Fataawaa, 32/108].

Dalil Madzhab yang Mengharamkannya :
حدثنا عبيد الله بن سعيد ومحمد بن أبي عمر. قالا: حدثنا المقرئ. حدثنا سعيد بن أبي أيوب. حدثني أبو الأسود عن عروة، عن عائشة، عن جدامة بنت وهب، أخت عكاشة. قالت: حضرت رسول الله صلى الله عليه وسلم في أناس، وهو يقول:
"لقد هممت أن أنهى عن الغيلة. فنظرت في الروم وفارس. فإذا هم يغيلون أولادهم، فلا يضر أولادهم ذلك شيئا".
ثم سألوه عن العزل ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم "ذلك الوأد الخفي".
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Sa’iid[1] dan Muhammad bin Abi ‘Umar[2], mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Muqri’[3] : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abi Ayyuub[4] : Telah menceritakan kepadaku Abul-Aswad[5], dari ‘Urwah[6], dari ‘Aaisyah, dari Judaamah binti Wahb, saudara perempuan ‘Ukaasyah, ia berkata : “Aku hadir ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berada di tengah orang-orang, beliau bersabda : “Sungguh, semula aku ingin melarang (kalian) dari perbuatan ghiilah[7]. Lalu aku melihat bangsa Romawi dan Persia dimana mereka melakukan ghiilah terhadap anak-anak mereka. Ternyata hal itu tidak membahayakan anak-anak mereka”. Kemudian para shahabat bertanya kepada beliau tentang ‘azl. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Itu adalah pembunuhan tersembunyi” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1442. Diriwayatkan juga oleh Ahmad 6/361 & 434, Ibnu Maajah no. 2011, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 24/209 no. 535, dan Al-Baihaqiy 7/231. Diriwayatkan juga oleh Maalik 3/344-345 no. 1406, Ahmad 6/361, Ad-Daarimiy no. 2263, Abu Daawud no. 3882, At-Tirmidziy no. 2076-2077, An-Nasaa’iy n. 3326, Ibnu Hibbaan no. 4196, Ath-Thabaraaniy 24/208 & 209 no. 534 & 536, Al-Baihaqiy 7/465, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 9/289-291 no. 3664-3670, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 9/108 no. 2298, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 35/142 dengan tanpa tambahan : “Kemudian para shahabat bertanya kepada beliau tentang ‘azl……dst”.].
Ibnu Hazm rahimahullah saat mengomentari hadits tersebut berkata :
فمن ادعى أنه أبيح بعد أن منع فعليه البيان
“Barangsiapa yang mendakwa bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam membolehkan setelah beliau melarangnya, maka wajib baginya mendatangkan bukti” [Fathul-Baariy, 9/309].
Inilah madzhab yang nampak pada Ibnu ‘Umar dan ayahnya (‘Umar bin Al-Khaththaab), ‘Utsmaan bin ‘Affaan, ‘Aliy bin Abi Thaalib, Ibnu Mas’uud, Abu Umaamah radliyallaahu ‘anhum, dan yang lainnya.
حدثنا عبدة عن يحيى بن سعيد عن سعيد بن المسيب أن رجالا من المهاجرين كانوا يكرهون العزل ، منهم فلان وفلان وعثمان بن عفان .
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdah[8], dari Yahyaa bin Sa’iid[9], dari Sa’iid bin Al-Musayyib[10] : Bahwasannya beberapa orang dari Muhaajirin membenci ‘azl, diantaranya Fulaan, Fulaan, dan ‘Utsmaan bin ‘Affaan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/220; shahih].
عن معمر عن الزهري عن سالم أن بن عمر كان يكره العزل قال معمر ولا أعلم الزهري إلا قد قال وكان عمر يكره ذلك
Dari Ma’mar[11], dari Az-Zuhriy[12], dari Saalim[13] : Bahwasannya Ibnu ‘Umar membenci ‘azl. Ma’mar berkata : “Aku tidak mengetahui Az-Zuhriy kecuali ia berkata : ‘’Umar juga membenci hal itu (‘azl)” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 12577; shahih].
حدثنا كثير بن هشام عن جعفر بن برقان قال نا ميمون بن مهران أن ابن عمر اشترى جارية لبعض بنيه فقال : ما لي لا أراها تحمل ! لعلك تعزل عنها ولو أعلم ذلك لاوجعت ظهرك
Telah menceritakan kepada kami Katsiir bin Hisyaam[14], dari Ja’far bin Burqaan[15], dari Maimuun bin Mihraan[16] : Bahwasannya Ibnu ‘Umar membeli seorang budak wanita dari sebagian anak-anaknya. Lalu ia berkata : “Mengapa aku tidak melihatnya hamil ? Barangkali engkau telah berbuat ‘azl terhadapnya ? Seandainya aku mengetahui hal itu, niscaya aku pukul punggungmu” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/220-221; shahih].
حدثنا أبو بكر بن عياش عن عاصم عن زر عن علي قال : العزل الوأد الخفي
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin ‘Iyyaasy[17], dari ‘Aashim[18], dari Zirr[19], dari ‘Aliy, ia berkata : “’Azl adalah pembunuhan tersembunyi” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/220; hasan].
حدثنا غندر عن شعبة عن يزيد بن خمير عن سليم بن عامر عن أبي أمامة في العزل : ما كنت أرى أن مسلما يفعله
Telah menceritakan kepada kami Ghundar[20], dari Syu’bah[21], dari Yaziid bin Khumair[22], dari Sulaim bin ‘Aamir[23], dari Abu Umaamah tentang ‘azl, ia berkata : “Aku tidak berpendapat/menganggap orang yang melakukannya sebagai seorang muslim” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/221; shahih].
أخبرنا سعيد ، نا معتمر بن سليمان ، قال : سمعت أبي قال : حدثني أبو عمرو الشيباني ، عن ابن مسعود ، أنه قال في العزل : « هي الموءودة الصغرى »
Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid[24] : Telah mengkhabarkan kepada kami Mu’tamir bin Sulaimaan[25], ia berkata : Aku mendengar ayahku[26] berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu ‘Amru Asy-Syaibaaniy[27], dari Ibnu Mas’uud bahwasannya ia berkata tentang ‘azl : “Ia adalah pembunuhan kecil-kecilan” [Diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur no. 2054; shahih].
Dalil Ulama yang Membolehkan
حدثنا مسدد: حدثنا يحيى بن سعيد، عن ابن جريج، عن عطاء، عن جابر قال : كنا نعزل على عهد النبي صلى الله عليه وسلم.
Telah menceritakan kepada kami Musaddad[28] : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid[29], dari Ibnu Juraij[30], dari ‘Athaa’[31], dari Jaabir : “Kami (para shahabat) melakukan ‘azl di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5207. Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 5208-5209, Muslim no. 1440, ‘Abdurrazzaaq no. 12566, Al-Humaidiy no. 1294, Ahmad 3/377 & 380, Ibnu Maajah no. 1927, dan Abu Ya’laa no. 2193 & 2255].
Dalam sebagian lafadh disebutkan :
كنا نعزل على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم فلم ينهنا عنه.
“Kami melakukan ‘azl di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau tidak melarang kami darinya” [Musnad Abi Ya’laa no. 2255 dan Shahih Muslim no. 1440 (137)].
Lafadh hadits ini mauquf, namun dihukumi marfuu’.
حدثنا أحمد بن عبد الله بن يونس. حدثنا زهير. أخبرنا أبو الزبير عن جابر ؛ أن رجلا أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: إن لي جارية هي خادمنا وسانيتنا. وأنا أطوف عليها وأنا أكره أن تحمل. فقال : "اعزل عنها إن شئت. فإنه سيأتيها ما قدر لها" فلبث الرجل. ثم أتاه فقال: إن الجارية قد حبلت. فقال:"قد أخبرتك أنه سيأتيها ما قدر لها".
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdillah bin Yuunus[32] : Telah menceritakan kepada kami Zuhair[33] : Telah mengkhabarkan kepada kami Abuz-Zubair[34], dari Jaabir : Bahwasannya ada seorang laki-laki mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan berkata : “Sesungguhnya aku mempunyai aku mempunyai seorang budak wanita yang membantu kami dan memberi minum (ternak) kami. Aku ingin mencampurinya namun aku tidak ingin ia hamil”. Beliau bersabda : “Lakukanlah ‘azl terhadapnya jika engkau menghendaki. Namun begitu, akan tetap datang padanya apa yang telah ditetapkan (Allah) kepadanya”. Tidak lama kemudian, laki-laki itu mendatangi beliau kembali dan berkata : “Sesungguhnya budak wanitaku hamil”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya telah aku beritahukan kepadamu bahwa tetap akan datang padanya apa yang telah (Allah) tetapkan kepadanya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1439. Diriwayatkan juga oleh Ahmad 3/312, Abu Daawud no. 1273, dan Al-Baihaqiy 7/229].
Inilah yang menjadi madzhab Jaabir, Sa’d bin Abi Waqqaash, Zaid bin Tsaabit, Ibnu ‘Abbaas, Abu Ayyuub Al-Anshaariy, Al-Musayyib, dan yang lainnya radliyallaahu ‘anhum.
حدثنا ابن عيينة عن عمرو عن عكرمة أن زيدا وسعدا كانا يعزلان
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Uyainah[35], dari ‘Amru[36], dari ‘Ikrimah[37] : Bahwasannya Zaid (bin Tsaabit) dan Sa’d (bin Abi Waqqaash) melakukan ‘azl” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/217; shahih].
حدثنا عبدة عن يحيى بن سعيد عن سعيد بن المسيب قال : كانت الانصار لا يرون بأسا بالعزل وكان ممن يقول ذلك زيد وأبو أيوب وأبي .
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdah bin Sulaimaan, dari Yahyaa bin Sa’iid, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, ia berkata : “Orang-orang Anshaar memandang tidak mengapa melakukan ‘azl. Dan termasuk orang yang mengatakan itu adalah Zaid, Abu Ayyub, dan ayahku” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 4/218; shahih].
أخبرنا سعيد ، نا أبو عوانة ، عن سليمان بن أبي المغيرة ، قال : سألت سعيد بن جبير عن العزل، فقال : « كان ابن عمر يكرهه ، وعن ابن عباس : لا يرى به بأسا »
Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Awaanah[38], dari Sulaimaan bin Abil-Mughiirah[39], ia berkata : Sa’iid Jubair[40] pernah ditanya tentang ‘azl, lalu ia menjawab : “Adalah Ibnu ‘Umar membencinya, sedangkan Ibnu ‘Abbaas memandangnya tidak apa-apa (melakukannya)” [Diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur no. 2065; shahih].
Para ulama yang berada di barisan ini pun ada yang merinci pembedaan ijin antara wanita merdeka dan budak.
أخبرنا سعيد ، نا هشيم ، أنا عبيدة ، عن إبراهيم ، أنه كان يقول : « يستأمر الحرة ولا يستأمر الأمة » أخبرنا سعيد ، نا هشيم ، أنا يحيى بن سعيد ، عن سعيد بن المسيب ، أنه قال مثل ذلك
Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid : Telah mengkhabarkan kepada kami Husyaim[41] : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaidah[42], dari Ibraahiim[43], bahwasannya ia berkata : “Wanita merdeka diminta ijinnya (untuk di-‘azl), dan untuk budak wanita tidak dimintakan ijinnya”. Dan telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid : Telah mengkhabarkan kepada kami Husyaim : Telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, bahwasannya ia mengatakan semisal dengan itu [Diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur no. 2069. Atsar Ibraahiim lemah, sedangkan atsar Sa’iid bin Al-Musayyib shahih].
أخبرنا سعيد ، نا أبو عوانة ، عن منصور ، عن إبراهيم ، قال : « يعزل عن الأمة ، ويستأمر الحرة »
Telah mengkhabarkan kepada kami Sa’iid : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Awaanah, dari Manshuur[44], dari Ibraahiim, ia berkata : “Boleh melakukan ‘azl pada budak wanita (tanpa dimintai ijinnya terlebih dahulu), namun harus meminta ijin lebih dahulu bagi wanita merdeka” [Diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur no. 2071; shahih].
Maalik bin Anas rahimahullah berkata :
تستأمر الحرة في العزل ولا تستأمر الأمة 
“Dimintai ijin (untuk melakukan ‘azl) bagi wanita merdeka, dan tidak dimintai ijin bagi budak wanita” [Jaami’ At-Tirmidziy, 2/430].
Tarjih
Dari dua pendapat di atas, yang raajih adalah pendapat ulama yang membolehkannya, karena telah tegas dalam riwayat Muslim no. 1439 di atas bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam membolehkan seseorang yang melakukan ‘azl ketika ia tidak menginginkan budak wanita yang dimilikinya hamil. Jaabir pun telah menegskan bahwa beliau shallallaau ‘alaihi wa sallam tidak melarang perbuatan para shahabat yang melakukan ‘azl terhadap istri/budaknya.
Adapun hadits Judaamah binti Wahb radliyallaahu ‘anhaa, maka perkataan beliau bahwa ‘azl merupakan pembunuhan tersembunyi/terselubung (الوأد الخفي) bukan bermakna pengharaman.
Ibnu Hajar berkata setelah membawakan perkataan Ibnu Hazm yang mengharamkan ‘azl berdasarkan hadits Judaamah :
وتعقب بأن حديثها ليس صريحا في المنع إذ لا يلزم من تسميته وأدا خفيا على طريق التشبيه أن يكون حراما
“Para ulama telah mengkritik, karena haditsnya itu tidak shaarih berisi pelarangan. Penyebutan ‘azl sebagai pembunuhan tersembunyi/terselubung dalam hal penyerupaannya, tidaklah selalu berkorelasi dengan satu keharaman” [Fathul-Baariy, 9/309].
Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata :
وأما تسميته وأدا خفيا فلأن الرجل إنما يعزل عن امرأته هربا من الولد وحرصا على أن لايكون فجرى قصده ونيته وحرصه على ذلك مجرى من أعدم الولد بوأده لكن ذلك ظاهر من العبد فعلا وقصدا وهذا وأد خفي منه وإنما أراده ونواه عزما ونية فكان خفيا
“Adapun penamaan ‘azl dengan pembunuhan tersebunyi/terselubung karena seorang laki-laki yang melakukan ‘azl terhadap istrinya hanyalah berkeinginan agar terhindar dari kelahiran anak. Maka, tujuan, niat, keinginannya itu seperti orang yang tidak menginginkan anak dengan cara menguburnya hidup-hidup. Akan tetapi perbedaannya, orang yang mengubur anak hidup-hidup tadi dilakukan dengan perbuatan dan niat sekaligus; sedangkan pembunuhan tersembunyi/terselubung ini (yaitu ‘azl) hanyalah sekedar berkeinginan dan berniat saja. Dan niat inilah yang tersembunyi/terselubung” [Tahdziibus-Sunan, 3/85 – melalui Aadaabuz-Zifaaf hal. 135].
Ada riwayat lain yang menyatakan pengingkaran beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam atas ucapan orang Yahudi bahwa ‘azl itu adalah pembunuhan kecil-kecilan (الموؤودة الصغرى).
حدثنا يونس، قال : أخبرنا ابن وهب، قال : أخبرني عياش بن عقبة الحضرمي، عن موسى بن وَرْدان، عن أبي سعيد الخدري، قال : بلغ رسول الله صلى الله عليه وسلم أن اليهود يقول إن العزل هو الموؤودة الصغرى. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كذبت يهود، ثم قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لو أفضيت لم يكن إلا بقدر.
Telah menceritakan kepada kami Yuunus[45], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Wahb[46], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Iyaasy bin ‘Uqbah Al-Hadlariy[47], dari Muusaa bin Wardaan[48], dari Abu Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata : “Sampai kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwasannya orang Yahudi berkata : ‘Sesungguhnya ‘azl itu pembunuhan kecil-kecilan’. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang Yahudi telah berdusta. Seandainya engkau menjimainya, tidaklah itu akan menghasilkan anak kecuali dengan takdir Allah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 3/31-32 no. 4348 dan dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 5/172 no. 1918 dengan sanad hasan. Diriwayatkan juga oleh Al-Bazzaar dalam Kasyful-Astaar 2/172 no. 1453. Ia mempunyai beberapa penguat sehingga menjadi shahih (lighairihi)].
Ibnul-Qayyim rahimahullah kembali berkata :
فاليهود ظنت أن العزل بمنزلة الوأد في إعدام ما انعقد بسبب خلقه فكذبهم في ذلك وأخبر أنه لو أراد الله خلقه ماصرفه أحد
“Orang-orang Yahudi menyangka bahwa ‘azl ini sama dengan pembunuhan dalam hal peniadaan sesuatu yang telah diciptakan Allah. Maka, beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mendustakan mereka tentang anggapan tersebut, karena seandainya Allah menghendaki untuk menciptakannya (anak), tidak ada seorang pun yang dapat menolaknya” [Tahdziibus-Sunan, 3/85 – melalui Aadaabuz-Zifaaf hal. 135].
Pembolehan ‘azl ini pada asalnya tidak dibedakan antara wanita merdeka dan budak, karena tidak ada dalil yang membedakannya. Hanya saja, ia makruh tanziih (bukan tahriim) karena bertentangan dengan tujuan adanya pernikahan dan jima’ (untuk mendapatkan anak).
حدثنا أحمد بن إبراهيم، ثنا يزيد بن هارون، أخبرنا مستلم بن سعيد [ابن أخت منصور بن زاذان]، عن منصور يعني ابن زاذان عن معاوية بن قرة، عن معقل بن يسار قال : جاء رجل إلى النبي صلى اللّه عليه وسلم فقال: إني أصبت امرأةً ذات حسب وجمال، وإنها لا تلد أفأتزوجها؟ قال: "لا" ثم أتاه الثانية فنهاه، ثم أتاه الثالثة فقال: "تزوجوا الودود الولود فإِنِّي مكاثرٌ بكم الأمم".
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ibraahiim[49] : Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haaruun[50] : Telah mengkhabarkan kepada kami Mustalim bin Sa’iid[51] – anak saudara perempuan Manshuur bin Zaadzaan - , dari Manshuur[52] – yaitu Ibnu Zaadzaan - , dari Mu’aawiyyah bin Qurrah[53], dari Ma’qil bin Yasaar[54], ia berkata : “Ada seorang laki-laki yang mendatangi Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan berkata : “Sesungguhnya aku jatuh hati pada seorang wanita (istri) yang berketurunan baik lagi cantik, akan tetapi ia mandul. Apakah aku boleh menikahinya ?”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Jangan”. Orang itu mendatangi beliau untuk kedua kalinya, dan beliau pun masih melarangnya. Kemudian, orang itu mendatangi beliau untuk ketiga kalinya, lalu beliau bersabda : “Nikahilah wanita yang penyayang lagi subur (tidak mandul). Karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan kepada umat yang lain karena jumlah kalian” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2050; sanad hadits ini hasan, dan shahih dengan keseluruhan jalannya].
حدثنا أبو اليمان : أخبرنا شعيب : حدثنا أبو الزناد، عن عبد الرحمن الأعرج، عن أبي هريرة : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (قال سليمان: لأطوفنَّ الليلة على تسعين امرأة، كلهن تأتي بفارس يجاهد في سبيل الله، فقال له صاحبه: إن شاء الله، فلم يقل إن شاء الله، فطاف عليهن جميعا فلم تحمل منهن إلا امرأة واحدة، جاءت بشق رجل، وايم الذي نفس محمد بيده، لو قال: إن شاء الله، لجاهدوا في سبيل الله فرساناً أجمعون).
Telah menceritakan kepada kami Abul-Yamaan[55] : Telah mengkhabarkan kepada kami Syu’aib[56] : Telah menceritakan kepada kami Abuz-Zinaad[57], dari ‘Abdurrahmaan Al-A’raj[58], dari Abu Hurairah : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Telah berkata Sulaimaan bin Daawud : ‘Sungguh aku akan berkeliling pada suatu malam terhadap sembilan puluh orang wanita istriku yang kesemuanya akan melahirkan seorang penunggang kuda yang berjihad di jalan Allah’. Shahabatnya berkata kepadanya : ‘Insya Allah’; akan tetapi ia (Sulaimaan) tidak mengatakan insya Allah. Maka, ia berkeliling kepada istri-istrinya sekaligus, namun tidak ada seorang pun dari istrinya yang mengandung kecuali satu orang saja yang kemudian melahirkan anak sepotong (badan) saja. Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, seandainya ia mengatakan Insya Allah, niscaya akan lahir dari semua istrinya para penunggang kuda yang berjihad di jalan Allah” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6639].
Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya…..
[abu al-jauzaa’ al-bogoriy – 18-09-2010 – perumahan ciomas permai, bogor].


[1]        ‘Ubaidullah bin Sa’iid bin Yahyaa bin Bard Al-Yasykuuriy, Abu Qudaamah As-Sarkhasiy; seorang yang tsiqah lagi ma’muun (w. 241 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 639 no. 4325].
[2]        Muhammad bin Yahyaa bin Abi ‘Umar Al-‘Adniy, Abu ‘Abdillah; seorang yang shaduuq (w. 243 H).  Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal.907 no. 6431].
[3]        ‘Abdullah bin Yaziid Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy Al-Madaniy Al-Muqri’ Al-A’war; seorang yang tsiqah (w. 148 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 558 no. 3737].
[4]        Sa’iid bin Abi Ayyuub Miqlaash Al-Khuzaa’iy Al-Mishriy, Abu Yahyaa; seorang yang tsiqah lagi tsabat (100-161 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 374 no. 2287].
[5]        Muhammad bin ‘Abdirrahmaan bin Naufal bin Khuwailid bin Asad Al-Qurasyiy Al-Asadiy, Abul-Aswad Al-Madaniy; seorang yang tsiqah (w. 131/137 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 871 no. 6125].
[6]        ‘Urwah bin Az-Zubair bin Al-‘Awwaam bin Khuwailid Al-Qurasyiy Al-Asadiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang tsiqah (22/23/29–94 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 674 no. 4593].
[7]        Maalik rahimahullah berkata :
والغيلة أن يمس الرجل امرأته وهي ترضع
Ghiilah adalah perbuatan seorang laki-laki mencampuri istrinya yang masih menyusui anaknya” [Al-Muwaththa’, 3/345].
[8]        ‘Abdah bin Sulaimaan Al-Kilaabiy, Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 188/187 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 635 no. 4297].
[9]        Yahyaa bin Sa’iid bin Qais Al-Anshaariy An-Najaariy, Abu Sa’iid Al-Madaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 143/144/146 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1056 no. 7609]. Ibnu Hajar meletakkannya dalam thabaqah pertama mudallisiin [lihat : Thabaqaatul-Mudallisiin no. 32].
[10]       Sa’iid bin Al-Musayyib bin Huzn bin Abi Wahb bin ‘Amru Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yang telah disepakati ketsiqahan dan keimamannya (w. 93/94 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 388 no. 2409].
[11]       Ma’mar bin Raasyid Al-Azdiy, Abu ‘Urwah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 154 dalam usia 58 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 961 no. 6857].
[12]       Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin Syihaab Al-Qurasyiy Az-Zuhriy; seorang yang faqiih, haafidh, lagi mutqiin (50/51/56-123/124/125 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 896 no. 6336].
[13]       Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu ‘Umar Al-Madaniy; seorang yang tsabat, ‘aabid, lagi mempunyai keutamaan (w. 106 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 360 no. 2189].
[14]       Katsiir bin Hisyaam Al-Kilaabiy, Abu Sahl Ar-Raqiy Ad-Dimasyqiy; seoang yang tsiqah (w. 207/208 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 810 no. 5668].
[15]       Ja’far bin Burqaan Al-Kilaabiy, Abu ‘Abdillah Al-Jazriy Ar-Raqiy; seorang yang tsiqah selain dari hadits yang ia riwayatkan dari Az-Zuhriy (w. 150 dalam usia 44 tahun). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Tahriirut-Taqriib, 1/216 no. 932].
[16]       Maimuun bin Mihraan Al-Jazriy, Abu Ayyuub Ar-Raqiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun melakukan irsaal (40-116/117/118 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 990 no. 7098].
[17]       Abu Bakr bin ‘Iyaasy bin Saalim Al-Asadiy Al-Kuufiy Al-Muqri’ Al-Hanaath; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid, namun hapalannya menjadi jelek di akhir usianya, sedangkan kitabnya adalah shahih (95/97/100-192/193/194 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1118 no. 8042].
[18]       ‘Aashim bin Bahdalah, Ibnu Abi Nujuud Al-Asadiy Al-Kuufiy, Abu Bakr Al-Muqri; seorang yang shaduuq, namun mempunyai beberapa keraguan (w. 127/128 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 471 no. 3071].
[19]       Zirr bin Hubaisy bin Habaasyah bin Aus bin Bilaal/Hilaal bin Sa’d bin Nashr Al-Asadiy Al-Kuufiy, Abu Maryam; seorang yang tsiqah lagi jaliil (w. 81/82/83 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 336 no. 2019].
[20]       Muhammad bin Ja’far Al-Hudzaliy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy, terkenal dengan nama Ghundar; seorang yang tsiqah, shahiihul-kitaab (w. 293/294 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 833 no. 5824].
[21]       Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdiy Abul-Busthaam Al-Waasithiy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi mutqin (w. 160 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 436 no. 2805].
[22]       Yaziid bin Khumair bin Yaziid Ar-Ruhabiy Al-Hudzaliy, Abu ‘Umar Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang yang tsiqah. Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Tahriirut-Taqriib, 4/110 no. 7709].
[23]       Sulaim bin ‘Aamir Al-Kalaa’iy Al-Khabaairiy, Abu Yahyaa Al-Himshiy; seorang yang tsiqah (w. 130 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 404 no. 2542].
[24]       Sa’iid bin Manshuur bin Syu’bah Al-Khurasaaniy, Abu ‘Utsmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah (w. 227 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 389 no. 2412].
[25]       Mu’tamir bin Sulaimaan bin Tharhaan At-Taimiy, Abu Muhammad Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (106-187 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 958 no. 6833].
[26]       Sulaimaan bin Tharhaan At-Taimiy, Abu Mu’tamir Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 143 H dalam usia 97 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 409 no. 2590].
[27]       Sa’d bin Iyaas, Abu ‘Amru Asy-Syaibaaniy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (w. 95/96 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 368 no. 2246].
[28]       Musaddad bin Musarhad bin Musarbal bin Mustaurid Al-Asadiy Abul-Hasan Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 228 H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [idem, hal. 935 no. 6642].
[29]       Yahyaa bin Sa’iid bin Farruukh Al-Qaththaan At-Tamiimiy; seorang yang tsiqah, mutqin, haafidh, imaam, lagi qudwah (w. 198 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1055-1056 no. 7607].
[30]       ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abul-Waliid; seorangyang tsiqah, faqiih, lagi mempunyai keutamaan; namun banyak melakukan tadliis dan irsaal (w. 149/150/151 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 624 no. 4221].
[31]       ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi mempunyai banyak keutamaan (w. 114 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 677 no. 4623].
[32]        Ahmad bin ‘Abdillah bin Yuunus bin ‘Abdillah bin Qais At-Tamiimiy Al-Yarbuu’iy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 227 dalam usia 94 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal.93 no. 63].
[33]       Zuhair bin Mu’aawiyyah bin Hudaij Abu Khaitsamah Al-Ju’fiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, kecuali riwayatnya dari Abu Ishaaq adalah dla’iif, karena ia mendengar riwayat darinya setelah ikhtilath-nya di akhir usianya/Abu Ishaaq (100-172/173 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 342 no. 2062].
[34]       Muhammad bin Muslim bin Tadrus Al-Qurasyiy Al-Asadiy Abuz-Zubair Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, namun melakukan tadlis (w. 126 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 895 no. 6331]. Ibnu Hajar memasukkannya dalam tingkatan ketiga dalam Thabaqaat Al-Mudalisiin.
[35]       Sufyaan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah (107-198 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 395 no. 2464].
[36]       ‘Amru bin Diinaar Al-Makkiy, Abu Muhammad Al-Atsram; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 125/126 H dalam usia 80 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 734 no. 5059].
[37]       ‘Ikrimah Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy maulaa Ibni ‘Abbaas; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aalim (w. 107 H dalam usia 80 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 687-688 no. 4707].
[38]       Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaaz; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1036 no. 7457].
[39]       Sulaimaan bin Abil-Mughiirah Al-‘Absiy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 4/221 no. 383].
[40]       Sa’iid bin Jubair bin Hisyaam Al-Asadiy Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faqiih (w. 95 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 374-375 no. 2291].
[41]       Husyaim bin Basyiir bin Al-Qaasim As-Sulamiy Abu Mu’aawiyyah; seorang yang tsiqah lagi tsabt, namun banyak melakukan tadlis dan irsal khafiy (104/105-183 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1023 no. 7362].
[42]       ‘Ubaidah bin Mu’attib Adl-Dlabbiy, Abu ‘Abdil-Kariim Al-Kufiy Adl-Dlariiri; seorang yang lemah [idem, hal. 655 no. 4448].
[43]       Ibraahiim bin Yaziid bin Qais bin Al-Aswad bin ‘Umar An-Nakha’iy, Abu ‘Imraan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun banyak melakukan irsaal (w. 196 H pada usia 49/58 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 118 no. 272].
[44]       Manshuur bin Al-Mu’tamir bin ‘Abdillah bin Rabii’ah As-Sulamiy, Abu ‘Attaab Al-Kufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 132 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 973 no. 6956].
[45]       Yuunus bin ‘Abdil-A’laa bin Maisarah bin Hafsh bin Hayyaan Ash-Shadafiy, Abu Muusaa Al-Mishriy; seorang yang tsiqah (170-264 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1098 no. 7964].
[46]       ‘Abdullah bin Wahb bin Muslim Al-Qurasyiy Al-Fihriy, Abu Muhammad Al-Mishriy Al-Faqiih; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ‘aabid (125-194 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 556 no. 3718].
[47]       ‘Iyaasy bin ‘Uqbah bin Kulaib Al-Hadlramiy, Abu ‘Uqbah Al-Mishriy; seorang yang shaduuq (74/94-160 H) [idem, hal. 764 no. 5305].
[48]       Muusaa bin Wardaan Al-Quraasyiy Al-‘Aamiriy, Abu ‘Umar Al-Mishriy; seorang yang shaduuq, kadang melakukan melakukan kekeliruan (w. 117 H dalam usia 74 tahun) [idem, hal. 986 no. 7072].
[49]       Ahmad bin Ibraahiim bin Katsiir bin Zaid bin Aflah bin Manshuur bin Muzaahim Al-‘Abdiy, Abu ‘Abdillah Ad-Dauraqiy An-Nukriy Al-Baghdaadiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh (168-246 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 85 no. 3].
[50]       Yaziid bin Haaruun bin Zaadzaan bin Tsaabit As-Sulamiy, Abu Khaalid Al-Waasithiy; seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ‘aabid (118-206 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1084 no. 7842].
[51]       Mustalim bin Sa’iid Ats-Tsaqafiy Al-Waasithiy; seorang yang shaduuq [Tahriirut-Taqriib, 3/366 no. 6590].
[52]       Manshuur bin Zaadzaan Al-Waasithiy, Abul-Mughiirah Ats-Tsaqafiy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aabid (w. 128/129/131 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 972 no. 6946].
[53]       Mu’aawiyyah bin Qurrah bin Iyaas bin Hilaal bin Ruaab Al-Muzanniy, Abu Iyaas Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 113 H pada usia 76 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 956 no. 6817].
[54]       Ma’qil bin Yasaar bin ‘Abdillah Al-Muzanniy, Abu ‘Aliy/Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alahi wa sallam (w. setelah 60 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 960 no. 6848].
[55]       Al-Hakam bin Naafi’ Al-Bahraaniy, Abul-Yaman Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 221/222 H pada usia 83 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 264 no. 1472].
[56]       Syu’aib bin Abi Hamzah Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abu Bisyr Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid (w. 162/163 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 437 no. 2813].
[57]       ‘Abdullah bin Dzakwaan Al-Qurasyiy, Abu ‘Abdirrahman Al-Madaniy, terkenal dengan nama Abuz-Zinaad; seorang yang tsiqah lagi faqiih (w. 130 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 504 no. 3322].
[58]       ‘Abdurrahmaan bin Hurmuz Al-A’raj, Abu Daawud Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aalim (w. 117 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 603 no. 4060].

Comments

Anonim mengatakan...

Apakah dengan demikian , bolehnya kita mengikuti program KB , ustadz ??

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Jika ikut KB untuk mengatur jarak kelahiran boleh. Tapi jika untuk menghentikan kelahiran sama sekali, maka tidak boleh. Begitulah yang dikatakan ulama. Wallähu a'lam.

aris munandar mengatakan...

Apa ta'qib antum untuk tulisan berjudul:
"Menyoal Pengharaman Pembatasan Keturunan (Tahdid an-Nasl/KB)"
yang ada di www.adniku.com

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Wah, ngasih PR ni tadz? Apa nggak sebaiknya antum saja yang menulis dan saya tinggal beristifadah saja?