Bacaan Shalat Malam



Orang yang shalat malam atau bertahajjud hendaknya membaca Al-Qur’an sebanyak satu juz atau lebih; atau kurang dari satu juz sesuai dengan kemampuannya untuk merenungi apa yang dibaca. Dirinya boleh memilih antara membaca dengan suara keras atau lirih. Bersuara keras lebih utama jika hal itu membuat ia lebih bersemangat membaca, di dekatnya ada yang mendengarkan bacaannya, atau mengandung manfaat yang lain. Namun jika di dekatnya ada orang yang juga shalat malam/tahajjud atau ada orang yang merasa terganggu dengan suara keras; maka membaca dengan suara lirih lebih utama. Jika tidak ada faktor-faktor yang mengharuskannya membaca dengan suara keras atau dengan suara lirih, maka boleh memilih cara baca yang disukai.[1] 

Keterangan-keterangan di atas berdasarkan hadits dari Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فَأَطَالَ حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ، قَالَ: قِيلَ: وَمَا هَمَمْتَ بِهِ؟ قَالَ: هَمَمْتُ أَنْ أَجْلِسَ وَأَدَعَهُ
“Pada suatu malam aku shalat bersama Rasulullah . Beliau memanjangkan shalat sehingga aku punya pikiran buruk”. Ada yang bertanya : “Apa pikiran burukmu?”. Ibnu Mas’uud berkata : “Aku berpikiran untuk duduk dan membiarkan beliau shalat sendirian.[2]
Dari Hudzaifah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ، فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ، ثُمَّ مَضَى، فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ، فَمَضَى، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ بِهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا، يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا، إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا، تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ
“Pada suatu malam, aku shalat bersama Nabi . Beliau mulai dengan membaca awal surat Al-Baqarah. Aku berpikir beliau akan rukuk pada ayat keseratus, namun beliau terus. Aku berpikir Al-Baqarah akan beliau baca dalam satu raka’at. (Setelah selesai, aku berpikir) beliau akan rukuk. Ternyata beliau melanjutkan membaca surat An-Nisaa’, kemudian disambung dengan surat Aali ‘Imraan. Beliau membaca surat-surat tersebut dengan perlahan. Jika beliau melewati ayat tasbiih (yang mensucikan Allah ), maka beliau bertasbih; jika melewati ayat yang mengandung permohonan, beliau meminta; dan jika melewati ayat ta’awwudz (memohon perlindungan kepada Allah), maka beliau berta’awwudz”.[3]
Dari ‘Auf bin Maalik Al-Asyja’iy radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
قُمْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ لَا يَمُرُّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ فَسَأَلَ، وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ فَتَعَوَّذَ، قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ: سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ، ثُمَّ سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ، ثُمَّ قَالَ فِي سُجُودِهِ مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ بِآلِ عِمْرَانَ، ثُمَّ قَرَأَ سُورَةً سُورَةً
“Pada suatu malam, aku shalat bersama Rasulullah . Dalam shalat tersebut, beliau membaca surat Al-Baqarah. Tidaklah beliau melewati ayat rahmat, kecuali beliau berhenti dan memohonnya. Dan beliau tidak melewati ayat ’adzab, kecuali beliau berhenti dan berta’awwudz (memohon perlindungan kepada Allah). Kemudian beliau rukuk yang lamanya seukuran lama berdirinya. Ketika rukuk beliau mengucapkan : ’subhaana dzil-jabaruuti wal-malakuuti wal-kibriyaai wal-’adhamah (Maha Suci Dzat yang memiliki keperkasaan, kerajaan, kesombongan, dan keagungan)’. Kemudian beliau bersujud yang lamanya seukuran lama berdirinya. Ketika sujud beliau mengucapkan semisal bacaan ketika rukuk. Kemudian beliau bangkit berdiri lalu membaca surat Aali ‘Imraan, kemudian membaca dua surat yang lain[4]”.[5]
Dari Hudzaifah radliyallaahu ‘anhu bahwasannya ia pernah melihat Rasulullah shalat malam sebanyak empat raka’at. Dalam empat raka’at itu, beliau membaca surat Al-Baqarah, Aali ‘Imraan, An-Nisaa’, dan Al-Maaidah atau Al-An’aam.[6]
Dari Abu Waail, ia berkata :
جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ مَسْعُودٍ، فَقَالَ: قَرَأْتُ الْمُفَصَّلَ اللَّيْلَةَ فِي رَكْعَةٍ، فَقَالَ: هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ، لَقَدْ عَرَفْتُ النَّظَائِرَ الَّتِي كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ، فَذَكَرَ عِشْرِينَ سُورَةً مِنْ الْمُفَصَّلِ سورتيِن في كُلِّ رَكْعَةٍ
“Ada seseorang mendatangi Ibnu Mas’uud, lalu ia berkata : “Aku membaca Al-Mufashshal[7] dalam satu raka’at pada shalat malam”. Maka Ibnu Mas’uud berkata: “Cepat sekali, seperti cepatnya pembacaan sya’ir[8]. Sungguh aku mengetahui surat-surat sejenis yang digabungkan Nabi saat membacanya”. Kemudian Ibnu Mas’uud menyebutkan dua puluh surat dari Al-Mufashshal, masing-masing dua surat untuk setiap raka’at”.[9]
Dalam lafadh lain disebutkan :
يَقْرَؤُهُنَّ، اثْنَيْنِ اثْنَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، ..... فَقَالَ: عِشْرُونَ سُورَةً مِنْ أَوَّلِ الْمُفَصَّلِ عَلَى تَأْلِيفِ ابْنِ مَسْعُودٍ، آخِرُهُنَّ الْحَوَامِيمُ: حم الدُّخَانِ، وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ
“Nabi membacanya dua surat-dua surat (dari keseluruhan duapuluh surat) dalam setiap raka’at”. Perawi (‘Alqamah) berkata : ”Dua puluh surat dari awal Al-Mufashshal menurut rangkaian Ibnu Mas’uud, sedangkan yang paling terakhir darinya adalah Al-Hawaamiim, haa’ miim Ad Dukhkhaan dan 'amma yatasaa-aluun”.[10]
Dalam lafadh Muslim disebutkan :
عِشْرُونَ سُورَةً مِنَ الْمُفَصَّلِ فِي تَأْلِيفِ  عَبْدِ  اللَّهِ
“Duapuluh surat dari Al-Mufashshal menurut rangkaian Abdullah (Ibnu Mas’uud)”.
Dalam lafadh Muslim yang lain disebutkan :
هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ، إِنَّ أَقْوَامًا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ، وَلَكِنْ إِذَا وَقَعَ فِي الْقَلْبِ فَرَسَخَ فِيهِ، نَفَعَ إِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ، الرُّكُوعُ، وَالسُّجُودُ، إِنِّي لَأَعْلَمُ النَّظَائِرَ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ، سُورَتَيْنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ
“Cepat sekali, seperti cepatnya pembacaan sya’ir. Sungguh ada beberapa kaum yang membaca Al-Qur’an namun tidak melewati kerongkongan. Sebenarnya, apabila Al-Qur;an dibaca hingga masuk ke dalam hati, niscaya akan menetap/membekas di dalamnya dan bermanfaat baginya. Sesungguhnya seutama-utama shalat adalah (bagian) rukuk dan sujud. Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui surat-surat yang digabungkan dalam bacaannya oleh Rasulullah , yaitu (masing-masing) dua surat untuk setiap raka’at”.[11]
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata:
قَامَ النَّبِيُّ ﷺ بِآيَةٍ مِنَ الْقُرْآنِ لَيْلَةً
“Nabi pernah shalat dalam semalaman hanya dengan membaca satu ayat saja”.[12]
Dari Abu Dzarr radliyallaahu ‘anhu, ia berkata :
قَامَ النَّبِيُّ ﷺ بِآيَةٍ حَتَّى أَصْبَحَ يُرَدِّدُهَا، وَالْآيَةُ إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
“Nabi  pernah shalat dengan mambaca satu ayat yang diulang-ulang hingga pagi. Ayat tersebut adalah : ‘Jika Engkau siksa mereka maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu. Dan jika Engkau ampuni mereka maka sesungguhnya hanya Engkau Yang Mahaperkasa lagi Maha Bijaksana (QS. Al-Maaidah : 118)”.[13]
Hadits-hadits di atas menunjukkan bervariasinya ayat/surat yang dibaca dalam shalat malam/tahajjud sesuai dengan dengan kemantapan hati yang Allah berikan kepada hamba-Nya, dan sesuai kadar kuatnya keimanan.
Adapun dalil-dalil variasi keras dan lirihnya bacaan ketika shalat malam/tahajjud adalah sebagai berikut :
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, bahwasannya ia pernah ditanya tentang bacaan Nabi ketika shalat malam, apakah keras atau lirih. Maka ia menjawab :
كُلَّ ذَلِكَ كَانَ يَفْعَلُ رُبَّمَا أَسَرَّ، وَرُبَّمَا جَهَرَ
Semuanya pernah dilakukan oleh beliau . Kadang beliau membaca keras dan kadang pula lirih”.[14]
Dari Abu Qataadah radliyallaahu ‘anhu :
أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ خَرَجَ لَيْلَةً فَإِذَا هُوَ بِأَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُصَلِّي يَخْفِضُ مِنْ صَوْتِهِ، قَالَ: وَمَرَّ بِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ وَهُوَ يُصَلِّي رَافِعًا صَوْتَهُ، قَالَ: فَلَمَّا اجْتَمَعَا عِنْدَ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: " يَا أَبَا بَكْرٍ مَرَرْتُ بِكَ وَأَنْتَ تُصَلِّي تَخْفِضُ صَوْتَكَ " قَالَ: قَدْ أَسْمَعْتُ مَنْ نَاجَيْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: وَقَالَ لِعُمَرَ: " مَرَرْتُ بِكَ وَأَنْتَ تُصَلِّي رَافِعًا صَوْتَكَ " قَالَ: فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أُوقِظُ الْوَسْنَانَ، وَأَطْرُدُ الشَّيْطَانَ. زَادَ الْحَسَنُ فِي حَدِيثِهِ: فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: " يَا أَبَا بَكْرٍ ارْفَعْ مِنْ صَوْتِكَ شَيْئًا "، وَقَالَ لِعُمَرَ: " اخْفِضْ مِنْ صَوْتِكَ شَيْئًا
Bahwasannya Nabi pernah keluar pada suatu malam dan mendapatkan Abu Bakr radliyallaahu ’anhu yang ketika itu sedang melakukan shalat malam dengan melirihkan suaranya. Kemudian beliau melewati ‘Umar bin Khaththaab yang ketika itu juga shalat malam dengan mengeraskan suaranya. Pada saat keduanya (Abu Bakr dan ‘Umar) berkumpul di hadapan Nabi , beliau bersabda : “Wahai Abu Bakr, aku pernah melewatimu ketika engkau sedang shalat dengan suara yang lirih”. Abu Bakr berkata : “Aku sedang memperdengarkan bacaanku kepada Dzat yang aku bermunajat kepada-Nya wahai Rasulullah!”. Beliau berkata kepada ‘Umar : “Aku pernah melewatimu ketika engkau sedang shalat dengan suara keras”. ‘Umar berkata : “Wahai Rasulullah, aku bangunkan orang yang masih mengantuk dan kuusir setan”. Nabi berkata kepada Abu Bakr : ”Wahai Abu Bakr, keraskan sedikit suaramu”.  Beliau berkata kepada ‘Umar : “Pelankan sedikit suaramu”.[15]
Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa:
أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ سَمِعَ رَجُلًا يَقْرَأُ مِنَ اللَّيْلِ، فَقَالَ: يَرْحَمُهُ اللَّهُ، لَقَدْ أَذْكَرَنِي كَذَا وَكَذَا آيَةً، كُنْتُ أَسْقَطْتُهَا مِنْ سُورَةِ كَذَا وَكَذَا
Bahwasannya Nabi pernah mendengar seseorang membaca Al-Qur’an pada waktu malam hari. Lalu beliau bersabda : “Semoga Allah merahmatinya. Sungguh, ia telah mengingatkanku tentang ayat ini dan itu yang telah aku lupa dari surat ini dan itu”.
Dalam lafadh lain disebutkan :
كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَسْتَمِعُ قِرَاءَةَ رَجُلٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَالَ: رَحِمَهُ اللَّهُ لَقَدْ أَذْكَرَنِي آيَةً كُنْتُ أُنْسِيتُهَا
Nabi pernah mendengarkan bacaan seseorang di masjid, lalu beliau bersabda : “Semoga Allah merahmatinya. Sungguh, ia mengingatkanku sebuah ayat yang aku lupa”.[16]
Al-Qur’an apabila rutin dibaca ketika shalat – baik di waktu siang maupun malam – akan dihapal/diingat, berdasarkan hadits ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa :  Bahwasannya Rasulullah pernah bersabda :
إِنَّمَا مَثَلُ صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْإِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ، إِنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا، وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ
“Sesungguhnya permisalan seorang penghapal Al-Qur’an adalah seperti pemilik unta yang diikat. Jika ia perhatikan ikatannya, maka untanya tidak akan pergi. Namun jika ia melepaskan ikatannya, maka unta itu pun pergi”.[17]
Dalam riwayat Muslim disebutkan:
وَإِذَا قَامَ صَاحِبُ الْقُرْآنِ فَقَرَأَهُ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ذَكَرَهُ، وَإِذَا لَمْ يَقُمْ بِهِ نَسِيَهُ
“Jika penghapal Al-Qur’an shalat, lalu ia membacanya (Al-Qur’an) di waktu malam dan siang, niscaya ia akan selalu mengingatnya. Namun jika ia tidak membacanya rutin dalam shalat, maka ia akan lupa”.[18]
[selesai]
Source : Qiyaamul-Lail, Fadhluhu wa Aadaabuhu wal-Asbaabul-Mu’ayyanah ‘alaihi fii Dlauil-Kitaab was-Sunnah oleh Dr. Sa’iid bin ‘Aliy bin Wahf Al-Qahthaaniy, ha. 27-33 (islamhouse production).


[1]    Lihat Al-Mughniy karya Ibnu Qudamah (2/562).
[2]    Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1135 dan Muslim no. 773, dan ini adalah lafadh Muslim.
[3]    Diriwayatkan oleh Muslim no. 772.
[4]    Ibnu Raslaan berkata : “Kemungkinan yang dimaksudkan adalah beliau membaca surat An-Nisaa’, lalu Al-Maaidah” [‘Aunul-Ma’buud, 3/88]. – Abul-Jauzaa’
[5]    Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 873 dan An-Nasaa’iy no. 1049 & 1132; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiah Sunan Abi Daawud, 1/166.
[6]    Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 874 dan dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud, 1/166.
     Lafadh dalam Sunan Abu Daawud yang diisyaratkan oleh Dr. Sa’iid Al-Qahthaaniy hafidhahullah adalah :
فصلى أربع ركعات فقرأ فيهن البقرة وآل عمران والنساء والمائدة أو الأنعام شك شعبة
Maka beliau  shalat empat raka’at yang di dalamnya beliau membaca surat Al-Baqarah, Aali ‘Imran, An-Nisaa’, dan Al-Maaidah atau Al-An-aam. Syu’bah (perawi hadits) ragu-ragu (dalam penyebutannya. – Abul-Jauzaa’
[7]    Surat-surat yang dimulai dari surat Qaaf sampai An-Naas.
[8]    Maksud dari perkataan ‘ka-hadzdzisy-syi’r’ adalah cepat dan tergesa-gesa dalam membaca (seperti membaca sya’ir). Makna al-hadzdz adalah ketergesaan [Muqaddimah Fathil-Baariy, 1/201] – Abul-Jauzaa’
[9]    Diriwayatkan oleh Al-Bukhaari no. 775 dan Muslim no. 822.
[10]   Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 4996.
[11]   Diriwayatkan oleh Muslim no. 822.
[12]   Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 448 dan dishahihkan sanadnya oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 1/140.
[13]   Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1350; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Ibni Maajah 1/225 dan dishahihkan oleh Al-Arnauth dalam komentarnya terhadap Jami’ul-Ushuul 1/105.
[14]   Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1437, At-Tirmidziy no. 2924, An-Nasaa’iy no. 1662, Ibnu Maajah no. 1354, dan Ahmad 6/149; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy, 1/365.
[15]   Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1329 dan At-Tirmidziy no. 447; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abu Daawud, 1/247.
[16]   Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2655 & 5037-5038 & 5042 & 6335 dan Muslim no. 788; dan ini adalah lafadh Muslim.
[17]   Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5031 dan Muslim no. 789.
[18]   Diriwayatkan oleh Muslim no. 789.

Comments

Ash-Shaff mengatakan...

Bismillah
terimakasih penjelasannya ust. barakallahu fiik
lantas bagaimana kalau membaca Alqu'an dalam shalat malam dengan melihat mushaf Al-Qur'an?