Tanya : Berapakah jumlah khuthbah ‘Ied yang sesuai dengan sunnah
?
Jawab : Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Sebagian
ulama mengatakan khutbah (shalat) ‘Ied adalah dua kali diselingi dengan duduk
seperti khuthbah (shalat) Jum’at, dan sebagian yang lain mengatakan sekali.
Dalil paling kuat yang dibawakan oleh pendapat pertama
adalah hadits :
نَا مُحَمَّدُ بْنُ
عَبْدِ الأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ، نَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، ثنا عُبَيْدُ
اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ الْخُطْبَتَيْنِ وَهُوَ قَائِمٌ، وَكَانَ يَفْصِلُ
بَيْنَهُمَا بِجُلُوسٍ "
Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdil-A’laa
Ash-Shan’aaniy : Telah mengkhabarkan kepada kami Bisyr bin Al-Mufadldlal :
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Naafi’, dari ‘Abdullah (bin
‘Umar) : Bahwasannya Rasulullah ﷺ dulu berkhutbah dengan dua kali khuthbah
dalam keadaan berdiri. Beliau memisahkan antara keduanya dengan duduk
[Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah 2/349 no. 1446; shahih].
Ibnu Khuzaimah rahimahullah meletakkan hadits
tersebut dalam bab : Jumlah khuthbah dalam shalat ‘Iedain, dan pemisahan antara
dua khuthbah dengan duduk. Ini adalah wahm dari Ibnu Khuzaimah rahimahullah,
karena dalam riwayat yang lain, hadits tersebut merupakan hadits tentang shalat
Jum’at.
وحَدَّثَنَا عُبَيْدُ
اللَّهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ، وَأَبُو كَامِلٍ الْجَحْدَرِيُّ، جميعا
عَنْ خَالِدٍ، قَالَ أَبُو كَامِلٍ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ،
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: "
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ قَائِمًا، ثُمَّ يَجْلِسُ، ثُمَّ يَقُومُ، قَالَ: كَمَا يَفْعَلُونَ
الْيَوْمَ "
Dan telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Umar
Al-Qawaariiriy dan Abu Kaamil Al-Jahdariy, keduanya dari Khaalid – Abu Kaamil
berkata : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Al-Haarits - : Telah
menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata
: “Dulu Rasulullah ﷺ berkhutbah
pada hari Jum’at dengan berdiri, kemudian duduk, kemudian berdiri”. Ibnu ‘Umar
berkata : “Sebagaimana yang dilakukan pada hari ini” [Diriwayatkan oleh Muslim
no. 861].
Khaalid dalam tashriih penyebutan ‘(hari) Jum’at’
mempunyai mutaba’ah dari Ma’mar bin Raasyid dan ‘Abdurrahmaan bin
‘Utsmaan Al-Bakraawiy.
Selain itu, beberapa imam yang lain meletakkan hadits
Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tersebut di atas dalam Kitaabul-Jum’ah,
seperti Al-Bukhaariy (no. 920), Muslim, At-Tirmidziy (no. 506), An-Nasaa’iy
(no. 1416), dan yang lainnya.
Juga
hadits :
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
حَكِيمٍ، حَدَّثَنَا أَبُو بَحْرٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيل بْنُ مُسْلِمٍ الْخَوْلَانِيُّ،
حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَوْمَ
فِطْرٍ أَوْ أَضْحَى، فَخَطَبَ قَائِمًا، ثُمَّ قَعَدَ قَعْدَةً، ثُمَّ قَامَ
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Hakiim : Telah
menceritakan kepada kami Abu Bahr : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil
bin Muslim Al-Khaulaaniy : Telah menceritakan kepada kami Abuz-Zubair, dari
Jaabir, ia berkata : “Rasulullah ﷺ keluar pada hari raya
‘Iedul-Fithri atau ‘Iedul-Adlha (untuk menunaikan shalat), lalu beliau ﷺ
berkhutbah
dengan berdiri, kemudian duduk sejenak, dan kemudian berdiri kembali” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1289].
Sayangnya,
riwayat ini sangat lemah dikarenakan Ismaa’iil bin Muslim dan Abu Bahr.
Dilemahkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy dalam Dla’iif Sunan Ibni Maajah 1/95].
Ada beberapa atsar dari sebagian salaf yang menunjukkan
khuthbah ‘Ied terdiri dari dua khuthbah, di antaranya :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقَارِي، عَنْ عُبَيْدِ
اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ، قَالَ: " مِنَ السُّنَّةِ أَنْ
يُكَبِّرَ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى الْعِيدَيْنِ: تِسْعًا قَبْلَ
الْخُطْبَةِ، وَسَبْعًا بَعْدَهَا "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Sufyaan, dari
Muhammad bin ‘Abdirrahmaan Al-Qaariy, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin
‘Utbah, ia berkata : “Termasuk sunnah adalah imam bertakbir sebanyak sembilan
kami di atas mimbar pada waktu ‘Iedain sebelum khuthbah, dan tujuh kali
setelahnya (yaitu pada khuthbah kedua)” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah
2/190 no. 5916; hasan].
وَقَالَ سَعِيدٌ :
حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ عُبَيْدِ
اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ ، قَالَ : يُكَبِّرُ الْإِمَامُ عَلَى
الْمِنْبَرِ يَوْمَ الْعِيدِ قَبْلَ أَنْ يَخْطُبَ تِسْعَ تَكْبِيرَاتٍ ، ثُمَّ
يَخْطُبُ ، وَفِي الثَّانِيَةِ سَبْعَ تَكْبِيرَاتٍ
Dan telah berkata Sa’iid (bin Manshuur) : Telah
menceritakan kepada kami Ya’quub bin ‘Abdirrahmaan, dari ayahnya, dari ‘Ubaidullah
bin ‘Abdillah bin ‘Utbah, ia berkata : “Imam bertakbir di atas mimbar pada hari
‘Ied sebelum berkhuthbah sebanyak sembilan kali, kemudian berkhuthbah. Dan
dalam khuthbah yang kedua sebanyak tujuh kali takbir” [Dibawakan oleh Ibnu
Qudaamah dalam Al-Mughniy, 2/239; sanadnya shahih].
‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Utbah adalah salah seorang
7 fuqahaa terkemuka di Madiinah (al-fuqahaa’ as-sab’ah), generasi tabi’iin
pertengahan, dan wafat tahun 90-an H.
عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ
إِسْمَاعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ، قَالَ سَمِعْتُ أَنَّهُ يُكَبَّرُ فِي الْعِيدِ
تِسْعًا وَسَبْعًا "
Dari Ma’mar, dari Ismaa’iil bin Umayyah, ia (Ma’mar)
berkata : Aku pernah mendengarnya (Ismaa’iil) bertakbir (ketika khuthbah) pada
hari ‘Ied sembilan kali dan tujuh kali [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5671;
shahih].
Ismaa’iil bin Umayyah termasuk ulama dari kalangan shighaarut-taabi’iin
yang tsiqah lagi tsabat, dan wafat tahun 144 H.
Inilah madzhab jumhur ulama 4 madzhab dan yang lainnya.
Bahkan, sebagian kalangan mengatakan adanya ijmaa’ dua khuthbah dengan
diselingi duduk antara keduanya dalam shalat
‘Iedain (misal : Ibnu Hazm dalam Al-Muhallaa, 3/293).
Adapun dalil yang dibawakan oleh sebagian ulama lain yang
menyatakan hanya sekali khuthbah (tanpa diselingi duduk) adalah :
وحَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ، قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
الصَّلَاةَ يَوْمَ الْعِيدِ، فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ بِغَيْرِ
أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ، ثُمَّ قَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى بِلَالٍ فَأَمَرَ
بِتَقْوَى اللَّهِ وَحَثَّ عَلَى طَاعَتِهِ وَوَعَظَ النَّاسَ وَذَكَّرَهُمْ،
ثُمَّ مَضَى حَتَّى أَتَى النِّسَاءَ فَوَعَظَهُنَّ وَذَكَّرَهُنَّ، فَقَالَ:
" تَصَدَّقْنَ فَإِنَّ أَكْثَرَكُنَّ حَطَبُ جَهَنَّمَ "، فَقَامَتِ
امْرَأَةٌ مِنْ سِطَةِ النِّسَاءِ سَفْعَاءُ الْخَدَّيْنِ، فَقَالَتْ: لِمَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ؟، قَالَ: " لِأَنَّكُنَّ تُكْثِرْنَ الشَّكَاةَ وَتَكْفُرْنَ
الْعَشِيرَ "، قَالَ: َجَعَلْنَ يَتَصَدَّقْنَ مِنْ حُلِيِّهِنَّ، يُلْقِينَ
فِي ثَوْبِ بِلَالٍ مِنْ أَقْرِطَتِهِنَّ وَخَوَاتِمِهِنَّ
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah
bin Numair : Telah menceritakan kepada kami ayahku : Telah menceritakan kepada
kami ‘Abdul-Malik bin Abi Sulaimaan, dari ‘Athaa’, dari Jaabir bin ‘Abdillah,
ia berkata : Aku hadir bersama Rasulullah ﷺ pada hari ‘Ied. Beliau memulai shalat
sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berdiri dengan
berpegangan kepada Bilaal. Lalu beliau memerintahkan untuk bertaqwa kepada
Allah, menganjurkan ketaatan kepada-Nya, lalu beliau memberi nasihat dan
mengingatkan mereka. Kemudian beliau berjalan hingga mendatangi wanita,
menyampaikan nasihat kepada mereka dan mengingatkan mereka, lalu bersabda : “Wahai
sekalian wanita, hendaklah kalian mengeluarkan shadaqah, karena kalian adalah
kayu bakar Jahannam yang paling banyak”. Seorang wanita dari kerumunan para
wanita yang kedua pipinya kehitaman, berdiri dan berkata : “Mengapa wahai
Rasulullah?”. Beliau menjawab : “Karena kalian banyak mengeluh dan
mengingkari suami”. Jaabir berkata : “Maka mereka dengan segera bershadaqah
dengan perhiasan mereka, dengan melemparkan ke kain Bilal, berupa anting-anting
dan cincin mereka” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 885].
Dhahir hadits di atas menunjukkan beliau ﷺ hanya berkhutbah sekali tanpa diselingi
duduk, dan kemudian pergi ke tempat para wanita (karena mereka tidak mendengar
apa yang disampaikan Nabi ﷺ sebelumnya).
Selain
itu juga terdapat riwayat:
عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ،
قَالَ: قُلْتُ لِعَطَاءٍ: مَتَى كَانَ مَنْ مَضَى يَخْرُجُ أَحَدُهُمْ مِنْ
بَيْتِهِ يَوْمَ الْفِطْرِ لِلصَّلاةِ؟ فَقَالَ: كَانُوا يَخْرُجُونَ حَتَّى
يَمْتَدَّ الضُّحَى فَيُصَلُّونَ، ثُمَّ يَخْطُبُونَ قَلِيلا سُوَيْعَةً،
يُقَلِّلُ خُطْبَتَهُمْ؟ قَالَ: لا يَحْبِسُونَ النَّاسَ شَيْئًا، قَالَ: ثُمَّ
يَنْزِلُونَ فَيَخْرُجُ النَّاسُ قَالَ: مَا جَلَسَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَلَى مِنْبَرٍ حَتَّى مَاتَ، مَا كَانَ يَخْطُبُ إِلا قَائِمًا،
فَكَيْفَ يُخْشَى أَنْ يَحْبِسُوا النَّاسَ؟ وَإِنَّمَا كَانُوا يَخْطُبُونَ
قِيَامًا لا يَجْلِسُونَ، إِنَّمَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَأَبُو بَكْرٍ، وَعُمَرُ، وَعُثْمَانُ، يَرْتَقِي أَحَدُهُمْ عَلَى الْمِنْبَرِ،
فَيَقُومُ كَمَا هُوَ قَائِمًا لا يَجْلِسُ عَلَى الْمِنْبَرِ، حَتَّى يَرْتَقِيَ
عَلَيْهِ، وَلا يَجْلِسُ عَلَيْهِ بَعْدَمَا يَنْزِلُ وَإِنَّمَا خُطْبَتُهُ
جَمِيعًا وَهُوَ قَائِمٌ، إِنَّمَا كَانُوا يَتَشَهَّدُونَ مَرَّةً وَاحِدَةً
الأُولَى، قَالَ: لَمْ يَكُنْ مِنْبَرٌ، إِلا مِنْبَرُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ حَتَّى جَاءَ مُعَاوِيَةُ حِينَ حَجَّ بِالْمِنْبَرِ، فَتَرَكَهُ،
قَالَ: فَلا يَزَالُونَ يَخْطُبُونَ عَلَى الْمَنَابِرِ بَعْدُ
Dari Ibnu Juraij, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
‘Athaa’ : “Kapan orang-orang dulu keluar dari rumahnya pada hari ‘Iedul-Fithri
untuk shalat ?”. ‘Athaa’ berkata : “Mereka biasanya keluar hingga nampak waktu
Dluhaa, dan kemudian mereka shalat. Setelah itu mereka berkhuthbah singkat”. Ia melanjutkan : “Mereka
tidak menahan orang-orang sedikitpun (seandainya ingin pergi). Kemudian mereka
turun (dari mimbar), hingga orang-orang pun keluar. Nabi ﷺ tidak pernah duduk di atas mimbar (ketika
berkhuthbah) hingga beliau meninggal. Beliau berkhuthbah dengan berdiri.
Lantas, bagaimana bisa dikhawatirkan menahan manusia ?. Orang-orang dulu berkhuthbah
hanyalah dengan berdiri, tidak duduk. Nabi ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsmaan naik ke
atas mimbar, lalu berdiri. Mereka tidak duduk di
atas mimbar hingga menyelesaikannya. Mereka tidak duduk di atas mimbar setelah
turun memulai khuthbahnya. Khuthbah mereka semuanya dilakukan dalam keadaan
berdiri. Mereka mengucapkan syahadat sekali saja pada awalnya”. ‘Athaa’
meneruskan : “Dulu tidak ada mimbar kecuali mimbar Nabi ﷺ saja hingga datang Mu’aawiyyah ketika melaksanakan
haji dengan membawa mimbar, lalu ia meninggalkan mimbar Nabi ﷺ tersebut. Maka setelah itu mereka senantiasa
berkhuthbah di atas mimbar-mimbar” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/285-286
no. 5650].
Diriwayatkan
juga oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5265 dan Al-Faakihiy dalam Akhbaar Makkah
no. 1728.
Dalam
riwayat Al-Faakihiy terdapat tambahan lafadh:
وَقَالَ بَعْضُ
الْمَكِّيِّينَ: أَوَّلُ مَنْ خَطَبَ عَلَى مِنْبَرٍ بِمَكَّةَ: مُعَاوِيَةُ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، جَاءَ بِمِنْبَرٍ مِنَ الشَّامِ صَغِيرٍ عَلَى ثَلاثِ
دَرَجَاتٍ
“Sebagian orang-orang Makkah berkata : “Orang yang
pertama kali berkhuthbah di atas mimbar di Makkah adalah Mu’aawiyyah radliyallaahu
‘anhu. Ia datang dengan membawa mimbar kecil dari Syaam yang
memiliki tiga tangga”.
Atsar
ini shahih hingga ‘Athaa’, namun mursal dalam hal penyandarannya terhadap Nabi ﷺ dan para Khulafaa’ Raasyidiin. Atsar ini
memberi faedah:
1.
Menurut pendapat
‘Athaa’; dulu Nabi ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsmaan radliyallaahu
‘anhum melakukan khuthbah ‘Ied dengan berdiri sepanjang khuthbahnya tanpa
duduk.
2.
Menurut pendapat
‘Athaa’; Nabi ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsmaan radliyallaahu
‘anhum hanya mengucapkan tasyahhud dalam khuthbah sekali saja. Ini
menunjukkan khuthbah yang mereka lakukan hanya sekali karena Nabi ﷺ pernah bersabda:
كُلُّ خُطْبَةٍ لَيْسَ فِيهَا تَشَهُّدٌ فَهِيَ كَالْيَدِ
الْجَذْمَاءِ
“Setiap khuthbah yang tidak ada padanya tasyahhud (syahadat),
maka ia seperti tangan yang terpotong” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1106,
Abu Daawud no. 4841, Ahmad 2/302, dan yang lainnya; dishahihkan oleh
Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 1/562].
Pandangan ‘Athaa’ ini membatalkan
klaim ijmaa’ Ibnu Hazm rahimahullah. Apalagi ‘Athaa’ menisbatkan
pandangannya tersebut kepada para pembesar shahabat seperti Abu Bakr, ‘Umar,
dan ‘Utsmaan radliyallaahu ‘anhum.
Namun demikian,
perkataan ‘Athaa’ bahwa Nabi ﷺ dan para khalifah setelahnya berkhuthbah
‘Ied dengan menggunakan mimbar adalah keliru. Terlebih penyandaran ini
kualitasnya mursal, sehingga ia menyampaikan sebatas yang ia ketahui
saja. Riwayat shahih menyatakan mimbar tidak pernah dipakai oleh Nabi ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy radliyallaahu
‘anhum ketika khuthbah ‘Ied di mushalla (tanah lapang). Mimbar dalam
khuthbah ‘Ied baru ada di jaman Marwaan ketika menjabat sebagai amir Madiinah.
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
الْخُدْرِيِّ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ
وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى، فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ،
ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى
صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ، فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ
يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ،
قَالَ أَبُو سَعِيدٍ:
فَلَمْ يَزَلِ النَّاسُ عَلَى ذَلِكَ حَتَّى خَرَجْتُ مَعَ مَرْوَانَ وَهُوَ
أَمِيرُ الْمَدِينَةِ فِي أَضْحًى أَوْ فِطْرٍ، فَلَمَّا أَتَيْنَا الْمُصَلَّى
إِذَا مِنْبَرٌ بَنَاهُ كَثِيرُ بْنُ الصَّلْتِ، فَإِذَا مَرْوَانُ يُرِيدُ أَنْ
يَرْتَقِيَهُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَجَبَذْتُ بِثَوْبِهِ فَجَبَذَنِي،
فَارْتَفَعَ فَخَطَبَ قَبْلَ الصَّلَاةِ، فَقُلْتُ لَهُ: غَيَّرْتُمْ وَاللَّهِ،
فَقَالَ أَبَا سَعِيدٍ قَدْ ذَهَبَ مَا تَعْلَمُ، فَقُلْتُ: مَا أَعْلَمُ
وَاللَّهِ خَيْرٌ مِمَّا لَا أَعْلَمُ، فَقَالَ: إِنَّ النَّاسَ لَمْ يَكُونُوا
يَجْلِسُونَ لَنَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَجَعَلْتُهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ
Dari Abu Sa’iid
Al-Khudriy, ia berkata : “Rasulullah ﷺ keluar pada hari raya ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlhaa menuju mushalla
(tanah lapang). Maka hal pertama yang dimulai beliau ﷺ adalah shalat. Setelah itu, beliau ﷺ berpaling lalu berdiri menghadap orang-orang, sedangkan
orang-orang dalam keadaan duduk dalam shaff-shaff mereka. Beliau ﷺ memberikan nasihat, pesan, dan perintah kepada mereka. Apabila
beliau hendak ﷺ mengirim
pasukan, maka beliau ﷺ memotong
khuthbahnya (sebentar); atau apabila beliau ﷺ hendak memerintahkan sesuatu, maka beliau memerintahkannya;
kemudian beliau ﷺ berpaling
(melanjutkan khuthbahnya).
Abu Sa’iid berkata : “Orang-orang
senantiasa dalam keadaan seperti itu hingga (suatu saat) aku keluar bersama
Marwaan yang menjabat sebagai amir kota Madiinah pada ‘Iedul-Adlaa atau
‘Iedul-Fithri. Ketika kami mendatangi mushallaa, ternyata ada
mimbar yang dibuat oleh Katsiir bin Shalt. Saat Marwaan hendak menaikinya
sebelum shalat, aku menarik bajunya dan ia pun kemudian menarikku. Ia tetap
naik ke atas mimbar dan berkhuthbah sebelum shalat. Aku katakan kepadanya :
‘Engkau telah mengubah (sunnah Nabi ﷺ), demi Allah’. Ia (Marwaan) berkata :
‘Wahai Abu Sa’iid, sungguh apa yang engkau ketahui telah berlalu’. Aku berkata : “Apa
yang aku ketahui – demi Allah – lebih baik daripada yang tidak aku ketahui’. Ia
berkata : ‘Sesungguhnya orang-orang tidak duduk untuk kami setelah shalat,
sehingga aku menjadikannya sebelum shalat” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 956].
Dalam riwayat lain, Abu Sa’iid berkata:
أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ
فِي يَوْمِ عِيدٍ، وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ، وَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ،
وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا
“Marwaan mengeluarkan mimbar pada hari ‘Ied,
dan hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Ia memulainya dengan khuthbah
sebelum shalat, dan hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya” [Diriwayatkan
oleh Ahmad 3/10, Abu Daawud no. 1140, Ibnu Maajah no. 1275, dan yang lainnya;
shahih].
Marwaan bin Al-Hakam menjabat amir/gubernur Madiinah
di jaman Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan, sehingga dipahami bahwa mimbar dalam
khuthbah ‘Iedain dimulai pada era kekhilafahan Mu’aawiyyah bin Abi Sufyaan radliyallaahu
‘anhumaa. Marwaan adalah orang yang pertama kali mendahulukan khuthbah
sebelum shalat di Madiinah[1].
‘Athaa’ mengatakan Nabi ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsmaan radliyallaahu
‘anhum berkhuthbah di atas mimbar kemungkinan karena masyhurnya perkara
tersebut di jamannya, sehingga ia menyangka itu dilakukan semenjak jaman Nabi ﷺ dan para shahabat radliyallaahu ‘anhum[2].
Jika
mimbar tidak pernah dibawa ke mushalla (tanah lapang), bagaimana dapat
dikatakan khuthbah ‘Ied dilakukan dua kali dipisah dengan duduk, yang kemudian diqiyaskan
dengan khuthbah Jum’at?. Duduk hanya dilakukan jika ada mimbar.
Telah
shahih riwayat dari Nabi ﷺ dan para shahabat radliyallaahu ‘anhum
mereka berkhuthbah ‘Iedain di atas hewan tunggangannya.
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ:
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ خَطَبَ يَوْمَ عِيدٍ عَلَى رَاحِلَتِهِ
Dari Abu Sa’iid, ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah ﷺ pernah berkhuthbah ‘Ied di atas hewan tunggangannya”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/188 no. 5901, Abu Ya’laa no. 1182, Ibnu
Khuzaimah no. 1445, Ibnu Hibbaan no. 2825, dan yang lainnya; shahih].
عَنْ مَيْسَرَةَ
أَبِي جَمِيلَةَ، قَالَ: " شَهِدْتُ مَعَ عَلِيٍّ الْعِيدَ فَلَمَّا صَلَّى
خَطَبَ عَلَى رَاحِلَتِهِ "، قَالَ: وَكَانَ عُثْمَانُ يَفْعَلُهُ
Dari
Maisarah Abu Jamiilah, ia berkata : “Aku pernah menghadiri ‘Ied bersama ‘Aliy
(bin Abi Thaalib). Ketika selesai shalat, ia berkhuthbah di atas hewan
kendaraannya. Ia berkata : ‘Dulu ‘Utsmaan juga melakukannya” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah 2/188 no. 5902; hasan].
Maisarah
mempunyai syawaahid dari Al-Mughiirah bin Syu’bah, Ibnu Abi Lailaa,
Sisi
pendalilannya : Orang berkhuthbah di atas hewan kendaraannya tidak seperti
orang yang berkhuthbah Jum’at yang ia berdiri, lalu duduk, lalu berdiri lagi.
Tidak
ternukil satupun riwayat shahih dari Nabi ﷺ dan para pembesar shahabat radliyallaahu
‘anhum berkhuthbah ‘Ied dua kali dengan diselingi duduk antara keduanya.
An-Nawawiy rahimahullah berkata:
وَمَا رُوِيَ عَنْ
اِبْن مَسْعُود أَنَّهُ قَالَ : السُّنَّة أَنْ يَخْطُب فِي الْعِيد خُطْبَتَيْنِ
يَفْصِل بَيْنهمَا بِجُلُوسٍ ضَعِيف غَيْر مُتَّصِل ، وَلَمْ يَثْبُت فِي تَكْرِير
الْخُطْبَة شَيْء ، وَالْمُعْتَمَد فِيهِ الْقِيَاس عَلَى الْجُمُعَة
“Dan apa yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’uud bahwasannya
ia berkata : ‘Termasuk sunnah adalah berkhuthbah di hari ‘Ied dengan dua
khuthbah yang dipisahkan antara keduanya dengan duduk’, dla’iif tidak
bersambung (sanadnya). Tidak ada sama sekali riwayat shahih dalam hal pengulangan
khuthbah (‘Ied). Dan yang dianggap/diakui dalam permasalahan tersebut adalah qiyas
terhadap khuthbah Jum’at” [Al-Khulaashah – dinukil melalui perantaraan ‘Aunul-Ma’buud
4/4].
Jika
demikian, tersisa bagi pendapat pertama (jumhur) hujjah qiyas. Apakah
qiyas tersebut valid ?. Jawabnya tidak, karena tidak ada ‘illat shahih antara
keduanya sehingga khuthbah ‘Iedain dapat diqiyaskan dengan khuthbah Jum’at.
Seandainya pun qiyas tersebut diterima, maka seharusnya hukum-hukum khuthbah
Jum’at yang lain juga mesti diterapkan dalam khuthbah ‘Ied. Kenyataannya tidak. Misalnya : menghadiri menghadiri khuthbah Jum’at adalah wajib, sedangkan menghadiri khuthbah
‘Iedain tidak wajib. Dasarnya adalah hadits:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ السَّائِبِ، قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ الْعِيدَ، فَلَمَّا
قَضَى الصَّلَاةَ، قَالَ: " إِنَّا نَخْطُبُ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ
فَلْيَجْلِسْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ
Dari Abdullah bin Saib radliyallaahu ‘anhu ia
berkata : “Aku menghadiri ‘Ied bersama Rasulullah ﷺ. Ketika telah selesai shalat, maka beliau
bersabda : ‘Sesungguhnya kami akan berkhuthbah. Barangsiapa
yang ingin duduk untuk mendengarkan khuthbah, hendaklah ia duduk. Dan
barangsiapa yang ingin pergi, maka silakan ia pergi” [Diriwayatkan
oleh Abu Daawud no. 1155, Ibnu Maajah no. 1290, dan yang lainnya; dishahihkan
oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil 3/96 no. 629].
Begitu
juga dengan pensyarai’atan waktu pelaksanaannya. Khuthbah Jum’at dilakukan sebelum
shalat, sedangkan khuthbah ‘Iedain setelah shalat.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ،
قَالَ: " شَهِدْتُ الْعِيدَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَأَبِي بَكْرٍ،
وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَكُلُّهُمْ كَانُوا يُصَلُّونَ
قَبْلَ الْخُطْبَةِ "
Dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Aku menghadiri shalat
‘Iedul-Fithri bersama Rasulullah ﷺ, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsman. Semuanya
melaksanakan shalat sebelum khutbah” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 919
dan Muslim no. 884].
Seandainya
qiyas ini benar, mengapa mereka tidak mengqiyaskan juga pada pada khuthbah hari
‘Arafah yang statusnya hampir sama dengan khuthbah ‘Ied ?. Khuthbah hari ‘Arafah
dilakukan hanya sekali khuthbah tanpa dipisahkan dengan duduk. Ibnul-Qayyim rahimahullah
berkata:
وَهِمَ مَنْ زَعَم
أنه خَطَب بعرفة خُطْبتين جَلَس بينهما ثمَّ أذَّن المؤذِّنُ، فلمَّا فَرَغ أخَذَ
في الخُطْبة الثانية، فلمَّا فَرَغ منها أقام الصلاةَ، وهذا لم يجئ في شيءٍ مِنَ
الأحاديث ألبتَّةَ، وحديثُ جابرٍ صريحٌ في أنه لمَّا أكمل خُطْبتَه أذَّن بلالٌ وأقام
الصلاةَ فصلَّى الظهرَ بعد الخُطْبة
“Telah keliru orang yang menyangka beliau ﷺ khuthbah pada hari ‘Arafah dengan dua khuthbah yang diselingi
duduk antara keduanya, kemudian muadzdzin mengumandangkan adzan. Ketika
selesai, beliau melakukan khuthbah kedua, lalu dilanjutkan setelahnya mendirikan
shalat. Perkara ini tidak ada dalilnya sama sekali dalam hadits-hadits. Hadits
Jaabir jelas menunjukkan ketika beliau ﷺ menyempurnakan khuthbahnya, Bilaal
mengumandangkan adzan, dan shalat ditegakkan. Lalu beliau ﷺ melakukan
shalat Dhuhur setelah khuthbah…” [Zaadul-Ma’aad, 2/306].
Dari
sini diketahui bahwa masing-masing khuthbah mempunyai sifat-sifat tersendiri
berdasarkan nash yang tidak bisa diqiyaskan semua dengan khuthbah Jum’at.
Lantas
bagaimana dengan perkataan sebagian salaf seperti ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Utbah ?.
Kita tidak dapat menyepakati untuk mengatakan sunnah dalam khuthbah ‘Iedain berkhuthbah dua kali di atas
mimbar sementara mimbar tidak pernah dibawa ke mushalla (tanah lapang)
oleh Rasulullah ﷺ dan Al-Khulafaaur-Raasyidiin. Apakah mungkin ada sunnah yang tidak dilakukan Nabi dan Khulafaa' Raasyidiin ?. Tidak lain
ini adalah ijtihad beliau rahimahullah karena masyhurnya perkara
ini di jamannya. Begitu juga dengan riwayat yang ternukil dari Ismaa’iil bin
Umayyah di atas.
Kesimpulannya,
khuthbah ‘Ied hanya dilakukan sekali. Inilah pendapat Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan,
dan ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu. Juga pendapat ‘Athaa’ bin Abi Rabbah rahimahullah.
Dari kalangan ulama muta’khkhiriin, pendapat ini dikuatkan oleh Sayyid
Saabiq, Al-Albaaniy, Al-‘Utsaimiin, dan Al-Wadii’iy rahimahumullah.
Wallaahu
a’lam.
Semoga
ada manfaatnya.
[Abul-Jauzaa’
- akhir Ramadlaan, Ciomas, Bogor].
[bahan
bacaan : makalah Asy-Syaikh
Muhammad ‘Aliy Farkuus, Asy-Syaikh Muhammad
bin Haaj ‘Iisaa, Asy-Syaikh Muhammad
Al-Munajjid, dan Asy-Syaikh ‘Abdullah
As-Sulamiy].
[1] Ada perbedaan pendapat dalam hal ini. Ada
yang mengatakan ‘Umar bin Al-Khaththab radliyallaahu ‘anhu sebagaimana
riwayat:
عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ،
قَالَ: أَخْبَرَنِي يُوسُفُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلامٍ، قَالَ: "
أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ عُمَرُ بْنُ
الْخَطَّابِ.....
Dari Ibnu Juraij, ia berkata Telah mengkhabarkan kepadaku
Yahyaa bin Sa’iid, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Yuusuf bin
‘Abdillah bin Salaam, ia berkata : “Orang yang pertama kami memulai khuthbah
sebelum shalat pada hari ‘Iedul-Fithri adalah ‘Umar bin Al-Khaththaab…..” [Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5644; sanadnya shahih].
Ibnu Juraij mempunyai mutaba’ah dari ‘Abdah bin
Sulaimaan sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/170 no. 5731.
‘Abdurrazzaaq meriwayatkan dari Ibnu Juraij, dari Yahyaa
bin Sa’iid, dari Yuusuf bin ‘Abdillah bin Salaam, namun ia (Yuusuf) menyebut
‘Utsmaan bin ‘Affaan [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5645; sanadnya
shahih].
Riwayat
ini bertentangan dengan riwayat Abu Sa’iid yang menyebutkan Marwaan bin
Al-Hakam. Abu Sa’iid mempunyai syahid dari Thaariq bin Syihaab sebagaimana
diriwayatkan oleh Ahmad 3/54, Muslim no. 49, At-Tirmidziy no. 2172, ‘Abdurrazzaaq
no. 5649 dan Ibnu Abi Syaibah 2/170 no. 5733. Inilah pendapat yang benar.
Ibnu
‘Abdil-Barr rahimahullah setelah menyebutkan riwayat Yuusuf bin
‘Abdillah bin Salaam berkata:
وهذا خطأ بين، لم تختلف الآثار عن أبي بكر، وعمر أنهما صليا
في العيدين قبل الخطبة، على ما كان يصنع رسول اللَّه ﷺ وهو الصحيح أيضا عن عثمان، لأن
ابن شهاب حكى ذلك عن أبي عبيد مولى ابن أزهر، أنه صلى مع عمر، وعثمان، وعلي العيدين،
فكلهم صلى قبل الخطبة، وليس في هذا الباب عنهم أصح من هذا الإسناد
“Ini adalah
kekeliruan yang jelas. Tidak ada perselisihan atsar-atsar dari Abu Bakr dan
‘Umar bahwa keduanya melakukan shalat Iedain sebelum khuthbah sesuai
dengan sunnah yang dilakukan Rasulillah ﷺ. Dan ini juga shahih dari ‘Utsmaan karena Ibnu Syihaab menghikayatkannya
dari Abu ‘Ubaid maulaa Ibni Azhar bahwasannya ia pernah shalat ‘Iedain bersama
‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy, mereka semua melakukan shalat sebelum khuthbah.
Tidak ada dalam bab ini dari mereka yang lebih shahih dibandingkan sanad ini” [At-Tamhiid,
10/256].
[2] Sama halnya seperti ketidaktahuan ‘Athaa’ siapa
yang memulai khuthbah sebelum shalat karena masyhurnya perkara tersebut di
jamannya.
عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ: قُلْتُ لِعَطَاءٍ هَلْ تَدْرِي
أَوَّلَ مَنْ خَطَبَ يَوْمَ الْفِطْرِ ثُمَّ صَلَّى؟ قَالَ: لا أَدْرِي،
أَدْرَكْتُ النَّاسَ عَلَى ذَلِكَ
Dari Ibnu Juraij, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
‘Athaa’ : “Apakah engkau tahu siapa yang mulai pertama kali khuthbah hari ‘Iedul-Fithri
baru kemudian shalat ?”. Ia menjawab : “Aku tidak tahu. Aku mendapati
manusia melakukannya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5643; sanadnya
shahih].
Comments
Posting Komentar