Mana yang Lebih Utama : Menuntut Ilmu, ataukah Menghapal Al-Qur’an ? Membaca Sedikit Ayat Al-Qur’an dengan Tartil, ataukah Banyak Ayat dengan Cepat ?


Dua pertanyaan ini akan dijawab oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah dan Ibnul-Qayyim rahimahumallah . Untuk pertanyaan pertama : Mana yang lebih utama, menuntut ilmu ataukah menghapal Al-Qur’an ?; Ibnu Taimiyyah rahimahullah menjawab:
أما العلم الذى يجب على الإنسان عينا كعلم ما أمر الله به وما نهى الله عنه فهو مقدم على حفظ ما لا يجب من القرآن فإن طلب العلم الأول واجب وطلب الثانى مستحب والواجب مقدم على المستحب
وأما طلب حفظ القرآن فهو مقدم على كثير مما تسميه الناس علما وهو إما باطل أو قليل النفع وهو أيضا مقدم فى التعلم فى حق من يريد أن يتعلم علم الدين من الأصول والفروع فان المشروع فى حق مثل هذا فى هذه الاوقات أن يبدأ بحفظ القرآن فانه اصل علوم الدين بخلاف ما يفعله كثير من أهل البدع من الأعاجم وغيرهم حيث يشتغل أحدهم بشىء من فضول العلم من الكلام أو الجدال والخلاف أو الفروع النادرة أو التقليد الذى لا يحتاج اليه أو غرائب الحديث التى لا تثبت ولا ينتفع بها وكثير من الرياضيات التى لا تقوم عليها حجة ويترك حفظ القرآن الذى هو أهم من ذلك كله فلابد فى مثل هذه المسألة من التفصيل
 والمطلوب من القرآن هو فهم معانيه والعمل به فان لم تكن هذه همة حافظه لم يكن من اهل العلم والدين والله سبحانه أعلم
“Adapun ilmu yang diwajibkan Allah kepada manusia secara individu (fardlu ‘ain) seperti ilmu tentang segala sesuatu yang diperintahkan dan dilarang Allah (kepadanya), maka itu lebih didahulukan daripada menghapalkan sesuatu yang statusnya tidak diwajibkan dari Al-Qur'an. Maka, menuntut ilmu untuk jenis yang pertama wajib hukumnya, sedangkan menuntut hal yang kedua (menghapal Al-Qur’an) sunnah hukumnya. Yang wajib lebih didahulukan daripada yang sunnah.
Berusaha menghapal Al-Qur’an, maka itu lebih didahulukan daripada banyak hal yang dinamakan orang-orang dengan ‘ilmu’ yang bisa jadi statusnya batil atau sedikit manfaatnya. Menghapal Al-Qur’an juga lebih didahulukan dalam belajar bagi orang yang ingin belajar ilmu agama yang pokok maupun cabangnya, karena yang disyari’atkan bagi orang semisal ini di jaman sekarang adalah dengan memulainya menghapal Al-Qur’an. Ia merupakan pokok ilmu-ilmu agama. Berbeda halnya dengan apa yang dilakukan banyak ahlul-bid’ah dari kalangan ‘ajam (non ‘Arab) dan yang lainnya dimana seseorang di antara mereka disibukkan dengan sesuatu selebih dari ilmu (yang bermanfaat) berupa retorika, perdebatan dan perselisihan, cabang ilmu yang langka/jarang atau taqlid yang tidak dibutuhkan, hadits-hadits asing yang tidak shahih dan tidak bermanfaat, atau banyak cabang ilmu pasti yang tidak ditegakkan padanya hujjah; dengan meninggalkan menghapal Al-Qur’an yang kedudukannya lebih penting dari semua itu. Maka, sudah seharusnya permasalahan seperti ini diberikan perinciannya.
Yang dikehendaki/diinginkan dari Al-Qur’an adalah pemahaman terhadap makna-maknanya dan pengamalannya. Apabila orang yang menghapal Al-Qur’an tidak mempunyai keinginan/tujuan ini, maka ia bukan termasuk ahli ilmu dan agama. Wallaahu subhaanahu a’lam” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 23/54-55].
Untuk pertanyaan kedua : ‘Mana yang lebih utama, membaca sedikit ayat Al-Qur’an dengan tartil, ataukah membaca banyak ayat dengan cepat ?’ ; maka Ibnul-Qayyim rahimahullah menjawab:
وقد اختلف الناس في الأفضل من الترتيل وقلة القراءة أو السرعة مع كثرة القراءة : أيهما أفضل ؟ على قولين
 فذهب ابن مسعود وابن عباس رضي الله عنهما وغيرهما إلى أن الترتيل والتدبر مع قلة القراءة أفضل من سرعة القراءة مع كثرتها واحتج أرباب هذا القول بأن المقصود من القراءة فهمه وتدبره والفقه فيه والعمل به وتلاوته وحفظه وسيلة إلى معانيه كما قال بعض السلف : نزل القرآن ليعمل به فاتخذوا تلاوته عملا ولهذا كان أهل القرآن هم العالمون به والعاملون بما فيه وإن لم يحفظوه عن ظهر قلب وأما من حفظه ولم يفهمه ولم يعمل بما فيه فليس من أهله وإن أقام حروفه إقامة السهم
قالوا : ولأن الإيمان أفضل الأعمال وفهم القرآن وتدبره هو الذي يثمر الإيمان وأما مجرد التلاوة من غير فهم ولا تدبر فيفعلها البر والفاجر والمؤمن والمنافق كما قال النبي صلى الله عليه و سلم : [ ومثل المنافق الذي يقرأ القرآن كمثل الريحانة ريحها طيب وطعمها مر ] .
والناس في هذا أربع طبقات : أهل القرآن والإيمان وهم أفضل الناس والثانية : من عدم القرآن والإيمان الثالثة : من أوتي قرآنا ولم يؤت إيمانا الرابعة : من أوتي إيمانا ولم يؤت قرآنا قالوا : فكما أن من أوتي إيمانا بلا قرآن أفضل ممن أوتي قرآنا بلا إيمان فكذلك من أوتي تدبرا وفهما في التلاوة أفضل ممن أوتي كثرة قراءة وسرعتها بلا تدبر قالوا : وهذا هدي النبي صلى الله عليه و سلم فإنه كان يرتل السورة حتى تكون أطول منها وقام بآية حتى الصباح.
وقال أصحاب الشافعي رحمه الله : كثرة القراءة أفضل واحتجوا بحديث ابن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : [ من قرأ في كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها لا أقول الم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف ] رواه الترمذي وصححه
 قالوا : ولأن عثمان بن عفان قرأ القرآن في ركعة وذكروا آثارا عن كثير من السلف في كثرة القراءة.
والصواب في المسألة أن يقال : إن ثواب قراءة الترتيل والتدبر أجل وأرفع قدرا وثواب كثرة القراءة أكثر عددا فالأول : كمن تصدق بجوهرة عظيمة أو أعتق عبدا قيمته نفيسة جدا والثاني : كمن تصدق بعدد كثير من الدراهم أو أعتق عددا من العبيد قيمتهم رخيصة وفي صحيح البخاري عن قتادة قال : سألت أنسا عن قراءة النبي صلى الله عليه و سلم فقال : كان يمد مدا.
وقال شعبة : حدثنا أبو جمرة قال : قلت لابن عباس : إني رجل سريع القراءة وربما قرأت القرآن في ليلة مرة أو مرتين فقال ابن عباس : لأن أقرأ سورة واحدة أعجب إلي من أن أفعل ذلك الذي تفعل فإن كنت فاعلا ولا بد فاقرأ قراءة تسمع أذنيك ويعيها قلبك
وقال إبراهيم : قرأ علقمة على ابن مسعود وكان حسن الصوت فقال : رتل فداك أبي وأمي فإنه زين القرآن
 وقال ابن مسعود : لا تهذوا القرآن هذ الشعر ولا تنثروه نثر الدقل وقفوا عند عجائبه وحركوا به القلوب ولا يكن هم أحدكم آخر السورة
 وقال عبد الله أيضا : إذا سمعت الله يقول : { يا أيها الذين آمنوا } فأصغ لها سمعك فإنه خير تؤمر به أو شر تصرف عنه.
وقال عبد الرحمن بن أبي ليلى : دخلت علي امرأة وأنا أقرأ ( سورة هود ) فقالت : يا عبد الرحمن : هكذا تقرأ سورة هود ؟ ! والله إني فيها منذ ستة أشهر وما فرغت من قراءتها
 وكان رسول الله صلى الله عليه و سلم يسر بالقراءة في صلاة الليل تارة ويجهر بها تارة ويطيل القيام تارة ويخففه تارة ويوتر آخر الليل - وهو الأكثر - وأوله تارة وأوسطه تارة
“Orang-orang berselisih pendapat mana yang lebih utama antara bacaan tartil namun sedikit yang dibaca, ataukah cepat namun banyak yang dibaca. Dalam hal ini ada dua pendapat.
Ibnu Mas’uud dan Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa berpendapat membaca dengan tartil dan tadabbur meskipun bacaannya sedikit, lebih utama daripada membaca cepat meskipun banyak. Barisan kelompok yang mendukung pendapat ini berhujjah bahwa maksud dari membaca adalah memahaminya, mentadaburinya, mempelajari fiqhnya, dan mengamalkan kandungannya. Adapun membaca dan menghapalnya adalah sarana untuk memahami makna-maknanya sebagaimana dikatakan sebagian salaf : ‘Al-Qur’an turun untuk diamalkan. Maka ambillah tilawah-nya dengan mengamalkannya’. Oleh karena itu, Ahlul-Qur’aan adalah mereka yang mengetahuinya dan mengamalkan kandungannya (Al-Qur’an), meskipun ia tidak menghapalnya dengan hati (hapal luar kepala). Orang yang menghapalnya namun tidak memahaminya dan tidak mengamalkan kandungannya bukan termasuk ahli-nya, meskipun ia menegakkan huruf-hurufnya sebagaimana menegakkan anak panah.
Mereka berkata : Karena iman adalah amal yang paling utama, sedangkan memahami Al-Qur’an dan mentadaburinya adalah buah dari iman. Adapun sekedar tilawah saja tanpa adanya pemahaman dan tadabbur, maka hal itu dilakukan baik oleh orang baik mapun orang jahat, mukmin maupun munafik, sebagaimana sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Permisalan seorang munafiq yang membaca Al-Qur’an seperti raihan, baunya wangi akan tetapi rasanya pahit[1].
Dan orang-orang dalam perkara ini ada empat tingkatan : Pertama, Ahlul-Qur’aan dan orang beriman, maka ini adalah golongan yang paling utama. Kedua, orang tanpa Al-Qur’an dan tanpa keimanan. Ketiga, Orang yang datang kepadanya Al-Qur’an, namun tidak beriman. Keempat, orang yang beriman, namun tidak datang kepadanya Al-Qur’an. Mereka berkata : ‘Sebagaimana orang beriman namun tanpa disertai Al-Qur’an lebih utama daripada orang yang datang kepadanya Al-Qur’an namun tidak beriman, maka begitu juga dengan orang yang mentadaburi dan memahaminya ketika tilawah (Al-Qur’an) lebih utama daripada orang yang banyak bacaannya lagi cepat namun tanpa disertai tadabbur’. Mereka berkata : ‘Ini adalah petunjuk Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, karena beliau membaca surat dengan tartil hingga bacaannya lebih panjang/lama dan beliau berdiri membaca ayat-ayat (dalam shalat malam) hingga Shubuh’.
Murid-murid Asy-Syaafi’iy rahimahullah berkata : ‘Banyaknya bacaan lebih utama’. Mereka berhujjah dengan hadits Ibnu Mas’uud radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Barangsiapa yang membaca ayat dalam Kitabullah, maka baginya kebaikan. Satu kebaikan dilipatkan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim, satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf’. Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy[2], dan ia menshahihkannya.
Mereka berkata : ‘Dan hal itu dikarenakan ‘Utsmaan bin ‘Affaan pernah membaca (seluruh) Al-Qur’an dalam satu raka’at’. Mereka menyebutkan banyak atsar dari kaum salaf tentang banyaknya bacaan (qira’ah) mereka.
Yang benar dalam masalah ini dikatakan : Sesungguhnya pahala membaca dengan tartil dan tadabbur lebih besar dan lebih tinggi kedudukannya, sedangkan pahala banyaknya bacaan itu lebih banyak jumlahnya. Maka yang pertama seperti orang yang menshadaqahkan permata yang besar atau membebaskan budak yang harganya sangat mahal. Adapun yang kedua seperti orang yang bershadaqah dirham dalam jumlah banyak atau membebaskan budak yang harganya murah dalam jumlah banyak. Dalam Shahiih Al-Bukhaariy, dari Qataadah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Anas tentang qira’ah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia menjawab : ‘Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memanjangkan bacaan ‘maad’-nya’[3].
Syu’bah berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Hamzah, ia berkata : Aku pernah berkata kepada Ibnu ‘Abbaas : ‘Sesungguhnya aku seorang yang cepat bacaannya. Kadang aku membaca seluruh Al-Qur’an dalam satu malam dalam sekali atau dua kali’. Maka Ibnu ‘Abbaas berkata : ‘Dikarenakan aku membaca satu surat lebih menakjubkan bagiku daripada aku melakukan seperti yang engkau lakukan. Apabila engkau melakukannya, hendaknya engkau membacanya dengan bacaan yang dapat engkau dengar dengan kedua telingamu dan dapat disadari/diresapi oleh hatimu’[4].
Ibraahiim (an-Nakhaa’iy) berkata : ‘Alqamah pernah membaca di hadapan Ibnu Mas’uud dan ia (‘Alqamah) seorang yang mempunyai suara yang indah.  Lalu Ibnu Mas’uud berkata kepadanya : ‘Bacalah dengan tartil – ayahku dan ibuku sebagai tebusanmu - , karena ia adalah perhiasan Al-Qur’an’[5].
Ibnu Mas’uud berkata : ‘Janganlah kalian membaca Al-Qur’an dengan cepat/tergesa-gesa seperti membaca syair. Janganlah kalian membaca Al-Qur’an layaknya kurma yang rontok dan berhamburan. Akan tetapi berhentilah sejenak (demi menghayati) keajaiban-keajaibannya, dan gerakkanlah hati kalian dengannya. Dan jangan jadikan tujuan salah seorang dari kalian ada di akhir surat (yaitu agar cepat selesai membacanya)[6]’.
‘Abdullah (bin Mas’uud) juga berkata : Apabila kalian mendengar Allah berfirman : ‘Wahai orang-orang yang beriman’. Maka perhatikanlah apa yang engkau dengar, karena ia (kelanjutannya) bisa jadi merupakan kebaikan yang engkau diperintahkan dengannya, atau kejelakan yang engkau mesti berpaling darinya’[7].
“’Abdurrahmaan bin Abi Lailaa berkata : Aku pernah masuk menemui seorang wanita (yaitu istriny) sedangkan aku waktu itu membaca surat Huud. Wanita itu berkata : ‘Wahai Abu ‘Abdirrahmaan, seperti itukah engkau membaca surat Huud ?!’. Demi Allah, aku bersama dirinya selama enam bulan dan aku belum selesai membacanya’[8].
Dulu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kadang membaca (Al-Qur’an) dengan pelan (sirr) dalam shalat malam, kadang mengeraskannya, kadang memanjangkan berdiri, kadang meringankannya, dan kadang shalat witir di akhir malam – ini yang paling sering dilakukan - , kadang di awal malam, dan kadang di pertengahan malam” [Zaadul-Ma’aad, 1/323].
Wallaahu a’lam, semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai - 25041436 – 00:53].




[1]      Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5427 dan Muslim no. 797].
[2]      No. 2910.
[3]      No. 5045.
[4]      Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/396 (555) no. 4061.
[5]      Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/54 (79) no. 2431.
[6]      Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/521 & 10/525 dan Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 1883.
[7]      Diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur dalam Tafsir-nya no. 50 & 848.
[8]      Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 1887.

Comments

SyamsQ mengatakan...

Mohon izin copy artikel Al-Quran-nya Ustadz...

Unknown mengatakan...

Bgmn mngkmpromikan atsar d ats dgn hadits larangan khatam qur'an kurg dr 3hr? Syukran