Kisah Taubatnya Al-Qa’nabiy


Ini adalah salah satu kisah pertaubatan di kalangan salaf yang saya kagumi. Taubatnya Al-Qa’nabiy, mantan pecandu khamr. Perlu rekan-rekan ketahui bahwa Al-Qa’nabiy ini adalah seorang imam di jamannya, cahaya yang membuat cahaya-cahaya lain di dunia redup karenanya. Ia adalah : ‘Abdullah bin Maslamah bin Qa’nab Al-Qa’nabiy Al-Haaritsiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Madaniy Al-Bashriy (عبد الله بن مسلمة بن قعنب القعنبي الحارثي ، أبو عبد الرحمن المدني البصري); seorang yang tsiqah lagi ‘aabid – Ibnu Ma’iin dan Ibnul-Madiiniy tidak mengedepankan seorangpun dalam periwayatan Al-Muwaththa’ darinya. Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 221 di Makkah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 547 no. 3645]. Adz-Dzahabiy menyebutnya dengan : imam yang tsabt (kokoh dalam hadits), lagi teladan, seorang Syaikhul-Islaam [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 10/257]. Ia adalah salah satu ashhaab (murid) Al-Imaam Maalik yang paling besar, sebagaimana dikatakan oleh ‘Aliy bin Al-Madiiniy.[1] (Selain Ibnu Ma'iin dan Ibnul-Madiiniy), Nashr bin Marzuuq mengatakan Al-Qa’nabiy paling tsabt dalam periwayatan kitab Al-Muwaththa’-nya Maalik[2]. Bahkan ‘Abdullah Al-Khuraibiy menganggap Al-Qa’nabiy lebih baik daripada Maalik[3] !!.
Bagaimana pertaubatannya itu ?. Berikut kisah ringkasnya :
عن بعض ولد القعنبي، بالبصرة، قال: كان  أبي  يشرب النبيذ، ويصحب الأحداث، فدعاهم يوما وقد قعد على الباب ينتظرهم، فمر شعبة على حماره، والناس خلفه يهرعون، فقال: من هذا؟ قيل: شعبة، قال: وأيش شعبة؟ قالوا: محدث، فقام إليه وعليه إزار أحمر، فقال له: حدثني. فقال له: ما أنت من أصحاب الحديث فأحدثك؟ فأشهر سكينه، وقال: تحدثني أو أجرحك؟ فقال له: حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ، عَنْ رِبْعِيٍّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ ".
فَرَمَى سِكِّينَهُ، وَرَجَعَ إِلَى مَنْزِلِهِ، فَقَامَ إِلَى جَمِيعِ مَا كَانَ عِنْدَهُ مِنَ الشَّرَابِ فَهَرَاقَهُ، وَقَالَ لأُمِّهِ: السَّاعَةَ أَصْحَابِي يَجِيئُونَ، فَأَدْخِلِيهِمْ وَقَدِّمِي الطَّعَامَ إِلَيْهِمْ، فَإِذَا أَكَلُوا، فَخَبِّرِيهِمْ بِمَا صَنَعْتُ بِالشَّرَابِ حَتَّى يَنْصَرِفُوا، وَمَضَى مِنْ وَقْتِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ، فَلَزِمَ مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ، فَأَثَرَ عَنْهُ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى الْبَصْرَةِ وَقَدْ مَاتَ شُعْبَةُ، فَمَا سَمِعَ مِنْهُ غَيْرَ هَذَا الْحَدِيثِ
Dari sebagian anak-anak Al-Qa’nabiy di Bashrah, ia berkata : Dulu ayahku seorang peminum nabiidz (sejenis khamr) dan berteman dengan anak-anak muda. Suatu hari, ia mengundang mereka (untuk minum-minum). Saat ia duduk di depan pintu menunggu kedatangan mereka, lewatlah Syu’bah[4] dengan menaiki keledainya yang diikuti oleh orang-orang yang tergopoh-gopoh lari mengikutinya. (Dengan keheranan) Al-Qa’nabiy berkata : “Siapakah orang ini ?”. Dikatakan kepadanya : “Syu’bah !”. Ia berkata : “Siapa itu Syu’bah ?”. Orang-orang berkata : “Dia seorang ahli hadits (muhaddits) !”. Lalu Al-Qa’nabiy berdiri menghampiri Syu’bah yang waktu itu mengenakan pakaian berwarna merah. Al-Qa’nabiy berkata kepadanya : “Sampaikanlah hadits kepadaku”. Syu’bah berkata : “Engkau bukanlah seorang ahli hadits yang membuatku harus menyampaikan hadits kepadamu”. (Karena marah), Al-Qa’nabiy pun menghunus pisaunya (mengancam Syu’bah) seraya berkata : “Engkau sampaikan hadits kepadaku, atau engkau akan aku lukai dengan pisau ini ?”. Syu’bah berkata : “Telah menceritakan kepadaku Manshuur, dari Rib’iy, dari Abu Mas’uud, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Apabila engkau tidak malu, maka silakan engkau lakukan apa yang engkau suka’.[5]
(Setelah mendengarnya) Al-Qa’nabiy melempar pisaunya lalu pulang ke rumahnya. Lalu ia berjalan menuju persediaan bejana-bejana nabiidz yang ia miliki di rumah dan menumpahkannya. Ia berkata kepada ibunya : “Saat teman-temanku datang nanti, persilakan masuk ke rumah dan sediakan makanan untuk mereka. Jika mereka telah selesai makan, maka khabarkanlah tentang apa yang aku lakukan terhadap minumanku tadi hingga mereka pulang”. Tak lama kemudian setelah kejadian itu, ia pergi ke Madiinah menimba ilmu di hadapan Maalik bin Anas rahimahullah. Maalik sangat berpengaruh pada dirinya. Kemudian ia kembali ke Bashrah yang saat itu Syu’bah telah meninggal. Al-Qa’nabiy tidak mendengar hadits dari Syu’bah kecuali hadits ini (yang ia dengar ketika masih menjadi pemabuk dan sekaligus membuatnya bertaubat dari perbuatannya tersebut).
[Diriwayatkan oleh Ibnul-Jauziy dalam Al-Muntadham 16/248, Ibnu Qudaamah dalam At-Tawwaabuun hal. 220-221, dan Ibnul-Abaar Al-Qadlaa’iy dalam Mu’jamu Ashhaabi Al-Qaadliy Abi ‘Aliy Ash-Shadafiy no. 82].
Riwayat Al-Qa’nabiy dari Syu’bah tersebut direport oleh Abu Daawud[6] no. 4797, ‘Abdullah bin Ahmad[7] dalam Zawaaidu Musnad Ahmad (no. 21840), Ibnu Hibbaan[8] no. 607, Ath-Thabaraaniy[9] dalam Al-Kabiir 17/235-236 no. 651, Al-Qadlaa’iy[10] dalam Musnad Asy-Syihaab no. 1153 & 1155, dan yang lainnya.
Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kisah di atas.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 22101434/28082013 – 22:30].




[1]        ‘Utsmaan bin Sa’iid pernah berkata : Aku mendengar ‘Aliy bin Al-Madiiniy menyebutkan ashhaab Maalik. Dikatakan kepadanya : “Ma’n, kemudian Al-Qa’nabiy”. Ia (‘Aliy) berkata : “Tidak, akan tetapi Al-Qa’nabiy, baru kemudian Ma’n” [As-Siyar, 10/261].
[2]        Al-Imaam Ibnu Khuzaimah berkata : Aku mendengar Nashr bin Marzuuq berkata : “Orang yang paling tsabt dalam periwayatan kitab Al-Muwaththa’ adalah Al-Qa’nabiy, dan setelahnya ‘Abdullah bin Yuusuf” [idem, 10/262].
[3]        ‘Abdullah Al-Khuraibiy berkata – dan ia seorang yang punya kedudukan yang agung - : “Telah menceritakan kepadaku Al-Qa’nabiy dari Maalik, dan ia (Al-Qa’nabiy) – demi Allah – di sisiku lebih baik daripada Maalik” [idem, 10/261].
[4]        Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdi, Abu Busthaam Al-Waasithiy (شعبة بن الحجاج بن الورد العتكي مولاهم الأزدي ، أبو بسطام الواسطي ثم البصري); seorang yang tsiqah, haafidh, mutqin, dan disebut Ats-Tsauriy sebagai amiirul-mukminiin fil-hadiits. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 160 H di Bashrah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 436 no. 2805].
[5]        Ini menunjukkan salah satu kecerdasan Syu’bah. Ia memilih hadits yang sesuai dengan kondisi Al-Qa’nabiy waktu itu, untuk menegur dan menasihatinya.
[6]        Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ النُّبُوَّةِ الْأُولَى: إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ، فَافْعَلْ مَا شِئْتَ "
[7]        Riwayatnya adalah :
قَالَ: ابْنُ مَالِكٍ: حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ، عَنْ رِبْعِيٍّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ النُّبُوَّةِ الْأُولَى إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
[8]        Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيٍّ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى: إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ، فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
مَا سَمِعَ الْقَعْنَبِيُّ مِنْ شُعْبَةَ إِلا هَذَا الْحَدِيثَ، قَالَهُ الشَّيْخُ
[9]        Riwayatnya adalah :
حدثنا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، وَأَبُو مُسْلِمٍ الْكَشِّيُّ، وَمُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، وَأَبُو خَلِيفَةَ، قَالُوا: ثنا الْقَعْنَبِيُّ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
[10]       Riwayatnya adalah :
No. 1153 :
أَخْبَرَنا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَكِيمٍ الأُرْزِيُّ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ يَعْقُوبَ بْنِ الْجِرَابِ، ثنا مُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلامِ النُّبُوَّةِ الأُولَى إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ "
No. 1155 :
وَأَنَاهُ أَبُو مُحَمَّدٍ التُّجِيبِيُّ، أنا ابْنُ جَامِعٍ، نا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ، بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ

Comments

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum..

Ustadz, saat Al-Qa’nabiy mendengar hadist dari Syu'bah kira2 usia berapa ya ? Al-Qa’nabiy wafat di tahun 221 . Sedangkan Syu'bah wafat di tahun 160 H.
Syukron.

Imam

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Wa'alaikumus-salaam.

Wallaahu a'lam, saya tidak menemukan keterangan itu.

Anonim mengatakan...

Ini jg menunjukkan pemahaman Qa'nabiy trhdp hadits yg disampaikan Syu'bah. Sdngkan zaman skrang bila ada pemabuk disampaikan padanya hadits yg sama mungkin akan ngga ngeh maksudnya

ZR

Anonim mengatakan...

Akh ZR , kadang bukan dari si pemaboknya saja yang nggak ngeh , namun adakalanya faktor dari ikhlas dan istiqomah yang menyampaikan perlu diperlajari juga , kenapa dakwahnya tidak sampai seperti yang diharapkan.

ash-shaff 2-3

Sekarang jarang ada da'i / ulama semisal Syu’bah , Allah telah mewafatkan 3 ulama besar jaman ini yang menjadi panutan kita , semoga allah mengampuni mereka semua.


anang dwicahyo

Anonim mengatakan...

maaf... banyak yang sdh meninggal, tapi menyebut empat mungkin lebih tepat.. Asy Syeikh Bin Baz, Asy Syeikh Al Albani, Asy Syeikh Ibnu Utsaimin, Asy Syeikh Muqbil, rahimahumullah...

fajar nohir mengatakan...

Ustadz, coba posting kisah tobatnya ulama lain. Itu kan sumbernya at-tawwabin ibnu qudamah. Di kitab itu ada kisah tobatnya malaikat harut & marut, kisah anak Harun ar-Rosyid. Shohih kah 2 kisah itu?

fajar nohir mengatakan...

Saya baca di kitab terjemahan ringkasan siyar a‘lam an-nubala imam Adz-Dzahabi, Al-Qa‘nabiy lahir pada tahun 140. Jadi ketika bertemu Syu‘bah kemungkinan usianya mendekati 20 tahun, usia2 anak alay seperti saya dulu

Unknown mengatakan...

Boleh ana share ustadz? Ana potong sebagian tetap ana cantumkan Sumner. Baarakallahu fiik