Mana yang Afdlal : Berpuasa atau Berbuka Saat Safar ? (2)


Para ulama sepakat bahwasannya safar[1] merupakan sebab diperbolehkannya berbuka bagi orang yang berpuasa, sebagaimana firman Allah ta’ala :
فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ
“Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain” [QS. Al-Baqarah : 184].

حدثنا يحيى بن يحيى. أخبرنا أبو خيثمة عن حميد. قال: سئل أنس رضي الله عنه عن صوم رمضان في السفر ؟ فقال: سافرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في رمضان. فلم يعب الصائم على المفطر ولا المفطر على الصائم.
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Khaitsamah, dari Humaid, ia berkata : Anas radliyallaahu ‘anhu pernah ditanya tentang puasa Ramadlaan ketika safar, maka ia menjawab : “Kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadlaan. Maka, orang yang berpuasa tidaklah mencela orang yang berbuka. Begitu pula orang yang berbuka tidak mencela orang yang berpuasa” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1118].
Dari pendapat jumhur yang menyatakan kebolehan tetap berpuasa dalam keadaan safar, mereka berbeda pendapat tentang keafdlalan antara berbuka atau tetap berpuasa bagi musafir, yang terbagi menjadi dua kelompok besar :
1.      Berbuka afdlal, baik berpuasa itu mudah baginya atau tidak.
Dalilnya adalah :
وحدثني أبو الطاهر وهارون بن سعيد الأيلي (قال هارون: حدثنا. وقال أبو الطاهر: أخبرنا ابن وهب) أخبرني عمرو بن الحارث عن أبي الأسود، عن عروة بن الزبير عن أبي مراوح، عن حمزة بن عمرو الأسلمي رضي الله عنه: أنه قال: يا رسول الله: أجد بي قوة على الصيام في السفر. فهل علي جناح ؟، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "هي رخصة من الله فمن أخذ بها فحسن. ومن أحب أن يصوم فلا جناح عليه". قال هارون في حديثه: "هي رخصة" ولم يذكر من الله.
Telah menceritakan kepadaku Abuth-Thaahir dan Haaruun bin Sa’iid Al-Ailiy - Haaruun berkata : ‘Telah menceritakan kepada kami’, dan Abuth-Thaahir berkata : ‘Telah mengkhabarkan kepada kami’ – Ibnu Wahb : Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Amru bin Al-Haarits, dari Abul-Aswad, dari ‘Urwah bin Az-Zubair, dari Abu Muraawih, dari Hamzah bin ‘Amr Al-Aslaamiy radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya ia pernah berkata : “Wahai Rasulullah, aku merasa kuat berpuasa ketika safar. Apakah berdosa jika aku berpuasa ?”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Berbuka merupakan rukhshah (keringanan) dari Allah. Barangsiapa mengambilnya, maka itu baik. Namun barangsiapa yang lebih suka berpuasa, maka ia tidak berdosa”. Haaruun berkata dalam haditsnya : “Berbuka merupakan rukhshah” – tanpa menyebutkan : “dari Allah” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1121].
Sisi pendalilannya : Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada pihak yang berbuka : ‘Berbuka merupakan rukhshah (keringanan) dari Allah. Barangsiapa mengambilnya, maka itu baik’ ; sedangkan untuk yang tetap berpuasa : ‘Namun barangsiapa yang lebih suka berpuasa, maka ia tidak berdosa’. Beliau mencukupkan peniadaan dosa bagi yang berpuasa sehingga hukumnya boleh saja; sementara bagi yang berbuka, beliau menetapkan adanya kebaikan. Padahal Hamzah sebelumnya mengatakan : ‘Sesungguhnya aku merasa kuat berpuasa ketika safar’.
Keutamaan pengambilan rukhshah juga ditegaskan dalam riwayat berikut :
حدثنا قتيبة بن سعيد حدثنا عبد العزيز بن محمد عن عمارة بن غزية عن نافع عن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن الله يحب أن تؤتى رخصة كما يكره أن تؤتى معصيته.
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid[2] : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad[3], dari ‘Ammaarah bin Ghaziyyah[4], dari Naafi’[5], dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya Allah menyukai dilaksanakan rukhshah (keringanan)-Nya, sebagaimana Dia membenci dilaksanakan maksiat kepada-Nya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/108; shahih].
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة ومحمد بن المثنى وابن بشار. جميعا عن محمد بن جعفر. قال أبو بكر : حدثنا غندر عن شعبة، عن محمد بن عبدالرحمن بن سعد، عن محمد بن عمرو بن الحسن، عن جابر بن عبدالله رضي الله عنه. قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفره. فرأى رجلا قد اجتمع الناس عليه. وقد ضلل عليه. فقال: "ما له ؟" قالوا: رجل صائم. فقال رسول الله عليه وسلم: "ليس من البر أن تصوموا في السفر".
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, Muhammad bin Al-Mutsannaa, dan Ibnu Basyaar, mereka semua dari Muhammad bin Ja’far – Abu Bakr berkata : Telah menceritakan kepada kami Ghundar - , dari Syu’bah, dari Muhammad bin ‘Abdirrahmaan bin Sa’d, dari Muhammad bin ‘Amru bin Al-Hasan, dari Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika berada dalam safarnya, beliau melihat sekelompok orang berkumpul dan memayungi seorang laki-laki. Beliau bertanya : “Ada apa dengannya ?”. Mereka menjawab : “Ia sedang berpuasa”. Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada kebaikan berpuasa ketika safar” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1115].
Sisi pendalilan : Sangat jelas di sini bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menafikkan kebaikan bagi orang yang berpuasa dalam keadaan safar.
حدثني محمد بن المثنى. حدثنا عبدالوهاب (يعني ابن عبدالمجيد) حدثنا جعفر عن أبيه، عن جابر بن عبدالله رضي الله عنهما ؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج عام الفتح إلى مكة في رمضان. فصام حتى بلغ كراع الغميم. فصام الناس. ثم دعا بقدح من ماء فرفعه. حتى نظر الناس إليه. ثم شرب. فقيل له بعد ذلك: إن بعض الناس قد صام. فقال: " أولئك العصاة. أولئك العصاة ".
Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsannaa : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab - yaitu Ibnu ‘Abdil-Majiid - : Telah menceritakan kepada kami Ja’far, dari ayahnya, dari Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar pada tahun Fath menuju Makkah pada bulan Ramadlaan. Beliau berpuasa hingga mencapai satu tempat yang bernama Kuraa’ul-Ghamiim. Orang-orang pun turut berpuasa. Kemudian beliau meminta segelas air dan mengangkatnya sehingga orang-orang melihat kepada beliau. Lalu beliau meminumnya. Kemudian setelah itu dikatakan kepada beliau : “Sesungguhnya sebagian manusia tetap berpuasa”. Beliau bersabda : “Mereka itu adalah orang-orang yang durhaka, mereka itu adlah orang-orang yang durhaka” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1114].
Sisi pendalilannya : Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada orang yang tidak berbuka bersama beliau sebagai orang yang durhaka. Tidak bisa tidak bahwasannya berbuka tentu lebih utama daripada yang berpuasa. Bahkan, dhahir hadits menyatakan berpuasa ketika safar adalah kemaksiatan/kedurhakaan.
Pendapat ini dikuatkan oleh Ahmad serta Ibnu Habiib dan Ibnu Maajisyuun dari kalangan shahabat Maalik [Al-Ifshaah 1/247, Al-Inshaaf 3/287, Ar-Taudlun-Nadiy hal. 162, dan Al-Fawaakihud-Dawaaniy 1/264 – melalui perantaraan At-Tarjiih fii Masaailish-Shaum waz-Zakaah oleh Muhammad bin ‘Umar Bazmuul, hal. 76; Daarul-Hijrah, Cet. Thn. 1415 H]. Di antara ulama kontemporer yang merajihkan pendapat ini antara lain : Lajnah Daaimah[6], ‘Abdullah bin ‘Abdirrahmaan Aali Bassaam [Taisirul-‘Allaam Syarh ‘Umdatil-Ahkaam, 1/594; Daar Ibnil-Haitsam, Thn. 1425 H], Muhammad ‘Umar Bazmuul [At-Tarjiih, hal. 77], ‘Abdullah bin ‘Abdil-‘Aziiz Al-‘Uqail[7], dan yang lainnya.
2.      Berpuasa afdlal.
Dalilnya utama mereka adalah firman Allah ta’ala :
فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui [QS. Al-Baqarah : 184].
Sisi pendalilannya : Setelah menetapkan rukhshah berbuka bagi orang yang sakit atau dalam perjalanan (safar), Allah ta’ala menutupnya dengan firman-Nya : ‘Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui’.
Ini adalah pendapat Anas bin Maalik[8], Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abil-‘Aash[9], ‘Athaa’[10], Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar[11], Sa’id bin Jubair[12], Mujaahid[13], dan yang lainnya. Pendapat ini dinisbatkan kepada pendapat jumhur dari kalangan Hanafiyyah, Maalikiyyah, dan Syaafi’iyyah [Al-Ikhtiyaar 1/134, Fathul-Qadiir 2/351, Haasyiyyah Ibni ‘Aabidiin 2/117, Al-Kaafiy hal. 121, Al-Fawaakihud-Dawaaniy 1/364, Bulghatus-Saalik 1/243, At-Tanbiih hal. 66, Raudlatuth-Thaalibiin 2/370, dan Al-Majmuu’ 6/265 – melalui perantaraan At-Tarjiih fii Masaailish-Shaum waz-Zakaah hal. 77].
Pembahasan (Tarjih)
Apabila kita lihat beberapa nash yang menjelaskan berbukanya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan beberapa shahabat lain, maka dijelaskan ‘illat perbuatan tersebut. Di antaranya :
وحدثنا أبو كريب. حدثنا حفص عن عاصم الأحول، عن مورق، عن أنس رضي الله عنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر. فصام بعض وأفطر بعض. فتحزم المفطرون. وعملوا وضعف الصوام عن بعض العمل. قال: فقال في ذلك "ذهب المفطرون اليوم بالأجر".
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Hafsh, dari ‘Aashim Al-Ahwal, dari Muwarriq, dari Anas radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berada dalam satu safar. Lalu sebagian orang berpuasa, dan sebagian lain berbuka. Orang-orang berbuka semangat dalam beramal, akan tetapi orang yang berpuasa merasa lemah dalam sebagian amal. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang hal itu : “Orang-orang yang berbuka pada hari ini pergi dengan membawa pahala” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1119].
حدثني محمد بن حاتم. حدثنا عبدالرحمن بن مهدي عن معاوية بن صالح، عن ربيعة. قال: حدثني قزعة. قال: أتيت أبا سعيد الخدري رضي الله عنه وهو مكثور عليه. فلما تفرق الناس عنه، قلت: إني لا أسألك عما يسألك هؤلاء عنه. سألته عن الصوم في السفر ؟ فقال: سافرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى مكة ونحن صيام. قال: فنزلنا منزلا. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إنكم قد دنوتم من عدوكم والفطر أقوى لكم. فكانت رخصة". فمنا من صام ومنا من أفطر. ثم نزلنا منزلا آخر. فقال: "إنكم مصبحوا عدوكم. والفطر أقوى لكم، فأفطروا وكانت عزمة". فأفطرنا. ثم قال: رأيتنا نصوم، مع رسول الله صلى الله عليه وسلم بعد ذلك، في السفر.
Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Haatim : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy, dari Mu’aawiyyah bin Shaalih, dari Rabii’ah, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Qaza’ah, ia berkata : Aku pernah menemui Abu Sa’iid Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu yang saat itu sedang dikerumuni banyak orang. Ketika orang-orang bubar, aku berkata : “Sesungguhnya aku tidak bertanya kepadamu tentang apa yang telah ditanyakan orang-orang tadi. Aku bertanya kepadamu tentang hukum puasa ketika safar ?”. Ia menjawab : “Kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menuju Makkah dalam keadaan berpuasa. Kami pun tiba di suatu tempat. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Sesungguhnya jarak antara kalian dengan musuh kalian semakin dekat. Berbuka puasa akan menjadikan kalian lebih kuat. Dan ia adalah sebuah keringanan”. Lalu, ada di antara kami yang tetap berpuasa, ada pula yang berbuka. Kemudian kami tiba di satu tempat yang lain. Beliau bersabda : ‘Sesungguhnya besok pagi kalian akan bertemu dengan musuh kalian, dan berbuka berpuasa itu akan menjadikan kalian lebih kuat. Maka berbukalah kalian, dan ia adalah satu ketetapan’. Maka kami pun berbuka”. Kemudian Abu Sa’iid berkata : “Aku melihat kami masih berpuasa bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam setelah itu pada waktu safar” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1120].
حدثنا داود بن رشيد. حدثنا الوليد بن مسلم عن سعيد بن عبدالعزيز، عن إسماعيل بن عبيدالله، عن أم الدرداء عن أبي الدرداء رضي الله عنه ؛ قال: خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في شهر رمضان في حر شديد. حتى إن كان أحدا ليضع يده على رأسه من شدة الحر. وما فينا صائم، إلا رسول الله صلى الله عليه وسلم وعبدالله بن رواحة.
Telah menceritakan kepada kami Daawud bin Rasyiid : Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari Sa’iid bin ‘Abdil-‘Aziiz, dari Ismaa’iil bin ‘Ubaidillah, dari Ummud-Dardaa’, dari Abud-Dardaa’ radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadlaan yang ketika itu hari sangat panas/terik. Hingga salah seseorang harus meletakkan tangannya di atas kepalanya dikarenakan panasnya hari itu. Di antara kami tidak ada yang berpuasa kecuali Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan ‘Abdullah bin Rawaahah” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1122].
‘Illat-nya adalah : Adanya kesulitan dan kelemahan bagi orang yang berpuasa sehingga lemah pula untuk beramal. Oleh karena itu, dalam beberapa riwayat beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para shahabat untuk berbuka. Inilah yang afdlal bagi mereka (dengan adanya penetapan kebaikan dan pahala bagi yang berbuka).
Akan tetapi, jika mereka merasa kuat dan tidak merasa payah, tetap diperbolehkan untuk berbuka sebagaimana sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada Hamzah bin ‘Amru Al-Aslamiy, dan juga perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam sendiri dalam hadits Abud-Dardaa’ radliyallaahu ‘anhumaa di atas.
Perbuatan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan sebagian shahabat yang tetap berpuasa menunjukkan bahwa berpuasa saat safar tetap mempunyai keutamaan, yaitu jika mereka kuat dan tidak lambat dalam beramal. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabat adalah orang-orang yang rakus akan kebaikan. Seandainya berpuasa ketika safar sama sekali tidak ada kebaikan di dalamnya (atau bahkan perbuatan maksiat), niscaya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan sebagian shahabat beliau tidak akan melakukannya.
Keadaan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berpuasa sebelum berbuka atau memerintahkan para shahabat untuk berbuka ketika safar, menguatkan makna ini.
Ringkas kata, barangsiapa yang mendapati kekuatan/kemampuan pada dirinya sehingga puasa tidak memberatkan dirinya, maka berpuasa itu afdlal baginya. Dan barangsiapa yang mendapati kelemahan pada dirinya, maka berbuka itu afdlal baginya. Makruh baginya untuk berpuasa. Inilah yang raajih, insya Allah.
حدثنا نصر بن علي أخبرنا يزيد بن زريع أخبرنا الجريري وأخبرنا سفيان بن وكيع أخبرنا عبد الأعلى عن الجريري عن أبي نضرة عن أبي سعيد الخدري قال: كنا نسافر مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فمنا الصائم ومنا المفطر فلا يجد المفطر على الصائم ولا الصائم على المفطر، وكانوا يرون أنه من وجد قوة فصام فحسن، ومن وجد ضعفا فأفطر فحسن"
Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Aliy[14] : Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Zurai’[15] : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Jurairiy[16]. Dan telah mengkhabarkan kepada kami Sufyaan bin Wakii’[17] : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-A’laa[18], dari Al-Jurairiy, dari Abu Nadlrah[19], dari Abu Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata : “Kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka ada di antara kami yang tetap berpuasa, ada pula yang berbuka. Orang yang berbuka tidaklah marah kepada orang yang berpuasa, begitu juga sebaliknya, orang yang berpuasa kepada orang yang berbuka. Dan mereka (para shahabat) berpendapat bahwa barangsiapa mempunyai kemampuan, maka berpuasa lebih baik baginya.  Dan barangsiapa yang merasa lemah, maka berbuka lebih baik baginya” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 713, dan ia berkata : “Hasan shahih”. Dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy, 1/382; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1420 H].
حدثنا ابن بشار، قال: حدثنا عبد الوهاب قال، حدثنا أيوب قال، حدثنا عروة وسالم: أنهما كانا عند عمر بن عبد العزيز إذ هو أميرٌ على المدينة، فتذاكروا الصومَ في السفر، قال سالم: كان ابن عمر لا يصُوم في السفر. وقال عروة. وكانت عائشة تصوم. فقال سالم: إنما أخذت عن ابن عمر. وقال عروة: إنما أخذتُ عن عائشة. حتى ارتفعت أصواتهما. فقال عمر بن عبد العزيز: اللهم عفوً!ا إذا كان يُسرًا فصوموا، وإذا كان عُسرًا فأفطروا.
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Basyaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ayyuub, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Urwah dan Saalim : Bahwasannya keduanya pernah berada di sisi ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz ketika ia menjadi gubernur di Madiinah. Mereka berdiskusi tentang hukum puasa ketika safar. Saalim berkata : “Ibnu ‘Umar tidak berpuasa ketika safar”. ‘Urwah berkata : “Akan tetapi, ‘Aaisyah berpuasa (ketika safar)”. Saalim berkata : “Aku hanya akan mengambil pendapat Ibnu ‘Umar”. ‘Urwah berkata : “Adapun aku, hanya akan mengambil pendapat ‘Aaisyah”. Hingga suara keduanya meninggi (karena pertengkaran tersebut). Lalu ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz berkata : “Ya Allah, berilah maaf. Apabila merasa mudah, berpuasalah. Namun bila merasa susah/payah, maka berbukalah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tafsir-nya, 3/465 no. 2869; shahih].
Pendapat inilah yang dipilih oleh Sufyaan Ats-Tsauriy, Maalik bin Anas, dan ‘Abdullah bin Al-Mubaarak sebagaimana disebutkan oleh At-Tirmidziy rahimahumullah.[20] Pendapat inilah yang dipilih oleh Ibnu ‘Utsaimin[21], Ibnul-Jibriin[22], Mushthafaa Al-‘Adawiy[23], dan yang lainnya.
Pendapat ini sejalan dengan pendapat yang mengatakan : Mana saja yang mudah baginya untuk melakukanya, maka itulah yang afdlal.[24]
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
“Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” [QS. Al-Baqarah : 185].
أخبرنا أبو علي أحمد بن محمد ابن فضالة بن غيلان بن الحسين السوسي الحمصي الصفار : ثنا أبو عبد الله بحر ابن نصر : ثنا ابن وهب : ثنا ابن لهيعة عن يزيد بن أبي حبيب : أن عمران بن أنس حدثه عن أبي سلمة بن عبد الرحمن عن حمزة بن عمرو : أنه سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صيام في السفر ؟. فقال : أي ذلك عليك أيسر فافعل. يعني إفطار رمضان أو صيامه في السفر
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Aliy Ahmad bin Muhammad bin Fudlaalah bin Ghailaan bin Al-Husain As-Suusiy Al-Himshiy Ash-Shaffaar : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Bahr bin Nashr : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahii’ah, dari Yaziid bin Abi Habiib : Bahwasannya ‘Imraan bin Anas telah menceritakan kepadanya, dari Abu Salamah bin ‘Abdirahmaan, dari Hamzah bin ‘Amru : Bahwasannya ia pernah bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang puasa ketika safar ?. Maka beliau menjawab : “Mana saja yang paling mudah bagimu, lakukanlah” – yaitu berbuka atau berpuasa di bulan Ramadlaan ketika safar [Diriwayatkan oleh Tamaam Ar-Raaziy dalam Al-Fawaaid (Ar-Raudlul-Bassaam) 2/180-181 no. 571; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Ash-Shahiihah 6/898-899 no. 2884, Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1416 H].
Karena….., pendapat sebelumnya juga terbangun di atas prinsip kemudahan bagi orang yang berpuasa.
Lantas, apa jawaban atas dalil-dalil yang diutarakan oleh pendapat pertama di atas ?
Jawab :
1.      Pengutamaan pengambilan rukhshah.
Dalam beberapa riwayat dijelaskan tentang ‘illat keutamaan/kewajiban mengambil rukhshah berbuka ketika safar :
أخبرني شعيب بن شعيب بن إسحاق قال حدثنا عبد الوهاب بن سعيد قال حدثنا شعيب قال حدثنا الأوزاعي قال حدثني يحيى بن أبي كثير قال أخبرني محمد بن عبد الرحمن قال أخبرني جابر بن عبد الله: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم مر برجل في ظل شجرة يرش عليه الماء قال ما بال صاحبكم هذا قالوا يا رسول الله صائم قال انه ليس من البر أن تصوموا في السفر وعليكم برخصة الله التي رخص لكم فاقبلوها.
Telah mengkhabarkan kepadaku Syu’aib bin Ishaaq[25], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Wahhaab bin Sa’iid[26], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’aib[27], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Auza’iy[28], ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abi Katsiir[29], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Muhammad bin ‘Abdirrahmaan[30], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Jaabir bin ‘Abdillah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melewati seorang laki-laki yang berada di bawah naungan pohon yang dirinya disiram air. Beliau bersabda : “Ada apa dengan shahabat kalian ini ?”. Mereka menjawab : “Wahai Rasulullah, ia sedang berpuasa”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya tidak ada kebaikan kalian berpuasa ketika safar. Wajib atas kalian mengambil rukhshah yang telah Allah berikan kepada kalian. Terimalah ia” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 2258; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan An-Nasa’iy 2/130, Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1419 H].
Yaitu, adanya kepayahan dari orang yang bersangkutan.
Adapun sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “barangsiapa yang senang untuk berpuasa, maka tidak ada dosa baginya” – bagi yang berpuasa ketika safar, maka tidak selalu menunjukkan bahwa hal itu berkonsekuensi berpuasa mempunyai kedudukan lebih rendah dari lawannya (tidak berpuasa). Perbuatan yang dinafikkan adanya dosa padanya kadangkala merupakan perbuatan yang disyari’atkan dan mempunyai keutamaan, bahkan merupakan bagian dari satu kewajiban. Hanya saja datangnya nash tentang dicabutnya dosa ini untuk menghilangkan kesalahpahaman atau dugaan orang yang menganggapnya satu dosa jika melakukannya. Contoh yang cukup baik dalam perkara ini adalah satu riwayat yang dibawakan oleh Az-Zuhriy, dari ‘Urwah, ia berkata :
سألت عائشة رضي الله عنها، فقلت لها: أرأيت قول الله تعالى: {إن الصفا والمروة من شعائر الله فمن حج البيت أو اعتمر فلا جناح عليه أن يطوف بهما}. فوالله ما على أحد جناح أن لا يطوف بالصفا والمروة، قالت: بئس ما قلت يا ابن أختي، إن هذه لو كانت كما أولتها عليه، كانت: لا جناح عليه أن لا يتطوف بهما، ولكنها أنزلت في الأنصار، كانوا قبل أن يسلموا، يهلون لمناة الطاغية، التي كانوا يعبدونها عند المشلل، فكان من أهل يتحرج أن يطوف بالصفا والمروة، فلما أسلموا، سألوا رسول الله صلى الله عليه وسلم عن ذلك، قالوا: يا رسول الله، إنا كنا نتحرج أن نطوف بين الصفا والمروة، فأنزل الله تعالى: {إن الصفا والمروة من شعائر الله}. الآية.
قالت عائشة رضي الله عنها: وقد سن رسول الله صلى الله عليه وسلم الطواف بينهما، فليس لأحد أن يترك الطواف بينهما.
Aku bertanya kepada ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa, maka aku katakan kepadanya : “Apa pendapatmu mengenai firman Allah ta’ala : ‘Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-‘umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sai antara keduanya’ (QS. Al-Baqarah : 158). Maka demi Allah, tidak ada dosa pula bagi seorang pun untuk tidak melakukan thawaf antara Shafa dan Marwah”. ‘Aisyah berkata : “Sungguh jelek apa yang engkau katakan wahai anak saudariku. Sesungguhnya ayat tersebut jika pengertiannya seperti yang engkau ta’wil-kan, tentu itu akan berkonsekuensi : tidak ada dosa untuk tidak melakukan thawaf antara keduanya. Akan tetapi ayat tersebut turun berkenaan dengan orang-orang Anshar ketika dahulu mereka sebelum masuk Islam, mereka berteriak sambil ber-talbiyah kepada berhala Manaat yang dulu mereka sembah di daerah Musyallal; sehingga orang yang ber-ihram merasa berdosa melakukan thawaf (sa’i) antara Shafa dan Marwah. Dan ketika mereka telah masuk Islam, mereka bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam perihal tersebut. Mereka berkata : ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami merasa berdosa jika melakukanthawaf di Shafa dan Marwah’. Maka Allah menurunkan ayat : ‘Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-‘umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sai antara keduanya’ (QS. Al-Baqarah : 158)”.
‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa berkata : “Dan sungguh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah men-sunnah-kan thawaf (sa’i) di antara keduanya. Maka tidak boleh bagi seorang pun untuk meninggalkan thawaf di antara keduanya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1643, Ahmad 6/144, Al-Humaidiy no. 219, Muslim no. 1277, At-Tirmidzi no. 2965, dan yang lainnya].
Jika demikian, maka sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
ومن أحب أن يصوم فلا جناح عليه
“Dan barangsiapa yang senang untuk berpuasa, ”.
bukan bermakna tarjih untuk berbuka atas yang berpuasa. Namun maknanya pencabutan dosa atas kekhawatiran adanya anggapan sebagian orang bahwa berpuasa ketika safar adalah dilarang/berdosa.
Maka, meskipun hadits Hamzah bin ‘Amr radliyallaahu ‘anhu menegaskan adanya kebaikan bagi orang yang berbuka, bukan berarti orang yang berpuasa tidak ada kebaikan. Dua-duanya mempunyai kebaikan. Dan kebaikan itu tergantung pada keadaan diri masing-masing yang menjalankannya. Jika mampu berpuasa dan ia merasa ringan untuk mengerjakannya, maka berpuasa itu afdlal (lebih utama) dibandingkan berbuka. Jika sebaliknya, maka berbuka afdlal dibandingkan berpuasa.
2.      Tidak ada kebaikan berpuasa ketika safar.
Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam ini diucapkan ketika melihat orang yang kepayahan ketika berpuasa sehingga memudlaratkannya.
3.      Orang yang berpuasa ketika safar termasuk orang yang durhaka.
Hadits ini disabdakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika hendak berangkat dalam peperangan pembebasan negeri Makkah. Kemungkinan, sabda beliau ini diucapkan pada kali kedua setelah jarak jarak musuh semakin dekat untuk mempersiapkan fisik para pasukan (lihat dalam hadits Abu Sa’iid Al-Khudriy dalam Shahih Muslim no. 1120 di atas).
Ini saja yang dapat dituliskan. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abul-jauzaa’ – semoga ada manfaatnya – artikel ini merupakan kelanjutan penjabaran artikel : Mana Yang Afdlal (Lebih Utama) Yang Dilakukan Ketika Safar : Puasa Atau Berbuka ? - Revised].


[1]      Lihat : Mausu’ah Al-Ijmaa’ fil-Fiqhil-Islaamiy oleh Sa’diy Abu Jaib, hal. 731 no. 2582.
[2]      Qutaibah bin Sa’iid bin Jamiil bin Thariif bin ‘Abdillah Ats-Tsaqafiy, Abu Rajaa’ Al-Balkhiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-10, wafat tahun 240 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 799 no. 5557].
[3]      ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abi ‘Ubaid Ad-Daraawardiy, Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, sedikit mendapat kritikan dari jurusan hapalannya. Ada perkataan panjang para ulama tentangnya. Silakan baca di artikal ini (catatan kaki no. 7).
[4]      ‘Ammaarah bin Ghaziyyah bin Al-Haarits bin ‘Amru bin Ghaziyyah bin ‘Amru bin Tsa’labah An-Najaar Al-Anshaariy. Ibnu Hajar menghukuminya : laa ba’sa bih. Namun yang benar – wallaahu a’lam – ia seorang yang tsiqah. Telah ditsiqahkan oleh Abu Zur’ah, Ibnu Sa’d, Ibnu Hibbaan, Ad-Daaruquthniy, dan Al-‘Ijly. Adapun Ibnu Ma’iin berkata : “Shaalih”. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya” [Lihat : At-Taqriib, hal. 713 no. 4892; dan Tahdziibut-Tahdziib, 7/422-423 no. 688].
[5]      Naafi’ Abu ‘Abdillah Al-Madaniy maula Ibni ‘Umar; seorang yang tsiqahtsabat, faqiih, lagi masyhuur. Termasuk thabaqah  ke-3, wafat tahun 117 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 996 no. 7136].
[8]      Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا هناد وأبو السائب قالا حدثنا أبو معاوية عن عاصم عن أنس : أنه سئل عن الصوم في السفر فقال : من أفطر فبرخصة الله ، ومن صام فالصوم أفضل
Telah menceritakan kepada kami Hanaad dan Abus-Saaib, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, dari ‘Aashim, dari Anas : Bahwasannya ia pernah ditanya tentang puasa ketika safar, maka ia menjawab : “Barangsiapa yang berbuka, maka ia melakukannya dengan rukhshah yang diberikan Allah. Dan barangsiapa yang berpuasa, maka puasa itu lebih utama” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/466-467 no. 2874, tahqiq : Ahmad Syaakir; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1420 H].
Sanad riwayat ini shahih.
[9]      Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا أبو كريب قال، حدثنا أبو أسامة، عن أشعث بن عبد الملك، عن محمد بن عثمان بن أبي العاص قال: الفطر في السفر رخصة، والصوم أفضل
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Asy’ats bin ‘Abdil-Malik, dari Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abil-‘Aash, ia berkata : “Berbuka ketika safar itu rukhshah, sedangkan puasa adalah afdlal” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/467 no. 2875].
Sanad riwayat ini shahih.
[10]     Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا هناد قال، حدثنا وكيع، عن بسطام بن مسلم، عن عطاء قال: إن صمتم أجزأ عنكم، وإن أفطرتم فرُخصة.
Telah menceritakan kepada kami Hanaad : Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Busthaam bin Muslim, dari ‘Athaa’, ia berkata : “Apabila engkau berpuasa, engkau akan diberikan pahala. Dan jika engkau berbuka, maka itu adalah rukhshah” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/468 no. 2877].
Sanad riwayat ini shahih.
[11]     Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا هناد قال، حدثنا وكيع، عن كهمس قال: سألت سالم بن عبد الله عن الصوم في السفر، فقال: إن صمتم أجزأ عنكم، وإن أفطرتم فرخصة
Telah menceritakan kepada kami Hanaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Kahmas, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Saalim bin ‘Abdillah tentang puasa ketika safar. Maka ia menjawab : “Apabila engkau berpuasa, engkau akan diberikan pahala. Dan jika engkau berbuka, maka itu adalah rukhshah” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/468 no. 2878].
Sanad riwayat ini shahih.
[12]     Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا هناد قال، حدثنا وكيع، عن سفيان، عن حماد، عن سعيد بن جبير، قال: الفطر في السفر رُخصة، والصومُ أفضل.
Telah menceritakan kepada kami Hanaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Sufyaan, dari Hammaad, dari Sa’iid bin Jubair, ia berkata : “Berbuka puasa ketika safar itu rukhshah, dan puasa adalah afdlal (lebih utama)” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/468 no. 2880].
Sanad riwayat ini shahih.
[13]     Ath-Thabariy rahimahullah berkata :
حدثنا حميد بن مسعدة قال، حدثنا سفيان بن حبيب قال، حدثنا العوّام بن حوشب قال: قلت لمجاهد: الصوم في السفر قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم فيه ويفطر. قال: قلت: فأيهما أحب إليك؟ قال: إنما هي رُخصة، وأن تصوم رمضان أحب إليّ.
Telah menceritakan kepada kami Humaid bin Mas’adah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin Habiib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-‘Awwaam bin Hausyab, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Mujaahid : “Apa pendapatmu tentang puasa ketika safar ?”. Ia menjawab : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berpuasa dan berbuka ketika safar”. Aku berkata : “Lalu, yang manakah di antara keduanya yang engkau sukai ?”. Ia menjawab : “Berbuka hanyalah merupakan rukhshah. Namun jika engkau berpuasa Ramadlaan, maka lebih aku senangi” [Tafsiir Ath-Thabariy, 3/468 no. 2883].
Sanad riwayat ini hasan.
[14]     Nashr bin ‘Aliy bin Nashr bin ‘Aliy bin Shahbaan bin Abil-Azdiy Al-Jahdlamiy, Abu ‘Amru Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-10, wafat tahun 250 H di Bashrah. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 1000 no. 7170].
[15]     Yaziid bin Zurai’ Al-‘Aisyiy, Abu Mu’aawiyyah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-8, wafat tahun 182 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 1074 no. 7764].
[16]     Sa’iid bin Iyaas Al-Jurairiy, Abu Mas’uud Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, namun mengalami ikhtilaath tiga tahun sebelum wafatnya. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 144 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 374 no. 2286].
Dan di sini, Yaziid bin Zurai’ termasuk perawi yang mendengar haditsnya sebelum masa ikhtilaath, sebagaimana dikatakan Al-Abnaasiy [lihat : Al-Mukhtalithiin oleh Al-‘Alaaiy (bersama komentar muhaqqiq-nya), hal. 37-38 no. 16, tahqiq : Raf’at bin Fauziy & ‘Aliy bin ‘Abdil-Baasith; Maktabah Al-Khaanijiy, Kairo].
[17]     Sufyaan bin Wakii’ bin Al-Jarraah bin Maliih Ar-Ruaasiy Al-Kuufiy; seorang yang lemah [Natsnun-Nabaal, hal. 598 no. 1304] – namun riwayatnya dapat digunakan sebagai i’tibar sebagaimana yang diterapkan oleh Al-Albaaniy dalam Ash-Shahiihah 5/90.
[18]     ‘Abdul-A’laa bin ‘Abdil-A’laa bin bin Muhammad Al-Bashriy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-8, wafat tahun 189 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 562 no. 3758].
[19]     Namanya, Al-Mundzir bin Maalik bin Qath’ah, Abu Nadlrah Al-‘Abdiy Al-‘Aufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 108/109 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam riwayat mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, 971 hal. no. 6938].
[20]     At-Tirmidziy rahimahullah berkata :
واختلف أهل العلم في الصوم في السفر، فرأى بعض أهل العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وغيرهم أن الفطر في السفر أفضل، حتى رأى بعضهم عليه الإعادة إذا صام في السفر. واختار أحمد وإسحاق الفطر في السفر.
وقال بعض أهل العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وغيرهم: إن وجد قوة فصام فحسن وهو أفضل، وإن أفطر فحسن، وهو قول سفيان الثوري ومالك بن أنس وعبد الله بن المبارك.
“Para ulama berbeda pendapat tentang puasa ketika safar. Sebagian ulama dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan yang lainnya berpendapat bahwa berbuka ketika safar lebih utama, hingga sebagian dari mereka mengulangi (menqadla’)-nya apabila terlanjur berpuasa ketika safar. Ahmad dan Ishaaq memilih pendapat untuk berbuka ketika safar.
Dan sebagian ulama dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan yang lainnya berpendapat : Seandainya ia mendapatkan kekuatan lalu ia berpuasa, maka itu baik dan afdlal (lebih utama). Namun seandainya ia berbuka, itu pun baik. Ini adalah pendapat Sufyaan Ats-Tsauriy, Maalik bin Anas, dan ‘Abdullah bin Al-Mubaarak” [Shahih Sunan At-Tirmidziy, 1/380-381].
[24]     Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah menyatakan pendapat ini dalam Silsilah Ash-Shahiihah, 6/898-899 no. 2884.
[25]     Syu’aib bin Syu’aib bin Ishaaq bin ‘Abdirrahmaan bin ‘Abdillah bin Raasyid Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abu Muhammad Ad-Dimasyqiy. Ibnu Hajar mengatakan ia seorang yang shaduuq. Akan tetapi yang raajih walaahu a’lam - , ia seorang yang tsiqah sebagaimana dikatakan Adz-dzahabiy. Termasuk thabaqah ke-11, wafat tahun 264 H. Dipakai oleh An-Nasaaa’iy dalam Sunan-nya [lihat : Tahriirut-Taqriib, 2/117 no. 2802].
[26]     ‘Abdul-Wahhaab bin Sa’iid bin ‘Athiyyah As-Sulamiy, Abu Muhammad Ad-Dimasyqiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10. Dipakai oleh An-Nasaaa’iy dan Ibnu Maajah dalam Sunan-nya [idem, hal. 632 no. 4284].
[27]     Syu’aib bin Ishaaq bin ‘Abdirrahmaan bin ‘Abdillah bin Raasyid Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abu Muhammad Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 189 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 436 no. 2808].
[28]     ‘Abdurrahmaan bin ‘Amru bin Abi ‘Amru Asy-Syaamiy, Abu ‘Amru Al-Auzaa’iy; seorang imamtsiqahjaliil, dan faqiih. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 157 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 593 no. 3992].
[29]     Yahyaa bin Abi Katsiir Ath-Thaa’iy, Abu Nashr Al-Yamaamiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun melakukan tadlis dan irsaal. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 1065 no. 7682].
Ibnu Hajar memasukkannya dalam tingkatan kedua dalam Thabaqaat Al-Mudallisiin (no. 63).
[30]     Muhammad bin ‘Abdirrahmaan bin Tsaubaan Al-Qurasyiy Al-‘Aamiriy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [idem, hal. 869 no. 6108].

Comments

Anonim mengatakan...

Saya tinggal di Jakarta, kalau ke Surabaya atau ke Bali termasuk safar tidak ? perjalanan dapat ditempuh dalam beberapa jam saja , tidak panas dan melelahkan .

Afdal berpuasa atau berbuka , termasuk sholatnya perlu di jama' tidak .

Abu Furqon mengatakan...

Assalamu'alaikum warohmatulloh. Alhamdulillah, bagus ulasannya Pak Ustadz (seperti biasanya) Jazaakallohu khoir. Kalau bisa, tolong diulas juga masalah sholat tarawih, khususnya tentang pelaksanaan sholat tarawih 2 kali (11 rokaat sebelum tidur, kemudian sholat malam lagi setelah tidur/ sebelum sahur; witirnya bagaimana seharusnya menurut pendapat yang lebih kuat?

Wassalam,
Abu Furqon

Abu Zaid mengatakan...

Barokallohu fiik, artikel yang bermanfaat.

Jazaakallohu khoir,
Abu Zaid (Cimahpar, Bogor)

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

@Anonim,... termasuk safar. Jika antum tidak merasa berat untuk menjalankan ibadah puasa, afdlal puasa. Adapun masalah shalat, sebaiknya tetap dilakukan sesuai dengan waktunya (karena itu sangat memungkinkan untuk antum lakukan), sesuai dengan keumuman firman Allah ta'ala :

إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

"Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman" [QS. An-Nisaa' : 103].

****

@Abu Furqon,... wa'alaikumus-salaam warahmatullaahi wabarakatuh. Semoga ada kesempatan untuk membahasnya...

****

@Abu Zaid,... bumi di Cimahpar ? abdi di Ciomas...

Anonim mengatakan...

Pak ustad , masih masalah sholat dalam safar .

Dalam praktek para ustad yang pernah saya ikuti daurahnya , mereka yang dari luar kota biasanya menjamak sholat dhuhur dan ashar sekalian di qosor di waktu dhuhur tersebut.
Hal ini pernah saya tanyakan dan mereka ( lebih dari seorang ustad ) mengatakan bahwa afdolnya di jama' qosor karena itu shodaqoh atau kemudahan dari Allah , dan Allah menyukai kalau keringanannya di terima hamba-Nya.

Sedangkan ayat yang menyatakan demikian kalau nggak salah berhubungan dengan keamanan dalam menghadapi orang kafir , mohon maaf kalau salah.

Saya suka bigung menghadapi masalah seperti ini , dan kalau tidak keberatan bisa dibahas yang lebih mendalam fiqh-nya .