Tanya
: Apakah
benar Abu Haniifah rahimahullah membolehkan keluar ketaatan dari
penguasa yang dhalim dengan mengangkat pedang ?. Jika benar, bukankah itu
berarti merupakan salah satu pendapat madzhab yang statusnya sebagaimana
khilaf-khilaf fiqh lain yang semestinya diberikan ruang toleransi?.
Jawab
: Alhamdulillah, wash-shalaatu was-salaamu
‘alaa nabiyyinaa wa ‘alaa aalihi wa ashhaabihi wa man waalah, amma ba’d,
Abu
Haniifah rahimahullah adalah ulama besar di dunia Islam, salah satu dari
4 ulama madzhab yang terkenal. Banyak pujian ulama yang tersemat kepada beliau rahimahullah.
‘Aliy
bin ‘Aashim rahimahullah berkata:
لَوْ وُزِنَ عِلْمُ أَبِي حَنِيفَةَ
بِعِلْمِ أَهْلِ زَمَانِهِ لَرَجِحَ
“Seandainya
ilmu Abu Haniifah ditimbang dengan ilmu orang-orang di zamannya, niscaya akan
lebih berat (ilmu Abu Haniifah)” [Manaaqib Abi Haniifah, hal. 19].
Ibnul-Mubaarak
rahimahullah pernah ditanya:
أَمَالِكٌ أَفْقَهُ أَمْ أَبُو حَنِيفَةَ؟،
فَقَالَ: أَبُو حَنِيفَةَ
“Manakah
yang lebih faqih, Maalik (bin Anas) ataukah Abu Haniifah ?”. Maka ia menjawab :
“Abu Haniifah” [idem].
Yahyaa
bin Sa’iid Al-Qaththaan rahimahullah berkata:
لا نَكْذِبُ اللَّهَ مَا سَمِعْنَا
أَحْسَنَ مِنْ رَأْيِ أَبِي حَنِيفَةَ، وَقَدْ أَخَذْنَا بِأَكْثَرِ أَقْوَالِهِ
“Kami
tidak berdusta kepada Allah. Tidaklah kami mendengar satu pendapat yang lebih
baik daripada pendapat Abu Haniifah. Sungguh, kami telah mengambil (faedah)
dari kebanyakan perkataannya” [idem].
Hafsh
bin Ghiyaats rahimahullah berkata:
كَلامُ أَبِي حَنِيفَةَ أَدَقُّ مِنَ
الشَّعْرِ لا يَعِيبُهُ إِلا جَاهِلٌ
“Perkataan
Abu Haniifah lebih dalam dibandingkan helaian rambut. Tidak ada yang mencelanya
kecuali orang yang bodoh” [idem].
Dan
masih banyak lagi pujian ulama kepada Abu Haniifah yang kesemuanya menunjukkan
ketinggian martabat beliau di kalangan mereka.
Namun
demikian, Abu Haniifah tidak ma’shuum. Dalam beberapa hal, ia
mendapatkan kritikan. Seperti misal dalam hadits, maka ia seorang yang lemah
yang dikritik oleh jumhur ulama[1].
Juga dalam masalah iman, beliau terjatuh dalam kekeliruan irjaa’ (murji’atul-fuqahaa’)
yaitu mengeluarkan amal perbuatan dari nama iman[2],
iman tidak bertambah dan tidak pula berkurang[3],
serta pelarangan mengucapkan istitsnaa’ dalam iman[4].
Termasuk
dari ketergelinciran beliau rahimahullah adalah dalam masalah pedang –
sebagaimana yang antum tanyakan. Akan saya bawakan beberapa riwayat tentangnya
sebagai berikut:
حَدَّثَنِي أَبُو الْفَضْلِ
الْخُرَاسَانِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ مُوسَى الأَشْيَبُ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا
يُوسُفَ، يَقُولُ: كَانَ أَبُو حَنِيفَةَ يَرَى السَّيْفَ، قُلْتُ: فَأَنْتَ؟
قَالَ: مَعَاذَ اللَّهِ
Telah
menceritakan kepadaku Al-Fadhl Al-Khurasaaniy : Telah menceritakan kepada kami
Al-Hasan bin Muusaa Al-Asyyab, ia berkata : Aku mendengar Abu Yuusuf berkata :
"Abu Haniifah berpendapat bolehnya mengangkat pedang/senjata". Aku
berkata : "Kalau engkau ?". Ia (Abu Yuusuf) berkata : "Ma'aadzallaah"
[Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal dalam As-Sunnah hal. 181-182
no. 233; shahih].
حَدَّثَنِي أَبُو الْفَضْلِ
الْخُرَاسَانِيُّ، حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَمَّاسِ السَّمَرْقَنْدِيُّ،
قَالَ: قَالَ رَجُلٌ لابْنِ الْمُبَارَكِ وَنَحْنُ عِنْدَهُ إِنَّ أَبَا
حَنِيفَةَ، كَانَ مُرْجِئًا يَرَى السَّيْفَ، فَلَمْ يُنْكِرْ عَلَيْهِ ذَلِكَ
ابْنُ الْمُبَارَكِ
Telah
menceritakan kepadaku Abul-Fadhl Al-Khurasaaniy : Telah menceritakan kepadaku
Ibraahiim bin Syammaas As-Samarqandiy (ia berkata) : "Ada seorang
laki-laki yang berkata kepada Ibnul-Mubaarak sedangkan kami (ketika itu) di
sisinya : 'Sesungguhnya Abu Haniifah seorang murji' yang berpendapat bolehnya
mengangkat pedang', dan Ibnul-Mubaarak tidak mengingkari orang tersebut" [idem,
hal. 182 no. 234; shahih].
حدثني إبراهيم ثنا أبو توبة عن أبي إسحاق
قال: كان أبو حنيفة مرجئاً يرى السيف
Telah
menceritakan kepadaku Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah,
dari Abu Ishaaq, ia berkata : "Abu Haniifah seorang Murji' yang
berpendapat bolehnya mengangkat pedang".
حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ، ثنا أَبُو
تَوْبَةَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ الْفَزَارِيِّ، قَالَ: حَدَّثْتُ أَبَا حَنِيفَةَ،
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ بِحَدِيثٍ فِي رَدِّ السَّيْفِ فَقَالَ: هَذَا حَدِيثُ
خُرَافَةٍ
Telah
menceritakan kepadaku Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah,
dari Abu Ishaaq Al-Fazzaariy, ia berkata : "Aku menceritakan kepada Abu
Haniifah hadits dari Nabi ﷺ tentang penolakan terhadap
(sikap mengangkat) senjata, lalu ia (Abu Haniifah) berkata : "Ini adalah hadits
khurafaat" [idem, hal. 207 no. 322; shahih].
حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ، ثنا أَبُو
تَوْبَةَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، قَالَ: كَانَ أَبُو حَنِيفَةَ مُرْجِئًا يَرَى
السَّيْفَ
Telah
menceritakan kepadaku Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah,
dari Abu Ishaaq (Al-Fazzaariy), ia berkata : “Abu Haniifah seorang murji’
yang berpendapat bolehnya mengangkat pedang” [idem, no. 325; shahih].
Al-'Uqailiy
rahimahullah berkata:
حدثنا الفضل بن عبد الله، قال: حدثنا محمد
بن أبي خالد المصيصي، قال: سمعت وكيع بن الجراح، وسئل عن أبي حنيفة، قال: كان
مرجئا يرى السيف
Telah
menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin 'Abdillah, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Abi Khaalid Al-Mishshiishiy, ia berkata :
Aku mendengar Wakii' bin Al-Jarraah ditanya tentang Abu Haniifah. Ia menjawab :
"Ia seorang murji' yang berpendapat bolehnya mengangkat pedang"
[Diriwayatkan oleh Al-‘Uqailiy dalam Adl-Dlu’afaa’ hal. 1409].
حدثني أحمد بن أصرم المدني، قال: حدثنا
محمد بن هارون، قال: حدثنا أبو صالح الفراء، عن يوسف بن أسباط، قال: كان أبو حنيفة
مرجئا، وكان يرى السيف، وولد على غير الفطرة.
Telah
menceritakan kepadaku Ahmad bin Ashram Al-Madaniy, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Haaruun, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Abu Shaalih Al-Farraa’, dari Yuusuf bin Asbaath, ia berkata : “Abu Haniifah
seorang murji’ yang berpendapat bolehnya mengangkat pedang. Ia lahir
bukan di atas fithrah” [idem, hal. 1410].
أَخْبَرَنَا الحسن بن أبي بكر، قَالَ:
أَخْبَرَنَا إبراهيم بن مُحَمَّد بن يحيى المزكي النيسابوري، قَالَ: حَدَّثَنَا
مُحَمَّد بن المسيب، قال: سمعت عبد الله بن خبيق، قال: سمعت الهيثم بن جميل، يقول:
سمعت أبا عوانة، يقول: كان أَبُو حنيفة مرجئا يرى السيف، فقيل له: فحماد بن أبي
سليمان؟ قال: كان أستاذه في ذلك
Telah
mengkhabarkan kepada kami Al-Hasan bin Abi Bakr, ia berkata : Telah
mengkhabatkan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin Yahyaa Al-Muzakkiy
An-Naisaabuuriy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Musayyib, ia berkata : Aku mendengar ‘Abdullah bin Khabiiq, ia berkata : Aku
mendengar Al-Haitsam bin Jamiil berkata : Aku mendengar Abu ‘Awaanah berkata : “
Abu Haniifah seorang murji’ yang berpendapat bolehnya mengangkat pedang”.
Dikatakan kepadanya : “Bagaimana dengan Hammaad bin Abi Sulaimaan ?". Ia
menjawab : "Ia adalah gurunya dalam hal tersebut" [Diriwayatkan oleh
Al-Khathiib dalam Taariikh Baghdaad, 15/530].
Abu
'Ubaid Al-Aajurriy berkata:
قُلْت لأبي دَاوُد " كَانَ أَبُو
حَنِيفَة يرى السَيْف ؟، قَالَ: نعم
Aku
bertanya kepada Abu Daawud : "Apakah Abu Haniifah berpendapat bolehnya
mengangkat pedang ?". Ia menjawab " Ya" [As-Suaalaat].
Jika
kita melihat perkataan para ulama di atas, komentar mereka terhadap pendapat
Abu Haniifah yang membolehkan mengangkat pedang (memberontak) dalam konteks jarh
atau kritikan. Ini adalah ketergelinciran beliau yang tidak boleh direpro oleh
siapapun setelahnya. Sama halnya kekeliruan beliau dalam masalah keimanan yang
telah disebutkan sebelumnya. Hal itu dikarenakan bertentangan dengan nash-nash shahih
dan sharih (jelas) tentang kewajiban bersabar dan menahan diri untuk
tidak mengangkat pedang (memberontak) terhadap penguasa yang dhalim.
Nabi
ﷺ
bersabda:
إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ بَعْدِي أَثَرَةً
وَأُمُورًا تُنْكِرُونَهَا، قَالُوا: فَمَا تَأْمُرُنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ؟،
قَالَ: أَدُّوا إِلَيْهِمْ حَقَّهُمْ وَسَلُوا اللَّهَ حَقَّكُمْ
“Sesungguhnya
kelak sepeninggalku kalian akan melihat atsarah dan perkara-perkara yang kalian
mengingkarinya”. Para sahabat bertanya : “Lantas apa yang engkau
perintahkan kepada kami wahai Rasulullah ?”. Beliau ﷺ bersabda : “Tunaikan
kewajiban yang dibebankan kepada kalian, dan mintalah hak kalian kepada Allah”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 7052 dan Muslim no. 1843].
خِيَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ
تُحِبُّونَهُمْ وَيُحِبُّونَكُمْ، وَيُصَلُّونَ عَلَيْكُمْ وَتُصَلُّونَ
عَلَيْهِمْ، وَشِرَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ
وَيُبْغِضُونَكُمْ، وَتَلْعَنُونَهُمْ وَيَلْعَنُونَكُمْ، قِيلَ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ، أَفَلَا نُنَابِذُهُمْ بِالسَّيْفِ، فَقَالَ: لَا، مَا أَقَامُوا فِيكُمُ
الصَّلَاةَ وَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْ وُلَاتِكُمْ شَيْئًا تَكْرَهُونَهُ،
فَاكْرَهُوا عَمَلَهُ وَلَا تَنْزِعُوا يَدًا مِنْ طَاعَةٍ
“Sebaik-baik
pemimpin-pemimpin kamu adalah dimana kamu mencintainya dan mereka mencintaimu.
Kamu mendoakannya dan mereka pun mendoakanmu. Adapun sejelek-jelek pemimpin
kamu adalah dimana kamu membencinya dan mereka pun membencimu, kamu melaknatnya
dan mereka pun melaknatmu”. Dikatakan : Wahai
Rasulullah, apakah kami tidak memeranginya saja dengan pedang ?”. Beliau
menjawab : “Tidak, selama mereka masih menegakkan shalat di tengah kalian.
Apabila kalian melihat dari pemimpin kalian sesuatu yang kamu benci, maka
bencilah perbuatannya saja dan jangan melepaskan tangan dari ketaatan” [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1855].
Larangan
memberontak dan mengangkat pedang sudah menjadi manhaj Ahlus-Sunnah sebagaimana
ditegaskan para ulama.
‘Aliy
bin Al-Madiiniy rahimahullah berkata:
وَمَنْ خَرَجَ عَلَى إِمَامٍ مِنْ
أَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَقَدِ اجْتَمَعَ عَلَيْهِ النَّاسُ فَأَقَرُّوا لَهُ
بِالْخِلافَةِ بِأَيِّ وَجْهٍ كَانَتْ بِرِضًا كَانَتْ أَوْ بِغَلَبَةٍ فَهُوَ
شَاقٌّ هَذَا الْخَارِجُ عَلَيْهِ الْعَصَا، وَخَالَفَ الآثَارَ عَنْ رَسُولِ
اللَّهِ ﷺ فَإِنْ مَاتَ الْخَارِجُ عَلَيْهِ مَاتَ مِيتَةَ جَاهِلِيَّةٍ. وَلا
يَحِلُّ قِتَالُ السُّلْطَانِ، وَلا الْخُرُوجُ عَلَيْهِ لأَحَدٍ مِنَ النَّاسِ،
فَمَنْ عَمِلَ ذَلِكَ فَهُوَ مُبْتَدِعٌ عَلَى غَيْرِ السُّنَّةِ.
“Barangsiapa
yang keluar ketaatan/memberontak terhadap seorang pemimpin dari kalangan
pemimpin kaum muslimin yang manusia telah berkumpul di bawah kepemimpinannya
dan merekapun mengakui kekhilafahannya/kepemimpinannya, dengan cara apa saja,
baik dengan keridlaan ataupun paksaan; maka orang yang memberontak tersebut telah
merusak persatuan kaum muslimin dan menyelisihi atsar-atsar dari Rasulullah ﷺ. Apabila ia mati, maka matinya dalam
keadaan mati jahiliyyah. Dan tidak halal untuk memeringai sulthaan/penguasa,
dan tidak boleh seorangpun keluar ketaatan/memberontak terhadapnya. Barangsiapa
yang melakukannya, maka ia adalah mubtadi’ yang tidak berada di atas
sunnah” [Syarh Ushuulil-I’tiqaad, 1/168].
Abu
Haatim Ar-Raaziy dan Abu Zur’ah Ar-Raaziy berkata:
أَدْرَكْنَا الْعُلَمَاءَ فِي جَمِيعِ
الأَمْصَارِ حِجَازًا وَعِرَاقًا وَشَامًا وَيَمَنًا فَكَانَ مِنْ مَذْهَبِهِمُ
.....وَلا نَرَى الْخُرُوجَ عَلَى الأَئِمَّةِ وَلا الْقِتَالَ فِي الْفِتْنَةِ،
وَنَسْمَعُ وَنُطِيعُ لِمَنْ وَلاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَمْرَنَا وَلا
نَنْزِعُ يَدًا مِنْ طَاعَةٍ، وَنَتَّبِعُ السُّنَّةَ وَالْجَمَاعَةَ،
وَنَجْتَنِبُ الشُّذُوذَ وَالْخِلافَ وَالْفُرْقَةَ
“Kami
telah berjumpa dengan para ulama di seluruh kota baik di Hijaaz, ‘Iraaq, Syam,
dan Yaman, maka diantara madzhab yang mereka anut adalah …… Dan kami memandang
tidak bolehnya keluar ketaatan (memberontak) kepada para pemimpin (kaum
muslimin) dan mengobarkan peperangan di masa fitnah. Kami senantiasa mendengar
dan taat kepada orang yang Allah ‘azza wa jalla berikan kekuasaan untuk
mengatur urusan kami. Kami tidak akan melepaskan tangan kami dari ketaatan.
Kami mengikuti sunnah dan jama’ah, serta menjauhkan diri dari keganjilan,
penyelisihan, dan perpecahan” [idem, 1/177].[5]
An-Nawawiy
rahimahullah berkata :
وَأَمَّا الْخُرُوج عَلَيْهِمْ وَقِتَالهمْ
فَحَرَام بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِينَ ، وَإِنْ كَانُوا فَسَقَة ظَالِمِينَ
“Adapun
keluar ketaatan dan memerangi mereka, maka haram hukumnya berdasarkan ijmaa’
kaum muslimin, meskipun mereka berbuat kefasiqan lagi dhalim” [Syarh Shahiih
Muslim, 12/229].
Maka
dari itu, tidak diperbolehkan kita berhujjah dengan kekeliruan Abu Haniifah
dalam masalah kebolehan mengangkat senjata terhadap penguasa – dan ini adalah
salah satu ciri khas sekte Murji’ah[6]
– sebagaimana kita tidak boleh mengikuti kekeliruan beliau dalam masalah iman. Apalagi
telah dikatakan oleh sebagian ulama, Abu Haniifah rahimahullah di akhir
hayatnya rujuk dari pendapatnya tersebut dan menetapi pendapat Ahlus-Sunnah
wal-Jamaa’ah.
Wallaahu
a’lam bish-shawwaab.
Semoga
dapat menjawab apa yang ditanyakan.
[1] Al-Bukhaariy berkata : “Ia seorang murji’.
Para ulama mendiamkannya, pendapatnya, dan haditsnya”. Di lain tempat ia
berkatya : “Para ulama meninggalkannya”. Muslim berkata : “Shaahibur-ra’yi, mudltharibul-hadiits.
Ia tidak memiliki banyak hadits shahih”. Sufyaan Ats-Tsauriy berkata : “Abu
Haniifah tidak tsiqah, dan tidak ma’muun”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak
kuat dalam hadits”. Ad-Daaraquthniy berkata : “Dla’iif”. Dan yang lainnya
[Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 3/209-219 no. 4643].
[2] Abu Haniifah rahimahullah berkata:
الإيمان
هو الإقرار والتصديق
“Iman
adalah pengakuan (iqraar) dan pembenaran (tashdiiq)” [Al-Fiqhul-Akbar,
hal. 304].
Ibnu
Abil-‘Izz Al-Hanafiy rahimahullah berkata saat mengomentari perkataan Ath-Thahawiy
Al-Hanafiy (dalam kitab Al-‘Aqiidah Ath-Thahawiyyah) :
والإيمان
: هو الإقرار باللسان ، والتصديق بالجنان
‘Iman
itu adalah pengakuan/ucapan dengan lisan dan pembenaran dengan hati’
sebagai
berikut :
وذهب
كثير من أصحابنا إلى ما ذكره الطحاوي رحمه الله : أنه الإقرار باللسان ، والتصديق
بالجنان . ومنهم من يقول : إن الإقرار باللسان ركن زائد ليس بأصلي ، وإلى هذا ذهب
أبو منصور الماتريدي رحمه الله ، ويروى عن أبي حنيفة رضي الله عنه
“Dan
kebanyakan shahabat kami (yaitu ulama Hanafiyyah) berpendapat sebagaimana yang
disebutkan oleh Ath-Thahawiy rahimahullah bahwasannya iman itu adalah
pengakuan/ucapan dengan lisan dan pembenaran dengan hati. Dan di antara mereka
ada yang mengatakan : Sesungguhnya pengakuan lisan itu rukun yang ditambahkan,
bukan rukun asal. Inilah yang dipegang oleh Abu Manshuur Al-Maturidiy rahimahullah
dan yang diriwayatkan dari Abu Haniifah radliyallaahu ‘anhu….” [Syarh
Al-‘Aqiidah Ath-Thahawiyyah, hal. 313, tahqiq : Al-Albaaniy].
[3] Abu Haniifah rahimahullah berkata:
والإيمان
لا يزيد ولا ينقص
“Iman
tidak bertambah dan tidak pula berkurang” [Syarh Kitaab Al-Washiyyah,
hal. 3. Lihat Ushuuluddiin ‘indal-Imaam Abi Haniifah, hal. 389].
[4] Ushuuluddiin ‘indal-Imaam Abi Haniifah,
hal. 415.
[5] Selengkapnya silakan baca : ‘Aqiidah
Abu Haatim Ar-Raaziy dan Abu Zur’ah Ar-Raaziy rahimahumallah.
[6] Silakan baca : Murji’ah
Ma’al-Hukkaam !!. Juga artikel : Berjihad Melawan Penguasa dengan Tangan.
Comments
Posting Komentar