Para
perawi hadits banyak keadaannya. Ada tipikal perawi yang meriwayatkan hadits
(mayoritasnya) dari kalangan dlu’afaa’ (para perawi lemah). Ada yang meriwayatkan
baik dari dlu’afaa’ maupun tsiqaat. Ada pula yang melakukan
penyeleksian dengan meriwayatkan hanya dari para perawi tsiqaat atau mayoritasnya
dari para perawi tsiqaat atau ma'ruuf (bukan majhuul). Pada kesempatan kali ini akan coba dibahas
tentang penyebutan untuk perawi jenis yang ketiga. Artikel ini masih ada
kaitannya dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang Perawi Majhuul.
Siapakah
mereka ?. Berikut diantaranya:
1. Sa’iid
bin Al-Musayyib rahimahullah (w. 93 H/94 H).
Yaziid bin Abi Maalik
rahimahullah berkata :
كنت
عند سعيد بن المسيب فحدثني بحديث فقلت له من حدثك يا أبا محمد بهذا فقال يا أخا
أهل الشام خذ ولا تسأل فانا لا نأخذ إلا عن الثقات
“Aku pernah di sisi Sa’iid bin Al-Musayyib. Lalu ia
menceritakan kepadaku satu hadits. Aku bertanya kepadanya : ‘Siapakah yang menceritakan
hadits kepadamu wahai Abu Muhammad ?’. Ia berkata : ‘Wahai saudara penduduk
Syaam. Ambillah, dan jangan engkau bertanya. Sesungguhnya kami tidaklah
mengambil (riwayat) kecuali dari para perawi tsiqaat” [Tahdziibut-Tahdziib,
4/87].
2.
Thaawuus bin Kaisaan rahimahullah
(w. 106 H).
Muslim bin Al-Hajjaaj
rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا
إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ، أَخْبَرَنَا عِيسَى وَهُوَ ابْنُ
يُونُسَ، حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ مُوسَى، قَالَ:
لَقِيتُ طَاوُسًا، فَقُلْتُ: حَدَّثَنِي فُلَانٌ، كَيْتَ وَكَيْتَ، قَالَ: إِنْ
كَانَ صَاحِبُكَ مَلِيًّا، فَخُذْ عَنْهُ
Telah menceritakan
kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim Al-Handhaliy : Telah mengkhabarkan kepada kami
‘Iisaa bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Al-Auza’iy, dari Sulaimaan
bin Muusaa, ia berkata : Aku pernah bertemu dengan Thaawuus, lalu aku berkata :
‘Telah menceritakan kepadaku Fulaan ini dan itu’. Ia berkata : ‘Jika ia adalah
shahabatmu yang terpercaya, maka ambillah” [Muqaddimah Shahih Muslim,
1/44-45].
3.
‘Aamir
bin Syaraahiil Asy-Sya’biy rahimahullah (w. 103/104/105/106/107/110 H).
Ibnu Abi Khaitsamah rahimahullah
berkata :
سمعت
يحيى بن معين يقول : إذا حدث الشعبي عن رجل فسماه فهو ثقة، يحتج بحديثه
Aku pernah mendengar Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Apabila
Asy-Sya’biy meriwayatkan hadits dari seseorang lalu ia menyebutkan namanya, maka orang tersebut tsiqah,
haditsnya dapat dijadikan hujjah” [Al-Jarh wat-Ta’diil oleh
Ibnu Abi Haatim 6/323 dan An-Nukat
‘alaa Kitaab Ibnish-Shalaah oleh
Badruddiin Az-Zarkasyiy, 3/372].
4.
Al-Hasan bin Yasaar
Al-Bashriy rahimahullah (w. 110 H).
5.
Muhammad bin Siiriin Al-Anshaariy
rahimahullah (w. 110 H).
Al-‘Alaaiy rahimahullah
berkata:
وذكر
ابن أبي خيثمة عن يحيى بن معين أنه قال: إذا روى الحسن ومحمد – يعني ابن سيرين –
عن رجل وسمياه فهو ثقة
“Dan Ibnu Abi
Khaitsamah menyebutkan dari Yahyaa bin Ma’iin, ia berkata : ‘Apabila Al-Hasan
(bin Yasaar Al-Bashriy) dan Muhammad – yaitu Ibnu Siiriin – meriwayatkan dari
seseorang yang ia sebutkan namanya, maka ia tsiqah” [Jaami’ut-Tahshiil,
hal. 90].
Ibnu Rajab rahimahullah
menyebutkan riwayat :
وقال
يعقوب بن شيبة: قلت ليحيى بن معين:" متى يكون الرجل معروفاً ؟ إذا روى عنه كم
؟ " قال:" إذا روى عن الرجل مثل ابن سيرين والشعبي، وهؤلاء أهل العلم
فهو غير مجهول". قلت: "فإذا روى عن الرجل [ مثل سماك ] بن حرب وأبي
إسحاق ؟ ". قال:" هؤلاء يروون عن مجهولين
Ya’quub bin Syaibah
berkata : Aku bertanya kepada Yahyaa bin Ma’iin : “Kapan seseorang menjadi
dikenal (ma’ruuf) ?. Jika perawi tersebut yang meriwayatkan darinya
berapa orang ?”. Ia berkata : “Apabila yang meriwayatkan dari orang itu semisal
Ibnu Siiriin dan Asy-Sya’biy, dan mereka itu termasuk ahlul-‘ilmi, maka perawi
tersebut tidaklah majhuul”. Aku berkata : “Apabila diriwayatkan dari
seseorang semisal Simaak bin Harb dan Abu Ishaaq (As-Sabii’iy) ?”. Ia berkata :
“Mereka itu meriwayatkan dari para perawi majhuul” [Syarh ‘Ilal
At-Tirmidziy oleh Ibnu Rajab, 1/377-378].
6.
Bukair bin ‘Abdillah bin
Al-Asyajj rahimahullah (w. 120 H).
Ahmad bin Shaalih
Al-Mishriy rahimahullah berkata :
إذا
رأيت بكير بن عبد الله روى عن رجل فلا تسأل عنه ، فهو الثقة الذى لا شك فيه
“Apabila engkau
melihat Bukair bin ‘Abdillah meriwayatkan dari seseorang, maka jangan engkau
tanya tentangnya, karena ia seorang yang tsiqah tanpa ada keraguan
padanya” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/492].
7.
Muhammad bin Muslim
bin ‘Ubaidillah bin Syihaab Az-Zuhriy (Ibnu Syihaab Az-Zuhriy) rahimahullah (w.
125 H).
Yahyaa bin Ma’iin berkata
ketika mentautsiq ‘Umaarah bin Ukaimah Al-Laitsiy rahimahumullah:
كفاك
قول الزهري سمعت ابن اكيمة
“Cukuplah bagimu
perkataan Az-Zuhriy : ‘aku mendengar Ibnu Ukaimah…” [Tahdziibut-Tahdziib,
7/411].
Catatan : Untuk mursal Az-Zuhriy, para
ulama tidak menganggapnya bernilai sedikitpun.
8.
‘Abdullah bin
Dzakwaan Al-Qurasyiy, Abuz-Zinaad (w. 130 H)
Muslim bin Al-Hajjaaj
rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا
نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، حَدَّثَنَا الأَصْمَعِيُّ، عَنِ ابْنِ أَبِي
الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُ بِالْمَدِينَةِ مِائَةً، كُلُّهُمْ مَأْمُونٌ،
مَا يُؤْخَذُ عَنْهُمُ الْحَدِيثُ، يُقَالُ: لَيْسَ مِنْ أَهْلِهِ
Telah menceritakan
kepada kami Nashr bin ‘Aliy Al-Juhhaniy : Telah menceritakan kepada kami
Al-Ashma’iy, dari Ibnu Abiz-Zinaad, dari ayahnya, ia berkata : “Aku pernah
menjumpai di kota Madinah 100 orang yang semuanya amanah, namun tidak ada yang
mengambil hadits dari mereka. Dikatakan : Karena bukan termasuk ahlinya” [Muqaddimah
Shahih Muslim, 1/45].
Perkataan ini sebagai
dalil bahwa Abuz-Zinaad menyeleksi orang yang akan ia ambil riwayatnya.
9.
Al-Qaasim bin ‘Ubaidillah
bin ‘Abdillah bin ‘Umar rahimahullah (w. 130 H)
Ad-Daarimiy rahimahullah
berkata:
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عُيَيْنَةَ، عَنْ يَحْيَى، قَالَ:
قُلْتُ لِلْقَاسِمِ: مَا أَشَدَّ عَلَيَّ أَنْ تُسْأَلَ عَنْ الشَّيْءِ لَا
يَكُونُ عِنْدَكَ وَقَدْ كَانَ أَبُوكَ إِمَامًا، قَالَ: " إِنَّ أَشَدَّ
مِنْ ذَلِكَ عِنْدَ اللَّهِ وَعِنْدَ مَنِ عَقَلَ عَنْ اللَّهِ أَنْ أُفْتِيَ
بِغَيْرِ عِلْمٍ، أَوْ أَرْوِيَ عَنْ غَيْرِ ثِقَةٍ "
Telah mengkhabarkan
kepada kami Muhammad bin Katsiir, dari Sufyaan bin ‘Uyainah, dari Yahyaa, ia
berkata : Aku berkata kepada Al-Qaasim : “Betapa berat bagiku apabila engkau
ditanya tentang suatu perkara kemudian engkau tidak mengetahuinya, padahal ayahmu
adalah imam”. Ia menjawab : “Sesungguhnya perkara yang berat daripada itu di
sisi Allah dan di sisi orang yang memahami Allah adalah berfatwa tanpa ilmu
atau meriwayatkan hadits dari orang yang tidak tsiqah” [Sunan
Ad-Daarimiy no. 115].
10.
Muhammad bin
Al-Munkadir bin ‘Abdillah Al-Qurasyiy At-Taimiy rahimahullah (w. 130 H)
Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah
berkata:
ما
رأيت أحدا أجدر أن يقول قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا يسأل عمن هو من ابن
المنكدر
“Aku tidak pernah
melihat seseorang yang lebih pantas untuk mengatakan : ‘Telah bersabda
Rasulullah ﷺ’,
dan tidak perlu ditanyakan dari mana hadits itu diambil; dibandingkan Ibnul-Munkadir”.
Ibnu Hajar rahimahullah
menjelaskan: “Karena pemeriksaan yang dilakukannya” [Tahdziibut-Tahdziib,
9/474-475].
11.
Ayyuub bin Abi Tamiimah As-Sikhtiyaaniy (w. 131 H).
Abu Daawud rahimahullah
berkata:
قلت
لأحمد:أبو يزيد المدني ؟ قال:أي شيء يسأل عن رجل روى عنه أيوب ؟!
Aku bertanya kepada
Ahmad : “Bagaimana tentang Abu Yaziid Al-Madaniy ?”. Ia berkata : “Apa lagi
yang perlu ditanyakan tentang orang yang Ayyuub meriwayatkan darinya ?!” [Suaalaat
Abi Daawud no. 163 hal. 210].
Ibnu Syaahiin ketika
biografi ‘Ikrimah bin ‘Ammaar rahimhumullah berkata:
وسُئل
أيوب عنه، فقال : لو لم يكن عندي ثقة، لم أكتب عنه
“Ayyuub pernah
ditanya tentangnya, lalu ia berkata : ‘Seandainya menurutku ia tidak tsiqah,
maka tidak aku tulis riwayat darinya” [Taariikh Asmaa’ Ats-Tsiqaat, hal.
254 no. 1019].
12.
Muhammad bin Juhaadah
Al-Audiy rahimahullah (w. 131 H)
Abu ‘Ubaid
Al-Aajurriy rahimahullah, dari Abu Daawud, ia berkata:
كان
لا يأخذ عن كل أحد وأثنى عليه
“Muhammad bin
Juhaadah tidak mengambil riwayat dari semua orang” – dan ia (Abu Daawud)
memujinya [Tahdziibut-Tahdziib, 9/92].
Perkataan Abu Daawud
ini menunjukkan bahwa Muhammad bin Juhaadah rahimahumullah menyeleksi
para perawi yang ia ambil riwayatnya.
13.
Yahyaa bin Abi
Katsiir Ath-Thaaiy rahimahullah (w. 132 H).
Ibnu Abi Haatim rahimahullah
berkata :
سمعت
أبى يقول: يحيى بن أبى كثير أمام لا يحدث إلا عن ثقة
“Aku mendengar ayahku
berkata : ‘Yahyaa bin Abi Katsiir adalah seorang imam. Ia tidak meriwayatkan
kecuali dari seorang yang tsiqah’” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 9/141
no. 599].
14.
Manshuur bin
Al-Mu’tamir rahimahullah (w. 132 H).
Abu Daawud rahimahullah
berkata :
منصور
لا يروي إلا عن كل ثقة
“Manshuur (bin
Al-Mu’tamir) tidaklah meriwayatkan kecuali dari setiap perawi tsiqah” [Tahdziibul-Kamaal,
28/549].
15.
Zaid bin Aslam Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy rahimahullah (w.
136 H)
Abu Zur’ah Ar-Raaziy rahimahullah
berkata:
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، قال: حَدَّثَنَا عَطَّافُ بْنُ خَالِدٍ، قال: قِيلَ
لِزَيدِ بْنِ أَسْلَمَ: " عَمَّنْ يَا أَبَا أُسَامَةَ؟ قَالَ: مَا كُنَّا نُجَالِسُ
السُّفَهَاءَ، وَلَا نَحْمِلُ عَنْهُمْ "
Telah menceritakan
kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
‘Aththaaf bin Khaalid, ia berkata : Dikatakan kepada Zaid bin Aslam : “Dari
siapa (hadits ini) wahai Abu Usaamah ?”. Ia menjawab : “Tidaklah kami
bermajelis dengan orang-orang dungu, dan kami tidak membawa (hadits) dari
mereka” [At-Taariikh no. 1090. Lihat juga Al-Kaamil fidl-Dlu’afaa’
1/262].
16.
‘Abdullah bin Sa’iid bin Abi Hind
Al-Fazaariy rahimahullah (w. 144 H/147 H).
Abu Daawud rahimahullah
berkata:
سمعت
أحمد قال : عبد الله بن سعيد بن أبي هند، ما أحسن حديثه وأصحه
“Aku mendengar Ahmad
berkata : ‘’Abdullah bin Sa’iid bin Abi Hind, betapa baik dan shahih haditsnya”
[Suaalaat Abi Daawud hal. 213 no. 175].
17.
Habiib bin
Asy-Syahiid Al-Azdiy rahimahullah (w. 145 H).
Ibnu Syaahiin rahimahullah
berkata:
أخبرنا
يحيى بن محمد بن صاعد: أخبرنا إسحاق بن إبراهيم بن حبيب بن الشهيد: حدثني أبي،
قال: لقيت شعبة في الطريق، فقال: ما كان أبوك بأقلهم حديثاً، ولكن كان شديد
الاتقاء
Telah mengkhabarkan
kepada kami Yahyaa bin Muhammad bin Shaa’id : Telah mengkhabarkan kepada kami
Ishaaq bin Ibraahiim bin Habiib Asy-Syahiid : Telah menceritakan kepadaku
ayahku, ia berkata : Aku pernah bertemu dengan Syu’bah di jalan, lalu ia
berkata : “Ayahmu bukan yang paling sedikit haditsnya di antara mereka, akan
tetapi ia terlalu hati-hati” [Taariikh Asmaa’ Ats-Tsiqaat, hal. 98].
18.
Ismaa’iil bin Abi
Khaalid Al-Ahmasiy rahimahullah (w. 146 H).
Ibnu Hajar berkata
menukil perkataan Al-‘Ijliy rahimahumallah :
كان
ثبتا فى الحديث وربما أرسل الشىء عن الشعبى و إذا وقف أخبر و كان صاحب سنة ، و كان
حديثه نحو خمس مئة حديث ، و كان لا يروى إلا عن ثقة
“Ia seorang yang tsabt
dalam hadits, dan kadang-kadang memursalkan sesuatu dari Asy-Sya’biy. Dan
apabila ia memahami satu riwayat, maka ia mengkhabarkannya. Ia seorang shaahibus-sunnah.
Jumlah haditsnya sekitar 500 hadits. Dan ia tidaklah meriwayatkan kecuali dari
perawi tsiqah” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/292].
Catatan : Perkataan Al-‘Ijliy dalam Ma’rifatuts-Tsiqaat
dalam biografi Ismaa’il bin Abi Khaalid (1/225 no. 87) tidak terdapat kalimat :
‘Dan ia tidaklah meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah’.
19.
Muhammad bin
Al-Waliid Az-Zubaidiy rahimahullah (w. 146 H/147 H/149 H).
Ahmad bin Hanbal rahimahullah
berkata :
كان
لا يأخذ إلا عن الثقات
“Ia (Muhammad bin
Al-Waliid) tidaklah mengambil riwayat kecuali dari para perawi tsiqaat”
[Tahdziibut-Tahdziib, 9/503].
20.
Ibnu Abi Dzi’b
(Muhammad bin ‘Abdirrahmaan bin Al-Mughiirah) rahimahullah (w. 158 H/159
H).
Ibnu Hajar rahimahullah
berkata :
وقال
أحمد بن سعد بن أبى مريم ، عن يحيى بن معين : ابن أبى ذئب ثقة و كل من روى عنه ابن
أبى ذئب ثقة إلا أبا جابر البياضى ، و كل من روى عنه مالك ثقة إلا عبد الكريم أبا
أمية
Dan telah berkata Ahmad
bin Sa’d bin Abi Maryam, dari Yahyaa bin Ma’iin (ia berkata) : “Ibnu Abi Dzi’b tsiqah,
dan setiap orang yang Ibnu Abi Dzi’b meriwayatkan darinya adalah tsiqah,
kecuali Abu Jaabir Al-Bayaadliy. Setiap orang yang Maalik (bin Anas)
meriwayatkan darinya adalah tsiqah, kecuali ‘Abdul-Kariim Abu Umayyah” [Tahdziibul-Kamaal,
25/635].
وقال
أبو داود فى موضع آخر : سمعت أحمد بن صالح يقول : شيوخ ابن أبى ذئب كلهم ثقات إلا
أبو جابر البياضى
Dan Abu Daawud
berkata pada tempat yang lain : Aku pernah mendengar Ahmad bin Shaalih
(Al-Mishriy) berkata : “Syuyuukh Ibnu Abi Dzi’b semuanya tsiqaat,
kecuali Abu Jaabir Al-Bayaadliy” [idem].
21.
Zaaidah bin Qudaamah
Ats-Tsaqafiy (w. 160 H).
Al-Haakim rahimahullah
berkata:
هَذَا
حَدِيثٌ صَدُوقٌ رُوَاتُهُ، شَاهِدٌ لِمَا تَقَدَّمَهُ، مُتَّفَقٌ عَلَى
الاحْتِجَاجِ بِرُوَاتِهِ إِلا السَّائِبَ بْنَ حُبَيْشٍ، وَقَدْ عُرِفَ مِنْ
مَذْهَبِ زَائِدَةَ أَنَّهُ لا يُحَدِّثُ إِلا عَنِ الثِّقَاتِ
“Hadits ini
para perawinya jujur/terpercaya, dan merupakan syaahid dari hadits
sebelumnya. Para perawinya disepakati untuk dijadikan hujjah, kecuali As-Saaib
bin Hubaisy. Dan telah diketahui madzhab Zaaidah (bin Qudaamah) bahwa ia tidak
meriwayatkan hadits kecuali dari perawi tsiqaat” [Al-Mustadrak,
1/211].
22.
Syu’bah
bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdiy rahimahullah (w.
160 H).
Adz-Dzahabiy rahimahullah ketika menyebutkan
biografi Ja’dah yang meriwayatkan dari Ummu Haani’, berkata:
لا
يدري من هو، لكن شيوخ شعبة عامتهم جياد
“Tidak diketahui
siapakah ia, akan tetapi syuyuukh Syu’bah pada umumnya baik” [Miizaanul-I’tidaal,
1/399].
Ibnu Abi Haatim rahimahullah
berkata:
سمعت
أبي، يقول: إذا رأيت شعبة يحدث عن رجل فأعلم أنه ثقة، إلا نفرا بأعيانهم
“Aku mendengar ayahku
berkata : “Apabila engkau melihat Syu’bah meriwayatkan hadits dari seseorang,
maka ketahuilah bahwa orang tersebut tsiqah, kecuali beberapa orang saja”
[Al-Jarh wat-Ta’diil, 1/128].
23.
Huraiz bin ‘Utsmaan
Ar-Rahabiy rahimahullah (w. 163 H).
Ibnu ‘Adiy rahimahullah
berkata :
وحريز
يحدث عن أهل الشام عن الثقات منهم
“Dan Huraiz
meriwayatkan dari orang-orang tsiqaat penduduk negeri Syaam” [Al-Kaamil,
3/394].
24.
Wuhaib
bin Khaalid bin ‘Ajlaan Al-Baahiliy rahimahullah (w. 165 H)
Abu Haatim Ar-Raaziy rahimahullah
berkata:
ما
أنقى حديث وهيب، لا تكاد تجده يحدث عن الضعفاء، وهو الرابع من حفاظ البصرة، وهو ثقة
“Betapa bersih hadits
Wuhaib. Hampir engkau tidak mendapatinya menriwayatkan hadits dari para perawi dla’iif.
Ia adalah orang keempat dari kalangan huffaadh Bashrah, seorang yang tsiqah”
[Al-Jarh wat-Ta’diil, 9/35].
25.
Al-Laits bin Sa’d bin ‘Abdirrahmaan Al-Fuhmiy rahimahullah
(w. 175 H)
Al-Haakim rahimahullah
berkata saat mengomentari sebuah hadits yang dibawakannya:
هَذَا
حَدِيثٌ صَحِيحُ الإِسْنَادِ، فَإِنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ هَرِمٍ الْعَابِدَ مِنْ
زُهَّادِ أَهْلِ الشَّامِ، وَاللَّيْثَ بْنَ سَعْدٍ، لا يَرْوِي عَنِ
الْمَجْهُولِينَ
“Hadits ini sanadnya
shahih, karena Sulaimaan bin Harim Al-‘Abdiy termasuk orang zuhud dari penduduk
negeri Syaam, sedangkan Al-Laits bin Sa’d tidak meriwayatkan dari orang-orang
yang majhuul” [Al-Mustadrak, 4/251].
26.
Maalik bin Anas rahimahullah
(w. 179 H).
Ibnu Rajab rahimahullah
menyebutkan riwayat :
قال
الميموني: وقال لي يحيى بن معين:" لا تريد أن تسأل عن رجال مالك، كل من حدث
عنه ثقة إلا رجلاً أو رجلين".
Al-Maimuuniy berkata : Yahyaa bin
Ma’iin berkata kepadaku : “Janganlah engkau bertanya tentang rijaal Maalik.
Setiap orang yang ia (Maalik) meriwayatkan darinya adalah tsiqah,
kecuali seorang atau dua orang” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy oleh Ibnu
Rajab, 1/377].
Al-Qaadliy Ismaa’iil rahimahullah berkata
:
إنما
يعتبر بمالك في أهل بلده ، فأما الغرباء فليس يحتج به فيهم
“Periwayatan yang
diakui dari Maalik adalah (periwayatannya) yang berasal dari penduduk negerinya
(Madiinah). Adapun yang berasal dari orang-orang asing, maka riwayatnya
(Maalik) dari mereka tidak bisa dijadikan hujjah” [idem, 1/380-381].
Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah
berkata:
رَأَيْتُهُ
لا يَتَتَبَّعُ مِنَ الْحَدِيثِ إِلا صَحِيحًا، وَلا يَأْخُذُ إِلا عَنِ
الثِّقَاتِ مِنَ النَّاسِ
“Aku melihat ia tidak
mencari-cari hadits kecuali yang shahih saja, dan tidak mengambilnya kecuali
dari orang-orang yang tsiqaat” [Al-Mustakhraj oleh Abu Nu’aim no.
42].
27.
‘Abdullah bin Al-Mubaarak bin Waadlih
Al-Handhaliy At-Tamiimiy rahimahullah (w.
181 H)
Abu Nu’aim
Al-Ashbahaaniy rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا عَرُوبَةَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ
الْمُسَيِّبَ بْنَ وَاضِحٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ ابْنَ الْمُبَارَكِ، وَقِيلَ لَهُ:
الرَّجُلُ يَطْلُبُ الْحَدِيثَ لِلَّهِ يَشْتَدُّ فِي سَنَدِهِ، " إِذَا
كَانَ يَطْلُبُ الْحَدِيثَ لِلَّهِ، فَهُوَ أَوْلَى أَنْ يَشْتَدَّ فِي سَنَدِهِ
"
Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Ibraahiim, ia berkata : Aku mendengar Abu ‘Aruubah
berkata : Aku mendengar Al-Musayyib bin Waadlih berkata : Aku pernah mendengar
Ibnul-Mubaarak : Dikatakan kepadanya : “Seseorang yang mencari hadits karena
Alah, apakah ia harus memperketat sanadnya ?”. Ia menjawab : “Apabila ia
mencari hadits karena Allah, maka itu lebih pantas baginya untuk memperketat
sanadnya” [Hilyatul-Auliyaa’, 8/166].
28.
Ismaa’il bin
Ibraahiim bin Miqsam Al-Asadiy Al-Bashriy (Ibnu ‘Ulayyah) (w. 193 H).
Adz-Dzahabiy ketika
menyebutkan biografi Yahyaa bin Maimuun Al-‘Aththaar rahimhumullah
berkata:
بل
صدوق.
حدث
عنه مثل شعبة، وابن علية، واحتج به النسائي
“Bahkan ia seorang
yang shaduuq. Telah meriwayatkan darinya semisal Syu’bah dan Ibnu
‘Ulayyah. An-Nasaa’iy juga berhujjah dengannya” [Miizaanul-I’tidaal,
4/411].
Adz-Dzahabiy menyandingkan
periwayatan Ibnu ‘Ulayyah dengan Syu’bah, dan telah ma’ruuf Syu’bah
tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqaat.
29.
Ibraahiim bin Yaziid
An-Nakha’iy (w. 196 H).
Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah
berkata:
وكل
من عرف أنه لا يأخذ الا عن ثقة فتدليسه ومرسله مقبول فمراسيل سعيد بن المسيب ومحمد
بن سيرين وابراهيم النخعي عندهم صحاح
“Dan semua orang yang
diketahui bahwa tidaklah ia mengambil riwayat kecuali dari perawi tsiqah,
maka tadlis dan mursal-nya diterima. Oleh karenanya, riwayat-riwayat
mursal Sa’iid bin Al-Musayyib, Muhammad bin Siiriin, dan Ibraahiim
An-Nakha’iy menurut mereka adalah shahih….” [At-Tamhiid, 1/30].
30.
‘Abdurrahmaan bin
Mahdiy rahimahullah (w. 198 H)
Abu Daawud rahimahullah
berkata :
سمعت
أحمد قال:أبان بن خالد شيخ بصري لا بأس به كان عبد الرحمن يحدث عنه، وكان لا يحدث
إلا عن ثقة
Aku mendengar Ahmad
berkata : “Abaan bin Khaalid, syaikh, orang Bashrah. Tidak mengapa
dengannya. ‘Abdurrahmaan telah meriwayatkan darinya, sedangkan ia
(‘Abdurrahmaan) tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah” [Suaalaat
Abi Daawud, hal. 338-339 no. 503].
Ibnu Hibbaan rahimahullah
berkata:
وكان
من الحفاظ المتقنين وأهل الورع في الدين ممن حفظ وجمع وتفقه وصنف وحدث، وأبى
الرواية إلا عن الثقات،
“Ia termasuk dari
kalangan huffaadh yang mutqin dan orang yang wara’ dalam
agama, serta orang yang menghapal, mengumpulkan, bertafaqquh, menulis,
meriwayatkan, dan menolak hadits kecuali berasal dari kalangan perawi tsiqaat..”
[Ats-Tsiqaat, 5/262].
31.
Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah
(w. 198 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
berkata:
سفيان
بن عيينة الهلالي، الكوفي، ث، المكي، الإمام المشهور، فقيه الحجاز في زمانه، كان
يدلس لكن لا يدلس إلا عن ثقة
“Sufyaan bin ‘Uyainah
Al-Hilaaliy Al-Kuufiy tsumma Al-Makkiy. Seorang imam yang masyhur, faqih
negeri Hijaaz di jamannya. Ia sering melakukan tadliis, akan tetapi ia
tidak melakukannya kecuali dari perawi tsiqah” [Ta’riifu
Ahlit-Taqdiis, hal. Hal. 32 no. 52].
Ad-Daaraquthniy rahimahullah
berkata:
فأما
ابن عيينة، فإنه يُدَلِّس عن الثقات
“Adapun Ibnu
‘Uyainah, maka ia melakukan tadliis dari para perawi tsiqaat” [Mausu’ah
Aqwaal Ad-Daaraquthniy, hal. 292].
Jika Sufyaan bin
‘Uyainah tidak melakukan tadliis kecuali dari perawi tsiqah, maka
jika ia meriwayatkan dengan tashriih penyimakan lebih layak dihukumi tsiqah.
32.
Yahyaa bin Sa’iid
Al-Qaththaan rahimahullah (w. 198 H).
Al-‘Ijliy rahimahullah
berkata :
يحيى
بن سعيد القطان، يكنى أبا سعيد، بصري ثقة، نقي الحديث، وكان لا يحدث إلا عن ثقة
“Yahyaa bin Sa’iid
Al-Qaththaan, ber-kun-yah Abu Sa’iid. Termasuk penduduk Bashrah, tsiqah,
haditsnya bersih. Ia tidak meriwayatkan hadits kecuali dari perawi tsiqah”
[Ma’rifatuts-Tsiqaat, 2/353 no. 1978].
Al-Baihaqiy rahimahullah
berkata:
هَذَا
إِسْنَادٌ حَسَنٌ، وَيَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، لا يُحَدِّثُ إِلا عَنِ الثِّقَاتِ
عِنْدَهُ
“Sanad hadits ini
hasan, dan Yahyaa bin Sa’iid tidak meriwayatkan kecuali dari para perawi tsiqaat
menurutnya” [As-Sunan Al-Kubraa, 2/202].
33.
Muhammad bin Idriis
Asy-Syaafi’iy rahimahullah (w. 204 H)
Al-Baihaqiy membawakan
perkataan Asy-Syaafi’iy rahimahumallah:
وَكَانَ
ابْنُ سِيرِينَ، وَإِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ مِنَ التَّابِعِينَ
يَذْهَبُ هَذَا الْمَذْهَبَ فِي أَنْ لا يَقْبَلَ إِلا مِمَّنْ عَرَفَ، قَالَ:
وَمَا لَقِيتُ وَلا عَلِمْتُ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ بِالْحَدِيثِ
يُخَالِفُ هَذَا الْمَذْهَبَ
“Ibnu Siiriin,
Ibraahiim An-Nakha’iy, dan yang lainnya dari kalangan taabi’iin
berpendapat dengan madzhab ini dalam hal tidak menerima riwayat kecuali dari
orang yang dikenal. Dan aku tidak bertemu dan tidak pula mengetahui seorang pun
dari kalangan ulama hadits yang menyelisihi madzhab ini” [Ma’rifatus-Sunan
wal-Aatsaar, 1/81].
Perkataan Asy-Syaafi’iy
ini sekaligus menunjukkan madzhabnya yang tidak meriwayatkan kecuali dari orang
yang dikenal (ketsiqahannya).
Catatan : Asy-Syaafi’iy meriwayatkan dari
Al-Aslamiy yang merupakan perawi dla’iif.
34.
Mudhaffar bin Mudrik
Abu Kaamil rahimahullah (w. 207 H)
35.
Al-Haitsam bin Jamiil
Al-Baghdaadiy rahimahullah (w. 213 H)
36.
Manshuur bin Salamah,
Abu Salamah Al-Khuzaa’iy Al-Baghdaadiy rahimahullah (w. 210 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah
berkata :
وروى
أبو طالب عن أحمد قال: أبو سلمة الخزاعي والهيثم وأبو كامل كان لهم بصر بالحديث
والرجال، ولا يكتبون إلا عن الثقات
“Dan Abu Thaalib
telah meriwayatkan dari Ahmad (bin Hanbal), ia berkata : ‘Abu Salamah
Al-Khuzaa’iy, Al-Haitsam, dan Abu Kaamil mempuyai wawasan yang luas tentang
hadits dan rijaal. Dan mereka tidak menulis hadits kecuali dari para perawi
tsiqaat” [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 10/125 – lihat juga yang
semisal dalam Taariikh Baghdaad 15/79].
37.
Ibraahiim bin Muusaa
bin Yaziid At-Tamiimiy Ar-Raaziy rahimahullah (w. setelah 220 H).
Al-Bardza’iy rahimahullah
berkata:
وقال
لي أبو زرعة في ابراهيم بن موسى:لم يكن في كتبه من الضعفاء إلا رجلين:عبد العزيز
بن أبان وأبو قتادة الحراني، ثم قال:كأنه قد جمع له الثقات
“Abu Zur’ah berkata
kepadaku tentang Ibraahiim bin Muusaa : ‘Tidak ada dalam kitabnya para perawi dla’iif,
kecuali dua orang, yaitu ‘Abdul-‘Aziiz bin Abaan dan Abu Qataadah Al-Harbiy’.
Kemudian ia berkata : ‘Seakan-akan ia mengumpulkan para perawi tsiqaat”
[Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 2/40].
38.
Sulaimaan bin Harb Al-Azdiy
rahimahullah (w. 224 H).
Ibnu Abi Haatim rahimahumallah
saat menyebutkan biografi Muhammad bin Abi Raziin berkata :
سئل
أبي عنه فقال شيخ بصري لا أعرفه لا أعلم روى عنه غير سليمان بن حرب وكان سليمان قل
من يرضى من المشايخ فإذا رأيته قد روى عن شيخ فاعلم انه ثقة
Ayahku pernah ditanya
tentangnya (Ibnu Abi Raziin), lalu ia berkata : Seorang syaikh, penduduk negeri
Bashrah, aku tidak mengenalnya. Aku tidak mengetahui perawi yang meriwayatkan
darinya selain Sulaimaan bin Harb. Sulaimaan bin Harb sedikit meridlai (dalam
periwayatan) dari kalangan masyayikh. Apabila engkau melihatnya
meriwayatkan dari seorang syaikh, maka ketahuilah bahwasannya ia tsiqah”
[Al-Jarh wat-Ta’diil, 7/255 no. 1399].
39.
Bisyr bin Al-Haarits
Al-Haafiy rahimahullah (w. 227 H).
As-Sulamiy berkata:
سألت
الدارقطني عن بشر بن الحارث الحافي؟ فقال: زاهد، جبل، ثقة، ليس يروي إلا حديثاً
صحيحاً
“Aku pernah bertanya
kepada Ad-Daaraquthniy tentang Bisyr bin Al-Haarits Al-Haafiy. Makai a menjawab
: ‘Zaahid, jabal, tsiqah, dan tidak meriwayatkan kecuali
hadits shahih” [Mausuu’ah Aqwaal Ad-Daaraquthniy, hal. 150 no. 661].
Perkataan
Ad-Daaraquthniy bahwa ia tidak meriwayatkan kecuali hadits shahih menunjukkan
secara tidak langsung bahwa ia melakukan seleksi terhadap perawi, yang secara
umumnya hadits shahih berasal/diriwayatkan dari perawi tsiqah.
40.
‘Aliy bin ‘Abdillah
bin Ja’far bin Najiid (‘Aliy bin Al-Madiiniy) rahimahullah (w. 234 H).
Ibnu Hajar ketika
menyebutkan biografi Muhammad bin Al-Hasan bin Aatisy rahimahumullah berkata:
وكلام
النسائي فيه غير مقبول لأن أحمد وعلي بن المديني لا يرويان إلا عن مقبول
“Perkataan
An-Nasaa’iy padanya tidak diterima, karena Ahmad (bin Hanbal) dan ‘Aliy bin
Al-Madiiniy tidak meriwayatkan kecuali dari orang yang maqbuul” [Tahdziibut-Tahdziib,
9/114].
41.
Ahmad bin Muhammad
bin Hanbal rahimahullah (w. 241 H).
Ibnu ‘Abdil-Haadiy rahimahullah
berkata :
فإن
قيل : قد روى الإمام أحمد بن حنبل عن موسى بن هلال وهو لا يروي إلا عن ثقة ،
فالجواب أن يقال : رواية الإمام أحمد عن الثقات هو الغالب من فعله والأكثر من عمله
كما هو المعروف من طريقة شعبة ومالك وعبد الرحمن بن مهدي ويحيى بن سعيد القطان
وغيرهم
“Dan apabila
dikatakan : ‘Al-Imaam Ahmad telah meriwayatkan dari Muusaa bin Hilaal, dan ia
(Ahmad) tidak meriwayatkan kecuali berasal dari perawi tsiqah’. Maka
jawabnya adalah : Riwayat Al-Imaam Ahmad dari para perawi tsiqaat adalah
keumuman dan kebanyakan dari amal perbuatannya ketika meriwayatkan hadits)
sebagaimana hal itu juga diketahui dari metode Syu’bah, Maalik, ‘Abdurrahmaan
bin Mahdiy, Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan, dan yang lainnya” [Ash-Shaarimul-Munkiy,
hal. 18-19].
Al-Haitsamiy ketika mengomentari
Tsaabit bin Al-Waliid rahimahumullah berkata :
روى
عنه أحمد وشيوخه ثقات
“Ahmad (bin Hanbal)
meriwayatkan darinya, sedangkan syuyuukh-nya (Ahmad) adalah tsiqaat”
[Majma’uz-Zawaaid, 1/80].
42.
Muslim bin Al-Hajjaaj
Al-Qusyairiy (penulis Shahiih Muslim) rahimahullah (w. 261 H)
Adz-Dzahabiy ketika
menyebutkan Sa’iid bin ‘Abdil-Jabbaar rahimahumullah berkata:
سعيد
بن عبد الجبار القرشي الكرابيسي شيخ مسلم فثقة.
“Sa’iid bin ‘Abdil-Jabbaar Al-Qurasyiy
Al-Karaabiisiy, syaikh dari Muslim, maka tsiqah” [Miizaanul-I’tidaal,
2/147].
43.
Abu Zur’ah Ar-Raaziy (‘Ubaidullah
bin ‘Abdil-Kariim bin Yaziid Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy) rahimahullah (w.
264 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
berkata :
داود
بن حماد بن فرافصة البلخي كان بنيسابور عن ابن عيينة ووكيع وإبراهيم بن الأشعث
وجرير وعنه أبو زرعة وأحمد بن سلمة النيسابوري والحسن بن سفيان وغيرهم قال ابن القطان
حاله مجهول قلت بل هو ثقة فمن عادة أبي زرعة ان لا يحدث الا عن ثقة
Daawud bin Hammaad
bin Faraafishah Al-Balkhiy, ia tinggal di Naisaabuur. Meriwayatkan dari Ibnu
‘Uyainah, Wakii’, Ibraahiim bin Al-Asy’ats, dan Jariir. Telah meriwayatkan
darinya Abu Zur’ah, Ahmad bin Salamah An-Naisaabuuriy, Al-Hasan bin Sufyaan,
dan yang lainnya. Ibnul-Qaththaan berkata : “Keadaannya majhuul”. Aku
(Ibnu Hajar) berkata : “Bahkan ia seorang yang tsiqah. Dan termasuk
kebiasaan Abu Zur’ah adalah ia tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah”
[Lisaanul-Miizaan, 3/396 no. 3019].
44.
Muhammad bin Ishaaq
Ash-Shaaghaaniy rahimahullah (w. 270 H)
Abu Ishaaq Ibraahiim
bin Jaabir Al-Faqiih rahimahullah berkata :
سمعت
الصاغاني، وذكر الواقدي، فقال: والله لولا أنه عندي ثقة ما حدثت عنه
“Aku mendengar
Ash-Shaaghaaniy, dan (ketika itu) disebutkan tentang Al-Waaqidiy, ia berkata : ‘Demi
Allah. Seandainya ia tidak tsiqah di sisiku, niscaya aku tidak
meriwayatkan darinya” [Taariikh Baghdaad, 4/14].
45.
Abu Daawud
As-Sijistaaniy rahimahullah (w. 275 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
saat menyebutkan biografi Al-Husain bin ‘Aliy Al-‘Ijliy berkata :
وهذا
مما يدل على أن أبا داود لم يرو عنه، فإنه لا يرو إلا عن ثقة عنده
“Dan hal ini termasuk
hal yang menunjukkan bahwa Abu Daawud (As-Sijistaaniy) tidak meriwayatkan
darinya, karena ia (Abu Daawud) tidaklah meriwayatkan kecuali dari seorang yang
tsiqah di sisinya” [Tahdziibut-Tahdziib, 2/244].
46.
Baqiy bin Makhlad Al-Qurthubiy
rahimahullah (w. 276 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
saat menyebutkan biografi Ahmad bin Jawwaas Al-Hanafiy berkata :
وذكره
ابن حبان في الثقات وروى عنه بقى بن مخلد وقد قال أنه لم يحدث إلا عن ثقة
“Ibnu Hibbaan
menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan telah meriwayatkan darinya Baqiy
bin Makhlad. Dan ia berkata bahwasannya Baqiy bin Makhlad tidaklah meriwayatkan
kecuali dari perawi tsiqah” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/19].
47.
Muhammad bin Idriis
bin Al-Mundzir Al-Handhaliy Ar-Raaziy (Abu Haatim Ar-Raaziy) rahimahullah (w.
277 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah
ketika menyebutkan biografi Al-Faidl bin Watsiiq rahimahumullah
berkata:
قال
ابن معين: كذاب خبيث.
قلت:
قد روى عنه أبو زرعة، وأبو حاتم، وهو مقارب الحال إن شاء الله
“Ibnu Ma’iin berkata
: ‘Pendusta yang busuk”. Aku (Adz-Dzahabiy) berkata : Telah meriwayatkan
darinya Abu Zur’ah dan Abu Haatim, dan ia seorang yang keadaannya berdekatan (dengan
perawi tsiqah), insya Allah” [Miizaal-I’tidaal, 3/366].
48.
Ya’quub bin Sufyaan
Al-Fasawiy rahimahullah (w. 277 H)
Al-Mizziy rahimahullah
menukil:
وقال
أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ عَبْد اللَّهِ بْن إسحاق النهاوندي الْحَافِظ: سمعت
يَعْقُوب بْن سفيان.يَقُول: كتبت عَنْ ألف شيخ وكسر.كلهم ثقات
Abu ‘Abdirrahmaan ‘Abdullah
bin Ishaaq An-Nahaawandiy Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Ya’quub bin
Sufyaan berkata : “Aku menulis hadits dari 1.000 orang syaikh lebih, yang
semuanya tsiqah” [Tahdziibul-Kamaal, 32/333].
49.
Ibnu Wadldlah
Al-Qurthubiy rahimahullah (w. 287 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
saat menyebutkan biografi ‘Abdul-Malik bin Habiib Al-Andalusiy berkata :
روى
عنه ابن وضاح ، و بقى بن مخلد ، و لا يرويان إلا عن ثقة عندهما
“Telah meriwayatkan
darinya Ibnu Wadldlaah dan Baqiy bin Makhlad. Keduanya tidaklah meriwayatkan
kecuali dari perawi tsiqah di sisnya” [Tahdziibut-Tahdziib,
6/390].
50.
‘Abdullah bin Ahmad
bin Hanbal rahimahullah (w. 290 H).
Ibnu Hajar rahimahullah
berkata :
وقد
كان عبد الله بن أحمد لا يكتب الا عن من يأذن له أبوه في الكتابة عنه، ولهذا كان
معظم شيوخه ثقات
“’Abdullah bin Ahmad
tidaklah menulis riwayat kecuali dari orang yang diizinkan ayahnya baginya
untuk menulis riwayat darinya. Oleh karena itu, sebagian besar syuyuukh-nya
adalah tsiqaat” [Ta’jiilul-Manfa’ah pada biografi Al-Laits bin
Khaalid Al-Balkhiy].
51.
Muusaa bin Haaruun
Al-Hammaal rahimahullah (w. 294 H)
Ibnu ‘Adiy rahimahullah
berkata:
وَمُوسَى
بْنُ هَارُونَ الْحَمَّالُ كَانَ عَالِمًا بِعِلَلِ الْحَدِيثِ، مُتَوَقِّيًا،
وَلَمْ يُحَدِّثْ إِلا عَنْ ثِقَةٍ.
“Dan Muusaa bin
Haaruun Al-Hammaal, ia seorang yang ‘aalim tentang ‘ilal hadits, bertaqwa,
dan ia tidak meriwayatkan hadits kecuali dari orang yang tsiqah” [Al-Kaamil,
1/235].
52.
Ahmad bin Syu’aib
An-Nasaa’iy (w. 303 H).
Adz-Dzahabiy ketika
menyebutkan biografi Ahmad bin ‘Abdirrahmaan Al-Busriy rahimahumullah berkata:
حدث
عنه النسائي، وحسبك به
“Telah meriwayatkan
darinya An-Nasaa’iy, dan cukuplah bagimu dengannya” [Miizaanul-I’tidaal,
1/115 no. 445].
Ibnu Hajar berkata
dalam biografi Ahmad bin Nufail As-Sakuuniy ketika membantah perkataan
Adz-Dzahabiy yang mengatakannya majhuul:
بل
هو معروف ، يكفيه رواية النسائى عنه
“Bahkan ia seorang
yang ma’ruuf, cukuplah bagimu periwayatan An-Nasaa’iy darinya” [Tahdziibut-Tahdziib,
1/88].
53.
Muhammad bin Thaalib
bin ‘Aliy, Abul-Husain An-Nasafiy rahimahullah (w. 371 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah
berkata:
قَالَ
جعفر المستغفري : كان فقيها ، عارفا باختلاف العلماء ، نقى الحديث صحيحه ، ما كتب
إلا عن الثقات
“Abu Ja’far Al-Mustaghfiriy berkata : ‘Ia
seorang yang faqih, mengetahui perselisihan di kalangan ulama,
membersihkan hadits yang shahihnya, dan tidak menulis kecuali dari para perawi tsiqaat”
[Taariikhul-Islaam, 25/179].
54.
Muhammad bin Daawud
bin Shubaih rahimahullah
Telah berkata Abu ‘Ubaid
Al-Aajurriy, dari Abu Daawud rahimahumallah:
كان
محمد بن داود بن صبيح يتفقد الرجال ، و لم يكتب عن أبي كريب لحال المحنة ، و لم
يحدث عن سعدويه و لا عن أبي نصر التمار ، و ما رأيت رجلا قط أعقل من محمد بن داود
“Muhammad bin Daawud
bin Shubaih biasa memeriksa rijaal. Ia tidak menulis hadits dari Abu
Kuraib dikarenakan mihnah/musibah. Ia juga tidak menulis hadits dari Sa’duyah
dan Abu Nashr At-Tammaar. Aku tidak melihat seorang laki-laki pun yang lebih
berakal daripada Muhammad bin Daawud” [Tahdziibut-Tahdziib, 9/154].
Wallaahu
a’lam, semoga ada manfaatnya (banyak mengambil faedah dari Asy-Syaikh Abul-Hasan Al-Ma'ribiy hafidhahullah)
[libur
di negeri seberang – 17071438/14042017].
Comments
Ustadz...kalo tidak salah ana pernah dengar ada kaidah "Seorang perawilebih mengetahui tafsiran hadits yang diriwayatkannya daripada orang selainnya".
benarkah adanya kaidah ini?
bukankah akan bertentangan dengan hadits "Terkadang orang yang disampaikan ilmu itu lebih paham daripada yang mendengar secara langsung."
Posting Komentar