Syaikhul-Islaam
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
فَأَما التَّمْثِيل فِي الْقَتْل فَلَا يجوز
إِلَّا على وَجه الْقصاص، وَقد قَالَ عمرَان بن حُصَيْن رَضِي الله عَنْهُمَا:
مَا خَطَبنَا رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ
وَسلم خطْبَة إِلَّا أمرنَا بِالصَّدَقَةِ ونهانا عَن الْمثلَة حَتَّى الْكفَّار إِذا
قتلناهم فَإنَّا لَا نمثل بهم بعد الْقَتْل وَلَا نجدع آذانهم وأنوفهم وَلَا نبقر بطونهم
إِلَّا أَن يَكُونُوا فعلوا ذَلِك بِنَا فنفعل بهم مَا فعلوا.
وَالتّرْك أفضل كَمَا قَالَ الله تَعَالَى
{وَإِن عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا بِمثل مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ وَلَئِن صَبَرْتُمْ لَهو
خير للصابرين واصبر وَمَا صبرك إِلَّا بِاللَّه}.
قيل إِنَّهَا نزلت لما مثل الْمُشْركُونَ
بِحَمْزَة وَغَيره من شُهَدَاء أحد رَضِي الله عَنْهُم فَقَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ
وَسلم: “لَئِن أَظْفرنِي الله بهم لَأُمَثِّلَن بضعفي مَا مثلُوا بِنَا” فَأنْزل الله
هَذِه الْآيَة وَإِن كَانَت قد نزلت قبل ذَلِك بِمَكَّة مثل قَوْله {ويسألونك عَن الرّوح
قل الرّوح من أَمر رَبِّي}.
وَقَوله {وأقم الصَّلَاة طرفِي النَّهَار
وَزلفًا من اللَّيْل إِن الْحَسَنَات يذْهبن السَّيِّئَات} وَغير ذَلِك من الْآيَات
الَّتِي نزلت بِمَكَّة ثمَّ جرى بِالْمَدِينَةِ سَبَب يَقْتَضِي الْخطاب فأنزلت مرّة
ثَانِيَة فَقَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم :“بل نصبر".
وَفِي صَحِيح مُسلم عَن بُرَيْدَة بن الخصيب
رَضِي الله عَنهُ قَالَ : كَانَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم إِذا بعث أَمِيرا
على سَرِيَّة أَو جَيش أَو فِي حَاجَة نَفسه أوصاهم بتقوى الله تَعَالَى وبمن مَعَه
من الْمُسلمين خيرا ثمَّ يَقُول : اغزوا بِسم الله وَفِي سَبِيل الله قَاتلُوا من كفر
بِاللَّه لَا تغلوا وَلَا تغدروا وَلَا تمثلوا وَلَا تقتلُوا وليدا.
“Adapun
mutilasi dalam pembunuhan, tidak diperbolehkan kecuali dalam kasus qishaash.
Telah berkata ‘Imraan bin Hushain radliyallaahu ‘anhumaa : ‘Tidaklah
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkhuthbah kepada kami
kecuali beliau memerintahkan kami untuk bershadaqah dan melarang kami perbuatan
mutilasi hingga kepada orang-orang kafir apabila kami membunuh mereka. Sesungguhnya
kami tidak mencincang mereka setelah pembunuhan. Kami tidak akan memotong
telinga dan hidung mereka, dan kami pun tidak akan membelah perut mereka;
kecuali jika mereka melakukannya kepada kami, maka kami pun dapat melakukannya
pada mereka seperti yang mereka lakukan pada kami’.
Dan meninggalkan perbuatan itu afdlal
(lebih utama) sebagaimana firman Allah ta’ala: ‘Dan jika kamu
memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang
ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang
lebih baik bagi orang-orang yang sabar. Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah
kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah’ (QS. An-Nahl :
126-127).
Dikatakan, ayat ini turun
ketika orang-orang musyrik mencincang Hamzah dan yang lainnya dari kalangan syuhadaa’
Uhud radliyallaahu ‘anhum. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
: ‘Seandainya Allah memberikan kemampuan padaku untuk mengalahkan mereka,
niscaya aku akan mencincang dua kali melebihi apa yang telah mereka lakukan
terhadap kami’. Lalu Allah ta’ala menurunkan ayat ini[1]. Dan sebelumnya, ayat ini
telah turun di Makkah, seperti hanlnya firman Allah ta’ala : ‘Dan
mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan
Tuhan-ku’ (QS. Al-Israa’ : 85).
Juga firman-Nya ta’ala :
‘Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan
pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang
baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk’ (QS. Huud :
114).
Dan ayat-ayat lain yang turun
di Makkah, kemudian terus berlanjut di Madiinah sebab-sebab yang menunjukkan khithaab
(ayat). Lalu ayat itu (yaitu QS. An-Nahl : 126) turun untuk yang kedua kalinya,
sehingga Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Akan tetapi
kami bersabar’.
Dan dalam Shahiih Muslim
dari Buraidah bin Al-Khushaib radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam apabila mengutus pimpinan perang kepada pasukannya atau
untuk keperluan pribadi beliau, maka beliau memberikan wasiat kepadanya secara
khusus agar bertaqwa kepada Allah ta’ala dan agar berbuat baik kepada
kaum muslimin (yang ikut perang) bersamanya. Kemudian beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Berperanglah atas nama Allah ! di jalan
Allah ! Perangilah orang yang kufur kepada Allah ! Jangan berlebih-lebihan, jangan berlaku curang, jangan mencincang, dan jangan
membunuh anak-anak !”.
[selesai – diterjemahkan dari As-Siyasah
Asy-Syar’iyyah oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah, hal. 105 – via Maktabah Syamilah –
perumahan ciomas permai - 19041436 – 00:27].
[1] Lihat : Ash-Shahiihul-Musnad
min Asbaabin-Nuzuul oleh Muqbil bin Haadiy Al-Wadii’iy hal. 142-143 dan Ash-Shahiih
min Asbaabin-Nuzuul oleh ‘Ishaam bin ‘Abdil-Muhsin Al-Humaidaan hal. 227.
Comments
Posting Komentar