Sebelumnya
perlu ditegaskan di sini agar tidak terjadi gagal fokus seperti yang
sudah-sudah, bahwa yang akan menjadi bahasan adalah apakah beliau
memberikan ‘udzur kejahilan dalam perkara kufur akbar dan syirik akbar ataukah
tidak. Artinya, jika beliau memberikan ‘udzur kejahilah dalam permasalahan ini,
maka beliau tidak langsung mengkafirkan sebelum iqaamatul-hujjah memberikan
penjelasan batilnya kesyirikan. Oleh karenannya, fokus bukan pada pertanyaan ‘Benarkah
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab Tidak Mengkafirkan Penyembah Kubur ?’.
Jika ini yang muncul, maka ini salah satu contoh produk gagal paham dan juga fallacy.
Seandainya kita mengakui syaikh memberikan udzur kejahilan pada permasalahan
kufur akbar dan syirik akbar, ini bukan berarti syaikh tidak mengkafirkan
penyembah kubur. Syaikh tetap mengkafirkan pelaku kesyirikan, hanya saja di
situ ada space penegakan hujjah (iqaamatul-hujjah) sebelum
pengkafiran. Maka, ujungnya sama. Dan juga jangan berasumsi secara salah jika
syaikh dianggap memberikan ruang udzur kejahilan, artinya beliau
memberlakukannya secara mutlak, bagi setiap orang yang mengaku jahil dan di
setiap keadaan. Tidak begitu, dan dalam penerapan dan pemahamannnya, kita pun
juga tidak seperti itu.
Berikut
teks-teks perkataan dari Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah
yang sangat jelas memberikan ruang ‘udzur kejahilan dalam
masalah kufur akbar dan syirik akbar.
1.
Beliau rahimahullah
pernah berkata dalam suratnya yang ditujukan kepada Muhammad bin ‘Ied:
تكفير من بان له أن التوحيد هو دين الله ورسوله،
ثم أبغضه ونفّر الناس عنه، وجاهد من صدق الرسول فيه، ومن عرف الشرك وأن رسول الله صلى الله عليه وسلم بُعث بإنكاره، وأقر بذلك ليلاً
ونهاراً، ثم مدحه وحسّنه للناس، وزعم أن أهله لا يخطئون لأنهم السواد الأعظم.
وأما ما ذكر الأعداء عني: أني أكفّر بالظن،
وبالموالاة، أو أكفّر الجاهل الذي لم تقم عليه الحجة، فهذا بهتان عظيم، يريدون به
تنفير الناس عن دين الله ورسوله
“Pengkafiran
orang yang telah jelas baginya bahwasannya tauhid adalah agama Allah dan
Rasul-Nya, kemudian ia membencinya dan memalingkan manusia darinya, memerangi orang
yang membenarkan Rasulullah, memerangi orang yang menjelaskan kesyirikan dan
menjelaskan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam diutus untuk
mengingkari kesyirikan. Ia
terus melakukannya siang-malam, bahkan ia memujinya dan menghiasinya di hadapan
manusia, dan menganggap pelakunya
tidak bersalah, karena mereka adalah as-sawadul-a’dham (kelompok
mayoritas).
Adapun
yang disebutkan para musuh dariku bahwa aku mengkafirkan berdasarkan prasangka
dan loyalitas, atau mengkafirkan orang yang jahil/bodoh yang belum tegak
padanya hujjah, maka semua ini adalah kedustaan yang sangat besar. Mereka
menginginkan dengannya agar orang-orang lari dari agama Allah dan Rasul-Nya” [Ar-Rasaail Asy-Syakhshiyyah, hal. 25].
Perkataan beliau rahimahullah di atas
menunjukkan:
a.
Orang yang telah jelas (berdasarkan ilmu) akan
ketauhidan dan memerangi orang yang mendakwahkannya, maka dikafirkan.
b.
Orang yang jahil tidak dikafirkan kecuali setelah
ditegakkannya hujjah.
2.
Beliau rahimahullah berkata saat menjelaskan
kaedah pengkafiran:
وأما التكفير، فأنا أكفّر من عرف دين
الرسول، ثم بعد ما عرفه سبه ونهى الناس عنه، وعادى مَن فعله؛ فهذا هو الذي أكفّره،
وأكثر الأمة ولله الحمد ليسوا كذلك
أما التكفير فأنا أكفر من عرف الرسول، ثم
بعدما عرفه سبه ونهى الناس عنه وعادى من فعله، فهذا هو الذي أكفره، وأكثر الأمة ولله
الحمد ليسوا كذلك
“Tentang pengkafiran, maka aku
mengkafirkan orang yang mengetahui agama Rasul, kemudian setelah mengetahuinya
ia mencelanya dan memusuhi orang yang menjalankannya. Orang inilah yang aku kafirkan, dan kebanyakan umat –
segala puji bagi Allah – tidaklah seperti itu” [Ar-Rasaail Asy-Syakhsiyyah,
hal. 38].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai
mafhum bahwa orang yang belum mengetahui hakekat agama Rasul shallallaahu
‘alaihi wa sallam tidak (langsung) dikafirkan.
3.
Asy-Syaikh
‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahumullah menukil:
وقال شيخنا شيخ الإسلام محمد بن عبد
الوهاب: سألني الشريف عما نقاتل عليه وما نكفر به؟ فقال في الجواب: إنا لا نقاتل
إلا على ما أجمع عليه العلماء كلهم، وهو الشهادتان بعد التعريف إذا عرف ثم أنكر
“Telah
berkata syaikh kami, Syaikhul-Islaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab : ‘Asy-Syariif
pernah bertanya kepadaku tentang dasar yang kami berperang di atasnya dan apa
yang kami kafirkan dengannya’. Maka beliau memberikan jawaban : ‘Sesungguhnya
kami tidaklah berperang kecuali di atas sesuatu yang telah disepakati seluruh ulama,
yaitu dua kalimat syahadat setelah diketahui. Apabila ia telah mengetahui dan kemudian ia ingkari, (maka kafir)” [Al-Hidaayatus-Sanniyyah, hal. 34].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai
mafhum bahwa orang yang belum mengetahui (paham) dua kalimat syahadat
tidak dikafirkan. Tentu saja yang dimaksud beliau bukan sekedar mengetahui
‘arti’ (translation) dua kalimat syahadat tersebut, namun makna,
kandungan, dan hal yang dituntut dari kalimat tersebut.
4.
Beliau rahimahullah berkata saat mengomentari
hadits Dzaatu Anwaath:
ولكن هذه القصة تفيد أن المسلم بل العالم
قد يقع في أنواع من الشرك لا يدري عنها، فتفيد التعلم والتحرز، ومعرفة أن قول
الجاهل (التوحيد فهمناه) أن هذا من أكبر الجهل ومكائد الشيطان.
وتفيد أيضا أن المسلم المجتهد إذا تكلم بكلام كفر وهو لا يدري. فنبه على ذلك فتاب من ساعته، أنه لا يكفر كما فعل بنو إسرائيل والذين سألوا النبي صلى الله عليه وسلم.
وتفيد أيضا أنه لو لم يكفر فإنه يغلظ عليه الكلام تغليظا شديدا، كما فعل رسول الله صلى الله عليه وسلم
وتفيد أيضا أن المسلم المجتهد إذا تكلم بكلام كفر وهو لا يدري. فنبه على ذلك فتاب من ساعته، أنه لا يكفر كما فعل بنو إسرائيل والذين سألوا النبي صلى الله عليه وسلم.
وتفيد أيضا أنه لو لم يكفر فإنه يغلظ عليه الكلام تغليظا شديدا، كما فعل رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Akan
tetapi kisah ini juga menunjukkan bahwa seorang muslim, bahkan seorang yang ‘aalim,
kadang-kadang terjatuh dalam perbuatan syirik
tanpa disadarinya. Jadi kisah ini memberikan pelajaran dan sikap waspada, juga
memberikan pengertian, bahwasannya perkataan orang yang jaahil : ‘Kami telah
memahami tauhid’ – merupakan kejahilan yang besar dan tipuan dari setan.
Kisah ini juga memberikan faedah bahwasannya seorang muslim mujtahid apabila
mengucapkan perkataan kufur tanda disadarinya, lalu ia diperingatkan dan
kemudian ia bertaubat darinya pada waktu itu, tidak dikafirkan sebagaimana yang
dilakukan Bani Israaiil dan sebagian shahabat yang meminta Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Faedah lain, meskipun tidak dikafirkan, ia mestu
diperingatkan dengan perkataan yang keras sebagaimana yang dilakukan Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Kasyfusy-Syubuhaat, hal. 175].
Perkataan beliau rahimahullah di atas
memberikan faedah bahwa orang yang terjatuh dalam kesyirikan tanpa diketahuinya
(karena jahil) tidak langsung dikafirkan tanpa adanya peringatan dan
penjelasan.
5.
Beliau rahimahullah
berkata:
وكذلك تمويهه على الطغام بأن ابن عبد الوهاب
يقول: الذي ما يدخل تحت طاعتي كافر، ونقول: سبحانك هذا بهتان عظيم! بل نشهد الله على
ما يعلمه من قلوبنا، بأن من عمل بالتوحيد، وتبرأ من الشرك وأهله، فهو المسلم في أي
زمان وأي مكان. وإنما نكفّر مَن أشرك بالله في إلهيته، بعد ما نبين له الحجة على بطلان
الشرك.
“Begitu
juga distorsi yang mereka lakukan terhadap masyarakat awam bahwasannya Ibnu
‘Abdil-Wahhaab mengatakan : ‘Orang yang tidak berada di bawah ketaatanku, maka
kafir’. Subhaanallaah, ini adalah kedustaan yang sangat besar. Akan
tetapi kami bersaksi kepada Allah terhadap apa yang Ia ketahui pada perkataan
kami bahwasannya siapa saja yang beramal ketauhidan serta berlepas diri dari kesyirikan dan pelakunya, maka dia adalah muslim
kapapunpun dan dimanapun. Kami hanyalah mengkafirkan orang berbuat syirik kepada Allah dalam ilahiyyah-Nya setelah
kami jelaskan padanya hujjah atas batilnya kesyirikan”
[Ar-Risaalah Asy-Syakhshiyyah, hal. 60].
Perkataan beliau rahimahullah di atas
memberikan faedah bahwa orang yang jatuh dalam kesyirikan (karena kejahilannya)
tidak langsung dikafirkan tanpa proses iqaamatul-hujjah berupa penjelasan akan
batilnya kesyirikan.
6.
Beliau rahimahullah berkata:
ما ذكر لكم عني: أني أكفّر بالعموم، فهذا
من بهتان الأعداء. وكذلك قولهم: إني أقول: من تبع دين الله ورسوله وهو ساكن في
بلده، أنه ما يكفيه حتى يجيء عندي، فهذا أيضاً من البهتان. إنما المراد: اتباع دين
الله ورسوله في أي أرض كانت. ولكن نكفر من أقر بدين الله ورسوله ثم عاداه وصد
الناس عنه، وكذلك من عبد الأوثان بعد ما عرف أنها دين للمشركين وزينة للناس; فهذا
الذي أكفّره. وكل عالم على وجه الأرض يكفّر هؤلاء، إلا رجلاً معانداً أو جاهلاً؛
والله أعلم
“Apa
yang disebutkan kepadamu dariku bahwasannya aku mengkafirkan masyarakat umum,
maka ini kedustaan yang sangat besar yang dilakukan para musuh. Begitu juga
perkataan mereka : Sesungguhnya aku berkata : ‘Barangsiapa yang mengikuti
agama Allah dan Rasul-Nya dan ia tinggal di negerinya, maka itu tidak
mencukupinya hingga ia mendatangiku’. Ini juga merupakan kedustaan. Yang dimaksudkan dengan
mengikuti agama Allah dan Rasul-Nya adalah di bumi manapun ia berada. Akan
tetapi kami mengkafirkan orang yang mengikrarkan agama Allah dan Rasul-Nya,
kemudian ia memusuhi-Nya dan mencegah orang-orang darinya. Begitu juga (kami
mengkafirkan) orang yang beribadah kepada berhala setelah ia
mengetahui bahwa itu termasuk agama orang-orang musyrik
dan menghiasinya kepada orang-orang; maka orang inilah yang aku kafirkan.
Setiap ulama yang ada di muka bumi mengkafirkan mereka, kecuali orang yang
menentang dan bodoh, wallaahu a’lam” [Ar-Risaalah
Asy-Syakhshiyyah, hal. 58].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai
mafhum bahwa seorang muslim yang terjatuh dalam kesyirikan berupa
peribadahan terhadap berhala tanpa ia ketahui (karena kejahilannya) tidak langsung beliau kafirkan.
7.
Beliau rahimahullah berkata:
الوجه الثاني: أن معصية الرسول صلى الله
عليه وسلم في الشرك وعبادة الأوثان بعد بلوغ العلم كفر صريح بالفطر والعقول
والعلوم الضرورية، فلا يتصور أنك تقول لرجل ولو من أجهل الناس وأبلدهم: ما تقول
فيمن عصى الرسول صلى الله عليه وسلم ولم ينقد له في ترك عبادة الأوثان والشرك مع
أنه يدعي أنه مسلم متبع؟ إلا ويبادر بالفطرة الضرورية إلى القول بأن هذا كافر من
غير نظر في الأدلة أو سؤال أحد من العلماء، ولكن لغلبة الجهل وغربة العلم وكثرة من
يتكلم بهذه المسألة من الملحدين، اشتبه الأمر فيها على بعض العوام من المسلمين
الذين يحبون الحق،
“Sisi
kedua: Bahwa kemaksiatan terhadap Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam
kesyirikan dan peribadahan terhadap berhala-berhala setelah
sampainya ilmu adalah kekufuran yang jelas berdasarkan fihtrah, akal dan
ilmu yang pasti. Maka tidak dapat dibayangkan seandainya engkau bertanya kepada
seseorang – meskipun ia termasuk orang yang paling bodoh dan paling pandir - :
‘Apa pendapatmu tentang orang yang mendurhakai Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam dan tidak tunduk kepadanya untuk meninggalkan peribadahan
kepada berhala-berhala dan kesyirikan, padahal ia mengaku muslim yang mengikuti
beliau ?’ ; maka ia akan langsung mengatakan berdasarkan fitrahnya yang pasti
bahwasannya orang tersebut kafir tanpa meneliti dalil-dalil ataupun bertanya
kepada ulama. Akan tetapi
karena dominannya kejahilan, keterasingan ilmu, dan banyaknya orang mulhid yang
berbicara dalam permasalahan ini, menjadi samarlah perkara tersebut bagi
sebagian orang awam dari kalangan muslimin yang mencintai kebenaran…” [Mufiidul-Mustafiid, hal. 307-308].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai
mafhum bahwa orang yang terjatuh dalam kesyirikan karena kejahilannya
(tidak sampai ilmu kepadanya), tidak (langsung) dikafirkan.
8.
Asy-Syaikh Sulaimaan bin Sahmaan rahimahumullah
menukil:
الشيخ
محمد بن عبد الوهاب - رحمه الله - من أعظم الناس توقفاً وإحجاماً عن إطلاق الكفر حتى
أنه لم يجزم بتكفير الجاهل الذي يدعو غير الله من أهل القبور أو غيرهم إذا لم يتيسر
له من ينصحه ويبلغه الحجة التي يكفر تاركها، قال في بعض رسائله وإن كنا لا نكفر من
عبد قبة الكواز لجهلهم وعدم من ينبههم ، فكيف من لم يهاجر إلينا، وقال وقد سئل عن مثل
هؤلاء الجهال فقرر أن من قامت عليه الحجة وتأهل لمعرفتها يكفر بعبادة القبور، وأما
من أخلد إلى الأرض واتبع هواه فلا أدري ما حاله
“Dan Asy-Syaikh
Muhammad (bin ‘Abdil-Wahhaab) rahimahullah termasuk orang yang sangat
menahan dan menjauhkan diri dari pemutlakan kekufuran, hingga beliau tidak
menetapkan pengkafiran terhadap orang yang jahil yang berdoa
kepada selain Allah, yaitu kepada ahli kubur atau selainnya; apabila
tidak ada orang yang menasihatinya dan menyampaikan hujjah yang
mengkafirkan orang yang
meninggalkannya. Beliau berkata di sebagian risalahnya : ‘Dan seandainya kami tidak
mengkafirkan orang yang menyembah kuburan karena kejahilan mereka dan ketiadaan
orang yang memperingatkan mereka, lantas bagaimana kami mengkafirkan orang yang
tidak berhijrah kepada kami ?’.
Beliau juga pernah ditanya tentang orang yang semisal dengan orang jahil
tersebut, maka beliau menyatakan bahwa : ‘Barangsiapa yang telah tegak
padanya hujjah namun ia enggan untuk mengetahuinya, maka ia dikafirkan
karena penyembahannya kepada kubur tersebut. Adapun orang yang mencium bumi dan
mengikuti hawa nafsunya, aku tidak mengetahui hukum apa yang berlaku
padanya” [Dyiyaausy-Syaariq, hal. 372].
Perkataan beliau rahimahullah di atas
memberikan faedah bahwa orang muslim yang jatuh dalam perbuatan kesyirikan karena
kejahilannya tidak langsung dikafirkan jika tidak ada orang yang memberikan
penjelasan kepadanya dan menyampaikan hujjah. Ia dikafirkan jika telah tegak
padanya hujjah namun ia enggan untuk mengetahuinya (masa bodoh).
9.
Beliau rahimahullah berkata:
فجنس هؤلاء المشركين وأمثالهم ممن يعبد
الأولياء والصالحين نحكم بأنهم مشركون ونرى كفرهم إذا قامت عليهم الحجة الرسالية
“Jenis
orang-orang musyrik dan yang semisal mereka dari
kalangan orang yang menyembah para wali dan orang-orang
shaalih, kami hukumi sebagai orang musyrik
dan kami pandang sebagai orang kafir apabila telah tegak hujjah risaaliyyah
pada mereka” [Al-Hidaayatus-Suniyyah, risalah ke-4, hal. 103].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai
mafhum bahwa orang muslim yang jatuh dalam kesyirikan namun belum
ditegakkan hujjah risaliyyah kepadanya, tidak dikafirkan.
10.
Beliau rahimahullah
saat menuliskan surat kepada Asy-Syariif, berkata :
وإذا كنا لا نكفر من عبد الصنم الذي على قبة
عبد القادر، والصنم الذي على قبر أحمد البدوي وأمثالهما، لأجل جهلهم وعدم من ينبههم،
فكيف نكفر من لم يشرك بالله إذا لم يهاجر إلينا ولم يكفر ويقاتل ؟ سبحانك هذا بهتان
عظيم
“Apabila
kami tidak mengkafirkan orang yang menyembah berhala di atas kubah
‘Abdul-Qaadir, dan berhala yang berada di atas kubur Ahmad Al-Badawiy, serta
yang semisal mereka berdua – dengan sebab kejahilan mereka dan ketiadaan
orang yang memberikan penjelasan kepada mereka; lantas bagaimana kami bisa mengkafirkan
orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah jika ia tidak berhijrah kepada
kami ?. Maha Suci Engkau (ya Allah), ini adalah kedustaan yang sangat besar...”
[Fataawaa wa Masaail, hal. 4].
Perkataan beliau rahimahullah di atas
memberikan faedah bahwa orang muslim yang jatuh dalam perbuatan kesyirikan
karena kejahilannya tidak langsung dikafirkan jika tidak ada orang yang
memberikan penjelasan kepadanya dan menyampaikan hujjah.
Mari kita baca statement syaikh
di atas dengan pikiran jernih tanpa rasa fanatik, taqlid buta, dan sikap
menyalahkan sebelum meneliti,…. Apakah di antara Pembaca – yang saya yakin
banyak yang punya kemampuan content analysis bagus – dapat menyimpulkan
bahwa syaikh menafikkan ‘udzur kejahilan bagi pelaku kesyirikan ?.
Apakah jika kita mengatakan
berdasarkan statement di atas bahwa syaikh memberikan ruang udzur kejahilan
dalam perkara kufur akbar dan syirik akbar merupakan kedustaan terhadap syaikh
?.
قُلْ مُوتُوا بِغَيْظِكُمْ إِنَّ اللَّهَ
عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ
“Katakanlah (kepada mereka):
"Matilah kamu karena kemarahanmu itu". Sesungguhnya Allah
mengetahui segala isi hati” [QS. Aali ‘Imraan : 119].
Apakah kita mengarang-ngarang
penyimpulan manhaj Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab dalam masalah ‘udzur
kejahilan ini ?. Tidak. Pembaca dapat lihat bagaimana pandangan Asy-Syaikh
Sulaimaan bin Sahmaan rahimahullah tentang Asy-Syaikh Muhammad bin
‘Abdil-Wahhaab rahimahullah di atas.
Begitu juga inilah penyimpulan
yang didapatkan Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah[1] dan Asy-Syaikh
Al-Muhaddits ‘Abdul-Kariim Al-Khudlair hafidhahullah (anggota kibaar
ulama Saudi Arabia)[2].
Begitu juga dengan hasil penelitian Ahmad bin Jazaa’ Ar-Radlaimaan yang
berjudul Manhaj Al-Imaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab fii Mas-alatit-Takfiir
(tesis Univ. Muhammad bin Su’uud) di bawah bimbingan Asy-Syaikh Naashir Al-‘Aql[3]. Begitu juga penelitian
‘Abdurrazzaaq Ma’aasy yang berjudul Al-Jahl bi-Masaailil-I’tiqaad wa Hukmuhu
(tesis) di bawah bimbingan Asy-Syaikh ‘Abdurrahmaan bin Naashir Al-Barraak hafidhahullah. Juga Asy-Syaikh Ibraahiim Ar-Ruhailiy hafidhahullah dalam bukunya At-Takfiir wa Dlawaabithuhu. Dan masih banyak lagi.
Dan ini juga madzhab Asy-Syaikh
‘Abdullah
bin Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimanumullah. Beliau berkata saat mengomentari
perkataan Ibnu Taimiyyah rahimahumallah terkait dengan sebagian amal
perbuatan kesyirikan:
وتأمل – أيضاً – قوله الشيخ رحمه الله تعالى
في آخر الكلام، ولا ريب أن أصل قول هؤلاء هو الشرك الأكبر والكفر الذي لا يغفره الله
إلا بالتوبة، و أن ذلك يستلزم الردة عن الدين، والكفر برب العالمين، كيف صرح بكفر من
فعل هذا أو ردته عن الدين إذا قامت عليه الحجة من الكتاب والسنة، ثم أصر على فعل ذلك،
وهذا لا ينازع فيه من عرف دين الإسلام الذي بعث الله به رسوله محمداً -صلى الله عليه
وسلم-، والله أعلم
“Dan merenungkan perkataan
syaikh rahimahullahu ta’ala dalam akhir perkataannya, tidak diragukan
lagi bahwa pokok perkataan mereka adalah syirik akbar dan kufur yang tidak akan
diampuni Allah kecuali dengan taubat, mengkonsekuensikan murtad dari agama,
serta kekafiran terhadap Rabbul-‘Aalamiin. Lantas, bagaimana halnya dengan
orang yang jelas melakukan kekufuran tersebut atau murtad dari agama apabila
telah tegak padanya hujjah dari Al-Kitab dan As-Sunnah, kemudian ia
terus melakukannya; maka tidak ada perselisihan padanya bagi orang yang
mengetahui agama Islam yang Allah mengutus Rasul-Nya Muhammad shallallaahu
‘alaihi wa sallam (tentang kekafirannya)” [Al-Kalimaatun-Naafi’ah
fil-Mukaffiraatil-Waaqi’ah, hal. 441].
إذا فعل الإنسان الذي يؤمن بالله ورسوله ما
يكون فعله كفراً، أو قوله كفراً، أو اعتقاده كفراً جهلاً منه بما بعث الله به رسوله
ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ، فهذا لا يكون عندنا كافراً، ولا نحكم عليه بالكفر حتى تقوم
الحجة الرّسالية التي يكفر من خالفها. فإذا قامت عليه الحجّة، وبيّن له ما جاء به الرّسول
ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ، وأصرّ على فعل ذلك بعد قيام الحجّة، فهذا هو الذي يكفر...
“Apabila seseorang yang beriman kepada
Allah dan Rasul-Nya melakukan perbuatan kufur, mengucapkan perkataan kufur,
atau berkeyakinan keyakinan kufur karena jahil terhadap syari’at yang Allah
utus Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengannya; maka menurut
kami ia bukanlah orang kafir, dan kami tidak menghukuminya dengan kekafiran
hingga tegak hujjah risaliyyah yang memgkafirkan orang yang menyelisihinya. Apabila
telah tegak padanya hujjah dan jelas baginya syari’at yang dibawa Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, lalu ia terus melakukan perbuatan syirik tersebut
setelah tegaknya hujjah, maka orang inilah yang dikafirkan….” [Ad-Durarus-Saniyyah, 10/239].
Kita dapat
berhusnudhdhan bahwa madzhab Asy-Syaikh ‘Abdullah sesuai dengan madzhab ayahnya
(Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab) dalam pengkafiran.
Adapun
beberapa nukilan dari Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang
terlihat kontradiktif, dapat diuraikan secara ringkas sebagai berikut:
1.
Beliau rahimahullah berkata:
فإنك
إذا عرفت أن الإنسان يكفر بكلمة يخرجها من لسانه، وقد يقولها وهو جاهل فلا يعذر بالجهل
“Sesungguhnya
jika engkau mengetahui seseorang dikafirkan karena kalimat yang diucapkan oleh
lisannya, dan kadang-kadang ia mengucapkannya sedangkan ia tidak mengetahuinya,
maka kejahilannya tersebut tidak diberikan ‘udzur” [Kasyfusy-Syubuhaat,
hal. 158-159].
Jawab :
Perkataan ini tidak menafikkan adanya udzur kejahilan
dari syaikh, karena ‘udzur kejahilan sendiri tidak berlaku mutlak. Beliau rahimahullah
menyatakan:
الانسان
لا يعذر بالجهل في كثير من الأمور
“Manusia tidaklah diberikan ‘udzur kejahilan dalam
banyak perkara” [Tafsiir Aayaat minal-Qur’aanil-Kariim, hal. 350].
Barangsiapa yang memungkinkan bagi dirinya untuk
mendapatkan ilmu dan bertanya, namun tidak ia lakukan dan ia malah berpaling
darinya, maka yang seperti ini tidak diberikan ‘udzur. Hal yang menguatkan
maksud ini – wallaahu a’lam – perkataan beliau yang lain:
تنبيه
الجاهل أنه لا يعذر لأنه يمكن السؤال
“Peringatan bagi orang yang jahil bahwasannya ia tidak
diberikan udzur karena ia memungkinkan untuk bertanya” [idem, hal. 212].
Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah
menjelaskan hal yang semisal, bahwa orang tersebut adalah orang jahil yang tafriith
(meremehkan) belajar. Abul-Jauzaa’ berkata : Maksudnya – wallaahu a’lam
- orang tersebut tahu ada seseorang/sumber yang dapat ia pelajari/tanya, namun malah
mengabaikannya [baca: http://islamqa.info/ar/111362].
Sebagai suplemen untuk menyempurnakan gambaran
sebaliknya, silakan baca artikel : Beberapa
Kondisi Ditetapkannya ‘Udzur Kejahilan.
2.
Beliau rahimahullah berkata saat menyebutkan
faedah hadits ‘Imraan bin Hushain radliyallaahu ‘anhu:
أن
النبي صلى الله عليه وسلم رأى رجلا في يده حلقة من صفر فقال: ما هذه؟ قال من الواهنة.
فقال: انزعها، فإنها لا تزيدك إلا وهنا؛ فإنك لو مت وهي عليك ما أفلحت أبدا
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
pernah melihat seorang laki-laki terdapat di tangannya gelang kuningan. Maka
beliau bertanya : “Apakah ini ?”. Orang itu menjawab : “Penangkal
sakit”. Nabi pun bersabda : “Lepaskan itu, karena dia hanya akan menambah
kelemahan pada dirimu. Sebab jika kamu mati sedangkan gelang itu masih ada di
tubuhmu, kamu tidak akan beruntung selama-lamanya”.[4]
Syaikh setelah itu berkata:
الثالثة:
أنه لم يعذر بالجهالة
“Faedah ketiga : Syirik tidak diberikan udzur dengan
sebab kejahilan”.
Jawab:
a.
Perbuatan dalam hadits di atas termasuk syirik ashghar,
bukan syirik akbar sebagaimana yang difokuskan; dan syirik ashghar pada asalnya
tidak menyebabkan kekafiran dan dihukumi musyrik keluar dari daerah Islam
(murtad), meski termasuk dosa besar. Oleh karena itu, menggunakan perkataan
beliau di atas tidak valid dalam mahallun-nizaa’ permasalahan ini.
b.
Dhahir hadits di atas justru menjadi dalil adanya
udzur kejahilan karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak mengkafirkannya.
Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mengatakan ‘sebab jika
kamu mati sedangkan gelang itu masih ada di tubuhmu, kamu tidak akan beruntung
selama-lamanya’ ; kecuali setelah memberikan pemahaman dan penjelasan
kepada ‘Imraan dengan perkataannya : ‘Lepaskan itu, karena dia hanya akan
menambah kelemahan pada dirimu’.
c.
Kemungkinan makna tidak diberikan udzur tersebut
adalah karena adanya peremehan, wallaahu a’lam.
Tentang ta’wil
sebagian orang bahwa udzur kejahilan yang diberikan syaikh di atas mempunyai
beberapa kemungkinan makna, maka jawabannya:
1.
Ta’wil Pertama : ‘tidak terang-terangan
mengkafirkan’.
Jawaban :
Ini adalah ta’wil yang terlalu memaksakan diri. Jika
memang maknanya adalah tidak terang-terangan mengkafirkannya, kami persilakan
para Pembaca semua menjadi saksi dalam penerapan perkataan syaikh
berikut:
‘Apabila kami tidak mengkafirkan orang
yang menyembah berhala di atas kubah ‘Abdul-Qaadir, dan berhala yang berada di
atas kubur Ahmad Al-Badawiy, serta yang semisal mereka berdua – dengan sebab
kejahilan mereka dan ketiadaan orang yang memberikan penjelasan kepada
mereka; lantas bagaimana kami bisa mengkafirkan orang yang tidak berbuat
syirik kepada Allah jika ia tidak berhijrah kepada kami ?. Maha Suci Engkau (ya
Allah), ini adalah kedustaan yang sangat besar’.
Konsekuensinya,…. Jika syaikh tidak terang-terangan
mengkafirkan pelaku kesyirikan yang jahil tersebut, maka syaikh pun juga sedang
tidak terang-terangan mengkafirkan orang yang tidak berbuat syirik di jalan
Allah – karena kalimat syaikh di atas menggunakan qiyas aulawi.
2.
Ta’wil Kedua : ‘tidak mengkafirkan mereka dalam
rangka mudaarah (mengalah dalam urusan dunia) demi maslahat dakwah’.
Jawab:
Ta’wil ini juga tidak kalah aneh dengan yang pertama.
Ini merupakan kedustaan sekaligus penghinaan terhadap syaikh. Ini bukan
mudaarah, tapi justru sifat nifaq dan sifat tidak tegas terhadap kebenaran;
sedangkan syaikh sangat jauh dari sifat itu – dan Allah Maha Tahu apa yang ada
pada diri beliau rahimahullah.
Syaikh justru mendustakan orang-orang yang menuduhnya
mengkafirkan orang awam dan jahil secara serampangan tanpa adanya penjelasan
dan penegakan hujjah.
3.
Ta’wil Ketiga : ‘diucapkan di awal dakwah karena dakwah
yang masih lemah, atau karena perkara ini belum begitu jelas, atau ketika itu
ia menyangka bahwa dalam perkara ini ada khilaf’.
Jawab:
Ta’wil ini sangat lemah. Pertama, kontradiktif dengan pernyataan
bahwa syirik merupakan perkara yang jelas dan. Kedua, lemahnya dakwah bukan
menjadi faktor untuk mengatakan seorang yang kafir lantas dikatakan tidak
kafir. Hubungan kausalitasnya tidak nyambung.
Ini saja yang
dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
NB : Perkara
udzur kejahilan adalah perkara yang diperselisihkan ulama. Masalah timbul
ketika ada orang yang mengklaim ijma’, menuduh orang membela orang musyrik, dan
mulai membawa pelabelan irjaa’ tanpa melihat realitas khilaf nyata yang
ada di kalangan ulama.
Wallaahul-musta’aan.
[abul-jauzaa’
– perumahan ciomas permai – 22122014 – 01:28].
Khusus untuk buku ini, ada yang hal yang lucu, karena
ada orang yang masih saja menuduh nukilan statement penyimpulan ini dusta.
Mungkin karena ia tidak dapat membaca kitab, atau terburu-buru membacanya, atau
tidak paham isinya, atau memang tidak mau memahami isinya.
Sangat jelas dalam buku (tesis) tersebut setelah Penulis
menurunkan teks-teks Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang
‘terlihat’ paradox, ia kemudian mengatakan : ‘Melalui penelitian terhadap
teks-teks yang ternukil dari Al-Imaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab nampak sangat
jelas bahwasannya beliau tidak mengkafirkan seseorang kecuali setelah iqaamatul-hujjah,
dan bahwasannya beliau berpendapat adanya udzur kejahilan…..” [hal. 108].
Penulis melakukan pendiskusian dan jawaban terhadap
beberapa teks yang nampak meniadakan udzur kejahilan [hal. 108 – 110]. Setelah
itu Penulis mencoba menyimpulkan bahwa syaikh berpendapat memberikan udzur
kejahilan bagi orang yang belum tegak hujjah padanya seperti orang yang baru
masuk Islam, orang yang hidup di daerah terpencil jauh dari ilmu, atau pada
masalah-masalah khafiyyah. Beliau tidak memberikan udzur pada orang yang
telah tegak padanya hujjah lalu meninggalkan belajar agama, atau orang yang
mengaku jahil pada pokok-pokok agama (ushuuluddin) yang telah dijelaskan
Allah dalam Kitab-Nya dimana ia termasuk al-ma’luumaat bidl-dlaruurah
(perkara agama yang telah diketahui secara umum dan pasti) [hal. 110].
Penulis di halaman lain kembali menegaskan bahwa
syaikh memberikan ‘udzur pada sebagian orang yang jahil pada perkara al-ma’luum
minad-diin bidl-dlaruurah karena faktor baru masuk Islam hidup atau di daerah
yang jauh dari ilmu dan ulama, hingga hujjah ditegakkan pada mereka [hal. 201]. 'Udzur kejahilan dimaksud adalah dalam perkara-perkara syirik yang telah disebutkan di dalam nukilan tesis (dan juga disebutkan dalam artikel di atas).
Ini berkesesuaian dengan madzhab para ulama Ahlus-Sunnah
lain seperti Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahulah.
Silakan baca :
Comments
Posting Komentar