Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab dan ‘Udzur Kejahilan


Sebelumnya perlu ditegaskan di sini agar tidak terjadi gagal fokus seperti yang sudah-sudah, bahwa yang akan menjadi bahasan adalah apakah beliau memberikan ‘udzur kejahilan dalam perkara kufur akbar dan syirik akbar ataukah tidak. Artinya, jika beliau memberikan ‘udzur kejahilah dalam permasalahan ini, maka beliau tidak langsung mengkafirkan sebelum iqaamatul-hujjah memberikan penjelasan batilnya kesyirikan. Oleh karenannya, fokus bukan pada pertanyaan ‘Benarkah Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab Tidak Mengkafirkan Penyembah Kubur ?’. Jika ini yang muncul, maka ini salah satu contoh produk gagal paham dan juga fallacy. Seandainya kita mengakui syaikh memberikan udzur kejahilan pada permasalahan kufur akbar dan syirik akbar, ini bukan berarti syaikh tidak mengkafirkan penyembah kubur. Syaikh tetap mengkafirkan pelaku kesyirikan, hanya saja di situ ada space penegakan hujjah (iqaamatul-hujjah) sebelum pengkafiran. Maka, ujungnya sama. Dan juga jangan berasumsi secara salah jika syaikh dianggap memberikan ruang udzur kejahilan, artinya beliau memberlakukannya secara mutlak, bagi setiap orang yang mengaku jahil dan di setiap keadaan. Tidak begitu, dan dalam penerapan dan pemahamannnya, kita pun juga tidak seperti itu.
Berikut teks-teks perkataan dari Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang sangat jelas memberikan ruang udzur kejahilan dalam masalah kufur akbar dan syirik akbar.
1.     Beliau rahimahullah pernah berkata dalam suratnya yang ditujukan kepada Muhammad bin ‘Ied:
تكفير من بان له أن التوحيد هو دين الله ورسوله، ثم أبغضه ونفّر الناس عنه، وجاهد من صدق الرسول فيه، ومن عرف الشرك وأن رسول الله  صلى الله عليه وسلم بُعث بإنكاره، وأقر بذلك ليلاً ونهاراً، ثم مدحه وحسّنه للناس، وزعم أن أهله لا يخطئون لأنهم السواد الأعظم.
وأما ما ذكر الأعداء عني: أني أكفّر بالظن، وبالموالاة، أو أكفّر الجاهل الذي لم تقم عليه الحجة، فهذا بهتان عظيم، يريدون به تنفير الناس عن دين الله ورسوله
“Pengkafiran orang yang telah jelas baginya bahwasannya tauhid adalah agama Allah dan Rasul-Nya, kemudian ia membencinya dan memalingkan manusia darinya, memerangi orang yang membenarkan Rasulullah, memerangi orang yang menjelaskan kesyirikan dan menjelaskan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam diutus untuk mengingkari kesyirikan. Ia terus melakukannya siang-malam, bahkan ia memujinya dan menghiasinya di hadapan manusia, dan menganggap pelakunya tidak bersalah, karena mereka adalah as-sawadul-a’dham (kelompok mayoritas).
Adapun yang disebutkan para musuh dariku bahwa aku mengkafirkan berdasarkan prasangka dan loyalitas, atau mengkafirkan orang yang jahil/bodoh yang belum tegak padanya hujjah, maka semua ini adalah kedustaan yang sangat besar. Mereka menginginkan dengannya agar orang-orang lari dari agama Allah dan Rasul-Nya” [Ar-Rasaail Asy-Syakhshiyyah, hal. 25].
Perkataan beliau rahimahullah di atas menunjukkan:
a.    Orang yang telah jelas (berdasarkan ilmu) akan ketauhidan dan memerangi orang yang mendakwahkannya, maka dikafirkan.
b.    Orang yang jahil tidak dikafirkan kecuali setelah ditegakkannya hujjah.
2.     Beliau rahimahullah berkata saat menjelaskan kaedah pengkafiran:
وأما التكفير، فأنا أكفّر من عرف دين الرسول، ثم بعد ما عرفه سبه ونهى الناس عنه، وعادى مَن فعله؛ فهذا هو الذي أكفّره، وأكثر الأمة ولله الحمد ليسوا كذلك
أما التكفير فأنا أكفر من عرف الرسول، ثم بعدما عرفه سبه ونهى الناس عنه وعادى من فعله، فهذا هو الذي أكفره، وأكثر الأمة ولله الحمد ليسوا كذلك
Tentang pengkafiran, maka aku mengkafirkan orang yang mengetahui agama Rasul, kemudian setelah mengetahuinya ia mencelanya dan memusuhi orang yang menjalankannya. Orang inilah yang aku kafirkan, dan kebanyakan umat – segala puji bagi Allah – tidaklah seperti itu” [Ar-Rasaail Asy-Syakhsiyyah, hal. 38].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai mafhum bahwa orang yang belum mengetahui hakekat agama Rasul shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak (langsung) dikafirkan.
3.     Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahumullah menukil:
وقال شيخنا شيخ الإسلام محمد بن عبد الوهاب: سألني الشريف عما نقاتل عليه وما نكفر به؟ فقال في الجواب: إنا لا نقاتل إلا على ما أجمع عليه العلماء كلهم، وهو الشهادتان بعد التعريف إذا عرف ثم أنكر
“Telah berkata syaikh kami, Syaikhul-Islaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab : ‘Asy-Syariif pernah bertanya kepadaku tentang dasar yang kami berperang di atasnya dan apa yang kami kafirkan dengannya’. Maka beliau memberikan jawaban : ‘Sesungguhnya kami tidaklah berperang kecuali di atas sesuatu yang telah disepakati seluruh ulama, yaitu dua kalimat syahadat setelah diketahui. Apabila ia telah mengetahui dan kemudian ia ingkari, (maka kafir)” [Al-Hidaayatus-Sanniyyah, hal. 34].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai mafhum bahwa orang yang belum mengetahui (paham) dua kalimat syahadat tidak dikafirkan. Tentu saja yang dimaksud beliau bukan sekedar mengetahui ‘arti’ (translation) dua kalimat syahadat tersebut, namun makna, kandungan, dan hal yang dituntut dari kalimat tersebut.
4.     Beliau rahimahullah berkata saat mengomentari hadits Dzaatu Anwaath:
ولكن هذه القصة تفيد أن المسلم بل العالم قد يقع في أنواع من الشرك لا يدري عنها، فتفيد التعلم والتحرز، ومعرفة أن قول الجاهل (التوحيد فهمناه) أن هذا من أكبر الجهل ومكائد الشيطان.
وتفيد أيضا أن المسلم المجتهد إذا تكلم بكلام كفر وهو لا يدري. فنبه على ذلك فتاب من ساعته، أنه لا يكفر كما فعل بنو إسرائيل والذين سألوا النبي صلى الله عليه وسلم.
وتفيد أيضا أنه لو لم يكفر فإنه يغلظ عليه الكلام تغليظا شديدا، كما فعل رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Akan tetapi kisah ini juga menunjukkan bahwa seorang muslim, bahkan seorang yang ‘aalim, kadang-kadang terjatuh dalam perbuatan syirik tanpa disadarinya. Jadi kisah ini memberikan pelajaran dan sikap waspada, juga memberikan pengertian, bahwasannya perkataan orang yang jaahil : ‘Kami telah memahami tauhid’ – merupakan kejahilan yang besar dan tipuan dari setan. Kisah ini juga memberikan faedah bahwasannya seorang muslim mujtahid apabila mengucapkan perkataan kufur tanda disadarinya, lalu ia diperingatkan dan kemudian ia bertaubat darinya pada waktu itu, tidak dikafirkan sebagaimana yang dilakukan Bani Israaiil dan sebagian shahabat yang meminta Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Faedah lain, meskipun tidak dikafirkan, ia mestu diperingatkan dengan perkataan yang keras sebagaimana yang dilakukan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Kasyfusy-Syubuhaat, hal. 175].
Perkataan beliau rahimahullah di atas memberikan faedah bahwa orang yang terjatuh dalam kesyirikan tanpa diketahuinya (karena jahil) tidak langsung dikafirkan tanpa adanya peringatan dan penjelasan.
5.     Beliau rahimahullah berkata:
وكذلك تمويهه على الطغام بأن ابن عبد الوهاب يقول: الذي ما يدخل تحت طاعتي كافر، ونقول: سبحانك هذا بهتان عظيم! بل نشهد الله على ما يعلمه من قلوبنا، بأن من عمل بالتوحيد، وتبرأ من الشرك وأهله، فهو المسلم في أي زمان وأي مكان. وإنما نكفّر مَن أشرك بالله في إلهيته، بعد ما نبين له الحجة على بطلان الشرك.
“Begitu juga distorsi yang mereka lakukan terhadap masyarakat awam bahwasannya Ibnu ‘Abdil-Wahhaab mengatakan : ‘Orang yang tidak berada di bawah ketaatanku, maka kafir’. Subhaanallaah, ini adalah kedustaan yang sangat besar. Akan tetapi kami bersaksi kepada Allah terhadap apa yang Ia ketahui pada perkataan kami bahwasannya siapa saja yang beramal ketauhidan serta berlepas diri dari kesyirikan dan pelakunya, maka dia adalah muslim kapapunpun dan dimanapun. Kami hanyalah mengkafirkan orang berbuat syirik kepada Allah dalam ilahiyyah-Nya setelah kami jelaskan padanya hujjah atas batilnya kesyirikan” [Ar-Risaalah Asy-Syakhshiyyah, hal. 60].
Perkataan beliau rahimahullah di atas memberikan faedah bahwa orang yang jatuh dalam kesyirikan (karena kejahilannya) tidak langsung dikafirkan tanpa proses iqaamatul-hujjah berupa penjelasan akan batilnya kesyirikan.
6.     Beliau rahimahullah berkata:
ما ذكر لكم عني: أني أكفّر بالعموم، فهذا من بهتان الأعداء. وكذلك قولهم: إني أقول: من تبع دين الله ورسوله وهو ساكن في بلده، أنه ما يكفيه حتى يجيء عندي، فهذا أيضاً من البهتان. إنما المراد: اتباع دين الله ورسوله في أي أرض كانت. ولكن نكفر من أقر بدين الله ورسوله ثم عاداه وصد الناس عنه، وكذلك من عبد الأوثان بعد ما عرف أنها دين للمشركين وزينة للناس; فهذا الذي أكفّره. وكل عالم على وجه الأرض يكفّر هؤلاء، إلا رجلاً معانداً أو جاهلاً؛ والله أعلم
“Apa yang disebutkan kepadamu dariku bahwasannya aku mengkafirkan masyarakat umum, maka ini kedustaan yang sangat besar yang dilakukan para musuh. Begitu juga perkataan mereka : Sesungguhnya aku berkata : ‘Barangsiapa yang mengikuti agama Allah dan Rasul-Nya dan ia tinggal di negerinya, maka itu tidak mencukupinya hingga ia mendatangiku’. Ini juga merupakan kedustaan. Yang dimaksudkan dengan mengikuti agama Allah dan Rasul-Nya adalah di bumi manapun ia berada. Akan tetapi kami mengkafirkan orang yang mengikrarkan agama Allah dan Rasul-Nya, kemudian ia memusuhi-Nya dan mencegah orang-orang darinya. Begitu juga (kami mengkafirkan) orang yang beribadah kepada berhala setelah ia mengetahui bahwa itu termasuk agama orang-orang musyrik dan menghiasinya kepada orang-orang; maka orang inilah yang aku kafirkan. Setiap ulama yang ada di muka bumi mengkafirkan mereka, kecuali orang yang menentang dan bodoh, wallaahu a’lam” [Ar-Risaalah Asy-Syakhshiyyah, hal. 58].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai mafhum bahwa seorang muslim yang terjatuh dalam kesyirikan berupa peribadahan terhadap berhala tanpa ia ketahui (karena kejahilannya) tidak langsung beliau kafirkan.
7.     Beliau rahimahullah berkata:
الوجه الثاني: أن معصية الرسول صلى الله عليه وسلم في الشرك وعبادة الأوثان بعد بلوغ العلم كفر صريح بالفطر والعقول والعلوم الضرورية، فلا يتصور أنك تقول لرجل ولو من أجهل الناس وأبلدهم: ما تقول فيمن عصى الرسول صلى الله عليه وسلم ولم ينقد له في ترك عبادة الأوثان والشرك مع أنه يدعي أنه مسلم متبع؟ إلا ويبادر بالفطرة الضرورية إلى القول بأن هذا كافر من غير نظر في الأدلة أو سؤال أحد من العلماء، ولكن لغلبة الجهل وغربة العلم وكثرة من يتكلم بهذه المسألة من الملحدين، اشتبه الأمر فيها على بعض العوام من المسلمين الذين يحبون الحق،
“Sisi kedua: Bahwa kemaksiatan terhadap Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam kesyirikan dan peribadahan terhadap berhala-berhala setelah sampainya ilmu adalah kekufuran yang jelas berdasarkan fihtrah, akal dan ilmu yang pasti. Maka tidak dapat dibayangkan seandainya engkau bertanya kepada seseorang – meskipun ia termasuk orang yang paling bodoh dan paling pandir - : ‘Apa pendapatmu tentang orang yang mendurhakai Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan tidak tunduk kepadanya untuk meninggalkan peribadahan kepada berhala-berhala dan kesyirikan, padahal ia mengaku muslim yang mengikuti beliau ?’ ; maka ia akan langsung mengatakan berdasarkan fitrahnya yang pasti bahwasannya orang tersebut kafir tanpa meneliti dalil-dalil ataupun bertanya kepada ulama. Akan tetapi karena dominannya kejahilan, keterasingan ilmu, dan banyaknya orang mulhid yang berbicara dalam permasalahan ini, menjadi samarlah perkara tersebut bagi sebagian orang awam dari kalangan muslimin yang mencintai kebenaran…” [Mufiidul-Mustafiid, hal. 307-308].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai mafhum bahwa orang yang terjatuh dalam kesyirikan karena kejahilannya (tidak sampai ilmu kepadanya), tidak (langsung) dikafirkan.
8.     Asy-Syaikh Sulaimaan bin Sahmaan rahimahumullah menukil:
الشيخ محمد بن عبد الوهاب - رحمه الله - من أعظم الناس توقفاً وإحجاماً عن إطلاق الكفر حتى أنه لم يجزم بتكفير الجاهل الذي يدعو غير الله من أهل القبور أو غيرهم إذا لم يتيسر له من ينصحه ويبلغه الحجة التي يكفر تاركها، قال في بعض رسائله وإن كنا لا نكفر من عبد قبة الكواز لجهلهم وعدم من ينبههم ، فكيف من لم يهاجر إلينا، وقال وقد سئل عن مثل هؤلاء الجهال فقرر أن من قامت عليه الحجة وتأهل لمعرفتها يكفر بعبادة القبور، وأما من أخلد إلى الأرض واتبع هواه فلا أدري ما حاله
“Dan Asy-Syaikh Muhammad (bin ‘Abdil-Wahhaab) rahimahullah termasuk orang yang sangat menahan dan menjauhkan diri dari pemutlakan kekufuran, hingga beliau tidak menetapkan pengkafiran terhadap orang yang jahil yang berdoa kepada selain Allah, yaitu kepada ahli kubur atau selainnya; apabila tidak ada orang yang menasihatinya dan menyampaikan hujjah yang mengkafirkan orang yang meninggalkannya. Beliau berkata di sebagian risalahnya : ‘Dan seandainya kami tidak mengkafirkan orang yang menyembah kuburan karena kejahilan mereka dan ketiadaan orang yang memperingatkan mereka, lantas bagaimana kami mengkafirkan orang yang tidak berhijrah kepada kami ?’.  Beliau juga pernah ditanya tentang orang yang semisal dengan orang jahil tersebut, maka beliau menyatakan bahwa : ‘Barangsiapa yang telah tegak padanya hujjah namun ia enggan untuk mengetahuinya, maka ia dikafirkan karena penyembahannya kepada kubur tersebut. Adapun orang yang mencium bumi dan mengikuti hawa nafsunya, aku tidak mengetahui hukum apa yang berlaku padanya” [Dyiyaausy-Syaariq, hal. 372].
Perkataan beliau rahimahullah di atas memberikan faedah bahwa orang muslim yang jatuh dalam perbuatan kesyirikan karena kejahilannya tidak langsung dikafirkan jika tidak ada orang yang memberikan penjelasan kepadanya dan menyampaikan hujjah. Ia dikafirkan jika telah tegak padanya hujjah namun ia enggan untuk mengetahuinya (masa bodoh).
9.     Beliau rahimahullah berkata:
فجنس هؤلاء المشركين وأمثالهم ممن يعبد الأولياء والصالحين نحكم بأنهم مشركون ونرى كفرهم إذا قامت عليهم الحجة الرسالية
“Jenis orang-orang musyrik dan yang semisal mereka dari kalangan orang yang menyembah para wali dan orang-orang shaalih, kami hukumi sebagai orang musyrik dan kami pandang sebagai orang kafir apabila telah tegak hujjah risaaliyyah pada mereka” [Al-Hidaayatus-Suniyyah, risalah ke-4, hal. 103].
Perkataan beliau rahimahullah di atas mempunyai mafhum bahwa orang muslim yang jatuh dalam kesyirikan namun belum ditegakkan hujjah risaliyyah kepadanya, tidak dikafirkan.
10.   Beliau rahimahullah saat menuliskan surat kepada Asy-Syariif, berkata :
وإذا كنا لا نكفر من عبد الصنم الذي على قبة عبد القادر، والصنم الذي على قبر أحمد البدوي وأمثالهما، لأجل جهلهم وعدم من ينبههم، فكيف نكفر من لم يشرك بالله إذا لم يهاجر إلينا ولم يكفر ويقاتل ؟ سبحانك هذا بهتان عظيم
“Apabila kami tidak mengkafirkan orang yang menyembah berhala di atas kubah ‘Abdul-Qaadir, dan berhala yang berada di atas kubur Ahmad Al-Badawiy, serta yang semisal mereka berdua – dengan sebab kejahilan mereka dan ketiadaan orang yang memberikan penjelasan kepada mereka; lantas bagaimana kami bisa mengkafirkan orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah jika ia tidak berhijrah kepada kami ?. Maha Suci Engkau (ya Allah), ini adalah kedustaan yang sangat besar...” [Fataawaa wa Masaail, hal. 4].
Perkataan beliau rahimahullah di atas memberikan faedah bahwa orang muslim yang jatuh dalam perbuatan kesyirikan karena kejahilannya tidak langsung dikafirkan jika tidak ada orang yang memberikan penjelasan kepadanya dan menyampaikan hujjah.
Mari kita baca statement syaikh di atas dengan pikiran jernih tanpa rasa fanatik, taqlid buta, dan sikap menyalahkan sebelum meneliti,…. Apakah di antara Pembaca – yang saya yakin banyak yang punya kemampuan content analysis bagus – dapat menyimpulkan bahwa syaikh menafikkan ‘udzur kejahilan bagi pelaku kesyirikan ?.
Apakah jika kita mengatakan berdasarkan statement di atas bahwa syaikh memberikan ruang udzur kejahilan dalam perkara kufur akbar dan syirik akbar merupakan kedustaan terhadap syaikh ?.
قُلْ مُوتُوا بِغَيْظِكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ
Katakanlah (kepada mereka): "Matilah kamu karena kemarahanmu itu". Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati” [QS. Aali ‘Imraan : 119].
Apakah kita mengarang-ngarang penyimpulan manhaj Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab dalam masalah ‘udzur kejahilan ini ?. Tidak. Pembaca dapat lihat bagaimana pandangan Asy-Syaikh Sulaimaan bin Sahmaan rahimahullah tentang Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah di atas.
Begitu juga inilah penyimpulan yang didapatkan Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah[1] dan Asy-Syaikh Al-Muhaddits ‘Abdul-Kariim Al-Khudlair hafidhahullah (anggota kibaar ulama Saudi Arabia)[2]. Begitu juga dengan hasil penelitian Ahmad bin Jazaa’ Ar-Radlaimaan yang berjudul Manhaj Al-Imaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab fii Mas-alatit-Takfiir (tesis Univ. Muhammad bin Su’uud) di bawah bimbingan Asy-Syaikh Naashir Al-‘Aql[3]. Begitu juga penelitian ‘Abdurrazzaaq Ma’aasy yang berjudul Al-Jahl bi-Masaailil-I’tiqaad wa Hukmuhu (tesis) di bawah bimbingan Asy-Syaikh ‘Abdurrahmaan bin Naashir Al-Barraak hafidhahullah. Juga Asy-Syaikh Ibraahiim Ar-Ruhailiy hafidhahullah dalam bukunya At-Takfiir wa Dlawaabithuhu. Dan masih banyak lagi.
Dan ini juga madzhab Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimanumullah. Beliau berkata saat mengomentari perkataan Ibnu Taimiyyah rahimahumallah terkait dengan sebagian amal perbuatan kesyirikan:
وتأمل – أيضاً – قوله الشيخ رحمه الله تعالى في آخر الكلام، ولا ريب أن أصل قول هؤلاء هو الشرك الأكبر والكفر الذي لا يغفره الله إلا بالتوبة، و أن ذلك يستلزم الردة عن الدين، والكفر برب العالمين، كيف صرح بكفر من فعل هذا أو ردته عن الدين إذا قامت عليه الحجة من الكتاب والسنة، ثم أصر على فعل ذلك، وهذا لا ينازع فيه من عرف دين الإسلام الذي بعث الله به رسوله محمداً -صلى الله عليه وسلم-، والله أعلم
“Dan merenungkan perkataan syaikh rahimahullahu ta’ala dalam akhir perkataannya, tidak diragukan lagi bahwa pokok perkataan mereka adalah syirik akbar dan kufur yang tidak akan diampuni Allah kecuali dengan taubat, mengkonsekuensikan murtad dari agama, serta kekafiran terhadap Rabbul-‘Aalamiin. Lantas, bagaimana halnya dengan orang yang jelas melakukan kekufuran tersebut atau murtad dari agama apabila telah tegak padanya hujjah dari Al-Kitab dan As-Sunnah, kemudian ia terus melakukannya; maka tidak ada perselisihan padanya bagi orang yang mengetahui agama Islam yang Allah mengutus Rasul-Nya Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam (tentang kekafirannya)” [Al-Kalimaatun-Naafi’ah fil-Mukaffiraatil-Waaqi’ah, hal. 441].
إذا فعل الإنسان الذي يؤمن بالله ورسوله ما يكون فعله كفراً، أو قوله كفراً، أو اعتقاده كفراً جهلاً منه بما بعث الله به رسوله ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ، فهذا لا يكون عندنا كافراً، ولا نحكم عليه بالكفر حتى تقوم الحجة الرّسالية التي يكفر من خالفها. فإذا قامت عليه الحجّة، وبيّن له ما جاء به الرّسول ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ، وأصرّ على فعل ذلك بعد قيام الحجّة، فهذا هو الذي يكفر...
“Apabila seseorang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya melakukan perbuatan kufur, mengucapkan perkataan kufur, atau berkeyakinan keyakinan kufur karena jahil terhadap syari’at yang Allah utus Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengannya; maka menurut kami ia bukanlah orang kafir, dan kami tidak menghukuminya dengan kekafiran hingga tegak hujjah risaliyyah yang memgkafirkan orang yang menyelisihinya. Apabila telah tegak padanya hujjah dan jelas baginya syari’at yang dibawa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia terus melakukan perbuatan syirik tersebut setelah tegaknya hujjah, maka orang inilah yang dikafirkan….” [Ad-Durarus-Saniyyah, 10/239].
Kita dapat berhusnudhdhan bahwa madzhab Asy-Syaikh ‘Abdullah sesuai dengan madzhab ayahnya (Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab) dalam pengkafiran.
Adapun beberapa nukilan dari Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang terlihat kontradiktif, dapat diuraikan secara ringkas sebagai berikut:
1.     Beliau rahimahullah berkata:
فإنك إذا عرفت أن الإنسان يكفر بكلمة يخرجها من لسانه، وقد يقولها وهو جاهل فلا يعذر بالجهل
“Sesungguhnya jika engkau mengetahui seseorang dikafirkan karena kalimat yang diucapkan oleh lisannya, dan kadang-kadang ia mengucapkannya sedangkan ia tidak mengetahuinya, maka kejahilannya tersebut tidak diberikan ‘udzur” [Kasyfusy-Syubuhaat, hal. 158-159].
Jawab :
Perkataan ini tidak menafikkan adanya udzur kejahilan dari syaikh, karena ‘udzur kejahilan sendiri tidak berlaku mutlak. Beliau rahimahullah menyatakan:
الانسان لا يعذر بالجهل في كثير من الأمور
“Manusia tidaklah diberikan ‘udzur kejahilan dalam banyak perkara” [Tafsiir Aayaat minal-Qur’aanil-Kariim, hal. 350].
Barangsiapa yang memungkinkan bagi dirinya untuk mendapatkan ilmu dan bertanya, namun tidak ia lakukan dan ia malah berpaling darinya, maka yang seperti ini tidak diberikan ‘udzur. Hal yang menguatkan maksud ini – wallaahu a’lam – perkataan beliau yang lain:
تنبيه الجاهل أنه لا يعذر لأنه يمكن السؤال
“Peringatan bagi orang yang jahil bahwasannya ia tidak diberikan udzur karena ia memungkinkan untuk bertanya” [idem, hal. 212].
Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah menjelaskan hal yang semisal, bahwa orang tersebut adalah orang jahil yang tafriith (meremehkan) belajar. Abul-Jauzaa’ berkata : Maksudnya – wallaahu a’lam - orang tersebut tahu ada seseorang/sumber yang dapat ia pelajari/tanya, namun malah mengabaikannya [baca: http://islamqa.info/ar/111362].
Sebagai suplemen untuk menyempurnakan gambaran sebaliknya, silakan baca artikel : Beberapa Kondisi Ditetapkannya ‘Udzur Kejahilan.
2.     Beliau rahimahullah berkata saat menyebutkan faedah hadits ‘Imraan bin Hushain radliyallaahu ‘anhu:
أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى رجلا في يده حلقة من صفر فقال: ما هذه؟ قال من الواهنة. فقال: انزعها، فإنها لا تزيدك إلا وهنا؛ فإنك لو مت وهي عليك ما أفلحت أبدا
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seorang laki-laki terdapat di tangannya gelang kuningan. Maka beliau bertanya : “Apakah ini ?”. Orang itu menjawab : “Penangkal sakit”. Nabi pun bersabda : “Lepaskan itu, karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu. Sebab jika kamu mati sedangkan gelang itu masih ada di tubuhmu, kamu tidak akan beruntung selama-lamanya”.[4]
Syaikh setelah itu berkata:
الثالثة: أنه لم يعذر بالجهالة
“Faedah ketiga : Syirik tidak diberikan udzur dengan sebab kejahilan”.
Jawab:
a.      Perbuatan dalam hadits di atas termasuk syirik ashghar, bukan syirik akbar sebagaimana yang difokuskan; dan syirik ashghar pada asalnya tidak menyebabkan kekafiran dan dihukumi musyrik keluar dari daerah Islam (murtad), meski termasuk dosa besar. Oleh karena itu, menggunakan perkataan beliau di atas tidak valid dalam mahallun-nizaa’ permasalahan ini.
b.      Dhahir hadits di atas justru menjadi dalil adanya udzur kejahilan karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak mengkafirkannya. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mengatakan ‘sebab jika kamu mati sedangkan gelang itu masih ada di tubuhmu, kamu tidak akan beruntung selama-lamanya’ ; kecuali setelah memberikan pemahaman dan penjelasan kepada ‘Imraan dengan perkataannya : ‘Lepaskan itu, karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu’.
c.      Kemungkinan makna tidak diberikan udzur tersebut adalah karena adanya peremehan, wallaahu a’lam.
Tentang ta’wil sebagian orang bahwa udzur kejahilan yang diberikan syaikh di atas mempunyai beberapa kemungkinan makna, maka jawabannya:
1.     Ta’wil Pertama : ‘tidak terang-terangan mengkafirkan’.
Jawaban :
Ini adalah ta’wil yang terlalu memaksakan diri. Jika memang maknanya adalah tidak terang-terangan mengkafirkannya, kami persilakan para Pembaca semua menjadi saksi dalam penerapan perkataan syaikh berikut:
Apabila kami tidak mengkafirkan orang yang menyembah berhala di atas kubah ‘Abdul-Qaadir, dan berhala yang berada di atas kubur Ahmad Al-Badawiy, serta yang semisal mereka berdua – dengan sebab kejahilan mereka dan ketiadaan orang yang memberikan penjelasan kepada mereka; lantas bagaimana kami bisa mengkafirkan orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah jika ia tidak berhijrah kepada kami ?. Maha Suci Engkau (ya Allah), ini adalah kedustaan yang sangat besar’.
Konsekuensinya,…. Jika syaikh tidak terang-terangan mengkafirkan pelaku kesyirikan yang jahil tersebut, maka syaikh pun juga sedang tidak terang-terangan mengkafirkan orang yang tidak berbuat syirik di jalan Allah – karena kalimat syaikh di atas menggunakan qiyas aulawi.
2.     Ta’wil Kedua : ‘tidak mengkafirkan mereka dalam rangka mudaarah (mengalah dalam urusan dunia) demi maslahat dakwah’.
Jawab:
Ta’wil ini juga tidak kalah aneh dengan yang pertama. Ini merupakan kedustaan sekaligus penghinaan terhadap syaikh. Ini bukan mudaarah, tapi justru sifat nifaq dan sifat tidak tegas terhadap kebenaran; sedangkan syaikh sangat jauh dari sifat itu – dan Allah Maha Tahu apa yang ada pada diri beliau rahimahullah.
Syaikh justru mendustakan orang-orang yang menuduhnya mengkafirkan orang awam dan jahil secara serampangan tanpa adanya penjelasan dan penegakan hujjah.
3.     Ta’wil Ketiga : ‘diucapkan di awal dakwah karena dakwah yang masih lemah, atau karena perkara ini belum begitu jelas, atau ketika itu ia menyangka bahwa dalam perkara ini ada khilaf’.
Jawab:
Ta’wil ini sangat lemah. Pertama, kontradiktif dengan pernyataan bahwa syirik merupakan perkara yang jelas dan. Kedua, lemahnya dakwah bukan menjadi faktor untuk mengatakan seorang yang kafir lantas dikatakan tidak kafir. Hubungan kausalitasnya tidak nyambung.
Ini saja yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
NB : Perkara udzur kejahilan adalah perkara yang diperselisihkan ulama. Masalah timbul ketika ada orang yang mengklaim ijma’, menuduh orang membela orang musyrik, dan mulai membawa pelabelan irjaa’ tanpa melihat realitas khilaf nyata yang ada di kalangan ulama.
Wallaahul-musta’aan.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai – 22122014 – 01:28].




[1]      Silakan baca : http://islamqa.info/ar/111362
[3]      Lihat khususnya halaman : 101 – 111 dan 199 – 201.
Khusus untuk buku ini, ada yang hal yang lucu, karena ada orang yang masih saja menuduh nukilan statement penyimpulan ini dusta. Mungkin karena ia tidak dapat membaca kitab, atau terburu-buru membacanya, atau tidak paham isinya, atau memang tidak mau memahami isinya.
Sangat jelas dalam buku (tesis) tersebut setelah Penulis menurunkan teks-teks Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah yang ‘terlihat’ paradox, ia kemudian mengatakan : ‘Melalui penelitian terhadap teks-teks yang ternukil dari Al-Imaam Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab nampak sangat jelas bahwasannya beliau tidak mengkafirkan seseorang kecuali setelah iqaamatul-hujjah, dan bahwasannya beliau berpendapat adanya udzur kejahilan…..” [hal. 108].
Penulis melakukan pendiskusian dan jawaban terhadap beberapa teks yang nampak meniadakan udzur kejahilan [hal. 108 – 110]. Setelah itu Penulis mencoba menyimpulkan bahwa syaikh berpendapat memberikan udzur kejahilan bagi orang yang belum tegak hujjah padanya seperti orang yang baru masuk Islam, orang yang hidup di daerah terpencil jauh dari ilmu, atau pada masalah-masalah khafiyyah. Beliau tidak memberikan udzur pada orang yang telah tegak padanya hujjah lalu meninggalkan belajar agama, atau orang yang mengaku jahil pada pokok-pokok agama (ushuuluddin) yang telah dijelaskan Allah dalam Kitab-Nya dimana ia termasuk al-ma’luumaat bidl-dlaruurah (perkara agama yang telah diketahui secara umum dan pasti) [hal. 110]. 
Penulis di halaman lain kembali menegaskan bahwa syaikh memberikan ‘udzur pada sebagian orang yang jahil pada perkara al-ma’luum minad-diin bidl-dlaruurah karena faktor baru masuk Islam hidup atau di daerah yang jauh dari ilmu dan ulama, hingga hujjah ditegakkan pada mereka [hal. 201]. 'Udzur kejahilan dimaksud adalah dalam perkara-perkara syirik yang telah disebutkan di dalam nukilan tesis (dan juga disebutkan dalam artikel di atas).
Ini berkesesuaian dengan madzhab para ulama Ahlus-Sunnah lain seperti Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahulah.
Silakan baca :

Comments