Di antara kita mungkin sangat akrab dengan istilah
‘Syaikhul-Islaam’. Ketika mendengarnya, pikiran kita langsung melayang pada
sosok Ahmad bin ‘Abdil-Haliim bin Taimiyyah alias Ibnu Taimiyyah rahimahullah.
Tidak diragukan lagi bahwa beliau memang ‘Syaikhul-Islaam’. Akan tetapi,
sebenarnya ada banyak nama ‘Syaikhul-Islaam’ dalam daftar ulama Islam sepanjang
masa selain beliau. Siapa sajakah mereka ?. Berikut sedikit akan dicontohkan
beberapa ulama yang dijuluki ‘Syaikhul-Islaam’ sebelum era Ibnu Taimiyyah rahimahullah
:
1.
Hammaad bin Salamah rahimahullah.
‘Abdul-Waahid bin Abi Haasyim rahimahullah (w. 349
H) berkata :
شَيْخُ
الْإِسْلَامِ حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ يُحَذِّرُ مِنَ اللَّحْنِ. حَدَّثَنَا
أَبُو طَاهِرٍ، ثنا أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: قَالَ لَنَا أَبُو زَيْدٍ قَالَ لَنَا عَفَّانُ،
ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ: " مَنْ لَحَنَ فَلَيْسَ يُحَدِّثُ عَنِّي "
“Syaikhul-Islaam Hammad bin Salamah memperingatkan akan lahn
(salah dalam ucapan). Telah menceritakan kepada kami Abu Thaahir : Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia berkata : Telah berkata kepada kami Abu
Zaid, ia berkata : Telah berkata kepada kami ‘Affaan : Telah menceritakan
kepada kami Hammaad bin Salamah : ‘Barangsiapa yang melakukan lahn (salah
dalam ucapan/bacaan), janganlah ia meriwayatkan hadits dariku” [Akhbaar
An-Nahwiyyiin, hal. 17].
Hammaad bin Salamah bin Diinaar Al-Bashriy, Abu Salamah; seorang
yang tsiqah, lagi ‘aabid, dan paling tsabt dalam
periwayatan hadits Tsaabit (Al-Bunaaniy). Wafat tahun 167 H.
2.
Ahmad bin Yuunus Al-Kuufiy rahimahullah.
Al-Khathiib Al-Baghdaadiy rahimahullah dalam kitab
Ar-Rihlah fii Thalabil-Hadiits (hal. 150) menyebutkan riwayat tentang
seorang laki-laki yang bertanya kepada Ahmad, siapakah orang yang ditulis
haditsnya. Ahmad rahimahullah menjawab :
اخْرُجْ
إِلَى أَحْمَدَ بْنِ يُونُسَ فَإِنَّهُ شَيْخُ الإِسْلامِ
“Keluarlah menuju Ahmad bin Yuunus, karena ia adalah
Syaikhul-Islaam” [selesai].
Disebutkan juga oleh Al-Fasawiy dalam Al-Ma’rifah (2/107)
dan Adz-Dzahabiy dalam Al-Kaasyif (no. 43).
Ahmad bin Yuunus namanya adalah : Ahmad bin ‘Abdillah bin
Yuunus bin ‘Abdillah bin Qais At-Tamiimiy Al-Yarbuu’iy, Abu ‘Abdillah
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Lahir tahun 133 H
dan wafat tahun 227 H.
3.
Abul-Waliid Ath-Thayaalisiy rahimahullah.
Abul-Hasan Al-Maimuuniy menyebutkan riwayat dari Ahmad
bin Hanbal rahimahumallah :
أبو
الوليد أكبر من عبد الرحمن بثلاث سنين، وأبو الوليد اليوم شيخ الإسلام، ما أقدم عليه
اليوم أحدا من المحدثين
“Abul-Waliid lebih senior tiga tahun dibandingkan
‘Abdurrahmaan. Dan Abul-Waliid pada hari ini adalah ‘Syaikhul-Islaam’. Aku
tidak mendahulukan seorang pun daripadanya dari kalangan muhadditsiin” [Mausuu’ah
Aqwaal Al-Imaam Ahmad, 4/42 no. 3378].
Abul-Waliid yang dimaksudkan di sini adalah : Hisyaam bin
‘Abdil-Malik Al-Baahiliy, Abul-Waliid Ath-Thayaalisiy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah
lagi tsabat. Lahir tahun 133 H dan wafat tahun 227 H.
4.
Abu ‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullah.
Al-Baihaqiy rahimahullah berkata :
حدثنا
إمام المسلمين حقا، وشيخ الاسلام صدقا، أبو عثمان الصابوني
“Telah menceritakan kepada kami imam kaum muslimin yang
hak dan Syaikhul-Islam yang sebenarnya, Abu ‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy” [Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 18/41].
‘Abdul-Ghaafir bin Ismaa’iil Al-Faarisiy rahimahullah berkata
:
الاستاذ
أبو عثمان إسماعيل الصابوني شيخ الاسلام، المفسر المحدث، الواعظ، أوحد وقته في
طريقه، وعظ المسلمين سبعين سنة
“Al-Ustaadz Abu ‘Utsmaan Ismaa’iil Ash-Shaabuuniy,
Syaikhul-Islaam, al-mufassir al-muhaddits, al-waa’idh. Orang yang paling
unggul di jamannya, telah menasihati kaum muslimin selama 70 tahun” [idem].
Ia adalah : Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan bin Ahmad bin
Ismaa’iil bin Ibraahiim bin ‘Aabid An-Naisaabuuriy Ash-Shaabuuniy, lahir tahun
373 H dan wafat tahun 449 H.
5.
Abu Thaahir As-Silafiy rahimahullah.
Dalam sanad kitab Juz’u min Hadiits Abil-Husain
Al-Kuhailiy disebutkan :
أَخْبَرَنَا
الشَّيْخُ الإِمَامُ الأَجَلُّ الْحَافِظُ شَيْخُ الإِسْلامِ أَبُو طَاهِرٍ
أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ
السِّلَفِيُّ الأَصْبَهَانِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَأَرْضَاهُ، قِرَاءَةً
عَلَيْهِ، وَأَنَا أَسْمَعُ فِي ثَانِي مُحَرَّمٍ سَنَةَ إِحْدَى وَسَبْعِينَ
وَخَمْسِ مِائَةٍ.....
“Telah mengkhabarkan kepada kami Asy-Syaikh Al-Imaam
Al-Ajal Al-Haafidh Syaikhul-Islaam Abu Thaahir Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin
Muhammad bin Ibraahiim As-Silafiy Al-Ashbahaaniy radliyallaahu ‘anhu wa
ardlaahu dengan qiraa’at yang dibacakan kepadanya dan aku
mendengarnya pada tanggal dua Muharram tahun 571 H....” [Hadiits Abil-Husain
Al-Kuhailiy no. 1].
Tentang As-Silafiy, Ibnu Hajar rahimahullah
berkata :
فالسلفي
شيخ الإسلام وحجة الرواة مات عن مائة وسنتين فصاعدا في سنة ست وسبعين وخمس مائة
رحمه الله
“As-Silafiy adalah Syaikhul-Islam, hujjatur-ruwaat,
meninggal pada usia kurang lebih 102 tahun, yaitu pada tahun 576 H, rahimahullah”
[Lisaanul-Miizaan, 1/300].
6.
‘Abdullah bin Muhammad Al-Anshaariy rahimahullah.
Yuusuf bin ‘Abdil-Haadiy rahimahullah berkata :
أَخْبَرَتْنَا
عَائِشَةُ بِنْتُ عَبْدِ الْهَادِي، أَنَا الْحَجَّارُ، أَنَا ابْنُ اللَّتِيِّ،
أَنَا السِّجْزِيُّ، أَنَا شَيْخُ الإِسْلامِ
الأَنْصَارِيُّ......
Telah mengkhabarkan kepada kami
sekelompok syaikh kami ‘Aaisyah bintu ‘Abdil-Haadiy : Telah memberitakan kepada
kami Al-Hajjaar : Telah memberitakan kepada kami Ibnul-Latiy : Telah
memberitakan kepada kami Syaikhul-Islaam Al-Anshaariy.....” [Jam’ul-Juyuusy
wad-Dasaakir no. 120].
Syaikhul-Islaam Al-Anshaariy
dimaksud adalah : Abu Ismaa’iil ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Aliy bin Muhammad
bin Ahmad bin ‘Aliy bin Ja’far bin Manshuur bin Mitt Al-Anshaariy Al-Harawiy,
penulis kitab : Dzammul-Kalaam. Lahir tahun 396 H dan wafat tahun 481 H [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 18/503].
7. Muhammad
bin Mihraan Al-Khu’iy rahimahullah.
‘Abdul-Kariim bin Muhammad
Ar-Raafi’iy rahimahullah (w. 623 H) berkata :
محمد
بن مهران بن أحمد أبو عبد الله الخوئي كبير مشهور كان يلقب بشيخ الإسلام سمع أبا
طاهر المخلص وأبا الحسن أحمد بن محمد بن عمران موسى وأبا بكر محمد بن عمر بن علي
بن خلف بن زنبور وأقرانهم.....
“Muhammad bin Mihraan bin Ahmad,
Abu ‘Abdillah Al-Khuu’iy, kabiir, terkenal dengan julukan ‘Syaikhul-Islaam’.
Ia mendengar riwayat dari Abu Thaahir Al-Mukhallish, Abul-Hasan Ahmad bin
Muhammad bin ‘Imraan Muusaa, Abu Bakr Muhammad bin ‘Umar bin ‘Aliy bin Khalaf
bin Zanbuur, dan orang-orang sejawatnya (aqraan)....” [At-Tadwiin fii
Akhbaar Qazwiin, 1/199].
Disebutkan dalam Mukhtashar
Taariikh Dimasyq (7/151) bahwa ia tiba di kota Damaskus pada tahun 432 H.
8. Abun-Najiib
‘Abdul-Qaahir bin ‘Abdillah As-Sahrawardiy rahimahullah.
Abu Hafsh As-Sahrawardiy rahimahullah
berkata :
أَخْبَرَنَا
الشَّيْخُ الإِمَامُ شَيْخُ الإِسْلامِ عَمِّي ضِيَاءُ الدِّينِ أَبُو النَّجِيبِ عَبْدُ
الْقَاهِرِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، الْمَعْرُوفُ
بِعَمُّوَيْهِ، ابْنُ سَعْدِ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَلْقَمَةَ بْنِ
النَّضْرِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ.....
“Telah mengkhabarkan kepada kami
Asy-Syaikh Al-Imaam ‘ Syaikhul-Islaam’, pamanku yang bernama : Dliyaauddiin
Abun-Najiib ‘Abdul-Qaahir bin ‘Abdillah bin Muhammad bin ‘Abdillah, yang
terkenal dengan nama Al-‘Ammuwaih, bin Sa’d bin Al-Husain bin Al-Qaasim bin ‘Alqamah
bin An-Nadlr bin Mu’aadz bin ‘Abdirrahmaan bin Abi Bakr Al-Qaasim bin Muhammad
bin Abi Bakr Ash-Shiddiiq.....” [Masyyakhah As-Sahrawardiy, no. 1].
Abun-Najiib As-Sahrawardiy, lahir
tahun 490 H, dan wafat tahun 563 H.
9. ‘Abdul-Qaadir Al-Jiiliy rahimahullah.
Telah berkata Ibnu Qudaamah
Al-Maqdisiy rahimahullah berkata :
أَخْبَرَنَا
شَيْخُ الإِسْلامِ مُحْيِي الدِّينِ أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الْقَادِرِ بْنُ أَبِي
صَالِحِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْجِيلِيُّ، أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ
الْمُظَفَّرِ بْنِ سَوْسَنَ التَّمَّارُ، أنا أَبُو عَلِيِّ بْنُ شَاذَانَ،......
“Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Syaikhul-Islaam’
Muhyiddiin Abu Muhammad ‘Abdul-Qaadir bin Abi Shaalih bin ‘Abdillah Al-Jiiliy :
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Al-Mudhaffar bin Sausan
At-Tammaar : Telah memberitakan kepada kami Abu ‘Aliy bin Syaadzaan.....” [At-Tawwaabuun,
no. 14].
Ia adalah seorang imam yang ‘aalim,
zuhud, terkenal, dan panutan. Lahir tahun 471 H dan wafat tahun 561 H [selengkapnya
lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 20/439-451 no. 286].
10. Abu Muhammad
‘Abdirrahmaan bin Abi ‘Umar Al-Maqdisiy rahimahullah.
Ibnu Jamaa’h (w.
739 H) saat menyebutkan sanad melalui perantaraan syaikh-nya berkata :
فَأَخْبَرَنَاهُ
الْمَشَايِخُ الإِمَامُ الْعَلامَةُ شَيْخُ
الإِسْلامِ أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ ابْنُ الشَّيْخِ أَبِي
عُمَرَ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ قُدَامَةَ، وَأَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ
بْنِ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ أَحْمَدَ، وَأَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحِيمِ بْنُ
عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ الْمَقْدِسِيُّونَ.....
“Telah mengkhabarkan kepada kami masyaikh Al-Imaam
Al-‘Allaamah Syaikhul-Islaam Abu Muhammad ‘Abdirrahmaan bin Syaikh Abi ‘Umar
Ahmad bin Qudaamah, Abul-Hasan ‘Aliy bin Ahmad bin ‘Abdil-Waahid bin Ahmad, dan
Abu Muhammad ‘Abdurrahiim bin ‘Abdil-Malik bin ‘Abdil-Malik yang mereka itu
adalah penduduk negeri Maqdis.....” [Masyyakhah Ibni Jamaa’ah, 1/347].
Syaikhul-Islaam Abu Muhammad ‘Abdirrahmaan bin Abi ‘Umar
Al-Maqdisiy adalah penulis kitab Asy-Syarhul-Kabiir, sekaligus merupakan
keponakan dan murid Ibnu Qudaamah Al-Maqdisiy rahimahumallah.
Dan yang lainnya masih banyak.
Makna ‘Syaikh’ (الشَّيْخُ)
dalam bahasa ‘Arab adalah orang yang berusia limapuluh-an tahun, di atas setengah
baya (al-kahl) dan di bawah tua renta (al-haram). Syaikh, bisa juga
merupakan sebutan bagi orang yang mempunyai kedudukan dalam ilmu, keutamaan,
ataupun kehormatan. ‘Syaikhul-Islaam’ adalah julukan yang diberikan kepada
orang yang paling berilmu dan paling faqih di kalangan penduduk jamannya
Semoga informasi ini ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – perum ciomas permai, ciapus, ciomas,
bogor – 09072012].
Comments
Barakallaahu fiykum ustadz,
Afwan ustadz, ada beberapa perbedaan dalam artikel ini yang ingin ana tanyakan.
Pada point nomer 2 tertulis
Ahmad bin Yuunus Al-Kuufiy rahimahullah
Sedangkan pada perkataan Ahmad rahimahullah tertulis Ahmad bin Yuusuf.
Pada point nomer 9 tertulis
'Abdul-Qaadil Al-Jiiliy rahumahullah
Sedangkan dalam perkataan Ibnu Qudamah Al-Maqdisiy rahimahullah tertulis 'Abdul-Qaadir bin Abi Shaalih bin 'Abdillah Al-Jiiliy.
Apa telah terjadi salah ketik untuk kedua nama tersebut ustadz?
Jazakallahu khayran
Antum jeli. Benar, ada salah tulis.
Al-Khathiib dalam kitab Ar-Rihlah memang menuliskan Ahmad bin Yuusuf, dan ini keliru, karena dalam kitab Al-Ma'rifah, Tahdziibain, dan Al-Kaasyid disebutkan dengan Ahmad bin Yuunus. Jadi, penulisan Al-Khathiib di atas belum saya perbaiki.
Tentang 'Abdul-Qaadil, ya ini salah ketik. Yang benar 'Abdul-Qaadir.
Alhamdulillah telah saay perbaiki. Syukran, jazaakallaahu khairan.
Ahmad bin Yuunus Al-Kuufiy rahimahullah.
Al-Khathiib Al-Baghdaadiy rahimahullah dalam kitab Ar-Rihlah fii Thalabil-Hadiits (hal. 150) menyebutkan riwayat tentang seorang laki-laki yang bertanya kepada Ahmad, siapakah orang yang ditulis haditsnya. Ahmad rahimahullah menjawab :
اخْرُجْ إِلَى أَحْمَدَ بْنِ يُوسُفَ فَإِنَّهُ شَيْخُ الإِسْلامِ
“Keluarlah menuju Ahmad bin Yuusuf, karena ia adalah Syaikhul-Islaam” [selesai].
Disebutkan juga oleh Al-Fasawiy dalam Al-Ma’rifah (2/107) dan Adz-Dzahabiy dalam Al-Kaasyif (no. 43).
Ahmad bin Yuunus namanya adalah : Ahmad bin ‘Abdillah bin Yuunus bin ‘Abdillah bin Qais At-Tamiimiy Al-Yarbuu’iy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Lahir tahun 133 H dan wafat tahun 227 H.
Ustadz, yang benar Ahmad bin Yuunus atau Ahmad bin Yuusuf???? Syukran
Assalamu'alaikum ustadz Abul Jauzaa', afwan hanya sekedar ingin menambahkan.
Para ulama berjuluk Syaikhul Islam :
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=86643
Jazakallahu khairan
--Tommi--
Posting Komentar