Sifat Tadlis Al-Waliid bin Muslim


Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab Taqriibut-Tahdziib (hal. 1041 no. 7506, tahqiq : Abu Asybaal Al-Baakistaaniy; Daarul-‘Aashimah) berkata :
الوليد بن مسلم القرشي مولاهم، أبو العبّاس الدمشقي، ثقة لكنه كثير التدليس والتسوية، من الثامنة، مات آخر سنة أربع [أو أول] سنة خمس وتسعين
“Al-Waliid bin Muslim Al-Qurasyiy maula mereka, Abul-‘Abbaas Ad-Dimasyqiy. Seorang yang tsiqah, akan tetapi banyak melakukan tadlis taswiyyah. Termasuk thabaqah ke-8, wafat pada akhir tahun 194 H atau awal tahun 195 H [selesai].
Ia memasukkan Al-Waliid bin Muslim rahimahumallah dalam thabaqah ke-4 dalam Thabaqaatul-Mudallisiin (Ta’riifu Ahlit-Taqdis), dengan perkataannya :
الوليد بن مسلم الدمشقي معروف موصوف بالتدليس الشديد مع الصدق
“Al-Waliid bin Muslim Ad-Dimasyqiy, ma’ruuf disifati dengan tadliis yang syadiid bersamaan dengan sifat kejujuran padanya” [Ta’riifu Ahlit-Taqdis, hal. 134 no. 127].
Berikut adalah keterangan sebagian ulama tentang sifat tadlis-nya tersebut.
Ibnu ‘Asaakir rahimahullah berkata :
أخبرنا أبو القاسم بن السمرقندي أخبرنا أبو الفضل بن البقال أخبرنا أبو الحسين بن بشران أخبرنا عثمان بن أحمد حدثنا حنبل بن إسحاق قال سمعت يحيي بن معين يقول قال أبو مسهر کان الوليد يأخذ من ابن أبي السفر حديث الأوزاعي وکان ابن أبي السفر کذاب وهو يقول فيها قال الأوزاعي
Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Qaasim bin As-Samarqandiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Fadhl bin Al-Baqqaal : Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Husain bin Bisyraan : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Utsmaan bin Ahmad : Telah menceritakan kepada kami Hanbal bin Ishaaq, ia berkata : Aku mendengar Yahyaa bin Ma’iin berkata : Telah berkata Abu Mus-hir : “Al-Waliid bin Muslim mengambil hadits Al-Auza’iy dari Ibnu Abis-Safar, dan Abus-Safar adalah seorang pendusta. Ia berkata padanya (dalam hadits yang ia riwayatkan) : ‘Telah berkata Al-Auzaa’iy” [Taariikh Dimasyq, 63/291; sanadnya shahih].
Adz-Dzahabiy menukil perkataan Abu Mus-hir rahimahumallah :
ربما دلس الوليد بن مسلم عن كذابين
“Al-Waliid bin Muslim kadang melakukan tadlis dari para pendusta” [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 9/216].
Ad-Daaruquthniy rahimahullah berkata :
الوليد بن مسلم يرسل، يروي عن الأوزاعي أحاديث الأوزاعي عن شيوخ ضعفاء عن شيوخ قد أدرکهم الأوزاعي مثل نافع وعطاء والزهري فيسقط أسماء الضعفاء ويجعلها عن الأوزاعي عن عطاء يعني مثل عبد الله بن عامر الأسلمي وإسماعيل بن مسلم
“Al-Waliid bin Muslim sering memursalkan riwayat. Ia meriwayatkan dari Al-Auzaa’iy hadits-hadits Al-Auzaa’iy dari syaikh-syaikh yang dla’iif, dari syaikh yang kadang ditemui oleh Al-Auzaa’iy seperti Naafi’, ‘Athaa’, dan Az-Zuhriy. Lalu ia menggugurkan orang-orang yang dla’iif tadi, dan menjadikan (sanad)-nya dari Al-Auzaa’iy, dari ‘Athaa’.  (Orang-orang dla’iif) itu semisal ‘Abdullah bin ‘Aamir Al-Aslamiy dan Ismaa’iil bin Muslim” [Adl-Dlu’afaa’ wal-Matruukuun, hal. 265 no. 632].
Perkataan Ad-Daaruquthniy di atas disebutkan oleh Ibnul-Jauziy dalam Adl-Dlu’afaa’ wal-Matruukuun 3/187 no. 3671.
Abu Daawud rahimahullah berkata :
أحاديث عند الأوزاعي عن رجل عن الزهري، وعن رجل عن عطاء، وعن رجل عن نافع؛ جعلها الأوزاعي عن الزهري، وعن عطاء، وعن نافع. ولا نعلم أن الأوزاعي حدث عن نافع إلا بمسألة.
“Hadits-hadits di sisi Al-Auzaa’iy dari seorang laki-laki dari Az-Zuhriy, dan dari seorang laki-laki dari ‘Athaa’, dan dari seorang laki-laki dari Naafi; Al-Waliid menjadikannya : Al-Auzaa’iy dari Az-Zuhriy, dari ‘Athaa’, dan dari Naafi. Kami tidak mengetahui Al-Auzaa’iy meriwayatkan (secara langsung) dari Naafi’, kecuali ada hajat/keperluan” [Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 3/269]
أدخل الأوزاعي بينه وبين الزهري ونافع وبين عطاء نحوا من ستين رجلا أسقطها الوليد كلها.
“Al-Auzaa’iy memasukkan antara dirinya dengan Az-Zuhriy, Naafi’, dan ‘Athaa’ sekitar 60 orang, yang kemudian digugurkan semua oleh Al-Waliid” [idem].
Ibnul-Qaththaan Al-Faasiy rahimahullah berkata :
الوليد بن مسلم كان يدلس ويسوي، ولم يقل في هذا الحديث : حدثنا ولا أخبرنا ولا سمعت ولا ذكر عن حريز أنه قال ذلك.هـ
“Al-Waliid bin Muslim sering melakukan tadlis taswiyyah. Ia tidak mengatakan dalam hadits ini : haddatsanaa (telah menceritakan kepada kami), akhbaranaa (telah mengkhabarkan kepada kami), dan sami’tu (aku telah mendengar). Tidak pula ia menyebutkan dari Huraiz bahwasannya ia berkata hal tersebut” [Bayaanul-Wahm wal-Iihaam, 4/120].
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata :
الوليد بن مسلم الدمشقي، إمام مشهور، صدوق، ولكنه يدلس عن ضعفاء، لا سيما في الأوزاعي. فإذا قال : ثنا الأوزاعي، فهو حجة.
“Al-Waliid bin Muslim Ad-Dimasyqiy, seorang imam masyhuur, shaduuq, akan tetapi ia sering melakukan tadlis dari para perawi dla’iif, khususnya dalam hadits Al-Auzaa’iy. Apabila ia berkata : ‘Telah menceritakan kepada kami Al-Auzaa’iy’, maka perkataannya itu hujjah” [Al-Mughniy fidl-Dlu’afaa’, 2/501 no. 6888].
Beberapa ulama lain yang menyifatinya melakukan tadlis taswiyyah antara lain : Al-‘Alaaiy dalam Jaami’ut-Tahshiil hal. 111 no. 58, Al-‘Iraaqiy dalam Al-Mudallisiin hal. 99 no. 69, dan Sabth bin Al-‘Ajmiy Asy-Syaafi’iy dalam At-Tabyiini li-Asmaail-Mudallisiin hal. 60 no. 83.
Beberapa ulama mensyaratkan bagi perawi yang disifati dengan tadlis taswiyyah – meskipun ia seorang yang tsiqah, seperti Al-Waliid bin Muslim - untuk menyatakan kejelasan penyimakannya dari syaikhnya dan juga penyimakannya syaikhnya dari syaikhnya. Sebagian ulama lain mensyaratkan adanya kejelasan penyimakan riwayat dari semua thabaqah.
Itu saja sekilas yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – wonokarto, wonogiri, 28042012].

Comments

Anonim mengatakan...

السلام عليكم.

Minta penjelasan mengenai pembahasan “tadlis” yang oleh sekelompok orang memberikan pengkaburan sehingga menuduh Imam Bukhari Rahimahullah sebagai tokoh “mudallis” yang tidak boleh diterima periwayatannya –disamping tuduhan mereka yang sudah tidak asing lagi terhadap Abu Hurairah Radhiyallah- bersamaan penyebutan kaum tersebut atas perkataan-perkataan Ulama mengenai celaan mereka terhadap perbuatan tadlis ini. Para pelontar syubhat itu menopang argumentasi mereka dengan kitab Tabaqat al-Mudallisin karya al-Hafizh Ibn Hajar Rahimahullah yang memasukkan Imam Bukhari Rahimahullah kedalamnya yang disandarkan kepada perkataan Ibn Mandah Rahimahullah, berikut nukilannya yang ana kutip secara utuh –insya Allah- dari sumber yang dimaksud, yakni Ta’rif Ahl al-Taqdis bi Muratib al Maushufin bi al-Tadlis, karya al-Hafizh Rahimahullah, dengan tahqiq oleh Karim Fuad Muhammad al-Lam’iy hal. 16, no. 23, sebagai berikut:

23- (ت س) محمد بن أسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة البخاري, الإمام, وصفه بذلك ألو عبد الله الن مَندَه في كلامٍ له, فقال فيه: ((أخرج البخاري: قال فلان وقال لنا فلان, وهو تدليس)), ولم يوافق ابن منده على ذلك.
(والذي يظهر أنه (كان) يقول فيما لم يسمع: قال, وفيما سمع –لكن لا يكون على شرطه أو موقوفا-: قال لي أو قال لنا), وقد عرفت ذلك بالاستقراء من صنيعه.

انتهى

جزاك الله خيرا
السلام عليكم ورحمة الله

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Orang itu gak ngerti kitab Thabaqaat Al-Mudallisiin-nya Ibnu Hajar.

Dalam kitab tersebut, bahkan Imam Maalik bin Anas pun masuk pada jajaran mudallisiin, tepatnya no. 22 (di atasnya Imam Al-Bukhaariy). Orang itu mungkin gak tahu (atau pura-pura tidak tahu ?) bahwa perawi mudalllis dalam kitabnya Ibnu Hajar itu ada beberapa tingkatan. Makanya itu judu kitabnya Thabaqaatul-Mudallisiin (atau Ta'riifu Ahlit-Taqdiis bi Maraatibil-Maushuufiina bit-Tadliis).

Imam Bukhaariy masuk dalam thabaqah pertama. Artinya, tadlisnya (seandainya benar ia melakukan tadlis) tidak memudlaratkan riwayatnya. Ibnu Hajar menjelaskan tentang perawi di thabaqah ini, bahwa mereka itu sangat-sangat jarang melakukan tadlis. Ibnu Hajar pun berkata :

(والذي يظهر أنه (كان) يقول فيما لم يسمع: قال, وفيما سمع –لكن لا يكون على شرطه أو موقوفا-: قال لي أو قال لنا), وقد عرفت ذلك بالاستقراء من صنيعه

"Dan yang nampak bahwasannya Al-Bukhaariy berkata tentang riwayat yang tidak ia dengar dengan berkata : Qaala (Fulaan). Adapun riwayat yang ia (Al-Bukhaariy) dengar akan tetapi tidak masuk dalam persyaratannya atau riwayat itu mauquuf, maka Al-Bukhaariy berkata : Qaala lii atau Qaala lanaa. Dan aku (Ibnu Hajar) mengetahui hal tersebut melalui istiqraa' dari apa yang dilakukannya (dalam riwayat-riwayatnya)" [selesa].

Jadi, periwayatan Al-Bukhaariy semacam itu bukanlah tadlis yang tercela.

Wallaahu a'lam.

Anonim mengatakan...

جزاك الله خيرا