Hadits Makan dan Minum Sambil Berdiri


At-Tirmidziy rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا أَبُو السَّائِبِ سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ الْكُوفِيُّ، حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، قَال: " كُنَّا نَأْكُلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ نَمْشِي، وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ "
Telah menceritakan kepada kami Abus-Saaib Salm bin Junaadah Al-Kuufiy : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : “Kami dulu makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [As-Sunan no. 1880; ia (At-Tirmidziy) berkata : “Ini hadits hasan shahih gharib”].

Berikut keterangan para perawinya :
1.     Salm bin Junaadah bin Salm bin Khaalid bin Jaabir bin Samurah As-Suwaa’iy Al-‘Aamiriy, Abus-Saaib Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, namun kadang menyelisihi. Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun 174 H, dan wafat tahun 254 H. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 396 no. 2477].
2.     Hafsh bin Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik An-Nakha’iy, Abu ‘Umar Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-8, wafat tahun 194/195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib , hal. 260 no. 1439].
3.     ‘Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Aashim bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy Al-‘Umariy Al-Madaniy, Abu ‘Utsmaan; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 140-an H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 643 no. 4353].
4.     Naafi’ Abu ‘Abdillah Al-Madaniy maula Ibni ‘Umar; seorang yang tsiqah, tsabat,faqiih, lagi masyhuur (w. 117 H). Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 996 no. 7136].
5.     ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Makkiy Al-Madaniy; salah seorang shahabat Nabi yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 73 H/74 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 528 no. 3514].
Diriwayatkan pula oleh At-Tirmidziy dalam Al-‘Ilal no. 578, Ibnu Maajah no. 3301, Ibnu Hibbaan no. 5322 & 5325, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr no. 5719, Al-Harbiy dalam Al-Fawaaid no. 89, dan Al-Khathiib dalam At-Taariikh 9/67; semuanya dari Salm bin Junaadah, dari Hafsh bin Ghiyaats, dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar secara marfuu’.
Salm bin Junaadah dalam periwayatan dari Hafsh bin Ghiyaats mempunyai mutaba’ah dari :
1.     Ibnu Abi Syaibah; sebagaimana yang ia riwayatkan dalam Mushannaf-nya 8/17-18, dan darinya ‘Abd bin Humaid no. 785, Ad-Daarimiy no. 2172, Ahmad 2/108, dan Ibnu ‘Abdil-Barr dalam Al-Istidzkaar no. 39624.
‘Abdullah bin Muhammad bin Ibraahiim bin ‘Utsmaan Al-‘Absiy, terkenal dengan nama Ibnu Abi Syaibah; seorang imam tsiqah haafidh, shaahibut-tashaanif (mempunyai banyak karangan/tulisan). Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 235 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah haafidh, shaahibut-tashaanif (mempunyai banyak karangan/tulisan)” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 540 no. 3600].
2.     Hisyaam bin Yuunus bin Waabil Al-Lu’lu’iy; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan no. 5322.
Hisyaam bin Yuunus bin Waabil bin Al-Wadldlaah bin Sulaimaan At-Tamiimiy An-Nahsyaliy, Abul-Qaasim Al-Kuufiy Al-Lu’luiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 252 H. Dipakai oleh At-Tirmidziy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1023 no. 7361].
3.     Muhammad bin Aadam bin Sulaimaan Al-Mashiisiy; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Syaahin dalam An-Naasikh no. 563. Dibawakan juga oleh Ibnu Abi Haatim dalam Al-‘Ilal no. 1500.
Muhammad bin Aadam bin Sulaimaan Al-Juhhaniy Al-Mashiihiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 250 H. Dipakai oleh Abu Daawud dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 824 no. 5756].
4.     Yuusuf bin ‘Adiy; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar no. 4/273.
Yuusuf bin ‘Adiy bin Zuraiq bin Ismaa’iil At-Taimiy, Abu Ya’quub Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 232 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1094 no. 7929].
Dhahir sanad hadits ini shahih. Dishahihkan oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Hibbaan. Dishahihkan pula oleh Muhammad bin Thaahir dalam Tadzkiratul-Maudluu’aat no. 1079, Al-Albaaniy dalam Misykatul-Mashaabih no. 4275, Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘ala Shahih Ibni Hibban 12/141, Abu Ishaaq Al-Huwainiy dalam Ghautsul-Makduud 3/157-158.
Hafsh bin Ghiyaats mempunyai mutaabi’ dari ‘Abdullah bin Al-Mubaarak :
نا الصَّائِغُ، نا يَحْيَى بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، نا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: " كُنَّا نَشْرَبُ، وَنَحْنُ قِيَامٌ، وَنَأْكُلُ، وَنَحْنُ نَسْعَى "
Telah mengkhabarkan kepada kami Ash-Shaaigh : Telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnul-Mubaarak, dari ‘Ubaidullah, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : “Kami dulu minum sambil berdiri dan makan sambil berjalan (di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam)” [Diriwayatkan oleh Ibnul-A’rabiy dalam Mu’jam-nya no. 214].
Berikut keterangan perawinya :
1.     Ash-Shaaigh, ia adalah : Muhammad bin Ismaa’iil bin Saalim Ash-Shaaigh Al-Kabiir, Abu Ja’far Al-Baghdaadiy tsumma Al-Makkiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-11, lahir tahun 188 H, dan wafat tahun 276 H. Dipakai oleh Abu Daawud [Taqriibut-Tahdziib, hal. 826 no. 5768].
2.     Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid bin ‘Abdirrahmaan bin Maimuun Al-Himmaaniy, Abu Zakariyyaa Al-Kuufiy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : ‘Haafidh, namun mereka menuduhnya mencuri hadits’. Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 228 [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1060 no. 7641].
3.     ‘Abdullah bin Al-Mubaarak bin Waadlih Al-Handhaliy At-Tamiimiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah, tsabat, faqiih, lagi ‘aalim. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 118 H, dan wafat tahun 181 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 540 no. 3595].
Sanad riwayat ini lemah/dla’iif, karena kelemahan Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid.
Namun sejumlah ulama mutaqaddimiin men-ta’lil riwayat ini – terutama dari jalan Hafsh bin Ghiyaats – .
At-Tirmidziy rahimahullah berkata :
فَسَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ، فَقَالَ: هَذَا حَدِيثٌ فِيهِ نَظَرٌ
“Dan aku bertanya kepada Muhammad (yaitu : Al-Bukhaariy – Abul-Jauzaa’) tentang hadits ini, lalu ia berkata : ‘Hadits ini perlu diteliti kembali (fiihi nadhar)” [Al-‘Ilal, 1/311].
Al-Bukhaariy rahimahullah berkata :
مُحَمَّد بْن عَبْد الملك أَبُو جَابِر بصري سكن مكة سَمِعَ ابْن عون، وهشام بْن حسان، وَسَمِعَ عِمْرَان بْن حدير، عَنْ أَبِي بزرى، واسمه يزيد بْن عطارد، عَنِ ابْن عُمَر، قَالَ: " كنا نأكل ونحن نمشي، ونشرب ونحن قيام على عهد رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ".وقَالَ حفص بْن غياث: عَنْ عُبَيْد اللَّه بْن عُمَر، عَنْ نافع، عَنِ ابْن عُمَر، مثلَهُ.قَالَ أَبُو عَبْد اللَّه: والأول أصح.
“Muhammad bin ‘Abdil-Malik, Abu Jaabir. Orang Bashrah, tinggal di Makkah. Ia mendengar dari Ibnu ‘Aun dan Hisyaam bin Hassaan. Ia juga mendengar riwayat dari ‘Imraan bin Hudair, dari Abu Bazaraa – namanya Yaziid bin ‘Athaarid, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : ‘Kami dulu makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam’. Dan telah berkata Hafsh bin Ghiyaats, dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar hadits yang semisal. Abu ‘Abdillah (Al-Bukhaariy) berkata : “Riwayat yang pertama lebih shahih” [At-Taariikh Al-Kabiir, 1/165].
Ibnu Abi Haatim rahimahullah berkata :
وَسألت أبي عَنْ حديث رَوَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ آدَمَ بْنِ سُلَيْمَانَ الْمِصِّيصِيُّ، عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: " كُنَّا فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَأْكُلُ، وَنَحْنُ نَمْشِي، وَنَشْرَبُ، وَنَحْنُ قِيَامٌ ". قَالَ أَبِي: قَدْ قَالَ: تَابَعَهُ عَلَى رِوَايَتِهِ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ، عَنْ حَفْصٍ، وإنما هو عن حفص، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ الْعَرْزَمِيِّ، وَهَذَا حَدِيثٌ لا أَصْلَ لَهُ بِهَذَا الإِسْنَادِ
“Dan aku bertanya kepada ayahku tentang hadits yang diriwayatkan oleh Muhammad bin Aadam bin Sulaimaan Al-Mashiihiy, dari Hafsh bin Ghiyaats, dari ‘Ubaidullah, dari Naafi, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : ‘Kami dulu makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam’. Ayahku berkata : ‘Riwayatnya (Muhammad bin Sulaimaan) telah diikuti oleh Ibnu Abi Syaibah, dari Hafsh. Hadits itu hanyalah berasal dari Hafsh, dari Muhammad bin ‘Ubaidullah Al-‘Arzamiy. Hadits ini tidak ada asalnya dengan sanad ini” [Al-‘Ilal, no. 1500].
وسُئِلَ أبو زرعة عن حديث رواه يوسف بن عدي عن حفص : ابن غياث - ....، الحديث ؟. قال أبو زرعة : [رواه] حفص وحده
“Abu Zur’ah pernah ditanya tentang hadits yang diriwayatkan Yuusuf bin ‘Adiy dari Hafsh bin Ghiyaats - ....?. Maka Abu Zur’ah menjawab : “(Hadits itu) diriwayatkan Hafsh seorang diri” [idem, no. 1501].
Ahmad bin Hanbal rahimahullah pernah ditanya oleh Al-Atsram perihal hadits di atas, kemudian menjawab :
أما أنا فلم أسمعه إلا منه، ثُمَّ قَالَ: إنما هو حَدِيث يزيد بن عطارد
“Adapun aku, maka aku tidak pernah mendengar hadits itu kecuali darinya. Hadits itu hanyalah hadits Yaziid bin ‘Athaarid” [Taariikh Baghdaad, 9/77].
Abu Daawud rahimahullah berkata :
قال علي بن المديني : نعس حفص نعسة، يعني حين روى حديث عبيد الله بن عمرو، وإنما هو حديث أبي البرزي، قال أبو داود : كان حفص بأخرة دخله نسيان، وكان يحفظ
“’Aliy bin Al-Madiiniy berkata : ‘Hafsh bin Ghiyaats mengalami kelemahan, yaitu ketika meriwayatkan hadits ‘Ubaidullah bin ‘Amru. Hadits itu hanyalah merupakan hadits Abul-Bazaraa’. Abu Daawud berkata : ‘Hafsh ditimpa kelalaian di akhir hayatnya. Dulu ia termasuk orang yang hapal” [Suaalaat Al-Aajurriy, hal. 205 no. 229].
Riwayat Yaziid bin ‘Athaarid yang dimaksudkan adalah :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُدَيْرٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ عُطَارِدٍ السَّدُوسِيِّ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: " كُنَّا نَأْكُلُ وَنَحْنُ نَسْعَى عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari ‘Imraan bin Hudair, dari Yaziid bin ‘Uthaarid As-Saduusiy, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : “Kami dulu makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Hanaad bin As-Sariy dalam Az-Zuhd no. 812].
Berikut keterangan para perawinya :
1.     Wakii’ bin Al-Jarraah bin Maliih Ar-Ruaasiy, Abu Sufyaan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ‘aabid. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 196/197 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1037 no. 7464].
2.     ‘Imraan bin Hudair As-Saduusiy, Abu ‘Ubaidah Al-Bashriy; seorang yang sangat tsiqah (tsiqatun tsiqah). Termauk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 149 H. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 749-750 no. 5183].
3.     Yaziid bin ‘Uthaarid As-Saduusiy/Al-‘Aisiy, Abul-Bazaraa; seorang yang maqbuul. Termasuk thabaqah ke-4, dan wafat saat fitnah Al-Waliid bin Yaziid. Dipakai oleh At-Tirmidziy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1113 no. 8011].
4.     ‘Abdullah bin ‘Umar; telah lewat keterangannya di atas.
Diriwayatkan pula oleh Ahmad 2/12 & 2/24 dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 33/74 dari jalan Wakii’ bin Al-Jarraah.
Wakii’ mempunyai mutaba’ah dari :
1.     Hammaad bin Salamah; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/274, Ath-Thayaalisiy no. 2016, dan Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 7/285.
2.     ‘Utsmaan bin ‘Umar Al-‘Abdiy; sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 2171 dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/273-274.
3.     ‘Abdullah bin Idriis Al-Audiy; sebagaiman diriwayatkan oleh Ahmad 2/12
4.     Mu’aadz bin Mu’aadz; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 8/17 dan Ahmad 2/19,
5.     Bisyr bin Al-Mufadldlal; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan 12/49 no. 5243
6.     Yaziid bin Haaruun; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnul-Jaaruud dalam Al-Muntaqaa 3/157-158 no. 867.
7.     Yaziid bin Zurai’; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Syaahiin dalam An-Naasiikh no. 562.
8.     ‘Iisaa bin Yuunus; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 5586.
9.     ‘Utsmaan bin Al-Haitsam; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 5587.
10.   Abu ‘Aashim; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/273
11.   Al-Mu’tamir bin Sulaimaan; sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Duulabiy dalam Al-Kunaa no. 696.
Sanad riwayat ini adalah lemah/dla’iif, karena Yaziid bin ‘Uthaarid seorang yang majhuul haal.
Lantas, mana yang raajih di antara dua jalur periwayatan (jalur ‘Ubaidullah dari Naafi dari Ibnu ‘Umar, ataukah jalur ‘Imraan bin Hudair dari Yaziid bin ‘Uthaarid dari Naafi’) ?. Apakah ta’liil dari sebagian ulama mutaqaddimiin di atas diterima, ataukah ditolak ?.
Yang raajihwallaahu a’lam – riwayat Hafsh bin Ghiyaats di atas mahfuudh karena – selain ia sendiri pada asalnya seorang yang tsiqah – , riwayatnya diikuti oleh Ibnul-Mubaarak. Yang jadi permasalahan adalah : Mutaba’ah Ibnul-Mubaarak yang dibawakan oleh Ibnul-A’rabiy tersebut dalam sanadnya terdapat Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid Al-Himmaaniy dimana beberapa ulama menuduhnya mencuri hadits (seperti Ahmad bin Hanbal). Orang yang mencuri hadits, kedudukannya sangat lemah dan haditsnya tidak bisa dijadikan penguat. Namun, beberapa ulama lain menolaknya dan mengatakan jarh tersebut disebabkan karena hasad – sebagaimana dikatakan Yahyaa bin Ma’iin dan Ar-Ramaadiy rahimahumallah. Bahkan Ibnu Ma’iin adalah orang yang paling keras pembelaannya terhadap Yahyaa [selengkapnya baca : Tahdziibul-Kamaal 31/419-434 dan Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 10/526-540]. Adz-Dzahabiy memberikan kesimpulan bahwa ia seorang haafidh lagi tsiqah [As-Siyar, 10/526-527]. Namun dalam Al-Mughniy fidl-Dlu’afaa’ (2/522 no. 7007), ia berkata : “Haafidh, munkarul-hadiits”. Al-Albaaniy mempunyai beberapa perkataan tentangnya. Satu kali ia menyebutkan bahwa para ulama menuduhnya mencuri hadits [Adl-Dla’iifah no. 506]. Satu kali ia menyebutkan penyimpulan Al-Haitsaimiy bahwasannya ia dla’iif [As-Syamaail no. 42]. Satu kali ia membuat kesimpulan sendiri : “Dla’iif dari segi hapalannya” [Adl-Dla’iifah 4/232]. Al-Arna’uth dan Basyar ‘Awwaad memberi kesimpulan : “Dla’iif, namun dapat digunakan sebagai i’tibar” [Tahriirut-Taqriib, 4/92 no. 7591] – dan penghukuman keduanya ini tidak mendapatkan kritik oleh Dr. Maahir Al-Fakhl dalam Kasyful-Iihaam. Abu Ishaaq Al-Huwainiy menyimpulkan ia seorang yang dla’iif bersamaan dengan keluasan hapalannya. Di lain tempat ia berkata : “Meskipun ia seorang yang haafidh, namun ia dituduh mencuri hadits” [selengkapnya lihat : Natsnun-Nabaal, hal. 1522-1523 no. 3863]. Dan kesimpulan yang saya condong kepadanya adalah ia seorang yang dla’iif yang riwayatnya tetap dapat dijadikan i’tibar. Memang benar ada beberapa hadits yang ia riwayatkan dan kemudian menurunkan kredibiltasnya karena tuduhan mencuri hadits. Namun itu tidak semua hadits. Hadits yang ia riwayatkan dalam bahasan ini, maka tidak ternukil perkataan para imam mengingkarinya.
Kesimpulannya : Riwayat Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu dari jalan ‘Ubaidullah bin ‘Umar adalah shahih. Adapun riwayat dari jalan ‘Imraan bin Hudair dari Yaziid bin ‘Uthaarid bukan men-ta’liil jalan riwayat sebelumnya, namun justru menguatkannya.
Ada riwayat mauquf yang serupa dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ الْحَكَمِ، عَنِ الْحُرِّ بْنِ صَيَّاحٍ، قَالَ: سَأَلَ رَجُلٌ ابْنَ عُمَرَ، فَقَالَ: مَا تَرَى فِي الشُّرْبِ قَائِمًا؟ "، فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ: إِنِّي أَشْرَبُ وَأَنَا قَائِمٌ، وَآكُلُ وَأَنَا أَمْشِي "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail, dari Al-Hasan bin Al-Hakam, dari Al-Hurr bin Shayyaah, ia berkata : Seorang laki-laki pernah bertanya kepada Ibnu ‘Umar. Laki-laki berkata : “Apa pendapatmu tentang minum sambil berdiri ?”. Ibnu ‘Umar menjawab : “Sesungguhnya aku pernah minum sambil berdiri dan makan sambil berjalan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 8/17].
Berikut keterangan para perawinya :
1.     Muhammad bin Fudlail bin Ghazwaan bin Jariir Adl-Dlabbiy, Abu ‘Abdirahmaan Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 889 no. 6267].
2.     Al-Hasan bin Al-Hakam An-Nakha’iy, Abul-Hakam; seorang yang dikatakan oleh Ibnu Hajar : ‘shaduuq, tapi banyak salahnya’. Namun yang benar ia seorang yang lebih dekat kepada tsiqah. Ia telah ditsiqahkan oleh Ibnu Ma’iin dan Ahmad. Ibnu Syaahiin menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Abu Haatim berkata : “Shaalihul-hadiits”. Adapun Ibnu Hibbaan menyendiri dalam jarh-nya dengan mengatakan : “Banyaknya salah dan ragu. Tidaklah membuatku kagum untuk berhujjah dengan haditsnya apabila ia bersendirian”. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat sebelum tahun 150 H. Dipakai oleh Abu Daawud, Muslim, An-Nasaa’iy dalam Musnad ‘Aliy, dan Ibnu Maajah [lihat : Tahdziibut-Tahdziib 2/271 dan Taqriibut-Tahdziib hal. 236 no. 1239].
3.     Al-Hurr bin Ash-Shayyaah An-Nakha’iy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 227 no. 1168].
Sanad riwayat ini hasan.
Mengenai sebagian fiqh hadits dalam bahasan ini, silakan baca : Pembahasan Minum Sambil Berdiri.
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perum ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor].

Comments

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum,

Antum cocok sekali jadi pentakhrij dan muhaqqiq hadits, bahasan yg antum bawa mengena banget dan saya suka bgt baca artikel2 spt ini. Afwan klo menurut antum pujian saya berlebihan tp setidaknya saya hanya mengungkapkan kejujuran. Afwan sekali lg klo ga berkenan.

Oh iya ustadz, saya ingin tanya, maksudnya mencuri hadits ini spt apa ya? Apa dia mencuri riwayat yg dia dengar dari perawi lain lalu dia menisbahkan riwayat itu padanya?

-Tommi-

Anonim mengatakan...

@Tommi,

Sebaiknya hindari melontarkan pujian seperti di atas. Simpan saja di hati, kuatir bikin Abul Jauzaa "tergoda". Kalo Antum bikin kalimat do'a dan harapan insya Allah lebih tepat. Allohu a'lam

-arief

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

That's right and better..... Saya bukan seperti yang dikatakan. Seandainya tidak ada bagian pertanyaan yang diajukan, niscaya tidak akan saya tampilkan komentar mas Tommi. [karena blogspot tidak menyediakan fasilitas edit komentar]

Anonim mengatakan...

Iya, afwan memang klo tidak berkenan. Saya mohon maaf yg sebesar2nya.

Trus bagaimana dengan pertanyaan saya akh Abul Jauzaa? Apa maksudnya dari mencuri hadits itu adalah dia mendengar riwayat yg dia dengar dari perawi lain lalu dia menisbahkan riwayat itu padanya?

-Tommi-

Rohis Facebook mengatakan...

afwan ust., klo prtnyaanx OOT.

salah satu Ormas menyerukan tuk qunut Nazilah tuk suriah, apa hukumx ni..??, syukran tas jawabax..

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

@Mas Tommie,.. maaf baru dibalas. Sengaja diakhirkan.

Mencuri hadits itu (salah satu) artinya adalah kondisi dimana seorang muhaddits bersendirian dalam periwayatan, lalu datanglah pencuri hadits yang mendakwakan dirinya mendengar hadits dari syaikh/guru muhaddits tersebut.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...Afwan ...Pertanyaan OOT juga ustad... dimanakah ada riwayat ruh mayit berdiam di rumahnya selama 40 hari (cerita/riwayat ini sering dijadikan patokan/hujjah wajib melakukan ritual atas kematian ketika 40 hari yaitu untuk dijadikan tahlilan). barakallahuikm

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

wa'alaikumus-salaam.

maaf, saya tidak tahu.

istiqomah mengatakan...

Assalamualaikum...Afwan akhi..ana ijin copy/copas

Anonim mengatakan...

@Anonim 14 Maret 2012 13:07
Setau saya tidak ada dalil yang mengatakan bahwa ruh mayat ada di rumah selama 40 hari, bahkan itu merupakan sisa dari tradisi hindu-budha yang masih berakar kuat di Indonesia.

Tentang hukum tahlilan sendiri
silahkan baca di http://www.konsultasisyariah.com/menghadiahkan-pahala-sedekah-untuk-mayit/#axzz2H6ktqdn2