Makan Lebih dari Tiga Jari Menyelisihi Sunnah ?


Tanya : Apakah makan dengan sendok lebih utama daripada makan lebih dari tiga jari karena ia menyelisihi sunnah, terutama jika makan makanan yang kurang ‘nyaman’/elegan diambil dengan tiga jari ?
Jawab : Makan dengan tiga jari merupakan adab Islam yang sepatutnya tidak ditinggalkan oleh kaum muslimin. Al-Imaam Muslim rahimahullah berkata :

حدثنا يحيى بن يحيى. أخبرنا أبو معاوية عن هشام بن عروة، عن عبدالرحمن بن سعد، عن ابن كعب بن مالك، عن أبيه. قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأكل بثلاث أصابع. ويلعق يده قبل أن يمسحها.
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepadaku Abu Mu’aawiyyah, dari Hisyaam bin ‘Urwah, dari ‘Abdurrahman bin Sa’d, dari Ibnu Ka’b bin Maalik, dari ayahnya, ia berkata : “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam makan dengan tiga jari, dan menjilat tangannya sebelum mengusapnya dengan sapu tangan" [Shahih Muslim no. 2032].
Akan tetapi jika makanan itu susah untuk diambil dan dimakan dengan tiga jari, boleh menggunakan lebih dari tiga jari. Telah berkata Al-Qaadliy ‘Iyaadl rahimahullah :
وَالْأَكْلُ بِأَكْثَرَ مِنْهَا مِنْ الشَّرَهِ وَسُوءِ الْأَدَبِ ، وَلِأَنَّهُ غَيْرُ مُضْطَرٍّ لِذَلِكَ لِجَمْعِهِ اللُّقْمَةَ وَإِمْسَاكِهَا مِنْ جِهَاتِهَا الثَّلَاثِ ، وَإِنْ اُضْطُرَّ إلَى الْأَكْلِ بِأَكْثَرَ مِنْ ثَلَاثَةِ أَصَابِعَ ، لِخِفَّةِ الطَّعَامِ وَعَدَمِ تَلْفِيقِهِ بِالثَّلَاثِ يَدْعَمُهُ بِالرَّابِعَةِ أَوْ الْخَامِسَةِ .
“Makan dengan lebih dari tiga jari termasuk keburukan dan jeleknya adab. Hal itu dikarenakan tidak ada kebutuhan yang mengharuskan menggunakan lebih dari tiga jari untuk mengumpulkan suapan makanan dan memegangnya. Namun jika ada kebutuhan untuk makan lebih dari tiga jari, karena ringan/lembutnya makanan dan tidak dapat diambil dengan tiga jari, maka ia boleh menggunakan jari yang keempat atau kelima” [Fathul-Baariy, 9/578].
‘Illat hukum menggunakan lebih dari tiga jari adalah karena ada kebutuhan. Hal itu sama dengan penggunaan sendok, ia pun boleh dipakai karena kebutuhan (untuk makan makanan yang berkuah, sup, dan yang lain sebagainya). Oleh karenanya, makan dengan sendok tidaklah lebih utama daripada makan lebih dari tiga jari dengan melihat ‘illat hukum yang sama.
Wallaahu ta’ala a’lam.
[abul-jauzaa’ – njakal, gentan, ngaglik, sleman, yogyakarta].

Comments

Anonim mengatakan...

terucap "jazakallahu khaira"... atas tambahan faidahnya.

Anonim mengatakan...

Makan menggunakan sendok = makan dengan dua jari (sendoknya diapit oleh 'hanya' dua jari)

Kalau misalnya sendoknya diapit oleh 3 jari... tetap tidak lebih utama, ya, Pak? *pertanyaan retoris* ^_^

Anonim mengatakan...

bagaimana jika seseorang tsb cacat?
dan tidak bisa dgn 3 jari?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Bahkan : Bagaimana jika orang tersebut tidak mempunyai dua tangan,... bolehkah makan dengan kaki ?.

Unknown mengatakan...

Ustadz tolong antum semoga antum selalu dalam kondisi bijak dalam menghadapi komnt yang nyeleneh sekalipun, karena sejauh yang saya pelajari dari cara antum menjawab, antum selalu tenang dan jernih.

Unknown mengatakan...

Setuju dengan ustadz abu

Anonim mengatakan...

MasyaAllah.....sama seperti yang di ajarkan ustadz Adi Hidayat...Jazakalloh khoiron