Lupa


Lupa artinya tidak ingat. Tidak ada seorang pun yang luput dari sifat lupa, termasuk para Nabi dan Rasul. Allah ta’ala berfirman :
وَلَقَدْ عَهِدْنَا إِلَى آدَمَ مِنْ قَبْلُ فَنَسِيَ وَلَمْ نَجِدْ لَهُ عَزْمًا
“Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat” [QS. Thaha : 115].
Ibnu Abi Haatim rahimahullah membawakan riwayat dengan sanadnya perkataan Ibnu ‘Abbaas :
إنما سمي الإنسان لأنه عهد إليه فنسي
“(Adam) dinamakan insaan hanyalah karena ia pernah diberikan amanat/perjanjian, namun ia lupa” [Tafsir Ibni Katsiir, 5/320].

Al-Qurthubiy rahimahullah berkata :
وله معنيان أحدهما: ترك؛ أي ترك الأمر والعهد؛ وهذا قول مجاهد وأكثر المفسرين ومنه {نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ}. [التوبة 67]. و[وثانيهما] قال ابن عباس “نسي” هنا من السهو والنسيان، وإنما أخذ الإنسان منه لأنه عهد إليه فنسي. قال ابن زيد: نسى ما عهد الله إليه في ذلك، ولو كان له عزم ما أطاع عدوه إبليس. وعلى هذا القول يحتمل أن يكون آدم عليه السلام في ذلك الوقت مأخوذا بالنسيان، وأن كان النسيان عنا اليوم مرفوعا. ومعنى {مِنْ قَبْلُ} أي من قبل أن يأكل من الشجرة؛ لأنه نهى عنها
“(Kalimat fanasiya) mempunyai dua makna. Pertama; meninggalkan perintah dan perjanjian. Ini adalah pendapat Mujaahid dan kebanyakan ahli tafsir. Darinya adalah firman Allah ta’ala : ‘Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka’ (QS. At-Taubah : 67). Kedua; bahwa perkataan Ibnu ‘Abbaas tentang (makna) nasiya di sini adalah lupa. Diambil kata insaan darinya (Adam) karena ia pernah diberikan amanat/perjanjian, namun ia lupa. Ibnu Zaid berkata : ‘Lupa terhadap apa yang Allah amanatkan kepadanya. Dan seandainya ia mempunyai keinginan yang kuat, niscaya ia tidak akan mentaati iblis, musuhnya. Berdasarkan pendapat ini, ada kemungkinan Adam ‘alaihis-salaam pada waktu itu dalam keadaan lupa. Dan (kesalahan karena) lupa yang terjadi pada manusia setelahnya dimaafkan. Adapun makna min qablu adalah sebelum memakan buah dari pohon tersebut, karena ia dilarang memakannya” [Al-Jaami’ li-Ahkaamil-Qur’aan, 11/251].
As-Sa’diy rahimahullah berkata :
أي: ولقد وصينا آدم وأمرناه، وعهدنا إليه عهدا ليقوم به، فالتزمه، وأذعن له وانقاد، وعزم على القيام به، ومع ذلك نسي ما أمر به، وانتقضت عزيمته المحكمة، فجرى عليه ما جرى، فصار عبرة لذريته، وصارت طبائعهم مثل طبيعته، نسي آدم فنسيت ذريته، وخطئ فخطئوا، ولم يثبت على العزم المؤكد، وهم كذلك، وبادر بالتوبة من خطيئته، وأقر بها واعترف، فغفرت له، ومن يشابه أباه فما ظلم.
“Yaitu : Sesungguhnya telah kami wasiatkan dan perintahkan Adam. Dan telah mengamanatkan satu perjanjian kepadanya agar ia melaksanakan dan dan mematuhinya, Dan Adam pun tunduk, patuh, dan berkeinginan kuat untuk melaksanakannya. Akan tetapi, ia pun lupa dan meninggalkan apa yang diperintahkan kepadanya. Lalu terjadilah apa yang telah terjadi (yaitu, Adam terusir dari surga). Hal itu menjadi pelajaran bagi anak cucunya di kemudian hari. Dan jadilah tabi’at mereka sebagaimana tabi’at bapak mereka (Adam). Adam telah lupa dan melakukan kesalahan; maka anak cucunya pun berbuat serupa. Namun Adam sadar dan (segera) bertaubat dari kesalahannya. Ia mengakui kesalahannya dan Allah mengampuninya. Barangsiapa yang meniru apa yang dilakukan bapaknya/Adam (ketika ia berbuat salah lalu bertaubat), maka ia bukan termasuk orang yang berbuat dhalim” [Taisirul-Kariimir-Rahmaan fii Tafsiiri Kalaamil-Mannaan, 1/514].
Lupa merupakan tabiat yang dengannya Allah ta’ala ciptakan manusia. Oleh karena itu, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah memerintahkan umatnya agar membaca, mempelajari, dan mentadaburi Al-Qur’an agar mereka selalu mengingat perjanjian dan hukum-hukum yang ada di dalamnya (untuk dilaksanakan); dan agar mereka segera kembali (dengan bertaubat) setelah mereka melakukan kesalahan. Barangsiapa yang tidak menjaga Al-Qur’an dengan membaca dan mempelajarinya, maka ia akan mudah lupa dan tenggelam di dalamnya.
عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (إنما مثل صاحب القرآن كمثل صاحب الإبل المعلقة: إن عاهد عليها أمسكها، وإن أطلقها ذهبت).
Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Permisalan shaahibul-qur’an (orang yang selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an) adalah seperti pemilik seekor onta yang terikat. Jika ia menjaganya, maka ia dapat menahannya (tidak terlepas). Namun jika ia melepaskannya, niscaya ia akan pergi” [Diriwayatkan oleh Maalik 2/143 no. 517, Al-Bukhaariy no. 5031, Muslim no. 789, Ahmad 2/17 & 23 & 30 & 36 & 64 & 112, An-Nasaa’iy 2/154, Ibnu Abi Syaibah 2/500 & 10 476, ‘Abdurrazzaaq no. 5972, Al-Firyaabiy dalam Fadlaailul-Qur’aan no. 156-159, Ibnu Hibbaan no. 764-765, Al-Baihaqiy 2/395, Al-Baghawiy no. 1221, Abu ‘Ubaid dalam Fadlaailul-Qur’aan hal. 105, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath 2/245 no. 1875, dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 8/320, ].
عن عبد الله. قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "بئسما لأحدهم يقول: نسيت آية كيت وكيت. بل هو نسى. استذكروا القرآن. فلهو أشد تفصيا من صدور الرجال من النعم بعقلها".
Dari ‘Abdullah (bin Mas’uud), ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Alangkah mereka yang berkata : ‘Aku telah lupa ayat ini dan itu’. Namun sebenarnya ia dibuat lupa (oleh Allah ‘azza wa jalla). Maka, perbanyaklah mengingat (membaca) Al-Qur’an, karena ia lebih cepat hilang/tercabut dari dada-dada manusia daripada onta di tambatannya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5032 & 5039, Muslim no. 790, Ahmad 1/381-382 & 417 & 423 & 438-439 & 463, Al-Humaidiy no. 91, At-Tirmidziy no. 2942, An-Nasaa’iy 2/154 dan dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah no. 724-728,  Ibnu Abi Syaibah 2/500 & 10/477-478, ‘Abdurrazzaaq no. 5967-5969, Ath-Thayaalisiy no. 259, Asy-Syaasyiy no. 484-485 & 640, Abu Ya’laa no. 5136, Ibnu Hibbaan no. 761-763, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no. 10231 & 10347 dan dalam Ash-Shaghiir no. 305, Al-Haakim 1/553, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 4/188, dan Al-Baihaqiy 2/395].
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
وفيه كراهة قول نسيت آية كذا وهي كراهة تنزيه وأنه لا يكره قول أنسيتها وإنما نهى عن نسيتها لأنه يتضمن التساهل فيها والتغافل عنها، وقد قال الله تعالى: {أتتك آياتنا فنسيتها} وقال القاضي عياض: أولى ما يتأول عليه الحديث أن معناه ذم الحال لا ذم القول، أي نسيت الحالة حالة من حفظ القرآن فغفل عنه حتى نسيه.........قوله صلى الله عليه وسلم: "إنما مثل صاحب القرآن كمثل الإبل المعقلة" إلى آخره فيه الحث على تعاهد القرآن وتلاوته والحذر من تعريضه للنسيان.
“Dalam hadits tersebut terdapat petunjuk dibencinya perkataan : ‘aku telah lupa ayat ini’, yaitu makruh tanziih. Akan tetapi tidak dibenci perkataan : ‘aku telah dilupakan dari ayat ini’. Terlarangnya perkataan ‘aku telah lupa ayat ini’ dikarenakan hal itu mengandung meremehkan dan melalaikan Al-Qur’an. Allah ta’ala telah berfirman : ‘telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya’ (QS. Thaha : 126). Al-Qaadliy ‘Iyaadl berkata : ‘Yang lebih tepat tentang makna hadits tersebut adalah celaan terhadap keadaan (orang yang mengatakan), bukan celaan tehadap perkataan itu sendiri. Yaitu, keadaan orang yang telah menghapal Al-Qur’an (atau sebagian ayat-ayatnya), lalu ia lalai terhadapnya sehingga melupakannya……. Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Permisalan shaahibul-qur’an (orang yang selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an) adalah seperti pemilik seekor onta yang terikat…..sampai akhir hadits; mengandung faedah anjuran untuk mempelajari dan membaca Al-Qur’an dan peringatan agar tidak melupakannya’” [Syarh Shahih Muslim lin-Nawawiy].
Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
قوله:" كمثل صاحب الإبل المعقلة" .....، شبه درس القرآن واستمرار تلاوته بربط البعير الذي يخشى منه الشراد، فما زال التعاهد موجودا فالحفظ موجود، كما أن البعير ما دام مشدودا بالعقال فهو محفوظ. وخص الإبل بالذكر لأنها أشد الحيوان الإنسي نفورا، وفي تحصيلها بعد استمكان نفورها صعوبة. قوله :" إن عاهد عليها أمسكها" أي استمر إمساكه لها.
“Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘seperti pemilik onta yang tertambat’; beliau menyamakan perbuatan mempelajari Al-Qur’an dan senantiasa membacanya, dengan mengikat onta yang dikhawatirkan lepas/lari. Selama pemeliharaan Al-Qur’an terwujud, maka penjagaan terhadapnya pun terwujud. Sebagaimana seekor onta yang kakinya senantiasa terikat kuat, maka ia pun akan terjaga (tidak lari). Disebutkannya onta secara khusus, karena ia adalah hewan milik (piaraan) yang susah dikejar jika terlanjur lari/kabur karena larinya kencang. Adapun sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘jika ia menjaganya, maka ia akan menahannya (tidak lari)’, yaitu : senantiasa menahannya bersama dengannya” [Fathul-Baariy, 9/79].
Ibnu Hajar rahimahullah melanjutkan :
وأخرج أبو عبيد من طريق الضحاك بن مزاحم موقوفا قال: ما من أحد تعلم القرآن ثم نسيه إلا بذنب أحدثه، لأن الله يقول: {وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ} ونسيان القرآن من أعظم المصائب
“Dan diriwayatkan oleh Abu ‘Ubaid dari jalan Adl-Dlahhaah bin Muzaahim secara mauquuf, ia berkata : ‘Tidaklah ada seorang pun yang mempelajari Al-Qur’an kemudian lupa terhadapnya, melainkan disebabkan dosa yang pernah diperbuatnya. Allah ta’ala telah berfirman : ‘Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri’ (QS. Asy-Syuura : 30). Lupa terhadap ilmu Al-Qur’an termasuk musibah yang paling besar” [idem, 9/86].
Ibnul-Jauziy rahimahullah memberikan satu contoh kisah tentang apa yang dikatakan Ibnu Hajar tersebut :
عن أبي عبد الله بن الجلاء قال كنت أنظر إلى غلام نصراني حسن الوجه فمر بي أبو عبد الله البلخي فقال أيش وقوفك فقلت يا عم أما ترى هذه الصورة كيف تعذب بالنار فضرب بيده بين كتفي وقال لتجدن غبها ولو بعد حين قال فوجدت غبها بعد أربعين سنة أن أنسيت القرآن
وبإسناد عن أبي الأديان وقال كنت مع أستاذي وأبي بكر الدقاق فمر حدث فنظرت إليه فرآني أستاذي وأنا أنظر إليه فقال يا بني لتجدن غبة ولو بعد حين فبقيت عشرين سنة وأنا أراعي فما أجد ذلك الغب فنمت ذات ليلة وأنا مفكر فيه فأصبحت وقد أنسيت القرآن كله
Dari Abu ‘Abdillah bin Al-Jalaa’, ia berkata : “Aku pernah melihat seorang anak beragama Nashraniy yang mempunyai wajah tampan. Lalu, lewatlah di dekatku Abu ‘Abdillah Al-Balkhiy dan berkata : ‘Hai, mengapa engkau berdiri di situ ?’. Aku menjawab : ‘Wahai paman, tidakkah engkau lihat gambar ini, bagaimana kelak ia akan diadzab dengan api (neraka) ?’. Lalu ia memukulkan tangannya di antara dua bahuku dan berkata : ‘Sungguh, kelak engkau akan dapati akibatnya beberapa waktu kemudian setelah ini’. Ia (Abu ‘Abdillah bin Al-Jalaa’) berkata : ‘Lalu aku pun mendapatkan akibatnya empat puluh tahun kemudian, yaitu aku dilupakan dari Al-Qur’an”.
Dan dengan sanad dari Abul-Adyaan, ia berkata : “Aku pernah bersama guruku dan Abu Bakr Ad-Daqaaq. Tiba-tiba ada seorang pemuda yang lewat, dan aku pun memandang kepadanya. Guruku melihat (perbuatan)-ku yang melihat pemuda itu. Lalu ia berkata : ‘Wahai anakku, niscaya engkau akan mendapatkan akibatnya setelah ini’.  Aku pun menunggu selama dua puluh tahun sambil memperhatikan apa yang kira-kira akan aku temui akibat perbuatanku itu. Di satu malam aku tidur dan ketika itu aku sedang memikirkan sesuatu. Setelah bangun di keesokan harinya, aku lupa semua hapalan Al-Qur’anku” [Talbiis Ibliis, 1/246].
Asy-Syaafi’iy rahimahullah telah mengukir satu bait syi’ir indah tentang apa yang pernah ia adukan kepada gurunya, Wakii’ bin Al-Jarraah :
شكوت إلى وكيع سوء حفظي
فأرشدني إلى ترك المعاصي
وقال اعلم بان العلم فضل
وفضل الله لايؤتاه عاصي
“Aku pernah mengeluh kepada Wakii’ tentang jeleknya hapalanku
ia membimbingku agar aku meninggalkan maksiat
Dan ia pun berkata : ‘Ketahuilah bahwasannya ilmu itu adalah keutamaan
dan keutamaan Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat” [Al-Jawaabul-Kaafiy, hal. 60].
Lupa adalah bahaya laten bagi seorang penuntut ilmu.
Ibnu Mas’uud radliyallaahu ‘anhu berkata :
إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ آفَةً وَآفَةُ الْعِلْمِ النِّسْيَانُ
“Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai penyakit, dan penyakit dari ilmu itu adalah lupa” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 647; hasan].
Oleh karena itu, para ulama tidak jemu untuk memberikan nasihat kepada penuntut ilmu agar mengulang-ulang ilmu yang pernah didapat.
‘Alqamah berkata :
تَذَاكَرُوا الْحَدِيثَ فَإِنَّ ذِكْرَهُ حَيَاتُهُ
“Ulang-ulanglah hadits (yang telah kalian dapat), karena dengan mengingatnya adalah kehidupan hadits tersebut” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 627; shahih].
Itulah yang diperbuat oleh salaf kita sebagaimana diceritakan oleh Yuunus bin ‘Ubaid rahimahullah[1] :
كُنَّا نَأْتِي الْحَسَنَ فَإِذَا خَرَجْنَا مِنْ عِنْدِهِ تَذَاكَرْنَا بَيْنَنَا
“Kami pernah mendatangi (majelis) Al-Hasan (Al-Bashriy). Apabila kami keluar dari sisinya, kami saling ber-mudzakarah/mengulang-ulang (hadits) di antara kami” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 632; shahih].
Fudlail bin Ghazwaan[2] rahimahullah berkata :
كَانَ الْحَارِثُ بْنُ يَزِيدَ الْعُكْلِيُّ وَابْنُ شُبْرُمَةَ وَالْقَعْقَاعُ بْنُ يَزِيدَ وَمُغِيرَةُ إِذَا صَلَّوْا الْعِشَاءَ الْآخِرَةَ جَلَسُوا فِي الْفِقْهِ فَلَمْ يُفَرِّقْ بَيْنَهُمْ إِلَّا أَذَانُ الصُّبْحِ
“Dulu Al-Haarits bin Yaziid Al-‘Ukliy[3], Ibnu Syubrumah[4], Al-Qa’qaa’ bin Yaziid[5], dan Al-Mughiirah jika telah selesai menunaikan shalat ‘Isya’, mereka duduk untuk membahas fiqh. Tidaklah mereka berpisah hingga adzan Shubuh (berkumandang)” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 635 dan Al-Fasawiy dalam Al-Ma’rifah 2/614; shahih].
Dan salah satu cara untuk memelihara hapalan dan mengenyahkan lupa adalah dengan mencatatnya, sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
قيدوا العلم بالكتاب
“Ikatlah ilmu dengan tulisan” [Diriwayatkan oleh Al-Qadlaa’iy dalam Musnad Asy-Syihaab no. 637, Abu Nu’aim dalam Taariikh Ashbhaan 2/228, Ar-Ramaahurmuziy dalam Al-Muhaddits Al-Faashil hal. 368, Al-Khathiib dalam Taqyiidul-‘Ilmi hal. 70 dan dalam At-Taariikh 10/46, Ibnu ‘Abdil-Barr 1/86, dan yang lainnya; shahih lighairihi].
Itulah mengapa ilmu salaf lebih gampang nyantel, tidak mudah lupa dibandingkan kita; karena mereka menghindari maksiat, dan selalu mengulangnya (tidak malas). Dan lebih penting dari itu, mereka juga mengamalkannya, sebagaimana dikatakan oleh ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu :
هتف العلم بالعمل فإن أجابه وإلا ارتحل
“Memanggil ilmu itu dengan mengamalkannya. Jika dipanggil ia akan datang, dan jika tidak dipanggil ia akan pergi” [Iqtidlaaul-‘Ilmi Al-‘Amal, hal. 36-37 no. 40].
Wakii’ bin Al-Jarraah rahimahullah juga berkata :
كنا نستعين على حفظ لحديث بالعمل به، وكنا نستعين في طلبه بالصوم.
“Kami dulu meminta tolong dalam menghapalkan hadits dengan mengamalkannya, dan kami dulu meminta tolong dalam pencariannya dengan berpuasa” [Jaami’ Bayaanil-‘Ilmi wa Fadhlihi, 2/709 no. 1286; shahih].
Sudahkah kita mencontoh salaf ?.
Semoga Allah ta’ala menyedikitkan sifat lupa pada diri kita, dan memudahkan untuk mengikuti kebaikan.
Iyyaaka na’budu wa iyyaka nasta’iin…….
[abul-jauzaa’ al-atsariy – detik-detik menjelang terbenamnya matahari terakhir bulan Ramadlaan 1431 H].


[1]        Ia adalah Yuunus ‘Ubaid bin Diinaar Al-‘Abdiy; seorang yang tsiqah, tsabat, faadlil, lagi wara’ (w. 139/140 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [lihat : Taqriibut-Tahdziib, hal. 1099 no. 7966].
[2]        Fudlail bin Ghazwaan bin Jariir Adl-Dlabbiy Abul-Fadhl Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (w. setelah 140 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 786 no. 5469].
[3]        Al-Haarits bin Yaziid Al-‘Ukliy At-Taimiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 215 no. 1065].
[4]        ‘Ammaarah bin Al-Qa’qaa’ bin Syubruumah Adl-Dlabbiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 713 no. 4893].
[5]        Al-Qa’qaa’ bin Yaziid bin Syubruumah Adl-Dlabbiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah [Al-Jarh wat-Ta’diil, 7/137 no. 766].

Comments

Sa'ad mengatakan...

Masya Allah ... sangat bermanfaat, akh, nasihat antum (khususnya bwt ana pribadi).

Ana tunggu nasihat-nasihat antum lainnya.

Allohummaa arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'a, wa arinal baathila baathila warzuqnat tinaaba

Baarokallohu fiikaa...