Tetap Langsing dengan Makan Kenyang



1.    Pengaturan makanan untuk menuju sehat, cantik, dan langsing bisa diperoleh melalui metode food combining terhadap makanan-makanan tertentu.  Pengaturan makanan ini bukan seperti diet-diet kuno yang membatasi jumlah total asupan makanan ke dalam tubuh.  Pengaturan makanan ini adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
2.    Makanan berserat bersifat sebagai pembentuk basa yang cenderung berkadar air tinggi dan hanya mengandung sejumlah kecil protein.  Semua jenis buah dan sayuran adalah makanan pembentuk basa. 
3.    Efek pola makanan ini meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan sari makanan menjadi lancar.  Ujung-ujungnya adalah pemakaian energi menjadi lebih efisien.
4.    Pola makanan ini dapat menghambat penambahan berat badan secara berlebihan, keriput pada kulit, manopause, gangguan hormonal, osteoporosis, dan kanker.
5.    Pola pengaturan makan adalah sebagai berikut :
a)    Sarapan dianjurkan hanya mengkonsumsi buah-buahan saja, karena antara pukul 04.00-12.00 merupakan sikulus pembuangan yaitu saat tubuh mulai intensif membuang sisa makanan dan sisa metabolisme.  Siklus ini paling banyak menyerap energi.  Konsumsi makanan berat pada saat ini akan menurunkan intensitas proses pembuangan, memperlambat proses pencernaan, dan memboroskan energi.  Kebiasaan makanpagi dengan makanan berat dapat menyebabkan terjadinya peradangan organ-organ dalam tubuh yang bisa membahayakan tubuh.  
b)    Makanan padat dapat dikonsumsi pada saat makan siang.  Prinsip mengkonsumsi sayuran lebih banyak daripada nasi bisa diterapkan pada saat ini.  Komposisi yang tepat adalah 60:40 atau lebih baik lagi 70:30.  Yang perlu diingat adalah setelah makan siang jangan langsung makan buah-buahan karena kadar gula dalam buah dapat mengganggu proses penyerapan makanan dalam lambung.  Saat mengunyah makanan pun sebaiknya dilakukan secara perlahan-lahan untuk memudahkan kerja lambung dan membuat kita kenyang lebih lama.
c)    Pada sore hari kita dapat kembali mengkonsumsi buah-buahan.  Segala buah-buahan dapat dikonsumsi  kecuali durian (gula pada buah ini cepat berproses menjadi alkohol).
d)    Untuk makan malam, kita dapat kembali mengkonsumsi makanan padat seperti pada makan siang, tetap dengan prinsip 70:30.  Sebaiknya makan malam dilakukan sebelum pukul 20.00.  Selewat jam tersebut sebaiknya kita tidak mengkonsumsi makanan lagi Karena lambung tidak boleh sesak dengan makanan pada waktu tidur. 
Selamat mencoba...................
(abul-jauzaa’ & ummu humaid - 2004).

Comments