Perawi yang Melakukan Penyeleksian Riwayat


Para perawi hadits banyak keadaannya. Ada tipikal perawi yang meriwayatkan hadits (mayoritasnya) dari kalangan dlu’afaa’ (para perawi lemah). Ada yang meriwayatkan baik dari dlu’afaa’ maupun tsiqaat. Ada pula yang melakukan penyeleksian dengan meriwayatkan hanya dari para perawi tsiqaat atau mayoritasnya dari para perawi tsiqaat atau ma'ruuf (bukan majhuul). Pada kesempatan kali ini akan coba dibahas tentang penyebutan untuk perawi jenis yang ketiga. Artikel ini masih ada kaitannya dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang Perawi Majhuul.
Siapakah mereka ?. Berikut diantaranya:

1.      Sa’iid bin Al-Musayyib rahimahullah (w. 93 H/94 H).
Yaziid bin Abi Maalik rahimahullah berkata :
كنت عند سعيد بن المسيب فحدثني بحديث فقلت له من حدثك يا أبا محمد بهذا فقال يا أخا أهل الشام خذ ولا تسأل فانا لا نأخذ إلا عن الثقات
“Aku pernah di sisi Sa’iid bin Al-Musayyib. Lalu ia menceritakan kepadaku satu hadits. Aku bertanya kepadanya : ‘Siapakah yang menceritakan hadits kepadamu wahai Abu Muhammad ?’. Ia berkata : ‘Wahai saudara penduduk Syaam. Ambillah, dan jangan engkau bertanya. Sesungguhnya kami tidaklah mengambil (riwayat) kecuali dari para perawi tsiqaat” [Tahdziibut-Tahdziib, 4/87].
2.      Thaawuus bin Kaisaan rahimahullah (w. 106 H).
Muslim bin Al-Hajjaaj rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ، أَخْبَرَنَا عِيسَى وَهُوَ ابْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ مُوسَى، قَالَ: لَقِيتُ طَاوُسًا، فَقُلْتُ: حَدَّثَنِي فُلَانٌ، كَيْتَ وَكَيْتَ، قَالَ: إِنْ كَانَ صَاحِبُكَ مَلِيًّا، فَخُذْ عَنْهُ
Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim Al-Handhaliy : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Iisaa bin Yuunus : Telah menceritakan kepada kami Al-Auza’iy, dari Sulaimaan bin Muusaa, ia berkata : Aku pernah bertemu dengan Thaawuus, lalu aku berkata : ‘Telah menceritakan kepadaku Fulaan ini dan itu’. Ia berkata : ‘Jika ia adalah shahabatmu yang terpercaya, maka ambillah” [Muqaddimah Shahih Muslim, 1/44-45].
3.      ‘Aamir bin Syaraahiil Asy-Sya’biy rahimahullah (w. 103/104/105/106/107/110 H).
Ibnu Abi Khaitsamah rahimahullah berkata :
سمعت يحيى بن معين يقول : إذا حدث الشعبي عن رجل فسماه فهو ثقة، يحتج بحديثه
Aku pernah mendengar Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Apabila Asy-Sya’biy meriwayatkan hadits dari seseorang lalu ia menyebutkan namanya, maka orang tersebut tsiqah, haditsnya dapat dijadikan hujjah” [Al-Jarh wat-Ta’diil oleh Ibnu Abi Haatim 6/323 dan An-Nukat ‘alaa Kitaab Ibnish-Shalaah oleh Badruddiin Az-Zarkasyiy, 3/372].
4.      Al-Hasan bin Yasaar Al-Bashriy rahimahullah (w. 110 H).
5.      Muhammad bin Siiriin Al-Anshaariy rahimahullah (w. 110 H).
Al-‘Alaaiy rahimahullah berkata:
وذكر ابن أبي خيثمة عن يحيى بن معين أنه قال: إذا روى الحسن ومحمد – يعني ابن سيرين – عن رجل وسمياه فهو ثقة
“Dan Ibnu Abi Khaitsamah menyebutkan dari Yahyaa bin Ma’iin, ia berkata : ‘Apabila Al-Hasan (bin Yasaar Al-Bashriy) dan Muhammad – yaitu Ibnu Siiriin – meriwayatkan dari seseorang yang ia sebutkan namanya, maka ia tsiqah” [Jaami’ut-Tahshiil, hal. 90].
Ibnu Rajab rahimahullah menyebutkan riwayat :
وقال يعقوب بن شيبة: قلت ليحيى بن معين:" متى يكون الرجل معروفاً ؟ إذا روى عنه كم ؟ " قال:" إذا روى عن الرجل مثل ابن سيرين والشعبي، وهؤلاء أهل العلم فهو غير مجهول". قلت: "فإذا روى عن الرجل [ مثل سماك ] بن حرب وأبي إسحاق ؟ ". قال:" هؤلاء يروون عن مجهولين
Ya’quub bin Syaibah berkata : Aku bertanya kepada Yahyaa bin Ma’iin : “Kapan seseorang menjadi dikenal (ma’ruuf) ?. Jika perawi tersebut yang meriwayatkan darinya berapa orang ?”. Ia berkata : “Apabila yang meriwayatkan dari orang itu semisal Ibnu Siiriin dan Asy-Sya’biy, dan mereka itu termasuk ahlul-‘ilmi, maka perawi tersebut tidaklah majhuul”. Aku berkata : “Apabila diriwayatkan dari seseorang semisal Simaak bin Harb dan Abu Ishaaq (As-Sabii’iy) ?”. Ia berkata : “Mereka itu meriwayatkan dari para perawi majhuul” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy oleh Ibnu Rajab, 1/377-378].
6.      Bukair bin ‘Abdillah bin Al-Asyajj rahimahullah (w. 120 H).
Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy rahimahullah berkata :
إذا رأيت بكير بن عبد الله روى عن رجل فلا تسأل عنه ، فهو الثقة الذى لا شك فيه
“Apabila engkau melihat Bukair bin ‘Abdillah meriwayatkan dari seseorang, maka jangan engkau tanya tentangnya, karena ia seorang yang tsiqah tanpa ada keraguan padanya” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/492].
7.      Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin Syihaab Az-Zuhriy (Ibnu Syihaab Az-Zuhriy) rahimahullah (w. 125 H).
Yahyaa bin Ma’iin berkata ketika mentautsiq ‘Umaarah bin Ukaimah Al-Laitsiy rahimahumullah:
كفاك قول الزهري سمعت ابن اكيمة
“Cukuplah bagimu perkataan Az-Zuhriy : ‘aku mendengar Ibnu Ukaimah…” [Tahdziibut-Tahdziib, 7/411].
Catatan : Untuk mursal Az-Zuhriy, para ulama tidak menganggapnya bernilai sedikitpun.
8.      ‘Abdullah bin Dzakwaan Al-Qurasyiy, Abuz-Zinaad (w. 130 H)
Muslim bin Al-Hajjaaj rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، حَدَّثَنَا الأَصْمَعِيُّ، عَنِ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُ بِالْمَدِينَةِ مِائَةً، كُلُّهُمْ مَأْمُونٌ، مَا يُؤْخَذُ عَنْهُمُ الْحَدِيثُ، يُقَالُ: لَيْسَ مِنْ أَهْلِهِ
Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Aliy Al-Juhhaniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Ashma’iy, dari Ibnu Abiz-Zinaad, dari ayahnya, ia berkata : “Aku pernah menjumpai di kota Madinah 100 orang yang semuanya amanah, namun tidak ada yang mengambil hadits dari mereka. Dikatakan : Karena bukan termasuk ahlinya” [Muqaddimah Shahih Muslim, 1/45].
Perkataan ini sebagai dalil bahwa Abuz-Zinaad menyeleksi orang yang akan ia ambil riwayatnya.
9.      Al-Qaasim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin ‘Umar rahimahullah (w. 130 H)
Ad-Daarimiy rahimahullah berkata:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عُيَيْنَةَ، عَنْ يَحْيَى، قَالَ: قُلْتُ لِلْقَاسِمِ: مَا أَشَدَّ عَلَيَّ أَنْ تُسْأَلَ عَنْ الشَّيْءِ لَا يَكُونُ عِنْدَكَ وَقَدْ كَانَ أَبُوكَ إِمَامًا، قَالَ: " إِنَّ أَشَدَّ مِنْ ذَلِكَ عِنْدَ اللَّهِ وَعِنْدَ مَنِ عَقَلَ عَنْ اللَّهِ أَنْ أُفْتِيَ بِغَيْرِ عِلْمٍ، أَوْ أَرْوِيَ عَنْ غَيْرِ ثِقَةٍ "
Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Katsiir, dari Sufyaan bin ‘Uyainah, dari Yahyaa, ia berkata : Aku berkata kepada Al-Qaasim : “Betapa berat bagiku apabila engkau ditanya tentang suatu perkara kemudian engkau tidak mengetahuinya, padahal ayahmu adalah imam”. Ia menjawab : “Sesungguhnya perkara yang berat daripada itu di sisi Allah dan di sisi orang yang memahami Allah adalah berfatwa tanpa ilmu atau meriwayatkan hadits dari orang yang tidak tsiqah” [Sunan Ad-Daarimiy no. 115].
10.   Muhammad bin Al-Munkadir bin ‘Abdillah Al-Qurasyiy At-Taimiy rahimahullah (w. 130 H)
Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah berkata:
ما رأيت أحدا أجدر أن يقول قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا يسأل عمن هو من ابن المنكدر
“Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih pantas untuk mengatakan : ‘Telah bersabda Rasulullah ’, dan tidak perlu ditanyakan dari mana hadits itu diambil; dibandingkan Ibnul-Munkadir”.
Ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan: “Karena pemeriksaan yang dilakukannya” [Tahdziibut-Tahdziib, 9/474-475].
11.   Ayyuub bin Abi Tamiimah As-Sikhtiyaaniy (w. 131 H).
Abu Daawud rahimahullah berkata:
قلت لأحمد:أبو يزيد المدني ؟ قال:أي شيء يسأل عن رجل روى عنه أيوب ؟!
Aku bertanya kepada Ahmad : “Bagaimana tentang Abu Yaziid Al-Madaniy ?”. Ia berkata : “Apa lagi yang perlu ditanyakan tentang orang yang Ayyuub meriwayatkan darinya ?!” [Suaalaat Abi Daawud no. 163 hal. 210].
Ibnu Syaahiin ketika biografi ‘Ikrimah bin ‘Ammaar rahimhumullah berkata:
وسُئل أيوب عنه، فقال : لو لم يكن عندي ثقة، لم أكتب عنه
“Ayyuub pernah ditanya tentangnya, lalu ia berkata : ‘Seandainya menurutku ia tidak tsiqah, maka tidak aku tulis riwayat darinya” [Taariikh Asmaa’ Ats-Tsiqaat, hal. 254 no. 1019].
12.   Muhammad bin Juhaadah Al-Audiy rahimahullah (w. 131 H)
Abu ‘Ubaid Al-Aajurriy rahimahullah, dari Abu Daawud, ia berkata:
كان لا يأخذ عن كل أحد وأثنى عليه
“Muhammad bin Juhaadah tidak mengambil riwayat dari semua orang” – dan ia (Abu Daawud) memujinya [Tahdziibut-Tahdziib, 9/92].
Perkataan Abu Daawud ini menunjukkan bahwa Muhammad bin Juhaadah rahimahumullah menyeleksi para perawi yang ia ambil riwayatnya.
13.   Yahyaa bin Abi Katsiir Ath-Thaaiy rahimahullah (w. 132 H).
Ibnu Abi Haatim rahimahullah berkata :
سمعت أبى يقول: يحيى بن أبى كثير أمام لا يحدث إلا عن ثقة
“Aku mendengar ayahku berkata : ‘Yahyaa bin Abi Katsiir adalah seorang imam. Ia tidak meriwayatkan kecuali dari seorang yang tsiqah’” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 9/141 no. 599].
14.   Manshuur bin Al-Mu’tamir rahimahullah (w. 132 H).
Abu Daawud rahimahullah berkata :
منصور لا يروي إلا عن كل ثقة
“Manshuur (bin Al-Mu’tamir) tidaklah meriwayatkan kecuali dari setiap perawi tsiqah” [Tahdziibul-Kamaal, 28/549].
15.   Zaid bin Aslam  Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy rahimahullah (w. 136 H)
Abu Zur’ah Ar-Raaziy rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، قال: حَدَّثَنَا عَطَّافُ بْنُ خَالِدٍ، قال: قِيلَ لِزَيدِ بْنِ أَسْلَمَ: " عَمَّنْ يَا أَبَا أُسَامَةَ؟ قَالَ: مَا كُنَّا نُجَالِسُ السُّفَهَاءَ، وَلَا نَحْمِلُ عَنْهُمْ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Aththaaf bin Khaalid, ia berkata : Dikatakan kepada Zaid bin Aslam : “Dari siapa (hadits ini) wahai Abu Usaamah ?”. Ia menjawab : “Tidaklah kami bermajelis dengan orang-orang dungu, dan kami tidak membawa (hadits) dari mereka” [At-Taariikh no. 1090. Lihat juga Al-Kaamil fidl-Dlu’afaa’ 1/262].
16.   ‘Abdullah bin Sa’iid bin Abi Hind Al-Fazaariy rahimahullah (w. 144 H/147 H).
Abu Daawud rahimahullah berkata:
سمعت أحمد قال : عبد الله بن سعيد بن أبي هند، ما أحسن حديثه وأصحه
“Aku mendengar Ahmad berkata : ‘’Abdullah bin Sa’iid bin Abi Hind, betapa baik dan shahih haditsnya” [Suaalaat Abi Daawud hal. 213 no. 175].
17.   Habiib bin Asy-Syahiid Al-Azdiy rahimahullah (w. 145 H).
Ibnu Syaahiin rahimahullah berkata:
أخبرنا يحيى بن محمد بن صاعد: أخبرنا إسحاق بن إبراهيم بن حبيب بن الشهيد: حدثني أبي، قال: لقيت شعبة في الطريق، فقال: ما كان أبوك بأقلهم حديثاً، ولكن كان شديد الاتقاء
Telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Muhammad bin Shaa’id : Telah mengkhabarkan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim bin Habiib Asy-Syahiid : Telah menceritakan kepadaku ayahku, ia berkata : Aku pernah bertemu dengan Syu’bah di jalan, lalu ia berkata : “Ayahmu bukan yang paling sedikit haditsnya di antara mereka, akan tetapi ia terlalu hati-hati” [Taariikh Asmaa’ Ats-Tsiqaat, hal. 98].
18.   Ismaa’iil bin Abi Khaalid Al-Ahmasiy rahimahullah (w. 146 H).
Ibnu Hajar berkata menukil perkataan Al-‘Ijliy rahimahumallah :
كان ثبتا فى الحديث وربما أرسل الشىء عن الشعبى و إذا وقف أخبر و كان صاحب سنة ، و كان حديثه نحو خمس مئة حديث ، و كان لا يروى إلا عن ثقة
“Ia seorang yang tsabt dalam hadits, dan kadang-kadang memursalkan sesuatu dari Asy-Sya’biy. Dan apabila ia memahami satu riwayat, maka ia mengkhabarkannya. Ia seorang shaahibus-sunnah. Jumlah haditsnya sekitar 500 hadits. Dan ia tidaklah meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/292].
Catatan : Perkataan Al-‘Ijliy dalam Ma’rifatuts-Tsiqaat dalam biografi Ismaa’il bin Abi Khaalid (1/225 no. 87) tidak terdapat kalimat : ‘Dan ia tidaklah meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah’.
19.   Muhammad bin Al-Waliid Az-Zubaidiy rahimahullah (w. 146 H/147 H/149 H).
Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata :
كان لا يأخذ إلا عن الثقات
“Ia (Muhammad bin Al-Waliid) tidaklah mengambil riwayat kecuali dari para perawi tsiqaat” [Tahdziibut-Tahdziib, 9/503].
20.   Ibnu Abi Dzi’b (Muhammad bin ‘Abdirrahmaan bin Al-Mughiirah) rahimahullah (w. 158 H/159 H).
Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
وقال أحمد بن سعد بن أبى مريم ، عن يحيى بن معين : ابن أبى ذئب ثقة و كل من روى عنه ابن أبى ذئب ثقة إلا أبا جابر البياضى ، و كل من روى عنه مالك ثقة إلا عبد الكريم أبا أمية
Dan telah berkata Ahmad bin Sa’d bin Abi Maryam, dari Yahyaa bin Ma’iin (ia berkata) : “Ibnu Abi Dzi’b tsiqah, dan setiap orang yang Ibnu Abi Dzi’b meriwayatkan darinya adalah tsiqah, kecuali Abu Jaabir Al-Bayaadliy. Setiap orang yang Maalik (bin Anas) meriwayatkan darinya adalah tsiqah, kecuali ‘Abdul-Kariim Abu Umayyah” [Tahdziibul-Kamaal, 25/635].
وقال أبو داود فى موضع آخر : سمعت أحمد بن صالح يقول : شيوخ ابن أبى ذئب كلهم ثقات إلا أبو جابر البياضى
Dan Abu Daawud berkata pada tempat yang lain : Aku pernah mendengar Ahmad bin Shaalih (Al-Mishriy) berkata : “Syuyuukh Ibnu Abi Dzi’b semuanya tsiqaat, kecuali Abu Jaabir Al-Bayaadliy” [idem].
21.   Zaaidah bin Qudaamah Ats-Tsaqafiy (w. 160 H).
Al-Haakim rahimahullah berkata:
هَذَا حَدِيثٌ صَدُوقٌ رُوَاتُهُ، شَاهِدٌ لِمَا تَقَدَّمَهُ، مُتَّفَقٌ عَلَى الاحْتِجَاجِ بِرُوَاتِهِ إِلا السَّائِبَ بْنَ حُبَيْشٍ، وَقَدْ عُرِفَ مِنْ مَذْهَبِ زَائِدَةَ أَنَّهُ لا يُحَدِّثُ إِلا عَنِ الثِّقَاتِ
“Hadits ini para perawinya jujur/terpercaya, dan merupakan syaahid dari hadits sebelumnya. Para perawinya disepakati untuk dijadikan hujjah, kecuali As-Saaib bin Hubaisy. Dan telah diketahui madzhab Zaaidah (bin Qudaamah) bahwa ia tidak meriwayatkan hadits kecuali dari perawi tsiqaat” [Al-Mustadrak, 1/211].
22.   Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdiy rahimahullah (w. 160 H).
Adz-Dzahabiy rahimahullah ketika menyebutkan biografi Ja’dah yang meriwayatkan dari Ummu Haani’, berkata:
لا يدري من هو، لكن شيوخ شعبة عامتهم جياد
“Tidak diketahui siapakah ia, akan tetapi syuyuukh Syu’bah pada umumnya baik” [Miizaanul-I’tidaal, 1/399].
Ibnu Abi Haatim rahimahullah berkata:
سمعت أبي، يقول: إذا رأيت شعبة يحدث عن رجل فأعلم أنه ثقة، إلا نفرا بأعيانهم
“Aku mendengar ayahku berkata : “Apabila engkau melihat Syu’bah meriwayatkan hadits dari seseorang, maka ketahuilah bahwa orang tersebut tsiqah, kecuali beberapa orang saja” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 1/128].
23.   Huraiz bin ‘Utsmaan Ar-Rahabiy rahimahullah (w. 163 H).
Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata :
وحريز يحدث عن أهل الشام عن الثقات منهم
“Dan Huraiz meriwayatkan dari orang-orang tsiqaat penduduk negeri Syaam” [Al-Kaamil, 3/394].
24.   Wuhaib bin Khaalid bin ‘Ajlaan Al-Baahiliy rahimahullah (w. 165 H)
Abu Haatim Ar-Raaziy rahimahullah berkata:
ما أنقى حديث وهيب، لا تكاد تجده يحدث عن الضعفاء، وهو الرابع من حفاظ البصرة، وهو ثقة
“Betapa bersih hadits Wuhaib. Hampir engkau tidak mendapatinya menriwayatkan hadits dari para perawi dla’iif. Ia adalah orang keempat dari kalangan huffaadh Bashrah, seorang yang tsiqah” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 9/35].
25.   Al-Laits bin Sa’d bin ‘Abdirrahmaan Al-Fuhmiy rahimahullah (w. 175 H)
Al-Haakim rahimahullah berkata saat mengomentari sebuah hadits yang dibawakannya:
هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحُ الإِسْنَادِ، فَإِنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ هَرِمٍ الْعَابِدَ مِنْ زُهَّادِ أَهْلِ الشَّامِ، وَاللَّيْثَ بْنَ سَعْدٍ، لا يَرْوِي عَنِ الْمَجْهُولِينَ
“Hadits ini sanadnya shahih, karena Sulaimaan bin Harim Al-‘Abdiy termasuk orang zuhud dari penduduk negeri Syaam, sedangkan Al-Laits bin Sa’d tidak meriwayatkan dari orang-orang yang majhuul” [Al-Mustadrak, 4/251].
26.   Maalik bin Anas rahimahullah (w. 179 H).
Ibnu Rajab rahimahullah menyebutkan riwayat :
قال الميموني: وقال لي يحيى بن معين:" لا تريد أن تسأل عن رجال مالك، كل من حدث عنه ثقة إلا رجلاً أو رجلين".
Al-Maimuuniy berkata : Yahyaa bin Ma’iin berkata kepadaku : “Janganlah engkau bertanya tentang rijaal Maalik. Setiap orang yang ia (Maalik) meriwayatkan darinya adalah tsiqah, kecuali seorang atau dua orang” [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy oleh Ibnu Rajab, 1/377].
Al-Qaadliy Ismaa’iil rahimahullah berkata :
إنما يعتبر بمالك في أهل بلده ، فأما الغرباء فليس يحتج به فيهم
“Periwayatan yang diakui dari Maalik adalah (periwayatannya) yang berasal dari penduduk negerinya (Madiinah). Adapun yang berasal dari orang-orang asing, maka riwayatnya (Maalik) dari mereka tidak bisa dijadikan hujjah” [idem, 1/380-381].
Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah berkata:
رَأَيْتُهُ لا يَتَتَبَّعُ مِنَ الْحَدِيثِ إِلا صَحِيحًا، وَلا يَأْخُذُ إِلا عَنِ الثِّقَاتِ مِنَ النَّاسِ
“Aku melihat ia tidak mencari-cari hadits kecuali yang shahih saja, dan tidak mengambilnya kecuali dari orang-orang yang tsiqaat” [Al-Mustakhraj oleh Abu Nu’aim no. 42].
27.   ‘Abdullah bin Al-Mubaarak bin Waadlih Al-Handhaliy At-Tamiimiy rahimahullah (w. 181 H)
Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا عَرُوبَةَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ الْمُسَيِّبَ بْنَ وَاضِحٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ ابْنَ الْمُبَارَكِ، وَقِيلَ لَهُ: الرَّجُلُ يَطْلُبُ الْحَدِيثَ لِلَّهِ يَشْتَدُّ فِي سَنَدِهِ، " إِذَا كَانَ يَطْلُبُ الْحَدِيثَ لِلَّهِ، فَهُوَ أَوْلَى أَنْ يَشْتَدَّ فِي سَنَدِهِ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ibraahiim, ia berkata : Aku mendengar Abu ‘Aruubah berkata : Aku mendengar Al-Musayyib bin Waadlih berkata : Aku pernah mendengar Ibnul-Mubaarak : Dikatakan kepadanya : “Seseorang yang mencari hadits karena Alah, apakah ia harus memperketat sanadnya ?”. Ia menjawab : “Apabila ia mencari hadits karena Allah, maka itu lebih pantas baginya untuk memperketat sanadnya” [Hilyatul-Auliyaa’, 8/166].
28.   Ismaa’il bin Ibraahiim bin Miqsam Al-Asadiy Al-Bashriy (Ibnu ‘Ulayyah) (w. 193 H).
Adz-Dzahabiy ketika menyebutkan biografi Yahyaa bin Maimuun Al-‘Aththaar rahimhumullah berkata:
بل صدوق.
حدث عنه مثل شعبة، وابن علية، واحتج به النسائي
“Bahkan ia seorang yang shaduuq. Telah meriwayatkan darinya semisal Syu’bah dan Ibnu ‘Ulayyah. An-Nasaa’iy juga berhujjah dengannya” [Miizaanul-I’tidaal, 4/411].
Adz-Dzahabiy menyandingkan periwayatan Ibnu ‘Ulayyah dengan Syu’bah, dan telah ma’ruuf Syu’bah tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqaat.
29.   Ibraahiim bin Yaziid An-Nakha’iy (w. 196 H).
Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata:
وكل من عرف أنه لا يأخذ الا عن ثقة فتدليسه ومرسله مقبول فمراسيل سعيد بن المسيب ومحمد بن سيرين وابراهيم النخعي عندهم صحاح
“Dan semua orang yang diketahui bahwa tidaklah ia mengambil riwayat kecuali dari perawi tsiqah, maka tadlis dan mursal-nya diterima. Oleh karenanya, riwayat-riwayat mursal Sa’iid bin Al-Musayyib, Muhammad bin Siiriin, dan Ibraahiim An-Nakha’iy menurut mereka adalah shahih….” [At-Tamhiid, 1/30].
30.   ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy rahimahullah (w. 198 H)
Abu Daawud rahimahullah berkata :
سمعت أحمد قال:أبان بن خالد شيخ بصري لا بأس به كان عبد الرحمن يحدث عنه، وكان لا يحدث إلا عن ثقة
Aku mendengar Ahmad berkata : “Abaan bin Khaalid, syaikh, orang Bashrah. Tidak mengapa dengannya. ‘Abdurrahmaan telah meriwayatkan darinya, sedangkan ia (‘Abdurrahmaan) tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah” [Suaalaat Abi Daawud, hal. 338-339 no. 503].
Ibnu Hibbaan rahimahullah berkata:
وكان من الحفاظ المتقنين وأهل الورع في الدين ممن حفظ وجمع وتفقه وصنف وحدث، وأبى الرواية إلا عن الثقات،
“Ia termasuk dari kalangan huffaadh yang mutqin dan orang yang wara’ dalam agama, serta orang yang menghapal, mengumpulkan, bertafaqquh, menulis, meriwayatkan, dan menolak hadits kecuali berasal dari kalangan perawi tsiqaat..” [Ats-Tsiqaat, 5/262].
31.   Sufyaan bin ‘Uyainah rahimahullah (w. 198 H).
Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
سفيان بن عيينة الهلالي، الكوفي، ث، المكي، الإمام المشهور، فقيه الحجاز في زمانه، كان يدلس لكن لا يدلس إلا عن ثقة
“Sufyaan bin ‘Uyainah Al-Hilaaliy Al-Kuufiy tsumma Al-Makkiy. Seorang imam yang masyhur, faqih negeri Hijaaz di jamannya. Ia sering melakukan tadliis, akan tetapi ia tidak melakukannya kecuali dari perawi tsiqah” [Ta’riifu Ahlit-Taqdiis, hal. Hal. 32 no. 52].
Ad-Daaraquthniy rahimahullah berkata:
فأما ابن عيينة، فإنه يُدَلِّس عن الثقات
“Adapun Ibnu ‘Uyainah, maka ia melakukan tadliis dari para perawi tsiqaat” [Mausu’ah Aqwaal Ad-Daaraquthniy, hal. 292].
Jika Sufyaan bin ‘Uyainah tidak melakukan tadliis kecuali dari perawi tsiqah, maka jika ia meriwayatkan dengan tashriih penyimakan lebih layak dihukumi tsiqah.
32.   Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan rahimahullah (w. 198 H).
Al-‘Ijliy rahimahullah berkata :
يحيى بن سعيد القطان، يكنى أبا سعيد، بصري ثقة، نقي الحديث، وكان لا يحدث إلا عن ثقة
“Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan, ber-kun-yah Abu Sa’iid. Termasuk penduduk Bashrah, tsiqah, haditsnya bersih. Ia tidak meriwayatkan hadits kecuali dari perawi tsiqah” [Ma’rifatuts-Tsiqaat, 2/353 no. 1978].
Al-Baihaqiy rahimahullah berkata:
هَذَا إِسْنَادٌ حَسَنٌ، وَيَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، لا يُحَدِّثُ إِلا عَنِ الثِّقَاتِ عِنْدَهُ
“Sanad hadits ini hasan, dan Yahyaa bin Sa’iid tidak meriwayatkan kecuali dari para perawi tsiqaat menurutnya” [As-Sunan Al-Kubraa, 2/202].
33.   Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy rahimahullah (w. 204 H)
Al-Baihaqiy membawakan perkataan Asy-Syaafi’iy rahimahumallah:
وَكَانَ ابْنُ سِيرِينَ، وَإِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ مِنَ التَّابِعِينَ يَذْهَبُ هَذَا الْمَذْهَبَ فِي أَنْ لا يَقْبَلَ إِلا مِمَّنْ عَرَفَ، قَالَ: وَمَا لَقِيتُ وَلا عَلِمْتُ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ بِالْحَدِيثِ يُخَالِفُ هَذَا الْمَذْهَبَ
“Ibnu Siiriin, Ibraahiim An-Nakha’iy, dan yang lainnya dari kalangan taabi’iin berpendapat dengan madzhab ini dalam hal tidak menerima riwayat kecuali dari orang yang dikenal. Dan aku tidak bertemu dan tidak pula mengetahui seorang pun dari kalangan ulama hadits yang menyelisihi madzhab ini” [Ma’rifatus-Sunan wal-Aatsaar, 1/81].
Perkataan Asy-Syaafi’iy ini sekaligus menunjukkan madzhabnya yang tidak meriwayatkan kecuali dari orang yang dikenal (ketsiqahannya).
Catatan : Asy-Syaafi’iy meriwayatkan dari Al-Aslamiy yang merupakan perawi dla’iif.
34.   Mudhaffar bin Mudrik Abu Kaamil rahimahullah (w. 207 H)
35.   Al-Haitsam bin Jamiil Al-Baghdaadiy rahimahullah (w. 213 H)
36.   Manshuur bin Salamah, Abu Salamah Al-Khuzaa’iy Al-Baghdaadiy rahimahullah (w. 210 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata :
وروى أبو طالب عن أحمد قال: أبو سلمة الخزاعي والهيثم وأبو كامل كان لهم بصر بالحديث والرجال، ولا يكتبون إلا عن الثقات
“Dan Abu Thaalib telah meriwayatkan dari Ahmad (bin Hanbal), ia berkata : ‘Abu Salamah Al-Khuzaa’iy, Al-Haitsam, dan Abu Kaamil mempuyai wawasan yang luas tentang hadits dan rijaal. Dan mereka tidak menulis hadits kecuali dari para perawi tsiqaat” [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 10/125 – lihat juga yang semisal dalam Taariikh Baghdaad 15/79].
37.   Ibraahiim bin Muusaa bin Yaziid At-Tamiimiy Ar-Raaziy rahimahullah (w. setelah 220 H).
Al-Bardza’iy rahimahullah berkata:
وقال لي أبو زرعة في ابراهيم بن موسى:لم يكن في كتبه من الضعفاء إلا رجلين:عبد العزيز بن أبان وأبو قتادة الحراني، ثم قال:كأنه قد جمع له الثقات
“Abu Zur’ah berkata kepadaku tentang Ibraahiim bin Muusaa : ‘Tidak ada dalam kitabnya para perawi dla’iif, kecuali dua orang, yaitu ‘Abdul-‘Aziiz bin Abaan dan Abu Qataadah Al-Harbiy’. Kemudian ia berkata : ‘Seakan-akan ia mengumpulkan para perawi tsiqaat” [Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 2/40].
38.   Sulaimaan bin Harb Al-Azdiy rahimahullah (w. 224 H).
Ibnu Abi Haatim rahimahumallah saat menyebutkan biografi Muhammad bin Abi Raziin berkata :
سئل أبي عنه فقال شيخ بصري لا أعرفه لا أعلم روى عنه غير سليمان بن حرب وكان سليمان قل من يرضى من المشايخ فإذا رأيته قد روى عن شيخ فاعلم انه ثقة
Ayahku pernah ditanya tentangnya (Ibnu Abi Raziin), lalu ia berkata : Seorang syaikh, penduduk negeri Bashrah, aku tidak mengenalnya. Aku tidak mengetahui perawi yang meriwayatkan darinya selain Sulaimaan bin Harb. Sulaimaan bin Harb sedikit meridlai (dalam periwayatan) dari kalangan masyayikh. Apabila engkau melihatnya meriwayatkan dari seorang syaikh, maka ketahuilah bahwasannya ia tsiqah” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 7/255 no. 1399].
39.   Bisyr bin Al-Haarits Al-Haafiy rahimahullah (w. 227 H).
As-Sulamiy berkata:
سألت الدارقطني عن بشر بن الحارث الحافي؟ فقال: زاهد، جبل، ثقة، ليس يروي إلا حديثاً صحيحاً
“Aku pernah bertanya kepada Ad-Daaraquthniy tentang Bisyr bin Al-Haarits Al-Haafiy. Makai a menjawab : ‘Zaahid, jabal, tsiqah, dan tidak meriwayatkan kecuali hadits shahih” [Mausuu’ah Aqwaal Ad-Daaraquthniy, hal. 150 no. 661].
Perkataan Ad-Daaraquthniy bahwa ia tidak meriwayatkan kecuali hadits shahih menunjukkan secara tidak langsung bahwa ia melakukan seleksi terhadap perawi, yang secara umumnya hadits shahih berasal/diriwayatkan dari perawi tsiqah.
40.   ‘Aliy bin ‘Abdillah bin Ja’far bin Najiid (‘Aliy bin Al-Madiiniy) rahimahullah (w. 234 H).
Ibnu Hajar ketika menyebutkan biografi Muhammad bin Al-Hasan bin Aatisy rahimahumullah berkata:
وكلام النسائي فيه غير مقبول لأن أحمد وعلي بن المديني لا يرويان إلا عن مقبول
“Perkataan An-Nasaa’iy padanya tidak diterima, karena Ahmad (bin Hanbal) dan ‘Aliy bin Al-Madiiniy tidak meriwayatkan kecuali dari orang yang maqbuul” [Tahdziibut-Tahdziib, 9/114].
41.   Ahmad bin Muhammad bin Hanbal rahimahullah (w. 241 H).
Ibnu ‘Abdil-Haadiy rahimahullah berkata :
فإن قيل : قد روى الإمام أحمد بن حنبل عن موسى بن هلال وهو لا يروي إلا عن ثقة ، فالجواب أن يقال : رواية الإمام أحمد عن الثقات هو الغالب من فعله والأكثر من عمله كما هو المعروف من طريقة شعبة ومالك وعبد الرحمن بن مهدي ويحيى بن سعيد القطان وغيرهم
“Dan apabila dikatakan : ‘Al-Imaam Ahmad telah meriwayatkan dari Muusaa bin Hilaal, dan ia (Ahmad) tidak meriwayatkan kecuali berasal dari perawi tsiqah’. Maka jawabnya adalah : Riwayat Al-Imaam Ahmad dari para perawi tsiqaat adalah keumuman dan kebanyakan dari amal perbuatannya ketika meriwayatkan hadits) sebagaimana hal itu juga diketahui dari metode Syu’bah, Maalik, ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy, Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan, dan yang lainnya” [Ash-Shaarimul-Munkiy, hal. 18-19].
Al-Haitsamiy ketika mengomentari Tsaabit bin Al-Waliid rahimahumullah berkata :
روى عنه أحمد وشيوخه ثقات
“Ahmad (bin Hanbal) meriwayatkan darinya, sedangkan syuyuukh-nya (Ahmad) adalah tsiqaat” [Majma’uz-Zawaaid, 1/80].
42.   Muslim bin Al-Hajjaaj Al-Qusyairiy (penulis Shahiih Muslim) rahimahullah (w. 261 H)
Adz-Dzahabiy ketika menyebutkan Sa’iid bin ‘Abdil-Jabbaar rahimahumullah berkata:
سعيد بن عبد الجبار القرشي الكرابيسي شيخ مسلم فثقة.
“Sa’iid bin ‘Abdil-Jabbaar Al-Qurasyiy Al-Karaabiisiy, syaikh dari Muslim, maka tsiqah” [Miizaanul-I’tidaal, 2/147].
43.   Abu Zur’ah Ar-Raaziy (‘Ubaidullah bin ‘Abdil-Kariim bin Yaziid Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy) rahimahullah (w. 264 H).
Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
داود بن حماد بن فرافصة البلخي كان بنيسابور عن ابن عيينة ووكيع وإبراهيم بن الأشعث وجرير وعنه أبو زرعة وأحمد بن سلمة النيسابوري والحسن بن سفيان وغيرهم قال ابن القطان حاله مجهول قلت بل هو ثقة فمن عادة أبي زرعة ان لا يحدث الا عن ثقة
Daawud bin Hammaad bin Faraafishah Al-Balkhiy, ia tinggal di Naisaabuur. Meriwayatkan dari Ibnu ‘Uyainah, Wakii’, Ibraahiim bin Al-Asy’ats, dan Jariir. Telah meriwayatkan darinya Abu Zur’ah, Ahmad bin Salamah An-Naisaabuuriy, Al-Hasan bin Sufyaan, dan yang lainnya. Ibnul-Qaththaan berkata : “Keadaannya majhuul”. Aku (Ibnu Hajar) berkata : “Bahkan ia seorang yang tsiqah. Dan termasuk kebiasaan Abu Zur’ah adalah ia tidak meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah” [Lisaanul-Miizaan, 3/396 no. 3019].
44.   Muhammad bin Ishaaq Ash-Shaaghaaniy rahimahullah (w. 270 H)
Abu Ishaaq Ibraahiim bin Jaabir Al-Faqiih rahimahullah berkata :
سمعت الصاغاني، وذكر الواقدي، فقال: والله لولا أنه عندي ثقة ما حدثت عنه
“Aku mendengar Ash-Shaaghaaniy, dan (ketika itu) disebutkan tentang Al-Waaqidiy, ia berkata : ‘Demi Allah. Seandainya ia tidak tsiqah di sisiku, niscaya aku tidak meriwayatkan darinya” [Taariikh Baghdaad, 4/14].
45.   Abu Daawud As-Sijistaaniy rahimahullah (w. 275 H).
Ibnu Hajar rahimahullah saat menyebutkan biografi Al-Husain bin ‘Aliy Al-‘Ijliy berkata :
وهذا مما يدل على أن أبا داود لم يرو عنه، فإنه لا يرو إلا عن ثقة عنده
“Dan hal ini termasuk hal yang menunjukkan bahwa Abu Daawud (As-Sijistaaniy) tidak meriwayatkan darinya, karena ia (Abu Daawud) tidaklah meriwayatkan kecuali dari seorang yang tsiqah di sisinya” [Tahdziibut-Tahdziib, 2/244].
46.   Baqiy bin Makhlad Al-Qurthubiy rahimahullah (w. 276 H).
Ibnu Hajar rahimahullah saat menyebutkan biografi Ahmad bin Jawwaas Al-Hanafiy berkata :
وذكره ابن حبان في الثقات وروى عنه بقى بن مخلد وقد قال أنه لم يحدث إلا عن ثقة
“Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan telah meriwayatkan darinya Baqiy bin Makhlad. Dan ia berkata bahwasannya Baqiy bin Makhlad tidaklah meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/19].
47.   Muhammad bin Idriis bin Al-Mundzir Al-Handhaliy Ar-Raaziy (Abu Haatim Ar-Raaziy) rahimahullah (w. 277 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah ketika menyebutkan biografi Al-Faidl bin Watsiiq rahimahumullah berkata:
قال ابن معين: كذاب خبيث.
قلت: قد روى عنه أبو زرعة، وأبو حاتم، وهو مقارب الحال إن شاء الله
“Ibnu Ma’iin berkata : ‘Pendusta yang busuk”. Aku (Adz-Dzahabiy) berkata : Telah meriwayatkan darinya Abu Zur’ah dan Abu Haatim, dan ia seorang yang keadaannya berdekatan (dengan perawi tsiqah), insya Allah” [Miizaal-I’tidaal, 3/366].
48.   Ya’quub bin Sufyaan Al-Fasawiy rahimahullah (w. 277 H)
Al-Mizziy rahimahullah menukil:
وقال أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ عَبْد اللَّهِ بْن إسحاق النهاوندي الْحَافِظ: سمعت يَعْقُوب بْن سفيان.يَقُول: كتبت عَنْ ألف شيخ وكسر.كلهم ثقات
Abu ‘Abdirrahmaan ‘Abdullah bin Ishaaq An-Nahaawandiy Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Ya’quub bin Sufyaan berkata : “Aku menulis hadits dari 1.000 orang syaikh lebih, yang semuanya tsiqah” [Tahdziibul-Kamaal, 32/333].
49.   Ibnu Wadldlah Al-Qurthubiy rahimahullah (w. 287 H).
Ibnu Hajar rahimahullah saat menyebutkan biografi ‘Abdul-Malik bin Habiib Al-Andalusiy berkata :
روى عنه ابن وضاح ، و بقى بن مخلد ، و لا يرويان إلا عن ثقة عندهما
“Telah meriwayatkan darinya Ibnu Wadldlaah dan Baqiy bin Makhlad. Keduanya tidaklah meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah di sisnya” [Tahdziibut-Tahdziib, 6/390].
50.   ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahullah (w. 290 H).
Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
وقد كان عبد الله بن أحمد لا يكتب الا عن من يأذن له أبوه في الكتابة عنه، ولهذا كان معظم شيوخه ثقات
“’Abdullah bin Ahmad tidaklah menulis riwayat kecuali dari orang yang diizinkan ayahnya baginya untuk menulis riwayat darinya. Oleh karena itu, sebagian besar syuyuukh-nya adalah tsiqaat” [Ta’jiilul-Manfa’ah pada biografi Al-Laits bin Khaalid Al-Balkhiy].
51.   Muusaa bin Haaruun Al-Hammaal rahimahullah (w. 294 H)
Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata:
وَمُوسَى بْنُ هَارُونَ الْحَمَّالُ كَانَ عَالِمًا بِعِلَلِ الْحَدِيثِ، مُتَوَقِّيًا، وَلَمْ يُحَدِّثْ إِلا عَنْ ثِقَةٍ.
“Dan Muusaa bin Haaruun Al-Hammaal, ia seorang yang ‘aalim tentang ‘ilal hadits, bertaqwa, dan ia tidak meriwayatkan hadits kecuali dari orang yang tsiqah” [Al-Kaamil, 1/235].
52.   Ahmad bin Syu’aib An-Nasaa’iy (w. 303 H).
Adz-Dzahabiy ketika menyebutkan biografi Ahmad bin ‘Abdirrahmaan Al-Busriy rahimahumullah berkata:
حدث عنه النسائي، وحسبك به
“Telah meriwayatkan darinya An-Nasaa’iy, dan cukuplah bagimu dengannya” [Miizaanul-I’tidaal, 1/115 no. 445].
Ibnu Hajar berkata dalam biografi Ahmad bin Nufail As-Sakuuniy ketika membantah perkataan Adz-Dzahabiy yang mengatakannya majhuul:
بل هو معروف ، يكفيه رواية النسائى عنه
“Bahkan ia seorang yang ma’ruuf, cukuplah bagimu periwayatan An-Nasaa’iy darinya” [Tahdziibut-Tahdziib, 1/88].
53.   Muhammad bin Thaalib bin ‘Aliy, Abul-Husain An-Nasafiy rahimahullah (w. 371 H)
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata:
قَالَ جعفر المستغفري : كان فقيها ، عارفا باختلاف العلماء ، نقى الحديث صحيحه ، ما كتب إلا عن الثقات
“Abu Ja’far Al-Mustaghfiriy berkata : ‘Ia seorang yang faqih, mengetahui perselisihan di kalangan ulama, membersihkan hadits yang shahihnya, dan tidak menulis kecuali dari para perawi tsiqaat” [Taariikhul-Islaam, 25/179].
54.   Muhammad bin Daawud bin Shubaih rahimahullah
Telah berkata Abu ‘Ubaid Al-Aajurriy, dari Abu Daawud rahimahumallah:
كان محمد بن داود بن صبيح يتفقد الرجال ، و لم يكتب عن أبي كريب لحال المحنة ، و لم يحدث عن سعدويه و لا عن أبي نصر التمار ، و ما رأيت رجلا قط أعقل من محمد بن داود
“Muhammad bin Daawud bin Shubaih biasa memeriksa rijaal. Ia tidak menulis hadits dari Abu Kuraib dikarenakan mihnah/musibah. Ia juga tidak menulis hadits dari Sa’duyah dan Abu Nashr At-Tammaar. Aku tidak melihat seorang laki-laki pun yang lebih berakal daripada Muhammad bin Daawud” [Tahdziibut-Tahdziib, 9/154].
Wallaahu a’lam, semoga ada manfaatnya (banyak mengambil faedah dari Asy-Syaikh Abul-Hasan Al-Ma'ribiy hafidhahullah)
[libur di negeri seberang – 17071438/14042017].


Comments

Anonim mengatakan...

Ustadz...kalo tidak salah ana pernah dengar ada kaidah "Seorang perawilebih mengetahui tafsiran hadits yang diriwayatkannya daripada orang selainnya".

benarkah adanya kaidah ini?
bukankah akan bertentangan dengan hadits "Terkadang orang yang disampaikan ilmu itu lebih paham daripada yang mendengar secara langsung."