Letak Surga dan Neraka


Allah ta’ala berfirman:
وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ
Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu” [QS. Adz-Dzaariyaat : 22].
حَدَّثَنِي الْحَارِثُ، قَالَ: ثَنَا الْحَسَنُ، قَالَ: ثَنَا وَرْقَاءُ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ يَقُولُ: الْجَنَّةُ فِي السَّمَاءِ، وَمَا تُوعَدُونَ مِنْ خَيْرٍ أَوْ شَرٍّ.
Telah menceritakan kepadaku Al-Haarits, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Warqaa’, dari Ibnu Abi Najiih, dari Mujaahid tentang ayat : ‘Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu’ (QS. Adz-Dzaariyaat : 22), ia berkata : “Surga di langit; ‘dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu’ yaitu kebaikan atau kejelekan” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 22/421; sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عِمْرَانَ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: قَالَ سُفْيَانُ فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ، قَالَ: فِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمُ الْغَيْثُ، وَمَا تُوعَدُونَ الْجَنَّةُ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Imraan : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi ‘Imraan, ia berkata : Telah berkata Sufyaan (bin ‘Uyainah) tentang firman Allah ta’ala : ‘Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu’ (QS. Adz-Dzaariyaat : 22), ia berkata : “Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimu’, yaitu hujan; ‘dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu’, yaitu surga” [Diriwayatkan oleh Abusy-Syaikh dalam Al-‘Adhamah 4/1263-1264 no. 747; sanadnya hasan].
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَالَوَيْهِ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ، ثَنَا عَفَّانُ، وَمُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، قَالا: ثَنَا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ، عَنْ بِشْرِ بْنِ شَغَافٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلامٍ، قَالَ: وَكُنَّا جُلُوسًا فِي الْمَسْجِدِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ: " إِنَّ أَعْظَمَ أَيَّامِ الدُّنْيَا يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ، ...... وَإِنَّ الْجَنَّةَ فِي السَّمَاءِ، وَإِنَّ النَّارَ فِي الأَرْضِ.....
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Muhammad bin Ahmad bin Baalawaih : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ghaalib : Telah menceritakan kepada kami ‘Affaan dan Muhammad bin Katsiir, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Mahdiy bin Maimuun : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin Abi Ya’quub, dari Bisyr bin Syaghaaf, dari ‘Abdullah bin Sallaam[1], ia (Bisyr) berkata : Kami pernah duduk-duduk di masjid pada hari Jum’at, lalu ia (‘Abdullah bin Sallaam) berkata : “Sesungguhnya hari-hari di dunia yang paling agung adalah hari Jum’at. Pada hari tersebut diciptakan Aadam, terjadi hari kiamat…… Dan sesungguhnya surga ada di atas langit dan neraka ada di bumi….” [Diriwayatkan oleh Al-Haakim 4/568-569, dan Al-Haakim berkata : “Hadits ini sanadnya shahih”. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Abid-Dun-yaa dalam Shifaatun-Naar no. 178-179, Ad-Duulaabiy dalam Al-Kunaa no. 14, dan Al-Baihaqiy dalam Dalaailun-Nubuwwah 5/485].
Allah ta’ala juga berfirman:
عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى * عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى
“(Yaitu) di Sidratul-Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal” [QS. An-Najm : 14-15].
Sidratul-Muntahaa letaknya di atas langit ketujuh, sebagaimana hadits:
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ...... ثُمَّ عَرَجَ إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ، فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ، فَقِيلَ: مَنْ هَذَا؟ قَالَ: جِبْرِيلُ، قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ؟ قَالَ: مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِيلَ: وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا، فَإِذَا أَنَا بِإِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلامُ مُسْنِدًا ظَهْرَهُ إِلَى الْبَيْتِ الْمَعْمُورِ، وَإِذَا هُوَ يَدْخُلُهُ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، لَا يَعُودُونَ إِلَيْهِ، ثُمَّ ذَهَبَ بِي إِلَى السِّدْرَةِ الْمُنْتَهَى، وَإِذَا وَرَقُهَا كَآذَانِ الْفِيَلَةِ، وَإِذَا ثَمَرُهَا كَالْقِلَالِ،....
Telah menceritakan kepada kami Syaibaan bin Farruukh : Telah menceritakan kepada kami Hammaad bin Salamah : Telah menceritakan kepada kami Tsaabit Al-Bunaaniy, dari Anas bin Maalik : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “……..Lalu kami naik ke langit ketujuh dan Jibriil meminta agar pintu dibuka. Penjaganyapun bertanya: “Siapakah engkau ini?”.  Ia menjawab : “Aku Jibriil”. Dikatakan kepadanya : “Siapkah orang yang bersamamu?”. Jibriil menjawab : ”Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam”. Dikatakan : “Apakah ia telah diutus?”. Jibriil menjawab : “Sungguh telah diutus kepadanya”. Lalu pintu dibukakan untuk kami. Ternyata aku bersama Ibraahiim ‘alaihis-salaam yang sedang menyandarkan punggungnya  ke  Baitul-Ma’muur. Setiap harinya, tujuhpuluh ribu malaikat masuk ke dalamnya (Baitul-Ma’muur), dan mereka yang telah memasukinya tidak kembali kepadanya untuk kedua kalinya. Kemudian Jibriil membawaku ke Sidratul-Muntahaa yang seperti telinga gajah dan buahnya seperti gerabah….” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 162].
Dipahami di sini, letak surga di atas langit ke tujuh.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ، عَنْ هِلَالِ بْنِ عَلِيٍّ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ...... إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ، فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ، وَأَعْلَى الْجَنَّةِ أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Shaalih : Telah menceritakan kepada kami Fulaih, dari Hilaal bin ‘Aliy, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “………. Sesungguhnya di surga itu terdapat seratus tingkat derajat (tingkatan) yang Allah persiapkan untuk orang-orang yang berjihad (mujahidin) di jalan Allah. Jarak antara satu derajat dengan yang lainnya seperti jarak antara langit dan bumi. Apabila kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah surga Firdaus, karena sesungguhnya Firdaus itu adalah surga yang paling baik dan paling tinggi. Aku melihatnya di atasnya adalah ‘Arsy Ar-Rahmaan (Allah), dan dari situlah memancar sungai-sungai surga” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2790].
Hadits ini memberikan faedah kepada kita bahwa surga berada di atas langit di bawah ‘Arsy Allah ta’ala.
Al-Baihaqiy rahimahullah berkata:
وَلَمْ نَعْلَمْ أَحَدًا قَالَ: إِنَّ الْجَنَّةَ فِي الأَرْضِ، ثَبَتَ أَنَّ الْجَنَّةَ فَوْقَ السَّمَوَاتِ، وَدُونَ الْعَرْشِ،
“Dan kami tidak mengetahui seorang pun yang mengatakan : ‘Sesungguhnya surga ada di bumi’. Telah tetap bahwasannya surga terletak di atas langit-langit dan di bawah ‘Arsy” [Syu’abul-Iimaan, 1/563].
Adapun neraka, letaknya adalah di bumi sebagaimana telah disebutkan dalam riwayat ‘Abdullah bin Salaam di atas.
Allah ta’ala berfirman:
ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ * إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ
“Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya” [QS. At-Tiin : 5-6].
Banyak salaf yang menafsirkan asfala saafiliin (tempat yang serendah-rendahnya) yaitu neraka.
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ: ثنا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: إِلَى النَّارِ.
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Sufyaan, dari Ibnu Abi Najiih, dari Mujaahid, ia berkata (tentang ayat ‘Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya’) : “Ke neraka” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 24/509; shahih].
حَدَّثَنَا ابْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، قَالَ: ثنا ابْنُ ثَوْرٍ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، قَالَ: قَالَ الْحَسَنُ في قوله: ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ. قَالَ: فِي النَّارِ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Abdil-A’laa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Tsaur, dari Ma’mar, dari Qataadah, ia berkata : Telah berkata Al-Hasan (Al-Bashriy) tentang firman-Nya : ‘Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya’), ia berkata : “Ke neraka” [idem, shahih].
حَدَّثَنِي يُونُسُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: قَالَ ابْنُ زَيْدٍ في قوله: ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ. قَالَ: إِلَى النَّارِ
Telah menceritakan kepadaku Yuunus, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Wahbm ia berkata : Telah berkata Ibnu Zaid tentang firman-Nya : ‘Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya’), ia berkata : “Ke neraka” [idem 24/509-510, shahih].
Dari sini diketahui bahwa neraka di sifati dengan tempat yang rendah, dan tempat yang rendah itu adalah di bawah bumi ketujuh sebagaimana ditunjukkan oleh firman Allah ta’ala:
كَلا إِنَّ كِتَابَ الْفُجَّارِ لَفِي سِجِّينٍ
“Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam Sijjiin” [QS. Al-Muthaffifiin : 7].
حَدَّثَنِي يُونُسُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ الأَعْمَشِ، عَنْ شِمْرِ بْنِ عَطِيَّةَ، عَنْ هِلالِ بْنِ يَسَافٍ، قَالَ: كُنَّا جُلُوسًا إِلَى كَعْبٍ أَنَا وَرَبِيعُ بْنُ خُثَيْمٍ، وَخَالِدُ بْنُ عَرْعَرَةَ، وَرَهْطٌ مِنْ أَصْحَابِنَا، فَأَقْبَلَ ابْنُ عَبَّاسٍ، فَجَلَسَ إِلَى جَنْبِ كَعْبٍ، فَقَالَ: يَا كَعْبُ، أَخْبِرنِي عَنْ سِجِّينٍ، فَقَالَ كَعْبٌ: أَمَّا سِجِّينٌ: فَإِنَّهَا الأَرْضُ السَّابِعَةُ السُّفْلَى، وَفِيهَا أَرْوَاحُ الْكُفَّارِ تَحْتَ خَدِّ إِبْلِيسَ
Telah menceritakan kepadaku Yuunus, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Jariir bin Haazim, dari Sulaimaan Al-A’masy, dari Syimr bin ‘Athiyyah, dari Hilaal bin Yasaaf, ia berkata : Kami pernah duduk bersama Ka’b, yaitu aku, Rabii’ bin Khutsaim, Khaalid bin ‘Ar’arah, dan beberapa orang shahabat kami yang lain. Lalu Ibnu ‘Abbaas datang dan duduk di samping Ka’b lalu berkata : “Wahai Ka’b, khabarkan kepadaku tentang Sijjiin”. Ka’b menjawab : “Adapun Sijjiin, maka ia adalah bumi ketujuh yang paling bawah. Padanya arwah orang-orang kafir di bawah kelompok Ibliis” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 24/282. Diriwayatkan juga oleh Ibnul-Mubaarak dalam Az-Zuhd no. 1223 dari jalan Ja’far bin Al-Mughiirah dari Syimr, dari Ka’b. Dua jalan ini saling menguatkan dan dekat dengan derajat hasan, wallaahu a’lam].
حَدَّثَنَا ابْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، قَالَ: ثنا ابْنُ ثَوْرٍ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ: لَفِي سِجِّينٍ.قَالَ: فِي أَسْفَلِ الأَرْضِ السَّابِعَةِ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Abdil-A’laa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Tsaur, dari Ma’mar, dari Qataadah tentang ayat : ‘tersimpan dalam Sijjiin’ (QS. Al-Muthaffifiin : 7), ia berkata : “Di bumi ketujuh yang paling rendah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 24/282; shahih].
Dalil lain:
حدثنا أبو معاوية قال ثنا الأعمش عن منهال بن عمرو عن زاذان عن البراء بن عازب عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : .....فَتُفَرَّقُ فِي جَسَدِهِ، فَيَنْتَزِعُهَا كَمَا يُنْتَزَعُ السَّفُّودُ مِنَ الصُّوفِ الْمَبْلُولِ، فَيَأْخُذُهَا، فَإِذَا أَخَذَهَا لَمْ يَدَعُوهَا فِي يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ حَتَّى يَجْعَلُوهَا فِي تِلْكَ الْمُسُوحِ، وَيَخْرُجُ مِنْهَا كَأَنْتَنِ رِيحِ جِيفَةٍ وُجِدَتْ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ، فَيَصْعَدُونَ بِهَا، فَلَا يَمُرُّونَ بِهَا عَلَى مَلَإٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا قَالُوا: مَا هَذَا الرُّوحُ الْخَبِيثُ؟ ! فَيَقُولُونَ: فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ، بِأَقْبَحِ أَسْمَائِهِ الَّتِي كَانَ يُسَمَّى بِهَا فِي الدُّنْيَا، حَتَّى يُنْتَهَى بِهِ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيُسْتَفْتَحُ لَهُ، فَلَا يُفْتَحُ لَهُ. ثُمَّ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ الْخِيَاطِ، فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: اكْتُبُوا كِتَابَهُ فِي سِجِّينٍ فِي الْأَرْضِ السُّفْلَى، فَتُطْرَحُ رُوحُهُ طَرْحًا.ثُمَّ قَرَأَ: وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ سَحِيقٍ
Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Minhaal, dari ‘Amru, dari Zaadzaan, dari Al-Baraa’ bin ‘Aazib, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “………Maka berpencarlah ruhnya (orang kafir) pada jasadnya sehingga Malaikat maut mencabutnya sebagaimana besi untuk memanggang daging yang dicabut dari wol yang basah. Lalu malaikat maut mengambilnya dan ketika dia telah mengambilnya para malaikat itu tidak membiarkannya di tangannya sekejap mata pun sehingga mereka menempatkannya pada kain yang sangat kasar itu. Maka keluarlah darinya bau yang sangat busuk bagaikan bangkai yang paling busuk yang ada di muka bumi. Lalu para malaikat itu membawanya naik dan tidaklah mereka melewati rombongan para malaikat melainkan mereka berkata : ‘Ruh siapakah yang buruk ini?. Mereka menjawab : ‘Fulaan bin Fulaan’. Yaitu dengan namanya yang paling buruk ketika di dunia. Mereka membawanya sampai kepada langit dunia lalu dimintakan untuknya agar dibukakan (pintu langit). Maka tidak dibukakan untuknya. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat : 'Sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga onta masuk ke lubang jarum’ (QS. Al-A’raaf : 40). Lalu Allah ‘azza wa jalla berfirman : ‘Tulislah catatannya pada Sijjin, pada bumi yang paling rendah’.  Lalu ruhnya dilemparkan begitu saja, kemudian beliau membaca : ‘Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh’ (QS. Al-Hajj : 31)….” [Diriwayatkan oleh Ahmad 4/287; shahih].
Seandainya neraka ada di langit, nicaya akan dibukakan pintu langit untuknya, karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah diperlihatkan neraka dan penduduknya di langit saat Mi’raj.
Al-Barbahaariy rahimahullah berkata ketika menjelaskan diantara pokok-pokok ‘aqidah Ahlus-Sunnah:
والإيمان بالجنة، والنار: أنهما مخلوقتان، الجنة فِي السماء السابعة، وسقفها العرش، والنار تحت الأرض السابعة السفلى وهما مخلوقتان
“Dan beriman kepada neraka dan surga bahwa keduanya adalah makhluk. Surga berada di atas langit yang ketujuh yang atapnya adalah ‘Arsy. Neraka berada di bawah bumi yang ketujuh yang paling bawah, keduanya adalah makhluk” [Syarhus-Sunnah, hal. 48 no. 21].
Abul-Qaasim Al-Ashbahaaniy rahimahullah menulis hal yang serupa:
ومن مذهب أهل السنة: أن الجنة والنار مخلوقتان فِي السماء السابعة وسقفها العرش، والنار تحت الأرض السفلى
“Termasuk madzhab Ahlus-Sunnah : Bahwasannya surga dan neraka adalah makhluk. (Surga) di atas langit yang ketujuh dan atapnya adalah ‘Arsy, sedangkan neraka di bawah bumi yang paling bawah” [Al-Hujjah fii Bayaanil-Mahajjah, 2/432].
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[Catatan : Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa neraka ada di langit]
[Abul-Jauzaa’ – perumahan ciomas permai – 09052015 – 23:28]




[1]      Salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam, wafat tahun 43 H di Madiinah.

Comments

Unknown mengatakan...

Syukran Ustadz, kini kami tahu letak surga dan neraka.

Izin tanya, khusus bab tentang Allah ta'ala sebagai pemilik neraka (dan siksa yang demikian pedih), kapankah mulai diperkenalkan bab tersebut kepada anak-anak kami? Adakah contoh dari para salafush-shalih?.

Anonim mengatakan...

Dari Tedjo:
Assalamu `alaikum
Afwan ustadz pertanyaan ana mungkin gak ada hubungan ama tema di atas.

Nah beberapa hari yang lalu,ana membaca sebuah buku berjudul "MATAHARI MENGELILINGI BUMI" intinya bahwa dalam Islam itu yang benar adalah meyakini bahwa mataharilah mengelilingi bumi dan adapun pendapat bumi mengelilingi matahari adalah pendapat kaum kafir dan terasa ganjil. Sang penulis buku beralasan bahwa matahari mengelilingi bumi dg dalil dalam Al Qur`an dan As SUnnah bahwa matahari dan bulan bergerak,bumi tak dikatakan bergerak. Nah bagaimana tanggapan ustadz adanya buku ini?

Geosentris mengatakan...

To Abul-Jauzaa,

Ini artikel yang saya tunggu-tunggu. Jazakallaahu khoir. Tapi khusus neraka, saya memegang pendapat yang menyatakan berada di langit.

To Tedjo,

Matahari mengelilingi bumi atau geosentrisme itu akidah ahlusunnah waljama`ah. Di buku yang anda sebut itu, dikupas habis dalil-dalilnya dengan lengkap: alQur-an, asSunnah dan Ijmaa`. Kekurangannya mungkin dari sisi sains.

Saya lagi buat blog yang mengupas geosentrisme dari sudut pandang sains untuk membuktikan bahwa geosentrisme tidak bertentangan dengan sains sama sekali. Tapi blognya masih private, belum saya publish, menunggu artikelnya agak banyakan.

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaykum warohmatullah.
Semoga antum dimudahkan untuk menulis di blog tersebut dan dapat memberi manfa'at bagi ummat.

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaykum warohmatullahi wabarokaatuh.
Jazakallahu khoir atas artikel ini ustadz. Suroh At-Tiin sering dibaca di shalat fardlu tanpa tahu tafsirnya "أَسْفَلَ سَافِلِينَ".

Ustadz berarti di saat Mi'raj Nabi ﷺ hanya diperlihatkan neraka bagai kita menonton tv ya? Sedang nerakanya sendiri di bawah bumi ketujuh.

Anonim mengatakan...

Bagaimana mendamaikan antara pendapat neraka di bumi dengan hadits yang Rasulullah dan para sahabat mendengar suara dari arah langit (atas) dan dikatakan itu adalah suara batu yang jatuh ke dasar neraka setelah 70 tahun?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Teks haditsnya adalah:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ سَمِعَ وَجْبَةً، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " تَدْرُونَ مَا هَذَا؟، قَالَ: قُلْنَا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: " هَذَا حَجَرٌ رُمِيَ بِهِ فِي النَّارِ مُنْذُ سَبْعِينَ خَرِيفًا، فَهُوَ يَهْوِي فِي النَّارِ الْآنَ حَتَّى انْتَهَى إِلَى قَعْرِهَا "،

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Kami pernah bersama Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Tiba-tiba terdengar suara yang jatuh. Maka Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Apakah kalian tahu apa yang jatuh itu?". Kami menjawab : "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui". Beliau bersabda : "Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka semenjak 70 tahun yang lalu, dan sekarang baru sampai dasarnya" [Diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad, Ibnu Hibbaan, dan yang lainnya].

Jadi, hanya terdengar suara benda yang jatuh saja. Tidak ada keterangan suara dari langit.

So, tidak ada masalah dengan hadits tersebut.

wallaahu a'lam.

Anonim mengatakan...

Jazakallaahu khoir Ustadz,ini artikel yg ana tunggu2..

Tanya Ustadz,trus Nabi Adam dan Hawa digoda oleh iblis disyurga,koq disorga ada iblis,gmna penjelasannya ustadz?...syukron.

Unknown mengatakan...

Ustadz mau tanya apakah sekarang perut bumi itu neraka? dan apakah akherat itu sudah ada saat ini?. Makasih

Unknown mengatakan...

saya yakin yg neraka itu dibawah bumi dari nas& hadith sahih. dan sejakndr zama salaf mereka semua bermiman yg bumi ini datar dan langit tidak bertiang. dan dlm kitab terdahulu bnyk dalil² ug menerangkan neraka itu dibawah bumi.

andika ajhah mengatakan...

Semenjak saya mempelajari ilmu bumi datar, alhamdulillah saya yakin surga dan neraka benar2 ada.

Anonim mengatakan...

"Semenjak saya mempelajari ilmu bumi datar, alhamdulillah saya yakin surga dan neraka benar2 ada."
Wakakaka sebelumnya nggak yakin ada surga dan neraka.

Anonim mengatakan...

Tulisan yg bagus dan saya sependapat. Att Thabari sudah cukup buat kita menjadi rujukan tentang Bumi, Surga dan Neraka.