Hukum Memutilasi Orang Kafir yang Memerangi Kaum Muslimin (Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah)


Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
فَأَما التَّمْثِيل فِي الْقَتْل فَلَا يجوز إِلَّا على وَجه الْقصاص، وَقد قَالَ عمرَان بن حُصَيْن رَضِي الله عَنْهُمَا:
مَا خَطَبنَا رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم خطْبَة إِلَّا أمرنَا بِالصَّدَقَةِ ونهانا عَن الْمثلَة حَتَّى الْكفَّار إِذا قتلناهم فَإنَّا لَا نمثل بهم بعد الْقَتْل وَلَا نجدع آذانهم وأنوفهم وَلَا نبقر بطونهم إِلَّا أَن يَكُونُوا فعلوا ذَلِك بِنَا فنفعل بهم مَا فعلوا.
وَالتّرْك أفضل كَمَا قَالَ الله تَعَالَى {وَإِن عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا بِمثل مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ وَلَئِن صَبَرْتُمْ لَهو خير للصابرين واصبر وَمَا صبرك إِلَّا بِاللَّه}.
قيل إِنَّهَا نزلت لما مثل الْمُشْركُونَ بِحَمْزَة وَغَيره من شُهَدَاء أحد رَضِي الله عَنْهُم فَقَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم: “لَئِن أَظْفرنِي الله بهم لَأُمَثِّلَن بضعفي مَا مثلُوا بِنَا” فَأنْزل الله هَذِه الْآيَة وَإِن كَانَت قد نزلت قبل ذَلِك بِمَكَّة مثل قَوْله {ويسألونك عَن الرّوح قل الرّوح من أَمر رَبِّي}.
وَقَوله {وأقم الصَّلَاة طرفِي النَّهَار وَزلفًا من اللَّيْل إِن الْحَسَنَات يذْهبن السَّيِّئَات} وَغير ذَلِك من الْآيَات الَّتِي نزلت بِمَكَّة ثمَّ جرى بِالْمَدِينَةِ سَبَب يَقْتَضِي الْخطاب فأنزلت مرّة ثَانِيَة فَقَالَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم :“بل نصبر".
وَفِي صَحِيح مُسلم عَن بُرَيْدَة بن الخصيب رَضِي الله عَنهُ قَالَ : كَانَ النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم إِذا بعث أَمِيرا على سَرِيَّة أَو جَيش أَو فِي حَاجَة نَفسه أوصاهم بتقوى الله تَعَالَى وبمن مَعَه من الْمُسلمين خيرا ثمَّ يَقُول : اغزوا بِسم الله وَفِي سَبِيل الله قَاتلُوا من كفر بِاللَّه لَا تغلوا وَلَا تغدروا وَلَا تمثلوا وَلَا تقتلُوا وليدا.
“Adapun mutilasi dalam pembunuhan, tidak diperbolehkan kecuali dalam kasus qishaash. Telah berkata ‘Imraan bin Hushain radliyallaahu ‘anhumaa : ‘Tidaklah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkhuthbah kepada kami kecuali beliau memerintahkan kami untuk bershadaqah dan melarang kami perbuatan mutilasi hingga kepada orang-orang kafir apabila kami membunuh mereka. Sesungguhnya kami tidak mencincang mereka setelah pembunuhan. Kami tidak akan memotong telinga dan hidung mereka, dan kami pun tidak akan membelah perut mereka; kecuali jika mereka melakukannya kepada kami, maka kami pun dapat melakukannya pada mereka seperti yang mereka lakukan pada kami’.
Dan meninggalkan perbuatan itu afdlal (lebih utama) sebagaimana firman Allah ta’ala: ‘Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah’ (QS. An-Nahl : 126-127).
Dikatakan, ayat ini turun ketika orang-orang musyrik mencincang Hamzah dan yang lainnya dari kalangan syuhadaa’ Uhud radliyallaahu ‘anhum. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Seandainya Allah memberikan kemampuan padaku untuk mengalahkan mereka, niscaya aku akan mencincang dua kali melebihi apa yang telah mereka lakukan terhadap kami’. Lalu Allah ta’ala menurunkan ayat ini[1]. Dan sebelumnya, ayat ini telah turun di Makkah, seperti hanlnya firman Allah ta’ala : ‘Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku’ (QS. Al-Israa’ : 85).
Juga firman-Nya ta’ala : ‘Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk’ (QS. Huud : 114).
Dan ayat-ayat lain yang turun di Makkah, kemudian terus berlanjut di Madiinah sebab-sebab yang menunjukkan khithaab (ayat). Lalu ayat itu (yaitu QS. An-Nahl : 126) turun untuk yang kedua kalinya, sehingga Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Akan tetapi kami bersabar’.
Dan dalam Shahiih Muslim dari Buraidah bin Al-Khushaib radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila mengutus pimpinan perang kepada pasukannya atau untuk keperluan pribadi beliau, maka beliau memberikan wasiat kepadanya secara khusus agar bertaqwa kepada Allah ta’ala dan agar berbuat baik kepada kaum muslimin (yang ikut perang) bersamanya. Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Berperanglah atas nama Allah ! di jalan Allah ! Perangilah orang yang kufur kepada Allah ! Jangan berlebih-lebihan, jangan berlaku curang, jangan mencincang, dan jangan membunuh anak-anak !”.
[selesai – diterjemahkan dari As-Siyasah Asy-Syar’iyyah oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah, hal. 105 – via Maktabah Syamilah – perumahan ciomas permai - 19041436 – 00:27].




[1]      Lihat : Ash-Shahiihul-Musnad min Asbaabin-Nuzuul oleh Muqbil bin Haadiy Al-Wadii’iy hal. 142-143 dan Ash-Shahiih min Asbaabin-Nuzuul oleh ‘Ishaam bin ‘Abdil-Muhsin Al-Humaidaan hal. 227.

Comments