Komentar Asy-Syaikh Rabii’ Al-Madkhaliy tentang Murid-Murid Asy-Syaikh Al-Albaaniy Terkait Isu Irjaa’


Pertanyaan :
ما رايكم فيمن يقول إن العلامة الألباني -رحمه الله تعالى- هو منبع بدعة الإرجاء وتلاميذه ورثوا ذلك؟
“Apa pendapat Anda tentang orang yang berkata bahwa Al-'Allaamah Al-Albaaniy – rahimahulahu ta’ala - adalah sumber bid'ah irjaa’ dan murid-murid beliau mewarisinya ???”.
Asy-Syaikh Rabii’ Al-Madkhaliy hafidhahullah menjawab :
نسأل الله العافية،ليته قال إن سيد قطب منبع الضلال،وليته قال البنا منبع الضلال،وليته قال او تكلم في هؤلاء مع الأسف الشديد،وقد يكون هذا من أهل السنة المساكين الذين تلاعب بعقولهم أهل الضلال فإلى الله المشتكى ،الألباني يقول الإيمان قول وعمل وإعتقاد يزيد بالطاعة وينقص بالمعصية ، وانتقد الأحناف مرجئة الفقهاء فضلاً عن غلاة المرجئة ونسال الله العافية،نسأل الله العافية، لماذا هؤلاء يحاربون تلاميذ الألباني بإسم الإرجاء ويتركون سيد قطب وكتبه تكتسح الأمة في شرقها وغربها بضلالات كبرى منها الحلول ومنهاوحدة الوجود ومنها.. ومنها..، لم نرى منهم كتاباً صدر في نقد هذا الرجل ولا في كتبه ولم نسمع منهم تاييداً لمن يجاهد في هذا الميدان لم نسمع منهم تاييداً،وأقاموا الدنيا وأقعدوها على تلاميذ الألباني بالإرجاء.. الإرجاء.. الإرجاء..، وأصبح الخطر الماثل على الأمة الإسلامية من الألباني وتلاميذه هذه مبالغات وتهاويل وهي والله جزء من حملة خبيثة مركزة على المنهج السلفي فليس المقصود الألباني وليس المقصود تلاميذه إنما المقصود إهانة المنهج السلفي.....
“Kita memohon pada Allah keselamatan, aduhai seandainya mereka mengatakan Sayyid Quthb adalah sumber kesesatan, Hasan Al-Banna adalah sumber kesesatan namun  sangat disayangkan sekali. Bisa jadi orang ini adalah Ahlus-Sunnah yang miskin yang akalnya dipermainkan oleh ahli kesesatan, hanya Allah saja tempat mengadu.
Al-Albaaniy mengatakan iman itu perkataan, perbuatan, dan keyakinan; bisa bertambah dengan ketaatan bisa berkurang dengan kemaksiatan. Dan ia telah membantah Al-Ahnaaf Murji'ah fuqahaa', apalagi Ghulaatul-Murji’ah/Murji'ah ekstrim. Kita memohon pada Allah keselamatan, kita memohon pada Allah keselamata. KENAPA MEREKA MEMERANGI MURID-MURID AL-ALBAANIY DENGAN ATAS NAMA IRJAA' ??? kemudian meninggalkan Sayyid Quthb dan kitab-kitabnya yang membawa umat di timur dan barat dengan berbagai kesesatan yang besar, diantaranya ‘aqidah hulul, wihdatul-wujud, dan yang lainnya.
Kita tidak pernah melihat dari mereka (para penuduh) menuliskan satu kitab saja untuk membantah orang ini (Sayyid Quthb) dan kitab-kitabnya. Kita juga tidak mendapati dukungan dari mereka bagi orang yang berjihad membantah kesesatannya, tidak ada dukungan dari mereka. Dan mereja justru memprovokasi manusia agar membenci murid-murid Al-Albaaniy atas nama irjaa' ... irjaa' ... irjaa'. Dan seolah-olah bahaya yang mengancam umat Islam itu berasal dari Al-Albaaniy dan murid-muridnya, ini berlebihan.
Dan ini bagian dari orang yang membawa keburukan bagi manhaj salafiy. Yang menjadi target mereka bukan Al-Albaaniy, bukan pula murid-murid Al-Albaaniy, namun tujuan mereka adalah meremehkan manhaj salafiy…….dst."
[terjemahan mengambil dari tulisan ustadz Abul-Aswad Al-Bayatiy yang ada di sini dengan sedikit perubahan].
Sumber fatwa Asy-Syaikh Rabii’ di atas berasal dari situs sahab.net.


Comments

dandi mengatakan...

makasih untuk artikelnya..
kapan kapan saya jenguk lagi ke sini.