Yang Seharusnya Diucapkan Ketika Melihat Sesuatu yang Menakjubkan


الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على خاتم الأنبياء والمرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين ...أما بعد
Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :
العين حق ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين
’Ain itu haq dan seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir maka ‘ain-lah yang mendahuluinya’.[1] 

Dan Nabi ‘alaihish-shalaatu wa sallam telah memberikan petunjuk kepada jalan yang paling ideal untuk mencegah kejahatan ‘ain ketika seorang manusia melihat sesuatu yang membuatnya takjub. Dan kami akan menyebutkan jalan keluar ini, setelah kami sebutkan kesalahan yang terjadi pada kebanyakan manusia pada hari ini. (Yaitu) ketika melihat sesuatu yang membuatnya takjub, maka mereka bersegera untuk mengucapkan beberapa perkataan, diantaranya :
a.     Maa syaa-Allah.
b.     Tabaarakallaah.
c.      Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad.
d.     Maa syaa-Allah laa quwwata illaa billah.
e.     Tabaarakar-Rahmaan.
Semua perkataan ini tidaklah benar penggunaannya untuk menolak kejahatan ‘ain. Ibnu Maajah meriwayatkan dari Abu Umaamah bin Sahl bin Hunaif, ia berkata :
مر عامر بن ربيعة بسهل بن حنيف ، وهو يغتسل فقال : لم أر كاليوم ، ولا جلد مخبأة فما لبث أن لبط به ، فأتي به النبي صلى الله عليه وسلم فقيل له : أدرك سهلا صريعا ، قال " من تتهمون به " قالوا عامر بن ربيعة ، قال : " علام يقتل أحدكم أخاه ، إذا رأى أحدكم من أخيه ما يعجبه ، فليدع له بالبركة " ثم دعا بماء ، فأمر عامرا أن يتوضأ ، فغسل وجهه ويديه إلى المرفقين ، وركبتيه وداخلة إزاره ، وأمره أن يصب عليه
“‘Aamir bin Rabii'ah pernah melewati Sahl bin Hunaif, dan dia waktu itu sedang mandi. Maka Aamir berkata : ‘Aku belum pernah melihat sesuatu seperti hari ini, dan tidak pula kulit seorang gadis yang dipingit. Tidak lama kemudian Sahl terjatuh. Kemudian dia dibawa kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, lalu dikatakan kepada beliau : “Sahl telah terjatuh/pingsan”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapakah diantara kalian yang patut disalahkan/dicurigai dengan hal ini?”.  Mereka menjawab : “’Aamir bin Rabii'ah”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Atas dasar apa salah seorang dari kalian ingin membunuh saudaranya?. Jika salah seorang diantara kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, hendaklah ia doakan baginya dengan keberkahan”. Kemudian Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam minta diambilkan air, dan memerintahkan ‘Aamir bin Rabii'ah untuk berwudhu. Lalu ia (‘Aamir) pun membasuh wajahnya, kedua tangannya sampai kedua siku, kedua lututnya, dan bagian dalam sarungnya. Lalu beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya air bekas wudlunya tersebut untuk dinyiramkan kepada Sahl”.
Aku (Penulis) katakan : Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam memberikan arahan pada siapa saja yang  melihat sesuatu yang membuatnya takjub agar mendoakan baginya keberkahan. Al-Munaawiy berkata :
بأن يقول اللهم بارك فيه
“Yaitu agar berkata : Allaahumma baarik fiihi (Ya Allah berikanlah keberkahan padanya)”. 
Jika telah tetap bagi seseorang melihat sesuatu yang membuatnya takjub untuk mendoakan keberkahan baginya (yang dilihat); maka menjadi jelas tanpa keraguan sedikitpun bahwa segala hal yang keluar/terucap dari lisan-lisan kebanyakan manusia dari bentuk yang dimaksudkan darinya untuk mencegah gangguan ‘ain adalah bentuk yang salah yang tidak memiliki dalil atasnya.
Dan perkataan-perkataan yang kami sebutkan semuanya adalah perkataan pujian kepada Allah subhaanahu. Bukan doa keberkahan sebagaimana yang disunnahkan. Maka perkataan Tabaarakallahu atau Tabaarakarrahmaan adalah perkataan untuk memuji Allah Yang Maha Tinggi. Adapun perkataan Maa sya-Allah – yaitu : apa saja yang dikehendaki Allah -  dan perkataan shalawat kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam; tidak ada muatan padanya doa barakah.  Dan yang semisal dengan ini, dikatakan dalam kalimat tauhid.
Perkataan Maa syaa Allah Laa quwwata illa billah, maka itu terambil dari firman Allah ta’ala dalam surat Al-Kahfi : :
إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ...
Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu "MAA SYAA ALLAH, LAA QUWWATA ILLAA BILLAH" (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)....”.
Tidak ada dalam kalimat tersebut yang menunjukkan bahwa orang tersebut mengatakannya (maa syaa allah laa quwwata illaa billah) untuk tidak hasad dan tidak menimpakan ‘ain kepada kebunnya. Akan tetapi tujuan hanyalah untuk memberitahukan bahwa nikmat dan kebaikan yang ada di dalamnya, berasal dari Allah, dan agar tidak menipu dirinya sendiri serta menyangka bahwa dialah yang memberikan kebaikan tersebut pada dirinya sendiri. Berkata Al-Imaam Al Qurthuubiy :
لا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ" أي ما اجتمع لك من المال فهو بقدرة الله تعالى وقوته لا بقدرتك وقوتك
Laa quwwata illaa billah, maksudnya : semua harta yang terkumpul padamu, maka hal tersebut karena kekuasaan dan kekuatan Allah ta’ala. Bukan karena kekuasaan dan kekuatanmu” [selesai].
Dan meskipun perkataan-perkataan ini adalah perkataan yang diberkahi, akan tetapi tidaklah cocok maksudnya sebagaimana mendoakan keberkahan kepada sesuatu yang manusia terkagum dengannya, dan takut menjadi hasad terhadap hal tersebut.
Dan di dalam hadits yang telah kita lewati, jalan yang disyari'atkan untuk mengobati ‘ain adalah dengan berwudhu, lalu membasuh wajah, kedua tangan sampai siku, kedua lututnya, dan bagian dalam sarungnya, kemudian mengambil air wudhu tersebut dan menuangkannya pada orang yang tertimpa ‘ain.
Telah berkata Al-Imaam Ibnu ‘Utsaimiin rahimahullaahu ta’ala :
وفي حالة وقوعها(أي الإصابة بالعين) تستعمل العلاجات الشرعية وهي :
القراءة : فقد قال النبي صلى الله عليه وسلم : "لا رقيه إلا من عين أو حمة" . وقد كان جبريل يرقي النبي ، صلى الله عليه وسلم فيقول: "باسم الله أرقيك، من كل شيء يؤذيك ، من شر كل نفس أو عين حاسد ، الله يشفيك ، باسم الله أرقيك".
الاستغسال: كما أمر به النبي ، صلى الله عليه وسلم ، عامر بن ربيعة في الحديث السابق ثم يصب على المصاب.
أما الأخذ من فضلاته العائدة من بوله أو غائطه فليس له أصل، وكذلك الأخذ من أثره ، وإنما الوارد ما سبق من غسل أعضائه وداخلة إزاره ولعل مثلها داخلة غترته وطاقيته وثوبه والله أعلم.
“Dan dalam keadaan jika terjadi ‘ain, obat yang disyari'atkan untuk digunakan adalah :
1.     Membaca doa.
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada ruqyah melainkan jika terkena ‘ain atau bisa". Dahulu malaikat Jibril meruqyah Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, maka Jibril mengatakan : Bismillaah urqiika min kulli syai'in yu’dziika, min syarri kulli nafsin au ‘ainin haasidin, Allahu yasyfiika, bismillah urqiika (Dengan menyebut nama Allah aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menganggumu, dan dari kejahatan setiap jiwa, atau kejahatan ‘ain yang hasad, semoga Allah menyembuhkanmu, dengan menyebut nama Allah aku meruqyahmu).
2.     Mandi.
Sebagaimana Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan ‘Aamir bin Rabii'ah dalam hadits yang terdahulu, kemudian menuangkannya pada orang yang tertimpa ‘ain.
Adapun mengambil dari sisa-sisa yang didapat dari air seninya, atau kotorannya, maka yang demikian tidak ada asalnya. Begitu juga mengambil dari bekas-bekas peninggalannya (itu juga tidak ada asalnya). Akan tetapi yang ada riwayatnya hanyalah sebagaimana yang telah lewat, yaitu dengan membasuh anggota tubuhnya dan bagian dalam sarungnya. Dan yang semisal dengannya adalah bagian dalam gutrah-nya, tutup kepalanya, dan pakaiannya. Wallaahu a’lam” [selesai].
Dan pencegah-pencegah ‘ain yang disebutkan di atas tidaklah mengapa dan tidak menghilangkan tawakkal, bahkan itulah tawakkal. Karena sesungguhnya tawakkal adalah bersandar pada Allah subhaanahu, dengan melakukan sebab-sebab yang Allah bolehkan atau perintahkan dengannya. Dan dahulu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melindungi Al-Hasan dan AlHusain dengan mengatakan :
أعيذكما بكلمات الله التامة من كل شيطان وهامة ، ومن كل عين لامة" ويقول : هكذا كان إبراهيم يعوذ إسحاق وإسماعيل عليهما السلام
“Saya meminta perlindungan (kepada Allah) untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua syaithaan dan binatang yang berbahaya, dan dari semua ‘ain yang jahat”.
Dan beliau berkata : Begitu juga dulu Nabi Ibraahiim melindungi Ishaaq dan Ismaa'iil ‘alaihimas-salaam [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy].
Dengan tulisan ini, sampailah tujuan apa yang ingin dikatakan, yaitu memberikan petunjuk kaum muslimin untuk menggunakan bentuk (lafadh) yang syar'ii ketika melihat sesuatu yang membuat mereka kagum sehingga mereka tidak mengganggu/menyakiti saudara-saudara mereka yang muslim. Dan kepada orang yang memberikan ‘ain, untuk saling tolong-menolong dengan orang yang tertimpa ‘ain atau keluarganya jika diminta darinya untuk mandi.      
[diterjemahkan oleh Abou Saleemah dari http://www.4salaf.com/vb/showthread.php?t=19302, dengan sedikit editing dari Aboul-Jaoezaa’].


[1]      Diriwayatkan oleh Muslim.

Comments

Anonim mengatakan...

Bagaimana dg ucapan:

"Masya Allah, Laa quwwata illa billah, Allahumma baarik 'alaihi"

Apakah bisa diucapkan ketika melihat sesuatu yang kita kagumi ust?

Abu 'Aisyah

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Kalimat tersebut sudah mengandung doa keberkahan pada objek yang kita tuju.

wallaahu a'lam.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum.

Maaf ingin bertanya hal lain ustadz, kalau setiap suami dan istri bertengkar kemudian istrinya meminta cerai dan suami pun sudah mengatakan "Saya cerai kamu" sampai lebih dari 3 kali setiap kali bertengkar. Tapi tidak ada saksi, apakah sudah masuk talak 3? Dan apakah sudah tidak halal lagi satu sama lainnya?

Herry Setiawan - Bogor

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Thalaq jatuh. Jika si istri masih dalam masa 'iddahnya, maka suaminya masih boleh menggaulinya, karena dengan menggaulinya itu merupakan pertanda ia merujuk istrinya. Ini jika thalaqnya adalah thalaq raj'iy (thalaq 1 dan 2).

Ucapan thalaq yang diucapkan sekaligus dalam satu majelis : "Kamu saya thalaq/cerai, kamu saya cerai, kamu saya cerai" (tiga kali) dalam satu majelis, maka ini dihitung satu thalaq menurut pendapat yang raajih. Namun jika thalaq itu terjadi tiga kali dalam beda majelis, maka jatuh thalaq ba'in (permanen). Ndak boleh suami rujuk lagi atau menikahinya lagi, kecuali setelah si istri menikah dengan laki-laki lain.

wallaahu a'lam.

ummu ziyad mengatakan...

masyaAllah ustadz.Berarti pemahaman ana salah ya selama ini. Sudah pernah ada tulisan di muslimah (http://muslimah.or.id/aqidah/menjaga-anak-dari-bahaya-ain.html) sudah lama sekali dan juga tulisan di blog ana pribadi. Dulu juga dapatnya dari seorang ustadz. Tapi pendalilan yang ada di artikel ini insyaAllah memang lebih jelas dan kuat.

Izin copy paste ustadz. Jazakumullahu khayron

Deddy mengatakan...

Saya masih belum paham Ustadz, apa maksud 'ain itu..

seandainya saya melihat langit biru, dan saya mengaguminya, apa yang seharusnya saya ucapkan?

saya biasanya mengucapkan Subhanallah atau kadang Alhamdulillah, atau Masya Allah, sebagai rasa takjub akan ciptaan Allah, seperti melihat langit biru, warna senja, awan yang bergumpal, dll....

Anonim mengatakan...

ustadz...kenapa obat 'ain pada poin kedua tertulis mandi, bukan wudhu sebagaimana dalam hadits.. jazakallah khoiron

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Pertama, karena perkataan Syaikh Ibnu 'Utsaimin memang begitu.

Kedua, dalam riwayat lain disebutkan dengan mandi.

abu.mfadhlan mengatakan...

Assalamualaikum tadz...

ada 2 hal yg ingin ana tanyakan :

1. Ada yg berkata bahwa ketika takjub dengan hal2 yg buruk maka ucapannya Subhanallah, sedangkan kalo takjub dg hal yg baik ucapannya MasyaALLAH.. benarkan ini? apa beda diantara kedua ucapan tsb ? dalam kondisi bagaimana mengucapkan SUhanallah dan MAsyaALLAH.. ?

2. Benarkah pernyataan bahwa " AL Quran itu Kalamullah, akan tetap lafazh yg keluar ketika kita membacanya adalah makhluk karena itu hasil perbuatan makhluk" ?

Jazakallahu khairan katsiro...

عبدالرحمن النوونجاني mengatakan...

Ustad
Kapankah kita mengucap Subhanalloh dan kapankah kita mengucap MasyaAlloh..Apakah kedua kalimat itu bisa saling menggantikan..Kadang ada sebagian ikhwan kalau ta'jub mereka mengucap Subhanalloh..Mohon penjelasannya..?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

@Abu.M.Fadhlan,... subhaanallaah itu memang ucapan yang digunakan untuk tanziih. Yaitu jika melihat sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga Allah itu disucikan dari segala aib, cela, ataupun maksiat. Kalau masya Allah, maka itu ucapan yang biasa digunakan ketika melihat yang menakjubkan.

Tentang bahasan Kalaamullah, mungkin artikel ini dapat membantu : Al-Qur'an adalah Kalamullah, Bukan Makhluk ! (terutama di bagian penjelasan Ibnu Taimiyyah).

***

Mas 'Abdurrahmaan, yang di atas saya rasa dah mewakili ya...

Anonim mengatakan...

Pak ustadz,saya mau tanya `ain yang dimaksud dalam artikel ini apa iya?
Wassalamu`alaikum

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Barangkali artikel berikut dapat membantu :

AL-‘AIN (اْلعَيْنُ) - Pandangan Mata.

Anonim mengatakan...

Maaf ustadz kalo menyimpang dari judul di atas. Saya ingin menambahkan sedikit catatan permasalahan 3 talak dalam satu majelis atau waktu yang merupakan polemik sejak dulu hingga sekarang di antara ulama dan mereka satu sama lain mempunyai pendalilan kuat serta jawabannya, maka sebaiknya urusan talak dikembalikan kepada hakim yang bersangkutan, agar hakim mengetahui lebih rinci permasalahannya dan bisa melihat masalahat dan mudharat bagi suami-istri. Sebagaimana disebutkan sebuah kaidah: "Keputusan hakim menggugurkan perbedaaan".
Wallahu a'lam.

Unknown mengatakan...

Ustadz, cara pengobatan 'ain apakah bisa dengan cara memberikan minum pada orang-orang yang memungkinkan bahaya 'ain berasal dari mereka, kemudian membasuhnya kepada orang yang terkena 'ain?

dan satu lagi, apa 'ain itu bisa terjadi dengan menatap foto?

Anonim mengatakan...

Pengobatan 'ain
@mega
anda bisa dengerin kajian ust. abdullah zaen pada bahasan tafsir surat alfalaq kelihatannya ayat terakhir. Disitu beliau jelaskan hakikat dan pengobatan 'ain.
anda bisa download di kajian.net

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Ustadz..jika ucapan Allaahumma baarik fiihi diganti dg Baarakallaahu fiyk apakah tepat?

dan satu lagi..
Ana memang belum pernah belajar bahasa Arab..
Apakah ada/benar jika ucapan Barakallahu itu
jika objeknya Laki2 (seperti kalimat Jazakallahu khayran)
sedangkan untuk wanita sebagaimana Jazakillahu khayran (ki) maka jadi Barakillahu??

Mohon pencerahannya Ustadz..

Jazakallahu khayran..

Ummu Zahra

Unknown mengatakan...

Maaf, sedikit membantu Ummu Zahra.
a. fiihi berbeda dg fiik. fiihi=utk dia laki2. fiika=utk kamu laki2. fiiki=utk kamu permpuan.
b. barakallahu=semoga Allah memberkahi. sama sj utk laki2 ato permpuan.yg membedakan objeknya. misal: barakallahu laka (smg Allah memberkahimu (laki2).barakallahu laki (smg Allah memberkahimu (permpuan).
Jika masih kurang/tidak tepat, smg Ustadz AbulJauza' berkenan memberi pencerahan.

Anonim mengatakan...

Pak Ustadz mau Tanya...apalagi penyakit ain itu sama dgn indigo (anak anak yg dpt melihat mahluk halus)

hapesurya mengatakan...

Ustadz, kesimpulan yang ana tangkap. Jadi kita ucapkan "Allaahumma baarik fiihi" agar kita tidak menimpakan 'ain pada saudara kita.
Dan bagi kita yang di puji, kita harus ucapkan apa ketika tau ada yang memuji kita?

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ustadz.. Sebulan yg lalu 12 agustus'18 putri kami(usia 2th 5bln) meninggal dunia... Gejala awalnya panas tinggi, batuk,sesak nafas,dan perutnya kembung, susah bab selama 2hari, lalu kami bawa ke rs..dan akhirnya hingga sebulan lamanya menjalani rawat inap di salah satu RS terbesar di jkt, Secara medis terdiagnosa infeksi virus di paru2nya...walaupun saya sudah mengikhlaskan dan bersabar...karena memang sudah jadi suratan takdir Allah SWT..namun tidak bisa dipungkiri dalam diri saya masih terdapat penyesalan dan kesedihan yg begitu mendalam,saya seringkali menyalahkan diri saya sendiri...saya sempat berfikir bisa jadi penyakit anak saya ada kaitannya dengan masalah rmh tangga kami yg waktu itu hampir saja pecah karena pihak ketiga(tetangga)... Pertama kami mohon siraman rohaninya ya ustadz untuk menguatkan hati dan menambah keimanan kami...kedua apakah penyakit anak saya ada kaitannya dengan penyakit ain karena adanya kedengkian seseorang.. Jazakallah untuk penjelasannya.. Wassalam

Adzkia Rahma Humaira mengatakan...

Assalamualaikum Ustad? Apa ucapan/jawaban terbaik apabila ada orang yg memuji atau mengagumi kita? Apakah cukup dengan mengucap Alhmdulillah saja (segala puji hanya milik Allah).