Syarah Hadits Abu Juhaifah radliyallaahu ‘anhu


Al-Imaam Al-Bukhaariy rahimahullah berkata :
حدثنا محمد بن المثنَّى قال: حدثني محمد بن جعفر: حدثنا شعبة، عن عون ابن أبي جحيفة، عن أبيه : أنه اشترى غلاماً حجاماً، فقال: إن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن ثمن الدم، وثمن الكلب، وكسب البغي، ولعن آكل الربا وموكله، والواشمة والمستوشمة، والمصور.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ja’far : Telah meceritakan kepada kami Syu’bah, dari ‘Aun bin Abi Juhaifah, dari ayahnya : Bahwasannya ia pernah membeli seorang budak tukang bekam, lalu ia berkata : "Sesungguhnya Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam melarang hasil penjualan darah, hasil penjualan anjing, dan hasil pelacuran. Beliau juga melaknat pemakan riba dan yang memberi makan riba, orang yang mentato dan yang minta ditato, serta melaknat penggambar" [Shahih Al-Bukhaariy no. 5962].

Keterangan Perawi Hadits :
1.        Muhammad bin Al-Mutsannaa bin ‘Ubaid bin Qais bin Diinaar Al-‘Anaziy Abu Muusaa Al-Bashriy Al-Haafidh, yang terkenal dengan sebutan Az-Zamin; seorang yang tsiqah lagi tsabat (167-252 H).
Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Muhammad bin Yahyaa An-Naisaabuuriy berkata : “Hujjah”. Shaalih bin Muhammad Al-Haafidh berkata : “Shaduuqul-lahjah (jujur lisannya), namun pada akalnya ada sesuatu. Aku mendahulukannya daripada Bundaar[1]”. Abu Haatim berkata : “Shaalihul-hadiits, shaduuq”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya, ia pernah mengubah dalam kitabnya”. Abul-Husain ‘Abdullah bin Muhammad As-Simnaaniy berkata : “Penduduk Bashrah mengedepankan Abu Muusaa daripada Bundaar, sedangkan orang-orang asing (luar Bashrah) mengedepankan Bundaar daripada Abu Muusaa”. ‘Abdurrahmaan bin Yuusuf bin Khiraasy berkata : “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, dan ia termasuk kalangan atsbaat”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat dan berkata : “Shaahibul-kitaab, ia tidak membaca kecuali dari kitabnya”. Abu Bakr Al-Khathiib berkata : “Ia seorang yang jujur, wara’, mempunyai keutamaan, dan cerdas”. Di tempat lain ia berkata : “Ia seorang yang tsiqah lagi tsabat. Seluruh imam berhujjah dengan haditsnya”. Adz-Dzuhliy berkata : “Hujjah”. Ad-Daaruquthniy berkata : “Tsiqah, lebih dikedepankan daripada Bundaar”. ‘Amru bin ‘Aliy pernah ditanya tentang mereka berdua (Muhammad bin Al-Mutsannaa dan Bundaar), lalu berkata : “Mereka berdua adalah orang yang tsiqah yang semua riwayatnya diterima kecuali yang diperbincangkan salah salah seorang di antara keduanya terhadap yang lain”. Maslamah bin Al-Qaasim berkata : “Tsiqah lagi masyhuur, termasuk dari kalangan huffaadh” [Tahdziibul-Kamaal 26/359-365 no. 5579 dan Tahdziibut-Tahdziib 9/425-427 no. 698]. Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah” [Al-Kaasyif, 2/214 no. 5134]. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah lagi tsabat” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 892 no. 6304].
2.        Muhammad bin Ja’far Al-Hudzaliy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy yang dikenal dengan sebutan Al-Ghundar (w. 193/194 H).
Ibnu Ma’iin berkata : “Ia termasuk orang yang paling shahih kitabnya”. ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata : “Ia lebih aku senangi daripada ‘Abdurrahmaan (bin Mahdiy) terhadap riwayat yang berasal dari Syu’bah”. ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy berkata : “Kami banyak mengambil faedah dari kitab-kitab Ghundar saat Syu’bah masih hidup”. Di lain riwayat ia berkata : “Ghundar terhadap riwayat Syu’bah, lebih tsabt (teguh) daripada aku”. Wakii’ mensifatinya shahiihul-kitaab. ‘Abdullah bin Al-Mubaarak berkata : “Apabila manusia berselisih pendapat atas riwayat Syu’bah, maka kitab Ghundar menjadi pemutus atas (perselisihan) mereka itu”. Abu Haatim berkata : “Seorang yang shaduuq lagi menyampaikan. Tsiqah atas hadits Syu’bah”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia termasuk sebaik-baik hamba Allah bersamaan dengan kelalaian yang ada padanya”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, insya Allah”. ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata : “Apabila aku menyebut Ghundar di hadapan Yahyaa bin Sa’iid, maka ia memerotkan mulutnya seakan-akan mendla’ifkannya”. Al-Mustamiliy berkata : “Orang Bashrah yang tsiqah”. Al-‘Ijliy berkata : “Orang Bashrah yang tsiqah, termasuk orang yang paling tsabt periwayatannya dari hadits Syu’bah” [Tahdziibul-Kamaal 25/5-9 no. 5120 dan Tahdziibut-Tahdziib 9/96-98 no. 129]. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-Haafidh” [Al-Kaasyif, 2/162 no. 4771]. Ia juga berkata : “Wahb bin Jariir seorang haafidh lagi tsiqah seperti Ghundar” [Al-Jarh wat-Ta’diil hal. 419 no. 1979]. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah, shahiihul-kitaab, namun padanya terdapat kelalaian” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 833 no. 5824].
Kesimpulan : Ia seorang yang tsiqah lagi tsabt dalam kitabnya, terutama dalam periwayatan dari Syu’bah. Adapun penyimpulan Ibnu Hajar dengan pensifatan kelalaian padanya, maka ia mengikuti Ibnu Hibbaan yang memang terkenal sebagai ulama yang mutasyaddid dalam jarh. Dan dalam hal ini, ia menyendiri dalam jarh tersebut. Sedangkan sikap Yahyaa bin Sa’iid, maka itu bukan jarh yang mu’tamad dalam pelemahan Ghundar. Apalagi tidak disebutkan sebab mengapa Yahyaa bin Sa’iid bersikap seperti itu. Wallaahu a’lam.
3.        Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-‘Atakiy Al-Azdiy Abu Bisthaam Al-Waasithiy; seorang yang disebut amiirul-mukminiin fil-hadiits (82/83-160 H).
Ahmad berkata : “Syu’bah lebih teguh dan lebih mengetahui daripada Al-A’masy terhadap hadits Al-Hakam. Jika bukan karena Syu’bah, maka hadits Al-Hakam telah hilang. Syu’bah juga lebih bagus haditsnya daripada Ats-Tsauriy. Tidak ada orang yang semisal Syu’bah di jamannya dalam bidang hadits, tidak pula ada yang lebih baik haditsnya daripadanya”. Hammaad bin Salamah pernah berkata kepada Abul-Waliid Ath-Thayaalisiy : “Jika engkau menghendaki hadits, maka lazimilah Syu’bah”. Ats-Sufyaan Tsauriy berkata : “Syu’bah adalah amiirul-mukminiin dalam hadits”. Asy-Syaafi’iy berkata : “Seandainya bukan karena Syu’bah, maka aku tidak mengetahui hadits di ‘Iraaq”. Yaziid bin Zurai’ berkata : “Syu’bah adalah orang yang paling benar dalam hadits”. Abu Bahr Al-Nakraawiy berkata : “Aku tidak pernah melihat orang yang paling banyak ibadahnya kepada Allah daripada Syu’bah”. Dan yang lainnya [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 12/479-495 no. 2739 dan Tahdziibut-Tahdziib 4/338-346 no. 590]. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-haafidh, amiirul-mukminiin dalam hadits. Tsabt, hujjah, dan sedikit keliru dalam (penyebutan) nama-nama” [Al-Kaasyif, 1/485 no. 2278]. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah, haafidh, lagi mutqin” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 436 no. 2805].
4.        ‘Aun bin Abi Juhaifah, Wahb bin ‘Abdillah As-Suwaaiy Al-Kuufiy (w. 116 H).
Yahyaa bin Ma’iin, Abu Haatim, dan An-Nasaa’iy berkata : “Tsiqah”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat [Tahdziibul-Kamaal 22/447-448 no. 4549 dan Tahdziibut-Tahdziib 8/170 no. 307]. Ya’quub bin Sufyaan Al-Fasawiy menyebutkannya dalam jajaran perawi yang meriwayatkan hadits dari Sufyaan Ats-Tsauriy, lalu berkata : “Mereka semua orang-orang Kuffah yang tsiqaat” [Al-Ma’rifah wat-Taariikh 3/239]. Adz-Dzahabiy berkata : “Mereka (para ulama) telah mentsiqahkannya” [Al-Kaasyif, 2/101 no. 4313]. Ibnu Hajar berkata : Tsiqah” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 758 no. 5254].
5.        Abu Juhaifah adalah Wahb bin ‘Abdillah As-Suwaaiy Al-Kuufiy, termasuk shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam (w. 74 H).
Takhrij Hadits :
Hadits di atas shahih, para perawinya tsiqaat, dan sanadnya bersambung (muttashil).
Diriwayatkan pula oleh Al-Bukhaariy no. 2086 & 2238 & 5347 & 5945, Ath-Thayaalisiy 2/374-376 no. 1139 & 1141, Ahmad 4/308 no. 18756 & 309 no. 18768, Abu Daawud no. 3483, Abu Ya’laa no. 890, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 8/25 no. 2039, Ath-Thahaawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/53 no. 5695, Ibnu Hibbaan no. 4939 & 5852, Ibnu Abi Syaibah 4/375 no. 17769 & 6/563 no. 22440, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 22/116 no. 295-296, dan Al-Baihaqiy 6/6 no. 11007; dari beberapa jalan[2], dari Syu’bah.
Diriwayatkan juga oleh Ahmad 4/309 no. 18763, Ibnu Abi Syaibah 6/244-245 no. 21306, dan Ath-Thabaraaniy 22/113 no. 287; dari jalan Yaziid bin Ziyaad bin Abi Ja’d, dari ‘Aun bin Abi Juhaifah.
Sanad jalan riwayat ini juga shahih sesuai syarat Al-Bukhaariy dan Muslim, kecuali Yaziid bin Ziyaad bin Abi Ja’d. Ia seorang perawi tsiqah.[3]
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy 22/108 no. 272 & 109 no. 273 dari jalan ‘Abdul-Jabbaar bin Al-’Abbaas, dari ‘Aun bin Abu Juhaifah.
Sanad riwayat ini hasan. ‘Abdul-Jabbaar bin Al-‘Abbaas Asy-Syibaamiy Al-Hamdaaniy Al-Kuufiy; seorang perawi yang shaduuq.[4]
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy 22/112 no. 284 dari jalan Kaamil Abul-‘Alaa’, dari ‘Aun bin Abi Juhaifah.
Sanad riwayat ini lemah (dla’iif) dengan sebab ‘Ubaid bin Ishaaq Al-‘Aththaar Al-Kuufiy Abu ‘Abdirrahmaan.[5] Adapun Kaamil bin Al-‘Alaa’ (At-Tamiimiy As-Sa’diy Abul-‘Alaa’ Al-Kuufiy); seorang perawi yang shaduuq (w. 160 H).[6]
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy 22/117 no. 298 dari jalan Muhammad bin Jaabir, dari ‘Aun bin Juhaifah.
Sanad riwayat ini lemah (dla’iif) dengan sebab Muhammad bin Jaabir (bin Sayyaar bin Thalq As-Suhaimiy Al-Hanafiy Abu ‘Abdillah Al-Yamaamiy).[7]
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy 22/117 no. 299 dari jalan Ayyuub bin Jaabir; ketiganya dari ‘Aun bin Abi Juhaifah.
Sanad riwayat ini juga lemah (dla’iif) dengan sebab Ayyuub bin Jaabir (bin Sayyaar bin Thalq As-Suhaimiy Al-Hanafiy Abu Sulaimaan Al-Yamaamiy) – saudara dari Muhammad di atas.[8] Adapun perawi lain dalam sanad ini, yaitu Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid bin ‘Abdirrahmaan bin Maimuun Al-Himmaaniy Abu Zakariyyaa Al-Kuufiy, maka ia seorang yang diperselisihkan oleh para muhadditsiin.[9]
Sebagian Fiqh Hadits :
Hadits ini mencakup enam hukum, yaitu :
1.        Hukum hasil penjualan darah
Para ulama berbeda pendapat tentang maksud hasil penjualan darah.
Al-Baghawiy rahimahullah berkata :
بيع الدم لا يجوز، لأنه نجس، وحمل بعضهم نهيه عن ثمن الدم على أجرة الحجامة، وجعله نهي تنزيه....
“Jual-beli darah tidak diperbolehkan, karena ia najis. Sebagian ulama membawa pengertian itu pada larangan hasil penjualan darah pada upah membekam, yaitu makruh tanziih….” [Syarhus-Sunnah, 8/25].
Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
الحكم الخامس ثمن الدم، واختلف في المراد به فقيل أجرة الحجامة، وقيل هو على ظاهره، والمراد تحريم بيع الدم كما حرم بيع الميتة والخنزير، وهو حرام إجماعا أعني بيع الدم وأخذ ثمنه،
“Hukum yang kelima, yaitu hasil penjualan darah. Ada perbedaan pendapat tentang maksud hal ini. Dikatakan, (maksudnya adalah) upah membekam. Dikatakan juga bahwa maksudnya sebagaimana dhahirnya, yaitu pengharaman jual-beli darah sebagaimana haramnya jual beli bangkai dan babi. Hal itu haram menurut ijma’, yaitu jual beli darah dan mengambil hasilnya” [Fathul-Baariy, 4/427].
Tentang makna pelarangan upah membekam itu nampak pada pemahaman Abu Juhaifah yang tertera dalam sebagian lafadh hadits :
عن عَوْن بْن أَبِي جُحَيْفَةَ قَالَ رَأَيْتُ أَبِي اشْتَرَى حَجَّامًا فَأَمَرَ بِالْمَحَاجِمِ فَكُسِرَتْ قَالَ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الدَّمِ........
Dari ‘Aun bin Abi Juhaifah, ia berkata : Aku melihat ayahku membeli seorang budak tukang bekam. Lalu ia memerintahkannya untuk mengambil peralatan bekam dan memecahkannya. Lalu aku pun bertanya kepada ayahku tentang hal itu, lalu ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan darah…..”.
Apakah pemahaman Juhaifah tentang bekam itu bisa diterima ? Kami pernah membahasnya di blog ini. Silakan baca di : Hukum Upah Bekam.
Adapun membawa pengertian pada dhahir hadits, yaitu larangan mengambil hasil penjualan (dzat) darah sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar, maka itu sesuai dengan kaidah umum dalam syarat sahnya jual beli, yaitu kehalalan barang yang diperjualbelikan. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
وإن الله إذا حرم شيئا حرم ثمنه
“Dan sesungguhnya Allah apabila mengharamkan sesuatu, maka Ia haramkan pula hasil penjualannya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 1/247 & 293 & 322, Al-Bukhaariy dalam Al-Kabiir 2/147 secara ta’liq, Abu Daawud no. 3488, Ibnu Hibbaan no. 4938, Ath-Thabaraaniy no. 12378 & 12887, Al-Baihaqiy 6/13-14, dan yang lainnya; shahih].
Allah ta’ala berfirman :
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ ......
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi…..” [QS. Al-Maaidah : 3].
Catatan : Perkataan Al-Baghawiy bahwa alasan jual-beli darah tidak diperbolehkan karena najis, maka ini membuka pintu diskusi baru. Para ulama berbeda pendapat tentang permasalahan najisnya darah. Telah ada sedikit bahasan yang menyinggung permasalahan ini. Silakan baca : Keluar Darah Sedikit Membatalkan Shalat ?.
2.        Hukum hasil penjualan anjing.
Hasil penjualan anjing adalah haram sesuai dengan dhahir hadits. Inilah madzhab jumhur ulama. Ada pendapat lain dari kalangan ahlur-ra’yi yang membolehkan jual-beli anjing. Namun ini tertolak karena bertentangan dengan hadits di atas.
عن أبو مسعود الأنصاري؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن ثمن الكلب، ومهر البغي، وحلوان الكاهن.
Dari Abu Mas’uud Al-Anshaariy : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan anjing, upah melacur, dan bayaran dukun [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2237 dan Muslim no. 1567].
Dikecualikan dalam keharaman ini adalah anjing yang digunakan untuk berburu atau penjaga rumah, berdasarkan hadits :
ثنا أَبُو بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيُّ، نَا إِسْحَاقُ بْنُ الْجَرَّاحِ بِأَذْنَةَ، نَا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ. ح وَنا عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ، نَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ بُرْدٍ، نَا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، نَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: " نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ، إِلا كَلْبَ صَيْدٍ "

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr An-naisaabuuriy : Telah mengkhabarkan kepada kami Ishaaq bin Al-Jarraah di Adznah : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Haitsam bin Jamiil. Dan telah mengkhabarkan kepada kami ‘Utsmaan bin Ahmad Ad-Daqqaaq : telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Al-Waliid bin Burd : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-haitsam bin Jamiil : Telah mengkhabarkan kepada kami Hammaad bin Salamah, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan anjing dan kucing, kecuali anjing untuk berburu” [Diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy 4/43 no. 3068. Diriwayatkan juga oleh An-Nasaa’iy no. 4295, Ad-Daaruquthniy 4/43 no. 3067 & 4/44 no. 3069, dan yang lainnya; shahih].
Sebagian ulama mendla’ifkan hadits ini[10] sehingga mereka menghukumi pengharaman hasil penjualan anjing secara mutlak (tanpa ada perkecualian). Dikarenakan hadits tersebut sah, maka harus diterima perkecualian yang ada padanya sebagai hujjah. Wallaahu a’lam.[11]
Ada peringatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bagi orang yang memelihara anjing selain untuk keperluan berburu atau penjaga harta :
عن ابن عمر، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (من اقتنى كلبا إلا كلب ماشية أو ضاري، نقص من عمله، كل يوم، قيراطان).
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Barangsiapa memelihara anjing selain untuk menjaga ternak atau untuk berburu, akan berkurang (pahala) amalannya, setiap harinya sebesar dua qirath” [Diriwayatkan Muslim no. 1574].
3.        Hukum upah melacur.
At-Tirmidziy rahimahullah membuat judul bab dalam kitabnya :
باب ما جاء في كراهية مهر البغي
“Bab Tentang Kemakruhan Upah Pelacuran” [As-Sunan, 2/426].
Makruh dalam pengistilahan At-Tirmidziy tersebut bermakna haram, berdasarkan ayat :
كُلُّ ذَلِكَ كَانَ سَيِّئُهُ عِنْدَ رَبِّكَ مَكْرُوهًا
“Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu” [QS. Al-Israa’ : 38].
Dibenci dalam ayat tersebut maknanya adalah haram, karena sebelumnya Allah ta’ala menyebutkan beberapa perbuatan haram seperti pembunuhan dan zina.
Keharaman upah melacur lebih terang daripada cahaya siang. Ia yang ditolak akal dan naql karena produk dari hasil kerja zina. Padahal, Allah ta’ala telah melarang keras perbuatan zina dengan firman-Nya :
وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” [QS. Al-Israa’ : 32].
Akan tetapi, dulu, di jaman Jahiliyyah pra-Islam, orang-orang Arab biasa menyuruh budak-budak perempuan yang mereka miliki untuk melacur dan kemudian mereka memungut hasil upah pelacuran tersebut[12]. Dengan datangnya Islam, maka praktek-praktek semacam itu dihapuskan karena merusak tatanan kehidupan manusia.
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب. جميعا عن أبي معاوية (واللفظ لأبي كريب). حدثنا أبو معاوية. حدثنا الأعمش عن أبي سفيان، عن جابر، قال : كان عبدالله بن أبي بن سلول يقول لجارية له: اذهبي فابغينا شيئا. فأنزل الله عز وجل: {ولا تكرهوا فتياتكم على البغاء إن أردن تحصنا لتبتغوا عرض الحياة الدنيا ومن يكرههن فإن الله من بعد إكراههن (لهن) غفور رحيم} [24 /النور /33].
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib, mereka berdua dari Abu Mu’aawiyyah dimana lafadhnya milik Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah : Telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Abu Sufyaan, dari Jaabir, ia berkata : Dahulu ‘Abdullah bin Ubay bin Saluul berkata kepada budak perempuannya : “Pergilah dan melacurlah untuk kami”. Maka Allah 'azza wa jalla menurunkan ayat : "Dan janganlah kamu paksa budak-budak wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri mengingini kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. dan barangsiapa yang memaksa mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) sesudah mereka dipaksa itu (An Nuur: 33)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 3029].
4.        Hukum Pemakan Riba dan Pemberi Riba[13].
Allah ta’ala berfirman :
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya” [QS. Al-Baqarah : 275].
Allah ta’ala juga berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan” [QS. Aali ‘Imraan : 130].
ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ بَالَوَيْهِ، قَالا: أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ، ثنا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، ثنا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " الرِّبَا ثَلاثَةٌ وَسَبْعُونَ بَابًا، أَيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّهُ، وَإِنَّ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Ishaaq dan Abu bakr bin Baalawih, mereka berdua berkata : Telah memberitakan Muhammad bin Ghaalib : Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin ‘Aliy : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi ‘Adiy : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Zubaid, dari Ibraahiim, dari Masruuq, dari ‘Abdullah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Riba mempunyai 73 pintu. Yang paling ringan dosanya adalah seperti dosa seseorang yang menikahi (menzinahi) ibunya. Dan riba yang paling berat adalah kehormatan seorang muslim (yang dilanggar)” [Diriwayatkan oleh Al-Haakim 2/37; Al-Haakim berkata : “Hadits ini shahih atas persyaratan Al-Bukhaariy dan Muslim, namun keduanya tidak meriwayatkannya”].
حدثني هارون بن سعيد الأيلي. حدثنا ابن وهب. قال: حدثني سليمان بن بلال، عن ثور بن زيد، عن أبي الغيث، عن أبي هريرة؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "اجتنبوا السبع الموبقات" قيل: يا رسول الله! وما هن؟ قال: "الشرك بالله. والسحر. وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق. وأكل مال اليتيم. وأكل الربا. والتولي يوم الزحف. وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات".
Telah menceritakan kepadaku Haaruun bin Sa’iid Al-Ailiy : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Sulaimaan bin Bilaal, dari Tsaur bin Zaid, dari Abul-Ghaits, dari Abu Hurairah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Jauhilah oleh kalian tujuh perkara yang membinasakan”. Dikatakan : “Wahai Rasulullah, apakah itu ?”. Beliau menjawab : “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, memakan harta anak yatim, memakan riba, melarikan diri dari peperangan, dan menuduh wanita mukminah baik-baik lagi suci telah berbuat zina” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 89].
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ، حَدَّثَنَا أَبُو رَجَاءٍ، عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ أَتَيَانِي، فَأَخْرَجَانِي إِلَى أَرْضٍ مُقَدَّسَةٍ، فَانْطَلَقْنَا حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى نَهَرٍ مِنْ دَمٍ فِيهِ رَجُلٌ قَائِمٌ، وَعَلَى وَسَطِ النَّهَرِ رَجُلٌ بَيْنَ يَدَيْهِ حِجَارَةٌ، فَأَقْبَلَ الرَّجُلُ الَّذِي فِي النَّهَرِ، فَإِذَا أَرَادَ الرَّجُلُ أَنْ يَخْرُجَ، رَمَى الرَّجُلُ بِحَجَرٍ فِي فِيهِ فَرَدَّهُ حَيْثُ كَانَ، فَجَعَلَ كُلَّمَا جَاءَ لِيَخْرُجَ رَمَى فِي فِيهِ بِحَجَرٍ، فَيَرْجِعُ كَمَا كَانَ، فَقُلْتُ: مَا هَذَا؟ فَقَالَ: الَّذِي رَأَيْتَهُ فِي النَّهَرِ، آكِلُ الرِّبَا "
Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin ismaa’iil : Telah menceritakan kepada kami Jariir bin Haazim : Telah menceritakan kepada kami Abu Rajaa’, dari Samurah bin Jundub radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Semalam aku bermimpi ada dua orang yang datang lalu keduanya mengajakku pergi ke sebuah tanah yang suci. Kami berangkat sehingga kami sampai di sebuah sungai berisi darah. Di tepi sungai tersebut terdapat seorang yang berdiri. Di hadapannya terdapat batu. Di tengah sungai ada seorang yang sedang berenang. Orang yang berada di tepi sungai memandangi orang yang berenang di sungai. Jika orang yang berenang tersebut ingin keluar maka orang yang berada di tepi sungai melemparkan batu ke arah mulutnya. Akhirnya orang tersebut kembali ke posisinya semula. Setiap kali orang tersebut ingin keluar dari sungai maka orang yang di tepi sungai melemparkan batu ke arah mulutnya sehingga dia kembali ke posisinya semula di tengah sungai. Aku bertanya : ‘Siapakah orang tersebut?’. Salah satu malaikat menjawab : ‘Yang kau lihat berada di tengah sungai adalah pemakan riba’ [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2085].
Syari’at Islam tidaklah membebankan dosa riba hanya kepada pemakannya saja, namun juga pemberi makan riba – sebagaimana hadits di awal. Dan bahkan, semua pihak yang terlibat dalam muamalah riba.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالُوا: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، أَخْبَرَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: " لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ: هُمْ سَوَاءٌ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash-Shabbaah, Zuhair bin Harb, dan ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Husyaim : Telah mengkhabarkan kepada kami Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, penulisnya (bagian administrasi), dan dua orang saksinya. Mereka itu semua sama” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1598].
Pemberi makan riba, penulisnya, dan dua orang saksinya dihukumi sama dengan pemakan riba dalam dosa karena mereka telah bersekutu dalam kemaksiatan kepada Allah ta’ala, padahal Dia berfirman :
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” [QS. Al-Maaidah : 2].
5.        Hukum Orang yang Mentato dan Minta Ditato
Selain hadits yang disebutkan di awal, ada beberapa hadits lain yang terkait pelarangan mentato dan minta ditato :
حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : "لَعَنَ اللَّهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ"
Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Muqaatil : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Naafi, dari Ibin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang minta disambungkan, serta wanita yang mentato dan minta ditato” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5937].
Pentatoan termasuk katagori merubah ciptaan Allah ta’ala, sebagaimana ditegaskan dalam riwayat :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: " لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ، وَالْمُوتَشِمَاتِ، وَالْمُتَنَمِّصَاتِ، وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yuusuf : telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Manshuur, dari Ibraahiim, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah (bin Mas’uud), ia berkata : “Allah melaknat wanita yang mentato dan yang minta ditato, wanita yang mencukur alisanya, serta wanita yang merenggangkan giginya demi kecantikan dengan merubah ciptaan Allah ta’ala” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 4886].
Laknat sekaligus larangan pentatoan ini bukan hanya kepada ditujukan kaum wanita saja, namun juga termasuk laki-laki. Objek dalam hadits-hadits di atas adalah wanita karena dulu wanita lah yang umumnya mentato kulit mereka untuk kecantikan.
Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah memutlakkan larangan tato (baik kepada laki-laki dan wanita) berdasarkan riwayat :
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَنَهَى عَنْ الْوَشْمِ
Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Nashr : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, dari Ma’mar, dari Hammaam, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Penyakit ‘ain itu adalah benar”. (Abu Hurairah berkata) : “Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga melarang tato” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5740].
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimiin rahimahullah berkata :
الوشم محرم بل إنه من كبائر الذنوب لأن النبي صلى الله عليه وآله وسلم لعن الواشمة والمستوشمة فإذا وشمت البنت وهي صغيرة ولا تستطيع منع نفسها عن الوشم فلا حرج عليها، وإنما الإثم على من فعل ذلك بها. لأن الله لا يكلف نفسا إلا وسعها، وهذه البنت لا تستطيع التصرف، ولكن من فعل بها ذلك هو الذي عليه الإثم لكن تزيله إن تمكنت من إزالته بلا ضرر عليها.....
ويلزم الواشم إزالة الوشم بالعلاج وإن لم يمكن إلا بالجرح فإن خاف منه التلف أو فوات عضو أو منفعة عضو أو حدوث شيء فاحش في عضو ظاهر لم تجب إزالته وتكفي التوبة في هذه الحالة وإن لم يخف شيئا من ذلك ونحوه لزمه إزالته ويعصى بتأخيره
“Tato itu haram hukumnya, bahkan ia termasuk di antara dosa besar, karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam melaknat wanita yang mentato dan minta ditato.Maka seandainya ada seorang anak perempuan yang masih kecil ditato dan ia tidak bisa menolak dalam pentatoan itu, maka tidak ada dosa baginya. Dosa itu hanyalah bagi orang yang melakukannya saja terhadap anak itu, karena Allah tidaklah memberikan beban kecuali sesuai kadar kesanggupannya. Anak perempuan itu tidak tidak bisa mencegahnya, sehingga orang yang mentatonya itu yang mendapat dosa. Akan tetapi wajib menghilangkan tato tersebut seandainya memungkinkan untuk mengilangkannya tanpa menimbulkan bahaya terhadapnya….. Wajib menghilangkan tato dengan obat seandainya tidak mungkin dihilangkan kecuali menggunakan obat. Dan seandainya tidak mungkin dihilangkan kecuali dengan melukainya, jika orang tersebut khawatir akan merusak atau kehilangan anggota badan atau fungsi anggota badan, atau akan terjadi sesuatu buruk pada anggota badannya; maka tidak wajib menghilangkannya, dan cukup baginya untuk bertaubat atas keadaan tersebut. Namun jika ia tidak merasa khawatir sedikitpun atas hal-hal tersebut, maka wajib untuk menghilangkannya tanpa boleh menunda-nundanya” [lihat : http://akhawat.islamway.com/forum/index.php?showtopic=11937].
6.        Hukum Penggambar
Banyak hadits-hadits yang berkaitan dengan permasalahan ini, di antaranya :
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ مُسْلِمٍ، قَالَ: كُنَّا مَعَ مَسْرُوقٍ فِي دَارِ يَسَارِ بْنِ نُمَيْرٍ، فَرَأَى فِي صُفَّتِهِ تَمَاثِيلَ، فَقَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ K يَقُولُ: " إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمُصَوِّرُونَ "
Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan : Telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Muslim, ia berkata : Kami pernah bersama Masruuq di rumah Yasaar bin Numair, lalu ia melihat di rak rumahnya ada gambar-gambar. Masruuq pun berkata : Aku mendengar ‘Abdullah (bin Mas’uud) berkata : Aku mendengar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling keras siksanya di hari kiamat adalah para penggambar” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5950].
Disebutkan dalam riwayat lain bahwa sebab siksa para penggambar itu karena ia meniru-niru ciptaan Allah (yaitu makhluk yang bernyawa) :
حَدَّثَنَا أَبُو الْمُغِيرَةِ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ، عَنْ الْقَاسِمِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مُسْتَتِرَةٌ بِقِرَامٍ فِيهِ صُورَةٌ، فَهَتَكَهُ، ثُمَّ قَالَ: "إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الَّذِينَ يُشَبِّهُونَ بِخَلْقِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ"
Telah menceritakan kepada kami Abul-Mughiirah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Auzaa’iy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Az-Zuhriy, dari Al-Qaasim, dari ‘Aaisyah, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk (ke rumahku) dimana waktu itu aku sedang memasang tirai kain tipis yang terdapat gambar. Maka beliau pun menyobeknya, lalu bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling keras siksanya di hari kiamat adalah orang yang menyerupakan (Allah) dengan makhluk Allah ‘azza wa jalla” [Diriwayatkan oleh Ahmad 6/86; shahih].
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ هِشَامٍ الدَّسْتُوَائِيِّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: "صَنَعْتُ طَعَامًا، فَدَعَوْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَاءَ فَرَأَى فِي الْبَيْتِ تَصَاوِيرَ فَرَجَعَ"
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Hisyaam Ad-Dustuwaa’iy, dari Qataadah, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari ‘Aliy, ia berkata : “Suatu ketika aku membuat makanan, kemudian aku undang Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam. Maka beliau pun datang, lalu melihat gambar-gambar (makhluk hidup) di rumahku saya. Beliau pun pulang” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 3359; shahih].
Dalam riwayat lain ditambahkan sebab alasan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pulang :
إِنَّ فِي الْبَيْتِ شَيْئًا فِيهِ تَصَاوِيرُ، وَأَنَّ الْمَلائِكَةَ لا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ تَصَاوِيرُ
“Sesungguhnya di rumahmu terdapat sesuatu yang padanya ada gambar-gambar (makhluk hidup). Dan sesungguhnya malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar (makhluk hidup)” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy dalam Ash-Shughraa no. 5351 dan dalam Al-Kubraa no. 9688, Ahmad bin ‘Ishaam Ats-Tsaqafiy dalam Juz-nya no. 5, Abu Ya’laa no. 436 & 521 & 556, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr no. 523, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah no. 8852, Adl-Adliyaa’ dalam Al-Mukhtarah no. 437; shahih].
حَدَّثَنَا أَبُو صَالِحٍ مَحْبُوبُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاق الْفَزَارِيُّ، عَنْ يُونُسَ بْنِ أَبِي إِسْحَاق، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أَتَانِي جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام، فَقَالَ لِي: أَتَيْتُكَ الْبَارِحَةَ فَلَمْ يَمْنَعْنِي أَنْ أَكُونَ دَخَلْتُ إِلَّا أَنَّهُ كَانَ عَلَى الْبَابِ تَمَاثِيلُ وَكَانَ فِي الْبَيْتِ قِرَامُ سِتْرٍ فِيهِ تَمَاثِيلُ وَكَانَ فِي الْبَيْتِ كَلْبٌ، فَمُرْ بِرَأْسِ التِّمْثَالِ الَّذِي فِي الْبَيْتِ يُقْطَعُ فَيَصِيرُ كَهَيْئَةِ الشَّجَرَةِ، وَمُرْ بِالسِّتْرِ فَلْيُقْطَعْ فَلْيُجْعَلْ مِنْهُ وِسَادَتَيْنِ مَنْبُوذَتَيْنِ تُوطَآَنِ وَمُرْ بِالْكَلْبِ فَلْيُخْرَجْ فَفَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِذَا الْكَلْبُ لِحَسَنٍ أَوْ حُسَيْنٍ كَانَ تَحْتَ نَضَدٍ لَهُمْ فَأُمِرَ بِهِ فَأُخْرِجَ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Shaalih Mahbuub bin Muusaa : telah menceritakan kepada kami Abu Ishaaq Al-Fazaariy, dari Yuunus bin Abi Ishaaq, dari Mujaahid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah, ia berkata : telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alihi wa sallam : “Jibril 'alaihis-salam telah datang kepadaku, lalu berkata : ’Semalam aku mendatangimu. Tidaklah ada yang menghalangiku untuk masuk kecuali karena ada patung di depan pintu, ada kain tirai yang bergambar (mahluk hidup), dan ada anjing di rumah. Maka perintahkanlah agar kepala patung yang ada di rumah dipotong sehingga berbentuk pohon. Perintahkanlah pula agar tirai tersebut dipotong kemudian dijadikan dua bantal untuk sandaran. Dan perintahkan pula agar anjing itu dikeluarkan”. Maka, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam melakukannya. Ternyata anjing itu adalah kepunyaan Al-Hasan atau Al-Husain yang bersembunyi di bawah tempat tidurnya. Beliau memerintahkan untuk mengeluarkan anjing itu” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4158; shahih].
Jadi, patung atau gambar itu diperbolehkan jika dipotong kepalanya karena sudah tidak menyerupai makhluk hidup lagi (yaitu menyerupai tonggak pohon). Atau disobek dan dihinakan dijadikan alas.
Tentang fotografi, maka para ulama berbeda pendapat apakah ia termasuk keumuman gambar makhluk hidup ataukah tidak. Begitu juga dengan permasalahan gambar yang ada di tv dan video. Berikut adalah penjelasan dari Asy-Syaikh Al-‘Ubailaan tentang hal tersebut :
[saya harapkan ini sebagai satu penjelasan sehingga kita bisa sedikit bersikap ‘dewasa’, terutama bagi rekan-rekanku ‘Salafiy’ yang sebagian di antaranya merasa sempit atas permasalahan ini].
[mohon maaf, viodeonya tidak di-translate ke Indonesia. Sebenarnya ingin mencari yang versi bahasa Indonesia, tapi susah. Yang versi bahasa Arab ‘banyak’. Di atas adalah versi ‘pertengahan’, yaitu versi bahasa Arab yang ada translate-nya dalam bahasa Inggris].
Ini saja yang dapat saya tuliskan.
Masih banyak sekali hal yang terluput dan tertinggal. Oleh karenanya masing-masing sub-bahasan hanya disinggung secara singkat.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – selesai menjelang adzan shubuh].


[1]        Ia adalah Muhammad bin Basyaar bin ‘Utsmaan Al-‘Abdiy Abu Bakr Al-Bashriy yang terkenal dengan sebutan Bundaar; seorang perawi yang tsiqah (167-252 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 828 no. 5791].
[2]        Abul-Waliid Haasyim bin ‘Abdil-Maalik Ath-Thayaalisiy, Hajjaaj bin Minhaal, Aadam bin Abi Iyaas, Abu Daawud Ath-Thayaalisiy, ‘Affaan, ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy, Rauh bin ‘Ubaadah, Sulaimaan bin Harb, Muhammad bin Katsiir, Syabaabah, dan An-Nadlr bin Syamiil.
[3]        Ahmad berkata : “Syaikh, tsiqah”. Yahyaa bin Ma’iin dan Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. Abu Zur’ah berkata : “Syaikh”. Abu Haatim berkata : “Tidak mengapa dengan haditsnya, shaalihul-hadiits”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya, shaalihul-hadiits”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat [Tahdziibul-Kamaal 32/130-131 no. 6988 dan Tahdziibut-Tahdziib 11/238 no. 627]. Al-‘Ijliy berkata : “Orang Kufah yang tsiqah” [Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil 3/315 no. 4998]. Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah” [Al-Kaasyif, 2/382 no. 6302]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq” [Taqriibut-Tahdziib hal. 1074 no. 7765].
[4]        Ahmad berkata : “Aku berharap tidakmengapa dengannya. Ia bertasyayyu’”. Yahyaa bin Ma’iin dan Abu Daawud berkata : Tidak mengapa dengannya”. Ibraahiim bin Ya’quub Al-Juzjaaniy berkata : “Ia berlebih-lebihan dalam madzhabnya yang jelek (tasyayyu’)”. Abu Haatim berkata : “Tsiqah”. Abu Ja’far Al-‘Uqailiy berkata : “Haditsnya tidak ada mutaba’ah-nya. Berlebih-lebihan dalam tasyayyu’”. Diriwayatkan dari Abu Nu’aim bahwa ia mendustakannya. Al-Bazzaar berkata : “Hadits-haditsnya lurus, insya Allahu ta’ala”. Al-‘Ijliy berkata : “Shuwailih, tidak mengapa dengannya” [Tahdziibul-Kamaal 16/384-387 no. 3694 dan Tahdziibut-Tahdziib 6/102-103 no. 209]. Ibnu Sa’d berkata : “Padanya terdapat kelemahan” [Ath-Thabaqaat, 6/366]. Al-Fasaawiy berkata : “Tsiqah” [Al-Ma’rifatu wat-Taariikh, 3/121]. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Al-Majruuhiin dan berkata : “Ia termasuk orang yang meriwayatkan hadits yang terbolak-balik dari para perawi tsiqah. Berlebih-lebihan dalam tasyayyu’. Abu Nu’aim berkata : “Tidak ada di kota Kuufah yang lebih banyak (riwayatnya) dibanding ‘Abdul-Jabbaar bin Al-‘Abbaas dan Abu Israaiil Al-Malaaiy”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Kebanyakan yang diriwayatkannya tidak ada mutaba’ah-nya” [Al-Kaamil no. 1478]. Ibnu Syaahiin memasukkanya dalam Ats-Tsiqaat (no. 990). Adz-Dzahabiy berkata : “Orang Syi’ah, shaduuq” [Al-Kaasyif, 1/612 no. 3085]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, ber-tasyayyu’” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 562 no. 3765].
[5]        Ibnu Ma’iin berkata : “Tidak ada apa-apanya”. Abu Haatim telah mendla’ifkannya [lihat : Al-Jarh wat-Ta’diil 5/401-402 no. 1859].
[6]        Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat (laisa bil-qawiy)”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku melihat di sebagian riwayatnya ada hal-hal yang aku ingkari. Akan tetapi aku harap tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : “Ia sedikit haditsnya, dan ia tidaklah seperti itu (laisa bi-dzaaka)”. Ibnul-Mutsannaa berkata : “Aku tidak pernah mendengar Ibnu Mahdiy meriwayatkan hadits darinya sedikitpun”. Ya’quub bin Sufyaan berkata : “Tsiqah”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia termasuk orang yang membolak-balikkan sanad. Memarfu’kan hadits-hadits mursal tanpa ia ketahui, sehingga tidak sah berhujjah dengan khabarnya”. Al-Haakim berkata : “Ia termasuk orang yang menghimpun haditsnya” [Tahdziibul-Kamaal 24/99-102 no. 4934 dan Tahdziibut-Tahdziib 8/409-410 no. 736]. Al-‘Ijliy berkata : “Orang Kuufah yang tsiqah” [Ats-Tsiqaat no. 1194]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq yukhthi’ (jujur namun sering keliru)” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 807 no. 5639].
[7]        Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Dla’iif”. ‘Amru bin ‘Aliy berkata : “Shaduuq, banyak keraguan. Matruukul-hadiits”. Abu Zur’ah berkata : “Saaqithul-hadiits”. Abu Haatim berkata : “Kitab-kitabnya hilang di akhir umurnya, sehingga menjadi jelek hapalannya”. Al-Bukhaariy berkata : “Tidak kuat, para ulama memperbincangkannya. Dan ia meriwayatkan hadits-hadits munkar”. Abu Daawud berkata : “Tidak ada apa-apanya”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat” [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal, 24/564-569 no. 5110].
[8]        Ahmad berkata : “Haditsnya serupa dengan hadits orang-orang jujur”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Lemah, tidak ada apa-apanya”. ‘Amru bin Shaalih berkata : “Shaalih”. An-Nasaa’iy berkata : “Dla’iif”. Abu Zur’ah berkata : “Waahiyul-hadiits, dla’iif. Ia serupa dengan saudaranya (Muhammad bin Jaabir)”. Abu Haatim berkata : “Dla’iiful-hadiits”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Ia termasuk orang yang ditulis haditsnya”. Al-Bukhaariy berkata : “Ia lebih tsiqah dibandingkan saudaranya”. Ibnu Hibbaan berkata : “Sering keliru sehingga keluar dari batas kebolehan untuk berhujjah dengan (riwayat)-nya karena banyaknya keraguannya” [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 3/464-467 no. 609 dan Tahdziibut-Tahdziib 1/399-400 no. 735]. Ad-Daaruquthniy berkata : “Dla’iif, tidak boleh berhujjah dengannya” [Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil, 1/89 no. 454]. Adz-Dzahabiy berkata : “Dla’iif” [Al-Kaasyif, 1/261 no. 512]. Ibnu Hajar berkata : “Dla’iif” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 158 no. 612].
[9]        Thariif bin ‘Ubaidillah Al-Maushiliy berkata : “Syaikh, dla’iif”. Ahmad mengingkari beberapa haditsnya, dan ia pun menuduhnya telah mencuri hadits. Abu Daawud berkata : “Haafidh”. Al-Bukhaariy berkata : “Ahmad dan ’Aliy membicarakan Yahyaa Al-Himmaaniy”. ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata : “Aku menemui tiga orang yang meriwayatkan hadits yang tidak mereka hapal, yaitu : Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid, ‘Abdul-A’laa As-Saamiy, dan Mu’tamir bin Sulaimaan”. Muhammad bin Yahyaa bin Numair berkata : “Tsiqah”. Ibnu ‘Ammaar berkata : “Gugur haditsnya”. Al-Juzajaaniy berkata : “Haditsnya ditinggalkan”. An-Nsaa’iy berkata : “Dla’iif”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak tsiqah”. Az-Zammaadiy berkata : “Di sisiku, ia lebih tsiqah daripada Abu Bakr bin Abi Syaibah. Dan tidaklah orang-orang memperbincangkannya kecuali karena hasad”. Ibnu Ma’iin berkata : “Shaduuq masyhuur, tidak ada orang di Kuufah orang yang semisalnya. Tidaklah orang membicarakannya kecuali karena hasad”. Ada beberapa riwayat lain dari Ibnu Ma’iin yang memberikan pujian/ta’dil kepadanya. ‘Utsmaan bin Sa’iid berkata : “Padanya terdapat kelalaian (ghaflah)”. ‘Aliy bin Hakiim berkata : “Aku tidak melihat ada orang yang lebih hapal hadits Syariik daripada daripadanya”. Abu Haatim juga memuji akurasi hapalan Yahyaa dari hadits Syariik”. ‘Abdullah bin ‘Abdirrahmaan As-Samarqandiy menuduhnya telah mencuri hadits-hadits Sulaimaan bin Bilaal. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku tidak melihat dalam musnad-nya hadits-hadits munkar. Aku harap tidak mengapa dengannya”. Al-Khaliiliy berkata : “Haafidh, telah dipuji oleh Yahyaa bin Ma’iin, namun dilemahkan oleh selainnya”. Muhammad bin Ibraahiim Al-Buusanjiy berkata : “Tsiqah”. Abu Khaitsamah berkata : “Shaduuq”.  [Tahdziibul-Kamaal 31/419-434 no. 6868 dan Tahdziibut-Tahdziib 11/243-249 no. 399]. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-haafidh al-kabiir. Termasuk dari kalangan huffaadh, namun tidak mutqin” [Tadzkiratul-Huffadh, 2/423 no. 4288]. Ibnu Hajar berkata : “Haafidh, namun ia telah dituduh mencuri hadits” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1060 no. 7641]. Al-Albaaniy berkata : “Dla’iif, dari sisi hapalannya” [Adl-Dla’iifah, 4/232].
[10]       Diantaranya karena alasan ‘an’anah Abuz-Zubair, dan ia seorang mudallis. Ibnu Hajar rahimahullah memasukkannya dalam tingkatan ketiga dalam jajaran mudallisiin.
Namun yang raajih, ‘an’anah Abuz-Zubair Al-Makkiy diterima. Banyak ulama mutaqaddimiin ketika biografinya tidak mensifatinya sebagai mudallis, kecuali An-Nasaa’iy dimana ia berkata saat menyebutkan para mudallisiin :
الحسن ، قتادة ، حجاج بن أرطأة ، حميد ، سليمان التيمي ، يونس بن عبيد ، يحيى بن أبي كثير ، أبو إسحاق الحكم بن عتيبة ، مغيرة ، إسماعيل بن أبي خالد ، أبو الزبير ، ابن أبي نجيح ، ابن جريج ، ابن أبي عروبة ، هشيم ، سفيان بن عيينة
“Al-Hasan, Qataadah, Hajjaaj bin Arthaah, Humaid, Sulaimaan At-Taimiy, Yuunus bin ‘Ubaid, Yahyaa bin Abi Katsiir, Abu Ishaaq Al-Hakam bin ‘Utaibah, Mughiirah, Ismaa’iil bin Abi Khaalid, Abuz-Zubair, Ibnu Abi Najiih, Ibnu Abi ‘Aruubah, Husyaim, dan Sufyaan bin ‘Uyainah” [lihat : Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 7/74].
Perlu diketahui, An-Nasaa’iy sendiri membawakan hadits Abuz-Zubair yang dibawakan secara ‘an’anah dalam Sunan-nya sebanyak 65 hadits, tanpa memberikan ta’lil penolakan atas ‘an’anah Abuz-Zubair tersebut. Penyebutan Abuz-Zubair oleh An-Nasaa’iy dalam jajaran mudallisiin di atas masih umum, dan beberapa orang diantara mereka ma’ruf tadlis-nya diterima seperti Ibnu ‘Uyainah, Ibnu Abi ‘Aruubah, dan Yahyaa bin Abi Katsiir.
Silakan baca pembahasannya dalam kitab : Manhajul-Mutaqaddimiin fit-Tadliis oleh Naashir bin Hamd Al-Fahd, taqdiim : ‘Abdullah bin ‘Abdirrahmaan Al-Fahd; no. 4 (Muhammad bin Muslim bin Tadrus Abuz-Zubair Al-Makkiy).
[11]       Lajnah Daaimah termasuk dalam jajaran para ulama yang mengharamkan hasil penjualan anjing secara mutlak.
[12]       Sebagaimana penjelasan Ibnu Katsiir rahimahullah saat menafsirkan QS. An-Nuur ayat 33.
[13]       Definisi riba secara bahasa berarti bertambah tumbuh tinggi dan naik. Menurut istilah syariat definisi riba yang paling mudah adalah : “Penambahan pada dua perkara yang diharamkan dalam syariat ada tafadlul antara kedua dengan ganti dan ada ta`khir dalam menerima sesuatu yg disyaratkan qabdl .”

Comments

Anonim mengatakan...

Yang soal gambar gimana yah , saha hobi menggambar ?
Yg. G di larang gambar apa

http://catatan-yunan.blogspot.com

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Dikarenakan video yang ada di Youtube sudah tidak ada lagi, maka rekan-rekjan bisa saksikan di :

http://akthernasrin.multiply.com/video/item/28/Ruling-concerning-Videos-Pictures-etc-Shaykh-Ubaylaan.