Mendekati Pintu Penguasa Terlarang ?



Az-Zuhriy rahimahullah adalah salah satu ulama yang mendatangi pintu sulthan (penguasa) untuk memberikan nasihat dan peringatan kepadanya sebagai bentuk pengamalan dari sabda Nabi :
الدِّينُ النَّصِيحَةُ قُلْنَا لِمَنْ قَالَ لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ
Agama adalah nasihat”. Kami berkata : “Untuk siapa (wahai Rasulullah)?”. Beliau bersabda : “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, imam/pemimpin kaum muslimin, dan orang-orang kebanyakan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 55, At-Tirmidziy no. 1926, dan yang lainnya].

Sementara ulama lain, diantaranya Sufyaan Ats-Tsauriy rahimahullah, menghindari pintu sultan karena merasa dirinya tidak aman darinya dan khawatir terfitnah. Ia mengamalkan sabda Nabi :
وَمَنْ أَتَى أَبْوَابَ السُّلْطَانِ افْتَتِنَ
Barangsiapa yang mendatangi pintu-pintu sulthan (penguasa), maka ia akan terfitnah“ [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 2256 dan ia berkata : 'Hadits hasan shahih gharib'].
Dua hal ini bisa digabung, karena para ulama menjelaskan larangan mendekati pintu sulthan/penguasa jika kedatangannya tersebut tanpa darurat dan keperluan. Orang yang masuk mendekati pintu sulthan rawan terfitnah dengan segala fasilitas dan kemewahan yang ada pada mereka, yang akhirnya dapat menjilat mengharapkan dunia mereka. Kata Al-Mubaarakfuriy rahimahullah:
وَمَنْ دَخَلَ عَلَى السُّلْطَانِ وَدَاهَنَهُ وَقَعَ فِي الْفِتْنَةِ ، وَأَمَّا مَنْ لَمْ يُدَاهِنْ وَنَصَحَهُ وَأَمَرَهُ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَاهُ عَنْ الْمُنْكَرِ فَكَانَ دُخُولُهُ عَلَيْهِ أَفْضَلَ الْجِهَادِ
"Dan barangsiapa masuk menemui sulthan (penguasa) dan bermudahanah (menjilat) kepada mereka, ia terjatuh dalam fitnah. Adapun orang yang tidak bermudahanah, dan malah memberikan nasihat, menyuruhnya berbuat kebaikan dan melarangnya dari kemunkaran; maka masuknya dirinya ke pintu sulthan merupakan seutama-utama jihad" [Tuhfatul-Ahwadziy, 6/440].
Berikut ada video singkat dari Asy-Syaikh Mushthafa Al-'Adawiy hafidhahullah yang dikasih judul oleh penguploadnya di Youtube:
اقسام السلف في الدخول على السلاطين؟ ؟

[Abul-Jauzaa’ Al-Bogoriy]

Comments