Dulu,
ada seseorang bernama Sulaimaan bin Suhaim yang membenci dakwah Asy-Syaikh
Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahumallah. Ia membuat beberapa
kedustaan terhadap beliau rahimahullah. Ketika kedustaan itu sampai kepada Syaikh, beliau rahimahullah berkata:
ثم لا يخفى
عليكم أنه بلغني أن رسالة سليمان بن سحيم قد وصلت إليكم، وأنه قبلها وصدقها بعض
المنتمين للعلم في جهتكم، والله يعلم أن الرجل افترى علي أمورا لم أقلها، ولم يأت
أكثرها على بالي.
“Kemudian tidak tersembunyi atas kalian bahwa telah sampai
kepadaku risalah Sulaimaan bin Suhaim, yang itu juga telah sampai kepada kalian. Risalah
tersebut diterima dan dibenarkan oleh sebagian orang yang condong kepada ilmu
di sisimu. Dan Allah mengetahui orang ini telah berdusta pada perkara-perkara
yang aku tidak pernah mengatakannya dan (bahkan) mayoritas perkara itu tidak
pernah terlintas dalam benakku”
فمنها
قوله: إني مبطل كتب المذاهب الأربعة; وإني أقول: إن الناس من ستمائة سنة ليسوا على
شيء، وإني أدعي الاجتهاد; وإني خارج عن التقليد; وإني أقول: إن اختلاف العلماء
نقمة، وإني أكفر من توسل بالصالحين; وإني أكفر البوصيري لقوله: يا أكرم الخلق;
وإني أقول: لو أقدر على هدم قبة رسول الله صلى الله عليه وسلم لهدمتها، ولو أقدر
على الكعبة لأخذت ميزابها، وجعلت لها ميزابا من خشب، وإني أحرم زيارة قبر النبي
صلى الله عليه وسلم، وإني أنكر زيارة قبر الوالدين وغيرهما، وإني أكفر من حلف بغير
الله، وإني أكفر ابن الفارض، وابن عربي; وإني أحرق دلائل الخيرات، وروض الرياحين،
وأسميه روض الشياطين.
Diantaranya
adalah perkataannya:
1.
aku membatalkan
kitab-kitab madzhab yang empat;
2.
aku berkata : ‘sesungguhnya
manusia selama 600 tahun tidak berada di atas kebenaran sama sekali’;
3.
aku mendakwakan
ijtihad;
4.
aku keluar dari
taqlid;
5.
aku berkata : ‘sesungguhnya
perselisihan ulama adalah adzab’;
6.
aku mengkafirkan
orang yang bertawassul kepada orang-orang shalih;
8.
aku berkata : ‘seandainya
aku kuasa menghancurkan kubah Rasulullah ﷺ, niscaya akan aku hancurkan’;
9.
(aku berkata) : ‘seandainya
aku berkuasa atas Ka’bah, niscaya akan aku ambil saluran airnya dan aku ganti
dengan kayu’;
10.
aku mengharamkan berziarah
kepada Nabi ﷺ;
11.
aku mengingkari berziarah
ke kubur kedua orang tua dan yang selainnya;
12.
aku mengkafirkan
orang yang bersumpah dengan selain Allah;
13.
aku
mengkafirkan Ibnul-Faaridl dan Ibnu ‘Arabiy;
14.
aku membakar kitab Dalaailul-Khairaat
dan Raudlur-Rayaahiin, yang kemudian aku ganti nama dengan Raudlusy-Syayaathiin.
جوابي عن
هذه المسائل أن أقول: سبحانك هذا بهتان عظيم; وقبله من بهت محمدا صلى الله عليه
وسلم أنه يسب عيسى ابن مريم، ويسب الصالحين، فتشابهت قلوبهم بافتراء الكذب
“Jawabanku tentang permasalahan-permasalahan
ini, aku katakan : ‘Maha Suci Engkau, ini adalah kedustaan yang besar. Sebelumnya
telah ada orang yang berdusta pada diri Muhammad ﷺ bahwasannya ia (Muhammad ﷺ) mencaci ‘Iisaa bin Maryam dan mencaci
orang-orang shaalih, sehingga serupalah hati-hati mereka dengan berbagai
kedustaan dan kebohongan tersebut….”.
[selesai nukilan].
Khusus kedustaan nomor 7 dan 13 tentang
pengkafiran Al-Bushiiriy, Ibnul-Faaridl, dan Ibnu ‘Arabiy (dan beliau rahimahullah mengingkarinya dengan keras), maka Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah
menjelaskan:
وقوله:
«وأني أكفر البوصيري لقوله: يا أكرم الخلق» ، هذه مسألة تكفير المعين؛ كأن الشيخ
لا يرى تكفير المعين، والبوصيري كلامه كفر؛ كقوله يخاطب الرسول صلى الله عليه وسلم:
يا أكرم
الخلق ما لي من ألوذ به ... سواك عند حلول الحادث العمم
فإن من
جودك الدنيا وضرتها ... ومن علومك علم اللوح والقلم
إن لم تكن
في معادي آخذا بيدي ... فضلا وإلا فقل يا زلة القدم
فإن لي ذمة
منه بتسميتي ... محمدا وهو أوفى الخلق بالذمم
إلى آخر ما
قال في «البردة» ، وهذا كفر، لكن الشخص قد يكون ما بلغته الحجة، أو يكون متأولا،
فلا يكفر حتى تقام عليه الحجة، وأيضا هو لا يعلم ما ختم له به.
“Perkataan beliau ((aku mengkafirkan Al-Bushiiriy
karena ucapannya : ‘wahai makhluk yang paling mulia’)). Ini adalah
permasalahan takfir mu’ayyan. Seakan-akan Syaikh (dengan perkataan itu) tidak berpendapat
adanya takfir mu’ayyan, sedangkan Al-Bushiiriy perkataannya adalah kufur
seperti perkataannya ketika berbicara tentang diri Rasul ﷺ:
‘Wahai makhluk yang paling mulia, tidak
ada tempat untukku berlindung
kecuali
dirimu ketika terjadinya musibah yang merata
Sesungguhnya termasuk diantara kemurahanmu
adalah dunia dan segala isinya
dan termasuk
ilmu-ilmumu adalah ilmu Lauh dan Qalam
Apabila
engkau kelak di akhirat tidak memegang tanganku (untuk menolong)
sebagai
karunia (darimu), maka katakanlah : ‘Wahai orang yang tergelincir kakinya (ke
neraka)’
Sesungguhnya
aku memiliki jaminan darinya dengan penamaanku
Muhammad,
dan ia adalah orang yang paling menjaga jaminannya’
hingga
akhir dari apa yang ia katakan dalam Al-Burdah. Perkataan ini kufur,
akan tetapi kadang individunya belum sampai kepadanya hujjah atau ia salah
dalam ta’wil, sehingga ia tidak dikafirkan hingga hujjah ditegakkan
kepadanya. Selain itu juga ia (Al-Bushiiriy) tidak diketahui apa yang
menjadi penutup kehidupannya” [Syarh ‘Aqiidah Al-Imaam Asy-Syaikh Muhammad
bin ‘Abdil-Wahhaab, hal. 150-151; Maktabah Daaril-Minhaaj, Cet. 2/1431].
Asy-Syaikh
Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah melanjutkan penjelasan beliau tentang kedustaan
yang dialamatkan kepada Syaikh ((aku mengkafirkan Ibnul-Faaridl dan Ibnu ‘Arabiy))
:
ابن الفارض
صاحب المنظومة التائية في وحدة الوجود، فيها كفر وإلحاد والعياذ بالله، ولكن الشيخ
لا يكفر صاحبها؛ لأنه لا يدري ماذا ختم له، ولا يدري هل بلغته الحجة أو لم تبلغه،
فهو يقول: إن ما فيها إلحاد وكفر، ولكن صاحبها يتوقف فيه، هذا مذهب أهل السنة
والجماعة أنهم لا يشهدون لأحد بجنة أو نار إلا من شهد له رسول الله صلى الله عليه
وسلم
وابن عربي معروف، هو محيي الدين بن عربي الطائي إمام أهل وحدة الوجود، وابن الفارض من أتباع ابن عربي، ومع هذا فإن الشيخ لا يجزم بكفرهما، وإن كانا قالا كفرا وضلالا وإلحادا، ولكن تكفير المعين يحتاج إلى دليل؛ لأنه ربما تاب، وربما ختم له بالتوبة، فالله أعلم.
وابن عربي معروف، هو محيي الدين بن عربي الطائي إمام أهل وحدة الوجود، وابن الفارض من أتباع ابن عربي، ومع هذا فإن الشيخ لا يجزم بكفرهما، وإن كانا قالا كفرا وضلالا وإلحادا، ولكن تكفير المعين يحتاج إلى دليل؛ لأنه ربما تاب، وربما ختم له بالتوبة، فالله أعلم.
“Ibnul-Faaridl
adalah penulis kitab Al-Mandhuumah At-Taaiyyah yang berisikan tentang wihdatul-wujuud[2],
yang di dalamnya berisikan kekufuran dan ilhaad (pengingkaran), wal-‘iyaadzubillah.
Akan tetapi Syaikh tidak mengkafirkannya, karena beliau tidak tahu apa yang
menjadi akhir dalam kehidupannya, dan beliau tidak tahu apakah telah sampai
kepadanya hujjah ataukah belum. Beliau
mengatakan : ‘Sesungguhnya dalam kitabnya berisi ilhaad dan kekufuran’,
akan tetapi tentang penulisnya beliau tawaqquf (dalam pengkafirannya).
Inilah madzhab Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah bahwasannya mereka tidak bersaksi (memastikan)
atas seseorang termasuk penduduk surga atau neraka, kecuali orang yang
dipersaksikan oleh Rasulullah ﷺ (melalui nash).
Dan
Ibnu ‘Arabiy ma’ruuf (dikenal). Namanya adalah Muhyiddiin bin ‘Arabiy
Ath-Thaaiy, imam kelompok wihdatul-wujuud. Ibnul-Faaridl sendiri adalah pengikut
Ibnu ‘Arabiy. Meskipun demikian, Syaikh tidak memastikan akan kekufuran dua
orang tersebut meskipun mereka mengatakan kekufuran, kesesatan, dan ilhaad.
Pengkafiran secara mu’ayyan (individu) membutuhkan dalil, karena
barangkali yang bersangkutan telah bertaubat dan boleh jadi akhir kehidupannya ditutup
dengan taubat. Wallaahu a’lam [idem, hal 155].
Beberapa
point yang dapat kita ambil dari perkataan di atas:
1.
Al-Buushiiriy,
Ibnul-Faaridl, dan Ibnu ‘Arabiy telah terjatuh dalam perkara kekufuran yang
tercermin dalam kitab-kitabnya.
2.
Asy-Syaikh Muhammad
bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahumallah mengingkari dengan keras tuduhan Sulaimaan
bin Suhaim bahwa ia mengkafirkan Al-Buushiiriy, Ibnul-Faaridl, dan Ibnu ‘Arabiy.
3.
Penyebab Syaikh tidak
mengkafirkan secara mu’ayyan terhadap ketiga orang tersebut ada tiga
kemungkinan (sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah):
a.
belum sampai/tegak
kepadanya hujjah;
b.
keliru dalam ta’wiil[3];
c.
tidak mengetahui apa
yang menjadi penutup dalam kehidupannya, apakah ia sempat bertaubat ataukah
tidak.
4.
Kejahilan adalah
salah satu faktor penghalang yang dipertimbangkan dalam takfir mu’ayyan.
Ini
adalah fakta yang didapatkan secara tekstual (manshuush), bukan kesimpulan pribadi
hasil istiqraa’.
Memang
ada sebagian orang yang keberatan dengan fakta ini, sehingga mereka membuat
berbagai macam ta’wilan agar dapat disimpulkan bahwa Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab
rahimahullah mengkafirkan Al-Buushiiriy, Ibnul-Faaridl, dan Ibnu ‘Arabiy[4].
Kita
katakan:
Pertama, bagaimana
bisa dikatakan Syaikh mengkafirkan mereka, sedangkan ketika dituduh
mengkafirkan beliau dengan jelas mengingkarinya dengan keras dan
menganggapnya sebagai kedustaan. Apakah ada yang lebih jelas dari statement ini
?
Kedua, tekstual
dari penjelasan Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah, beliau mengakuinya
dan tidak mengingkarinya. Ini juga jelas dapat dipahami bagi siapa saja yang sedikit
saja mempunyai kemampuan untuk membaca. Kemudian, beliau (Asy-Syaikh Shaalih
Al-Fauzaan hafidhahullah) memberikan 3 kemungkinan di atas.
Ketiga, pengingkaran
terhadap kedustaan yang disandarkan kepada Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab
diucapkan dengan menyebut nama Allah : ‘Maha Suci Engkau, ini adalah
kedustaan yang besar’. Tidak mungkin pengingkaran tuduhan pengkafiran
ini diucapkan hanya sekedar alasan politis, lip service, atau alasan lain yang kadang
terkesan mengada-ada.[5]
Pengkafiran
secara individu orang yang pada asalnya muslim yang terjatuh dalam sebagian
perkara kekufuran adalah ijtihadiyyah sesuai dengan kejelasan bukti yang sampai
pada masing-masing. Adapun Ibnu ‘Arabiy, dia memang kafir sebagaimana dikatakan
banyak ulama. Ibnu Hajar rahimahullah pernah bertanya kepada
Siraajuddiin Al-Bulqiiniy tentang Ibnu ‘Arabiy, dan ia menjawab : “Ia kafir” [Al-‘Aqduts-Tsamiin,
2/178 dan Lisaanul-Miizaan, 4/318].[6]
Kita
tidak akan pernah mengatakan dengan kaedah orang-orang jahil ‘orang yang
tidak mengkafirkan orang (yang kami hukumi) kafir, maka kafir’ ; terhadap
hak Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahullah.
Beliau
adalah ulama penegak bendera tauhid, mujaddid yang banyak berjasa terhadap
Islam dan kaum muslimin. Sayang, banyak orang jahil mencatut sebagian
perkataan beliau untuk berbuat kerusakan di muka bumi.
Wallaahu
a’lam bish-shawwaab.
[2] Yaitu keyakinan kufur yang menyatakan Allah
ta’ala menyatu dengan makhluk-Nya.
[3] Keliru dalam ta’wiil merupakan salah
satu cabang kejahilan (jahil murakkab). Abul-Baqaa’ rahimahullah
berkata :
الجهل
: يقال للبسيط، وهو عدم العلم عما من شأنه أن يكون عالما، ويقال أيضا للمركب، وهو
عبارة عن اعتقاد جازم غير مطابق، سمي به، لأنه يعتقد الشيء على خلاف ما هو عليه
“Al-Jahl
: dikatakan untuk jahl basiith, yaitu tidak mempunyai ilmu tentang
sesuatu yang seharusnya ia ketahui. Dan dikatakan juga untuk jahl murakkab,
yaitu ungkapan dari keyakinan pasti seseorang yang tidak sesuai dengan
kebenaran. Dinamakan dengannya karena ia meyakini sesuatu yang bertentangan
dengan yang seharusnya” [Al-Kuliyyaat (Mu’jamu fil-Mushthalahaat
wal-Furuuq Al-Lughawiyyah), hal. 350. Lihat : At-Ta’riifaat oleh
Al-Jurjaaniy, hal. 93].
[4] Seperti
misal mereka membawakan statement Syaikh yang lain:
من
أعظم الناس ضلالا: متصوفة في معكال وغيره، مثل ولد موسى بن جوعان، وسلامة بن مانع،
وغيرهما، يتبعون مذهب ابن عربي وابن الفارض. وقد ذكر أهل العلم أن ابن عربي من
أئمة أهل مذهب الاتحادية، وهم أغلظ كفرا من اليهود والنصارى. فكل من لم يدخل في
دين محمد صلى الله عليه وسلم ويتبرأ من دين الاتحادية، فهو كافر بريء من الإسلام،
ولا تصح الصلاة خلفه، ولا تقبل شهادته
“Dan termasuk orang yang paling besar kesesatannya,
yaitu orang-orang shufi di Ma’kal dan yang lainnya seperti anak Muusaa bin Jau’aan,
Salaamah bin Maani’, dan lain-lain yang mengikuti madzhab Ibnul-‘Arabiy dan
Ibnul-Faaridl. Para ulama telah menyebutkan bahwa Ibnu ‘Arabiy termasuk diantara
imam madzhab Al-Ittihaadiyyah. Mereka ini lebih kafir daripada
Yahudi dan Nashara. Setiap orang yang tidak masuk agama Muhammad ﷺ dan berlepas diri dari agama ittihaadiyyah,
maka ia kafir dan berlepas diri dari Islam. Tidak sah shalat di belakangnya dan
tidak pula diterima persaksiannya” [Majmuu’ Al-Mu’allafaat, 1/189].
Padahal perkataan ini tidak ada ta’yin sama
sekali kepada Ibnu ‘Arabiy. Siapa yang dimaksud dengan ‘mereka’ (jamak) ?. Individu
Ibnu ‘Arabiy ataukah orang-orang yang mengikuti madzhab Ibnu ‘Arabiy dari
kalangan orang-orang shufi Ma’kal ?. Dhahirnya adalah pengkafiran terhadap
golongan yang kedua. Mereka inilah orang-orang musyrik yang telah ditegak
hujjah kepada mereka dengan dakwah beliau rahimahullah.
Berbeda dengan individu Ibnu ‘Arabiy – sebagaimana dikatakan
Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah - kemungkinan faktor tidak
dikafirkan oleh Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab rahimahumallah
adalah belum
sampai/tegak kepadanya hujjah, keliru dalam ta’wiil, atau tidak
mengetahui apa yang menjadi penutup dalam kehidupannya (apakah ia sempat
bertaubat ataukah tidak).
[5] Seperti ta’wil yang mereka katakan :
a. “tidak
terang-terangan mengkafirkan. Dan tidak terang-terangan mengkafirkan tidak
berarti menafikan keyakinan hati”.
Sungguh
menyedihkan apabila perkataan ini disandarkan kepada Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab
rahimahumallah. Syaikh dianggap mengingkari (bahwa beliau tidak
mengkafirkan Al-Buushiiriy, Ibnul-Faaridl, dan Ibnu ‘Arabiy) dengan lisan
dengan menyebut nama Allah, tapi dalam hati beliau mengkafirkannya.
b. “beliau
tidak mengkafirkan mereka dalam rangka mudaarah (mengalah dalam urusan dunia)
demi maslahat dakwah”.
Sama
seperti di atas. Bahkan ini seperti menuduh Syaikh lemah. Ber-mudaarah
bukan berarti melakukan malapraktik dalam penghukuman, yang kafir dikatakan
tidak kafir. Bukankah mereka punya kaedah ‘orang yang tidak mengkafirkan orang (yang
mereka hukumi) kafir adalah kafir’ (tanpa boleh ada penyelisihan) ?. Bukankah
ini artinya menuduh Syaikh menyelisihi kaedah yang mereka tetapkan ?.
Mengatakan
tidak kafir pada orang kafir dalam rangka mudaarah justru akan
menjadikan orang salah paham, dan ini berbahaya.
c. “ucapan
itu beliau ucapkan di awal dakwah apakah karena waktu itu dakwah yang masih
lemah seperti yang saya sebutkan di point pertama, atau karena perkara ini
belum begitu jelas bagi Asy-Syaikh Muhammad, atau ketika itu ia menyangka bahwa
dalam perkara ini ada khilaf”
Mereka
sering mengatakan bahwa tidak mengkafirkan orang musyrik itu seperti tidak
mengkafirkan orang Yahudi dan Nashrani. Pertanyaannya : Apakah boleh ketika dakwah
dianggap lemah kita mengatakan Yahudi dan Nashrani tidak kafir ?.
Udzur
tidak adanya pengkafiran yang dijelaskan Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah
di atas menghapus kemungkinan-kemungkinan ini dari awal sampai akhir.
[6] Bahkan Al-Haafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaniy rahimahullah
pernah menantang mubaahalah kepada siapa saja yang tidak menyesatkan
Ibnu ‘Arabiy Silakan baca artikel : Mubaahalah
Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy tentang Kekafiran Ibnu ‘Arabiy Ash-Shuufiy.
SCAN KITAB
Comments
Mantap
Alhamdulillah bertambah lg perbandingan mslh takfir dgn web tauhidfirst
assalamu'alaikum,
bisa ditambahkan teks arab untuk syair burdah yang dimaksud.
jazakumullah khair.
Posting Komentar