Pajak yang Diperhitungkan Sebagai Zakat


Pernah diajukan pertanyaan kepada Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:
هل يجزئ الرجل عن زكاته ما يغرمه ولاة الأمور في الطرقات أم لا
“Apakah mencukupi kewajiban zakat seseorang dari harta yang dibebankan (dipungut) penguasa kepadanya untuk membuat/membangun jalan ?”.
Maka beliau rahimahullah menjawab:
ما ياخذه ولاة الأمور بغير اسم الزكاة لا يتعد به من الزكاة والله تعالى أعلم
“Segala sesuatu yang diambil oleh penguasa bukan atas nama zakat, maka tidak diperhitungkan sebagai zakat, wallaahu a’lam” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 25/93].

Para ulama Lajnah Daaimah juga berfatwa hal yang senada sebagai berikut:
لا يجوز أن تحتسب الضرائب التي يدفعها أصحاب الأموال على أموالهم من زكاة ما تجب فيه الزكاة منها ، بل يجب أن يخرج الزكاة المفروضة ويصرفها في مصارفها الشرعية ، التي نص عليها سبحانه وتعالى بقوله : ( إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ ) الآية
“Tidak diperbolehkan menganggap pajak dari harta yang dikeluarkan oleh pemilik harta sebagai zakat yang wajib dikeluarkan darinya. Bahkan tetap wajib baginya untuk membayarkan zakat dan menyalurkannya pada golongan yang berhak menerimanya menurut syari’at, yaitu yang telah dinashkan Allah subhaanahu wa ta’ala dengan firman-Nya : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin……dst.” (QS. At-Taubah : 60)” [Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 9/285].
Wallaahu a’lam.

Somewhere, selepas kerja menjelang adzan Maghrib tiba, 19 Dzulqa’dah 1437

Comments