Anjing
diharamkan menurut jumhur ulama, diantaranya Hanafiyyah, Maalikiyyah, Syaafi’iyyah,
dan Hanabilah. Sebagian
ulama Maalikiyyah berpendapat makruh tidak sampai pada derajat haram. Sekelompok orang belakangan membolehkannya.
Yang raajih dalam permasalahan
ini adalah pendapat yang mengharamkannya dengan dukungan dalil:
Tentang dalil pengharaman
mengkonsumsi daging anjing, maka banyak, baik pengambilan hukumnya dilakukan secara
implisit ataupun eksplisit. Diantaranya:
1.
Hadits Pertama
وحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي حَكِيمٍ،
عَنْ عَبِيدَةَ بْنِ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " كُلُّ ذِي نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ فَأَكْلُهُ
حَرَامٌ "
Telah menceritakan
kepadaku Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin
Mahdiy, dari Maalik, dari Ismaa’iil bin Abi Hakiim, dari ‘Abiidah bin Sufyaan,
dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau
bersabda : “Setiap binatang buas
(as-sibaa’) yang mempunyai taring, diharamkan untuk memakannya”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 1933].
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ
ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ، عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَهَى عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Yuusuf : Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Ibnu Syihaab, dari Abu
Idriis Al-Khaulaaniy, dari Abu Tsa’labah radliyallaahu ‘anhu :
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang memakan
semua binatang buas yang memiliki taring [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5530].
وحَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ
دَاوُدَ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، حَدَّثَنَا الْحَكَمُ، وَأَبُو بِشْرٍ، عَنْ
مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ وَعَنْ كُلِّ ذِي
مِخْلَبٍ مِنَ الطَّيْرِ ".
Dan telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepada kami
Sulaimaan bin Daawud : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awaanah : Telah
menceritakan kepada kami Al-Hakam dan Abu Bisyr, dari Maimuun bin Mihraan, dari
Ibnu ‘Abbaas : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang
(makan daging) semua binatang buas yang memiliki taring dan burung yang
mempunyai cakar” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1934].
Anjing termasuk binatang buas yang memiliki taring.
Al-Baghawiy rahimahullah berkata:
أراد بذي الناب: ما يعدو بنابه على النّاس وأموالهم، مثل الذئب،
والأسد، والكلب والفهد، والنمر، والببرِ، والدب والقرد، ونحوها، فهي وأمثالُها
حرامٌ
“Yang dimaksudkan dengan binatang yang memiliki taring
adalah binatang yang menyerang manusia dan harta benda mereka dengan taringnya,
diantaranya serigala, singa, anjing, macan kumbang, macan tutul,
harimau, beruang, monyet, dan yang lainnya. Binatang-binatang yang seperti ini
hukumnya haram” [Syarhus-Sunnah, 11/234].
2.
Hadits Kedua.
وحَدَّثَنِي حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ، حَدَّثَنَا بِشْرٌ يَعْنِي
ابْنَ الْمُفَضَّلِ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيل وَهُوَ ابْنُ أُمَيَّةَ، عَنْ
نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَأْمُرُ بِقَتْلِ الْكِلَابِ ، فَنَنْبَعِثُ فِي الْمَدِينَةِ، وَأَطْرَافِهَا،
فَلَا نَدَعُ كَلْبًا، إِلَّا قَتَلْنَاهُ، حَتَّى إِنَّا لَنَقْتُلُ كَلْبَ
الْمُرَيَّةِ مِنْ أَهْلِ الْبَادِيَةِ يَتْبَعُهَا
Dan
telah menceritakan kepada kami Humaid bin Mas’adah : Telah menceritakan kepada
kami Bisyr bin Al-Mufadldlal : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin
Umayyah, dari Naafi’, dari ‘Abdullah, ia berkata : “Dulu Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh anjing-anjing. Lantas kami pergi ke seluruh penjuru
kota sehingga kami tak meninggalkan seekor anjing pun melainkan kami
membunuhnya. Sampai-sampai
kami membunuh seekor anjing yang
senantiasa mengikuti tuannya, yaitu anjingnya seorang wanita
badui/pedalaman”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 1570].
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ،
عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ: أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِقَتْلِ الْكِلَابِ، إِلَّا كَلْبَ صَيْدٍ، أَوْ
كَلْبَ غَنَمٍ، أَوْ مَاشِيَةٍ
Telah
menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepada kami
Hammaad bin Zaid, dari ‘Amru bin Diinaar, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasannya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan membunuh anjing-anjing, kecuali anjing
yang digunakan untuk berburu atau anjing penjaga binatang ternak [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1571].
Sisi pendalilan:
Asal binatang yang halal boleh dipelihara dan diternakkan, serta diklasifikasikan sebagai harta bagi pemiliknya.
Seandainya anjing halal dimakan, niscaya beliau tidak akan
memerintahkan untuk membunuhnya/membasminya, karena itu artinya menyia-nyiakan
harta.
حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ
سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا
وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا، فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا
بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا، وَلَا تَفَرَّقُوا،
وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَالَ، وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ، وَإِضَاعَةِ الْمَالِ
"
Telah
menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami
Jariir, dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah
bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya
Allah meridlai kalian tiga hal dan membenci kalian tiga hal. Allah meridlai kalian : (1) untuk beribadah kepada-Nya dan
tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun; (2) berpegang pada tali Allah;
dan (3) tidak berpecah belah. Allah membenci kalian: (1) qiila wa qaala, (2)
banyak bertanya (yang tidak bermanfaat), (3) dan menyia-nyiakan harta” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1715].
3.
Hadits Ketiga.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنِي غُنْدَرٌ،
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَوْنِ بْنِ أَبِي جُحَيْفَةَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ
اشْتَرَى غُلَامًا حَجَّامًا فَقَالَ: " إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الدَّمِ وَثَمَنِ الْكَلْبِ وَكَسْبِ الْبَغِيِّ،
وَلَعَنَ آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ
وَالْمُصَوِّرَ "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku Ghundar : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari
‘Aun bin Abi Juhaifah, dari ayahnya : Bahwasannya
ia pernah membeli seorang budak tukang bekam, lalu ia berkata : "Sesungguhnya
Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam melarang hasil penjualan
darah, hasil penjualan anjing, dan hasil pelacuran. Beliau juga melaknat
pemakan riba dan yang memberi makan riba, orang yang mentato dan yang minta
ditato, serta melaknat penggambar" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5962].
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ،
حَدَّثَنِي مَعْرُوفُ بْنُ سُوَيْدٍ الْجُذَامِيُّ، أَنَّ عُلَيَّ بْنَ رَبَاحٍ
اللَّخْمِيَّ، حَدَّثَهُ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَا يَحِلُّ ثَمَنُ
الْكَلْبِ، وَلَا حُلْوَانُ الْكَاهِنِ، وَلَا مَهْرُ الْبَغِيِّ "
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin Shaalih : Telah menceritakan kepada kami
Ibnu Wahb : Telah menceritakan kepadaku Ma’ruuf bin Suwaid Al-Judzaamiy :
Bahwasannya ‘Aliy bin Rabbaah Al-Lakhmiy menceritakan kepadany, bahwasannya ia
mendengar Abu Hurairah berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : “Tidak halal hasil jual beli anjing, bayaran
dukun, dan hasil melacur” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3484; shahih].
حَدَّثَنَا إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا الْوَلِيدُ بْنُ
مُسْلِمٍ، عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، حَدَّثَنِي
إِبْرَاهِيمُ بْنُ قَارِظٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، حَدَّثَنِي رَافِعُ
بْنُ خَدِيجٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
" ثَمَنُ الْكَلْبِ خَبِيثٌ، وَمَهْرُ الْبَغِيِّ خَبِيثٌ، وَكَسْبُ
الْحَجَّامِ خَبِيثٌ "
Telah
menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim : Telah mengkhabarkan kepada kami
Al-Waliid bin Muslim, dari Al-Auzaa’iy, dari Yahyaa bin Abi Katsiir : Telah
menceritakan kepadaku Ibraahiim bin Qaaridh, dari As-Saaib bin Yaziid : Telah
menceritakan kepadaku Raafi’ bin Khudaij, dari Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Hasil penjualan anjing adalah
khabiits (buruk/keji), upah pelacur adalah khabiits, dan hasil usaha tukang
bekam adalah khabiits” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1568].
Ketika disebut harga/hasil penjualan anjing adalah khabiits,
maka Allah ta’ala berfirman:
وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
“Allah menghalalkan bagi mereka segala
yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (khabaaits)” [QS. Al-A’raaf : 157].
Sisi pendalilannya :
Seandainya anjing merupakan binatang yang halal
dimakan, niscaya halal pula diperjualbelikan. Akan tetapi ternyata Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam secara tegas melarangnya dan mengharamkannya. Beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah mencela kelakuan orang Yahudi yang membuat hillah
saat diharamkan kepada mereka bangkai, maka mereka mengambil lemaknya lalu menjualnya
dan memakan harga/hasil penjualannya.
حَدَّثَنَا عَبْدَانُ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا
يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " قَاتَلَ اللَّهُ يَهُودَ، حُرِّمَتْ عَلَيْهِمُ الشُّحُومُ،
فَبَاعُوهَا وَأَكَلُوا أَثْمَانَهَا "
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Yuunus, dari
Ibnu Syihaab : Aku mendengar Sa’iid bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah radliyallaahu
‘anhu : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah
bersabda : “Semoga Allah memerangi orang-orang Yahudi. Diharamkan kepada mereka lemak (bangkai), lalu mereka
memakan hasil penjualannya”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2224].
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، أَنَّ بِشْرَ بْنَ الْمُفَضَّلِ، وَخَالِدَ
بْنَ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَاهُمُ الْمَعْنَى عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ
بَرَكَةَ، قَالَ مُسَدَّدٌ فِي حَدِيثِ، خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ
بَرَكَةَ أَبِي الْوَلِيدِ ثُمَّ اتَّفَقَا، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: رَأَيْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسًا عِنْدَ الرُّكْنِ،
قَالَ: فَرَفَعَ بَصَرَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَضَحِكَ، فَقَالَ: " لَعَنَ
اللَّهُ الْيَهُودَ ثَلَاثًا: إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَيْهِمُ الشُّحُومَ
فَبَاعُوهَا، وَأَكَلُوا أَثْمَانَهَا، وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا حَرَّمَ عَلَى
قَوْمٍ أَكْلَ شَيْءٍ حَرَّمَ عَلَيْهِمْ ثَمَنَهُ ".
Telah
menceritakan kepada kami Musaddad, bahwasannya Bisyr bin Al-Mufadldlal dan
Khaalid bin ‘Abdillah menceritakan kepada mereka secara makna, dari Khaalid bin
Al-Hadzdzaa’, dari Barakah. Musaddad berkata dalam hadits : Khaalid bin
‘Abdillah, dari Barakah Abul-Waliid - kemudian keduanya sepakat – dari Ibnu
‘Abbaas, ia berkata : Aku pernah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam duduk di Rukn. Kemudian
beliau mengangkat pandangannya ke langit, lalu tertawa. Beliau bersabda : “Semoga
Allah melaknat orang-orang Yahudi – beliau mengatakannya sebanyak tiga kali
- . Sesungguhnya Allah mengharamkan lemak (bangkai) kepada mereka, namun
kemudian mereka menjualnya dan memakan harga/hasil penjualannya. Dan
sesungguhnya jika Allah mengharamkan suatu kaum untuk memakan sesuatu, maka
Allah juga mengharamkan kepada mereka harga/hasil penjualannya”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3488; shahih].
4.
Hadits Keempat.
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ
نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ اقْتَنَى كَلْبًا إِلَّا كَلْبَ مَاشِيَةٍ أَوْ
ضَارِيًا نَقَصَ مِنْ عَمَلِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطَانِ "
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yuusuf : Telah mengkhabarkan kepada kami
Maalik, dari Naafi’, dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Barangsiapa memelihara anjing selain untuk menjaga
ternak atau untuk berburu, akan berkurang (pahala) amalannya, setiap harinya
sebesar dua qirath” [Diriwayatkan Al-Bukhaariy
no. 5482].
Sisi pendalilan :
Seandainya anjing adalah binatang yang halal dimakan,
tentu ia halal untuk dipelihara dan diternakkan, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi ternyata jika kita
memeliharanya selain dua tujuan yang disebutkan dalam hadits, pahala amalan kita
berkurang sebesar dua qirath per-hari. Ini menunjukkan anjing bukan termasuk binatang
yang asalnya boleh dipelihara, sehingga secara tidak langsung ia bukan termasuk
binatang yang halal dikonsumsi. Sama seperti alasan sebelumnya.
5.
Hadits Kelima.
وحَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيل بْنُ
إِبْرَاهِيمَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم:
" طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ، إِذَا وَلَغَ فِيهِ الْكَلْبُ، أَنْ
يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ، أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ "
Telah
menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil bin Ibraahiim, dari Hisyaam bin Hassaan, dari Muhammad bin Siiriin,
dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : “Sucinya bejana salah seorang di antara kalian jika dijilat
anjing adalah dicuci sebanyak tujuh kali dan awalnya dengan tanah”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 279].
Sisi pendalilan:
Seandainya anjing adalah binatang yang halal untuk
dikonsumsi, niscaya seluruh (bagian) badannya suci/tidak najis, termasuk dalam
hal ini air liurnya.
Selain itu terdapat
atsar dari Asy-Sya’biy rahimahullah sebagai berikut:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ دَاوُدَ، قَالَ: سُئِلَ الشَّعْبِيُّ عَنْ رَجُلٍ يَتَدَاوَى
بِلَحْمِ كَلْبٍ "، فَقَالَ: " إِنْ تَدَاوَى بِهِ فَلا شَفَاهُ اللَّهُ
"
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Abi ‘Adiy, dari Daawud, ia berkata : Asy-Sya’biy pernah ditanya tentang seorang
laki-laki yang berobat dengan daging anjing. Ia berkata : “Jika ia berobat
dengannya, niscaya Allah tidak akan menyembuhkannya” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah no. 24055; shahih].
Karena:
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الدَّوَاءِ الْخَبِيثِ
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam melarang berobat dengan sesuatu yang khabiits/haram”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3870, Ibnu Maajah no. 3459, At-Tirmidziy no.
2045, Ibnu Abi Syaibah 8/5, Ahmad 2/305 & 446 & 478, Al-Haakim 4/410,
Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 8/375, dan Al-Baihaqiy 10/5; shahih].
Ibnu Mas’uud radliyallaahu
‘anhu berkata:
إِنَّ اللَّهَ لَمْ يَجْعَلْ
شِفَاءَكُمْ فِيمَا حُرِّمَ عَلَيْكُمْ
“Sesungguhnya Allah tidak akan menjadikan
obat bagi kalian pada sesuatu yang diharamkan kepada kalian”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 8/23 & 130, ‘Abdurrazzaaq no. 17097
& 17102, Ahmad dalam Al-Asyrabah no. 130 & 133, Ath-Thahawiy
dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/108, dan yang lainnya; shahih].
Para ulama yang hanya
memakruhkan – atau bahkan membolehkan – berdalil dengan ayat:
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ
وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ
فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Sesungguhnya
Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang
(ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam
keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula)
melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang” [QS. Al-Baqarah : 173].
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ
وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ
فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Sesungguhnya
Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa
yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang
terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas,
maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [QS. An-Nahl :
115].
قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا
أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلا أَنْ يَكُونَ
مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ
فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ
فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Katakanlah:
"Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang
diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu
bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi - karena sesungguhnya semua
itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa
yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula)
melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
[QS. Al-An’aam : 145].
Dikatakan
bahwa makanan (dan minuman) yang diharamkan kepada kaum muslimin hanyalah yang
disebutkan oleh ayat di atas, karena ayat di atas mengandung pembatasan (hashr)
yaitu pada jenis:
a.
bangkai
b.
darah
c.
daging babi
d.
binatang yang
disembelih atas nama selain Allah.
Qarinah
adanya
pembatasan yang disebutkan ayat pertama dan kedua adalah penggunaan kata innamaa,
sedangkan ayat ketiga adalah penggunaan nafiy (peniadaan) dan istitsnaa’
(pengecualian). Konsekuensinya, tiga ayat di atas mengandung mafhum bahwa selain
yang disebutkan dalam ayat dihukumi halal atau tidak sampai pada derajat haram.
Selain
itu ada beberapa riwayat dari salaf yang mengamalkan kemutlakan pembatasan dalam
ayat di atas, diantaranya : ‘Aaisyah, Ibnu ‘Abbaas, Al-Bahr bin ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhum.
حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ
الأَشَجُّ، ثنا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنِ
الْقَاسِمِ، قَالَ: كَانَتْ عَائِشَةُ إِذَا سُئِلَتْ عَنْ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنَ
السِّبَاعِ، وَكُلِّ ذِي مِخْلَبٍ مِنَ الطَّيْرِ، قَالَتْ: "قُلْ لا أَجِدُ
فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلا أَنْ يَكُونَ
مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا، ......."
Telah
menceritakan kepada kami Abu Sa’iid Al-Asyaj : Telah menceritakan kepada kami
Abu Khaalid Al-Ahmar, dari Yahyaa bin Sa’iid, dari Al-Qaasim, ia berkata : “Dulu
‘Aaisyah apabila ditanya tentang semua binatang buas yang mempunyai taring dan
semua burung yang mempunyai cakar, ia berkata (membacakan ayat) : ‘Katakanlah:
"Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang
diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu
bangkai, atau darah yang mengalir...’ (QS. Al-An’aam : 145)’….” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Haatim dalam Tafsiir-nya
no. 8011; sanadnya hasan,[1] semua perawinya tsiqaat
kecuali Abu Khaalid Al-Ahmar, seorang yang shaduuq].
أَخْبَرَنِي عَلِيُّ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ دُحَيْمٍ الشَّيْبَانِيُّ بِالْكُوفَةِ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ
حَازِمٍ الْغِفَارِيُّ، ثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شَرِيكٍ
الْمَكِّيُّ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ، عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: " كَانَ أَهْلُ الْجَاهِلِيَّةِ
يَأْكُلُونَ أَشْيَاءَ، وَيَتْرُكُونَ أَشْيَاءَ، تَقَذُّرًا، فَبَعَثَ اللَّهُ
تَعَالَى نَبِيَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآَلِهِ وَسَلَّمَ، وَأَنْزَلَ كِتَابَهُ،
وَأَحَلَّ حَلالَهُ، وَحَرَّمَ حَرَامَهُ، فَمَا أَحَلَّ فَهُوَ حَلالٌ، وَمَا
حَرَّمَ فَهُوَ حَرَامٌ، وَمَا سَكَتَ عَنْهُ فَهُوَ عَفُوٌّ، وَتَلا هَذِهِ
الآيَةَ: قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ "
Telah
mengkhabarkan kepadaku ‘Aliy bin Muhammad bin Duhaim Asy-Syaibaaniy di Kuufah :
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Haazim Al-Ghifaariy : Telah
menceritakan kepada kami Abu Nu’aim : Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Syariik Al-Makkiy, dari ‘Amru bin Diinaar, dari Abul-Sya’tsaa’, dari Ibnu
‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Dulu orang-orang
Jahiliyyah memakan apa saja dan meninggalkan apa saja karena merasa jijik. Lalu
Allah ta’ala mengutus Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa
sallam dan menurunkan kitab-Nya dengan menghalalkan yang dihalalkan-Nya dan
mengharamkan yang diharamkan-Nya. Apa saja yang dihalalkan, maka itu halal;
serta apa saja yang diharamkan, maka itu haram. Adapun yang didiamkan darinya,
maka itu dimaafkan”. Kemudian ia (Ibnu ‘Abbaas) membaca ayat : ‘Katakanlah:
"Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang
diharamkan bagi orang yang hendak memakannya’ (QS. Al-An’aam : 145)
[Diriwayatkan oleh Al-Haakim, 4/110, dan ia berkata : “Hadits ini shahih sanadnya”].
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ عَمْرٌو: قُلْتُ لِجَابِرِ بْنِ
زَيْدٍ: " يَزْعُمُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَهَى عَنْ حُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ، فَقَالَ: قَدْ كَانَ يَقُولُ ذَاكَ الْحَكَمُ
بْنُ عَمْرٍو الْغِفَارِيُّ عِنْدَنَا بِالْبَصْرَةِ، وَلَكِنْ أَبَى ذَاكَ
الْبَحْرُ ابْنُ عَبَّاسٍ، وَقَرَأَ: قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ
مُحَرَّمًا
Telah
menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Abdillah: Telah menceritakan kepada kami
Sufyaan : Telah berkata ‘Amru kepada Jaabir bin Zaid : “Orang-orang menyangka
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang (makan daging)
keledai jinak”. Jaabir berkata : “Hal itu memang pernah dikatakan oleh Al-Hakam
bin ‘Amru Al-Ghifaariy saat berada di sisi kami di Bashrah. Akan tetapi Al-Bahr
bin ‘Abbaas menolaknya seraya ia membaca ayat : ‘Katakanlah: "Tiadalah
aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan...dst
(QS. Al-An’aam : 145)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5529].
Dijawab
:
As-Suyuthiy mendefinisikan hashr
- atau sering juga disebut qashr - adalah:
تخصيص أمر بآخر بطريق مخصوص
. قال أيضا : إثبات الحكم للمذكور ونفيه عما عداه.
“Pengkhususan
satu perkara dengan sesuatu yang lain dengan jalan yang khusus. Dikatakan juga :
penetapan hukum pada sesuatu yang disebutkan dan menafikkannya dari yang
lainnya” [Tahdziib wa Tartiib Al-Itqaan, hal. 393].
Hashr terbagi menjadi dua, yaitu hakiki dan idlaafiy/majaziy.
Hashr hakiki adalah sebagaimana dalam kalimat:
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
“Tidak ada tuhan yang berhak
disembah melainkan Allah”.
Maksudnya, Allah adalah
satu-satunya tuhan yang berhak disembah. Mafhum-nya, selain dari Allah,
maka itu bukan merupakan tuhan yang berhak untuk disembah.
Adapun hashr idlaafiy/majaziy
adalah sebagaimana dalam ayat:
وَمَا مُحَمَّدٌ إِلا
رَسُولٌ
“Muhammad itu tidak lain
hanyalah seorang rasul” [QS. Aali ‘Imraan : 144].
Maksudnya, Muhammad shallallaahu
‘alaihi wa sallam itu disifat dengan Rasul, bukan tuhan yang memiliki sifat
kesempurnaan. Perkataan ini tidaklah menafikkan adanya sifat-sifat lain yang ada
pada diri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Benar, ketika hashr itu
disebutkan secara mutlak, maka maknanya adalah hakiki; kecuali jika kita
temukan keterangan-keterangan kuat yang menghalangi untuk membawanya ke
makna hakiki. Seperti dikatakan : “Tidak ada raja, kecuali ‘Umar”. Pada
asalnya, maknanya adalah ‘Umar adalah satu-satunya raja, sehingga jika ada nama
lain selain ‘Umar disebutkan, maka ia bukan raja. Namun jika ternyata memang
ada raja lain selain ‘Umar, maka hashr dalam kalimat tersebut maknanya idlaafiy.
Oleh karenannya, maksud dari pembicaraan tersebut kemungkinan adalah ‘Umar
adalah satu-satunya raja yang ada di wilayah tertentu, waktu tertentu; atau
‘raja’ yang dimaksudkan di situ adalah raja yang berhasil dalam pemerintahannya.
Bagaimana dengan tiga ayat yang
disebutkan di atas ?.
Hashr dalam tiga ayat di atas bukan hashr hakiki,
karena ada
jenis makanan/minuman lain yang diharamkan selain yang disebutkan dalam ayat-ayat tersebut, dan itu mereka akui pula. Yaitu :
1.
Binatang yang mati tercekik,
terpukul, jatuh, ditanduk, dan diterkam binatang buas.
Allah ta’ala berfirman:
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ
وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ
وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلا مَا ذَكَّيْتُمْ
وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ
“Diharamkan
bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging binatang) yang disembelih
atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang
ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya,
dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala” [QS. Al-Maaidah :
3].
2.
Khamr.
Allah ta’ala berfirman:
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ
كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا
“Mereka bertanya
kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa
yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar
dari manfaatnya" [QS. Al-Baqarah : 219].
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ
وَالأنْصَابُ وَالأزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ
لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Hai orang-orang
yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk)
berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka
jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” [QS.
Al-Maaidah : 190].
Asy-Syinqithiy rahimahullah
berkata:
واعلم أولاً: أن دعوى أنه لا
يحرم مطعوم غير الأربعة المذكورة في هذه الآية باطلة. بإجماع المسلمين لإجماع جميع
المسلمين، ودلالة الكتاب والسنة على تحريم الخمر فهو دليل قاطع على تحريم غير
الأربعة.
ومن زعم أن الخمر حلال لهذه الآية. فهو كافر بلا نزاع بين العلماء،
ومن زعم أن الخمر حلال لهذه الآية. فهو كافر بلا نزاع بين العلماء،
“Pertama-tama
ketahuilah bahwasannya barangsiapa yang mengatakan tidak ada makanan yang
diharamkan kecuali empat hal yang disebutkan dalam ayat ini (yaitu QS. Al-An’aam
: 145), maka itu baathil
berdasarkan kesepakatan kaum muslimin. Yaitu berdasarkan kesepakatan seluruh
kaum muslimin serta
dalil yang berasal dari
Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang pengharaman khamr. Ini adalah dalil yang pasti
tentang pengharaman selain yang empat hal tersebut. Barangsiapa yang menyangka bahwasannya
khamr halal berdasarkan ayat ini, maka ia kafir tanpa perselisihan di kalangan
ulama” [Adlwaaul-Bayaan, 1/521].
Dari sini nampak bahwa
menggunakan kaedah hashr dalam tiga ayat di atas tidak tepat, karena
prakteknya mereka pun memberikan tambahan.
Jika alasan mereka adalah
pengharaman (anjing dan juga yang lainnya selain empat hal yang disebutkan) itu
hanya sekedar karena bersumber pada As-Sunnah, maka ini sangat tidak bisa
dibenarkan.
Sudah
menjadi kaedah yang disepakati oleh Ahlus-Sunnah bahwa hukum dalam syari’at
tidak hanya diambil dari Al-Qur’an, akan tetapi dari juga hadits (shahih) dan
ijma’. Hadits shahih selamanya tidak akan bertentangan dengan Al-Qur’an, karena
ia keluar dari sumber yang sama. Allah ta’ala berfirman:
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ
الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى
“Dan tiadalah yang diucapkannya
itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain
hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” [QS. An-Najm : 3-4].
Asy-Syaafi’iy rahimahullah
berkata:
ولا تكون سنة أبدا تخالف
القرآن
“As-Sunnah tidak mungkin
menyelisihi Al-Qur’an selamanya” [Jimaa’ul-‘Ilm no. 530].
Selain itu, sudah menjadi hal
yang dimaklumi bahwa akal manusia terbatas, sehingga ada kemungkinan seseorang
tidak memahami nash. Maka seharusnya, ketika kita melihat sebuah hadits shahih
yang seolah-olah bertentangan dengan Al-Qur’an, kita jangan buru-buru melempar husnudhdhan
kita pada diri kita (yang lemah) dan melempar su’udhdhan kita pada
hadits dengan menolaknya karena kita anggap bertentangan.
Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
لَا أُلْفِيَنَّ أَحَدَكُمْ
مُتَّكِئًا عَلَى أَرِيكَتِهِ يَأْتِيهِ أَمْرٌ مِمَّا أَمَرْتُ بِهِ أَوْ
نَهَيْتُ عَنْهُ فَيَقُولُ: لَا أَدْرِي مَا وَجَدْنَا فِي كِتَابِ اللَّهِ
اتَّبَعْنَاهُ
“Hampir
saja aku dapati salah seorang di antara kalian bersandar di atas singgasananya,
ketika datang kepadanya satu perkara yang aku perintahkan dengannya atau aku
larang darinya, maka ia berkata : ‘Aku tidak tahu. Apa yang kami dapati dari Kitabullah, maka kami
mengikutinya”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4605, At-Tirmidziy no. 2663, Ibnu Maajah no.
13, dan yang lainnya; At-Tirmidziy berkata : “Ini hadits hasan shahih”].
Asy-Syaafi’iy rahimahullah kemudian
mengomentarinya:
وفي هذا تثبيت الخبر عن رسول
الله صلى الله عليه و سلم وإعلامهم أنه لازم لهم وإن لم يجدوا فيه نصا في كتاب
الله
“Dalam
hadits ini terdapat penetapan khabar dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dan pemberitahuan kepada mereka bahwasannya wajib bagi mereka (untuk
mengambil hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam) sekalipun mereka
tidak mendapati nashnya dalam Kitabullah” [Miftaahul-Jannah oleh As-Suyuuthiy, hal. 20].
Hadits-hadits
shahih (tentang pengharaman daging anjing) yang disebutkan di awal artikel
merupakan hujjah dan tambahan hukum selain yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Dan
itu merupakan tambahan dari empat macam keharaman yang disebutkan dalam QS.
Al-Baqarah : 173, An-Nahl : 115, dan Al-An’aam : 145.
Tentang perkataan sebagian
salaf yang menyelisihi hadits yang disebutkan, apakah layak perkataan mereka
disandingkan dengan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ?.
Allah ta’ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا
لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ
اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Hai orang-orang yang
beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada
Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS.
Al-Hujuraat : 1].
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا
مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ
مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا
“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan
tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah
menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang
urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah
dia telah sesat, sesat yang nyata” [QS. Al-Ahzaab : 36].
Larangan dan pengharaman
binatang yang mempunyai taring adalah shahih, diriwayatkan oleh beberapa orang
shahabat, tercantum dalam kitab Shahiih Al-Bukhaariy dan Shahih Muslim. Barangsiapa
yang mengatakan hadits tersebut lemah, maka ia termasuk orang bodoh yang tidak
mengerti hadits dan ilmu hadits.
Ditambah lagi dengan adanya beberapa pengharaman
makanan lain yang sangat tegas dan jelas ditunjukkan dalam hadits-hadits, di luar empat
jenis tersebut. Misalnya pengharaman daging keledai jinak.
‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu
‘anhu pernah berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ نِكَاحِ الْمُتْعَةِ يَوْمَ خَيْبَرَ وَعَنْ لُحُومِ
الْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ
“Bahwasannya
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melarang nikah mut’ah dan
(memakan) daging keledai jinak pada hari (peperangan) Khaibar” [Diriwayatkan
oleh Al-Bukhaariy no. 4216 & 5115 & 5523 dan Muslim no. 1407].
Jika
kita (Ahlus-Sunnah) bersepakat bahwa nikah mut’ah adalah terlarang (yang salah
satunya) berdasarkan hadits ini, apakah kemudian kita akan mengatakan daging
keledai itu halal, padahal larangan dua hal itu ditetapkan oleh Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pada waktu yang sama ?. Tentu tidak.
Perlu dicatat, hadits pengharaman
keledai jinak diriwayatkan secara mutawatir oleh banyak shahabat radliyallaahu
‘anhu.[2]
Ini sebagai bukti kuat hashr
yang disebutkan dalam tiga ayat di atas bukanlah hashr hakiki.
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas
permai – 18042014 – 16:55].
[1] Hanya saja,
Ad-Daaraquthniy menta’lilnya bahwasannya yang benar adalah dengan sanad : ‘dari
Yahyaa bin Sa’iid, dari ‘Abdurrahmaan bin Al-Qaasim, dari ayahnya, dari
‘Aaisyah’.
Baik dengan perantara ‘Abdurrahmaan bin Al-Qaasim ataupun
tidak, maka sanadnya tetap hasan karena ‘Abdurrahmaan adalah seorang yang tsiqah.
[2] Diantaranya
: Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’uud, Anas bin Maalik, Ibnu ‘Abbaas, Jaabir bin ‘Abdillah,
Abu Tsa’labah, ‘Abdullah bin Abi Aufaa, ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al-‘Aash, Al-Barraa’ bin ‘Aazib, ‘Irbaadl bin Saariyyah,
Ghaalib bin Abhaar, Abu Sa’iid Al-Khudriy, Salamah bin Al-Akwaa’, Al-Miqdaad
bin Ma’di Kariib, Al-Hakam bin ‘Amru, dan Abu Saliith radliyallaahu ‘anhum.
Comments
Assalamu alaikum,
Ustadz, kalo hadits, tidak halal darah seorang muslim untuk ditumpahkan kecuali karena salah satu dari tiga perkara; pezina muhshan, qishash, orang yang murtad yang memisahkan diri dari jamaah. (HR. Bukhari-Muslim)
Hashr dalam hadits tersebut termasuk hashr yang haqiqi atau idhafi ustadz?
saya masih awam dengan ilmu seperti ini, banyak yang harus diperdalam
Posting Komentar