Para
ulama berselisih pendapat tentang keshahihan rantai sanad ‘Amru bin Syu’aib,
dari ayahnya, dari kakeknya (عَنْ عَمْرِو بْنِ
شُعَيْبٍ ، عَنْ أَبِيهِ ،
عَنْ جَدِّهِ). Yang raajih, jalur riwayat
ini shahih (atau minimal hasan) dan sanadnya bersambung. Inilah madzhab jumhur
ulama.
At-Tirmidziy rahimahullah berkata:
وَعَمْرُو
بْنُ شُعَيْبٍ هُوَ: ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ
الْعَاصِ، قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيل: رَأَيْتُ أَحْمَدَ، وَإِسْحَاق،
وَذَكَرَ غَيْرَهُمَا يَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، قَالَ
مُحَمَّدٌ: وَقَدْ سَمِعَ شُعَيْبُ بْنُ مُحَمَّدٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرٍوَ، قَالَ أَبُو عِيسَى: وَمَنْ تَكَلَّمَ فِي حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ
شُعَيْبٍ إِنَّمَا ضَعَّفَهُ، لِأَنَّهُ يُحَدِّثُ عَنْ صَحِيفَةِ جَدِّهِ
كَأَنَّهُمْ رَأَوْا أَنَّهُ لَمْ يَسْمَعْ هَذِهِ الْأَحَادِيثَ مِنْ جَدِّهِ،
قَالَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ: وَذُكِرَ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، أَنَّهُ
قَالَ: حَدِيثُ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عِنْدَنَا وَاهٍ
“Dan ‘Amru bin Syu’aib, ia adalah : Ibnu Muhammad
bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Muhammad bin Ismaa’iil (Al-Bukhaariy)
berkata : “Aku melihat Ahmad, Ishaaq, dan yang lainnya berhujjah dengan hadits
‘Amru bin Syu’aib”. Muhammad (kembali) berkata : “Syu’aib bin Muhammad
benar-benar telah mendengar dari kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru”. Abu ‘Iisaa
berkata : “Dan orang yang membicarakan hadits ‘Amru bin Syu’aib, mereka
hanyalah mendla’ifkannya karena ia meriwayatkan hadits dari shahiifah kakeknya.
Seakan-akan mereka berpandangan ia tidak mendengar hadits-hadits ini dari
kakeknya. ‘Aliy bin ‘Abdillah berkata : Disebutkan Yahyaa bin Sa’iid, ia
berkata : “Hadits ‘Amru bin Syu’aib di sisi kami lemah (waahin)” [Jaami’
At-Tirmidziy 1/354].
وَعَمْرُو
بْنُ شُعَيْبٍ هُوَ ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ
الْعَاصِ، وَشُعَيْبٌ قَدْ سَمِعَ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو،
وَقَدْ تَكَلَّمَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ فِي حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ،
وَقَالَ: هُوَ عِنْدَنَا وَاهٍ وَمَنْ ضَعَّفَهُ فَإِنَّمَا ضَعَّفَهُ مِنْ قِبَلِ
أَنَّهُ يُحَدِّثُ مِنْ صَحِيفَةِ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، وَأَمَّا
أَكْثَرُ أَهْلِ الْحَدِيثِ فَيَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ
فَيُثْبِتُونَهُ، مِنْهُمْ أَحْمَدُ، وَإِسْحَاق وَغَيْرُهُمَا
“Dan
‘Amru Syu’aib, ia adalah : Ibnu Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash.
Syu’aib sungguh telah mendengar riwayat dari kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin
‘Amru. Yahyaa bin Sa’iid membicarakan hadits ‘Amru bin Syu’aib. Ia berkata :
“Ia di sisi kami lemah (waahin)”. Orang yang mendla’ifkannya hanyalah
dari sisi bahwa ia meriwayatkan hadits dari shahiifah kakeknya, yaitu
‘Abdullah bin ‘Amru. Adapun kebanyakan ulama hadits berhujjah dengan hadits
‘Amru bin Syu’aib dan menshahihkannya. Diantaranya Ahmad, Ishaaq, dan yang
lainnya” [idem, 2/26].
Selain
yang telah ternukil dari riwayat At-Tirmidziy di atas, dalam riwayat lain Al-Bukhaariy rahimahullah berkata:
ورأيت
أَحْمَد بْن حنبل، وعلي بْن عَبْد اللَّه، والحميدي، وإِسْحَاق بْن إِبْرَاهِيم
يحتجون بحديث عَمْرو بْن شعيب، عَنْ أَبِيهِ
“Dan aku pernah melihat Ahmad bin Hanbal, ‘Aliy
bin ‘Abdillah, Al-Humaidiy, dan Ishaaq bin Ibraahiim berhujjah dengan hadits
‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya” [At-Taariikh Al-Kabiir, 6/342-343].
رَأَيْتُ
أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ، وَعَلِيَّ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ، وَالْحُمَيْدِيَّ،
وَإِسْحَاقَ بْنَ إِبْرَاهِيمَ يَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ،
عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ
“Dan aku pernah melihat Ahmad bin Hanbal, ‘Aliy bin
‘Abdillah, Al-Humaidiy, dan Ishaaq bin Ibraahiim berhujjah dengan hadits ‘Amru
bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya”
[As-Sunan Al-Kubraa lil-Baihaqiy, 7/316].
Al-Haakim
rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ
عَلِيَّ بْنَ عُمَرَ الْحَافِظَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ زِيَادٍ
الْفَقِيهُ النَّيْسَابُورِيُّ، يَقُولُ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ
حَمْدَانَ الْوَرَّاقَ، يَقُولُ: قُلْتُ لأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ: عَمْرُو بْنُ
شُعَيْبٍ سَمِعَ مِنْ أَبِيهِ شَيْئًا، فَقَالَ: هُوَ عَمْرُو بْنُ شُعَيْبِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، وَقَدْ صَحَّ سَمَاعُ عَمْرِو بْنِ
شُعَيْبٍ مِنْ أَبِيهِ شُعَيْبٍ، وَصَحَّ سَمَاعُ شُعَيْبٍ، مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Aku
mendengar ‘Aliy bin ‘Umar Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abu Bakr bin
Ziyaad Al-Faqiih An-Naisaabuuriy berkata : Aku mendengar Muhammad bin ‘Aliy bin
Hamdaan Al-Warraaq berkata : Aku berkata kepada Ahmad bin Hanbal : “Apakah ‘Amru
bin Syu’aib mendengar sesuatu dari ayahnya ?”. Ia menjawab : “Ia adalah ‘Amru
bin Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru. Sungguh telah shahih
penyimakan ‘Amru bin Syu’aib dari ayahnya, yaitu Syu’aib. Dan telah shahih pula
penyimakan Syu’aib dari ayahnya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru” [Al-Mustadrak 2/47;
sanadnya shahih].
Ibnu
‘Adiy rahimahullah berkata:
وحكى
الْحَسَن بْن سُفْيَان، عَن إِسْحَاق بْن راهويه، قَالَ: عمرو بْن شعيب، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ كأيوب، عَن نافع، عَنِ ابْنِ عُمَرَ.
“Dan
dihikayatkan oleh Al-Hasan bin Sufyaan, dari Ishaaq bin Rahawaih, ia berkata :
“’Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya seperti Ayyuub, dari Naafi’,
dari Ibnu ‘Umar” [Al-Kaamil, 6/202].
Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ
أَبَا عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا الْوَلِيدِ الْفَقِيهَ،
يَقُولُ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْنَ سُفْيَانَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ إِسْحَاقَ بْنَ
رَاهَوَيْهِ، يَقُولُ: إِذَا كَانَ الرَّاوِي، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ ثِقَةٌ
فَهُوَ كَأَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَر
“Aku
mendengar Abu ‘Abdillah Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abul-Waliid
Al-Faqiih berkata : Aku mendengar Al-Hasan bin Sufyaan berkata : Aku mendengar
Ishaaq bin Rahawaih berkata : “Apabila perawi yang meriwayatkan dari Syu’aib
seorang yang tsiqah, maka kedudukannya seperti Ayyuub, dari Naafi’, dari
Ibnu ‘Umar” [As-Sunan Al-Kubraa, 7/316].
هو
عمرو بن شعيب بن محمد بن عبد الله بن عمرو بن العاص وقد صح سماع عمرو من أبيه شعيب
وصح سماع شعيب من جده عبد الله بن عمرو
“Ia adalah ‘Amru bin Syu’aib bin Muhammad bin
‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Shahih penyimakan ‘Amru dari ayahnya, yaitu
Syu’aib. Dan telah shahih pula penyimakan Syu’aib dari kakeknya, yaitu
‘Abdullah bin ‘Amru” [Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir dalam At-Taariikh
46/87; sanadnya shahih].
Ad-Daaraquthniy
rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ
أَبَا بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيَّ، يَقُولُ: هُوَ عَمْرُو بْنُ شُعَيْبِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، وَقَدْ صَحَّ سَمَاعُ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ شُعَيْبٍ، وَصَحَّ سَمَاعُ شُعَيْبٍ، مِنْ
جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Aku
mendengar Abu Bakr An-Naisaabuuriy berkata : ‘Ia adalah ‘Amru bin Syu’aib bin
Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Dan telah shahih penyimakan
‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya – Syu’aib - , serta shahih pula penyimakan
Syu’aib dari kakeknya ‘Abdullah bin ‘Amru” [Sunan Ad-Daaraquthniy 3/40].
قول
أبي حاتم: لم يصح سماع شعيب والد عمرو، من جده عَبْد اللَّهِ بْن عمرو خطأ.رَوَى
عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرٍو الْعُمَرِيُّ، وَهُو مِنَ الأَئِمَّةِ الْعُدُولِ،
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ قَالَ: " كُنْتُ جَالِسًا
عِنْدَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، فَجَاءَ رَجُلٌ فَاسْتَفْتَاهُ فِي
مَسْأَلَةٍ ذَكَرَهَا، فَقَالَ لِي: يَا شُعَيْبُ، امْضِ مَعَهُ إِلَى ابْنِ
عَبَّاسٍ .فَمَضَيْتُ مَعَهُ، ثُمَّ رَجَعْتُ إِلَيْهِ، فَأَخْبَرْتُهُ
بِجَوَابِهِ، فَقَالَ لِي: يَا شُعَيْبُ، امْضِ مَعَهُ إِلَى ابْنِ عُمَرَ ".
هَذَا
مَعْنَى الْحِكَايَةِ، فَقَدْ صَحَّ بِهَذَا سَمَاعُ شُعَيْبٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ
اللَّهِ، وَضَبَطَهُ عَنْهُ.
“Perkataan Abu Haatim : ‘Tidak shahih penyimakan
Syu’aib - ayah ‘Amru – dari kakeknya ‘Abdullah bin ‘Amru’, adalah keliru. Diriwayatkan oleh
‘Ubaidullah bin ‘Umar Al-‘Umariy – dan ia termasuk di antara para imam yang
‘adil - , dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, ia berkata : Aku pernah duduk
di sisi ‘Abdullah bin ‘Amru. Lalu datang seorang laki-laki untuk meminta fatwa
kepadanya tentang satu permasalahan. ‘Abdullah bin ‘Amru berkata kepadaku :
“Wahai Syu’aib, pergilah bersamanya menuju Ibnu ‘Abbaas”. Lalu aku pun pergi
bersamanya. (Setelah selesai), aku kembali kepadanya, lantas aku khabarkan
jawabannya. ‘Abdullah bin ‘Amru berkata kepadaku : “Wahai Syu’aib, pergilah
bersamanya menuju Ibnu ‘Umar”[1].
Inilah
makna hikayat : Telah shahih dengan riwayat ini penyimakan Syu’aib dari
kakeknya dan ia menghapal darinya” [Ta’liqaat Al-Majruuhiin 1/168].
Adz-Dzahabiy
rahimahullah berkata:
وقال
ابن عدى: عمرو بن شعيب في نفسه ثقة، إلا إذا روى عن أبيه، عن جده، عن النبي صلى
الله عليه وسلم يكون مرسلا، لان جده عنده محمد بن عبدالله بن عمرو، ولا صحبة له.
قلت:
هذا لا شئ، لان شعيبا ثبت سماعه من عبدالله، وهو الذي رباه حتى قيل إن محمدا مات
في حياة أبيه عبدالله، فكفل شعيبا جده عبدالله، فإذا قال: عن أبيه، ثم قال: عن جده
- فإنما يريد بالضمير في جده أنه عائد إلى شعيب.....................
وصح
أيضا أن شعيبا سمع من معاية، وقد مات معاوية قبل عبدالله بن عمرو بسنوات، فلا ينكر
له السماع من جده سيما وهو الذي رباه وكفله
“Ibnu
‘Adiy berkata : ‘Amru bin Syu’aib seorang yang tsiqah, kecuali jika ia
meriwayatkan dari ayahnya, dari kakeknya, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam yang berstatus mursal. Hal itu dikarenakan kakek ‘Amru yang
bernama Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru tidak berstatus sebagai shahabat’.
Aku
(Adz-Dzahabiy) berkata : ‘Perkataan ini tidak ada nilainya, karena Syu’aib
shahih penyimakannya dari ‘Abdullah. Ia (‘Abdullah) yang membesarkannya hingga
dikatakan : sesungguhnya Muhammad meninggal pada waktu ayahnya, ‘Abdullah,
masih hidup. Lalu Syu’aib dipelihara oleh kakeknya, ‘Abdullah. Maka apabila ia
berkata : ‘dari ayahnya’, kemudian ia berkata : ‘dari kakeknya’ – maka yang
dimaksudkan dlamir dalam kata ‘kakeknya’ ini adalah kakek dari Syu’aib………
Dan
telah shahih juga bahwa Syu’aib mendengar riwayat dari Mu’aawiyyah, sedangkan
Mu’aawiyyah meninggal beberapa tahun sebelum ‘Abdullah (bin ‘Amru). Maka
penyimakan riwayatnya dari kakeknya tidaklah diingkari, terlebih kakeknya lah
yang membesarkan dan merawatnya” [Miizaanul-I’tidaal, 3/266-267].
Al-‘Iraaqiy
rahimahullah berkata:
قد
صح سَماع شُعَيْب من عبد الله بن عَمْرو كما صرح به البخاري في التاريخ و احمد كما
رواه الدارقطني و البيهقي في السنن باسناد صحيح
“Sungguh
telah shahih penyimakan Syu’aib bin ‘Abdillah bin ‘Amru sebagaimana dijelaskan
oleh Al-Bukhaariy dalam At-Taariikh, serta Ahmad sebagaimana
diriwayatkan Ad-Daaraquthniy dan Al-Baihaqiy dalam As-Sunan dengan sanad
shahih” [Fathul-Mughiits, 4/69].
Ibnu
Hajar rahimahullah berkata:
شعيب
بن محمد بن عبد الله بن عمرو بن العاص, صدوق ، ثبت سماعه من جده
“Syu’aib
bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash, seorang yang shaduuq
dan tsabt penyimakan riwayatnya dari kakeknya” [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 438 no. 2822].
Ini
saja yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
Wallaahu
a’lam.
[abul-jauzaa’
– 10032014 – 01:55].
[1] Atsar ini
shahih, diriwayatkan oleh Al-Haakim dalam Al-Mustadrak 2/65 : Telah
menceritakan kepadaku Abul-Hasan ‘Aliy bin ‘Umar Al-Haafidh : Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr ‘Abdullah bin Muhammad bin Ziyaad Al-Faqiih
An-Naisaabuuriy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Ubaid : Telah
menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari ‘Amru bin Syu’aib, dari
ayahnya : Bahwasannya seorang laki-laki mendatangi ‘Abdullah bin ‘Amru untuk
menanyakan tentang orang yang melakukan ihram yang mencampuri
istrinya……dst.
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa
5/167-168, dan kemudian berkata:
هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ، وَفِيهِ دَلِيلٌ
عَلَى صِحَّةِ سَمَاعِ شُعَيْبِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، مِنْ جَدِّهِ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Sanad riwayat
ini shahih. Dan padanya terdapat dalil tentang shahihnya penyimakan Syu’aib bin
Muhammad bin ‘Abdillah, dari kakeknya yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru”.
Comments
Posting Komentar