Keshahihan Sanad Riwayat ‘Amru bin Syu’aib dari Ayahnya dari Kakeknya


Para ulama berselisih pendapat tentang keshahihan rantai sanad ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya (عَنْ  عَمْرِو  بْنِ  شُعَيْبٍ ، عَنْ  أَبِيهِ ، عَنْ  جَدِّهِ). Yang raajih, jalur riwayat ini shahih (atau minimal hasan) dan sanadnya bersambung. Inilah madzhab jumhur ulama.
At-Tirmidziy rahimahullah berkata:
وَعَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ هُوَ: ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيل: رَأَيْتُ أَحْمَدَ، وَإِسْحَاق، وَذَكَرَ غَيْرَهُمَا يَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، قَالَ مُحَمَّدٌ: وَقَدْ سَمِعَ شُعَيْبُ بْنُ مُحَمَّدٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍوَ، قَالَ أَبُو عِيسَى: وَمَنْ تَكَلَّمَ فِي حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ إِنَّمَا ضَعَّفَهُ، لِأَنَّهُ يُحَدِّثُ عَنْ صَحِيفَةِ جَدِّهِ كَأَنَّهُمْ رَأَوْا أَنَّهُ لَمْ يَسْمَعْ هَذِهِ الْأَحَادِيثَ مِنْ جَدِّهِ، قَالَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ: وَذُكِرَ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، أَنَّهُ قَالَ: حَدِيثُ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عِنْدَنَا وَاهٍ
“Dan ‘Amru bin Syu’aib, ia adalah : Ibnu Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Muhammad bin Ismaa’iil (Al-Bukhaariy) berkata : “Aku melihat Ahmad, Ishaaq, dan yang lainnya berhujjah dengan hadits ‘Amru bin Syu’aib”. Muhammad (kembali) berkata : “Syu’aib bin Muhammad benar-benar telah mendengar dari kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru”. Abu ‘Iisaa berkata : “Dan orang yang membicarakan hadits ‘Amru bin Syu’aib, mereka hanyalah mendla’ifkannya karena ia meriwayatkan hadits dari shahiifah kakeknya. Seakan-akan mereka berpandangan ia tidak mendengar hadits-hadits ini dari kakeknya. ‘Aliy bin ‘Abdillah berkata : Disebutkan Yahyaa bin Sa’iid, ia berkata : “Hadits ‘Amru bin Syu’aib di sisi kami lemah (waahin)” [Jaami’ At-Tirmidziy 1/354].
وَعَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ هُوَ ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، وَشُعَيْبٌ قَدْ سَمِعَ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، وَقَدْ تَكَلَّمَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ فِي حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، وَقَالَ: هُوَ عِنْدَنَا وَاهٍ وَمَنْ ضَعَّفَهُ فَإِنَّمَا ضَعَّفَهُ مِنْ قِبَلِ أَنَّهُ يُحَدِّثُ مِنْ صَحِيفَةِ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، وَأَمَّا أَكْثَرُ أَهْلِ الْحَدِيثِ فَيَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ فَيُثْبِتُونَهُ، مِنْهُمْ أَحْمَدُ، وَإِسْحَاق وَغَيْرُهُمَا
“Dan ‘Amru Syu’aib, ia adalah : Ibnu Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Syu’aib sungguh telah mendengar riwayat dari kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru. Yahyaa bin Sa’iid membicarakan hadits ‘Amru bin Syu’aib. Ia berkata : “Ia di sisi kami lemah (waahin)”. Orang yang mendla’ifkannya hanyalah dari sisi bahwa ia meriwayatkan hadits dari shahiifah kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru. Adapun kebanyakan ulama hadits berhujjah dengan hadits ‘Amru bin Syu’aib dan menshahihkannya. Diantaranya Ahmad, Ishaaq, dan yang lainnya” [idem, 2/26].
Selain yang telah ternukil dari riwayat At-Tirmidziy di atas, dalam riwayat lain Al-Bukhaariy rahimahullah berkata:
ورأيت أَحْمَد بْن حنبل، وعلي بْن عَبْد اللَّه، والحميدي، وإِسْحَاق بْن إِبْرَاهِيم يحتجون بحديث عَمْرو بْن شعيب، عَنْ أَبِيهِ
“Dan aku pernah melihat Ahmad bin Hanbal, ‘Aliy bin ‘Abdillah, Al-Humaidiy, dan Ishaaq bin Ibraahiim berhujjah dengan hadits ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya” [At-Taariikh Al-Kabiir, 6/342-343].
رَأَيْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ، وَعَلِيَّ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ، وَالْحُمَيْدِيَّ، وَإِسْحَاقَ بْنَ إِبْرَاهِيمَ يَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ
Dan aku pernah melihat Ahmad bin Hanbal, ‘Aliy bin ‘Abdillah, Al-Humaidiy, dan Ishaaq bin Ibraahiim berhujjah dengan hadits ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya” [As-Sunan Al-Kubraa lil-Baihaqiy, 7/316].
Al-Haakim rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ عَلِيَّ بْنَ عُمَرَ الْحَافِظَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ زِيَادٍ الْفَقِيهُ النَّيْسَابُورِيُّ، يَقُولُ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ حَمْدَانَ الْوَرَّاقَ، يَقُولُ: قُلْتُ لأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ: عَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ سَمِعَ مِنْ أَبِيهِ شَيْئًا، فَقَالَ: هُوَ عَمْرُو بْنُ شُعَيْبِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، وَقَدْ صَحَّ سَمَاعُ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ مِنْ أَبِيهِ شُعَيْبٍ، وَصَحَّ سَمَاعُ شُعَيْبٍ، مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Aku mendengar ‘Aliy bin ‘Umar Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abu Bakr bin Ziyaad Al-Faqiih An-Naisaabuuriy berkata : Aku mendengar Muhammad bin ‘Aliy bin Hamdaan Al-Warraaq berkata : Aku berkata kepada Ahmad bin Hanbal : “Apakah ‘Amru bin Syu’aib mendengar sesuatu dari ayahnya ?”. Ia menjawab : “Ia adalah ‘Amru bin Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru. Sungguh telah shahih penyimakan ‘Amru bin Syu’aib dari ayahnya, yaitu Syu’aib. Dan telah shahih pula penyimakan Syu’aib dari ayahnya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru” [Al-Mustadrak 2/47; sanadnya shahih].
Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata:
وحكى الْحَسَن بْن سُفْيَان، عَن إِسْحَاق بْن راهويه، قَالَ: عمرو بْن شعيب، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ كأيوب، عَن نافع، عَنِ ابْنِ عُمَرَ.
“Dan dihikayatkan oleh Al-Hasan bin Sufyaan, dari Ishaaq bin Rahawaih, ia berkata : “’Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya seperti Ayyuub, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar” [Al-Kaamil, 6/202].
Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا الْوَلِيدِ الْفَقِيهَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْنَ سُفْيَانَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ إِسْحَاقَ بْنَ رَاهَوَيْهِ، يَقُولُ: إِذَا كَانَ الرَّاوِي، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ ثِقَةٌ فَهُوَ كَأَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَر
“Aku mendengar Abu ‘Abdillah Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abul-Waliid Al-Faqiih berkata : Aku mendengar Al-Hasan bin Sufyaan berkata : Aku mendengar Ishaaq bin Rahawaih berkata : “Apabila perawi yang meriwayatkan dari Syu’aib seorang yang tsiqah, maka kedudukannya seperti Ayyuub, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar” [As-Sunan Al-Kubraa, 7/316].
هو عمرو بن شعيب بن محمد بن عبد الله بن عمرو بن العاص وقد صح سماع عمرو من أبيه شعيب وصح سماع شعيب من جده عبد الله بن عمرو
“Ia adalah ‘Amru bin Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Shahih penyimakan ‘Amru dari ayahnya, yaitu Syu’aib. Dan telah shahih pula penyimakan Syu’aib dari kakeknya, yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru” [Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asaakir dalam At-Taariikh 46/87; sanadnya shahih].
Ad-Daaraquthniy rahimahullah berkata:
سَمِعْتُ أَبَا بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيَّ، يَقُولُ: هُوَ عَمْرُو بْنُ شُعَيْبِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، وَقَدْ صَحَّ سَمَاعُ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ شُعَيْبٍ، وَصَحَّ سَمَاعُ شُعَيْبٍ، مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Aku mendengar Abu Bakr An-Naisaabuuriy berkata : ‘Ia adalah ‘Amru bin Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash. Dan telah shahih penyimakan ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya – Syu’aib - , serta shahih pula penyimakan Syu’aib dari kakeknya ‘Abdullah bin ‘Amru” [Sunan Ad-Daaraquthniy 3/40].
قول أبي حاتم: لم يصح سماع شعيب والد عمرو، من جده عَبْد اللَّهِ بْن عمرو خطأ.رَوَى عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرٍو الْعُمَرِيُّ، وَهُو مِنَ الأَئِمَّةِ الْعُدُولِ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ قَالَ: " كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، فَجَاءَ رَجُلٌ فَاسْتَفْتَاهُ فِي مَسْأَلَةٍ ذَكَرَهَا، فَقَالَ لِي: يَا شُعَيْبُ، امْضِ مَعَهُ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ .فَمَضَيْتُ مَعَهُ، ثُمَّ رَجَعْتُ إِلَيْهِ، فَأَخْبَرْتُهُ بِجَوَابِهِ، فَقَالَ لِي: يَا شُعَيْبُ، امْضِ مَعَهُ إِلَى ابْنِ عُمَرَ ".
هَذَا مَعْنَى الْحِكَايَةِ، فَقَدْ صَحَّ بِهَذَا سَمَاعُ شُعَيْبٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ، وَضَبَطَهُ عَنْهُ.
“Perkataan Abu Haatim : ‘Tidak shahih penyimakan Syu’aib - ayah ‘Amru – dari kakeknya ‘Abdullah bin ‘Amru’, adalah keliru. Diriwayatkan oleh ‘Ubaidullah bin ‘Umar Al-‘Umariy – dan ia termasuk di antara para imam yang ‘adil - , dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, ia berkata : Aku pernah duduk di sisi ‘Abdullah bin ‘Amru. Lalu datang seorang laki-laki untuk meminta fatwa kepadanya tentang satu permasalahan. ‘Abdullah bin ‘Amru berkata kepadaku : “Wahai Syu’aib, pergilah bersamanya menuju Ibnu ‘Abbaas”. Lalu aku pun pergi bersamanya. (Setelah selesai), aku kembali kepadanya, lantas aku khabarkan jawabannya. ‘Abdullah bin ‘Amru berkata kepadaku : “Wahai Syu’aib, pergilah bersamanya menuju Ibnu ‘Umar”[1].
Inilah makna hikayat : Telah shahih dengan riwayat ini penyimakan Syu’aib dari kakeknya dan ia menghapal darinya” [Ta’liqaat Al-Majruuhiin 1/168].
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata:
وقال ابن عدى: عمرو بن شعيب في نفسه ثقة، إلا إذا روى عن أبيه، عن جده، عن النبي صلى الله عليه وسلم يكون مرسلا، لان جده عنده محمد بن عبدالله بن عمرو، ولا صحبة له.
قلت: هذا لا شئ، لان شعيبا ثبت سماعه من عبدالله، وهو الذي رباه حتى قيل إن محمدا مات في حياة أبيه عبدالله، فكفل شعيبا جده عبدالله، فإذا قال: عن أبيه، ثم قال: عن جده - فإنما يريد بالضمير في جده أنه عائد إلى شعيب.....................
وصح أيضا أن شعيبا سمع من معاية، وقد مات معاوية قبل عبدالله بن عمرو بسنوات، فلا ينكر له السماع من جده سيما وهو الذي رباه وكفله
“Ibnu ‘Adiy berkata : ‘Amru bin Syu’aib seorang yang tsiqah, kecuali jika ia meriwayatkan dari ayahnya, dari kakeknya, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berstatus mursal. Hal itu dikarenakan kakek ‘Amru yang bernama Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru tidak berstatus sebagai shahabat’.
Aku (Adz-Dzahabiy) berkata : ‘Perkataan ini tidak ada nilainya, karena Syu’aib shahih penyimakannya dari ‘Abdullah. Ia (‘Abdullah) yang membesarkannya hingga dikatakan : sesungguhnya Muhammad meninggal pada waktu ayahnya, ‘Abdullah, masih hidup. Lalu Syu’aib dipelihara oleh kakeknya, ‘Abdullah. Maka apabila ia berkata : ‘dari ayahnya’, kemudian ia berkata : ‘dari kakeknya’ – maka yang dimaksudkan dlamir dalam kata ‘kakeknya’ ini adalah kakek dari Syu’aib………
Dan telah shahih juga bahwa Syu’aib mendengar riwayat dari Mu’aawiyyah, sedangkan Mu’aawiyyah meninggal beberapa tahun sebelum ‘Abdullah (bin ‘Amru). Maka penyimakan riwayatnya dari kakeknya tidaklah diingkari, terlebih kakeknya lah yang membesarkan dan merawatnya” [Miizaanul-I’tidaal, 3/266-267].
Al-‘Iraaqiy rahimahullah berkata:
قد صح سَماع شُعَيْب من عبد الله بن عَمْرو كما صرح به البخاري في التاريخ و احمد كما رواه الدارقطني و البيهقي في السنن باسناد صحيح
“Sungguh telah shahih penyimakan Syu’aib bin ‘Abdillah bin ‘Amru sebagaimana dijelaskan oleh Al-Bukhaariy dalam At-Taariikh, serta Ahmad sebagaimana diriwayatkan Ad-Daaraquthniy dan Al-Baihaqiy dalam As-Sunan dengan sanad shahih” [Fathul-Mughiits, 4/69].
Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
شعيب بن محمد بن عبد الله بن عمرو بن العاص, صدوق ، ثبت سماعه من جده
“Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Amru bin Al-‘Aash, seorang yang shaduuq dan tsabt penyimakan riwayatnya dari kakeknya” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 438 no. 2822].
Ini saja yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – 10032014 – 01:55].




[1]      Atsar ini shahih, diriwayatkan oleh Al-Haakim dalam Al-Mustadrak 2/65 : Telah menceritakan kepadaku Abul-Hasan ‘Aliy bin ‘Umar Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr ‘Abdullah bin Muhammad bin Ziyaad Al-Faqiih An-Naisaabuuriy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Ubaid : Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya : Bahwasannya seorang laki-laki mendatangi ‘Abdullah bin ‘Amru untuk menanyakan tentang orang yang melakukan ihram yang mencampuri istrinya……dst.
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 5/167-168, dan kemudian berkata:
هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ، وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى صِحَّةِ سَمَاعِ شُعَيْبِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
“Sanad riwayat ini shahih. Dan padanya terdapat dalil tentang shahihnya penyimakan Syu’aib bin Muhammad bin ‘Abdillah, dari kakeknya yaitu ‘Abdullah bin ‘Amru”.

Comments