Al-Baihaqiy rahimahullah berkata :
أَخْبَرَنَا
أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ الْعَلَوِيُّ، أنبأ أَبُو نَصْرٍ
مُحَمَّدُ بْنُ حَمْدَوَيْهِ بْنِ سَهْلٍ الْغَازِي، ثنا مَحْمُودُ بْنُ آدَمَ
الْمَرْوَزِيُّ، ثنا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي رَاشِدٍ،
عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ: قَالَ حُذَيْفَةُ لِعَبْدِ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ
مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: " عُكُوفًا بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ أَبِي
مُوسَى، وَقَدْ عَلِمْتُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: لا اعْتِكَافَ إِلا فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، أَوْ قَالَ: إِلا فِي
الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ "، فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ: لَعَلَّكَ نَسِيتَ
وَحَفِظُوا، أَوْ أَخْطَأْتَ وَأَصَابُوا.
Telah mengkhabarkan kepada kami Abul-Hasan
Muhammad bin Al-Husain Al-‘Alawiy : Telah memberitakan Abu Nashr Muhammad bin
Hamdawaih bin Sahl Al-Ghaaziy : Telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin
Aadam Al-Marwaziy : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin ‘Uyainah, dari
Jaami’ bin Abi Raasyid, dari Abu Waail, ia berkata : Telah berkata Hudzaifah
kepada ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu : “Orang-orang
beri’tikaaf antara rumahmu dan rumah Abu Muusaa. Dan sungguh aku mengetahui
bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Tidak
sah i’tikaaf kecuali di Masjidil-Haraam – atau beliau berkata : ‘kecuali
di tiga masjid”. Lalu ‘Abdullah berkata : “Barangkali engkau lupa sedangkan
mereka hapal, atau engkau keliru sedangkan mereka benar” [As-Sunan Al-Kubraa,
4/316 (4/519) no. 8574].
Dhahir sanad riwayat ini shahih, para
perawinya tsiqaat dan sanadnya bersambung (muttashil). Berikut
keterangan perawinya :
1. Muhammad
bin Al-Husain bin Daawud bin ‘Aliy, Abul-Hasan Al-‘Alawiy Al-Hasaniy
An-Naisaabuuriy; seorang syaikh yang shaduuq. Lahir tahun 329 H
dan wafat tahun 401 H [Ittihaaful-Murtaqiy bi-Taraajimi Syuyuukh Al-Baihaqiy,
hal. 435- no. 153].
2. Muhammad
bin Hamdawaih bin Sahl bin Yazdaadz, Abu Nashr Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah
lagi haafidh. Wafat tahun 329 H [Taariikh Baghdaad, 1/118-119
no. 738].
3. Mahmuud
bin Aadam, Abu Ahmad/Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 258 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy [Taqriibut-Tahdziib hal. 924 no. 6552, Tahriirut-Taqriib
3/352 no. 6509, Al-Jarh wat-Ta’diil 8/290-291 no. 1334, dan Mausuu’ah
Aqwaal Ad-Daaruquthniy hal. 641 no. 3438].
4. Sufyaan
bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy, Abu Muhammad Al-KuufiyAl-Makkiy;
seorang yang tsiqah,
haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah. Termasuk thabaqah
ke-8, lahir tahun 107 H, dan wafat tahun 198 H.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 395 no. 2464].
5. Jaami’
bin Abi Raasyid Al-Kaahiliy Ash-Shairafiy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faadlil.
Termasuk thabaqah ke-5. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Al-Kaasyif 1/288 no. 745 dan
Taqriibut-Tahdziib hal. 193 no. 895].
6.
Abu Waail namanya adalah : Syaqiiq bin Salamah Al-Asadiy, Abu Waail Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-2, wafat pada pemerintahan
‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 439 no. 2832].
7. Hudzaifah
bin Al-Yamaan : Husain atau Hisl bin Jaabir bin Asiid, Abu ‘Abdillah Al-‘Abdiy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 36 H.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaaiy, dan
Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib hal. 227 no. 1165].
8.
‘Abdullah bin
Mas’uud bin Ghaafil bin Habiib Al-Hudzaliy, Abu ‘Abdirrahmaan; salah seorang shahabat
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1,
dan wafat tahun 32 H/33 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 545 no. 3638].
Mahmuud bin Aadam mempunyai mutaba’aat dari :
1. Hisyaam bin ‘Ammaar;
sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy[1] dalam Syarh
Musykiilil-Aatsaar 7/201 no. 2771 : Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Sinaan Asy-Syairaziy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam
bin ‘Ammaar, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin ‘Uyainah,
dan selanjutnya seperti riwayat di atas.
Sanad riwayat ini dla’iif.
Keterangan para perawinya adalah sebagai berikut :
a.
Muhammad bin Sinaan bin Saraj bin Ibraahiim, Abu Ja’far
At-Tanuukhiy Asy-Syairaziy Al-Bashriy; seorang
yang disebut : shaahibul-manaaakiir. Wafat tahun 293 H [Taariikh
Dimasyq 53/150-152 no. 6432 dan Lisaanul-Miizaan 7/186 no. 6887].
b.
Hisyaam bin ‘Ammaar bin Nushair bin Maisarah bin Abaan
As-Sulamiy Abul-Waliid Ad-Dimasyqiy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : “Shaduuq, namun merubah hapalannya ketika tua sehingga ia
ditalqinkan”. Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun 153 H,
dan wafat tahun 245 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1022
no. 7353]. Namun yang raajih, ia seorang yang tsiqah.[2]
2.
Muhammad
bin Al-Faraj; sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Ismaa’iiliy[3] dalam Mu’jam-nya
hal. 720-721 no. 336 : Telah menceritakan kepada kami Abul-Fadhl Al-‘Abbaas bin
Ahmad Al-Wasysyaa’ : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Faraj :
Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin ‘Uyainah, selanjutnya seperti
riwayat di atas.
Sanad
riwayat ini hasan.
Keterangan para perawinya adalah sebagai berikut :
a.
Al-‘Abbaas bin Ahmad bin Al-Hasan bin Yaziid, Abul-Fadhl
Al-Wasysyaa’; termasuk di antara syaikh yang shaalih. Wafat tahun 298 H
[Taariikh Baghdaad 14/40 no. 6566 dan Al-Mu’jamu fii Asaamiyyi
Syuyuukh Abi Bakr Al-Ismaa’iiliy hal. 720-721 no. 336].
b.
Muhammad bin Al-Faraj bin
‘Abdil-Waarits Al-Qurasyiy, Abu Ja’far/Abu ‘Abdillah Al-Baghdaadiy Al-Farraa’;
seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah ke-10 dan wafat tahun 236
H. Dipakai oleh Muslim dan Abu Daawud [Taqriibut-Tahdziib hal. 888 no.
6259].
3.
Sa’iid bin Manshuur;
sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnul-Jauziy
dalam At-Tahqiiq no. 1367 : Telah memberitakan kepada kami
‘Abdul-Wahhaab bin Al-Mubaarak : Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir
Al-Baaqilaaniy : Telah memberitakan kepada kami Abu ‘Aliy Syaadzaan : Telah
memberitakan kepada kami Da’laj : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
‘Aliy bin Zaid : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Manshuur : Telah menceritakan
kepada kami Sufyaan, dengan lafadh :
لَا اعْتِكَافَ إِلَّا فِي الْمَسَاجِدِ الثَّلَاثَةِ
".أَوْ قَالَ: " مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ "
“Tidak sah i’tikaaf kecuali di tiga masjid’ - atau beliau bersabda : ‘masjid jamaa’ah”.
Sanad
riwayat ini shahih.
Keterangan para perawinya adalah sebagai berikut :
a.
‘Abdul-Wahhaab
bin Al-Mubaarak bin Ahmad bin Al-Hasan bin Bundaar Al-Baghdaadiy,
Abul-Barakaat; seorang yang tsiqah lagi mutqin. Lahir tahun 462 H
dan wafat tahun 538 H [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 20/134-137 no. 81].
b.
Abu Thaahir Al-Baaqilaaniy namanya adalah : Ahmad bin Al-Hasan bin
Ahmad bin Al-Hasan bin Khadaadaad Al-Karjiy, Abu Thaahir Al-Baaqilaaniy
Al-Baghdaadiy; seorang yang tsiqah lagi hujjah. Lahir tahun 416 H
dan wafat tahun 489 H [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 19/144-145].
c.
Al-Hasan bin Ahmad bin Ibraahiim bin Al-Hasan
bin Muhammad bin Syaadzaan, Abu ‘Aliy bin Abi Bakr Al-Baghdaadiy Al-Bazzaaz;
seorang yang tsiqah lagi shaduuq. Lahir tahun
339 H dan wafat tahun 426 H [Ath-Thabaqaat
As-Saniyyah fii Taraajimil-Hanafiyyah, 1/219 no. 647 – Syaamilah].
d.
Da’laj bin Ahmad bin Da’laj bin
‘Abdirrahmaan, Abu Muhammad As-Sijistaaniy tsumma Al-Baghdaadiy
At-Taajir; seorang yang tsiqah dan tsabt. Lahir tahun
259 H dan wafat tahun 351 H [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 16/30-35 no. 21].
e.
Muhammad bin ‘Aliy
bin Zaid Al-Makkiy Ash-Shaaigh, Abu ‘Abdillah;
seorang yang tsiqah. Wafat tahun 291 [Ats-Tsiqaat 9/152, Siyaru
A’laamin-Nubalaa’ 13/428-429 no. 21, dan Mausuu’ah Aqwaal
Ad-Daaruquthniy hal. 606 no. 3257].
f.
Sa’iid
bin Manshuur bin Syu’bah Al-Khurasaaniy Abu ‘Utsmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun126/127/128/129 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 389
no. 2412].
Lafadh
‘masjid jamaa’ah’ adalah bagian dari keraguan dari perawi yang
menyelisihi riwayat Hudzaifah dari jalan marfuu’ yang lain (sebagaimana
disebutkan di atas), dan mauqquf (sebagaimana akan disebutkan). Oleh
karena itu, yang mahfuudh, lafadh hadits hanya sampai pada kata : ‘kecuali
di tiga masjid’.
Keempat perawi di atas (Mahmuud bin Aadam,
Hisyaam bin ‘Ammaar, Muhammad bin Al-Faraj, dan Sa’iid bin Manshuur) dalam
periwayatan dari Ibnu ‘Uyainah diselisihi oleh ‘Abdurrazzaaq yang meriwayatkan
secara mauquuf :
عَنِ
ابْنِ عُيَيْنَةَ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي رَاشِدٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا
وَائِلٍ، يَقُولُ: قَالَ حُذَيْفَةُ لِعَبْدِ اللَّهِ: قَوْمٌ عُكُوفٌ بَيْنَ
دَارِكَ وَدَارِ أَبِي مُوسَى لا تَنْهَاهُمْ؟ فَقَالَ لَهُ عَبْدُ اللَّهِ:
فَلَعَلَّهُمْ أَصَابُوا وَأَخْطَأْتَ، وَحَفِظُوا وَنَسِيتَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ
لا اعْتِكَافَ إِلا فِي هَذِهِ الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ: مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ،
وَمَسْجِدِ مَكَّةَ، وَمَسْجِدِ إِيلِيَاءَ "
Dari Ibnu ‘Uyainah, dari Jamai’ bin Abi
Raasyid, ia berkata : Aku mendengar Abu Waail berkata : Telah berkata Hudzaifah
kepada ‘Abdullah : “Ada satu kaum yang beri’tikaf antara rumahmu dan rumah Abu
Muusaa, dan engkau tidak melarangnya ?”. ‘Abdullah berkata : “Barangkali mereka
benar sedangkan engkau keliru, mereka hapal sedangkan engkau lupa”. Hudzaifah
berkata : “Tidak sah i’tikaaf selain kecuali di tiga masjid ini, yaitu :
Masjid Madiinah, Masjid Makkah, dan Masjid Iiliyaa’” [Al-Mushannaf no. 8016
– dan darinya Ath-Thabaraaniy[4] dalam Al-Kabiir
no. 9511].
Sanad riwayat ini shahih.
‘Abdurrazzaaq bin
Hammaam bin Naafi’ Al-Humairiy Al-Yamaaniy, Abu Bakr Ash-Shan’aaniy;
seorang tsiqah, haafidh, penulis terkenal, namun kemudian mengalami
kebutaan sehingga berubah hapalannya di akhir umurnya. Termasuk thabaqah ke-9, lahir tahun
126, dan wafat tahun 211 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 607 no. 4092].
‘Abdurrazzaaq dalam periwayatan mauquuf ini
diikuti oleh Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan dan Muhammad bin Abi ‘Umar sebagaimana
diriwayatkan oleh Al-Faakihiy[5] dalam Akhbaar
Makkah no. 1278.
Sa’iid bin
‘Abdirrahmaan bin Hassaan – atau dikatakan : Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan bin Abi
Sa’iid Al-Qurasyiy, Abu ‘Ubaidillah Al-Makhzuumiy Al-Makkiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah
ke-10 dan wafat tahun 249 H di Makkah. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan
An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 382 no. 2361].
Muhammad bin Yahyaa
bin Abi ‘Umar Al-‘Adaniy, Abu ‘Abdillah; seorang yang shaduuq. Termasuk thabaqah
ke-10 dan wafat tahun 243 H di Makkah. Dipakai oleh Muslim, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib hal. 907 no. 6431].
Dari sini nampak bahwa riwayat dari
jalan Ibnu ‘Uyainah goncang (mudltharib). Namun riwayat mauquuf ini
mendapatkan penguat dari jalan Ibraahiim An-Nakhaa’iy (dari Hudzaifah)
sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq[6] no. 8014, Ibnu Abi Syaibah[7] 3/91 (6/308) no. 9762, Ath-Thahawiy[8] dalam Ahkaamul-Qur’aan no. 1039, dan
Ath-Thabaraaniy[9] dalam Al-Kabiir 9/301-302 no. 9508-9510.
Sanadnya mursal, karena keterputusan
antara Ibraahiim An-Nakhaa’iy dengan Hudzaifah dan Ibnu Mas’uud radliyallaahu
‘anhumaa. Beberapa ulama menjelaskan bahwa mursal Ibraahiim dari Ibnu Mas'uud dihukumi shahih [Jaami’ut-Tahshiil hal. 141-142 no. 13].
Oleh karena itu, riwayat mursal ini dapat menjadi penguat riwayat mauquuf sebelumnya, sehingga itulah yang mahfuudh.
Dengan demikian, perkataan ‘tidak
sah i’tikaaf kecuali pada tiga masjid’ (Majidil-Haraam, Masjid Nabawiy, dan
Masjidil-Aqshaa) adalah ijtihad dari Hudzaifah bin Al-Yamaan radliyallaahu
‘anhu.
Adapun yang raajih dalam
permasalahan ini adalah diperbolehkannya i’tikaaf di semua masjid jaami’ jamaa'ah (yang ditegakkan padanya shalat jama'ah lima waktu dengan adzan, iqamat, dan imam) berdasarkan keumuman firman Allah ta’ala :
وَلا
تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ
“Janganlah kamu campuri mereka itu,
sedang kalian beri’tikaf di dalam masjid” [QS. Al-Baqarah : 187].
Inilah madzhab jumhur ulama.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas
permai, ciapus, ciomas, bogor - 15081434/24062013 – 01.00].
[1] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سِنَانٍ الشَّيْرَزِيُّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ
عُيَيْنَةَ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي رَاشِدٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ: قَالَ
حُذَيْفَةُ لِعَبْدِ اللَّهِ: عُكُوفٌ بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ أَبِي مُوسَى لا
تُغَيِّرُ.وَقَدْ عَلِمْتَ أَنَّ سُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " لا اعْتِكَافَ إِلا فِي الْمَسَاجِدِ
الثَّلاثَةِ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَمَسْجِدِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ". قَالَ: عَبْدُ اللَّهِ:
لَعَلَّكَ نَسِيتَ وَحَفِظُوا، وَأَخْطَأْتَ وَأَصَابُوا.
[2] Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata :
“Pandai/cerdas”. Di lain riwayat ia berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar lebih aku
senangi daripada Ibnu Abi Maalik”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa
dengannya”. Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Shaduuq”.
Ad-Daaraquthniy berkata : “Shaduuq, kabiirul-mahal”.
Al-Khaliiliy berkata : “Tsiqah, kabiir”. Maslamah bin Al-Qaasim berkata
: “Jaaizul-hadiits, shaduuq”. Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy berkata : “Tsiqah”.
Abu Haatim berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar ketika beranjak tua berubah
(hapalannya)….. ia seorang yang shaduuq”. Abu Daawud berkata :
“Hisyaam bin ‘Ammaar meriwayatkan sekitar 400 hadits yang tidak ada asalnya
dari musnad” [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Kamaal, 30/242-255
no. 6586].
Adapun kritikan Abu Haatim dan yang lainnya bahwa ia berubah hapalannya
ketika tua sehingga ia ditalqinkan, maka dapat dijawab sebagai berikut :
Abul-Waliid Al-Baajiy berkata : Telah berkata Abu Ahmad : Aku mendengar
‘Abdaan berkata : Pada suatu hari, sebagian ashhaabul-hadiits membacakan
kepada Hisyaam bin ‘Ammaar satu hadits yang bukan merupakan haditsnya. Ia
berkata : “Wahai ashhaabul-hadiits, janganlah engkau lakukan itu, karena
sesungguhnya kitab-kitabku telah diperiksa oleh Yahyaa bin Ma’iin dan Abu
‘Ubaid Al-Qaasim bin Salaam”. Hisyaam berkata : “Ibnu Ma’iin telah
melihat/memeriksa semua haditsku, kecuali hadits Suwaid bin ‘Abdil-‘Aziiz,
karena ia ia berkata : Suwaid, dla’iiful-hadiits” [At-Ta’diil
wat-Tajriih, 9/66].
Ibnu Katsiir, Ibnu Shalaah, dan As-Suyuuthiy juga mentsiqahkannya.
Abu Bakr Al-Ismaa’iil pernah berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami
‘Abdullah bin Muhammad bin Sayyaar, ia berkata : Hisyaam pernah
ditalqinkan........ Lalu aku berkata kepadanya : “Jika engkau hapal, maka
katakanlah. Namun jika engkau tidak hapal, janganlah engkau menerima talqin apa
yang ditalqinkan (kepadamu), sehingga terjadi campur-aduk dari hal tersebut”.
Ia (Hisyaam) berkata : “Aku mengetahui hadits-hadits ini (yang ditalqinkan)”.
Kemudian ia berkata kepadaku beberapa saat setelah itu : “Jika engkau ingin
mengetahui, coba masukkanlah sanad dalam satu hadits”. Lalu aku mengemukakan kepadanya
beberapa sanad yang padanya terdapat sedikit idlthiraab, yang kemudian
aku tanyakan kepadanya. Dan ternyata ia mengetahuinya” [Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 11/427].
Oleh karena itu dapat diketahui bahwasannya Hisyaam tidaklah berubah
hapalannya saat ia ditalqinkan. Ia mengetahui apa yang ditalqinkan.
Kesimpulannya : Ia seorang yang tsiqah [lihat selengkapnya dalam : Ar-Radd
‘alal-Qaraadlawiy wal-Judai’, hal. 261-269].
[3] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا أَبُو الْفَضْلِ الْعَبَّاسُ بْنُ
أَحْمَدَ الْوَشَّاءُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَرَجِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي رَاشِدٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ:
قَالَ حُذَيْفَةُ لِعَبْدِ اللَّهِ: عُكُوفٌ بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ أَبِي مُوسَى
لا يَضُرُّ، وَقَدْ عَلِمْتُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " لا اعْتِكَافَ إِلا فِي الْمَسَاجِدِ
الثَّلاثَةِ، فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ: لَعَلَّكَ نَسِيتَ وَحَفِظُوا أَوْ
أَخْطَأْتَ وَأَصَابُوا
[4] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ
عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي رَاشِدٍ،
قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا وَائِلٍ، يَقُولُ: قَالَ حُذَيْفَةُ لِعَبْدِ اللَّهِ:
قَوْمٌ عُكُوفٌ بَيْنَ دَارِكَ، وَدَارِ أَبِي مُوسَى أَلا تَنْهَاهُمْ؟ فَقَالَ
لَهُ عَبْدُ اللَّهِ: " فَلَعَلَّهُمْ أَصَابُوا وَأَخْطَأْتَ، وَحَفِظُوا
وَنَسِيتَ "، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: " لا اعْتِكَافَ إِلا فِي هَذِهِ
الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ: مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ، وَمَسْجِدِ مَكَّةَ، وَمَسْجِدِ
إِيلِيَا "
[5] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ،
وَمُحَمَّدُ بْنُ أَبِي عُمَرَ، قَالا: ثنا سُفْيَانُ، عَنْ جَامِعِ بْنِ أَبِي
رَاشِدٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ: إِنَّ حُذَيْفَةَ بْنَ الْيَمَانِ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ:
" إِنَّ نَاسًا عُكُوفًا بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ أَبِي مُوسَى، وَأَنْتَ لا
تُغَيِّرُ، وَقَدْ عَلِمْتَ أَنَّهُ لا اعْتِكَافَ إِلا فِي الْمَسْجِدِ
الْحَرَامِ أَوْ فِي الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ، مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ وَمَسْجِدِ
بَيْتِ الْمَقْدِسِ؟ "
[6] Riwayatnya adalah :
عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ وَاصِلٍ الأَحْدَبِ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: جَاءَ حُذَيْفَةُ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ، فَقَالَ: أَلا
أُعْجِبُكَ مِنْ نَاسٍ عُكُوفٍ بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ الأَشْعَرِيِّ؟ قَالَ عَبْدُ
اللَّهِ: فَلَعَلَّهُمْ أَصَابُوا وَأَخْطَأْتَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: مَا أُبَالِي
أَفِيهِ أَعْتَكِفُ، أَوْ فِي بُيُوتِكُمْ هَذِهِ، " إِنَّمَا الاعْتِكَافُ
فِي هَذِهِ الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ: مَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ
الْمَدِينَةِ، وَالْمَسْجِدِ الأَقْصَى "، وَكَانَ الَّذِينَ اعْتَكَفُوا،
فَعَابَ عَلَيْهِمْ حُذَيْفَةُ فِي مَسْجِدِ الْكُوفَةِ الأَكْبَرِ
[7] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ وَاصِلٍ
الْأَحْدَبِ، عَنْ إبْرَاهِيمَ، قَالَ: جَاءَ حُذَيْفَةُ إلَى عَبْدِ اللَّهِ،
فقَالَ: " أَلَا أَعْجَبَكَ مِنْ قَوْمِكَ عُكُوفٌ بَيْنَ دَارِكَ وَبَيْنَ
دَارِ الْأَشْعَرِيِّ يَعْنِي الْمَسْجِدَ؟ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: وَلَعَلَّهُمْ
أَصَابُوا وَأَخْطَأْتُ، فقَالَ حُذَيْفَةُ: أَمَا عَلِمْتَ أَنَّهُ لَا
اعْتِكَافَ إلَّا فِي ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَالْمَسْجِدِ
الْأَقْصَى، وَمَسْجِدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا
أُبَالِي أَعْتَكِفُ فِيهِ أَوْ فِي سُوقِكُمْ هَذِهِ "
[8] Riwayatnya adalah :
وَمَا حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا
سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الْمُغِيرَةِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ،
أَنَّ حُذَيْفَةَ دَخَلَ عَلَى ابْنِ مَسْعُودٍ، فَقَالَ: " إِنِّي مَرَرْتُ
بِنَاسٍ بَيْنَ دَارِكَ وَدَارِ أَبِي مُوسَى قَدِ اعْتَكَفُوا، فَقَالَ ابْنُ
مَسْعُودٍ: لَعَلَّكَ نَسِيتَ وَحَفِظُوا، وَأَخْطَأْتَ وَأَصَابُوا، وَعَلِمُوا
وَجَهِلْتَ، قَالَ: فَقَالَ: أَمَا بَلَغَكَ أَنَّهُ لا اعْتِكَافَ إِلا فِي
مَسْجِدِ نَبِيٍّ، أَوْ إِلا فِي ثَلاثَةِ مَسَاجِدَ: مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ،
وَمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ "
[9] Riwayatnya adalah :
No.
9508 :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا
حَجَّاجُ بْنُ الْمِنْهَالِ، ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنِ الْحَجَّاجِ، عَنْ
عَبْدِ الْمَلِكِ الأَعْوَرِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ، أَنَّ حُذَيْفَةَ،
قَالَ لابْنِ مَسْعُودٍ: أَلا تَعْجَبْ مِنْ قَوْمٍ بَيْنَ دَارِكَ، وَدَارِ أَبِي
مُوسَى يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ مُعْتَكِفُونَ، فَقَالَ: " لَعَلَّهُمْ أَصَابُوا،
وَأَخْطَأْتَ "
No.
9509 :
حَدَّثَنَا عَلِيٌّ، ثنا حَجَّاجُ بْنُ
الْمِنْهَالِ، ثنا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ مُغِيرَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، أَنَّ
حُذَيْفَةَ قَالَ لابْنِ مَسْعُودٍ: أَلا تَعْجَبْ مِنْ قَوْمٍ بَيْنَ دَارِكَ،
وَدَارِ أَبِي مُوسَى يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ مُعْتَكِفُونَ، قَالَ: "
فَلَعَلَّهُمْ أَصَابُوا، وَأَخْطَأْتَ أَوْ حَفِظُوا، وَنَسِيتَ "، قَالَ:
" أَمَّا أَنَا فَقَدْ عَلِمْتُ أَنَّهُ لا اعْتِكَافَ إِلا فِي مَسْجِدِ
جَمَاعَةٍ "
No.
9510 :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا
أَبُو نُعَيْمٍ، ثنا سُفْيَانُ.ح وَحَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ
عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ وَاصِلٍ الأَحْدَبِ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: جَاءَ حُذَيْفَةُ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ، فَقَالَ: أَلا
أُعَجِّبُكَ مِنْ نَاسٍ عُكُوفٍ بَيْنَ دَارِكَ، وَبَيْنَ دَارِ الأَشْعَرِيِّ؟
فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ: " فَلَعَلَّهُمْ أَصَابُوا، وَأَخْطَأْتَ "،
قَالَ حُذَيْفَةُ: " مَا أُبَالِي أَفِيهِ أَعْتَكِفُ أَمْ فِي سُوقِكُمْ
هَذِهِ، وَإِنَّمَا الاعْتِكَافُ فِي هَذِهِ الْمَسَاجِدِ الثَّلاثَةِ: مَسْجِدِ
الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ الْمَدِينَةِ، وَمَسْجِدِ الأَقْصَى "، وَكَانَ
الَّذِينَ اعْتَكَفُوا فَعَابَ عَلَيْهِمْ حُذَيْفَةُ فِي مَسْجِدِ الْكُوفَةِ
الأَكْبَرِ
Comments
Ustadz, kalau misalkan berdalil dengan ayat dalam surat al Baqarah diatas... Bukankah "masjid" yang disebutkan diatas umum? Tidak mengkhususkannya kepada masjid jaami'? (Sehingga boleh i'tikaf di "masjid" didalam rumah, masjid pasar, dll) karena tetap pada keumuman lafazh ayat diatas?
Di masjid jami' biar bisa jum'atan.
Assalamualaikum ust. afwan ganggu sebelumnya ana ingin minta bantuanya, tolong jelaskan kepada faqir ini kedudukan sanad hadist riwayat ahmad tentang keharaman demontrasi (memberi nasihat penguasa secara terang2ngan) mengingat ada beberapa pihak yg melemahkan hadis tersebut karena bertentangan dengan paham mereka? Semoga Allah membalas kebaikan ust. Jazakumullah khoiran.
Anonim 24 Juni 2013 04.00,... yang saya maksud di atas sebenarnya adalah masjid jamaa'ah, yaitu masjid yang ditegakkan padanya shalat 5 waktu, dikumandangkan adzan, dan mempunyai imam. 'Aaisyah pernah berkata beberapa sunnah yang berlaku bagi orang yang beri'tikaaf :
وَلَا اعْتِكَافَ إِلَّا فِي مَسْجِدٍ جَامِعٍ
"Tidak sah i'tikaaf kecuali di masjid jaami'.
Dalam lafadh yang lain :
وَلا اعْتِكَافَ إِلا فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ
"Tidak sah i'tikaaf kecuali di masjid jamaa'ah".
Inilah madzhab jumhur ulama. Akan sedikit saya perbaiki di tulisan di atas untuk memperjelas, sebab jika dikatakan masjid jaami', maka itu khusus masjid yang ditegakkan padanya shalat Jum'at.
Terkait dengan perkataan antum dalam komentar, maka tidak demikian. Karena dulu jumhur salaf memahami masjid yang dipergunakan dalam i'tikaaf ini adalah masjid yang ditegakkan shalat berjama'ah sebagaimana saya tuliskan di atas. Bukan 'masjid' secara umum (termasuk yang ada di dalam rumah/mushalla).
wallaahu a'lam.
Posting Komentar