Taqwa kepada Allah



Oleh : Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullah

Taqwa adalah wasiat Allah bagi orang-orang terdahulu maupun orang-orang yang kemudian dari kalangan hamba-hamba-Nya. Allah ta’ala berfirman :
وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوا اللَّهَ وَإِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ غَنِيّاً حَمِيدا
“Dan sesungguhnya Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepadamu; bertaqwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu kafir maka (ketahuilah), sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”  [QS. An-Nisaa’ : 131].
Taqwa juga merupakan wasiat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya.
Diriwayatkan dari Abu Umamah Shadiy bin ‘Ajlaan Al-Baahily radliyallaahu ‘anhu dia berkata :
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب في حجة الوداع فقال: إتقوا ربكم، وصلوا خمسكم، وصوموا شهركم، وأدٌوا زكاة أموالكم، وأطيعوا أمراءكم تدخلوا جنة ربكم
“Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wassallam berkhutbah saat haji Wadaa’. Beliau bersabda : “Bertaqwalah kepada Rabb kalian, dirikanlah lima shalat kalian (shalat lima waktu), berpuasalah di bulan kalian (bulan Ramadlan), tunaikanlah zakat dari harta-harta kalian, dan taatilah para penguasa kalian niscaya kalian akan masuk surga Rabb kalian” [HR. At-Tirmidzi dalam Kitaabul-Jum’ah].[1]
Dahulu apabila beliau ‘alaihi wasallam mengutus pimpinan perang kepada pasukannya, beliau memberikan wasiat kepadanya secara khusus agar bertaqwa kepada Allah dan agar berbuat baik kepada kaum muslimin (yang ikut perang) bersamanya. As-salafush-shaalih senantiasa saling memberikan wasiat taqwa pada khutbah-khutbah, surat-surat, serta wasiat mereka menjelang ajal.
‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu pernah menulis surat kepada anaknya, Abdullah bin ‘Umar :
أما بعد فإني أوصيك بتقوى الله -عز وجل– فإنه من اتقاه وقاه، ومن أقرضه جزاه ؛ ومن شكره زاده
Amma ba’du, sesungguhnya aku berwasiat kepadamu untuk bertaqwa kepada Allah ‘azza wa jalla. Barangsiapa yang bertaqwa kepada-Nya, maka Dia akan melindunginya; barangsiapa memberi pinjaman maka Dia akan membalasnya; dan barangsiapa bersyukur maka Dia akan menambah (nikmatnya)”.
‘Aliy radliyallaahu ‘anhu menyampaikan wasiat kepada seseorang, beliau berkata :
أوصيك بتقوي عز وجل الذي لا بد لك من لقائه ولا منتهى لك دونه، وهو يملك الدنيا والآخرة
“Aku wasiatkan kepadamu untuk bertaqwa kepada Allah ‘azza wa jalla. Dia lah Allah yang pasti akan engkau temui dan tidak ada kesudahan bagimu selain Dia, Dia lah yang memiliki dunia dan akhirat”.
Ada orang shalih yang menulis kepada saudaranya seiman :
أوصيك بتقوى الله الذي هو نجيك في سريرتك ، ورقيبك في علانيتك، فاجعل الله من بالك على كل حال في ليلك ونهارك. وخف الله بقدر قربه منك وقدرته عليك، واعلم أنك بعينه لا تخرج من سلطانه إلى سلطان غيره، ولا من ملكه إلى ملك غيره، فليعظم منه حذرك وليكثر وجلك والسلام
Aku wasiatkan kepadamu untuk bertaqwa kepada Allah. Dia-lah yang membisikkan kepada jiwamu dan yang mengawasimu dalam keramaian. Maka hadirkanlah selalu Allah dalam benakmu pada setiap keadaan, di waktu malam dan siang. Takutlah kepada Allah sesuai kedekatan-Nya padamu dan kekuasaan-Nya atasmu. Ketahuilah sesungguhnya engkau dengan mata-Nya tak akan lepas dari kekuasaan-Nya beralih kepada kekuasaan selain-Nya. Dan tidak ada ada seorangpun yang dimiliki-Nya jatuh kepada kekuasaan selain-Nya. Maka besarkanlah kewaspadaanmu dari-Nya dan hendaklah engkau memperbanyak takut kepada-Nya. Wassalam”.
Makna taqwa adalah :
أن يجعل العبد بينه وبين ما يخافه وقاية تقيه منه. وتقوى العبد ربه: أن يجعل بينه وبين من يخشاه من غضبه وسخطه وقاية تقيه من ذلك، بفعل طاعته واجتناب معاصيه.
“Seorang hamba membuat perlindungan antara dirinya dengan sesuatu yang dia takuti. Taqwa seorang hamba terhadap Rabb-nya berarti hamba tersebut membuat perlindungan bagi dirinya terhadap sesuatu yang ditakutinya baik berupa kemarahan ataupun kemurkaan Allah dengan jalan melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan-kemaksiatan kepada-Nya”.
Ketahuilah, kadang kata at-taqwa [التقوى] disambungkan dengan kata al-birr [البر]. Sehingga dikatakan birr wa taqwa [بر وتقوى] sebagaimana firman Allah ta’ala :
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى
“Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa”  [QS. Al-Maidah : 2].
Jika kata at-taqwa disambung dengan kata al-birr, maka al-birr maknanya adalah mengerjakan perintah-perintah, dan at-taqwa berarti meninggalkan larangan-larangan. Apabila kata at-taqwa disebutkan secara terpisah, maka maknanya bersifat umum mencakup pelaksanaan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Allah menyebutkan dalam kitab-Nya bahwa surga disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. Jadi orang yang bertaqwa adalah penghuni surga. – Semoga Allah menjadikan kita dan kalian termasuk para penghuni surga -. Oleh karena itu, seseorang wajib bertaqwa kepada Allah dalam rangka merealisasikan perintah-Nya, mencari pahala-Nya, dan selamat dari siksa-Nya. Allah ‘azza wa jalla berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَاناً وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيم
“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)-mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar”  [QS. Al-Anfaal : 29].
وهذه الآية فيها ثلاث فوائد مهمة:
الفائدة الأولى: {يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا} أي يجعل لكم ما تفرقون به بين الحق والباطل، وبين الضار والنافع ، وهذا يدخل فيه العلم بحيث يفتح الله على الإنسان من العلوم ما لا يفتح لغيره، فإن التقوى يحصل بها زيادة الهدى، وزيادة العلم، وزيادة الحفظ، ولهذا يذكر عن الشافعي رحمه الله أنه قال:
شكوت إلى وكيع سوء حفظي ... فأرشدني إلى ترك المعاصي
وقال اعلم بأن العلم نور ... ونور الله لا يؤتاه عاصي
ولا شك أن الإنسان كلما ازداد علمًا ازداد معرفة وفرقانًا بين الحق والباطل، والضار والنافع، وكذلك يدخل فيه ما يفتح الله على الإنسان من الفهم؛ لأن التقوى سبب لقوة الفهم، وقوة يحصل بها زيادة العلم، فإنك ترى الرجلين يحفظان آية من كتاب الله يستطيع أحدهما أن يستخرج منها ثلاثة أحكام، ويستطيع الآخر أن يستخرج أكثر من هذا بحسب ما آتاه الله من الفهم. الفتوى سبب لزيادة الفهم.
Ayat ini mengandung tiga faedah yang penting :
1.    [يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانا] “Dia akan memberimu furqaan”.
Maksudnya, Allah akan memberikan sesuatu kepadamu yang dapat membedakan antara yang haq dan yang bathil, antara yang berbahaya dan yang bermanfaat, termasuk di dalamnya adalah ilmu. Allah akan bukakan kepadamu berbagai ilmu yang tidak diberikan kepada orang lain. Dengan taqwa akan diraih tambahan petunjuk, ilmu, dan hafalan.
Oleh karena itu disebutkan dari Al-Imaam Asy-Syaafi’iy rahimahullah, bahwa ia pernah berkata :
شكــوت إلى وكيـع سـوء حفظــي
فأرشــدني إلى تـــرك المعــــاصي
وقـــال أعلـم بأن العلـــم نــور
ونــور الله لا يــؤتـــاه  عاصـــي
“Aku mengadu kepada Wakii’ (salah satu guru beliau) tentang jeleknya hafalanku,
lalu beliau menunjukkan kepadaku agar meninggalkan kemaksiatan
Dan beliau berkata : Ketahuilah, bahwasannya ilmu adalah cahaya;
dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat”.
Tidak disangsikan lagi bahwa ketika ilmu seseorang bertambah, maka bertambah pula pengetahuan dan furqaan (pembeda) antara yang haq dan yang bathil, yang membahayakan dan yang bermanfaat. Demikian pula termasuk di dalamnya kepahaman yang Allah berikan kepada seseorang.
Taqwa merupakan penyebab kuatnya pemahaman, dan penambahan ilmu akan diraih dengan kuatnya pemahaman ini. Engkau saksikan dua orang yang hafal satu ayat Al-Qur’an, seorang diantaranya mampu menjabarkan tiga hukum dari ayat tersebut. Sedangkan orang yang kedua mampu menjabarkan lebih banyak lagi sesuai pemahaman yang Allah berikan kepadanya.
Maka taqwa merupakan penyebab bertambahnya pemahaman, termasuk di dalamnya firasat. Yaitu Allah memberikan firasat kepada orang yang bertaqwa, yang dengan firasat itu ia (bisa) membedakan tipe-tipe orang.
Hanya dengan melihat, ia bisa mengetahui bahwa orang tersebut pembohong atau jujur, orang baik atau ahli maksiat sehingga bisa jadi menghukumi seseorang padahal ia belum pernah berinteraksi dengan orang itu dan diapun sama sekali belum mengetahui tentang orang tersebut, hanya dengan sebab firasat yang Allah berikan kepadanya.
2.    [وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ] “Dan (Allah) menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu”.
Penghapusan kesalahan-kesalahan dapat diraih dengan melakukan amal-amal shalih. Sesungguhnya amalan shalih menggugurkan kejelekan. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
الصلوات الخمس، والجمعة إلى الجمعة، ورمضان إلى رمضان كفارة لما بينهما ما اجتنبت الكبائر
“Shalat lima waktu, shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dari Ramadlan ke Ramadlan berikutnya, merupakan penggugur dosa-dosa terhadap apa yang dilakukan diantaranya, selama ia menjauhi dosa-dosa besar”  [HR. Muslim dalam Kitabuth-Thaharah Bab : Ash-Shalawatul-Khamsu wal-Jum’ah ilal-Jum’ah wa Ramadlan ilaa Ramadlan Mukaffiratun Lima Bainahunna Majtunibatil-Kabaair].[2]
Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang lain :
العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما
‘Umrah ke ‘umrah yang berikutnya merupakan penggugur dosa-dosa yang dilakukan diantara keduanya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dalam Kitabul-‘Umrah dan Muslim dalam Kitabul-Hajj].[3]
Jadi penggugur dosa dapat dilakukan dengan mengerjakan amalan shalih. Ini berarti, apabila seseorang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memudahkan baginya untuk mengerjakan amalan shalih dan Allah akan menggugurkan dosa-dosanya dengan amalan shalih tersebut.
3.    [وَيَغْفِرْ لَكُمْ] “Dan mengampuni dosa-dosamu” .
Allah akan memudahkan bagi kalian untuk istighfar (memohon ampunan) dan bertaubat. Sungguh ini merupakan nikmat Allah yang dilimpahkan kepada hamba-Nya agar mudah baginya untuk ber-istighfar dan bertaubat.
[Kitaabul-‘Ilmi oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, halaman 43-45, tahqiq : Shalaahuddin Mahmuud, Maktabah Nuurul-Hudaa; atau halaman 57-60, Daaruts-Tsuraayaa ---- Aboel-Jaoezaa’ Al-Tjiomasiy (repro)].



[1]     Shahih. Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy (no. 616) dan Ahmad (5/251,262); dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Ash-Shahiihah (no. 687).
[2]     Shahih. Diriwayatkan oleh Muslim (no. 233), At-Tirmidzi (no. 214), dan Ahmad (2/400).
[3]     Muttafaqun ‘alaihi. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari (no. 1773) dan Muslim (no. 1349).
Teks asli :
وهي وصية الله للأولين والآخرين من عباده، قال الله تعالى: {وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوا اللَّهَ وَإِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ غَنِيًّا حَمِيدًا} [النساء: 131].
وهي أيضًا وصية الرسول صلى الله عليه وسلم لأمته، فعن أبي أمامة صدي بن عجلان الباهلي رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب في حجة الوداع فقال: "اتقوا ربكم، وصلوا خمسكم، وصوموا شهركم، وأدّوا زكاة أموالكم، وأطيعوا أمراءكم تدخلوا جنة ربكم".
وكان صلى الله عليه وسلم إذا بعث أميرًا على سرية أوصاه في خاصة نفسه بتقوى الله وبمن معه من المسلمين خيرًا. ولم يزل السلف الصالح يتواصون بها في خُطَبهم ومكاتباتهم ووصاياهم عند الوفاة.
كتب عمر بن الخطاب رضي الله عنه إلى ابنه عبد الله: أما بعد فإني أوصيك بتقوى الله -عز وجل- فإنه من اتقاه وقاه، ومن أقرضه جزاه ؛ ومن شكره زاده.
وأوصى علي رضي الله عنه رجلا فقال: أوصيك بتقوى عز وجل الذي لا بد لك من لقائه ولا مُنتهى لك دونه، وهو يملك الدنيا والآخرة.
وكتب أحد الصالحين إلى أخ له في الله تعالى: أوصيك بتقوى الله الذي هو نجيك في سريرتك ورقيبك في علانيتك ، فاجعل الله من بالك على كل حال في ليلك ونهارك ، وخف الله بقدر قربه منك وقدرته عليك ، واعلم أنك بعينه ليس تخرج من سلطانه إلى سلطان غيره ولا من ملكه إلى ملك غيره ، فليعظم منه حذرك وليكثر منه وجلك والسلام.
ومعنى التقوى: أن يجعل العبد بينه وبين ما يخافه وقاية تقيه منه.
وتقوى العبد ربه: أن يجعل بينه وبين من يخشاه من غضبه وسخطه وقاية تقيه من ذلك، بفعل طاعته واجتناب معاصيه. واعلم أن التقوى أحيانًا تقترن بالبر، فيقال: بر وتقوى كما في قوله تعالى: {وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى} [المائدة: 2] وتارة تذكر وحدها فإن قرنت بالبر صار البر فعل الأمر، والتقوى ترك النواهي. وإذا أفردت صارت شاملة تعم فعل الأمر واجتناب النواهي، وقد ذكر الله في كتابه أن الجنة أعدت للمتقين، فأهل التقوى هم أهل الجنة - جعلنا الله وإياكم منهم - ولذلك يجب على الإنسان أن يتقي الله - عز وجل - امتثالا لأمره، وطلبًا لثوابه، والنجاة من عقابه. قال الله عز وجل: {يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ} [الأنفال: 29].
وهذه الآية فيها ثلاث فوائد مهمة:
الفائدة الأولى: {يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا} أي يجعل لكم ما تفرقون به بين الحق والباطل، وبين الضار والنافع ، وهذا يدخل فيه العلم بحيث يفتح الله على الإنسان من العلوم ما لا يفتح لغيره، فإن التقوى يحصل بها زيادة الهدى، وزيادة العلم، وزيادة الحفظ، ولهذا يذكر عن الشافعي رحمه الله أنه قال:
شكوت إلى وكيع سوء حفظي ... فأرشدني إلى ترك المعاصي
وقال اعلم بأن العلم نور ... ونور الله لا يؤتاه عاصي
ولا شك أن الإنسان كلما ازداد علمًا ازداد معرفة وفرقانًا بين الحق والباطل، والضار والنافع، وكذلك يدخل فيه ما يفتح الله على الإنسان من الفهم؛ لأن التقوى سبب لقوة الفهم، وقوة يحصل بها زيادة العلم، فإنك ترى الرجلين يحفظان آية من كتاب الله يستطيع أحدهما أن يستخرج منها ثلاثة أحكام، ويستطيع الآخر أن يستخرج أكثر من هذا بحسب ما آتاه الله من الفهم. الفتوى سبب لزيادة الفهم.
ويدخل في ذلك أيضًا الفراسة أن الله يعطي المتقي فراسة يميّز بها حتى بين الناس. فبمجرد ما يرى الإنسان يعرف أنه كاذب أو صادق، أو بر أو فاجر حتى أنه ربما يحكم على الشخص وهو لم يعاشره، ولم يعرف عنه شيئًا بسبب ما أعطاه الله من الفراسة.
الفائدة الثانية: {وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ} [الأنفال: 29] وتكفير السيئات يكون بالأعمال الصالحة، فإن الأعمال الصالحة تكفر الأعمال السيئة كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "الصلوات الخمس، والجمعة إلى الجمعة، ورمضان إلى رمضان كفارة لما بينهما ما اجتنبت الكبائر".
وقال الرسول صلى الله عليه وسلم: "العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما".
فالكفارة تكون بالأعمال الصالحة، وهذا يعني أن الإنسان إذا اتقى الله سهل له الأعمال الصالحة التي يكفّر الله بها عنه.
الفائدة الثالثة: {وَيَغْفِرْ لَكُمْ} بأن ييسركم للاستغفار والتوبة، فإن هذا من نعمة الله على العبد أن ييسر للاستغفار والتوبة.

Comments

Anonim mengatakan...

Maasyaa Allaah..sungguh ini adalah sebuah nasihat yang sangat berguna yang sarat dengan faedah.
Barakallaahu fiikum.
Anas.