Tiga Imam dalam Satu Sanad


Pernahkah Anda membaca hadits lengkap dengan sanadnya yang menyebutkan sekaligus Ahmad bin Hanbal, Asy-Syaafi’iy, dan Maalik bin Anas rahimahumullah ?. Sebagaimana diketahui bahwa Ahmad bin Hanbal berguru kepada Asy-Syaafi’iy, dan Asy-Syaafi’iy berguru kepada Maalik bin Anas. Jika ada yang belum, cermati hadits berikut :
Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَا يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ "، وَنَهَى عَنِ النَّجْشِ، وَنَهَى عَنْ بَيْعِ حَبَلِ الْحَبَلَةِ، وَنَهَى عَنِ الْمُزَابَنَةِ، وَالْمُزَابَنَةُ: بَيْعُ الثَّمَرِ بِالتَّمْرِ كَيْلًا، وَبَيْعُ الْكَرْمِ بِالزَّبِيبِ كَيْلًا
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy rahimahullah : Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janganlah sebagian di antara kalian menjual sesuatu atas penjualan sebagian yang lain”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang jual-beli najasy, habalul-habalah, dan muzaabanah. Dan yang dimaksud dengan muzaabanah itu adalah jual-beli kurma muda yang masih ada di pohon dengan kurma masak/tua dengan ukuran tertentu, dan jual beli anggur muda yang masih ada di pohon dengan anggur masak/tua dengan ukuran tertentu” [Al-Musnad, 2/108].
Rantai periwayatan dengan sanad seperti di atas merupakan sanad yang paling shahih menurut Al-Bukhaariy.[1]
Contoh lain, Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ يَعْنِي الشَّافِعِيَّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ، أَنَّ أَبَاهُ كَعْبَ بْنَ مَالِكٍ كَانَ يُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّمَا نَسَمَةُ الْمُؤْمِنِ طَائِرٌ يَعْلُقُ فِي شَجَرِ الْجَنَّةِ حَتَّى يُرْجِعَهُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِلَى جَسَدِهِ يَوْمَ يَبْعَثُهُ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Idriis – yaitu Asy-Syaafi’iy - , dari Maalik, dari Ibnu Syihaab, dari ‘Abdurrahmaan bin Ka’b bin Maalik, bahwasannya ia telah memberi khabar kepadanya, bahwa ayahnya – Ka’b bin Maalik – pernah menceritakan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Sesungguhnya ruh seorang mukmin terbang - makan dan mendapatkan nikmat - di pohon jannah, sampai Allah tabaraka wa ta’ala mengembalikan kepada jasadnya kelak pada hari kebangkitan" [Al-Musnad, 3/455].
Ibnu Katsiir rahimahullah berkata terkait hadits di atas :
وقد روينا في مسند الإمام أحمد حديثا فيه البشارة لكل مؤمن بأن روحه تكون في الجنة تسرح أيضا فيها، وتأكل من ثمارها، وترى ما فيها من النضرة والسرور، وتشاهد ما أعده الله لها من الكرامة، وهو بإسناد صحيح عزيز عظيم، اجتمع فيه ثلاثة من الأئمة الأربعة أصحاب المذاهب المتبعة؛ فإن الإمام أحمد، رحمه الله، رواه عن [الإمام] محمد بن إدريس الشافعي، رحمه الله، عن مالك بن أنس الأصبحي، رحمه الله، عن الزهري عن عبد الرحمن بن كعب بن مالك، عن أبيه، رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ....(وذكر الحديث).....
“Dan telah diriwayatkan dalam Musnad Al-Imaam Ahmad sebuah hadits yang padanya terdapat khabar gembira bagi setiap orang beriman bahwa ruhnya akan berada di surga yang berkeliling, makan buah-buahan, serta melihat keindahan dan kegembiraan di dalamnya. Selain itu juga menyaksikan apa yang Allah sediakan baginya berupa kemuliaan. Hadits itu diriwayatkan dengan sanad shahih, kuat, lagi agung. Telah berkumpul padanya tiga dari empat orang imam madzhab[2] yang diikuti (kaum muslimin). Hal itu dikarenakan Al-Imaam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dari Al-Imaam Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy rahimahullah, dari Maalik bin Anas Al-Ashbahiy rahimahullah, dari Az-Zuhriy[3], dari ‘Abdurrahmaan bin Ka’b bin Maalik, dari ayahnya radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “…..(kemudian Ibnu Katsiir menyebutkan haditsnya)….” [Tafsiir Ibni Katsiir, 2/164].
Semoga informasi ini ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – sardonoharjo, ngaglik, sleman, yk – 03052012 – mengambil sebagian faedah dari : http://www.ahlalhdeeth.com/vbe/showthread.php?t=4397, dengan penambahan catatan kaki].


[1]      Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Ibnu Katsiir rahimahullah menjelaskan perbedaan pendapat tersebut sebagai berikut :
فَعَنْ أَحْمَدَ وَإِسْحَاقَ أَصَحُّهَا اَلزُّهْرِيُّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ عَلِيُّ بْنُ اَلْمَدِينِيِّ والفَلَّاسُ أَصَحُّهَا مُحَمَّدُ بْنُ سِيرِينَ عَنْ عُبَيْدَةَ عَنْ عَلِيٍّ وَعَنْ يَحْيَى بْنِ مَعِينٍ أَصَحُّهَا اَلْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ وَعَنْ اَلْبُخَارِيِّ مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَزَادَ بَعْضُهُمْ اَلشَّافِعِيُّ عَنْ مَالِكٍ, إِذْ هُوَ أَجَلُّ مَنْ رُوِيَ عَنْهُ
“Diriwayatkan dari Ahmad (bin Hanbal) dan Ishaaq (bin Rahawaih), sanad yang paling shahih adalah Az-Zuhriy, dari Saalim, dari ayahnya (Ibnu ‘Umar).  
‘Aliy bin Al-Madiiniy dan Al-Fallaas berkata : ‘Sanad yang paling shahih adalah Muhammad bin Siiriin, dari ‘Ubaidah, dari ‘Aliy (bin Abi Thaalib)’.
Yahyaa bin Ma’iin berpendapat bahwa sanad yang paling shahih adalah Al-A’masy, dari Ibraahiim (An-Nakha’iy), dari ‘Alqamah, dari Ibnu Mas’uud.
Adapun Al-Bukhaariy berpendapat bahwa sanad yang paling shahih adalah Maalik (bin Anas), dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar – dan sebagian ulama menambahkan : Asy-Syaafi’iy, dari Maalik, karena Asy-Syaafi’iy adalah orang yang paling agung yang meriwayatkan dari Maalik” [Baa’itsul-Hatsiits, hal 101, tahqiq : Ahmad Syaakir, ta’liq : Al-Albaaniy].
Asy-Syaikh Ahmad Syaakir menjelaskan dalam syarah-nya terhadap Baa’itsul-Hatsiits bahwa sanad yang paling shahih itu tidak bisa dimutlakkan, namun di-taqyiid dengan shahabat atau negeri [idem, hal. 101-105].
[2]      Adapun Al-Imaam Abu Haniifah, meskipun beliau seorang yang faqiih, namun dalam periwayatan hadits beliau dilemahkan oleh jumhur ulama. Beda halnya dengan ketiga imam lainnya yang merupakan imam di bidang periwayatan hadits.
[3]      Maalik bin Anas adalah orang yang paling tsabt periwayatannya dalam hadits Az-Zuhriy, sebagaimana dikatakan Ibnu Ma’iin, Al-Fallaas, dan Abu Haatim rahimahumullah.

Comments

Anonim mengatakan...

kenal sanad saja ya cuma dari bloq ini , ustad....

majelis taklim tidak ada yang mengajarkannya , mau belajar langsung juga nggak bisa baca arab gundul.

jadi, hukumnya menjadi wajib membuka bloq antum ini , sukron.

Anonim mengatakan...

Sepakat dg komentar akhi anonim jam 1 siang diatas
Jazakallahu khairan katsita

Anonim mengatakan...

Smoga Allah ta'ala selalu mudahkan ustadz abu al jauzaa menyebarkan ilmu beliau untuk kita-kita yang awan ini.

Barakallohu fiik ya ustadz

Ibnu Abi Irfan mengatakan...

ada yang bilang (ana lupa namanya) bahwa rantai SANAD EMAS itu Syafi'i dari Maalik dari Naafi'.

berarti hadits nomer 1 di atas adalah lebih mulia dan lebih mahal dari emas. mungkin bisa dibilang SANAD PLATINUM

Ibnu abdillah mengatakan...

Ustadz ana pernah mendapatkan hadits dari imam maalik, dari imam naafi' dari ibnu 'umar (ana lupa matannya)...

Akan tetapi tidak diamalkan imam maalik (semoga Allah mengampuni kesalahan beliau yg ini dan merahmati beliau), karena tidak sesuai amalan penduduk madinah

Kemudian di kritik imam asy syaafi'...

Kalau boleh tahu, itu hadits yg mana ya?

Jazaakallaahu khayran...

abang mengatakan...

@komentator pertama,

berarti yg wajib bagi antum adalah belajar bhs arab dulu sebelum memperdalam ilmu hadits..

abuyahya mengatakan...

@ibnu abdillah, kalo tidak salah, hadits tentang khiyar,,

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَيِّعَانِ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِالْخِيَارِ عَلَى صَاحِبِهِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا إِلَّا بَيْعَ الْخِيَارِ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata; Saya membaca di hadapan Malik dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwasannya Rasulullah Shallallu 'alaihi wa sallam bersabda: Dua orang yang bertransaksi, maka masing-masing dari keduanya boleh khiyar (memilih) atas partnernya selama keduanya belum berpisah, kecuali jual beli khiyar (yaitu; ditentukannya pilihan dari awal transaksi)

Shahih Muslim, 2821

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Benar yang dikatakan oleh Abu Yahyaa - baarakalaahu fiikumaa - .

Maalik berkata :

عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " الْمُتَبَايِعَانِ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِالْخِيَارِ عَلَى صَاحِبِهِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا إِلَّا بَيْعَ الْخِيَارِ ". قَالَ مَالِك: وَلَيْسَ لِهَذَا عِنْدَنَا حَدٌّ مَعْرُوفٌ، وَلَا أَمْرٌ مَعْمُولٌ بِهِ فِيهِ

Dari Naafi', dari 'Abdullah bin 'Umar, bahwasannya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Dua orang yang jual beli, maka keduanya mempunyai hak khiyaar selama belum berpisah. Kecuali jual beli khiyaar".

Maalik berkata : "Di sisi kami tidak ada batasan tertentu yang ma'ruuf, dan perkara yang diamalkan padanya" [Al-Muwaththa'].

asri mengatakan...

Bismillah,
ana mo tanya klo cara merujuk hadits yg antum sebutkan itu (Musnad, 2/108) ke kitab hadits (berdsarkan ebook dr www.islamspirit.com) carany bagaimana? karena klo dilihat di musnad Ahmad, dikelompokan berdasarkan nama2 shahabat bukan perbab.

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Kalau antum nyari berdasarkan juz dan halaman standar dengan software dari islamspirit tidak akan bisa. Karena di situ memang hanya disusun berdasarkan musnad shahabat. Antum mesti buka kitab Al-Musnad versi standar. Saya tidak tahu apakah di maktabah Syamilah memakai juz dan halaman standar.

Supriman mengatakan...

Dimana bisa mendownload kitab Almusnad Ahamad versi standard ?

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Maaf, bari dibalas. Silakan buka :

http://www.waqfeya.com/book.php?bid=2673.

Semoga ada manfaatnya.