Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam Adalah Al-Qur’an yang Berjalan di Muka Bumi


Pernah ditanyakan kepada Asy-Syaikh Rabii’ Al-Madkhaliy hafidhahullah :
شيخنا حفظكم الله يقول السائل : نسمع بعض الخطباء يجرى على ألسنتهم فى إطلاق وصف النبي صلى الله عليه وسلم كان قرآنا يمشى على الأرض ، أي مطبيقاً لأحكام القرآن ، ما حكم هذا ؟
“Syaikh kami hafidhahullah, penanya berkata : ‘Kami pernah mendengar dari sebagian khaathib yang memutlakkan penyifatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau adalah Al-Qur’an yang berjalan di muka bumi, yaitu : beliau menerapkan hukum-hukum dalam Al-Qur’an. Bagaimana hukum dalam permasalahan ini ?”.

Beliau hafidhahullah menjawab :
الأحسن أن نقول كان خلقه القرآن كما قالت عائشة ، نقول القرآن كلام الله ليس بمخلوق ومحمد عليه الصلاة والسلام بشر مخلوق.
فما ينبغي أن نقول مثل هذا الكلام ، لأن حاربنا المعتزلة وغيرهم فى قول القرآن مخلوق ؛ فكيف نقول مثل هذا الكلام ، نقول كان صلى الله عليه وسلم يصدق القرآن، كانت أخلاقه مستمدة من القرآن ، كان خلقه القرآن ، يعمل به ويعتقد ما فيه عليه الصلاة والسلام.
نعم ، الله اعلم تعابير غربية يقلدون فيها الغرب. والله أعلم. نعم
“Yang lebih baik, kita mengatakan akhlaq beliau adalah Al-Qur’an sebagaimana yang dikatakan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa. Kita mengatakan Al-Qur’an adalah Kalaamullah, bukan makhluk. Dan Muhammad ‘alaihis-shalaatu was-salaam adalah manusia, makhluk.
Tidak diperbolehkan kita mengatakan perkataan seperti itu, karena kita memerangi Mu’tazillah dan yang lainnya dalam masalah perkataan mereka Al-Qur’an adalah makhluk. Lantas, bagaimana kita malah mengatakan perkataan seperti itu ?. Kita mengatakan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membenarkan Al-Qur’an, akhlaq beliau diambil dari Al-Qur’an, dan akhlaq beliau sendiri adalah Al-Qur’an. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengamalkan dan mempercayai apa yang ada di dalamnya.
Na’am. Wallaahu a’lam.

Comments

Rohis Facebook mengatakan...

ada yg bertanya ust..,

membeli mayat tuk kepentingan pratikum gmn hukumx..??,

barakallahu fiikum....

Surufi mengatakan...

Jazaakallahu khoiron, atas tulisannya.