Pujian Ulama terhadap Kitab Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah karya Dr. Khaalid Al-‘Anbariy


Di bawah ini akan saya bawakan beberapa pujian ulama besar terhadap kitab Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah wa Ushuulut-Takfiir fii Dlauil-Kitaab was-Sunnah wa Aqwaali Salafil-Ummah karya Dr. Khaalid bin ‘Aliy bin Muhammad Al-‘Anbariy hafidhahullah.

Telah berkata Asy-Syaikh Al-Imaam Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy rahimahullah :
فقد أهدى إلَيَّ الأخُ الفاضلُ خالدُ بن علي العنبري كتابه: "الحكم بغير ما أنزل الله وأصول التكفير في ضوء الكتاب والسنة وأقوال سلف الأمة" فوجدته قد أعطى الموضوع حقَّه واستوفى الكلام عليه بِمَا لا مجال للزيادة عليه بيانًا وتوضيحًا.
Al-akh al-faadlil Khaalid bin ‘Aliy Al-‘Anbariy telah menghadiahkan kepadaku kitabnya yang berjudul : Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah wa Ushuulut-Takfiir fii Dlauil-Kitaab was-Sunnah wa Aqwaali Salafil-Ummah, maka aku mendapatinya telah meletakkan pembahasan sesuai dengan haknya, tanpa meninggalkan ruang untuk penjelasan dan keterangan tambahan…” [Muqaddimah Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah, hal. 9].
ولأخينا خالد -جزاه الله خيرا-رسالة نافعة جدا في هذا الصدد -الحكم بغير ما أنزل الله-،جمع الأدلة من الكتاب والسنة ،ومن أقوال السلف الصالح والأئمة بحيث إنه وفئّ واستوفى،ولم يدع مجالا لأحد في ما أظن ،والله أعلم
“Dan saudara kami Khaalid – semoga Allah membalasnya dengan kebaikan – mempunyai risalah yang sangat bermanfaat dalam permasalahan berhukum dengan selai yang diturunkan Allah, dimana ia telah menghimpun dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta perkataan as-salafush-shaalih dan para imam, dimana ia telah mencukupi dan tidak meninggalkan tempat bagi seorang pun (untuk memberikan tambahan), menurut yang aku kira, wallaahu a’lam” [idem, hal. 9; dan dalam rekaman kaset berjudul ‘Fitnatul-‘Ashr’].
Asy-Syaikh ‘Aliy Al-Halabiy hafidhahullah berkata :
وفي كتاب ((الحكم بغير ما أنزل الله، وأصول التكفير)) (ص. ١٧٠) للأخ الدكتور الشيخ خالد العنبري - نفع الله به - نقولٌُ أخرى في كشف حقيقة (سيّد) الحرورية الخارجية.
(فائدة) : رأيتُ بأم عيني - والله يشهد - ما كتبه شيخنا الألباني - رحمه الله - بخطه - تقريظاًَ وتقديماًَ لكتاب ((الحكم....)) المذكور -، وقد كان ذلك قريباًَ من نصف صفحة، وقف شيخنا عندها؛ ليضم إليها (أهم) ماخذه على (سَفَر الحوالي) في كتابه ((الظاهرة))... ثم (ضَعُفَ) شيخنا عن إتمام مقدمته المذكورة، ومات - رحمه الله - دونها....
ولقد بحثنا عن تِلكم الورقة - أنا وبعض أنجال الشيخ وأقاربه -؛ فلم نجدها.
.....ثم (بَلَغَني) أنها (وَقَعَتْ) فَكُتِمَتْ ! بيد بعض النفعيين، المتلونيين؛ ممن لا (عِصام) لهم بقاعدة الحق والعدل ! ولا (هادي) لهم إلا مصالحهم وأهواءهم!!
فلا حول ولا قوة إلا بالله....
“Dalam kitab Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah wa Ushuulut-Takfiir (hal. 170) tulisan saudara Dr. Asy-Syaikh Khalid Al-‘Anbariy – semoga Allah meberikan manfaat dengannya – penukilan yang lain dalam menyingkap hakekat Sayyid (Quthb) tentang Haruriyyah Khaarijiyyah.
Faedah : Aku melihat dengan mata kepalaku sendiri – dan Allah menyaksikannya – apa yang ditulis oleh syaikh kami Al-Albaaniy rahimahullah dengan tangannya memberikan taqriidh dan taqdiim untuk kitab Al-Hukmu tersebut. Tulisan itu hampir mencapai setengah lembar halaman. Syaikh kami lalu berhenti untuk mengumpulkan bagian terpenting dari catatan (koreksian)-nya terhadap  Safar Al-Hawaliy dalam bukunya Adh-Dhaahirah….. kemudian syaikh kami merasa lemah untuk menyelesaikan muqaddimah tersebut, dan kemudian beliau wafat – semoga Alah memberikan rahmat kepadanya –.
Sungguh aku dan sebagian keluarga dekat syaikh telah mencari kertas tersebut, namun kami tidak menemukannya.
…..Kemudian sampai kepadaku bahwasannya ia telah jatuh dan disembunyikan oleh tangan yang tidak bertanggung jawab, dan tidak mempunyai kaedah kebenaran dan keadilan, serta petunjuk, kecuali hanya kemaslahatan diri mereka sendiri dan hawa nafsu !!. Falaa haulaa wa laa quwwata illaa billaah…” [Ad-Durarul-Mutalaaliah, hal. 17].
Tentang Asy-Syaikh Al-Faqiih Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, Dr. Khaalid Al-‘Anbariy berkata :
وقد أخبرني الثقة أن الشيخ ابن عثيمين-رحمه الله- سئل عن هذا الكتاب فزكاه وأثنى عليه، كما أنه صرح بأنَّ اللجنة أخطأت في تحذيرها من الكتاب، وذكر أنه لَم يستفد من فتواها إلا التكفيريون والثوريون!؛ وأنَّها فرقت بين المسلمين، كما أثنى على الكتاب أيضًا جمع من كبار علماء المملكة العربية السعودية.
“Seorang yang tsiqah telah mengkhabarkan kepadaku bahwasannya Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang kitab ini, maka beliau memberikan rekomendasi dan pujian terhadapnya, sebagaimana beliau menjelaskan bahwa Al-Lajnah telah keliru dalam tahdzirnya atas kitab ini. Dan disebutkan bahwa tidak ada yang mengambil faedah dari fatwa Lajnah tersebut kecuali kalangan takfiriyyuun dan tsauriyyuun. Dan bahwasannya fatwa tersebut memecah belah kaum muslimin. Kitab ini juga dipuji oleh beberapa ulama besar kerajaan Saudi ‘Arabia” [idem, hal. 16].
Telah berkata Asy-Syaikh Shaalih bin Ghaanim As-Sadlaan hafidhahullah, salah satu anggota Haiah Kibaaril-‘Ulamaa Saudi Arabia :
ولقد ألفيتُ كتاب الأخ الشيخ خالد بن علي بن محمد العنبري: "الحكم بغير ما أنزل الله وأصول التكفير في ضوء الكتاب والسنة وأقوال سلف الأمة" قد وافق عنوانه مخبره في التزام منهاج النبوة وفهم سلف الأمة في جميع مسائله وقضاياه، فأجزل الله له المثوبة جزاء ما بحث ونقب، وفتش ورتب، ونفع بِمَا كتبه وسطره أهل الإسلام في كل مكان: علماء ومفكرين، مشايخ وطلابًا، دعاة ومدعوين.
………
ثم أثبت -جزاه الله خيرًا- إجماع السلف والخلف على عدم كفر من حكم بغير ما أنزل الله من غير جحود أو عناد من طرق ثلاث، فكان مطلبًا فريدًا بحق.
وكشف عقب ذلك شبهات المخالفين، وأقام الحجة عليهم، أنَّ فهمهم لظواهر الآيات التي تعلقوا بِهَا فهم يضاهي فهم الخوارج، ولَمْ يكن ذلك من كيسه، بل بشهادات أهل العلم والتفسير، وتتبع كتب المخالفين الذين يُكَفِّرُون جميع مَنْ لَمْ يحكم بما أنزل الله من غير تفصيل، فَوَقَعَ على خصلة تُدْمِي القلوب، وتُبْكِي العيون، فقد رآهم يَلْوون أقوال أهل العلم، ويحملونَهَا ما لا تحتمل، ويبترون بعضها بِمَا يتوافق مع ما يذهبون إليه.
كل هذا بأسلوب علمي رصين، لا سَبَّ فيه ولا تجريح، فجاء هذا الكتاب فريدًا في بابه، وقد وافق فيما ذهب إليه من تفصيل في قضية الحكم بغير ما أنزل الله رأي سماحة الوالد مفتي المملكة العربية السعودية الشيخ العلامة عبد العزيز بن عبد الله ابن باز وفضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين، والشيخ العلامة محمد ناصر الدين الألباني.
“Sungguh telah aku dapati buku saudara Asy-Syaikh Khaalid bin ‘Aliy bin Muhammad Al-‘Anbariy yang berjudul Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah wa Ushuulit-Takfiir fii Dlauil-Kitaab was-Sunnah wa Aqwaali Salafil-Ummah telah sesuai dengan judulnya dalam berpegang teguh terhadap manhaj nubuwwah dan pemahaman salaful-ummah pada semua permasalahannya. Semoga Allah melimpahkan pahala kepadanya sebagai balasan terhadap apa yang telah ia bahas, teliti, dan susun. Semoga apa yang telah ditulisnya dapat memberikan manfaat kepada kaum muslimin di setiap tempat; baik ulama, cendekiawan, masyaikh, penuntut ilmu, da’i, dan objek yang didakwahi.
……………
Kemudian ia menetapkan – semoga Allah membalasnya dengan kebaikan – adanya ijma’ salaf dan khalaf tentang peniadaan pengkafiran orang yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah tanpa adanya pengingkaran atau penentangan dari tiga jalan. Ini adalah satu-satunya pokok permasalahan yang benar.
Penulis menyingkap syubhat-syubhat para pelaku penyimpangan dan menegakkan hujjah pada mereka; bahwasannya pemahaman mereka terhadap dhahir ayat-ayat yang mereka jadikan pegangan merupakan pemahaman yang menyerupai pemahaman Khawaarij. Apa yang ia nyatakan itu bukanlah hasil dari pemikirannya semata, akan tetapi merupakan persaksian para ulama dan ahli tafsir. Penulis juga meneliti buku-buku para pelaku penyimpangan yang mengkafirkan semua orang yang tidak berhukum dengan apa-apa yang diturunkan Allah tanpa perincian, sehingga mereka (para pelaku penyimpangan) terjatuh dalam tabiat yang menyebabkan hati sakit dan mata menangis. Penulis melihat mereka membawakan perkataan para ulama dan membawanya pada makna yang tidak seharusnya, serta memotong sebagian perkataan ulama yang tidak sesuai dengan pendapat mereka.
Semua yang ia lakukan tersebut berdasarkan metode ilmiah yang kuat/kokoh. Tidak ada unsur celaan maupun cacian. Kitab ini satu-satunya yang hadir dalam membahas permasalahan ini (secara lengkap). Perincian permasalahan berhukum dengan selain apa-apa yang diturunkan Allah pada kitab ini sesuai dengan pendapat Samaahatul-Waalid Mufti Kerajaan Saudi Arabia Asy-Syaikh Al-‘Allaamah ‘Abdul-‘Aziiz bin Baaz[1], Fadliilatusy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin[2], dan Asy-Syaikh Al-‘Allaamah Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy (rahimahumullah)[3]…. [idem, hal. 14 &15-16].
Adapun beberapa permasalahan yang dinisbatkan kepada penulis kitab (Dr. Khaalid Al-‘Anbariy) bahwasannya ia telah melakukan kedustaan atas nama ulama, maka itu tidak benar.[4]
Walhasil, kitab ini sangat direkomendasikan untuk dibaca dalam permasalahan perincian berhukum dengan selain yang diturunkan Allah.
Semoga info ini ada manfaatnya.
[Ditulis oleh Abul-Jauzaa’ di rumah tercinta, perum Ciomas Permai, Bogor, tanggal 3 Rajab 1432].


[1]      Di antaranya adalah fatwa beliau rahimahullah :
اطلعت على الجواب المفيد القيّم الذي تفضل به صاحب الفضيلة الشيخ محمد ناصر الدين الألباني – وفقه الله – المنشور في جريدة "الشرق الأوسط" وصحيفة "المسلمون" الذي أجاب به فضيلته من سأله عن تكفير من حكم بغير ما أنزل الله – من غير تفصيل -، فألفيتها كلمة قيمة قد أصاب فيه الحق، وسلك فيها سبيل المؤمنين، وأوضح – وفقه الله – أنه لا يجوز لأحد من الناس أن يكفر من حكم بغير ما أنزل الله – بمجرد الفعل – من دون أن يعلم أنه استحلّ ذلك بقلبه، واحتج بما جاء في ذلك عن ابن عباس – رضي الله عنهما – وغيره من سلف الأمة.
ولا شك أن ما ذكره في جوابه في تفسير قوله تعالى: ﴿ وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ
الْكَافِرُونَ ﴾، ﴿...الظَّالِمُونَ ﴾، ﴿ ...الْفَاسِقُونَ ﴾، هو الصواب، وقد أوضح – وفقه الله – أن الكفر كفران: أكبر وأصغر، كما أن الظلم ظلمان، وهكذا الفسق فسقان: أكبر وأصغر، فمن استحل الحكم بغير ما أنزل الله أو الزنا أو الربا أو غيرهما من المحرمات المجمع على تحريمها فقد كفر كفراً أكبر، ومن فعلها بدون استحلال كان كفره كفراً أصغر وظلمه ظلماً أصغر وهكذا فسقه
“Aku telah mengetahui jawaban yang bermanfaat dan lurus dari Fadlilatusy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani – semoga Allah memberinya taufik – yang disebarkan lewat surat kabar Asy-Syarqul-Ausath dan Al-Muslimuun ketika beliau menjawab pertanyaan tentang ‘Pengkafiran Orang yang Berhukum dengan Selain Hukum Allah Tanpa Adanya Perincian”. Aku mendapatkannya sebagai suatu jawaban yang sangat berharga dan beliau telah benar dalam hal ini. Beliau – semoga Allah memberinya taufiq – telah menempuh jalan kaum mukminin serta menjelaskan bahwa tidak boleh bagi seorang di antara umat ini untuk mengkafirkan orang yang berhukum dengan selain hukum Allah hanya sekedar karena dia mengerjakannya tanpa mengetahui bahwasannya dia menghalalkan dalam hati. Beliau pun berdalil dengan apa-apa yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma dan dari salaf umat ini. Tidak diragukan lagi bahwa jawaban beliau tentang tafsir ketiga firman Allah itu (QS. Al-Maaidah : 44,45,47) sudah benar. Beliau menjelaskan – semoga Allah memberinya taufiq – bahwa kufur itu ada dua macam : kufur besar dan kufur kecil, sebagaimana kedzaliman dan kefasiqan itu ada dua : besar dan kecil. Maka barangsiapa yang menghalalkan berhukum dengan selain hukum Allah atau zina, riba, atau yang selainnya dari hal-hal yang diharamkan secara ijma’, maka dia kafir dan melakukan kufur besar (keluar dari Islam), dzalim dengan kedzaliman yang besar, serta fasiq dengan kefasiqan yang besar. Dan barangsiapa yang melakukannya tanpa ada penghalalan, maka kekafirannya adalah kufur kecil, kedzalimannya adalah kedzaliman kecil, dan demikian pula kefaiqannya.” [Asy-Syarqul-Ausath no. 6156, 12-5-1416 H].
[2]      Di antaranya adalah fatwa beliau rahimahullah :
هذه الآية قيل إنها نزلت في اليهود وأستدل هؤلاء بأنها كانت في سياق توبيخ اليهود قال الله تعالى (إِنَّا أَنْزَلْنَا التَّوْرَاةَ فِيهَا هُدىً وَنُورٌ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّونَ الَّذِينَ أَسْلَمُوا لِلَّذِينَ هَادُوا وَالرَّبَّانِيُّونَ وَالْأَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ وَكَانُوا عَلَيْهِ شُهَدَاءَ فَلا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَناً قَلِيلاً وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ) وقيل إنها عامة لليهود وغيرهم وهو الصحيح لأن العبرة بعموم اللفظ لا بخصوص السبب ولكن ما نوع هذا الكفر قال بعضهم إنه كفر دون كفر ويروى هذا عن ابن عباس رضي الله عنهما وهو كقوله صلى الله عليه وعلى آله وسلم (سباب المسلم فسوق وقتاله كفر) وهذا كفر دون كفر بدليل قول الله تعالى (وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا الَّتِي تَبْغِي حَتَّى تَفِيءَ إِلَى أَمْرِ اللَّهِ فَإِنْ فَاءَتْ فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَأَقْسِطُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ إنما المؤمنون أخوة) فجعل الله تعالى الطائفتين المقتتلتين أخوة للطائفة الثالثة المصلحة وهذا قتال مؤمن لمؤمن فهو كفر لكنه كفر دون كفر وقيل إن هذا يعني قوله تعالى (وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ) ينطبق على رجل حكم بغير ما أنزل الله بدون تأويل مع علمه بحكم الله عز وجل لكنه حكم بغير ما أنزل الله معتقدا أنه مثل ما أنزل الله أو خير منه وهذا كفر لأنه أستبدل دين الله بغيره.
“Ayat ini dikatakan (oleh sebagian ulama) turun kepada Yahudi. Mereka berdalil bahwa ayat tersebut siyaq-nya adalah teguran/celaan kepada Yahudi. Allah ta’ala berfirman : ‘Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir’. Dikatakan pula bahwa ayat tersebut umum, yaitu (turun) kepada Yahudi dan selain mereka. Inilah yang benar, karena pelajaran itu diambil dari keumuman lafadh bukan dari kekhususan sebab. Namun, macam apakah kekufuran yang dimaksudkan di sini ? Sebagian mereka mengatakan bahwa itu adalah kekufuran di bawah kekufuran (kufrun duuna kufrin). Telah diriwayatkan hal itu dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma. Hal itu seperti sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Mencaci seorang muslim adalah kefasiqan, dan memeranginya adalah kekufuran’. Ini adalah kekufuran di bawah kekufuran (kufrun duuna kufrin) dengan dalil firman Allah ta’ala : ‘Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara’ (QS. Al-Hujuraat : 9-10). Allah ta’ala menjadikan dua golongan yang saling berperang sebagai saudara bagi golongan ketiga yang mendamaikan. Peperangan seorang mukmin kepada mukmin lainnya adalah kekufuran, namun kekufuran di bawah kekufuran (kufrun duuna kufrin). Dikatakan pula, yaitu ayat : ‘Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir’ ditujukan kepada seseorang yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah tanpa adanya ta’wil; yang bersamaan dengan itu ia mengetahui kewajiban berhukum dengan hukum Alah ‘azza wa jalla; namun ia malah berhukum dengan selain yang diturunkan Allah dengan keyakinan bahwa hal itu seperti hukum yang diturunkan Allah, atau lebih baik dari hukum Allah; maka ini adalah kufur (akbar). Karena ia telah mengganti agama Allah dengan selainnya” [Fataawaa Nuur ‘alad-Darb, juz 2 – Maktabah Ruuhul-Islaam].
Beliau rahimahullah pernah ditanya tentang hakim (penguasa) yang tidak berhukum dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Maka beliau menjawab :
الحاكم الذي لا يحكم بكتاب الله وسنة رسوله تجب طاعته في غير معصية الله ورسوله، ولا تجب محاربته من أجل ذلك، بل ولا تجوز إلا أن يصل إلى حد الكفر فحينئذ تجب منابذته، وليس له طاعة على المسلمين.
والحكم بغير ما في كتاب الله وسنة رسوله يصل إلى الكفر بشرطين :
الأولى : أن يكون عالماًَ بحكم لله ورسوله، فإن كان جاهلاًَ به لم يكفر بمخالفته.
الثاني : أن يكون الحامل له على الحكم بغير ما أنزل الله اعتقاد أنه حكم غير صالح للوقت وأن غيره أصلح منه، وأنفع للعباد، وبهذين الشرطين يكون الحكم بغير ما أنزل الله كفراًَ مخرجاًَ عن الملة، لقول تعالى : (وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ) [سورة المائدة، الاية : ٤٤] وتبطل ولاية الحاكم، ولا يكون له طاعة على الناس، وتجب محاربته، وإبعاده عن الحكم.
أما إذا كان يحكم بغير ما أنزل الله وهو يعتقد أن الحكم به أي بما أنزل الله هو الواجب، وأنه أصلح للعباد، ولكن خالفه لهوى في نفسه أو إرادة ظلم المحكوم عليه، فهذا ليس بكافر بل هو إما فاسق أو ظالم، وولايته باقية، وطاعته في غير عصية الله ورسوله واجبة، ولا تجوز محاربته أو إبعاده عن الحكم بالقوة، والخروج عليه، لأن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن الخروج على الأئمة إلا أن نرى كفراًَ صريحاَ عندنا فيه برهان من الله تعالى
“Seorang hakim/penguasa yang tidak berhukum dengan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya, tetap wajib untuk taat kepadanya pada selain kemaksiatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Tidak wajib memeranginya dikarenakan hal itu. Bahkan tidak diperbolehkan kecuali jika ia sampai pada batas kekufuran, maka pada saat itu wajib untuk menentangnya, dan tidak ada lagi ketaatan dari kaum muslimin (kepadanya).
Permasalahan berhukum dengan selain apa yang terdapat dalam Kitaabullah dan sunnah Rasul-Nya mengantarkan pada derajat kekufuran apabila memenuhi dua persyaratan :
Pertama, ia mengetahui hukum Allah dan Rasul-Nya. Apabila ia seorang yang jaahil dengannya, maka tidak dikafirkan karena penyelisihannya.
Kedua, faktor yang membawanya untuk berhukum dengan selain apa yang diturunkan Allah adalah keyakinan bahwasannya hukum yang diturunkan Allah itu hukum yang tidak sesuai dengan jaman, atau hukum selainnya lebih sesuai darinya dan lebih bermanfaat bagi manusia.
Dengan dua persyaratan ini, berhukum dengan selain yang diturunkan Allah merupakan kekufuran yang mengeluarkan dari agama, berdasarkan firman-Nya ta’ala : Barangsiapa yang tidak berhukum menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir’ (QS. Al-Maaidah : 44), sehingga kekuasaan hakim/penguasa tersebut batal/tidak sah. Tidak ada ketaatan manusia kepadanya, serta wajib untuk memeranginya dan mencopot kekuasaannya.
Namun apabila ia berhukum dengan selain yang diturunkan Allah dalam keadaan ia masih berkeyakinan bahwa berhukum dengan apa-apa yang diturunkan Allah adalah wajin, akan tetapi ia menyelisihinya karena hawa nafsu atau keinginan berbuat dhalim kepada orang yang hendak dijatuhi hukuman. Hal ini bukan termasuk orang kafir, namun hal itu mungkin termasuk orang yang fasik atau orang yang dhalim. Kekuasannya masih tetap ada, dan ketaatan kepadanya selain dalam perkara maksiat adalah kewajiban. Tidak diperbolehkan memeranginya atau mencopot kekuasaannya dengan kekuatan, serta keluar ketaatan darinya. Karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang keluar ketaatan dari para imam kecuali jika kita melihat adanya kekufuran yang jelas, sementara kita mempunyai bukti dari ketentuan Allah ta’ala” [Majmuu’ Al-Fataawaa war-Rasaail, 2/147-148].
[3]      Diantaranya adalah fatwa beliau rahimahullah :
«..﴿ وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ ﴾؛ فما المراد بالكفر فيها؟ هل هو الخروج عن الملة؟ أو أنه غير ذلك؟، فأقول: لا بد من الدقة في فهم الآية؛ فإنها قد تعني الكفر العملي؛ وهو الخروج بالأعمال عن بعض أحكام الإسلام. ويساعدنا في هذا الفهم حبر الأمة، وترجمان القرآن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما، الذي أجمع المسلمون جميعاً – إلا من كان من الفرق الضالة – على أنه إمام فريد في التفسير.
فكأنه طرق سمعه – يومئذ – ما نسمعه اليوم تماماً من أن هناك أناساً يفهمون هذه الآية فهماً سطحياً، من غير تفصيل، فقال رضي الله عنه: "ليس الكفر الذي تذهبون إليه"، و:"أنه ليس كفراً ينقل عن الملة"، و:"هو كفر دون كفر"، ولعله يعني: بذلك الخوارج الذين خرجوا على أمير المؤمنين علي رضي الله عنه، ثم كان من عواقب ذلك أنهم سفكوا دماء المؤمنين، وفعلوا فيهم ما لم يفعلوا بالمشركين، فقال: ليس الأمر كما قالوا! أو كما ظنوا! إنما هو: كفر دون كفر... ».
“….Barangsiapa yang tidak berhukum menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. Kekufuran apakah yang dimaksud dalam ayat ini? Apakah kekufuran yang mengeluarkan pelakunya dari Islam ataukah tidak? Aku berkata : Kita harus teliti dalam memahami ayat ini. Dan terkadang yang dimaksud oleh ayat adalah kufur amali, yaitu melakukan beberapa perbuatan yang mengeluarkan pelakunya dari sebagian hukum-hukum Islam. Pemahaman kita ini didukung oleh Habrul-Ummah dan Penafsir Al-Qur’an Abdullah bin Abbas radliyallaahu anhuma, yang telah disepakati oleh seluruh kaum muslimin-kecuali kelompok-kelompok sesat - bahwa ia adalah seorang imam yang tiada bandingnya dalam tafsir Alquran. Seakan-akan ketika itu ia telah mendengar apa yang kita dengar pada hari ini bahwa disana ada sekelompok orang yang memahami ayat ini dengan pemahaman yang dangkal tanpa perincian.
Ibnu 'Abbaas berkata : Bukan seperti kekufuran yang kalian (Khawarij) maksudkan, (yaitu) bukan kekufuran yang mengeluarkan pelakunya dari agama”. Akan tetapi yang dimaksud adalah kufrun duna kufrin”. Mungkin yang ia maksudkan dengan hal itu adalah kaum Khawarij yang memberontak terhadap Amiirul-Mukminiin Ali radliyayaallahu ‘anhu, dan termasuk akibat dari perbuatan mereka adalah tertumpahnya darah kaum mukminin, mereka melakukan perbuatan keji terhadap kaum mukminin yang tidak mereka lakukan kepada kaum musyrikin, maka beliau berkata terhadap mereka, “Bukanlah perkara itu sebagaimana yang mereka katakan dan mereka duga, akan tetapi yang dimaksud adalah kufrun duuna kufrin (kekafiran yang tidak mengeluarkan dari islam)” [At-Tahdziir min Fitnatit-Takfiir, hal. 56].
[4]      Misalnya :
a.      Tuduhan bahwasannya Penulis telah berdusta atas nama Asy-Syaikh Muhammad bin Ibraahiim rahimahullah dengan mengatakan apa-apa -apa yang tidak dikatakannya, yaitu beliau tidak memutlakkan kekufuran pada orang yang berhukum dengan undang-undang buatan. Ada juga yang mengatakan bahwa Penulis ‘mengklaim’ Asy-Syaikh Muhammad bin Ibraahiim rahimahullah telah rujuk dari fatwanya dalam pengkafiran secara mutlak (tanpa perincian) orang yang berhukum dengan undang-undang buatan.
Jawab :
Tuduhan ini sangat tidak valid. Penulis tidak pernah mengatakan bahwa Asy-Syaikh Muhammad bin Ibraahiim rahimahullah telah rujuk dalam fatwanya, akan tetapi yang dikatakan oleh Penulis adalah bahwasannya beliau mempunyai perkataan lain yang memberikan perincian dalam permasalahan berhukum dengan undang-undang buatan. Berikut perkataan Penulis :
ويكثر استشهادهم أيضًا بكلام الشيخ العلامة محمد بن إبراهيم آل الشيخ في رسالته الموسومة -بتحكيم القوانين- والحق أن للشيخ كلامًا آخر يذهب فيه إلى التفصيل الذي حكيناه عن السلف قد سبق
والحق أن في هذه الرسالة المذكورة ما يدل دلالة واضحة على هذا التفصيل فهاهو يقول:
"فانظر كيف سجل الله تعالى على الحاكمين بغير ما أنزل الله الكفر والظلم والفسوق، ومن الممتنع أن يسمي الله سبحانه الحاكم بغير ما أنزل الله كافرًا، ولا يكون كافرًا، بل هو كافر مطلقًا، إما كفر عملي، وإما كفر اعتقادي، وما جاء عن ابن عباس في تفسير هذه الآية من رواية طاوس وغيره يدل أن الحاكم بغير ما أنزل الله كافر: إما كفر اعتقاد ناقل عن الملة، وإما كفر عمل لا ينقل عن الملة"
“Dan mereka juga banyak berhujjah dengan perkataan Asy-Syaikh Al-‘Allaamah Muhammad bin Ibraahiim Aalusy-Syaikh dalam risalahnya yang berjudul : ‘Tahkiimul-Qawaaniin’. Dan yang benar dalam permasalahan ini Syaikh mempunyai perkataan lain yang berpendapat dengan adanya perincian yang telah kami hikayatkan dari salaf sebagaimana telah lewat.
Dan yang benar bahwasannya dalam risalah beliau tersebut ada hal yang menunjukkan secara jelas atas perinciannya. Dan inilah yang beliau katakan : ‘Perhatikanlah bagaimana Allah ta’ala menamakan para pemimpin yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah dengan kufur, dhalim, dan fasiq. Tidak mungmin Allah subhaanahu wa ata’ala menamakan penguasa yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah dengan kekafiran, namun ia tidak menjadi kafir. Bahkan, ia kafir secara mutlak. Mungkin ia kufur amaliy atau kufur i’tiqadiy. Dan perkataan dari Ibnu ‘Abbaas dalam tafsir ayat ini yang berasal dari riwayat Thaawuus dan yang lainnya menunjukan bahwasannya seorang hakim/penguasa yang menghukumi dengan selain yang diturunkan Allah adalah kaafir; mungkin ia kufur i’tiqadiy yang mengeluarkan dari agama, mungkin pula kufur amal yang tidak mengeluarkan dari agama” [Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah, hal. 156. Penjelasan Asy-Syaikh Muhammad bin Ibraahiim itu dinukil Penulis dari Tahkiimul-Qawaaniin, hal. 15].
Perincian inilah yang banyak tidak disebutkan oleh para mukhaalif yang mengingikan pengkafiran secara mutlak orang yang berhukum dengan undang-undang buatan.
Yang lebih jelas lagi adalah fatwa Asy-Syaikh Muhammad bin Ibraahiim rahimahullah yang lain yang juga disebutkan oleh Penulis :
من حكم بِهَا -يعني: القوانين الوضعية- أو حاكم إليها معتقدًا صحة ذلك وجوازه فهو كافر الكفر الناقل عن الملة، وإن فعل ذلك بدون اعتقاد ذلك وجوازه، فهو كافر الكفر العملي الذي لا ينقل عن الملة
“Barangsiapa berhukum dengannya dengannya – yaitu undang-undang buatan - atau berhukum kepadanya, dengan keyakinan hal itu dibenarkan, atau dibolehkan, maka ia kafir dengan kekufuran yang menjadikannya keluar dari agama. Adapun bila ia melakukannya tanpa disertai oleh keyakinan dibenarkannya perbuatan tersebut atau dibolehkannya, maka ia telah kafir dengan kufur amali, yang tidak sampai menjadikannya keluar dari agama” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 1/80].
b.      Tuduhan bahwasannya Penulis telah ‘mengklaim’ ijma’ dari kalangan Ahlus-Sunnah tentang tidak kafirnya orang yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah dalam tasyrii’ al-‘aam kecuali dengan istihlaal qalbiy (penghalalan hati) sebagaimana orang-orang yang berbuat maksiat selain dari kekufuran.
Jawab :
Tuduhan ini juga sangat tidak valid, sebab yang dinyatakan secara manthuq oleh Penulis dalam kitabnya adalah :
إثبات إجماع السلف والخلف من أهل السنة وغيرهم على عدم كفر من حكم بغير ما أنزل الله من غير جحود واستحلال
“Penetapan ijma’ salaf dan khalaf dari kalangan Ahlus-Sunnah dan selainnya tentang tidak kafirnya orang yang berhukum dengan selain yang diturunkan Allah tanpa adanya pengingkaran dan penghalalan” [Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah, hal. 112].
Sungguh berbeda antara kalimat yang dituduhkan dengan kalimat yang dinyatakan oleh Penulis. Penulis melandaskan perkataan itu berdasarkn banyak hal, di antaranya perkataan Abul-‘Abbaas Al-Qurthubiy rahimahullah :
وترك الحكم بذلك ليس بشرك بالاتفاق، فيجوز أن يغفر، والكفر لا يغفر، فلا يكون ترك العمل بالحكم كفرًا
“Meninggalkan berhukum dengan hukum Allah bukanlah satu kemusyrikan menurut kesepakatan. Maka ia berhak untuk mendapat ampunan, sedangkan kekafiran itu tidak mendapat ampunan. Maka, meninggalkan amal dengan berhukum (dengan selain hukum Allah) bukanlah kekafiran” [Al-Mufhim – dinukil dalam Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah, hal. 112 - perkataan Al-Qurthubiy secara lebih lengkap bisa dibaca di : sini dan di sini].
Juga membawakan perkataan Raasyid Ridlaa rahimahulah :
أما ظاهر الآية، فلم يقل به أحد من أئمة الفقه المشهورين، بل لَمْ يقل به أحد قط
“Adapun (makna yang terambil dari) dhahir ayat (yaitu QS. Al-Maaidah : 44), maka tidak ada seorangpun dari kalangan imam fiqh yang masyhuur mengatakannya. Bahkan tidak ada seorang pun yang mengatakan denganya” [Tafsir Al-Manaar – dinukil dalam Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah, hal. 112].
Dan yang lainnya.
Inikah yang disebut berdusta atas nama ijma’ ?
Harap dicatat bahwa apa yang dikatakan Penulis atas ijma’ ini disepakati oleh Asy-Syaikh As-Sadlaan hafidhahullah sebagaimana dituliskan di atas.
c.      Tuduhan bahwasannya Penulis mentahrif dan memotong kalimat ulama serta membawanya pada maksud selain yang asalnya.
Jawab :
Justru Penulis banyak mengkoreksi kitab-kitab kontemporer yang memotong kalimat dan mentahrif makna perkataan para ulama selain dari yang dimaksudkan secara asal. Bukankah Asy-Syaikh As-Sadlaan hafidhahullah mengatakan dalam muqaddimah-nya : “Penulis menyingkap syubhat-syubhat para pelaku penyimpangan dan menegakkan hujjah pada mereka; bahwasannya pemahaman mereka terhadap dhahir ayat-ayat yang mereka jadikan pegangan merupakan pemahaman yang menyerupai pemahaman Khawaarij….. Penulis melihat mereka membawakan perkataan para ulama dan membawanya pada makna yang tidak seharusnya, serta memotong sebagian perkataan ulama yang tidak sesuai dengan pendapat mereka. Semua yang ia lakukan tersebut berdasarkan metode ilmiah yang kuat/kokoh….”.
Rekomendasi para ulama besar di atas sudah cukup menunjukkan validitas bahasan Dr. Khaalid Al-‘Anbariy dalam kitabnya Al-Hukmu bi-Ghairi Maa Anzalallaah.
Yang lebih penting dari itu, adalah meneliti kebenaran tuduhan dengan isi kitab dengan merujuk pada referensi-referensi yang digunakan sebagai acuan.

Comments

rasi mengatakan...

Kelihatannya tulisan yang menarik dan penuh dengan ilmu yang bermanfaat , apakah sudah ada buku terjemahannya ustad ?

Mohon infonya.

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

sudah ada. kalau tidak salah ingat, terjemahannya berjudul : Kafirkah Berhukum dengan Hukum Selain Allah ?.

Anonim mengatakan...

Ustadz, punya scannya?pdf?wordnya?saya nyari g tahu dimana dapatnya...

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Visit here.

Anonim mengatakan...

Sungguh saya telah banyak menyaksikan kebencian khalid dan al halabiy kepada para du'at yang mengkafirkan penguasa musyrik dan kecintaan mereka kepada thaghut dan tawalliy mereka terhadapnya, seraya bekerja sama dengan mereka. Para penguasa thaghut itu sangat girang dengan da'i2 semacam mereka yang membela dan melindungi kekafiran mereka sehingga para penguasa itu mencetak buku-bukunya dan gratis di bagikan kepada orang2 agar org2 awam termakan ucapan busuk mereka dan menjadi pembela para thagut itu, sampai2 kitab2 itu masuk ke dalam penjara dan ditawarkan oleh polisi2 disana kepada para tahanan seraya mereka gembira dengannya. sungguh benar apa yang dikatakan AL Hafidz Adz Dzahabi ketika berbicara tentang aqidah murji'ah:

"WAJASSARUU KULLA FAASIQIN WAQAATI'I THARIIQIN 'ALAA AL MUUBIQAATI,NA'UUDZU BILLAAHI MINAL KHIDZLAAN"

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Yang benar, Syaikh Khaalid dan Syaikh Al-Halabiy membenci para du'at yang mengkafirkan secara ngaco kaum muslimin, dan juga para pemimpin mereka tanpa kaedah dan perincian. Yang sama bencinya seperti mereka berdua juga banyak, semisal Syaikh Ibnu Baaz, Syaikh Al-Albaaniy, Syaikh Ibnu 'Utsaimiin, Syaikh Al-'Abbaad, dan yang lainnya. Pemilik blog ini pun demikian.

Anonim mengatakan...

Fitnah apa lagi yang hendak engkau bangun wahai muqollid? kami tidak pernah mengkafirkan kaum muslimin yang melakukan maksiat sebagaimana khawarij dan ghulatul mukaffirah zaman sekarang dan kami berlepas diri dari aqidah mereka, yang kami kafirkan orang yang membatalkan tauhid dan membela syirik juga tandid. Adapun sikap tidak mengkafirkan para thaghut yang memutuskan dengan selain apa yang Allah turunkan dan yang membuat hukum yang tidak Allah izinkan, maka ia adalah kebodohan dan sikap ngawur yang sangat besar, yang sumber pemicunya adalah aqidah Jahmiyyah, dan ia adalah diantara pengaruh fenomena Irja’ yang membanjiri kaum muslimin pada hari ini, Adapun orang yang tidak mengkafirkan para thaghut dan dia tidak membangun di atas hal itu sikap tawalliy dan nushrah mereka dan dia tidak pula masuk dalam sistim mereka atau ikut serta dalam pembuatan hukum kafir mereka, dan dia itu memiliki ashlul iman yang mana seseorang tidak menjadi muslim kecuali dengannya, maka kami tidak mengkafirkan orang itu meskipun muncul darinya doa buat para thaghut karena kebaikan yang mereka berikan kepadanya atau yang lainnya.Oleh karenanya maka kami tidak mengkafirkan orang yang masih memiliki ashlul Islam dan tauhid serta bara’ah dari para thaghut

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Kalau Anda tidak merasa, kenapa mesti marah-marah ? Karena yang 'diserang' oleh Suaikh Khaalid dan Syaikh Al-Halabiy itu jelas, para takfiriy. Ooo, saya jadi tahu, bahwa Anda lah takfiriy itu.

Perkataan Anda :

Adapun sikap tidak mengkafirkan para thaghut yang memutuskan dengan selain apa yang Allah turunkan dan yang membuat hukum yang tidak Allah izinkan, maka ia adalah kebodohan dan sikap ngawur yang sangat besar, yang sumber pemicunya adalah aqidah Jahmiyyah, dan ia adalah diantara pengaruh fenomena Irja’ yang membanjiri kaum muslimin pada hari ini [selesai kutipan].

Orang takfiriy itu tidak membuat perincian, mana yang dikafirkan, mana pula yang tidak.

Telah berkata Al-Imaam Abu Bakr Muhammad bin Al-Husain Al-Aajurriy rahimahullah (w. 360 H) :

ومما يتبع الحرورية من المتشابه قول الله عز وجل : وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ . ويقرؤون معها : ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ فإذا رأوا الإمام يحكم بغير الحق قالوا : قد كفر . ومن كفر عدل بربه ، فقد أشرك ، فهؤلاء الأئمة مشركون ، فيخرجون فيفعلون ما رأيت ، لأنهم يتأولون هذه الآية .

“Dan termasuk di antara syubhat yang diikuti kaum Haruuriyyah (Khawaarij) dalam firman Allah ta’ala : ‘Dan barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa-apa yang diturunkan Allah, maka mereka termasuk orang-orang kafir’ (QS. Al-Maaidah : 44). Mereka membacanya bersama ayat : ‘Namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka’ (QS. Al-An’aam : 1). Apabila mereka melihat seorang imam (penguasa) yang berhukum bukan dengan kebenaran, mereka pun berkata : ‘Sungguh ia telah kafir. Dan barangsiapa yang kafir, maka ia telah mempersekutukan Rabb-nya, dan sungguh ia telah berbuat syirik. Mereka adalah para pemimpin kaum musyrik’. Akhirnya, mereka (Khawaarij) keluar (dari ketaatan) dan melakukan apa-apa yang telah kamu lihat. Hal itu dikarenakan mereka mena’wilkan (secara keliru) ayat ini” [Asy-Syarii’ah, 1/144, tahqiq : Al-Waliid bin Muhammad; Muassasah Qurthubah, Cet. 1/1417].

Anonim mengatakan...

ini namanya pentalbisan dan pengelabuan akan hakikat dien, dimana fatwa ulama pada masa kekhilafahan islam yang mana para pemimpinnya masih berpegang teguh kepada syari'at Allah Ta'ala dan mereka hanya tergelincir dalam beberapa permasalahan dari keberpalingan mereka dari hukum2 Allah, seraya mereka tetap teguh dengan Syari'at itu, berbeda sekali realita zaman sekarang yang mana hukum2 Allah ditanggalkan dan undang2 kafir menjadi rujukan, apakah sama realita masa itu dengan masa sekarang wahai muqollid, sehingga engkau membenturkan fatwa ulama di zaman itu dengan keadaan pemimpin kekafiran di masa sekarang? bangunlah dari tidurmu wahai muqollid. Perhatikanlah wahai kaum yang masih tertidur,kami tidak menceburkan diri bersama kalian dalam debat dan tarik ulur seputar ayat di atas Meskipun pada hakikatnya ia adalah hujjah bagi kami dalam realita zaman kita ini, karena sesungguhnya penempatan aslinya sebagaimana yang telah lalu adalah pada macam para penguasa zaman kita ini.
Namun kami tidak berhujjah terhadap macam realita pembuatan hukum syirik ini kecuali dengan firman-Nya ta’ala:
أم لهم شركاءُ شرعوا لهم من الدينِ ما لم يأذن به الله
dan Firmanyya:
وإنَّ الشياطين ليوحون إلى أوليائهم ليجادلوكم وإنْ أطعتموهم إنِّكم لمشركون
dan Firmannya:
أحبارهم ورهبانهم أرباباً من دون الله… الآية
dan Firmannya pula:
ولا يُشركُ في حكمهِ أحداً
dan Firmannya:
أفحكمَ الجاهليةِ يبغونَ ومن أحسنُ من اللهِ حُكماً لقومٍ يُوقنون

Dan hal-hal serupa itu, agar kita memperkenalkan kepada orang yang diajak bicara bahwa realita hukum saat ini adalah pembuatan hukum thaghut yang syirik lagi kafir yang menggugurkan kalimah tauhid, sehingga dia tidak menyibukkan diri dengan penyulapan dan pengkaburan serta pembauran Ahlut Tajahhum Wal Irja seputar ayat di atas (Al Maidah: 44)

Abu Al-Jauzaa' : mengatakan...

Makanya, pembedaan Anda itu tidak sesuai dengan kaedah syari'at. Saya kira, sudah terlalu berjubel omong kosong model komentar Anda di Blog ini, dan di sini pun sudah banyak membahasnya. Silakan baca artikel :

Tidak Berhukum dengan Syari’at yang Diturunkan Allah.