Al-Qaadliy Abu Ya’laa Bukan Seorang Mujassim !!


Prolog : Kalangan ahlul-bid’ah dulu dan sekarang tidak henti-hentinya mencela Ahlus-Sunnah dengan tuduhan penganut paham Mujassimah. Mereka merobek kehormatan ulama dengan hawa nafsu dan kejahilan mereka. Dan di antara ulama yang mereka dakwa adalah Al-Imam Al-Qaadliy Abu Ya’la Al-Hanbaliy rahimahullah. Di era sekarang, Hasan bin ‘Aliy As-Saqqaaf salah satu pencelanya. Oleh karena itu, kali ini akan saya nukilkan (lebih tepatnya : ketikkan) pembelaan Asy-Syaikh Sulaiman bin Shaalih Al-Khurasyiy hafidhahullah terhadap Al-Qaadliy Abu Ya’laa, dari satu bab dalam kitabnya yang berjudul “Ittihaamaat Laa Tutsbat” [Maktabah Ar-Rusyd, Cet. 1/1425 H; Riyaadl – halaman 63-78].

Beliau adalah Al-Qaadliy Abu Ya’laa, salah seorang ulama madzhab Hanabilah yang masyhuur. Nama lengkap beliau adalah : Muhammad bin Al-Husain bin Muhammad bin Khalaf bin Ahmad Al-Baghdaadiy Al-Hanbaliy. Lahir tahun 380 H dan wafat tahun 485 H. Telah menulis banyak karangan kitab yang bermanfaat dalam berbagai disiplin ilmu.[1]

Muridnya yang bernama Ibnu ‘Aqiil saat menyebutkan syaikhnya berkata :

وفي الفقه القاضي أبو يعلى المملوء عقلاً وزهداً وورعاً

“Dalam bidang fiqh, Al-Qaadliy Abu Ya’laa sangat pandai/cerdas, zuhud, lagi wara’”.[2]

Berkata pula muridnya yang bernama Ya’quub Al-Barziiniy :

وينبغي أن يعلم أن ما سطرته في هذه المسألة أن ذلك مما استفدته وتفرع عندي من شيخنا وإمامنا القاضي أبي يعلى بن الفراء وإن كان قد نصر خلاف ما ذكرته في هذا الباب.

فهو العالم المقتدى به في علمه ودينه فإني ما رأيته أحسن سمتاً منه ولا أكثر اجتهاداً منه ولا تشاغلاً بالعلم مع كثرة العلم والصيانة والإنقطاع عن الناس والزهادة فيما بأيديهم والقناعة في الدنيا باليسير مع حسن التجمل وعظم حشمته عند الخاص والعام.

“Dan sudah sepantasnya untuk diketahui bahwa apa yang aku tulis dalam permasalahan ini merupakan sesuatu yang aku ambil manfaatnya dan aku kembangkan dari guru kami dan imam kami, Al-Qaadliy Abu Ya’laa Al-Farraa’; meskipun beliau condong pada pendapat yang berbeda dari yang aku sebutkan dalam bab ini.

Beliau adalah seorang yang berilmu (‘aalim) yang diteladani dalam ilmu dan agamanya. Sungguh, tidak pernah aku lihat orang yang lebih bagus perangainya, lebih banyak ijtihadnya, dan lebih menyibukkan diri dalam ilmu dari beliau. Ditambah lagi dengan banyaknya ilmu, penjagaan diri, tidak tergantung pada orang lain dan zuhud dengan segala yang ada di tangan mereka, serta qana’ah (menerima) bagian dunia yang sedikit dengan tetap memperlihatkan kebercukupan dan keagungan kehormatannya di mata orang awam dan ulama”.[3]

Telah berkata Ibnul-Jauziy :

جمع الإمامة في الفقه والصدق وحسن الخلق والتعبد والتقشف والخشوع وحسن السمت والصمت عما لا يعني واتباع السلف.

“Beliau menghimpun kepemimpinan dalam fiqh, kejujuran, kebaikan akhlaq, ibadah, kesederhanaan, kekhusyukan, kebaikan perangai, diam dari segala hal yang tidak bermanfaat, dan mengikuti salaf”.[4]

Telah berkata As-Sam’aaniy :

فقيه فاضل مناظر من أصحاب أحمد بن حنبل وله فيه تصانيف.

“Seorang faqih, mempunyai keutamaan, dan ahli debat di antara shahabat-shahabat Ahmad bin Hanbal. Beliau mempunyai banyak karangan”.[5]

Telah berkata Al-‘Ulaimiy dalam kitab Al-Manhajul-Ahmad :

أبو يعلى إمام الحنابلة كان عالم زمانه وفريد عصره ونسيج وحده وقريع دهره.

وعنه انتشر مذهب الإمام أحمد رحمه الله وكان له في الأصول والفروع القدم العالي وفي شرف الدين والدنيا المحل السامي والخطر الرفيع عند الإمامين القادر بالله، والقائم بأمر الله.

“Abu Ya’laa adalah imam madzhab Hanabilah. Beliau adalah ulama di jamannya, tidak ada bandingannya di masanya, dan paling unggul di eranya. Dan darinyalah tersebar madzhab Al-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah. Beliau mempunyai pengetahuan yang tinggi dalam bidang ushul dan furu’. Adapun dalam hal kemuliaan agama dan dunia, beliau mempunyai kedudukan dan kehormatan yang tinggi di sisi dua imam (khalifah), yaitu Al-Qaadir Billah dan Al-Qaaim Bi-Amrillah”.

Kemudian ia (Al-‘Ulaimiy) melanjutkan setelah menyebutkan kedudukan beliau dalam fiqh dan ilmu-ilmunya :

مع الزهد والورع والعفة والقناعة وانقطاعه عن الدنيا وأهلها واشتغاله بسطر العلم وبثه وإذاعته ونشره سوى ما انضاف إلى ذلك من الجلالة والصبر على المكاره والاحتمال لكل جريرة إن لحقته من عدوه، وزلل إن جرى من صديقه، وتعطفه بالإحسان على الصغير والكبير، واصطناع المعروف إلى الداني والقاصي، جارياً على سنن الإمام أحمد رحمه الله. ولم يزل طول الزمان يزداد جلالة ونبلاً وعلماً.

“Ditambah dengan kezuhudan, wara’, ‘iffah (menjaga kehormatan diri), qana’ah, tidak tergantung pada dunia dan manusia, kesibukannya dalam penulisan ilmu, menyebarkannya, mengajarkannya, dan mendakwahkannya. Selain itu, juga kebesarannya, kesabarannya terhadap segala macam cobaan, pemaafannya terhadap setiap orang baik kawan ataupun lawan, rasa kasih sayangnya terhadap anak-anak dan orang tua, berbuat baik kepada orang yang jauh dan dekat, dan sejalan dengan apa yang ditempuh oleh Al-Imam Ahmad rahimahullah. Beliau senantiasa bertambah agung, mulia, dan berilmu sepanjang jaman”.[6]

Tuduhan yang Dialamatkan kepadanya

Al-Qaadli rahimahullah adalah seorang imam di antara imam-imam madzhab yang mempunyai kedudukan tinggi dalam ilmu-ilmu agama. Beliau amat disegani dan dihormati oleh orang-orang di jamannya, baik yang awam maupun tokohnya karena semangatnya dalam ber-amar ma’ruf nahi munkar serta bersabar dalam menegakkannya. Dari keadaan beliau inilah, sebagai konsekuensinya, beliau tidak luput dari lisan para pendengki dan celaan para pencela. Kadangkala, berbagai celaan itu dikeluarkan oleh orang yang tidak disangka sebagai orang yang jelek lagi pendusta, namun ia mengucapkannya karena membenarkan apa yang dikatakan kepada beliau (dari para pendengki dan pencela tersebut), kemudian berpegang kepadanya.

Sebagian ulama ada yang menjelekkan Al-Qaadliy rahimahullah dan memperbincangkannya (mengkritiknya) dengan kata-kata yang kasar/keras. Telah berkata Abu Bakr bin Al-‘Arabiy dalam kitabnya Al-‘Awaashim[7] :

وأخبرني من أثق به من مشيخي أن أبا يعلى محمد بن الحسين الفراء، رئيس الحنابلة ببغداد كان يقول : إذا ذكر الله تعالى وما ورد من هذه الظواهر في صفاته - يقول : ألزموني ما شئتم فإني ألتزمه إلا اللحية والعورة.

“Dan telah mengkhabarkan kepadaku dari salah seorang syaikhku yang aku percayai, bahwasanya Abu Ya’laa Muhammad bin Al-Husain Al-Farraa’, pemimpin madzhab Hanabilah di Baghdad berkata - apabila ia menyebut Allah ta’ala dan dalil-dalil yang menyebut dhahir sifat Allah - : ‘Berikanlah konsekuensi kepadaku apa yang kalian maui, karena aku akan menerimanya kecuali jenggot (lihyah)”. (!!)

Pembelaan Atas Tuduhan Ini

Asy-Syaikh Su’uud Al-Khalaf memberikan sanggahan sebagai berikut :

“Tidak diragukan lagi bahwa perkataan dan nukilan ini dari Ibnul-‘Arabiy – semoga Allah mengampuninya – merupakan pelanggaran terhadap diri Al-Qaadliy rahimahullah dan sesuatu yang diada-adakan atas diri beliau. Al-Qaadliy rahimahullah termasuk pembesar dari pengikut jalan ahlul-hadits, orang yang mengagungkan atsar, dan orang yang mengikuti sunnah lagi meneladani atsar as-salafush-shaalih. Beliau bukan termasuk ahlul-ahwaa’ wal-bida’ (orang yang mengikuti hawa nafsu dan kebid’ahan) yang mengambil ilmu dari para khurafiyyiin (pecinta khurafat) dan musuh agama.

Lantas, bagaimana bisa dituduhkan atas diri Al-Qaadliy rahimahullah bahwasannya beliau mengatakan perkataan ini atau dituduh lancang terhadap Rabbnya ‘azza wa jalla yang dengan itu beliau membuka pintu perdukunan dengan sifat-sifat-Nya dan perkataan tentang-Nya tanpa ilmu seperti ini ?!

Apa yang disebutkan oleh Ibnul-‘Arabiy – semoga Allah memaafkannya – dinukil dari orang yang tidak diketahui identitasnya (majhuul). Tidak dapat dibenarkan bagi orang yang semisal beliau untuk mencela ulama sedangkan beliau mengetahui kedudukan ilmu di sisi ahlinya, serta berusaha membentengi jiwa dan hati mereka dari berbagai bisikan syaithaniyyah, bid’ah, dan khurafat.

Dan Ibnu ‘Arabiy sendiri tidak menyebutkan nama orang yang mengatakannya (syaikhnya) dan dari siapa orang majhuul ini mengambil dakwaan dusta atas diri Al-Qaadliy. Mungkin saja ia mengambilnya dari Abu Ja’far As-Samnaaniy, seorang qaadliy daerah Maushil, dimana Syaikhul-Islam berkata tentangnya :

يقال أن أبا جعفر السمناني، شيخ أبي الوليد الباجي قاضي الموصل، كان يقول عليه (يعني القاضي أبا يعلى) ما لم يقله : - ويقال عن السمناني أنه كان مسمحاً في حكمه وقوله.

“Dikatakan bahwa Abu Ja’far As-Samnaaniy[8], syaikh dari Abul-Waliid Al-Baajiy, seorang qadliy daerah Maushil, pernah mengatakan tentangnya (yaitu Al-Qaadliy Abu Ya’laa) apa-apa yang tidak dikatakannya. Dan dikatakan pula dari As-Samnaaniy bahwasannya ia seorang yang longgar dalam hukum dan perkataannya”.[9]

Aku (Asy-Syaikh Su’uud Al-Khalaf) telah mencari perkataan Abu Ja’far, namun tidak aku temukan satu nukilan pun darinya. Akan tetapi Ibnu Katsiir dalam kitabnya Al-Bidaayah wan-Nihaayah, setelah menyebutkan biografi dan wafatnya, berkata : “Semoga Allah memaafkannya” (سامحه الله). Sepertinya beliau (Ibnu Katsiir) dengan perkataan ini mengisyaratkan satu hal yang tidak beliau sukai untuk menyebutkannya secara jelas (shariih) tentangnya (Abu Ja’far). Wallaahu a’lam.

Syaikhul-Islaam berkata dalam rangka membatalkan tuduhan ini :

وما نقله عنه أبو بكر بن العربي في العواصم كذبٌ عليه عن مجهول لم يذكره أبو بكر، وهو من الكذب عليه.

“Apa yang dinukil oleh Abu Bakr bin Al-‘Arabiy mengenainya (Al-Qaadliy Abu Ya’laa) dalam Al-‘Awaashim adalah satu kedustaan terhadapnya; yang dinukil dari seorang majhuul yang tidak disebutkan namanya oleh Abu Bakr. Dan hal itu termasuk kedustaan atas diri Al-Qaadliy”.[10]

Di antara bukti yang menunjukkan berlepas dirinya Al-Qaadliy dari apa yang dinisbatkan kepada beliau adalah kitabnya yang berjudul Ibthaalut-Ta’wiilaat yang karenanya ia dicela; dimana telah aku telaah dari awal hingga akhir, namun tidak aku temukan sedikitpun apa yang disebutkan itu.

Sesungguhnya Al-Qadliy rahimahullah menyebutkan di akhir kitabnya celaan dan kedustaan orang-orang yang ditimpakan kepada beliau, padahal beliau berlepas diri dari apa yang dinisbatkan kepadanya tersebut. Beliau berkata :

اعلموا رحمكم الله أنني لما فرغت من كتابي هذا وقرأه على بعض رؤساء خرسان في دار السلطان عظم ذلك على المخالفين وأكثروا التحريف والكذب والزور والبهتان فيما حكوه عني وأضافوه إلى كتابي طلباً للشناعات وتنفير السلطان والعوام وقالوا : قد ذكر فيه باب الذكر والخصيتين والفقحة واللحية والرأس والمسربة والشعر والنعل الصرارة والركوب على الحمار والمشي في الأسواق وأنه خلق نفسه من عرق الخيل وغيره ذلك مما لا أحفظه فأحكيه من الكذب والزور والبهتان....

“Ketahuilah – semoga Allah merahmati kalian - , ketika aku telah selesai menulis kitabku ini dan membacakannya di hadapan para tokoh Khurasaan di istana sulthan, maka menjadi besarlah perkara itu bagi orang-orang yang menyimpang (mukhaalifiin). Mereka banyak melakukan penyelewengan, kedustaan, kepalsuan, dan kebohongan dari apa yang mereka ceritakan dariku, yang kemudian menyandarkannya pada kitabku. Hal itu mereka lakukan dalam rangka mencela serta membuat lari sulthaan dan orang awam (dari kebenaran). Mereka mengatakan : ‘Sungguh telah disebutkan di dalamnya masalah dzakar (penis), dua testis (pelir), mulut, jenggot, kepala, bulu dada, rambut, sandal sharaarah, mengendarai keledai, berjalan di pasar-pasar, bahwasannya Allah menciptakan diri-Nya dari keringat kuda, dan selain itu yang tidak aku hapal. Maka aku nyatakan semua itu termasuk kedustaan, kepalsuan, dan kebohongan…”.[11]

Semua ini menetapkan Al-Qaadliy rahimahullah berlepas diri dari apa yang disebutkan Ibnul-‘Arabiy mengenainya – semoga Allah mengampuninya – .

Dan termasuk di antara hal yang mendiskreditkan Al-Qaadliy adalah apa yang disebutkan oleh Ibnu ‘Asaakir :

سمعت أبا غالب ابن أبي علي بن البناء الحنبلي يقول : لما مات أبو يعلى ذهبت مع أبي إلى داره بباب المراتب أبو محمد التميمي الحنبلي فقال لي : إلى أين ؟. فقال أبي : مات القاضي أبو يعلى، فقال أبو محمد : لا رحمه الله! فقد بال في الحنابلة البولة الكبيرة التي لا تغسل إلى يوم القيامة، يعني المقالة في التشبيه.

“Aku mendengar Abu Ghaalib bin Abi ‘Aliy bin Al-Bannaa’ Al-Hanbaliy berkata : Ketika Abu Ya’laa wafat, aku pergi melayat bersama ayahku ke rumahnya di pintu Al-Maraatib. Abu Muhammad At-Tamiimiy[12] bertanya kepadaku : ‘Mau kemana ?’. Ayahku menjawab : ‘Telah wafat Al-Qaadliy Abu Ya’laa’. Maka Abu Muhammad berkata : ‘Semoga Allah tidak merahmatinya ! Sungguh ia telah mengencingi madzhab Hanaabilah dengan sesuatu yang besar yang tidak akan bisa dicuci hingga hari kiamat, yaitu perkataan tentang tasybih”.[13]

Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah telah mengisyaratkan perkataan ini, saat beliau berkata – setelah menyebutkan kitab Al-Qaadliy yang berjudul Ibthaalut-Ta’wiilaat yang di dalamnya ada sejumlah hadits-hadits yang maudlu’/palsu - :

ولهذا وغيره تكلم رزق الله وغيره من أصحاب أحمد في تصنيف القاضي أبي يعلى لهذا الكتاب بكلام غليظ وشنع عليه أعداؤه بأشياء هو منها برء، كما ذكر هو ذلك في آخر الكتاب.

“Oleh sebab ini dan yang lainnya, Rizqullah dan yang lainnya dari kalangan shahabat Ahmad membicarakan tulisan Al-Qaadliy Abu Ya’laa dalam kitab ini dengan perkataan kasar. Musuh-musuhnya pun mencela dengan sesuatu yang beliau berlepas diri darinya; sebagaimana yang beliau sebutkan di akhir kitab”.[14]

Aku (Su’uud bin Al-Khalaf) katakan : Abu Muhammad Rizqullah At-Tamiimiy adalah shahabat Al-Qaadliy Abu Ya’laa dan kolega dekatnya. Ibnu Abi Ya’laa menyebutkannya dalam Ath-Thabaqaat, bahwasannya ia membaca (hadits) di hadapan ayahnya sebagian dari madzhab.

Telah berkata Ibnu ‘Asaakir dalam kitabnya yang berjudul Tabyiin Kadzibil-Muftariy :

سمعت ببغداد من يحكي أن أبا على بن الفراء وأبا محمد التميمي شيخي الحنابلة كانا يقرأان على أبي محمد بن اللبان الأصول في داره وكل واحد منها يخفي ذلك عن صاحبه....

“Aku pernah mendengar di Baghdad ada seorang menceritakan bahwa Abu Ya’laa bin Al-Farraa’ dan Abu Muhammad At-Tamiimiy, dua orang syaikh madzhab Hanabilah, membacakan ushul pada Abu Muhammad bin Al-Labbaan[15] di rumahnya. Masing-masing orang menyembunyikan hal itu dari kawannya”.[16]

Sebelum itu Ibnu ‘Asaakir menyebutkan bahwa Abu Muhammad bin Al-Labbaan mengambil dari Abu Bakr Al-Baaqilaaniy madzhab Al-Asy’ariyyah dan mempelajarinya”.[17]

Maka yang tampak dari hal ini bahwa Al-Qaadliy rahimahullah dan Abu Muhammad At-Tamiimiy telah mengambil ilmu dari Ibnul-Labbaan yang notabene murid dari Al-Baaqilaaniy.

Adapun Al-Qaadliy Abu Ya’laa, kesesuaiannya dengan Al-Baaqilaaniy adalah nyata dan pengaruhnya sangat jelas. Kitab beliau yang berjudul Mukhtashar Al-Mu’taqad nampak secara jelas kesesuaiannya dengan kitab Al-Inshaaf karangan Al-Baaqilaaniy, khususnya pada permasalahan kalamiyyah (ilmu kalam) seperti melihat (nadhar), ‘aradl, jasad-jasad (ajsaam); serta penafikkan perbuatan yang bersifat ikhtiyariyyah dan penetapan bahwasannya sifat marah (ghadlab), ridla, dan cinta yang kesemuanya itu merupakan sifat yang kembali pada kehendak (Allah).

Dan Syaikhul-Islaam banyak menghubungkan antara Al-Qaadliy Abu Ya’laa dengan Al-Qaadliy Al-Baaqilaaniy bahwa perkataan mereka berdua sama dalam suatu permasalahan. Ini nampak jelas dalam banyak tempat dalam kitabnya yang berjudul Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql[18] dan yang lainnya.

Al-Qaadliy Abu Ya’laa dalam hal ini telah tetap rujuknya (pada kebenaran) dalam kitabnya Ibthaalut-Ta’wiilaat dari beberapa perkara yang berkesesuaian dengan Al-Baaqilaaniy dalam penakwilan sifat fi’liyyah (Allah), seperti : marah, ridla, dan yang lainnya – dimana sifat tersebut ditakwilkan sebagai kehendak memberikan balasan/pahala; serta menolak pendapat yang menetapkan jihah (arah).

Adapun Abu Muhammad At-Tamiimiy, maka belum nampak dari perkataannya dalam permasalahan-permasalahan ‘aqidah; yang bersamaan dengan itu, Syaikhul-Islaam banyak menyebutkan dalam kitabnya kesesuaian Tamiimiyyiin dengan golongan Kullabiyyah dan Asyaa’irah dalam banyak permasalahan”.[19]

Di antara yang beliau katakan dalam Majmuu’ Al-Fataawaa :

وأما التميميون كأبي الحسن وابن أبي الفضل وابن رزق الله فهم أبعد عن الإثبات وأقرب إلى موافقة غيرهم وألين لهم. ولهذا اتبعهم الصوفية ويميل إليهم فضلاء الأشعرية كالباقلاني والبيهقي....

“Adapun Tamiimiyyuun seperti Abul-Hasan, Abul-Fadhl, dan Ibnu Rizqullah; mereka jauh dari penetapan (terhadap sifat Allah), serta lebih dekat persetujuannya dengan yang lainnya dan lebih lunak pada mereka. Oleh karena itu, kaum shufi mengikuti mereka, dan para ulama Asy’ariyyah seperti Al-Baaqilaaniy dan Al-Baihaqiy pun condong kepada mereka…”.[20]

Perkataan Syaikhul-Islam dan nukilan dari Ibnu ‘Asaakir sebelumnya menjelaskan bahwa Abu Muhammad At-Tamiimiy sangat terpengaruh dengan Al-Baaqilaaniy dan menyepakatinya dalam banyak perkataannya yang menyelisihi salaf, seperti menafikkan sifat ikhtiyariyyah, menafikkan arah (jihah), dan menakwilkan sebagian sifat khabariyyah.

Mungkin inilah penyebab ia mencela Al-Qaadliy rahimahullah yang menetapkan sifat-sifat Allah, kemudian menduga hal itu melazimkan adanya tasybih.

Asy’ariyyah dan yang sependapat dengan mereka menyifati orang-orang yang menetapkan sifat Allah sebagaimana terdapat dalam Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah sebagai golongan Musyabbihah. Hal ini seperti dilakukan Ibnul-Jauziy dalam kitabnya Daf’u Syubbahit-Tasybiih bi-Akuffit-Tanziih fir-Radd ‘alal-Mujassimah wal-Musyabbihah.

Tujuan penulisan kitab Ibnul-Jauziy ini adalah : Bantahan terhadap pihak yang menetapkan sifat Allah seperti Al-Qaadliy Abu Ya’laa dan syaikhnya yang bernama Ibnu Haamid.

Penetapan sifat Allah secara hakekat bukan berasal dari perkataan mereka semata, karena penetapan ini hanya mereka nukil dari salaf. Kemudian mereka menetapkan sifat-sifat ini sebagaimana salaf telah menetapkannya. Tidaklah mereka dalam perkara ini membuat madzhab baru dan pendapat bid’ah. Bahkan mereka meneladani atsar dan mengikuti salaf !!

Dari sini memberikan kejelasan bagi kita berlepas dirinya Al-Qaadliy rahimahullah dari apa yang dinisbatkan Ibnul-‘Arabiy – semoga Allah mengampuninya – kepada beliau; dan bahwasannya perkataan Abu Muhammad At-Tamiimiy termasuk jenis perkataan kebanyakan kalangan Asyaa’irah terhadap kaum salaf dan ulama Hanaabilah yang menetapkan sifat Allah, bahwa mereka adalah Musyabbihah.

Al-Qaadliy telah menjelaskan di akhir kitabnya Ibthaalut-Ta’wiilaat tentang penafikkan tasybih dari dirinya. Beliau berkata :

اعلموا رحمكم الله أن اعتقادي في هذه الأخبار بما قدمته في أثناء كتابي من حملها على ظاهرها من غير تشبيه ولا تجسيم فيما لا يحيل صفاته ولا يخرجها عما تستحقه، فمن روى عنا خلاف ذلك أو أضاف إلينا سواه أو نحلنا في ذلك قولاً غيره فهو كاذب مفتري....

“Ketahuilah, semoga Allah merahmati kalian. Sesungguhnya keyakinanku terhadap khabar-khabar ini adalah seperti yang telah aku jelaskan di lembar-lembar kitabku ini sebelumnya. Yaitu, membawanya sebagaimana dhahirnya tanpa tasybiih dan tajsiim, dalam hal yang tidak mengalihkan makna sifat-Nya dan mengeluarkannya dari apa yang menjadi hak-Nya. Barangsiapa meriwayatkan dari kami yang menyelisihi apa yang telah kami sebutkan, menyandarkan kepada kami atau menisbatkan kepada kami perkataan yang lainnya, maka ia seorang pendusta lagi pembohong…”.[21]

Telah berkata Ibnu Abi Ya’laa dari ayahnya saat menjelaskan madzhab Hanaabilah bukanlah Musyabbihah :

إن التشبيه إنما يلزم الحنبلية إن لو وجد منهم أحد أمرين :

إما أن يكونوا هم الذين ابتدأوا الصفة لله عز وجل واخترعوها، أو يكونوا قد صرحوا باعتقاد التشبيه في الأحاديث التي هم ناقلوها.

فأما أن يكون صاحب الشريعة صلى الله عليه وسلم هو المبتدىء بهذه الأحاديث وقوله صلى الله عليه وسلم حجة يسقط بها معارضها. وهم تبع له.

ثم يكون الحنبلية قد صرحوا بأنهم يعتقدون إثبات الصفات ونفي التشبيه فكيف يجوز أن يضاف إليهم ما يعتقدون نفيه، وعلى أنه قد ثبت أن الحنبلية إنما يعتقدون في أصول الدين على كتاب الله عز وجل وسنه نبيه صلى الله عليه سلم.

ونحن نجد في كتاب الله وسنة رسول اله صلى الله عليه وسلم ذكر الصفات، ولا نجد فيهما ذكر التشبيه، فكيف يجوز أن يضاف إليهم ما يعتقدون نفيه، ومما يدل على أن تسليم الحنبلية لأخبار الصفات من غير تأويل ولا حمل على ما تقتضيه الشاهد وأنه لا يلزمهم في ذلك التشبيه : إجماع الطوائف - من بين موافق للسنة ومخالف - أن الباري سبحانه ذات وشيء موجود. ثم لم يلزمنا وإياهم إثبات جسم، ولا جوهر، ولا عرض. وإن كانت الذات في الشاهد لا تنفك عن هذه السمات. هذا لا يلزم الحنبلية ما يقتضيه العرف في الشاهد في أخبار الصفات. يبين صحة هذا : أن الباري سبحانه موصوف : بأنه حي عالم، قادر، مريد، والخلق موصوفون بهذه الصفات. ولم يدل الإتفاق في هذه التسمية على الإتفاق في حقائقها ومعانيها.

هكذا القول في أخبار الصفات. ولا يلزم عند تسليمها - من غير تأويل - إثبات ما يقتضيه الحد والشاهد في معانيها.

“Sesungguhnya tasybih yang ditetapkan oleh madzhab Hanbaliy adalah jika ditemukan salah satu di antara dua perkara berikut pada diri mereka :

(1) Apabila mereka membuat dan mengada-adakan sifat baru bagi Allah ‘azza wa jalla, atau (2) mereka secara jelas menyatakan keyakinan tasybiih pada hadits-hadits yang mereka nukil.

Adapun yang ada pada shaahibusy-syarii’ah (Muhammad) shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka beliaulah yang membuat hadits-hadits ini – sedangkan perkataan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah hujjah yang meruntuhkan penentangnya. Dan mereka (ulama Hanaabilah) dalam hal ini hanya mengikuti beliau.

Lalu madzhab Hanbaliyyah secara jelas menyatakan mereka meyakini penetapan sifat Allah dan menafikkan tasybiih. Bagaimana bisa diperbolehkan menyandarkan pada mereka sesuatu yang mereka nafikkan. Lagi pula, telah tetap bahwasannya madzhab Hanbaliyyah hanya meyakini perkara ushuluddin berdasarkan Kitabullah ‘azza wa jalla dan sunnah Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Dan kami mendapati dalam Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan sifat (Allah). Dan kami tidak mendapati pada keduanya ada penyebutan tasybiih. Bagaimana bisa diperbolehkan menyandarkan pada mereka sesuatu yang mereka nafikkan. Bukti yang menunjukkan selamatnya madzhab Hanbaliyyah dalam permasalahan sifat (Allah) - tanpa ta’wil dan tanpa membawanya pada makna yang dikehendaki kenyataan - , dan ia tidak mengkonsekuensikan adanya tasybiih : Adanya ijma’ semua golongan – baik yang sesuai dengan sunnah atau yang menyelisihinya – bahwasannya Al-Baariy (Allah) subhaanahu wa ta’ala adalah Dzat dan Sesuatu yang ada (maujud). Kemudian tidaklah mengharuskan pada diri kami ataupun mereka untuk menetapkan sifat jism (badan), jauhar, dan ‘aradl; walaupun Dzat tersebut pada kenyataannya tidak terpisah dengan nama-nama ini. Berdasarkan hal ini, segala apa yang menjadi tuntutan kebiasaan dalam kenyataan pada khabar-khabar sifat tersebut, tidaklah mengharuskan bagi madzhab Hanabilah saja. Keshahihan pernyataan ini dapat dibuktikan, bahwa Al-Baariy (Allah) subhaanahu wa ta’ala disifati hayyun (hidup) dan ‘aalimun (mengetahui), qaadirun (mampu), dan muriid (berkehendak); padahal makhluk juga disifat dengan sifat ini juga. Namun, persamaan dalam nama-nama ini tidak menunjukkan persamaan hakekat dan maknanya.

Begitulah perkataan dalam khabar-khabar sifat (Allah). Menerimanya – tanpa ta’wil – tidak mengkonsekuensikan untuk menetapkan apa yang menjadi tuntutan batasan dan kenyataan pada makna-maknanya”.[22]

Dengan pembelaan yang kuat lagi akurat ini, Al-Qaadliy rahimahullah telah membela dirinya dan yang lainnya dari kalangan ulama ahlul-itsbaat dari dakwaan/tuduhan tasybiih yang benderanya dikibarkan oleh Asy’ariyyah dan selain mereka yang bertolak belakang dengan Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah.

Dan Al-Qaadliy – semoga Allah mengampuninya – telah membawakan sejumlah riwayat dla’if dan atsar-atsar mauquuf sebagaimana dikatakan oleh Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah tentang beliau, dan yang nampak dalam kitab Ibthaalut-Ta’wiilaat karangan beliau. Maka, Al-Qaadliy menetapkan sifat-sifat Allah ‘azza wa jalla dengan kumpulan riwayat dan atsar tersebut.

Tidak diragukan lagi bahwa hal itu tidak boleh disepakati dan dikuti. Namun, bukan berarti beliau berhak diberikan semisal perkataan ini (yaitu tuduhan melakukan tasybih dan termasuk golongan Mujassimah) serta dicela dengan sebab itu. Semua orang dapat diambil perkataannya ataupun ditolak kecuali Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam.[23]

Kemudian, pada perkataan Asyaa’irah terdapat perkataan yang lebih keji dan lebih besar daripada yang disebutkan dan ditetapkan Al-Qaadliy dalam kitabnya tersebut. Misalnya perkataan mereka tentang Kalaamullah ‘azza wa jalla, bahwasannya ia adalah makna yang satu yang terdapat di dalam jiwa; dan bahwasannya Al-Qur’an itu ‘ibaarat (ungkapan) dari Kalaamullah. Dan juga perkataan mereka sesungguhnya Allah tidak berada di dalam alam, tidak pula di luar alam.

Perkataan ini jelas menyelisihi akal dan syari’at. Di samping itu, ia pasti akan menyeret kepada pendapat Al-Qur’an adalah makhluk, yang karenanya Al-Imam Ahmad mendapat cobaan, dan beliau bersabar terhadap hal itu sampai Allah memenangkannya. Al-Imam Ahmad dan para imam yang lainnya, baik sebelum atau sesudah era beliau, telah mengkafirkan orang yang mengatakan Al-Qur’an adalah makhluk. Begitu pula perkataan mereka bahwa Allah tidak berada di dalam alam atau di luar alam, maka ia termasuk hal yang sangat jelas menyelisihi syari’at; dan padanya mengandung penisbatan peniadaan Dzat Allah ‘azza wa jalla. Perkataan itu adalah yang paling buruk tentang Allah ‘azza wa jalla.

Mereka dan yang semisal dengan mereka lebih layak untuk dicela dan dikritik dibandingkan Al-Qaadliy rahimahullah – semoga Allah mengampuninya – “.[24]

Kesimpulannya, Al-Qaadliy Abu Ya’laa termasuk syaikh/ulama dari kalangan ulama madzhab Hanaabilah yang mengikuti imam Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah, Ahmad bin Hanbal rahimahullah.

Termasuk orang yang menetapkan sifat Allah (ahlul-itsbaat) dan menerima nash-nash tanpa ta’thiil, tasybiih, tahriif, dan ta’wiil. Dan apa-apa yang beliau tersalah padanya dalam membawakan hadits lemah dan sangat lemah di kitabnya atau kekeliruan yang lainnya, maka ia ditolak lagi tidak diterima tanpa mencelanya atau menuduhnya dengan sesuatu yang beliau berlepas diri darinya – semoga Allah mengampuni kami dan beliau – .

--- selesai ---

[http://abul-jauzaa.blogspot.com – selesai diketik sore hari yang mendung di Perumahan Ciomas Permai, Bogor – Muharram 1431]



[1] Disebutkan oleh Asy-Syaikh Muhammad Al-Humuud dalam muqaddimah yang ia tuliskan (tahqiq) untuk kitab Abu Ya’laa yang berjudul Ibthaalut-Ta’wiilaat (1/12-17).

[2] Al-Manhajul-Ahmad (2/252).

[3] Majmuu’ Al-Fataawaa (12/83).

[4] Al-Muntadhim (8/244).

[5] Al-Ansaab (4/351).

[6] Al-Manhajul-Ahmad (2/128).

[7] Al-‘Awaashim minal-Qawaashim (hal. 209-210), tahqiq : Dr. ‘Ammaar Thaalibiy.

[8] Abu Ja’far Muhammad bin Ahmad bin Ja’far As-Samnaaniy Al-Qaadliy. Salah seorang tokoh ahli kalam yang mengikuti Abul-Hasan Al-Asy’ariy. Ibnu Katsir berkata :

كان عالماً فاضلاً تولى القضاء بالموصل وكان له في داره مجلس للمناظرة وتوفي لما كف بصره بالموصل وهو قاضيها سنة ٤٤٤ وقد بلغ خمساً وثمانين سنة.

“Ia seorang yang berilmu dan mempunyai keutamaan. Di rumahnya ia mempunyai satu majelis untuk berdebat. Wafat dalam keadaan buta di Maushil. Ia tetap memegang jabatan qadliy pada tahun 444 H padahal usianya telah mencapai 85 tahun”.

[9] Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql (5/238).

[10] Idem (5/238).

[11] Ibthaalut-Ta’wiilaat (lembar 187/a).

[12] Abu Muhammad Rizqullah bin ‘Abdil-Wahhaab bin ‘Abdil’Aziiz bin Al-Haarits bin Asad At-Tamiimiy. Telah berkata Ibnu Abi Ya’laa :

أحد الحنابلة المشهورين في الحنبلية هو وأبوه وعمه وجده توفي سنة ٤٨٨....

“Ia salah seorang ulama madzhab Hanabilah yang masyhur. Ia, ayahnya, pamannya, dan kakeknya wafat pada tahun 488 H…” [Thabaqaatul-Hanaabilah, 2/250].

[13] Al-Waafiy bil-Wafayaat (3/8).

[14] Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql (5/238).

[15] Ia adalah ‘Abdullah bin Muhammad Al-Ashbahaaniy, Abu Muhammad, yang masyhuur dengan nama Ibnul-Labbaan, shahabat Al-Qaadliy Abu Bakr Al-Baaqilaaniy. Wafat tahun 446 H (Tabyiinu Kadzibil-Muftariy, hal. 261).

[16] Tabyiinu Kadzibil-Muftariy (hal. 262).

[17] Tabyiinu Kadzibil-Muftariy (hal. 261).

[18] Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql (1/302-324, 2/20, 10/71 & 234).

[19] Lihat : Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql (1/234, 2/8 & 19 & 100, 6/244 & 290).

[20] Majmuu’ Al-Fataawaa (6/53).

[21] Ibthaalut-Ta’wiilaat (189/a).

[22] Thabaqaatul-Hanaabilah (2/211).

[23] Telah berkata Asy-Syaikh Muhammad Al-Humuud dalam muqaddimah kitab Ibthaalut-Ta’wiilaat karangan Al-Qaadliy Abu Ya’laa (hal. 30-31) : “Mushannif dikritik karena membawakan hadits-hadits yang lemah, bahkan maudlu’ (palsu) dalam kitabnya ini. Beliau menjelaskan syarahnya dan kata-kata ghariib secara panjang lebar.

Syaikhul-Islam telah mengisyaratkan ini – yaitu adanya sebagian hadits-hadits maudlu’ – dalam kitabnya Dar’ut-Ta’aarudl Al-‘Aql wan-Naql (5/237-239) : ‘Al-Qaadliy Abu Ya’laa telah menulis dalam kitabnya Ibthaalut-Ta’wiilaat satu bantahan terhadap kitab Ibnu Faurak. Meskipun beliau menyebutkan hadits-hadits beserta sanadnya dan menyebutkan siapa yang meriwayatkannya, namun di dalamnya terdapat sejumlah hadits maudlu’; seperti hadits tentang ru’yah dengan mata telanjang di malam Mi’raj, dan yang lainnya. Dan di dalamnya terdapat pula beberapa hal yang ternukil dari salaf yang diriwayatkan oleh sebagian orang secara marfu’; seperti hadits duduknya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam di atas ‘Arsy. Ia diriwayatkan sebagian orang dari banyak jalan secara marfu’, padahal semua riwayat itu berstatus adalah maudlu’. Yang shahih, riwayat tersebut berasal dari Mujaahid dan selainnya dari kalangan salaf. Adapun salaf dan para imam telah meriwayatkannya tanpa mengingkarinya dan sekaligus menerimanya.

Oleh sebab ini dan yang lainnya, Rizqullah dan yang lainnya dari kalangan shahabat Ahmad membicarakan tulisan Al-Qaadliy Abu Ya’laa dalam kitab ini dengan perkataan kasar. Musuh-musuhnya pun mencela dengan sesuatu yang beliau berlepas diri darinya; sebagaimana yang beliau sebutkan di akhir kitab”.

[24] Al-Qaadliy Abu Ya’laa wa Kitaabuhu Masaailush-Shifaat, Diraasatan wa Tahqiiqan oleh Asy-Syaikh Su’uud bin ‘Abdil-‘Aziiz Al-Khalaf (hal. 107-119 dengan sedikit perubahan).

Berikut Scan Kitab Referensi :


Al-Qaadliy Abu Ya’laa Bukan Seorang Mujassim !! - Scan Kitab

Comments