Oleh : Asy-Syaikh Muhammad Naashiruddin Al-Albani rahimahullah
Alhamdulillaah,
wash-shalaatu was-salaamu ’alaa Rasuulillah wa aalihi wa shahbihi wa man
waalaahu, wa ba’d :
Ini
merupakan muhadlarah yang pernah aku (Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah)
sampaikan di kota Dauhah ibu kota Qatar, pada bulan Ramadlan tahun 1342 H.
Namun sebagian ikhwan meminta kepadaku agar ceramah tersebut ditulis menjadi
sebuah buku; karena muhadlarah tersebut mengandung banyak faedah yang
penting.
Maka
akupun memenuhi permintaan tersebut untuk menyebarkan manfaatnya. Sebagai
peringatan, aku tambahkan pula sebagian judul untuk membantu pembaca dalam
memahami inti permasalahan setiap pembahasannya. Aku berharap Allah agar
mencatatku termasuk orang yang membela agama-Nya, membela syari’at-Nya, serta
menuliskan pahala untukku. Dia adalah semulia-mulianya tempat meminta.
Segala
puji bagi Allah, kami memuji, meminta pertolongan, meminta ampun serta meminta
perlindungan kepada-Nya dari kejelekan jiwa-jiwa dan amalan kami. Barangsiapa
yang telah diberi petunjuk oleh Allah, tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan
barangsiapa yang telah disesatkan oleh Allah, tidak ada yang bisa memberi
petunjuk. Aku bersaksi bahwasannya tidak ada tuhan yang berhaq untuk disembah
melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa
Muhammad adalah utusan-Nya.
Allah
berfirman :
”Wahai
orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa
dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan beriman” [QS. Aali Imran :
102].
”Wahai
manusia, bertaqwalah kalian kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian
dari jiwa yang satu dan menciptakan darinya istri, kemudian mengembangkan dari
keduanya laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertaqwalah kalian kepada Allah
yang (dengan menggunakan nama-Nya) kalian meminta-minta satu sama lain, dan
(peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan
mengawasi kalian” [QS. An-Nisaa’ : 1].
”Wahai
orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan ucapkanlah ucapan yang
baik. Niscaya Allah akan membaikkan amalan kalian dan mengampunkan dosa-dosa
kalian. Barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya sungguh telah mendapat
kemenangan yang besar” [QS. Al-Ahzaab : 70-71].
Amma
ba’du
Sesungguhnya
perkataan yang paling benar adalah Kitabullah, dan petunjuk yang paling baik
adalah petunjuk Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Adapun perkara yang paling jelek adalah perkara yang diada-adakan, dan semua
perkara yang diada-adakan adalah bid’ah, sedangkan semua bid’ah itu sesat, dan
semua kesesatan itu di neraka. Dan setelah itu :
Aku
telah mempunyai perkiraan bahwa aku tidak akan bisa membawakan materi yang
asing dalam acara ini, apalagi di sini banyak ulama dan ustadz yang terpandang.
Kalau benar perkiraanku ini, cukuplah perkataanku ini sebagai pengingat,
mengamalkan firman Allah :
”Berilah
peringatan, karena peringatan itu akan bermanfaat bagi orang-orang yang beriman”
[QS. Adz-Dzaariyaat : 55].
Ceramahku
di malam bulan Ramadlan yang mulia ini tidak berkaitan dengan masalah keutamaan
puasa, keutamaan shalat tarawih, atau yang lainnya, seperti yang biasa
disampaikan oleh para penasihat dan pembimbing lainnya. Sehingga bisa
memberikan manfaat bagi orang yang menjalankan puasa, dan menghasilkan kebaikan
dan barakah bagi mereka.
Namun
tema yang aku pilih dalam pertemuan ini adalah masalah yang sangat penting,
karena merupakan salah satu pokok syari’at yang mulia, yaitu penjelasan
pentingnya As-Sunnah dalam syari’at Islam.
Allah
tabaaraka wa ta’ala telah memilih Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dengan nubuwwah, memuliakannya dengan risalah, menurunkan kepadanya
kitab-Nya Al-Qur’an Al-Karim dan memerintahkannya untuk menerangkan kepada
manusia. Allah ta’ala berfirman :
”Dan
Kami turunkan kepadamu Adz-Dzikr (Al-Qur’an) agar engkau menjelaskan kepada
manusia apa-apa yang diturunkan bagi mereka” [QS. An-Nahl : 44].
Menurut
pandanganku (Asy-Syaikh Al-Albani), Al-Bayan (penjelasan) yang disebutkan dalam
ayat ini mencakup 2 macam penjelasan :
Pertama,
penjelasan lafadh dan susunannya, yaitu penyampaian Al-Qur’an tidak
menyembunyikannya dan menyampaikan kepada umat, sebagaimana Allah ta’ala
menurunkannya kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Inilah yang
dimaksud dengan firman Allah ta’ala :
”Wahai
Rasul, sampaikanlah apa-apa yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu…” [QS.
Al-Maaidah : 67].
Telah
berkata Sayyidah ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa dalam haditsnya :
”Barangsiapa
yang mengatakan kepada kalian bahwa Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam
menyembunyikan perkara yang dia perintahkan untuk menyampaikannya, berarti ia
telah berbuat kedustaan yang besar kepada Allah”. Kemudian beliau membaca ayat
tersebut" [Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim].
Dalam
riwayat Muslim : “Kalaulah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
menyembunyikan suatu perkara yang disuruh untuk disampaikan, sungguh dia akan
menyembunyikan firman Allah ta’ala : ”Dan (ingatlah), ketika kamu
berkata kepada orang-orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan
kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya : “Tahanlah terus istrimu dan
bertaqwalah kepada Allah”, sedangkan kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa
yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedangkan
Allah-lah yang lebih berhak ditakuti” (QS. Al-Ahzab : 37)”.
Kedua,
Penerangan makna lafadh atau kalimat atau ayat yang membutuhkan penjelasannya.
Yang demikian ini banyak dalam ayat-ayat yang mujmal (global), ammah
(umum), atau muthlaq. Maka datanglah As-Sunnah menjelaskan yang mujmal,
mengkhususkan yang umum, dan membatasi yang muthlaq. Yang demikian ini
semuanya terjadi dengan perkataan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam
sebagaimana terjadi pula dengan perbuatan dan taqrir beliau.
Pentingnya
As-Sunnah untuk Memahami Al-Qur’an dan Contoh-Contohnya
Firman
Allah ta’ala :
”Pencuri
laki-laki dan perempuan, potonglah tangan mereka….” [QS. Al-Maaidah : 38].
Ayat
ini merupakan contoh yang baik dalam masalah ini, karena kata pencuri dalam
ayat ini bersifat muthlaq. Demikian pula dengan tangan. Jadi, sunnah
qauliyah menerangkan yang pertama (yaitu pencuri) dengan membatasi pencuri yang
mencuri ¼ dinar dengan sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
”Tidak
dipotong tangan kecuali mencapai ¼ dinar atau lebih” [Diriwayatkan oleh Al-
Bukhari dan Muslim].
Sebagaimana
sunnah menerangkan maksud “tangan” dengan perbuatan beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam, perbuatan shahabatnya, dan ijma’ bahwa mereka
dahulu memotong tangan pencuri pada batas pergelangan, sebagaimana telah
dikenal dalam kitab-kitab hadits.
Demikian
pula ketika sunnah qauliyyah menerangkan ayat tentang tayamum :
”Usaplah
pada wajah-wajah dan tangan-tangan kalian….” [QS. Al-Maidah : 6].
Maksud
tangan di sini adalah telapak tangan. Hal itu berdasarkan pada sabda beliau shallallaahu
‘alaihi wasallam :
”Tayamum
itu dengan mengusap wajah dan kedua telapak tangan” [Diriwayatkan oleh
Al-Bukhari, Muslim, dan selain keduanya dari hadits ‘Ammar bin Yaasir radliyallaahu
‘anhu].
Demikian
pula sebagian ayat-ayat yang lain tidak mungkin dipahami dengan pemahaman yang
benar sesuai dengan keinginan Allah ta’ala kecuali dari jalan Sunnah
seperti :
1.
Firman Allah ta’ala
:
"Orang-orang
yang beriman dan tidak mencampur-adukkan iman mereka dengan kedhaliman
(syirik), mereka itulah orang-orang yang akan mendapatkan keamanan dan mereka
itu adalah orang-orangyang mendapatkan petunjuk” [QS. Al-An’am : 82].
Para shahabat Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam telah memahami perkataan beliau, yaitu adh-dhulm (الظلم)
secara umum yang mencakup segala macam bentuk kedhaliman walaupun kecil. Oleh
karena itu ayat ini menjadi berat bagi mereka, sehingga mereka berkata : “Ya
Rasulullah, siapa di antara kami yang tidak mencampur keimanannya dengan
kedhaliman ?”. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
menjawab :
”Tidak demikian
yang dimaksud ! Tetapi yang dimaksud dengan adh-dhulm (kedhaliman) di sini
adalah syirik. Tidakkah kalian menyimak perkataan Luqman : “Sesungguhnya syirik
itu adalah kedhaliman yang besar” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim,
dan lainnya].
2.
Firman Allah ta’ala
:
”Dan apabila
kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqashar shalat(mu),
jika kamu takut diserang oleh orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir
itu adalah musuh yang nyata bagimu” [QS. An-Nisaa’ : 101].
Dhahir ayat ini
menghendaki dikerjakannya shalat qashar dalam safar itu dengan syarat adanya
perasaan takut. Oleh karena itu shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bertanya kepadanya : “Apakah kita mengqashar padahal telah aman ?”. Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam
bersabda :
“Ini adalah
shadaqah, Allah bershadaqah dengannya kepada kalian, maka terimalah
shadaqah-Nya”.
3.
Firman Allah ta’ala
:
”Telah
diharamkan bagi kalian bangkai dan darah…” [QS. Al-Maidah : 3].
As-Sunnah
menerangkan bahwa bangkai yang halal adalah bangkai belalang dan ikan.
Sedangkan hati dan limpa termasuk darahyang halal. Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
”Dihalalkan bagi
kita dua bangkai dan dua darah, yaitu : bangkai belalang dan ikan (semua jenis
ikan) serta hati dan limpa” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi secara marfu’
dan mauquf. Adapun hadits yang bersanad mauquf adalah shahih yang
dihukumi dengan marfu’. Hal tersebut dikarenakan bahwa perkataan
tersebut tidak mungkin diucapkan hanya berdasarkan ra’yu semata].
4.
Firman Allah ta’ala
:
”Katakanlah :
“Tiada aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku sesuatu yang diharamkan
bagi orang yang hendak memakannya kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah
yang mengalir, atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor. Atau
binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan
terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas,
maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [QS. Al-An’am
: 145].
Kemudian datanglah
Sunnah yang mengharamkan sesuatu yang tidak disebut dalam ayat ini seperti
sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
”Setiap binatang
buas yang bertaring dan setiap burung yang berkuku pencakar tajam adalah haram”.
Dalam bab ini ada
hadits-hadits lain yang melarang dari hal selain itu seperti sabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam
pada
waktu perang Khaibar :
”Allah dan
Rasul-Nya melarang kalian dari (memakan) himar yang jinak karena rijs (kotor)”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim].
5.
Firman Allah ta’ala
:
”Katakanlah :
Siapa yang telah mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya
untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rizki yng baik ?”
[QS. Al-A’raf : 32].
As-Sunnah
menerangkan pula bahwa ada zinah (perhiasan) yang haram. Telah shahih
dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau pada suatu hari
keluar menuju salah seorang shahabat yang pada salah satu tangannya ada sutera
dan di tangan lainnya ada emas. Kemudian beliau bersabda :
”Kedua hal ini
(sutera dan emas) haram bagi laki-laki umatku dan halal bagi para wanitanya”
[Diriwayatkan oleh Al-Hakim dan beliau menshahihkannya].
Hadits-hadits yang
semakna dengan ini banyak dan ma’ruf, baik dalam Shahihain
ataupun selainnya. Dan banyak lagi contoh-contoh lain yang dikenal di kalangan
ahlul-‘ilmi tentang hadits dan fiqh.
Dari
uraian di atas menjadi jelaslah bagi kita tentang pentingnya Sunnah dalam
syari’at Islam. Karena jika kita kembalikan pandangan kita untuk menleihat
contoh yang telah lewat. Terlebih lagi dari contoh lain yang tidak disebutkan.
Kita akan yakin bahwasannya tidak ada jalan untuk memahami Al-Qur’an dengan
pemahaman benar kecuali dengan diiringi As-Sunnah. Contoh yang pertama,
pemahaman para shahabat dari kata dhulm (ظلم)
yang tersebut dalam ayat, menurut dhahirnya saja. Padahal mereka (para
shahabat) adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Mas’ud : “Yang paling
utama dari umat ini yang paling baik hatinya dan paling tidak berbuat takalluf
(memberatkan diri secara berlebihan).
Walaupun demikian,
mereka salah dalam memahaminya. Kalaulah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
tidak meluruskan kesalahan mereka dan membimbing mereka kepada pengertian yang
benar; bahwasannya dhulm (ظلم)
dalam ayat tersebut maknanya adalah syirik. Niscaya kita tidak akan mengikuti
kesalahan tersebut.
Akan
tetapi Allah ta’ala melindungi kita dari yang demikian dengan keutamaan
bimbingan dan Sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Contoh
yang kedua, kalaulah tidak ada hadits tersebut, minimal kita akan ragu dalam
meng-qashar dalam safar dan waktu aman --- jika kita berpendapat kepada
pensyaratan “takut” sebagaimana dhahir ayat --- sebagaimana timbul yang
demikian pada sebagian shahabat. Jika mereka tidak melihat Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam
meng-qashar,
dan mereka pun meng-qashar bersamanya dalam keadaan aman.
Dalam
contoh yang ketiga, kalaulah tidak ada hadits tentu kita akan mengharamkan
makanan-makanan yang baik yang dihalalkan bagi kita, yaitu belalang, ikan,
hati, dan limpa.
Dalam
contoh keempat, kalaulah tidak ada hadits yang sebagianya telah disebutkan
niscaya kita akan menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allahbagi kita melalui
lisan Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam seperti binatang buas,
atau burung yang mempunyai kuku pencakar.
Demikian
pula contoh yang kelima. Kalaulah tidak ada hadits, maka kita akan menghalalkan
apa yang diharamkan Allah melalui lisan Nabi-Nya yaitu emas dan sutera bagi
laki-laki. Oleh karena itu dari sinilah berkata sebagian salaf :
As-Sunnah
itu menjelaskan Al-Kitab (menyampaikan pemahaman kepada Kitab)
Kesesatan
Para Pengingkar Sunnah
Di
antara hal yang memprihatinkan adalah ditemuinya sebagian mufassirin dan
penulis-penulis sekarang ini yang berpendapat dengan membolehkan dua contoh
terakhir di atas, yaitu membolehkan memakan binatang buas dan memakai emas
serta sutera bagi laki-laki karena bersandar dengan Al-Qur’an semata.
Dewasa
ini telah ditemukan satu kelompok yang menamakan qur’aniyyin yang
menafsirkan Al-Qur’an dengan nafsu dan akal-akal mereka, tanpa meminta bantuan
dengan As-Sunnah Ash-Shahiihah.
Bagi
mereka As-Sunnah hanya sebagai pengikut hawa nafsu mereka. Jika sesuai dengan
hawa nafsu mereka, maka mereka berpegang dengannya dan yang tidak sesuai mereka
buang ke belakang punggung mereka.
Nabi
shallallaahu ‘alaihi wasallam telah mengisyaratkan tentang mereka dalam
hadits yang shahih :
“Salah
seorang dari kalian betul-betul akan menjumpai seseorang yang sedang duduk di
singgasananya, kemudian datang urusanku kepadanya dari apa yang aku perintahkan
atau aku larang, maka dia berkata : ‘Aku tidak tahu! Semua yang kami dapatkan
di dalam Kitabullah itulah yang kami ikuti” [Diriwayatkan oleh
At-Tirmidzi].
Dalam
riwayat lain : Dia berkata : “Apa-apa yang kami jumpai (pada Al-Qur’an) sebagai
sesuatu yang haram, maka kami mengharamkannya”. Berkata Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam :
“Ketahuilah,
sesungguhnya aku diberi Al-Qur’an dan yang semisalnya (hadits) bersamanya”
Dan
diriwayat yang lain lagi : Berkata (Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam)
:
”Ketahuilah,
sesungguhnya semua yang dilarang oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah
seperti apa yang dilarang oleh Allah”
Bahkan
juga di antara yang memprihatinkan bahwa sebagian penulis yang menulis
kitab-kitab dalam syari’at Islam dan aqidah Islam menyebutkan dalam
muqaddimah-nya bahwa dia menyusun kitab tersebut tanpa rujukan selain
Al-Qur’an.
Hadits
shahih di atas menjelaskan secara tegas bahwa syari’at Islam bukan Al-Qur’an
saja, melainkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Barangsiapa berpegang dengan salah
satunya, berarti dia tidak berpegang dengan yang lain. Padahal masing-masing
dari keduanya memerintahkan untuk berpegang dengan yang lain seperti firman
Allah :
”Barangsiapa
mentaati Rasul berarti dia mentaati Allah” [QS. An-Nisaa’ : 80].
”Maka
demi Rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan
kamu sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka
tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan,
dan mereka menerima dengan sepenuhnya” [QS. An-Nisaa’ : 65].
”Dan
tidak patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang
mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada
bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa
mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang
nyata” [QS. Al-Ahzab : 36].
”Apa-apa
yang disampaikan Rasul kepadamu maka ambillah dan apa-apa yang dilarangnya,
tinggalkanlah…” [QS. Al-Hasyr : 7].
Sehubungan
dengan ayat terakhir ini (QS. Al-Hasyr : 7), ada kejadian yang menakjubkan
dalam riwayat yang shahih dari Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu yaitu
bahwasannya ada seorang wanita yang datang kepadanya kemudian berkata kepadanya
: “Kamukah yang berkata bahwa Allah melaknat namishaat ( = wanita yang
mencabut rambut alis) dan mutanaamishaat ( = wanita yang dicabut rambut
alisnya) dan waasyimaat ( = wanita yang membuat tato) ?”. Ibnu Mas’ud
menjawab,”Ya, benar”. Perempuan tadi berkata,”Aku telah membaca Kitabullah dari
awal sampai akhir tetapi aku tidak menemukan apa yang kamu katakan”. Maka Ibnu
Mas’ud menjawab,”Jika kamu betul-betul membacanya, niscaya engkau akan
menemukannya. Tidakkah engkau membaca :
”Apa-apa
yang disampaikan Rasul kepadamu maka ambillah dan apa-apa yang dilarangnya,
tinggalkanlah…” (QS. Al-Hasyr : 7).
Aku
telah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda :
”Allah
melaknat An-Naamishaat…..” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim].
Tidak
Cukup Pengertian Bahasa Saja untuk Memahami Al-Qur’an
Dari
penjelasan di atas telah jelas dan terang bahwasannya tidak mungkin seorang
memahami Al-Qur’an walaupun dia mahir dalam bahasa Arab dan sastra-sastranya
jika tidak dibantu dengan Sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, baik
qauliyyah maupun fi’liyyah. Karena dia tidak mungkin lebih alim
atau lebih mahir dalam bahasa Arab daripada para shahabat Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam yang Al-Qur’an turun dengan bahasa mereka dan pada waktu
tersebut belum tercampur bahasa ‘ajam, awam, dan lahn (kesalahan
bahasa). Namun walaupun demikian, mereka para shahabat telah salah dalam
memahami ayat-ayat yang telah lewat, ketika mereka hanya bersandar dengan
bahasa mereka saja.
Atas
dasar itu jelaslah bahwasannya seseorang jika semakin alim dalam sunnah, dia
lebih pantas untuk memahami Al-Qur’an dan mengambil istinbath hukum
darinya dibandingkan orang yang bodoh tentang sunnah. Lalu bagaimana dengan
orang yang tidak menganggap sunnah dan tidak pula meliriknya sama sekali ? Oleh
karena itu sudah merupakan suatu kaidah yang disepakati oleh ahli ilmu
bahwasannya Al-Qur’an ditafsirkan dengan As-Sunnah[1],
kemudian dengan perkataan shahabat…..dan seterusnya.
Dari
sini jelas bagi kita sebab-sebab kesesatan tokoh-tokoh Ahli Kalam dulu dan
sekarang serta perbedaan mereka dengan as-salafush-shalih radliyallaahu
‘anhum dalam keyakinan-keyakinan mereka terutama dalam hukum-hukum mereka,
karena jauhnya ahlul-kalam dari Sunnah dan dangkalnya pengetahuan mereka
tentang Sunnah dan mereka menghakimi ayat-ayat tentang shifat (Allah)
dan yang lainnya dengan akal dan nafsu mereka.
Betapa
indahnya perkataan dalam kitab Syarh Al-Aqidah Ath-Thahawiyyah halaman
212 cetakan ke-4 : “Bagaimana mungkin kita berbicara tentang pokok agama orang
yang tidak menerima agamanya dari Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah melainkan
hanya menerima perkataan si fulan? Walaupun dia mengaku atau menganggap
mengambil dari Kitabullah tetapi tidak menerima penafsiran Kitabullah dari
hadits-hadits Rasul, tidak melihat hadits-hadits, tidak pula melihat perkataan
para shahabat dan pengikut mereka yang mengikuti dengan baik (tabi’in)
yang disampaikan kepada kita oleh orang yang terpercaya yang dipilih oleh para
pakar. Karena para shahabat tidak hanya meriwayatkan matan Al-Qur’an saja
tetapi juga menyampaikan maknanya. Mereka tidak belajar Al-Qur’an seperti anak
kecil, tetapi mempelajarinya dengan makna-maknanya. Barangsiapa tidak menempuh
jalan mereka berarti berbicara dengan pikirannya sendiri. Barangsiapa berbicara
dengan pikirannya dan sangkaannya sendiri tentang agama Allah ini, serta tidak
menerimanya dari Al-Kitab, dia berdosa walaupun kebetuln benar. Barangsiapa
mengambil Kitab dan Sunnah, dia mendapatkan pahala walaupun salah (dalam
berijtihad). Tetapi jika benar, akan dilipatkan pahalanya”.
Kemudian
berkata di halaman 217 : “Maka wajib menyempurnakan kepatuhan kepada Rasul shallallaahu
‘alaihi wa sallam dan tunduk kepada perintahnya dan menerima khabarnya
dengan perkataan dan keyakinan, tidak menentangnya dengan khayalan yang bathil
yang dinamakan ma’qul (logis), atau menganggap sebagai syubhat (samar)
atau meragukannya atau mendahulukan pendapat-pendapat manusia dan sampah-sampah
pikiran mereka di atasnya. Kita menyendirikan beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dalam berhukum, patuh, tunduk, sebagaimana kita mentauhidkan Allah subhaanahu
wa ta’ala dalam ibadah, ketundukan. Kehinaan, inabah, dan tawakal.
Kesimpulannya
: Sesungguhnya wajib atas semua muslim untuk tidak membedakan Al-Qur’an dengan
As-Sunnah dari sisi kewajiban mengambil dan berpegang dengan keduanya serta
menegakkan syari’at di atas keduanya bersama-sama. Karena ini adalah penjamin
mereka agar tidak berpaling ke kiri dan ke kanan. Agar mereka tidak mundur
dengan kesesatan sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
telah menjelaskan :
”Aku
tingalkan pada kalian dua perkara yang kalian tidak akan sesat selama kalian
berpegang teguh dengan keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Keduanya tidak
akan berselisih sampai keduanya mendatangiku di telaga Haudl” [Diriwayatkan
oleh Malik dan Al-Hakim, dengan sanad hasan].
Peringatan
Suatu
hal penting yang ingin saya (Asy-Syaikh Al-Albani) kemukakan adalah bahwa
Sunnah yang begitu pentingnya dalam syari’at hanyalah Sunnah yang shahih dari
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengan cara-cara ilmiah dan
sanad yang shahih yang dikenal oleh ahlul-‘ilmi tentang hadits dan
rawi-rawinya. Bukanlah yang dimaksud seperti yang terdapat dalam kitab-kitab
yang beraneka ragam baik dalam masalah tafsir, fiqh, targhib dan tarhib, raqaaiq,
nasihat-nasihat, dan lain-lain. Karena dalam kitab-kitab tersebut banyak
hadits-hadits yang dla’if, munkar, dan maudlu’, sebagian lagi tidak diterima
dalam Islam seperti hadits Harut dan Marut, serta kisah Gharaaniq. Aku
(Asy-Syaikh Al-Albani) mempunyai risalah khusus dalam menolak kisah ini[2].
Dan telah aku bawakan pula sebagian besarnya dalam Silsilah Al-Ahaadits
Adl-Dla’iifah wal-Maudluu’ah wa Atsaruhas-Sayyi-il-Ummah yang jumlahnya
sampai saat ini mencakup 4000 hadits mencakup hadits dla’if dan maudlu’ dimana
sampai saat ini baru dicetak 500 hadits saja ( - pada saat itu, akan tetapi
sekarang telah tercetak lengkap – Pent. ).
Wajib
atas semua ahlul-‘ilmi terutama yang menyebarkan kepada manusia
pemahaman dan fatwa-fatwa agar jangan berhujjah dengan hadits-hadits kecuali
setelah meyakini keshahihannya karena biasanya kitab-kitab fiqih yang dijadikan
tempat rujukan penun dengan hadits-hadits yang lemah, munkar, serta tidak ada
asal-usulnya sebagaimana dikenal di kalangan para ulama.
Kelemahan
Hadits Mu’adz tentang Ra’yu dan Apa-Apa yang Diingkari Darinya
Sebelum
mengakhiri uraian ini, aku (Asy-Syaikh Al-Albani) memandang perlu memalingkan
perhatian ikhwan sekalian kepada hadits yang masyhur yang sering dibawakan
dalam kitab ushul-fiqh, yaitu berkisar tentang dla’ifnya hadits tersebut dari
sisi sanadnya dan karena bertentangan dengan larangan membedakan antara
Al-Kitab dan As-Sunnah (dalam syari’at) serta wajibnya berpegang dengan
keduanya secara bersama, yaitu hadits Mu’adz bin Jabal radliyallaahu ‘anhu
bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya ketika mengutusnya
ke Yaman :
”Dengan
apa kamu akan berhukum?”. Mu’adz berkata,”Dengan Kitabullah”. Rasulullah
berkata,”Jika tidak engkau dapati dalam Kitabullah?”. Mu’adz menjawab,”Dengan
Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa salam”.
Rasulullah berkata,”Jika engkau tidak menemui dalam Sunnah ?”. Mu’adz
menjawab,”Aku akan berijtihad dengan ra’yu dan aku akan berusaha keras”. Maka
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,”Alhamdulillaah,
segala puji bagi Allah yang telah membimbing utusan Rasulullah kepada perkara
yang dicintainya”.
Tentang
kelemahan sanadnya, tidak layak untuk dibahas sekarang. Aku telah
menjelaskannya dengan penjelasan yang cukup dan mungkin belum ada yang
mendahului saya dalam pembahasan itu dalam kitab As-Silsilah yang telah
disebutkan sebelumnya[3].
Cukup bagiku dalam kesempatan ini untuk menyebutkan bahwa Amiirul-Mukminiin
dalam masalah hadits, yaitu Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah, berkata
tentang hadits ini,”Hadits munkar”. Setelah itu layak bagiku untuk mulai
menjelaskan pertentangan yang telah aku sebutkan tadi.
Maka
aku (Asy-Syaikh Al-Albani) katakan : “Hadits Mu’adz ini memberikan manhaj bagi
seorang hakim dalam berhukum dengan tiga marhalah ( = yaitu Al-Qur’an,
As-Sunnah, dan ra’yu). Tidak boleh mencari hukum dengan ra’yu
kecuali setelah hukum itu tidak ditemukan dalam As-Sunnah, dan tidak boleh pula
mencari hukum suatu hukum dari As-Sunnah kecuali jika tidak ditemui dalam
Al-Qur’an. Manhaj ini jika dilihat dari sisi ra’yu adalah benar menurut
seluruh ulama’. Mereka berkata juga,”Jika telah ada atsar, maka batallah nadhar
(penyelidikan)”. Tetapi (manhaj ini) jika dilihat dari sisi As-Sunnah, tidaklah
benar. Karena As-Sunnah adalah hakim atas Al-Qur’an. Maka wajib
membahas/mencari hukum dalam As-Sunnah walaupun disangka ada hukum tersebut
dalam Al-Qur’an. Tidaklah kedudukan Al-Qur’an dengan As-Sunnah seperti
kedudukan ra’yu dengan As-Sunnah. Tidak, sekali lagi tidak !! Tetapi wajib
menganggap Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai suatu sumber yang tidak dapat
dipisahkan selamanya sebagaimana yang telah diisyaratkan oleh sabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam :
”Ketahuilah,
aku diberi Al-Qur’an dan yang semisalnya bersamanya”, yaitu As-Sunnah.
Dan
sabdanya yang lain :
”Keduanya
tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangiku di Haudl (telaga)”
Pengelompokan
antara Al-Qur’an dan As-Sunnah tidaklah benar karena mengharuskan pemisahan
antara keduanya dan hal ini adalah bathil, seperti telah disebutkan
penjelasannya. Inilah yang ingin aku ingatkan. Jika benar itu datangnya dari
Allah dan jika salah itu dari diriku sendiri. Kepada Allah aku meminta agar
menjagaku dan Anda sekalian dari kesalahan-kesalahan dan segala sesuatu yang
tidak diridlai-Nya. Dan penutup doa kita : Alhamdulillaahi rabbil-‘aalamiin.
[Abul-Jauzaa’ –
Senayan, Jakarta].
[1] (Berkata
Syaikh Al-Albani) : “Kami tidak mengatakan seperti yang sudah masyhur di
kalangan sebagian besar ahlul-ilmi, dimana mereka menafsirkan Al-Qur’an dengan
Al-Qur’an, kemudian baru dengan Sunnah seperti yang akan datang penjelasan di
akhir tulisan dalam pembahasan ini dalam hadits Mu’adz bin Jabal radliyallaahu
‘anhu”.
[3] Terdapat
pada nomor 885 dari kitab As-Silsilah yang telah disebutkan – Silsilah
Al-Ahadits Adl-Dla’iifah wal-Maudluu’ah (dan kami berharap agar proses
pencetakan dan pembukuannya dapat segera terwujud dalam waktu dekat, insyaAllah).
Teks asli :
بسم الله الرحمن الرحيم
مقدمة
الحمد لله، والصلاة والسلام
على رسول الله، وآله وصحبه ومن والاه.وبعد:فهذه محاضرة كنت قد ألقيتها في مدينة الدوحة
عاصمة قطر، في شهر رمضان المبارك من عام 1392 هـ، وقد اقترح عليَّ بعض الإخوان طبعها
لما فيها من فوائد هامة، ولحاجةِ المسلمين إلى مثلها. واستجابة لطلبهم أنشرها تعميماً
للنفع بها، ومراعاة للذكرى والتاريخ، وقد أضفنا إليها بعضَ العناوين التفصيلية إعانة
للقارئ الكريم على استجماع أفكارها الرئيسية، وأرجو الله ـ عز وجل ـ أن يكتبني في جملة
الدافعين عن دينه، والناصرين لشرعه، وأن يثيبني عليها، وإنه أكرم مسئول.
منزلة السنة في الإسلام وبيان
أنه لا يُستغنى عنها بالقرآن
إن الحمد لله، نحمده ونستعينه
ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له ومن
يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده
ورسوله. ( يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون )،
( يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالاً
كثيراً ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيباً ) ،
( يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولاً سديداً يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم
ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزاً عظيماً ) .أما بعد، فإن أصدق الحديث كتاب
الله، وأحسن الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم ، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة،
وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار.
وبعد : فإني لأَظن أنني سوف
لا أستطيع أن أقدم لهذا الحفل الكريم ـ لا سيما وفيه العلماء الأجلاء والأساتذة الفضلاء
– شيئاً من العلم لم يسبق أن أحاطوا به علماً، فإن صَدَقَ ظني فحسبي من كلمتي هذه أن
أكون بهذا مذكراً، متبعاً لقول الله تبارك وتعالى : ( وذَكِّر فإن الذكرى تنفع المؤمنين
) [الذاريات:55]. إن كلمتي في هذه الليلة المباركة من ليالي شهر رمضان المعظم لم أر
أن تكون في بيان شيء من فضائله، وأحكامه، وفضلِ قيامه، ونحو ذلك مما يطرقه فيه عادةً
الوعاظ والمرشدون، بما ينفع الصائمين، ويعود عليهم بالخير والبركة ، وإنما اخترتُ أن
يكون حديثي في بحثٍ هام جداً ؛ لأنه أصل من أصول الشريعة الغراء، وهو بيان أهمية السنة
في التشريع الإسلامي.
وظيفة السنة في القرآن
تعلمون جميعاً أن الله تبارك
وتعالى اصطفى محمداً صلى الله عليه وسلم بنبوته ، واختصه برسالته ، فأنزل عليه كتابه
القرآن الكريم ، وأمره فيه ـ في جملة ما أمره به ـ أن يبينه للناس ، فقال تعالى :
( وأنزلنا إليك الذكر لتبين للناس ما نُزِّل إليهم ) [النحل:44]. والذي أراه أن هذا
البيان المذكور في هذه الآية الكريمة يشتمل على نوعين من البيان :الأول : بيان اللفظ
ونظمه ، وهو تبليغ القرآن ، وعدم كتمانه ، وأداؤه إلى الأمة، كما أنزله الله تبارك
وتعالى على قلبه صلى الله عليه وسلم . وهو المراد بقوله تعالى : ( يا أيها الرسول بلِّغ
ما أنزل إليك من ربك ) [المائدة:67]، وقد قالت السيدة عائشة ـ رضي الله عنها ـ في حديث
لها : " ومن حدثكن أن محمداً كتم شيئاً أُمر بتبليغه ، فقد أعظم على الله الفرية
. ثم تلت الآية المذكورة " [ أخرجه الشيخان] . وفي رواية لمسلم : " لو كان
رسول الله صلى الله عليه وسلم كاتماً شيئاً أُمر بتبليغه لكتم قوله تعالى : ( وإذ تقول
للذي أنعم الله عليه وأنعمت عليه أمسك عليك زوجك واتق الله وتخفي في نفسك ما الله مبديه
وتخشى الناس والله أحق أن تخشاه ) [الأحزاب : 37] " .والآخر: بيان معنى اللفظ
أو الجملة أو الآية الذي تحتاج الأمة إلى بيانه ، وأكثر ما يكون ذلك في الآيات المجملة
، أو العامة ، أو المطلقة ، فتأتي السنة ، فتوضح المجمل ، وتُخصِّص العام ، وتقيد المطلق
. وذلك يكون بقوله صلى الله عليه وسلم ، كما يكون بفعله وإقراره.
ضرورة السنة لفهم القرآن وأمثلةٌ
على ذلك
وقوله تعالى: ( والسارق والسارقة
فاقطعوا أيديهما ) [ المائدة : 38] مثال صالح لذلك، فإن السارق فيه مطلقٌ كاليد ، فبينتِ
السنة القولية الأول منهما، وقيدته بالسارق الذي يسرق ربع دينارٍ بقوله صلى الله عليه
وسلم: " لا قطع إلا في ربع دينار فصاعداً " [أخرجه الشيخان ]. كما بينتِ
الآخَرَ بفعله صلى الله عليه وسلم أو فعل أصحابه وإقراره، فإنهم كانوا يقطعون يد السارق
من عند المفصل، كما هو معروف في كتب لحديث، وبينت السنة القولية اليد المذكورة في آية
التيمم : ( فامسحوا بوجوهكم وأيديكم ) [النساء : 43، المائدة :6] بأنها الكف أيضاً
بقوله صلى الله عليه وسلم : "التيمم ضربة للوجه والكفين " [أخرجه أحمد والشيخان
وغيرهم من حديث عمار بن ياسر رضي الله عنهما].
وإليكم بعض الآيات الأخرى
التي لم يمكن فهمها فهماً صحيحاً على مراد الله تعالى إلا من طريق السنة :1 ـ قوله
تعالى : ( الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن وهم مهتدون ) [الأنعام
: 82 ] فقد فهم أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم قوله : ( بظلم ) على عمومه الذي يشمل
كل ظلم ولو كان صغيراً، ولذلك استشكلوا الآية فقالوا: يا رسول الله ! أيُّنا لم يلبس
أيمانه بظلم؟ فقال صلى الله عليه وسلم : " ليس بذلك ، إنما هو الشرك ؛ ألا تسمعوا
إلى قول لقمان : ( إن الشرك لظلم عظيم ) [ لقمان : 13 ] ؟ " [ أخرجه الشيخان وغيرهما].
2 ـ قوله تعالى : ( وإذا ضربتم
في الأرض فليس عليكم جناح أن تقصروا من الصلاة إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا ) [ النساء
: 101] فظاهر هذه الآية يقتضي أن قصر الصلاة في السفر مشروط له الخوف ، ولذلك سأل بعض
الصحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالوا : ما بالنا نقصر وقد أَمِنَّا ؟ قال
: " صدقة تصدق الله بها عليكم ، فاقبلوا صدقته " [ رواه مسلم ].3 ـ قوله
تعالى : ( حرمت عليكم الميتة والدم ..) [ المائدة : 3 ] فبينت السنة القولية أن ميتة
الجراد والسمك ، والكبد والطحال من الدم حلال ، فقال صلى الله عليه وسلم : " أحلت
لنا ميتتان ودمان : الجراد والحوت ( أي السمك بجميع أنواعه )، والكبد والطحال
" [أخرجه البيهقي وغيره مرفوعاً وموقوفاً، وإسناد الموقوف صحيح ، وهو في حكم المرفوع
، لأنه لا يقال من قِبَلِ الرأي ].4 ـ قوله تعالى : ( قل لا أجد في ما أوحي إلي مُحرَّماً
على طاعم يطعمه إلا أن يكون ميتة أو دماً مسفوحاً، أو لحم خنزير فإنه رجس أو فسقاً
أهل لغير الله به ) [الأنعام : 145 ] . ثم جاءت السنة فحرمت أشياء لم تُذكر في هذه
الآية، كقوله صلى الله عليه وسلم : " كل ذي ناب من السباع وكل ذي مخلب من الطير
حرام " . وفي الباب أحاديث أخرى في النهي عن ذلك. كقوله صلى الله عليه وسلم يوم
خيبر: " إن الله ورسوله ينهيانكم عن الحمر الإنسية، فإنها رجس " [ أخرجه
الشيخان ].5 ـ قوله تعالى : ( قل من حرم زينة الله التي أخرج لعباده والطيبات من الرزق
) [ الأعراف : 32 ] فبينت السنة أيضاً أن من الزينة ما هو محرم، فقد ثبت عن النبي صلى
الله عليه وسلم أنه خرج يوماً على أصحابه وفي إحدى يديه حرير، وفي الأخرى ذهب ، فقال
: " هذان حرام على ذكور أمتي ، حل لإناثهم " [ أخرجه الحاكم وصححه].
والأحاديث في معناه كثيرة
معروفة في " الصحيحين " وغيرهما. إلى غير ذلك من الأمثلة الكثيرة المعروفة
لدى أهل العلم بالحديث والفقه. ومما تقدم يتبين لنا أيها الإخوة أهمية السنة في التشريع
الإسلامي، فإننا إذا أعدنا النظر في الأمثلة المذكورة ـ فضلاً عن غيرها مما لم نذكر
ـ نتيقن أنه لا سبيل إلى فهم القرآن الكريم فهماً إلا مقروناً بالسنة.ففي المثال الأول
فهم الصحابة (الظلم) المذكور في الآية على ظاهره، ومع أنهم كانوا ـ رضي الله عنهم ـ
كما قال ابن مسعود : ( أفضل هذه الأمة ، أبرها قلوباً، وأعمقها علماً، وأقلها تَكلُّفاً
) فإنهم مع ذلك قد أخطئوا في ذلك الفهم ، فلولا أن النبي صلى الله عليه وسلم ردهم عن
خطئهم وأرشدهم إلى أن الصواب في ( الظلم ) المذكور إنما هو الشرك لاتبعناهم على خطئهم
، ولكن الله تبارك وتعالى صاننا عن ذلك. بفضل إرشاده صلى الله عليه وسلم وسنته. وفي
المثال الثاني: لولا الحديث المذكور لبقينا شاكين على الأقل في قصر الصلاة في السفر
في حالة الأمن ـ إن لم نذهب إلى اشتراط الخوف فيه كما هو ظاهر الآية ـ وكما تبادر ذلك
لبعض الصحابة لولا أنهم رأوا رسول الله صلى الله عليه وسلم يقصر، ويقصرون معه وقد أمنوا.
وفي المثال الثالث : لولا الحديث أيضاً لحرمنا طيبات أحلت لنا : الجراد والسمك ، والكبد
والطحال. وفي المثال الرابع : لولا الأحاديث التي ذكرنا فيه بعضها لاستحللنا ما حرم
الله علينا على لسان نبيه صلى الله عليه وسلم من السباع وذوي المخلب من الطير. وكذلك
المثال الخامس: لولا الأحاديث التي فيه لاستحللنا ما حرم الله على لسان نبيه من الذهب
والحرير، ومن هنا قال بعض السلف: السنة تقضي على الكتاب.
ضلال المستغنين بالقرآن عن
السنة
ومن المؤسف أنه قد وجد في
بعض المفسرين ، والكُتَّاب ، المعاصرين من ذهب إلى جواز ما ذُكر في المثالين الأخيرين
من إباحة أكل السباع ولبس الذهب والحرير اعتماداً على القرآن فقط، بل وجد في الوقت
الحاضر طائفة يَتَسَمَّوْنَ بـ ( القرآنيين ) يفسرون القرآن بأهوائهم وعقولهم ، دون
الاستعانة على ذلك بالسنة الصحيحة ، بل السنة عندهم تبعٌ لأهوائهم ، فما وافقهم منها
تشبثوا به ، وما لم يوافقهم منها نبذوه وراءهم ظهرياً.وكأن النبي صلى الله عليه وسلم
قد أشار إلى هؤلاء بقوله في الحديث الصحيح : " لا أَلْفِيَّنَ أحدكم متكئاً على
أريكته ، يأتيه الأمر من أمري مما أمرت به، أو نهيت عنه ، فيقول : لا أدري ! ما وجدنا
في كتاب الله اتبعناه " [رواه الترمذي ]. وفي رواية لغيره : " ما وجدنا فيه
حراماً حرمناه ، ألا وإني أتيت القرآن ومثله معه ". وفي أخرى : " ألا إن
ما حرم رسول الله مثل ما حرم الله".
بل إن من المؤسف أن بعض الكتاب
الأفاضل ألَّف كتاباً في شريعة الإسلام وعقيدته، وذكر في مقدمته أنه ألفه وليس لديه
من المراجع إلا القرآن !. فهذا الحديث الصحيح يدل دلالة قاطعة على أن الشريعة الإسلامية
ليست قرآناً فقط، وإنما قرآن وسنة، فمن تمسك بأحدهما دون الآخر، لم يتمسك بأحدهما،
لأن كل واحد منهما يأمر بالتمسك بالآخر كما قال تعالى : ( من يطع الرسول فقد أطاع الله
) [ النساء :80 ] ، وقال : ( فلا وربك لا يؤمنون حتى يحكموك فيما شجر بينهم ثم لا يجدوا
في أنفسهم حرجاً مما قضيت ويسلموا تسليماً ) [ النساء : 65 ] ، وقال : ( وما كان لمؤمن
ولا مؤمنة إذا قضى الله ورسوله أمراً أن يكون لهم الخيرة من أمرهم ، ومن يعص الله ورسوله
فقض ضل ضلالاً مبيناً ) [ الأحزاب : 36 ] ، وقال : ( وما آتاكم الرسول فخذوه وما نهاكم
عنه فانتهوا ) [الحشر : 7 ].وبمناسبة هذه الآية يعجبني ما ثبت عن ابن مسعود ـ رضي الله
عنه ـ وهو أن امرأة جاءت إليه ، فقالت له : أنت الذي تقول : لعن الله النامصات والمتنمصات،
والواشمات .. الحديث ؟ قال : نعم ، قالت : فإني قرأت كتاب الله من أوله إلى آخره ،
فلم أجد فيه ما تقول ! فقال لها : إن كنت قرأتيه لقد وجدتيه، أما قرأت : ( وما آتاكم
الرسول فخذوه وما نهاكم عنه فانتهوا ) قالت : بلى! قال : فقد سمعت رسول الله صلى الله
عليه وسلم يقول : لعن الله النامصات .. الحديث [متفق عليه].
عدم كفاية اللغة لفهم القرآن
ومما سبق يبدو واضحاً أنه
لا مجال لأحدٍ مهما كان عالماً باللغة العربية وآدابها أن يفهم القرآن الكريم ، دون
الاستعانة على ذلك بسنة النبي صلى الله عليه وسلم القولية والفعلية ، فإنه لم يكن أعلم
في اللغة من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم الذين نزل القرآن بلغتهم ، ولم تكن قد
شابتها لوثةُ العُجمة والعامية واللحن ، ومع ذلك فإنهم غلطوا في فهم الآيات السابقة
حين اعتمدوا على لغتهم فقط.وعليه فمن البدهي أن المرء كلما كان عالماً بالسنة ، كان
أحرى بفهم القرآن واستنباط الأحكام منه؛ ممن هو جاهل بها، فكيف بمن هو غير معتَدٍّ
بها، ولا ملتفتٍ إليها أصلاً ؟ولذلك كان من القواعد المتفق عليها بين أهل العلم : أن
يفسر القرآن بالقرآن والسنة1 ثم بأقوال الصحابة .. إلخ.
ومن ذلك يتبين لنا ضلال علماء
الكلام قديماً وحديثاً ومخالفتهم للسلف ـ رضي الله عنهم ـ قي عقائدهم ـ فضلاً عن أحكامهم
ـ وهو بُعدهم عن السنة والمعرفة بها وتحكيمُهم عقولهم وأهواءهم في آيات الصفات وغيرها.
وما أحسن ما جاء في " شرح العقيدة الطحاوية " ( ص 212 ـ الطبعة الرابعة
) :( وكيف يتكلم في أصول الدين من لا يتلقاه من الكتاب والسنة، وإنما يتلقاه من قول
فلان ؟ ! وإذا زعم أنه يأخذه من كتاب الله. لا يتلقى تفسير كتاب الله من أحاديث الرسول
صلى الله عليه وسلم ولا ينظر فيها ولا فيما قاله الصحابة والتابعون لهم بإحسان، المنقول
إلينا عن الثقات الذي تخيرهم النُّقَّاد ؛ فإنهم لم ينقلوا نظم القرآن وحده، بل نقلوا
نظمه ومعناه، ولا كانوا يتعلمون القرآن كما يتعلم الصبيان، بل يتعلمونه بمعانيه. ومن
لا يسلك سبيلهم فإنما يتكلم برأيه. ومن يتكلم برأيه ، وبما يظنه دين الله، ولم يتلق
ذلك من الكتاب فهو مأثوم ( ! ) وإن أصاب . ومن أخذ من الكتاب والسنة فهو مأجور وإن
أخطأ. لكن إن أصاب يضاعف أجره).
ثم قال ( ص 217) :( فالواجب
كمال التسليم للرسول صلى الله عليه وسلم، والانقياد لأمره ، وتلقي خبره بالقبول والتصديق
دون أن نعارضه بخيالٍ باطل نسميه معقولاً، أو نحمله شبهة أو شكاً، أو نقدم عليه آراء
الرجال وزبالة أذهانهم، فنوحده صلى الله عليه وسلم بالتحكيم والتسليم والانقياد والإذعان،
كما نوحد المُرسِلَ ـ سبحانه وتعالى ـ بالعبادة والخضوع والذل والإنابة والتوكل ).
وجملة القول : أن الواجب على المسلمين جميعاً أن لا يُفرِّقوا بين القرآن والسنة، من
حيث وجوب الأخذ بهما كليهما، وإقامة التشريع عليهما معاً. فإن هذا هو الضمان لهم أن
لا يميلوا يميناً ويساراً، وأن لا يرجعوا القهقرى ضُلالاً،
كما أفصح عن هذا رسول الله
صلى الله عليه وسلم بقوله: " تركت فيكم أمرين ، لن تضلوا ما إن تمسكتم بهما :
كتاب الله وسنتي ، ولن يتفرقا حتى يرِدا على الحوض " [ رواه مالك بلاغاً، والحاكم
موصلاً بإسناد حسن].
تنبيه هام
ومن البدهي بعد هذا أن نقول
:إن السنة التي لها هذه الأهمية في التشريع ، إنما هي السنة الثابتة عن النبي صلى الله
عليه وسلم بالطرق العلمية والأسانيد الصحيحة المعروفة عند أهل العلم بالحديث ورجاله
. وليست هي التي في بطون مختلف الكتب من التفسير والفقه ، والترغيب والترهيب ، والرقائق
والمواعظ وغيرها ؛ فإن فيها كثيراً من الأحاديث الضعيفة والمنكرة والموضوعة ، وبعضها
مما يتبرأ منه الإسلام . مثل حديث هاروت وماروت، وقصة الغرانيق، ولي رسالة خاصة في
إبطالها وهي مطبوعة ، وقد خرجت طائفة كبيرة منها في كتابي الضخم " سلسلة الأحاديث
الضعيفة والموضوعة وأثرها السيئ في الأمة " ، وقد بلغ عددها حتى الآن قرابة أربعة
آلاف حديث ! وهي ما بين ضعيف وموضوع وقد طبع منها خمس مئة فقط!.
فالواجب على أهل العلم ، لا
سيما الذين ينشرون على الناس فقههم وفتاويهم أن لا يتجرأوا على الإحتجاج بالحديث إلا
بعد التأكد من ثبوته ، فإن كتب الفقه التي يرجعون إليها عادة، مملوءة بالأحاديث الواهية
المنكرة وما لا أصل له، كما هو معروف عند العلماء .وقد كنت بدأت مشروعاً هاماً في نظري،
وهو نافع جداً للمشتغلين بالفقه سميته " الأحاديث الضعيفة والموضوعة في أمهات
الكتب الفقهية " وأعني بها :1 ـ الهداية للمرغيناني في الفقه الحنفي.2 ـ المدونة
لابن القاسم في الفقه المالكي.3 ـ شرح الوجيز للرافعي في الفقه الشافعي.4 ـ المغني
لابن قدامة في الفقه الحنبلي.5 ـ بداية المجتهد لابن رشد الأندلسي في الفقه المقارن.ولكن
لم يُتح لي إتمامه - مع الأسف - لأن مجلة (الوعي الإسلامي الكويتية) التي وعدت بنشره،
ورحبت به، حين اطلعت عليه لم تنشره.وإذ قد فاتني ذلك، فلعلي أوفق في مناسبة أخرى ـ
إن شاء الله تعالى ـ إلى أن أضع لإخواني المشتغلين بالفقه منهجاً علمياً دقيقاً يساعدهم،
ويسهل لهم طريق معرفة درجة الحديث بالرجوع إلى المصادر التي لا بد من الجوع إليها من
كتب الحديث ، وبيان خواصها ومزاياها، وما يمكن الاعتماد عليه منها، والله تعالى ولي
التوفيق.
ضعيف حديث معاذ في الرأي وما
يستنكر منه
وقبل أن أنهي كلمتي هذه أرى
أنه لا بد لي من أن أُلفت انتباه الإخوة الحاضرين إلى حديث مشهور، قلما يخلو منه كتاب
من كتب أصول الفقه، لضعفه من حيث إسناده ولتعارضه مع ما انتهينا إليه في هذه الكلمة
من عدم جواز التفريق في التشريع بين الكتاب والسنة، ووجوب الأخذ بهما معاً، ألا وهو
حديث معاذ بن جبل - رضي الله عنه - أن النبي صلى الله عليه وسلم قال له حين أرسله إلى
اليمن :" بم تحكم ؟ " قال : بكتاب الله ، قال : " فإن لم تجد ؟
" قال : بسنة رسول الله، قال : " فإن لم تجد ؟ " قال : أجتهد رأيي ولا
آلو . قال : " الحمد لله الذي وفَّقَ رسولَ رسولِ الله، لما يحب رسول الله
".أما ضعف إسناده، فلا مجال لبيانه الآن، وقد بينت ذلك بياناً شافياً ربما لم
أسبق إليه في السلسلة السابقة الذكر ، وحسبي الآن أن أذكر أن أمير المؤمنين في الحديث
الإمام البخاري ـ رحمه الله تعالى ـ قال فيه : ( حديث منكر ). وبعد هذا يجوز لي أن
أشرع في بيان التعارض الذي أشرت إليه فأقول:
إن حديث معاذ هذا يضع للحاكم
منهجاً في الحكم على ثلاث مراحل، لا يجوز أن يبحث عن الحكم في الرأي إلا بعد أن لا
يجده في السنة، ولا في السنة إلا بعد أن لا يجده في القرآن. وهو بالنسبة للرأي منهج
صحيح لدى كافة العلماء، وكذلك قالوا إذا ورد الأثر بطل النظر. ولكنه بالنسبة للسنة
ليس صحيحاً؛ لأن السنة حاكمة على كتاب الله ومبينة له ، فيجب أن يبحث عن الحكم في السنة،
ولو ظن وجوده في الكتاب لما ذكرنا، فليست السنة مع القرآن ، كالرأي مع السنة ، كلا
ثم كلا، بل يجب اعتبار الكتاب والسنة مصدراً واحداً لا فصل بينهما أبداً ، كما أشار
إلى ذلك قوله صلى الله عليه وسلم : " ألا إني أُتيت القرآن ومثله معه " يعني
السنة وقوله : " لن يتفرقا حتى يردا علي الحوض" . فالتصنيف المذكور بينهما
غير صحيح لأنه يقتضي التفريق بينهما وهذا باطل لما سبق بيانه .فهذا هو الذي أردت أن
أنبه إليه ، فإن أصبت فمن الله. وإن أخطأت فمن نفسي، والله تعالى أسأل أن يعصمنا وإياكم
من الزلل ومن كل ما لا يرضيه. وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.
Comments
assalamualaikum untuk menambah faidah muhadharah syaikh al-albany "manzilatus sunnah fil islam wa bayanu annaha la yustaghna 'anha bil qur'an" baru saja dijadikan materi dauroh markaz al-imam al-albany yang dilangsungkan pada tanggal 24-04-10 sampai 10-05-10 di amman-yordania, dan pengisi materi tersebut adalah syaikh ali alhalaby, dan alhamdulillah rekamannya bisa di download di http://kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?p=70060#post70060
abuumaina@yahoo.com
Posting Komentar