Tanya
: Apa
hukum memegang tongkat saat khuthbah ?
Jawab
: Para
ulama berbeda pendapat tentang
hukum memegang tongkat saat khuthbah. Jumhur ulama dari
kalangan Maalikiyyah[1],
Syaafi’iyyah[2], dan Hanaabilah[3] berpendapat sunnah. Adapun ulama
Hanafiyyah[4]
memakruhkannya. Yang raajih
dalam hal ini adalah pendapat jumhur yang didasarkan oleh banyak riwayat,
diantaranya:
حَدَّثَنَا
سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ خِرَاشٍ، حَدَّثَنِي شُعَيْبُ
بْنُ زُرَيْقٍ الطَّائِفِيُّ، قَالَ: جَلَسْتُ إِلَى رَجُلٍ لَهُ صُحْبَةٌ مِنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهُ: الْحَكَمُ بْنُ
حَزْنٍ الْكُلَفِيُّ فَأَنْشَأَ، يُحَدِّثُنَا، قَالَ: وَفَدْتُ إِلَى رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَابِعَ سَبْعَةٍ، أَوْ تَاسِعَ
تِسْعَةٍ، فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ، فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، زُرْنَاكَ
فَادْعُ اللَّهَ لَنَا بِخَيْرٍ، فَأَمَرَ بِنَا، أَوْ أَمَرَ لَنَا بِشَيْءٍ مِنَ
التَّمْرِ وَالشَّأْنُ إِذْ ذَاكَ دُونٌ فَأَقَمْنَا بِهَا أَيَّامًا شَهِدْنَا
فِيهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ
مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا أَوْ قَوْسٍ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ
كَلِمَاتٍ خَفِيفَاتٍ طَيِّبَاتٍ مُبَارَكَاتٍ، ثُمَّ قَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ،
إِنَّكُمْ لَنْ تُطِيقُوا أَوْ لَنْ تَفْعَلُوا كُلَّ مَا أُمِرْتُمْ بِهِ
وَلَكِنْ سَدِّدُوا وَأَبْشِرُوا "
Telah
menceritakan kepada kami Sa'iid bin Manshuur : Telah menceritakan kepada kami
Syihaab bin Khiraasy : Telah menceritakan kepadaku Syu'aib bin Zuraiq Ath-Thaaifiy,
ia berkata : Aku pernah duduk di samping seseorang yang punya status
kebershahabatan dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.
Namanya Al-Hakam bin Hazn Al-Kulafiy. Lalu ia bercerita kepada kami. Ia berkata
: "Aku pernah diutus menemui Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam
bersama dengan tujuh atau sembilan orang. Kami masuk menemui beliau. Kami berkata
: "Wahai Rasulullah, kami telah mengunjungimu, maka doakanlah kebaikan
untuk kami". Maka beliau memerintahkan supaya kami disuguhi kurma. Waktu
itu kondisinya paceklik. Kami pun tinggal di Madinah beberapa hari. Kami
mengikuti pelaksanaan shalat Jum'at bersama Rasulullah shallallaahu 'alaihi
wa sallam. Beliau berdiri dengan bersandar/berpegangan pada tongkat atau
busur, lalu beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya dengan beberapa kata
yang ringkas, baik lagi penuh barakah. Beliau bersabda: "Wahai sekalian
manusia, sesungguhnya kalian tidak akan mampu – atau : tidak akan dapat
mengerjakan - semua yang diperintahkan kepada kalian. Akan tetapi bertindaklah
yang benar dan berilah kabar gembira” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1096].
Diriwayatkan
oleh Ahmad 4/212, Ibnu Khuzaimah 2/352 no. 1452, dan Al-Baihaqiy 3/206;
semuanya dari jalan Syihaab.
Sanad
hadits ini hasan, dan dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi
Daawud 1/302.
أَخْبَرَنَا عَبْدُ
الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الأُوَيْسِيُّ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالا:
أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي الأَسْوَدِ، عَنْ عَامِرِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ بِمِخْصَرَةٍ فِي يَدِهِ "
Telah
mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin ‘Abdillah Al-Ausiy dan Qutaibah bin
Sa’iid, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin
Lahii’ah, dari Abul-Aswad, dari ‘Aamir bin ‘Abdillah bin Az-Zubair, dari
ayahnya : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa
berkhuthbah dengan tongkat pendek ditangannya [Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d
dalam Ath-Thabaqaat 1/181].
Sanad riwayat ini hasan. Ibnu
Lahii’ah adalah seorang yang shaduuq, namun bercampur hapalannya setelah kitabnya terbakar. Haditsnya yang diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’iid
darinya adalah hasan, karena Qutaibah mengambil riwayat dari kitab ‘Abdullah bin
Wahb dan kemudian mendengarnya dari Ibnu Lahii’ah. Adapun ‘Abdullah bin Wahb
mendengar hadits Ibnu Lahii’ah sebelum kitab-kitabnya terbakar.[5]
Hadits di atas diriwayatkan
juga oleh Al-Bazzaar dalam Al-Bahr no. 2211, Abusy-Syaikh dalam Akhlaaqun-Nabiy
hal. 128, dan Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 1070; dari
beberapa jalan, semuanya dari Ibnu Lahii’ah.
Dalam hadits panjang tentang Jassaasah
yang bercerita tentang Dajjal, disebutkan :
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَطَعَنَ بِمِخْصَرَتِهِ فِي الْمِنْبَرِ، هَذِهِ
طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ يَعْنِي الْمَدِينَةَ
Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda sambil menusuk-nusukkan tongkat
pendeknya ke mimbar : “Inilah Thaibah, inilah Thaibah – yaitu Madiinah….”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 2942].
عَنِ الثَّوْرِيِّ،
عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، قَالَ: " رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ
يَخْطُبُ، وَفِي يَدِهِ عَصًا "
Dari
Ats-Tsauriy, dari Hisyaam bin ‘Urwah, ia berkata : “Aku melihat ‘Abdullah bin
Az-Zubair berkhuthbah sementara di tangannya memegang tongkat” [Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5659; sanadnya shahih].
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ،
عَنْ طَلْحَةَ بْنِ يَحْيَى، قَالَ: " سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ
" يَقْرَأُ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ: وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا
لَهُ، وَفِي يَدِهِ عَصًا "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari Thalhah bin Yahyaa, ia berkata : Aku
mendengar ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz membaca ayat di atas mimbar : ‘Dan
kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya’ (QS. Az-Zumar : 54) – sedangkan di tangannya memegang
tongkat [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 5274; sanadnya hasan].
عَنِ ابْنِ
جُرَيْجٍ، قَالَ: قُلْتُ لِعَطَاءٍ: " أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُومُ إِذَا خَطَبَ عَلَى عَصًا؟ قَالَ: نَعَمْ، كَانَ يَعْتَمِدُ
عَلَيْهَا اعْتِمَادًا "
Dari
Ibnu Juraij, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Athaa’ : “Apakah Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam jika berkhuthbah beliau berdiri berpegangan tongkat ?”. Ia menjawab : “Ya, beliau memang bersandar kepadanya”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5246].
Riwayat ini mursal, dan shahih
hingga ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah. Maknanya, ‘Athaa’ berpendapat bahwa Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam biasa memegang tongkat apabila berkhuthbah.
Asy-Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahmaan
Al-Bassaam rahimahullah berkata:
يدل الحديث على أنه
يندب للخطيب متوكئا على قوسٍ أو عصا. الحكمة في ذلك - والله أعلم - : أن ذلك أربط لقلب
الخطيب، وأثبت لقيامه، وأبعد له عن العبث بيده،
“Hadits tersebut menunjukkan
dianjurkannya bagi khathiib untuk bersandar/memegang busur panah atau tongkat.
Hikmah dari anjuran tersebut – wallaahu a’lam – adalah hal tersebut
lebih mengikat hati khathiib, lebih mengokohkan berdirinya, lebih menjauhkan
baginya dari bermain-main dengan tangannya” [Taudliihul-Ahkaam, 2/624].
Asy-Syaikh Yahyaa Al-Hajuuriy hafidhahullah
berkata:
من السنة أن
يعتمد الخطيب حال خطبته قائمًا على عصا
“Termasuk sunnah adalah
khathiib bersandar pada tongkat saat berdiri dalam khuthbahnya” [Ahkaamul-Jum’ah].
Adapun perkataan sebagian ulama
bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah bersandar pada
tongkat setelah dibuatkan mimbar untuk beliau, maka ini tidak benar, karena
riwayat-riwayat di atas menunjukkan bahwa tetap bersandar pada tongkat atau
yang sejenisnya saat berkhuthbah di atas mimbar.
Seandainya tidak ada tongkat,
maka apapun yang dapat dijadikan pegangan untuk mengokohkan berdirinya khathiib
tetap disyari’atkan (seperti berpegang pada tiang, tembok, atau yang lainnya).
Dalilnya adalah:
وحَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ، قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
الصَّلَاةَ يَوْمَ الْعِيدِ، فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ بِغَيْرِ
أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ، ثُمَّ قَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى بِلَالٍ.............
Dan
telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair : Telah
menceritakan kepada kami ayahku : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik
bin Abi Sulaimaan, dari ‘Athaa’, dari Jaabir bin ‘Abdillah, ia berkata : Aku
hadir bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Ied.
Beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian
beliau berdiri dengan bersandar kepada Bilaal[6]……
“ [Diriwayatkan oleh Muslim no.
885 (4)].
حَدَّثَنَا
إِسْمَاعِيلُ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَخِي، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ، عَنْ
يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي حَفْصُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا، يَقُولُ: " كَانَ الْمَسْجِدُ مَسْقُوفًا عَلَى جُذُوعٍ مِنْ
نَخْلٍ فَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ يَقُومُ
إِلَى جِذْعٍ مِنْهَا، فَلَمَّا صُنِعَ لَهُ الْمِنْبَرُ وَكَانَ عَلَيْهِ
فَسَمِعْنَا لِذَلِكَ الْجِذْعِ صَوْتًا كَصَوْتِ الْعِشَارِ حَتَّى جَاءَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا فَسَكَنَتْ
"
Telah
menceritakan kepada kami Ismaa’iil, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku
saudaraku, dari Sulaimaan bin Bilaal, dari Yahyaa bin Sa’iid, ia berkata :
Telah mengkhabarkan kepadaku Hafsh bin ‘Ubaidillah bin Anas bin Maalik,
bahwasannya ia mendengar Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhumaa
berkata : “Dahulu masjid (Nabawi) tiang-tiangnya dibuat dari batang-batang
pohon kurma. Apabila
Nabi shallallaahu alaihi wa sallam berkhuthbah, maka beliau berdiri (berpegangan) pada salah satu batangnya. Ketika beliau telah
dibuatkan mimbar dan beliau tengah berkhuthbah dengan berdiri di atasnya, maka kami mendengar suara dari batang kayu
tersebut (seperti tangisan) bagaikan suara onta yang hampir beranak. Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam datang menghampirinya kemudian meletakkan tangan beliau
pada batang kayu tersebut hingga akhirnya batang kayu itu diam (berhenti
menangis)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3585].
Itulah yang dapat dijawab,
semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’
– perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor - 15041435/15022014 – 00:10].
وَذَلِكَ مِمَّا يُسْتَحَبُّ لِلْأَئِمَّةِ أَصْحَابِ
الْمَنَابِرِ أَنْ يَخْطُبُوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَمَعَهُمْ الْعِصِيُّ يَتَوَكَّئُونَ
عَلَيْهَا فِي قِيَامِهِمْ وَهُوَ الَّذِي رَأَيْنَا وَسَمِعْنَا
“Dan hal itu termasuk yang disunnahkan oleh para imam
yang sering berkhuthbah di mimbar-mimbar, yaitu agar berkhuthbah di hari Jum’at
dengan berpegangan pada tongkat saat berdirinya. Itulah pendapat kami dan yang
dengar (riwayatnya)” [Al-Mudawwanah Al-Kubraa, 1/231].
Al-Qurthubiy rahimahullah berkata:
والإجماع منعقد على أن الخطيب يخطب متوكئا على سيف أو
عصا
“Telah terjadi ijmaa’ bahwa khathiib
berkhuthbah dengan bersandar pada pedang atau tongkat” [Al-Jaami’
li-Ahkaamil-Qur’aan, 11/188].
Catatan : Klaim ijmaa’ ini tidak benar.
وَبَلَغْنَا اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا خَطَبَ اِعْتَمَدَ عَلَى عَصًا وَقَدْ قِيْلَ خَطَبَ
مُتَعَمِّدًا عَلَى عَنَـزَةٍ وَعَلَى قَوْسٍ وَكُلُّ ذَلِكَ اِعْتِمَادٌ
“Dan telah sampai kepada kami bahwasannya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam apabila berkhuthbah, beliau bersandar pada tongkat. Dan
dikatakan, beliau berkhuthbah dengan bersandar pada ‘anazah (tombak
kecil) dan busur panah. Semua hal tersebut dijadikan untuk bersandar” [Al-Umm,
1/272].
وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى قَوْسٍ ، أَوْ
سَيْفٍ ، أَوْ عَصًا ؛ لِمَا رَوَى الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِيُّ
“Dan disunnahkan untuk bersandar pada busur panah,
pedang, atau tongkat berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakam bin
Hazm Al-Kulafiy” [Al-Mughniy, 2/154].
ويكره أن يخطب متكئا على قوس أو عصا , كذا في الخلاصة ,
وهكذا في المحيط , ويتقلد الخطيب السيف في كل بلدة فتحت بالسيف , كذا في شرح
الطحاوي
“Dan dimakruhkan berkhuthbah dengan bersabdar pada
busur panah atau tongkat. Begitulah yang terdapat dalam kitab Al-Khulaashah
dan Al-Muhiith”.
[5] Selengkapnya
baca artikel berjudul : Beberapa
Perawi yang Meriwayatkan dari Ibnu Lahii’ah Sebelum Masa Ikhtilaath-nya.
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْمَلِكِ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: بَدَأَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ
فِي الْعِيدَيْنِ بِغَيْرِ أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ، قَالَ: ثُمَّ خَطَبَ
الرِّجَالَ وَهُوَ مُتَوَكِّئٌ عَلَى قَوْسٍ، قَالَ: ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ،
فَخَطَبَهُنَّ، وَحَثَّهُنَّ عَلَى الصَّدَقَةِ.....
Telah
menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah : Telah menceritakan kepada kami
‘Abdul-Malik, dari ‘Athaa’, dari Jaabir bin ‘Abdillah, ia berkata : “Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam memulai shalat sebelum khuthbah dalam ‘Iedain,
tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berkhuthbah kepada kaum laki-laki dengan bersandar pada busur panah. Kemudian beliau mendatangi kaum wanita dan
berkhuthbah kepada mereka, menganjurkan mereka untuk bershadaqah…..”.
Abu Mu’aawiyyah membawakan hadits ini dari
‘Abdul-Malik bin Abi Sulaimaan dengan lafadh : “bersandar pada busur panah”.
Abu Mu’aawiyyah nama lengkapnya adalah : Muhammad bin Khaazim
At-Tamiimiy As-Sa’diy, Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, dan orang yang
paling hapal hadits Al-A’masy, namun sering mengalami keraguan dalam hadits
selainnya. Termasuk thabaqah ke-9, lahir tahun 113 H, dan wafat tahun 194/195 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 840 no. 5878].
‘Abdul-Malik bin Abi
Sulaimaan Maisarah Al-‘Arzamiy, Abu Muhammad/Abu Sulaimaan/ Abu ‘Abdillah
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-5 dan wafat
tahun 145 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 623 no. 4212 dan Tahriirut-Taqriib 2/383 no.
4184].
‘Athaa’ bin Abi Rabbaah
(namanya Aslam) Al-Qurasyiy Al-Fihriy, Abu Muhammad Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi faadlil, akan tetapi banyak melakukan irsal. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 114 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 677 no. 4623].
Abu Mu’aawiyyah telah menyelisihi
beberapa orang perawi yang membawakan hadits dari ‘Abdul-Malik bin Abi
Sulaimaan dengan lafadh : ‘berpegangan pada Bilaal’. Mereka itu adalah:
a.
‘Abdullah bin Numair (tsiqah); sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim no. 885 dan Al-Baihaqiy
3/300 (3/422) no. 6221.
b.
Yahyaa bin Sa’iid
Al-Qaththaan (tsiqah,
mutqin, haafidh, imaam, lagi qudwah);
sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 1575 dan Ahmad 3/318.
c.
Ya’laa bin ‘Ubaid
bin Abi Umayyah (tsiqah, kecuali dalam periwayatan dari Ats-Tsauriy terdapat
kelemahan); sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 1651.
d.
Yaziid bin Haaruun (tsiqah); sebagaimana
diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 3/300 (3/421) no. 6220 dan Abu
Nu’aim dalam Al-Mustakhraj no. 1990.
e.
Zaaidah bin Qudaamah
(tsiqah, tsabat, lagi shaahibus-sunnah); sebagaimana diriwayatkan oleh Abu
Nu’aim dalam Al-Mustakhraj no. 1990.
f.
Ismaa’iil bin
Zakariyyaa Al-Khulqaaniy (shaduuq, sedikit melakukan kekeliruan);
sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj no. 1990.
g.
Husyaim bin Basyiir (tsiqah lagi tsabt);
sebagaimana
diriwayatkan oleh Abu Ya’laa no. 2033 dan Abu Nu’aim dalam Al-Mustakhraj no. 1990.
h.
Ishaaq bin Yuusuf bin
Mirdaas (tsiqah); sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy
3/296 (3/415) no. 6198.
Selain
itu, Al-Bukhaariy no. 961 & 978, Muslim no. 885 (3), Abu Daawud no. 1141,
Ahmad 3/296, dan Al-Baihaqiy 3/298 (3/418) no. 6206-6207; semuanya dari jalan
Ibnu Juraij : Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Athaa’, dari Jaabir bin ‘Abdillah,
ia berkata :
إِنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ، ثُمَّ خَطَبَ النَّاسَ
بَعْدُ، فَلَمَّا فَرَغَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَزَلَ فَأَتَى
النِّسَاءَ فَذَكَّرَهُنَّ وَهُوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلَالٍ، وَبِلَالٌ بَاسِطٌ
ثَوْبَهُ يُلْقِي فِيهِ النِّسَاءُ صَدَقَةً......
“Sesungguhnya
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdiri, lalu memulainya dengan
shalat, kemudian berkhuthbah kepada manusia setelahnya. Ketika Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam telah selesai, maka beliau turun (dari mimbar) dan
mendatangi kaum wanita, mengingatkan mereka. Beliau bersandar pada tangan
Bilaal, sementara Bilaal membentangkan pakaiannya dimana para wanita
melemparkan shadaqah padanya….”.
Oleh karena itu, riwayat yang menyebutkan lafadh bersandar
pada busur tanah adalah syaadz.
Jazakallah khoiron ustadz atas ilmunya, ini biasa menjadi perselisihan antara kaum Nahdhiyyin dengan Non-Nahdhiyyin, semoga bisa menjadi pencerahan bagi yang membacanya... Ustadz mohon penjelasan mengenai dua khutbah di hari raya, karena saya pernah melihat khutbah hari raya di Saudi dengan 2 kali khutbah, pendapat mana yang lebih rajih ustadz?
BalasHapusBarakallahu fiik...
Syukron..
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berkhuthbah dengan tongkat pendek ditangannya
BalasHapus1.Bukankah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam kemana mana biasa membawa tombak pendek(bukan tongkat)? tidak hanya di waktu kutbah jum'at saja?
2. Apakah hal ini masuk dalam sunnah dalam beribadah, atau bukan?
jika para khotib juga biasa membawa tombak atau tongkat kemana mana(selain diwaktu khutbah) maka hal ini bisa dikatakan mengikuti sunnah Rasululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam
Apakah amalan menggunakan tongkat(serah terima dari muadzin kepada khotib) bisa dikatakan mengikuti sunnah?
syukron
Kok lagi saiki nampilke mbok kedhisek-dhisek
BalasHapusBegitu pula dengan judul-judul artikel yang lain..... baru dapat saya tulis/upload pada tanggal saya menulis/uploadnya. Karena semua permasalahan tidak dapat saya tulis dalam satu waktu....
BalasHapus