Khususnya, dalam permasalahan Khalqul-Qur’an
(= Al-Qur’an adalah makhluk). Sebagian orang memang ada yang menisbatkan kepada
beliau rahimahullah tentang pemahaman ini. Namun yang benar, beliau rahimahullah
berlepas diri dari paham/keyakinan tersebut.
أَخْبَرَنَا
الخلال، قَالَ: أَخْبَرَنَا الحريري، أَنَّ عَليّ بن مُحَمَّد النخعي، حدثهم
قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّد بن الحَسَن بن مكرم، قَالَ: حَدَّثَنَا بِشْر بن
الوليد، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا يُوسُف، يَقُولُ: قَالَ أَبُو حنيفة: صنفان من شر
النَّاس بخُرَاسَان، الجهمية والمشبهة، وربما قَالَ: والمقاتلية
وَقَالَ
النخعي: حَدَّثَنَا مُحَمَّد بن عَليّ بن عَفَّان، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بن
عَبْد الحميد بن عَبْد الرَّحْمَن الحماني، عن أَبِيهِ، سَمِعْتُ أَبَا حنيفة، يَقُولُ:
جهم بن صَفْوَان كافر.
Telah
mengkhabarkan kepada kami Al-Khallaal, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada
kami Al-Hariiriy : Bahwasannya ‘Aliy bin Muhammad An-Nakha’iy menceritakan
kepada mereka, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Hasan bin Mukram, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin
Al-Waliid, ia berkata : Aku mendengar Abu Yuusuf berkata : “Abu Haniifah pernah
mengatakan : ‘Ada dua golongan dari orang-orang paling buruk di negeri
Khurasaan, yaitu Jahmiyyah dan Musyabbihah’. Dan kadang ia berkata :
‘Al-Muqaatiliyyah[1]”.
An-Nakha’iy
berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Aliy bin ‘Affaan, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid bin
‘Abdirrahmaan Al-Himmaaniy, dari ayahnya, ia berkata : Aku mendengar Abu
Haniifah berkata : “Jahm bin Shafwaan kafir” [Diriwayatkan oleh Al-Khathiib
Al-Baghdaadiy dalam Taariikh Baghdaad, 15/514-515, Daarul-Gharb
Al-Islaamiy, Cet. 1/1422 H; dengan sanad shahih (untuk riwayat pertama) dan
hasan (untuk riwayat kedua)].
وقال
ابن أبي حاتم الحافظ: ثنا أحمد بن محمد بن مسلم، نا علي بن الحسن الكراعي، قال:
قال أبو يوسف: ناظرت أبا حنيفة ستة أشهر، فاتفق رأينا على، أن من قال: القرآن
مخلوق، فهو كافر
Ibnu
Abi Haatim Al-Haafidh berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin
Muhammad bin Muslim : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan
Al-Kuraa’iy, ia berkata : Telah berkata Abu Yuusuf : “Aku pernah berdebat
dengan Abu Haniifah selama enam bulan, dan pendapat kami menemui titik
kesepakatan bahwa barangsiapa yang mengatakan Al-Qur’an adalah makhluk, maka ia
kafir” [Diriwayatkan oleh Adz-Dzahabiy dalam Al-‘Ulluw, hal. 112,
Al-Maktabah As-Salafiyyah, Cet. 2/1388 H; sanadnya jayyid].
Bagaimana bisa
Abu Haniifah disebut Jahmiy
sementara ia mencela Jahmiyyah dan mengkafirkannya ?
Yang menguatkan, banyak
ulama yang menjadi saksi sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat berikut:
Ath-Thahawiy rahimahullah saat
memberikan muqaddimah dalam kitab ‘aqidahnya berkata:
هذا
ذكر بيان عقيدة أهل السنة والجماعة على مذهب فقهاء الملة : أبي حنيفة النعمان بن
ثابت الكوفي وأبي يوسف يعقوب بن إبراهيم الأنصاري وأبي عبد الله محمد بن الحسن
الشيباني رضوان الله عليهم أجمعين وما يعتقدون من أصول الدين، ويدينون به رب العالمين
“Inilah pernyataan penjelasan tentang ‘aqiidah Ahlus-Sunnah wal-Jamaa’ah, menurut mahdzab fuqahaa’ Islam seperti: Abu Haniifah An-Nu’maan bin Tsaabit Al-Kuufiy, Abu Yuusuf Ya’qub bin Ibraahiim Al-Anshaariy, dan Abu ‘Abdillah Muhammad bin Al-Hasan
Asy-Syaibaaniy ridlwaanullahu ‘alaihim ajma’iin; serta
apa-apa yang mereka yakini dari pokok-pokok agama (Islam) dan mereka gunakan
untuk beragama/beribadah kepada Rabbul-‘Aalamiin” [Al-‘Aqiidah
Ath-Thahawiyyah – Syarh wa Ta’liiq, hal. 3].
Kemudian Ath-Thahawiy
menyebutkan salah satu pokok ‘aqiidah yang dimaksud sebagai berikut:
وإن
القرآن كلام الله منه بدا، بلا كيفية قولا، وأنزله على رسوله وحيًا، وصدَّقه
المؤمنون على ذلك حقا، وأيقنوا أنه كلام الله -تعالى- بالحقيقة
“Sesungguhnya Al-Qur’an adalah Kalaamullah;
dari-Nya ia berasal, sebagai perkataan yang tidak diketahui kaifiyyah-nya.
Allah menurunkannya kepada Rasul-Nya sebagai wahyu, dibenarkan oleh orang-orang
mukmin dengan sebenar-benarnya. Mereka meyakininya sebagai Kalaamullah yang
hakiki” [idem, hal. 10 no. 33].
Sebagaimana diketahui,
Ath-Thahawiy adalah pembesar ulama madzhab Hanafiyyah generasi awal yang tentunya
lebih mengetahui tentang ‘aqidah imamnya dibandingkan yang lain.
وَقَالَ
النخعي: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْر المروذي، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا عَبْد الله
أَحْمَد بن حَنْبَل، يَقُولُ: لم يصح عندنا أَنَّ أَبَا حنيفة كَانَ يَقُولُ:
القُرْآن مخلوق.
An-Nakha’iy berkata : Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr Al-Marwadziy, ia berkata : Aku mendengar Abu
‘Abdillah Ahmad bin Hanbal berkata : “Tidak benar menurut kami bahwa Abu
Haniifah pernah berkata : ‘Al-Qur’an adalah makhluk” [Diriwayatkan oleh Al-Khathiib
Al-Baghdaadiy dalam Taariikh Baghdaad, 15/517; sanadnya shahih].
وَقَالَ
النخعي: حَدَّثَنَا مُحَمَّد بن شاذان الجَوْهَرِيّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا
سُلَيْمَان الجَوْزَجَانيّ، وَمُعَلَّى بن منصور الرَّازِيّ، يقولان: ما تكلم
أَبُو حنيفة ولا أَبُو يُوسُف، ولا زُفَر، ولا مُحَمَّد، ولا أحد من أصحابهم في
القُرْآن، وإنما تكلم في القُرْآن بِشْر المريسي، وابن أَبِي دؤاد
An-Nakha’iy
berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Syaadzaan Al-Jauhariy, ia
berkata : Aku mendengar Abu Sulaimaan Al-Jauzajaaniy dan Mu’allaa bin Manshuur
Ar-Raaziy, mereka berdua berkata : “Abu Haniifah, Abu Yuusuf, Zufar, dan
Muhammad (bin Al-Hasan) tidaklah berbicara tentang Al-Qur’an[2].
Dan sesungguhnya yang berbicara tentang Al-Qur’an hanyalah Bisyr Al-Mariisiy
dan Ibnu Abi Duad....” [Diriwayatkan oleh Al-Khathiib Al-Baghdaadiy dalam Taariikh
Baghdaad, 15/518; sanadnya shahih].
Muusaa bin Sulaimaan
Al-Jauzajaaniy Al-Hanafiy, Abu Sulaimaan; seorang yang shaduuq.
Wafat tahun 220 H [Al-Jarh
wat-Ta’diil 8/145 no. 652 dan Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 10/194-195
no. 42].
Mu’allaa bin Manshuur Ar-Raaziy, Abu Ya’laa; seorang yang tsiqah,
sunniy, lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-10 dan wafat
tahun 211 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 961 no. 6854].
حَدَّثَنِي
إِسْحَاقُ بْنُ بُهْلُولٍ، قَالَ: " قُلْتُ لِيَزِيدَ بْنِ هَارُونَ:
أُصَلِّي خَلْفَ الْجَهْمِيَّةِ؟ قَالَ: لا، قُلْتُ: أُصَلِّي خَلْفَ
الْمُرْجِئَةِ؟ قَالَ: إِنَّهُمْ لَخُبَثَاءُ "
Telah
menceritakan kepada kami Ishaaq bin Buhluul, ia berkata : Aku bertanya kepada
Yaziid bin Haaruun : “Apakah aku boleh shalat di belakang Jahmiyyah ?”. Ia
menjawab : “Tidak boleh”. Aku kembali bertanya : “Apakah aku boleh shalat di
belakang Murji’ah ?”. Ia berkata : “Mereka adalah orang-orang yang jelek”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah 1/123 no. 55,
Daaru ‘Aalamil-Kutub, Cet. 4/1416 H; sanadnya shahih].
أَخْبَرَنَا
الخلال، قَالَ: أَخْبَرَنَا الحريري، أَنَّ النخعي، حدثهم قَالَ: حَدَّثَنَا
مُحَمَّد بن عَليّ بن عَفَّان، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّد بن عَبْد الملك
الدقيقي، قَالَ: سَمِعْتُ يزيد بن هَارُون، يَقُولُ: أدركت النَّاس فما رَأَيْت
أحدا أعقل، ولا أفضل، ولا أورع من أَبِي حنيفة
Telah
mengkhabarkan kepada kami Al-Khallaal, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada
kami Al-Hariiriy, bahwasannya An-Nakha’iy telah menceritakan kepada mereka, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Aliy bin ‘Affaan, ia
berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdil-Malik Ad-Daqiiqiy,
ia berkata : Aku mendengar Yaziid bin Haruun berkata : “Aku telah berjumpa
dengan banyak orang, dan aku tidak pernah melihat seorang pun yang lebih
berakal, lebih utama, dan lebih wara’ dibandingkan Abu Haniifah”
[Diriwayatkan oleh Al-Khathiib Al-Baghdaadiy, 15/498; sanadnya shahih].
Yaziid bin Haaruun
bin Zaadziy atau Zaadzaan bin Tsaabit As-Sulamiy Abu Khaalid Al-Waasithiy;
seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ‘aabid. Termasuk thabaqah ke-9, lahir tahun 118 H, dan wafat tahun 206 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1084 no. 7842].
Jika
Yaziid bin Haaruun memuji Abu Haniifah dengan pujian yang sangat baik, apakah
mungkin ia menilai Abu Haniifah terjangkit paham Jahmiyyah sementara seorang
Jahmiy ia sebut sebagai orang yang buruk (khabiits) ?.
Syaikhul-Islaam
Ibnu Taimiyyah rahimahullah – dari kalangan ulama muta’akhkhiriin –
menyimpulkan bahwa madzhab Abu Haniifah dalam permasalahan ini bersama dengan
madzhab para imam lainnya :
أن
الأئمة المشهورين كلهم يثبتون الصفات لله تعالى ويقولون إن القرآن كلام الله ليس
بمخلوق ويقولون إن الله يرى في الآخرة. هذا مذهب الصحابة والتابعين لهم بإحسان من
أهل البيت وغيرهم وهذا مذهب الأئمة المتبوعين مثل مالك بن أنس والثوري والليث بن
سعد والأوزاعي وأبي حنيفة والشافعي وأحمد بن حنبل وإسحاق وداود ومحمد بن خزيمة
ومحمد بن نصر المروزي وأبي بكر بن المنذر ومحمد بن جرير الطبري وأصحابهم
“Dan bahwasannya para imam yang
masyhur semuanya menetapkan sifat-sifat Allah ta’ala, dan mereka berkata
: ‘Sesungguhnya Al-Qur’an adalah Kalaamullah, bukan makhluk’. Dan mereka
pun berkata : ‘Sesungguhnya Allah dapat dilihat kelak di akhirat’. Inilah
madzhab shahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dari
kalangan Ahlul-Bait dan selainnya. Dan inilah pula madzhab para imam yang
diikuti seperti Maalik bin Anas, Ats-Tsauriy, Al-Laits bin Sa’d, Al-Auzaa’iy,
Abu Haniifah, Asy-Syaafi’iy, Ahmad bin Hanbal, Ishaaq, Daawud, Muhammad bin
Khuzaimah, Muhammad bin Nashr Al-Marwadziy, Abu Bakr bin Al-Mundzir, Muhammad
bin Jariir Ath-Thabariy, dan shahabat-shahabat mereka” [Minhaajus-Sunnah,
2/106].
Oleh karena itu, beberapa
riwayat yang menyatakan bahwa Abu Haniifah mengatakan perkataan Jahmiyyah[3], kemungkinan
terjadi sebelum rujuk atau sebelum terjadi perdebatan dengan Abu Yusuuf.
Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah
berkata:
وهذا
هو الظن بالإمام أبي حنيفة رحمه الله وعلمه، فإن صح عنه خلافه، فلعل ذلك كان قبل
أن يناظره أيو يوسف، كما في الرواية الثابتة عنه في الكتاب، فلما ناظره، ولأمر ما
استمر في مناظرته ستة أشهر، اتفق معه أخيرا على أن القرآن غير مخلوق، وأن من قال:
"القرآن مخلوق" فهو كافر
“Dan ini adalah dugaan terhadap
Al-Imaam Abu Haniifah rahimahullah dan ilmunya. Apabila hal itu shahih
darinya[4], maka
kemungkinan itu terjadi sebelum perdebatan dengan Abu Yuusuf, sebagaimana ada
dalam riwayat shahih darinya dalam kitab ini (yaitu Mukhtashar Al-‘Ulluw
– Abul-Jauzaa’). Setelah terjadi perdebatan dengan Abu Yuusuf selama enam
bulan, akhirnya Abu Haniifah sepakat dengannya bahwa Al-Qur’an itu bukan
makhluk, dan barangsiapa yang mengatakan Al-Qur’an adalah makhluk, maka ia
kafir” [Mukhtashar Al-‘Ulluw hal. 156, Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet.
1/1401 H].
Semoga Allah ta’ala melimpahkan
rahmat-Nya kepada para ulama kita
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ –
perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor - 22041435/22022014 – 17:15].
[1] Yaitu paham Mujassimah yang meyakini Allah
mempunyai jism seperti manusia. Dinisbatkan namanya kepada Muqaatil bin
Sulaimaan.
[2] Maksudnya berbicara bahwa Al-Qur’an adalah
makhluk.
حَدَّثَنِي إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ
الأَزْدِيُّ الْقَاضِي، حَدَّثَنِي نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ، ثنا الأَصْمَعِيُّ، عَنْ
سَعِيدِ بْنِ سَلْمٍ قَالَ: " قُلْتُ لأَبِي يُوسُفَ: أَكَانَ أَبُو
حَنِيفَةَ، يَقُولُ: بِقَوْلِ جَهْمٍ ؟ فَقَالَ نَعَمْ "
Telah menceritakan kepadaku Ismaa’iil bin Ishaaq
Al-Azdiy Al-Qaadliy : Telah menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Aliy : Telah
menceritakan kepada kami Al-Ashma’iy, dari Sa’iid bin Salm, ia berkata : Aku
berkata kepada Abu Yuusuf : “Apakah Abu Haniifah mengatakan perkataan Jahm (bin
Shafwaan) ?”. Ia menjawab : “Ya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah,
1/181 no. 232; sanadnya hasan].
Bgmn dgn pndpt lafzi bil qur'an makhluq / kalamun nafsi? Apakh ini pndpt ahlu sunnah?
BalasHapusSilakan baca : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/02/paham-asyariyyah-adalah-cucu-paham.html
BalasHapus