Asy-Syaikh
‘Abdul-‘Aziiz bin Baaz rahimahullah pernah ditanya :
هل يجوز تقبيل القران؟
“Bolehkah
mencium Al-Qur’an ?”.
Beliau
rahimahullah menjawab :
لا حرج في ذلك لكن تركه
أفضل لعدم الدليل، وان قبله فلا بأس. وقد روي عن عكرمة بن أبي جهل رضي الله عنه
أنه كان يقبله ويقول. هذا كلام ربي "، لكن هذا لا يحفظ عن غيره من الصحابة
ولا عن النبي صلى الله عليه وسلم، وفي روايته نظر، لكن لو قبله من باب التعظيم
والمحبة لا بأس، ولكن ترك ذلك أولى
“Tidak
berdosa dalam hal tersebut, akan tetapi meninggalkannya lebih utama karena
ketiadaan dalil (yang melandasinya). Seandainya ia menciumnya, tidak mengapa.
Telah diriwayatkan dari ‘Ikrimah bin Abi Jahl radliyallaahu ‘anhu bahwasannya
ia pernah mencium mushhaf Al-Qur’an dan berkata : ‘Ini adalah firman
Rabbku’. Akan tetapi perbuatan ini tidak diriwayatkan selain dirinya dari
kalangan shahabat dan tidak pula dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Dan dalam riwayatnya itu perlu diteliti kembali. Dan seandainya seseorang
menciumnya dalam rangka pengagungan dan kecintaan, tidaklah mengapa. Namun
sekali lagi, meninggalkannya lebih utama” [sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/11300].
Riwayat
‘Ikrimah radliyallaahu ‘anhu yang dimaksudkan oleh Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah
adalah sebagai berikut :
عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ،
عَنْ أَيُّوبَ، عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، قَالَ: كَانَ عِكْرِمَةُ بْنُ أَبِي جَهْلٍ
يَأْخُذُ الْمُصْحَفَ فَيَضَعُهُ عَلَى وَجْهِهِ، وَيَبْكِي، وَيَقُولُ: كِتَابُ رَبِّي،
وَكَلامُ رَبِّي
Dari
Hammaad bin Zaid, dari Ayyuub, dari Ibnu Abi Mulaikah, ia berkata : “Dulu ‘Ikrimah
bin Abi jahl pernah mengambil mushhaf lalu meletakkannya di wajahnya dan
menangis seraya berkata : ‘Kitab Rabbku dan firman Rabbku” [Diriwayatkan oleh ‘Abdullah
bin Al-Mubaarak dalam Al-Jihaad hal. 89 no. 56].
Diriwayatkan
juga oleh Ad-Daarimiy no. 3393, Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 8/520, ‘Abdullah
bin Ahmad dalam As-Sunnah no. 110, Al-Haakim dalam Al-Mustadrak 3/243,
dan Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan 1101; dari beberapa jalan, semuanya
dari Hammaad bin Zaid, selanjutnya seperti riwayat di atas.
Sanadnya
hanya shahih hingga Ibnu Abi Mulaikah, akan tetapi munqathi’ (terputus)
karena ia tidak bertemu dengan ‘Ikrimah radliyallaahu ‘anhu.
Tentang
hukum mencium mushhaf, para ulama berselisih pendapat. Ada yang
mensunnahkannya, sebagaimana diriwayatkan hal tersebut dari As-Subkiy. Ulama
lain berpendapat tentang kebolehannya – pendapat ini masyhur di kalangan
Hanaabilah. Ulama madzhab Maalikiyyah memakruhkannya – sebagaimana dikatakan
Al-Khurasyiy dalam Syarh Mukhtashar Khaliil. Adapun Ahmad bin Hanbal dan
Ibnu Taimiyyah abstain dikarenakan ketiadaan pengetahuan tentang hal tersebut
dari kalangan salaf [sumber : islamweb].
Adapun
saya lebih condong pada pendapat Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah di
atas.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai, ciapus,
ciomas, bogor – 12021435/14122013 – 22:20].
apa tanggapan ust tntng Artikel ini..???
BalasHapushttp://www.arrahmah.com/news/2013/12/11/ustadz-anung-al-hamat-ali-hasan-al-halabi-tokoh-murjiah.html
sdh yg komen dan lampirkan 3 tulisan tntng syaikh Ali dr blog ini tp tdk dlampirkan olh pihak arrahmah.com
Saya sudah menulis beberapa artikel terkait Murji'ah dan yang dibicarakan 'pakar aliran sesat' (???!!!) ini.
BalasHapusSilakan baca :
1. Diantara Ciri-Ciri Murji'ah Menurut Ulama Ahlus-Sunnah .
2. Penjelasan tentang Murji'ah (Diambil dari Kitab Shaihatun Nadziir bi-Khatharit-Takfiir oleh Asy-Syaikh 'Aliy Al-Halabiy hafidhahullah).
3. Siapa Sebenarnya yang Murji’ah ?.
4. Jinsul-'Amal.
5. Realitas Ijtihad Ulama dalam Pembagian Kekufuran (Akbar).
6. Macam-Macam kekufuran Akbar.
7. Hadits ‘Tidak Pernah Beramal Kebaikan Sedikitpun’ dalam Perspektif Ahlus-Sunnah.
8. Posisi Al-Hafidh Ibnu Katsir dalam At-Tahkim ‘alal-Qawaaniin – Menjawab Sebagian Syubhat Takfiriyyuun.
9. Pokok Iman (Ashlul-Iimaan) Menurut Ahlus-Sunnah wal-Jama'ah.
10. Amal adalah Syarat Keshahihan Iman ataukah Syarat Kesempurnaan Iman.
11. Fatwa Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan tentang Irjaa' dan Orang yang Meninggalkan Amal Jawaarih.
12. dan lain-lain.